Posted on: September 26, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 71

Latihan Soal Teori PLKJ Kelas 7 tentang Sejarah Jakarta

Latihan Soal PLKJ Kelas 7
Latihan Soal PLKJ Kelas 7

 

  1. Nama Pelabuhan kecil di muara sungai ciliwung adalah………….
  2. Fatahilah adalah panglima………….
  3. Nama lain fatahilah adalah……………..
  4. Pendiri Batavia adalah……………
  5. Tentara Jepang mengubah nama Batavia menjadi …………….
  6. Ir. Sukarno pernah bersekolah di……………
  7. Tokoh politik etis adalah…………….
  8. Sekolah kedokteran di Batavia adalah……………
  9. Organisasi yang didirikan dokter-dokter stovia adalah…….
  10. STOVIA kini berubah jadi fakultas………….
  11. Ceritakan dengan singkat perkembangan kota Jakarta!
  12. Jelaskan mengapa Jakarta jadi pusat pendidikan!
  13. Mengapa Sultan banten marah kepada VOC? Jelaskan!
  14. Jelaskan manfaat STOVIA bagi Indonesia!
  15. Jelaskan bagaimana cara JP Coen menguasai jayakarta!
  16. Kapan hari Jadi Kota jakarta?
  17. Pada zaman Belanda, Suharto pernah sekolah di……………..
  18. Tanggal 4 Mei 1621 Belanda membentuk pemerintahan kota bernama…….
  19. Setelah luluis HBS banyak siswa dari daerah ke batavia untuk masuk sekolah…… atau………
  20. Sekolah untuk pendidikan pribumi pada zaman Belanda disebut?
  21. Pada tahun 1522, Gubernur Portugis, d’Albuquerque, mengirimkan utusannya yang bernama Enrique Leme, yang didampingi oleh Tome Pires untuk menemui raja Pajajaran yang bernama…………………
  22. Pelabuhan Sunda Kelapa diserang oleh Demak pada tahun 1526 di bawah pimpinan…………………
  23. Orang Belanda pertama yang datang ke Jayakarta pada tahun 1595 adalah………………….
  24. Nama Jayakarta dirubah menjadi Batavia oleh…………………….
  25. Pemerintahan kota Stad Batavia didirikan pada tanggal…………….
  26. Konsep perencanaan kota Batavia dibuat oleh seorang insinyur Belanda yang bernama ………………………
  27. Hal yang menarik dari struktur kota batavia adalah adanya alun-alun sebagai pusat kotanya, dengan gedung besar dan megah di sebelah alun-alun. Gedung tersebut berfungsi sebagai balaikota (Stadhuis) yang sekarang ini menjadi museum……………
  28. Gubernur Jenderal Belanda yang merubah Kali besar yang semula berkelok kemudian diluruskan menjadi parit terurus dan lurus menembus kota sepeninggal  J.P Coen (1629) adalah……………
  29. Gudang-gudang yang dipakai untuk menyimpan barang dagangan seperti pala, lada, serta kopi dan teh sekarang ini digunakan sebagai museum………..
  30. Kerajaan mataram menyerang Batavia 2 kali, yaitu pada tahun….. dan ……. Keduanya gagal.
  31. Jepang mengganti nama batavia menjadi Jakarta untuk menarik hati penduduk Indonesia pada tahun………..
  32. Tahun 1999, Pemerintah provinsi DKI Jakarta mempunyai 6 wilayah, yaitu 5 wilayah kotamdya, dan 1 kabupaten administratif yang bernama ……………..
  33. Sebutkan beberapa jenis sekolah yang didirikan pemerintah Hindia belanda (ada 9 sekolah)!
  34. Ratu Wilhema menuangkan panggilan moral dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program yang meliputi (ada 3), yaitu:…………..
  35. Kemunculan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah swasta dan resmi dari pemerintahan Hindia belanda membuat dan menegaskan kota Jakarta sebagai pusat ……….
  36. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia kepada…………..
  37. Hotel mewah pertama yang didirikan di Indonesia dan terletak di jl. M.H. Thamrin adalah………………
  38. Kota Jakarta dinaikkan statusnya setingkat propinsi dan disebut daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) di bawah pimpinan seorang gubernur pada tahun………
  39. Kota Jakarta adalah tempat dilaksanakannnya kegiatan bersejarah, yaitu kegiatan detik-detik proklamasi pada tanggal………………..
  40. Apa saja isi politik etis?
  41. Apa bentuk penerapan politik etis dalam hal edukasi atau pendidikan?
  42. Sebutkan jenjang pendidikan dari bawah sampai atas di zaman Belanda?
  43. Apa saja tujuan didirikan STOVIA?
  44. Siapa yang memproklamirkan Indonesia medrdeka di Jakarta
  45. Pada masa pendudukan Jepang, STOVIA pernah berganti nama menjadi………
  46. Fatahilah mengganti nama Sunda kelapa menjadi Jakarata pada tanggal………………….
  47. Belanda membentuk pemerintah kota yang bernama Stad Batavia pada tanggal…………………..
  48. Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta toko betsu shi pada tanggal………………
  49. Pada tanggal 20 Februari 1950 dalam masa pemerintahan Pre Federal berubah nama menjadi…………….
  50. Pemerintah Republik Indonesia  mengubah STOVIA menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tanggal…………………
Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Categories:

