Posted on: October 12, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 77

Apa yang Unik dan Menarik di Malioboro?

Kusir delman sedang membetulkan roda delmannya
Kusir delman sedang membetulkan roda delmannya

Setiap kali jalan-jalan ke tempat belanja Malioboro di Yogyakarta, pasti ada saja hal menarik yang saya temukan. Sudah lupa rasanya, sudah berapa kali saya pergi  belanja ke Malioboro. Tapi ingat saya, sudah lebih dari sepuluh kali. Banyak juga yah! Sebanyak angkutan delman yang saya lihat hilir mudik sepanjang  jalan Malioboro.

Pertama kali berkunjung ke tempat belanja Malioboro tahun 1987. Lama sekali ya! Nampaknya gak begitu banyak perubahan yang terlihat di sepanjang jalan Malioboro ini. Rasanya suasananya masih tetap sama. Hanya saja, kendaraan bermotor jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sudah jarang ditemui orang naik sepeda ontel di sini.

Suasana di Jalan Malioboro
Suasana di Jalan Malioboro

Becak dan delman masih sama terlihat. Juga pedagang kaki limanya yang tertib berjualan sepanjang jalan Malioboro. Kalau anda mau belanja di kaki lima, anda harus pandai menawar harga. Kalau tidak bisa lebih mahal dari harga di toko. Kalau anda tak bisa tawar menawar harga, sebaiknya beli barang di toko saja yang sudah jelas harganya. Anda tak perlu tawar menawar lagi. Harga segitu memang sudah diperhitungkan untungnya oleh pemilik toko yang harus bayar pajak dan menggaji pegawainya.

Senyum Tulus Seorang Tukang Becak di Malioboro
Senyum Tulus Seorang Tukang Becak di Malioboro

Oh ya saya lupa bercerita. Rombongan kami memarkirkan bus di jalan Abu Bakar Ali. Dari tempat parkir itu, kami berjalan kaki menuju jalan Malioboro. Di tempat itu ramai sekali orang berlalu lalang tiada putusnya. Penjual dan pembeli saling bertemu. Penjual menawarkan barang dagangannya, dan pembeli mencari barang yang dicarinya. Tawar menawarpun terjadi di pedagang kaki lima sepanjang jalan Malioboro.

Jalan Abu Bakar Ali dekat Malioboro
Jalan Abu Bakar Ali dekat Malioboro
Parkir Bus Rombongan
Parkir Bus Rombongan

Saya keluarkan kamera canon 1000D yang saya bawa, dan mulailah saya memotret sana-sini. Sekedar mengabadikan hiruk pikuk yang terjadi di sepanjang jalan malioboro, dan sekitarnya.

Abang tukang becak menawarkan jasanya untuk mengantarkan saya keliling kota. Saya tampik ajakan itu secara halus, karena saya sengaja ingin berjalan kaki saja. Biar  badan saya yang sudah endut ini menjadi sehat. Sebab jalan malioboro tak berubah, tapi justru tubuh ini yang sudah mulai berubah menjadi anggota keluarga  imadut. Ikatan manusia perut endut, hehehe.

Tukang Becak Berjejer Rapi sepanjang Jalan Malioboro
Tukang Becak Berjejer Rapi sepanjang Jalan Malioboro

Di salah satu toko yang ada di jalan Malioboro, saya membeli celana pendek besar sesuai ukuran body saya yang tambun. Agak sulit juga mencari celana pendek berukuran besar. Berkat bantuan penjaga toko, akhirnya didapat juga celana pendek warna putih. Sayapun langsung membayarnya ke kasir toko, sambil melihat-lihat barang antik yang dijual juga di toko ini.

Barang-barang antik dan unik. Mau???
Barang-barang antik dan unik. Mau???

Saya mencari sesuatu yang menarik lainnya di malioboro. Topi mirip kompeni saya pakai. Kata orang yang melihat saya memakainya, cocikbanget eh cocok banget saya memakai topi itu. Tapi sayang, begitu melihat harganya, saya langsung meletakkannya kembali. Duit di dompet tak cukup untuk membelinya. Kalaupun cukup, pastilah istri saya akan cemberut kalau harga sebuah topi Rp. 250.000,-. Murah khan?

