Resume Kuliah PTK di SGI 5 Bogor

 IMG02469-20130727-1112

Tugas Resume Perkuliyahan  PTK hari sabtu 27 juli 2013

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebuah penelitian nyata yang dilakukan oleh pendidik dikelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan me refleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisifatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai pendidik, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu penting agar para pendidik peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran yang terjadi di kelas, selain itu para guru di harapkan memperbaiki proses  dan hasil pembelajaran sehingga bisa menjadikan kinerja pendidik yang masih konvensional menjadi lebih profesional tanpa mengganggu proses belajar mengajar siswa dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif.

Sebagian besar guru merasa ketakutan untuk melakukan PTK, hal ini di dasarkan kepada hal-hal seperti berikut:

  1. Para guru kurang tau peran dan fungsinya sebagai seorang tenaga pendidik, mereka tak lebih seperti seorang pemburu yang bisa saja menghalalkan segala cara agar apa yang di inginkannya tercapai. Misalnya melakukan berbagai cara untuk mendapat sertifikasi, sehingga bisa meresahkan berbagai pihak atas perlakuaannya.
  2. Para guru sekarang malas membaca buku dan menulis, maka dapat di pastikan jika malas membaca maka malas pula untuk menulis
  3. Para guru kurang sensitif terhadap waktu dan terjebak dalam rutinitas kerja yang justru tidak menghantarkan pada proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
  4. Guru malas meneliti dan kurang memahami arti penting PTK.

IMG02473-20130728-1309

Adapun masalah yang menyebabkan para guru melakukan PTK disebabkan antara lain:

  1. Banyak siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar atau guru terlalu dominan selama mengajar.
  2. Lingkungan belajar yang tidak mendukung, misalnya barang-barang kelas tidak ditempatkan di posisi yang semestinya.
  3. Tidak ada atau kurangnya interaksi antara guru dan siswa yang di sebabkan guru malas menjawab pertanyaan siswa atau kurangnya pemahaman guru yang bersangkutan.

 

Nama : SYAHRIL HUDA

Sabtu, 27 Juli 2013

 

IMG02472-20130728-0830

 

Yang harus dilakukan dalam mempersiapkan penyusunan PTK adalah dengan mengetahui masalah atau problem yang terjadi di dalam kelas, kemudian menganalisis masalah tersebut, perumusan masalah selanjutnya penentuan tahap pelaksanaan tindakan kelas.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dihindari dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah sebagai berikut:

  1. Tulisan harus mudah di pahami/ jangan sukar di fahami
  2. Kurang komunikatif
  3. Struktur tidak jelas
  4. Tulisan tidak lengkap dan
  5. Kurang teliti

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.