71 People reacted on this

  1. Sejarah Jakarta bermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kemudian kota bandar ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasio-nal yang ramai.

    Ringkasan Sejarah

    Pengetahuan awal mengenai Jakarta terkumpul sedikit melalui berbagai prasasti yang ditemukan di kawasan bandar tersebut. Keterangan mengenai kota Jakarta sampai dengan awal kedatangan para penjelajah Eropa dapat dikatakan sangat sedikit.

    Laporan para penulis Eropa abad ke-16 menyebutkan sebuah kota bernama Kalapa, yang tampaknya menjadi bandar utama bagi sebuah kerajaan Hindu bernama Sunda, beribukota Pajajaran, terletak sekitar 40 kilometer di pedalaman, dekat dengan kota Bogor sekarang. Bangsa Portugis merupakan rombongan besar orang-orang Eropa pertama yang datang ke bandar Kalapa. Kota ini kemudian diserang oleh seorang muda usia, bernama Fatahillah, dari sebuah kerajaan yang berdekatan dengan Kalapa.

    Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta. Orang-orang Belanda datang pada akhir abad ke-16 dan kemudian menguasai Jayakarta.

    Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Keadaan alam Batavia yang berawa-rawa mirip dengan negeri Belanda, tanah air mereka. Mereka pun membangun kanal-kanal untuk melindungi Batavia dari ancaman banjir. Kegiatan pemerintahan kota dipusatkan di sekitar lapangan yang terletak sekitar 500 meter dari bandar.

    Mereka membangun balai kota yang anggun, yang merupakan kedudukan pusat pemerintahan kota Batavia. Lama-kelamaan kota Batavia berkembang ke arah selatan. Pertumbuhan yang pesat mengakibatkan keadaan lilngkungan cepat rusak, sehingga memaksa penguasa Belanda memindahkan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan yang lebih tinggi letaknya. Wilayah ini dinamakan Weltevreden.

    MENGAMATI kota Jakarta bagaikan membaca catatan panjang yang merekam berbagai kejadian masa lalu. Berbagai bangunan dan lingkungan di Jakarta menyimpan jejak-jejak perjalanan masyarakatnya, bagaimana mereka bersikap menghadapi tantangan zamannya, memenuhi kebutuhan hidupnya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ia menyimpan suka-duka dan pahit-manisnya perkembangan, di mana kita dapat menyerap pelajaran yang berharga.

    Jakarta, Ibukota Republik Indonesia, memiliki banyak rekaman sejarah. Antara lain dalam bentuk bangunan maupun lingkungan. Di dalamnya tercermin upaya masyarakat masa lalu dalam membangun kotanya yang tak luput dari berbagai masalah dari zaman ke zaman.