Patung seorang ibu sedang membatik di salah satu toko
Patung seorang ibu sedang membatik di salah satu toko

Saya keliling lagi disepanjang jalan malioboro. Saya temukan sebuah toko yang menjual barang dari kulit. Saya lihat ada ikat pinggang panjang dengan kulit asli. Wow, bagus sekali. Saya suka sekali memakainya. Cocok banget  buat body saya yang melebar. Namun begitu melihat berapa harganya, saya langsung pucat pasi. Harga ikat pinggang itu hampir sejuta. Mantap!

Kembali kepada judul postingan saya. Apa yang unik dan menarik di Malioboro? Kata teman saya melalui bbm yang disebarkan melalui bbm group adalah “tangan”. Entah apa yang dimaksud. Mungkin maksudnya, tangan akan mudah mengeluarkan isi dompet di Malioboro yang menggoda. Bagaimana menurut anda?

Salam blogger persahabatan
Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

77 People reacted on this

  1. Memang malioboro sangat unik dan menarik. sayang kita kesana hanya 5 hari. saya sangat ingin kesana lagi lain waktu untuk mengunjungi jogja terutama malioboronya.

  2. malioboro memang sangat unik dan menarik.Banyak barang barang asli Jogja,dan murah.Sayangnya kita hanya diberi waktu 1 setengah jam disana.Jadi pengen balik ke sana

  3. malioboro: pasar yang menjual berbagai macam cinderamata khas jogja dengan harga rendah berkualitas tinggi 😀 jadi pingin kesana lagi.

  4. malioboro itu tempat belanja yang sangat ramai dan sangat panjang, oleh-oleh seperti makanan tas pakaian dan tato pun ada di malioboro. sangat berkualitas barang-barangnya..

  5. Mmeang malioboro menarik pak. Becak dan delman kendaraan yang tak boleh terleeati jika berkunjung kesana.. Maka itu banyak turis yang tertarik dan juga harga-harga barang yang bisa dibilang sangat terjangkau.

  6. malioboro meemang salah satu tempat favorit wisatawa untuk berbelanja disana banya barang-barang khas Jogja seperti batik, tapi malioboro ini terletak di jalanan sepanjang 1 km, kalau berbelanja disini harus pintar menawar nih!

  7. barang-barang di Malioboro unik dan beda dari daerah-daerah lainnya. Selain itu, jika pintar menawar maka harganya akan turun jauh dari harga aslinya

  8. menurut saya kawasan malioboro adalah kawasan yang wajib dikunjungi ketika seseorang sedang berada di Jogja, bagaimana tidak kawasan malioboro adalah kawasan yang unik, disana banyak sekali pedagang yang tak lelah-lelahnya menawarkan barang dagangannya kepada kita, tentunya banyak sekali jenis barang yang ditawarkan dan harganya juga beragam, jika ingin membeli barang-barang yang ada disana kita harus menawar harga terlebih dahulu agar mendapat harga yang layak dan lebih murah.

  9. Malioboro merupakan salah satu tempat kunjungan favorit bagi para turis, mau domestik sampai mancanegara. Buktinya karena keunikannya banyak tuh “bule” yang belanja oleh-oleh. Benar-benar pengalaman yang tak dapat dilupakan. Ke sono lagi deh kapan-kapan, hehehehehe

  10. Malioboro memang tempat yang sangat bagus dan enak untuk dikunjungi kalo bisa nawar. kalo gak bisa nawar lebih baik beli di toko saja kan pakk hehehe. semoga kapan2 kita bisa ke jogja bareng lagi pak 🙂

  11. oh iya, karena terletak dipinggir jalan jadi mudah dijangkau. Terus keren tuh pak patung pembatiknya, wuuaahhhh jadi kangen sama malioboro!!!

  12. kalau menurut saya, malioboro unik karena barang-barangnya bagus walaupun ada di pinggir jalan, dan walaupun mahal, bisa kita tawar, dan jika berusaha, pasti jadi sangat murah

  13. malioboro merupakan kawasan yang unik pak, soalnya banyak barang yang bagus, tapi mahal. jadi kita harus menawar gila-gilaan untuk mendapat harga yang pantas

  14. Menurut saya malioboro memang unik pak, barangnya lumayan, terus harganya bisa ditawar juga, saya sering laper mata kalau di malioboro, soalnya barangnya lucu2.Tapi kalau pintar menawar, harga yang mahal jadi murah banget pak.

