Bagimana Cara Belajar Membuat Media Pembelajaran?

labschool 552

Seorang teman guru di daerah berkirim email kepada saya, Isi suratnya sebagai berikut:

Assalamualaikum..
OmJay yth, saya seorang guru di daerah Muaro Jambi. Saya pernah membaca ttg PTK Bapak untuk guru berprestasi. Terus terang saya kagum kepada Bapak. Bolehkah saya bertanya tentang cara pembuatan media pembelajaran baik itu cara2 pembuatan video pembelajaran, audio, animasi, simulasi pembelajaran, dll. Saya sangat2 tertarik dengan hal itu dan saya ingin sekali belajar. Terus terang di daerah saya belum ada yang membuat seperti itu. Jadi tidak tahu mau bertanya dengan siapa. mohon penjelasannya… Trimakasih banyak sebelumnya..

 

Ketika membaca email rekan guru di Muaro Jambi, saya menjadi teringat ketika saya juga bingung bagaimana membuat pembelajaran yang efektif, khususnya melalui media pembelajaran.Saya lebih banyak belajar secara otodidak dengan membaca buku dan mencari informasinya melalui internet. Kalau tidak paham juga, saya biasanya bersilahturahim dengan teman guru yang lebih tahu tentang apa yang saya tanyakan.

Memang tidak mudah melakukannya. Dibutuhkan ketekunan dan juga dukungan dana yang harus keluar dari kantong sendiri. Untunglah ada internet, sehingga belajar menjadi murah. Banyak informasi tentang pembuatan media pembelajaran yang saya dapatkan dari internet. Saya pun belajar pembuatannya dari internet. Mulai dari buat film atau video, membuat trainer instalasi listrik,membuat animasi, lalu mencari program gratisan yang bisa di download. Ternyata banyak orang baik di internet yang saya lihat begitu baik hati membagi ilmunya. Saya pun banyak belajar dari meraka.

Dari bahan bacaan yang saya peroleh melalui internet itu, saya ujicobakan kepada peserta didik saya. Contohnya ketika saya meneliti tentang pemanfaatan media film atau video untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan lingkungan kehidupan jakarta (PLKJ). Saya mencari dulu film-film tentang penghijauan dan taman kota serta kehidupan kota jakarta yang menarik. Film-film itu saya download dari internet, dan kemudian saya putarkan kepada anak-anak untuk menambah wawasan mereka dalam belajar PLKJ.

Sewaktu belum tahu cara mendownload film dari youtube, saya mencari infomasinya melalui google dan bertanya kepada teman yang saya anggap mengetahui caranya. Alhamdulillah, saya menjadi tahu caranya setelah banyak membaca. Begitupun ketika saya ingin tahu bagaimana membuat media presentasi yang efektif, saya temukan sebuah web yang keren di http://presentasi.net.

Banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan di internet tentang cara membuat media pembelajaran. Asalkan kita punya waktu melalui mesin pencari google pastilah ketemu. Baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa asing.  Di sinilah proses ketekunan diuji. Terkadang banyak guru yang malas mencari informasinya, dan hanya menunggu dicarikan informasi. Ilmu tidak datang dari langit begitu saja, dan kita harus mencarinya dengan banyak belajar. Jangan karena kita berada di daerah kemudian kita menjadi berkecil hati. Pengalaman saya mengikuti lomba kreativitas guru di tingat nasional, justru alat-alat media pembelajaran yang dibuat oleh guru di daerah itu jauh lebih baik kualitasnya daripada guru di kota.

Seharusnya mind set guru saat ini sudah harus berubah. Dari mencari informasi menjadi menciptakan informasi di internet. Guru harus mampu menuliskan pengalaman dan pengetahuannya kepada orang banyak di internet sehingga konten-konten tentang pendidikan semakin bertambah banyak. Khususnya tentang cara pembuatan media pembelajaran yang efektif.

Jadi, cara pembuatan media pembalajaran itu sebenarnya mudah saja. Tak harus mewah dan bisa diaplikasikan sesuai kondisi daerahnya masing-masing. Contohnya seorang guru TK yang membuat media pembelajarannya dari suara dan gambar murid-muridnya. Suara dan gambar itu dimasukkan ke komputer dan diolah dengan program macromedia flash. Lalu jadilah program yang sederhana itu. Bisa juga membuat film tentang alam di sekitar kita melalui ponsel dan kemudian hasilnya diedit dengan i movie atau program edit film lainnya. Kreativitas guru diuji dengan pembuatan media pembelajaran ini. Yuk kita sama-sama belajar!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.