    “Jika kita memandang kota Jakarta sekarang, mungkin sulit terbayang bahwa ribuan tahun yang lalu kawasan ini masih baru terbentuk dari endapan lumpur sungai-sungai yang mengalir ke Jakarta. Misalnya Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Marunda, Kali Cisadane, Kali Besar, Kali Bekasi dan Kali Citarum. Usia dataran Jakarta kini diperkirakan 500 tahun berdasarkan geomorfologi, ilmu lapisan tanah.

    Endapan ini membentuk dataran dengan alur-alur sungai yang menyerupai kipas. Dataran ini setelah mantap lama kelamaan dihuni orang dan terbentuklah beberapa kelompok pemukiman, di mana salah satunya kemudian berkembang menjadi pelabuhan besar, ” kata Muhammad Isa Ansyari SS, Sejarawan Terkemuka di Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemda DKI Jakarta.

    Ia menuturkan, kota Jakarta merupakan kota yang berkembang dengan cepat sejak mendapat peran sebagai Ibukota Rl. Perkembangan itu disebabkan oleh faktor-faktor sosial, ekonomi dan budaya yang saling menjalin satu sama lain.

    Bermula dari sebuah lingkungan pemukiman kecil dengan kegiatan hidup terbatas, dan kemudian berkembang menjadi lingkungan pemukiman megapolitan dengan berbagai kegiatan yang amatkompleks. Dalam paparan sejarah pertumbuhannya, di mana pemerintah kotanya silih berganti dan kondisi masyarakatnya sangat majemuk, baik dari suku bangsa, ras dan agama berikut berbagai aspek kehidupannya, warga kotanya tetap membangun tempat bermukim dan berkehidupan mereka sesuai dengan kemampuan dana, daya dan teknologi yang mereka miliki.

    Sejarah Jakarta

    Peta Batavia tahun 1897, Muhammad Isa Ansyari SS mengungkapkan sejarah kota Jakarta dimulai dengan terbentuknya sebuah pemukiman di muara Ciliwung. Menurut berita Kerajaan Portugal pada awal abad ke-15, pemukiman tersebut bernama “Kalapa” dan merupakan sebuah Bandar penting di bawah kekuasaan Kerajaan Pajajaran, yang pusatnya pada waktu itu berada di Kota Bogor.

    “Di Kerajaan Pajajaran, Bogor, itu kini masih terdapat prasasti peninggalan abad ke-16. Nama prasasti itu “Sato Tulis”, peninggalan Rahyang Niskala Watu Kencana, Namun oleh orang Eropa Bandar tersebut lebih dikenal dengan nama Sunda Kalapa, karena berada di bawah kekuasaan Sunda,” kata Muhammad Isa Ansyari SS.

    Dalam sejarah, ujar Sejarawan Terkemuka Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Pemda OKI Jakarta itu, Bandar Malaka ditaklukkan Kerajaan Portugal pada 1511. Tujuan Portugal ketika itu adalah mencari jalur laut untuk mencapai kepulauan Maluku, sumber rempah-rempah. Maka pada 1522 mendaratlah kapal utusan dari Malaka di bawah pimpinan Francesco De Sa.

    Menurut laporan Francesco De Sa terjadi perundingan dengan pemuka Bandar Kalapa yang berada di bawah kekuasaan Raja Sunda yang beragama Hindu.

    Sementara itu di Jawa Tengan dengan surutnya Kerajaan Majapahit berkembanglah Kerajaan Islam di Demak. Kerajaan Islam itu kemudian menyerang Kerajaan Sunda di Jawa Barat meliputi Cirebon, Banten, Kalapa dan lain-lain. Mengingat kurangnya sumber-sumber asli Jawa Tengah tnengenai peristiwa itu, maka kita terpaksa berpaling kepada berita Kerajaan Portugal yang pada akhirnya tidak saja berlabuh di Maluku tetapi juga Kerajaan Portugal ini merapatdi Timor Timur, menyatakan bahwa pada 1526-1527 sebuah armada Portugal telah mengunjungi Sunda Kalapa untuk memenuni perfanjian tahun 1522.