  15. Malioboro itu unik.. Walaupun penjualnya mematok harga yang sangat mahal.. tapi bisa ditawar (walaupun saya gagal)tetapi barang disana sangat bermutu baik walau ada baju “dagdigdug” alias dagadu palsu yang banyak saya lihat berkualitas buruk. Tetapi overall malioboro itu keren

  16. malioboro memang unik pak. disana banyak pernak pernik yang sangat bagus . barang barangnya pun mudah ditawar dan juga lumayan bagus

  17. malioboro unik sekali pak, tapi kebanyakan pedagang memberi harga yang cukup tinggi kita harus pintar-pintar menawar jika di malioboro.. tapii malioboro tetap saja malioboro mengesankan:)

  18. Menurut saya,ternyata ada banyak barang malioboro yang tidak ada di Jakarta pak.selain itu harganya bisa ditawar menjadi sangat murah dari sebelumnya..

  19. malioboro merupakan tempat yang unik dan patut dikunjungi apabila berada di Yogyakarta.tidak afdol rasanya jika tidak berbelanja oleh-oleh di malioboro

  20. Malioboro merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika bersinggah di kota Jogjakarta. Selain bisa menikmati suasana Jogja, kita dapat membeli barang-barang unik khas Jogja dengan harga yang relatif murah (dapat ditawar). Tidak heran para turis dalam negri maupun luar negri banyak yang berkujung ke Malioboro.

  21. Malioboro adalah tempat yang menjadi surganya bagi orang yang suka berbelanja, tapi kita harus pandai – pandai menawar harga. Jika tidak maka kita akan tertipu oleh pedagang di Malioboro.. Malioboro memang tempat yang banyak disukai oleh para turis lokal, maupun manca negara.

  22. menurut saya malioboro adalah salah satu tempat khas di jogjakarta. karena itulah malioboro sangat ramai dikunjungi para turis asing maupun turis dalam negri. selain itu, barang-barang yang ada di sana sangat unik dan lucu, banyak yang tidak ada di jakarta. dan juga harganya tidak terlalu mahal, walaupun sedikit mahal itupun dapat ditawar menjadi tidak terlalu mahal dan juga bisa menjadi sangat murah.

  23. malioboro memang tempat yang pas untuk belanja yang murah-murah. saya jadi ingin ke malioboro lagi pak!

  24. menurut saya malioboro itu bagus, ramai, dan yang membuat Malioboro itu menarik adalah barang-barangnya yang murah meriah, dan sangat khas.

  25. memang maliboro itu unik omjay. Suasana nya juga seperti di jaman dulu, banyak kendaran tradisional di sana. Selain suasana nya barang-barang yang dijual juga murah walaupun kita harus menawar terlebih dahulu karena harga yang di berikan penjual cukup jauh cakupan nya dengan harga aslinya.

  26. malioboro memang tempat yang sangat harus dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri atau luar negeri. suasana di maliobor joga sangat unik, sehingga orang tidak bosan datang berkali-kali

  27. Wah.. ternyata omjay menemumukan barang-barang yang unik di malioboro. Kenapa saya enggak ya? Hehe ._.v Memang malioboro terkenal akan berbagai macam dagangan yang unik-unik pak. Namun ada beberapa pedagang kaki lima yang menjual barang dagangan tersebut dengan harga yang sedikit mahal. Tapi perjalanan kemarin sungguh mengasyikan lho.

  28. menurut saya malioboro itu sangat bagus pak dan unik sekali! benar sekali banyak yang unik dari malioboro.:D disana juga gak crowded dan seru bgt. pengen jogja lg jadinya pak.

  29. memang benar ya pak, Malioboro adalah salah satu objek wisata jogja yang menarik, karena penuh dengan objek pasaran yang unik dan berkeindonesiaan, saya tidak sabar ingin kesana lagi

  30. Malioboro memang sangat unik dan menarik pak. Barang yang dijual sangat berbudaya dan harganya sangat beragam. Bisa dari sangat murah sampai sangat mahal.