    “Ternyata mereka belum mengetahui bahwa telah terjadi perubahan kekuasaan dari Kerajaan Pajajaran ke Kerajaan Banten, yaltu orang-orang dari Jawa Tengah yang beragama Islam .Ivlenurut berita yang mereka dapat, nama Pangtima yang diberikan adalah Falatehan, sebutan mereka untuk nama Fatahillah,” ujar Muhammad Isa Ansyari SS.

    Masa Prasejarah

    Di beberapa tempat di Jakarta seperti Pasar Minggu, Pasar Rebo, Jatinegara, Karet, Kebayoran, Kebon Sirih, Kebon Nanas, Cawang, Kebon Pala, Rawa Belong, Rawa Lefe, Rawa Bangke, ditemukan benda-benda pra sejarah seperti kapak, beliung, gurdi, dan pahat dari batu. Alat-alat tersebut berasal dari zaman batu atau zaman neolitikum antara tahun 1000 SM. Jadi, pada masa itu sudah ada kehidupan manusia di Jakarta.

    “Dan seperti daerah latnnya, di Jakarta juga ditemukan prasasti. Prasasti Tugu ditemukan di Cilineing. Prasasti itu sarat informasi tentang Kerajaan Tarumanegara dengan Raja Purnawarman. Menurut prasasti itu, Jakarta merupakan wilayah Kerajaan Tarumanegara, kerajaan tertua di Puiau Jawa, di samping Bogor, Banten, Bekasi sampai Citarum di sebelah timur dan Giaruten,” kata Muhammad isa Ansyari SS.

    Kronologis Peristiwa Penting

    Pada 686 Masehi. Kerajaan Tarumanegara hancur akibat serangan balatentara Kerajaan Sriwijaya. Abad ke-14, Jakarta masuk ke wilayah Kerajaan Pakuan Pajajaran yang sering disebtit Kerajaan Pajajaran, atau Kerajaan Sunda. Kerajaan Pajajaran memiiiki enam petabuhan, diantaranya pelabuhan Sunda Kalapa. Kota pelabuhan ini terletak di Teluk Jakarta – di muara sungai Citiwung – yang merupakan pusat perdagangan paling penting seiak abad ke-12 hingga ke-16.

    Senin, 21 Agustus 1522. Begitu pentingnya, Sunda Kalapa tak luput dari incaran orang-orana Portugis yang sejak tahun 1511 sudah bercokol di daratan Malaka. Keinginan mereka mendapatkan sambutan baik dari Raja Pajajaran. Selain berkepentingan soal perdagangan, Raja Pajajaran juga bermaksud meminta bantuan orang-orang Portugis dalam menghadapi orang-orang Islam, yang sudah banyak pengikutnya di Banten dan Cirebon. Demak, kala itu, sudah menjadi pusat kekuatan dan penyebaran agama Islam.

    Perjanjian kerjasama pun ditandatangani antara Raja Pajajaran dan orang Portugis. Isinya orang Portugis ditzinkan mendirikan benteng di Sunda Kalapa, yang ditandai di tepi sungai Ciliwung. Rabu 22 Juni 1527. Perjanjian itu tak dapat diterima Demak, Kerajaan Islam yang saat itu sedang berada di puncak kejayaan.

    “Sultan Demak mengirimkan balatentaranya, yang dipimpin sendiri oleh menantunya, Fatahillah. Pasukan Fatahillah berhasil menduduki Sunda Kalapa pada 1527. Tatkala armada Portugal datang, pasukan Fatahillah menghaneurkannya. Sia-sia armada Portugal itu hengkang Ke Malaka,” ujar Muhammad Isa Ansyari SS.

    Dengan kemenangan itu Fatahillah menggantt nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta. Artinya “Kemenangan Berjaya”. Itulah peristiwa bersejarah yang ditetapkan sebagai ‘hari jadl’ Kota Jakarta. Kekuasaan Jayakarta akhirnya berada di tangan Fatahillah, dan makin meluas sampai ke Banten menjadi Kerajaan Islam.

    Tahun 1595. Cornells de Houtman dan anak buahnya tiba di perairan Banten. Orang-orang Belanda itu datang mencari rempah-rempah. Persaingan di antara mereka makin ketat dibumbui permusuhan.

    Rabu 20 Maret 1602 seorang token dan negarawan Kerajaan Belanda, Johati van Oldenbarneveld, mengambil suatu prakarsa mengumpulkan para pedagang Belanda dalam suatu wadah. Berdirilah serikat dagang Verenigde Oost Indische Compaqnie atau VOC. VOC merupakan wadah konglomerat zaman dulu.

    Tahun 1617. Orang-orang Kerajaan Belanda diizinkan berdagang di Jayakarta. Mereka memperoleh sebidang tanah di sebelah timur sungai Ciliwung, di perkampungan Cina. Di situ mereka membangun kantor dan benteng. Kubu pertahanan Kerajaan Belanda itu tak disukai orang Jayakarta, Banten maupun Kerajaan Inggris. Mereka kemudian berperang.

    Tahun 1619. Terjadi pertempuran sengit segitiga antara Kerajaan Belanda, Kerajaan Inggris dan Kerajaan Portugal di pelabuhan Sunda Kalapa. Suasana Teluk Jayakarta itu sekejab menjadi merah api dan merah darah. Di laut teluk banyak bergelimpangan mayat-mayat serdadu Kerajaan Belanda dan Kerajaan Portugal setelah kedua negara kerajaan itu habis digempur pasukan laut Kerajaan Inggris. Inggris menang dalam perang itu.

    Kamis, 30 Mei 1619, JP Goen menaklukkan kembali sekaligus menguasai Jayakarta. Saat itu armada Kerajaan Inggris sudah tidak ada lagi karena telah berangkat berlayar menuju Australia, meninggalkan Jayakarta. Sedang armada (laut Kerajaan Portugal pergi menuju ke wilayah ujung timur Nusantara, tepatnya di Timor Timur.

    “Jayakarta pada tahun tersebut memasuki lembaran baru. Nama Jayakarta diubah Kerajaan Belanda menjadi Batavia. Nama Batavia ini berasal dari nama Batavieren, bangsa Eropa yang menjadi nenekmoyang Kerajaan Belanda,” tukas Muhammad Isa Ansyari SS.

    VOC mula-mula menjadikan Batavia sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan. Dengan kepiawaian kompeni lewat intrik dan politik adu domba atau cfewtte et impera terhadap raja-raja di Nusantara. Seluruh wilayah Nusantara dijarahnya. Kejayaannya pun berlangsung cukup lama.

    Tahun 1798. VOC jatuh dan dibubarkan. Kekuasaan, harta benda dan utangnya yartg 134,7 juta gulden diambil alih Pemerintahan Kerajaan Belanda. Rabu, 1 Januari 1800, Indonesia sejak itu diperintah langsung oleh Pemerintah Kerajaan Belanda. Suatu majelis untuk urusan jajahan Asia lalu didirikan.

    Namun, awal Maret 1942, Kerajaan Jepang merebut kekuasaan dari Kerajaan Belanda pada Perang Dunia ke-2. Nama Batavia dikubur balatentara Kerajaan Jepang. Dan, nama Jakarta menggantikannya sampai sekarang. (sumber : majalah amanah)

    http://www.gudangmateri.com/2010/06/sejarah-kota-jakarta.html

  2. Sejarah Kota Jakarta – Kota pelabuhan yang terletak di Teluk Jakarta di kawasan Sungai Ciliwung, dengan pelabuhan Sunda Kelapa erat hubungannya sebagai sejarah asal usul Kota Jakarta, yang merupakan pusat perdagangan sangat penting sejak abad ke 12 hingga abad ke 16.

    Sejak tahun 1511 orang-orang Portugis sudah bercokol didaratan Malaka. Perhatian orang-orang Portugis untuk berdagangan, mendapat sambutan baik Raja Penjajaran yang menguasai Sunda Kelapa kala itu. Untuk mendapat bantuan dalam menghadapi orang-orang islam yang pada waktu itu pengikutnya sudah banyak di Banten dan di Cirebon. Pada waktu itu secara bersamaan Demak sudah menjadi Pusat kekuasaan islam.