  31. Malioboro memang kawasan yang pas untuk berbelanja barang yang unik dan ciri khas Jogja, harganya pun murah murah. Jadi kalau ke Jogja kita harus mengunjungi malioboro…

  32. Ya, menurut saya Jalan ini adalah Jalan yang paling menarik di Jogja karena dengan Pasar-pasar di keliling Jalan. Kita dapat membeli oleh-oleh di jalan ini karena barang-barang yang dijual itu sangat menarik dan bagus sekali, selain itu barng-barangnya hanya terdapat di Jogja.

  33. menurut saya malioboro sangatlah unik karena kita bisa menemukan barang apa saja disana dengan harga yang mudah ditawar malioboro adalah tempat yang cocok buat yang hobinya belanja.artikel ini sangat bagus!

  34. Menurut saya Malioboro memang tempat dagang yang menjual barang-barang khas Jogja yang unik-unik.. Disana harganya bisa ditawar sampai semurah mungkin.. Suasananya juga memungkinkan untuk pengunjung yang berjalan kaki maupun naik becak..

  35. memang benar ya pak, Malioboro adalah salah satu objek wisata jogja yang menarik, karena penuh dengan objek pasaran yang unik dan berkeindonesiaan, saya tidak sabar ingin kesana lagi!

  36. malioboro menurut saya tempat yang lumayan enak untuk berbelanja karena tidak begitu ramai seperti pasar, dan pedagang ramah. dan banyak barang2 khas Jogja

  37. Menurut saya Malioboro itu tempat yang unik sekali, karena ada kendaraan-kendaraan seperti becak, delman, serta banyak barang-barang yang bagus dengan harga yang berbeda-beda yang dapat ditawar.

  38. Menurut saya, yang unik dari Malioboro adalah disana menjual berbagai barang modern yang dicampurkan dengan kesenian indonesia seperti batik.

  39. iya pak benar sekali, di jogja khususnya di malioboro memang unik sekali, delman dan becak berjajar rapi di tepi malioboro selain itu yang dijual di malioboro pun unik-unik dan dengan harga terjangkau. Malibioro pun menjadi salah satu sasaran objek wisata para pedatang asing 😀 saya jadi ingin balik lagi pak :'(

  40. Ya,menurut saya Malioboro adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi.Selain itu Malioboro dikelilingi dengan pasar-pasar yang menjual berbagai macam oleh-oleh seperti tas batik,baju,sandal joger,dan lain-lain.Kita juga dapat menawar barang-barang yang ingn kta beli.Susana di Malioboro sangat tepat untuk pejalan kaki maupun naik becak

  41. Menurut saya, para penggemar belanja harus sekali menuju ke tempat ini, sebab barang yg ada di sana sangat unik-unik. Selain unik, harganya pun juga dapat disesuaikan dengan kantong kita, jadi, intinya, kita bisa mendapatkan barang bagus dengan harga yang murah, dan pokoknya saya setuju dengan pendapat bapak dalam postingan ini:D

  42. Di Malioboro, memang banyak barang dagangan yang unik-unik dan menarik. Disana ada yang murah dan juga yang mahal. Jadi kita harus pintar-pintar menawar dan tau harga. Banyak warga lokal maupun tourist yang melintasi jalan ini sambil melihat barang-barang dagangan dan membelinya jika tertarik. Namun tidak hanya Pembelinya yang sibuk, begitu juga pedagangnya menawari barang-barang dagangannya kepada orang-orang yang lewat. Tempat yang bagus, unik, dan salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Jogjakarta.

  43. Di Malioboro memang tempat yang enak banget buat beli oleh-oleh. Selain barang barang yang dijual disana beragam dan bisa ditawar, disana tempatnya juga unik! Seperti bangunan tua peninggalan zaman Belanda. Ya, disana memang harus pinter-pinter nawar, karena disana harganya bisa lebih mahal daripada di tokonya. Malioboro memang gak pernah sepi. Malioboro mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga turis banyak yang berdatangan ke Malioboro. Wajib didatangi nih

  44. memang pak Malioboro itu unik dan menarik. banyak bangunan tua yang masih terawat disana pak. harga barang juga relatif murah dan banyak wisatawan asing. Juga ada fasilitas becak jika ingin berkeliling Malioboro 😀 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.