    Kemudian di adakan perjanjian kerja sama antara raja penjajaran dengan orang Portugis tahun 1522. Dalam perjanjian itu dinyatakan bahwa orang-orang Portugis di bolehkan mendirikan benteng di Sunda Kelapa. Sebuah tugu di bangun di tepi sungai Ciliwung, menandai perjanjian itu.
    Pesan Sponsor

    Tetapi perjanjian itu tidak dapat diterima oleh kerajaan islam di Demak. Yang saat itu berada di puncak kejayaannya. Kemudian Sultan Demak mengirimkan bala tentaranya di bawah pimpinan menantunya yang bernama Fatahillah.

    Pasukan Fatahillah berhasil menduduki Kota Pelabuhan Sunda Kelapa pada tahun 1527. Ketika armada Portugis datang, pasukan Fatahillah menghancurkannya, sisa-sisa armada Portugis itu melarikan diri ke Malaka. Kemudian kemenangan itu, Fatahillah mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, yang artinya “Kemanangan Yang Berjaya”, menurut perhitungan, hal itu terjadi pada tanggal 22 Juni 1527. Itulah sebabnya hari tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kota Jakarta.

    Keragaman Penduduk
    Terusan Suez di buka tahun 1870 untuk mempersingkat pelajaran dari Eropa ke Asia. Sejak saat itu banyak orang-orang Belanda datang ke Indonesia. Mereka datang dengan membawa keluarganya dan membawa hasil-hasil teknologi waktu itu antara lain mobil, sepeda motor dan kereta api, tren kuda, angkutan umum yang sudah ada sejak tahun 1869.
    Indonesia pada waktu itu menjadi tujuan dari impian orang Belanda. Karena beranggapan disinilah mereka bisa menjadi kaya, karena tanahnya yang subur menghasilkan daun tembakau, teh, kopi, kelapa sawit, karet dan bahan tambang untuk diangkut ke Eropa.

    Para tenaga kerja yang bisa dikerjakan mengolah kekayaan alam, pihak Belanda mengambil orang pribumi yang semakin hari semakin miskin. Orang pribumi masih kurang memadai oleh orang Belanda, sehingga di import orang-orang keeling (India) di samping orang-orang cina, orang-orang keeling yang diimport ini sama nasib dan deritanya orang-orang kuli kontrak. Untuk orang keeling sejarah menampakkan semakin menyusut di tahun sejarah hingga sekarang ini keturunannya hanya tinggal sedikit di Sumatera Timur. Mereka tidak semantap orang cina yang bekerja di perkebunan.

    Disamping itu orang-orang Arab Saudi menjajahkan kakinya sejak abad ke 15. Umumnya datang untuk berdagang. Keahlian orang Arab ini dimanfaatkan oleh Kolonial Belanda. Orang-orang Arab sama kedudukannya dengan orang-orang cina.

    http://duniabaca.com/asal-usul-sejarah-kota-jakarta.html

    1. 1. Sunda Kelapa
      2. Perang Kerajaan Demak
      3. Falatehan
      4. J.P. Coen
      5. Jakarta Toko Betsu Shi
      6. HBS
      7. Pieter Brooshooft & C.Th. van Deventer
      8. STOVIA
      9. Boedi Oetomo
      10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
      11. Sunda Kelapa -> Jayakarta -> Batavia -> Jakarta
      12. karena jakarta kota yang paling sibuk
      13. karena pembuatan benteng
      14. Untuk memperbanyak juru kesehatan yang diperlukan
      15. Pada awalnya J.P. Coen kalah dalam pertempuran yang
      terjadi pada tahun 1619 dan VOC terusir dari Jayakarta.
      Tetapi ia tidak mau menyerah dan mencari bantuan kepada
      VOC yang saat itu ada di Maluku
      16. 22 Juni
      17. TIS
      18. Stad Batavia
      19. THS/AMS
      20. HIK
      21. Sangilang Surawisesa
      22. Fatahillah
      23. Cornelis de Houtman
      24. J.P. Coen
      25. 4 Maret 1621
      26. Simon Stevin
      27. Museum Sejarah Jakarta
      28. Jacques Specx
      29. Museum Bahari
      30. 1628 & 1629
      31. 1942
      32. Kepulauan Seribu
      33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
      34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
      35. Pendidikan
      36. Kemerdekaan
      37. Hotel Indonesia
      38. 1999
      39. 27 Agustus 1945
      40. Irigasi (Pengairan),imigrasi , edukasi
      41. Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
      42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
      43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan dan untuk merdeka
      44. Ir. Soekarno
      45. Ika Daigaku
      46. 22 Juni 1527
      47. 4 Maret 1621
      48. 8 Agustus 1942
      49. Stad Gemeente Batavia
      50. 2 Februari 1950

      1. 1.Sunda Kelapa
        2.Perang Kerajaan Demak
        3.Falatehan
        4.Jan Pieterzoon Coen
        5.Jakarta
        6.HBS
        7.Van Deventer dan pieter brooshoof
        8.STOVIA
        9.Budi Utomo
        10.Kedokteran UI
        11.Dari Jayakarta, berubah Batavia, kemudian Jakarta
        12.Karena banyak lembaga pendidikan
        13.Karena membangun benteng yang tidak disukai oleh sultan banten dan orang-orang Inggris
        14.Mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia pada kemerdekaan
        15.Pergi mencari bantuan kepada VOC yang ketika itu ada di Maluku
        16.22 Juni 1527
        17.TIS
        18.Kota Stad Batavia
        19.THS atu RHS
        20.HIS
        21.Sangiang Surawisesa
        22.Fatahillah
        23.Cournelis De Houtman
        24.Jan Pieterzoon Coen
        25.4 Maret 1621
        26.Simon Stevin
        27.Sejarah Jakarta
        28.Jacques specx
        29.Bahari
        30.1628 dan 1629
        31.1942
        32.Kepulauan Seribu
        33.HIS,MULO,HBS,AMS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
        34.Irigasi, emigrasi, edukasi
        35.Pendidikan
        36.Kemerdekaan
        37.Hotel Indonesia
        38.1964
        39.17 Agustus 1945
        40.Irigasi, emigrasi, edukasi
        41.Sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia
        42.HIS,TIS,ELS,HJS,HCS,MULO,HBS,AMS,HIK
        43.Sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia,mempunyai peranan besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
        44.IR.Soekarno
        45.GHS
        46.22 Juni 1527
        47.4 Maret 1621
        48.8 Agustus 1942
        49.Stad Gementee Batavia
        50.2 Februari 1950

  3. SEJARAH NAMA KOTA JAKARTA

    SEJARAH AWAL

    Sebagai sebuah kota yang berumur lebih dari 1 abad Jakarta adalah sebuah tempat yang memiliki banyak liku sejarah. Berawal dari sebuah bandar kecil dimuara Ciliwung 500 tahun lalu, sejarah Jakarta banyak diketahui melalui prasasti-prasasti milik kerajaan besar seperti Tarumanegara, Sriwijaya maupun Kerajaan Sunda.

    Data dari wikipedia menyebutkan bahwa pada awalnya Sunda Kelapa ( dikenal dengan nama Kalapa ) merupakan salah satu pelabuhan milik Kerajaan Hindu bernama Sunda yang beribu kota di Pakuan Pajajaran ( sekarang Bogor ).

    Selain pelabuhan Sunda Kelapa, Kerajaan Sunda juga memiliki beberapa pelabuhan lain seperti pelabuhan Banten, Pontang, Cigede, Tamgara dan Cimanuk. Namun demikian Sunda Kelapa dianggap sebagai pelabuhan terpenting karena memiliki waktu tempuh relatif singkat dari ibukota kerajaan serta merupakan pelabuhan lada yang sibuk.

    GAMBARAN SUNDA KELAPA

    Berdasarkan tulisan-tulisan Portugis ditemukan bahwa Sunda Kelapa merupakan bandar yang terbujur sepanjang satu atau dua kilometer di atas potongan-potongan tanah sempit yang dibersihkan di kedua tepi muara sungai Ciliwung. Sungainya memungkinkan untuk dimasuki 10 kapal dagang yang masing-masing memiliki kapasitas sekitar 100 ton.

    Kapal-kapal tersebut umumnya dimiliki oleh orang-orang Melayu, Jepang dan Tionghoa. Di samping itu ada pula kapal-kapal dari daerah yang sekarang disebut Indonesia Timur. Sementara itu kapal-kapal Portugis dari tipe kecil yang memiliki kapasitas muat antara 500 – 1.000 ton harus berlabuh di depan pantai. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa barang-barang komoditas dagang Sunda diangkut dengan lanchara-yaitu semacam kapal yang muatannya sampai kurang lebih 150 ton( id.wikipedia-sejarah jakarta )

    KEDATANGAN PORTUGIS

    Pada akhir abad 15-16 mulai berdatangan bangsa-bangsa eropa kebumi nusantara yang diawali dengan keruntuhan Malaka & Pasai ditahun 1511 oleh Portugis.

    Untuk menjaga keamanan kerajaan Sunda dari kemungkinan serangan kerajaan-kerajaan Islam yang berpusat di Demak dan Cirebon, Raja Sunda memutuskan untuk meminta bantuan pada Portugis dengan jalan memberikan loji-sebuah lokasi perkantoran & perumahan yang dilengkapi benteng disekelilingnya- di wilayah Sunda Kelapa. Perjanjian ini diabadikan dalam sebuah batu peringatan yang ditemukan kemudian di sudut Jl. Cengkeh dan Jl.Nelayan Timur tahun 1918 ( id.wikipedia-sejarah jakarta )

    MASA ISLAM

    Tahun 1526-1527 kerajaan Demak memerintahkan seorang punggawa bernama Fatahillah ( Falatehan ) untuk mengusir Portugis dari tanah jawa sekaligus merebut Sunda Kelapa. Tanggal 22 Juni 1527 pasukan Demak-Cirebon dibawah komando Fatahillah berhasil menduduki bandar Sunda Kelapa dan mengganti namanya menjadi Jayakarta . Tanggal inilah yang dijadikan sebagai patokan umur kota Jakarta hingga sekarang.

    KEKUASAAN KOLONIAL BELANDA

    Sayangnya kekuasaan Demak diJayakarta tidak berlangsung lama.

    Tanggal 30 Mei 1619 dibawa pimpinan J.P Coen Belanda berhasil merebut dan menduduki Jayakarta sekaligus mengganti namanya menjadi Batavia – diambil dari nama suku Keltik yang pernah tinggal di wilayah negeri Belanda pada zaman Romawi.

    Saat kekuasaan kolnial Belanda inilah perubahan besar-besaran pada bentuk kota Batavia mulai terlihat.Dimulai dari pembangunan kanal-kanal sepanjang kota guna melindungi Batavia dari ancaman banjir hingga dengan pembangunan gedung-gedung sebagai pusat kegiatan pemerintahan maupun perdagangan.

    Pertumbuhan yang pesat mengakibatkan keadaan lingkungan cepat rusak, sehingga memaksa penguasa Belanda memindahkan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan yang lebih tinggi letaknya. Wilayah ini dinamakan Weltevreden.( my-indonesia.info)

    ABAD 20 – saat ini

    Pada tahun 1942 saat terjadinya Perang Dunia II kekuasaan diBatavia beralih dari pemerintahan kolonial Belanda ke kekuata invasi Jepang. Selama masa pendudukan ini ( 1942-1945 ), Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta . Nama inilah yang berlaku hingga sekarang.

    Akhirnya di tahun 1966, Jakarta memperoleh nama resmi sebagai Ibukota Republik Indonesia. Sejak itulah Jakarta berkembang menjadi sebuah kota metropolitan. Berbagai macam suku, ras, danbudaya iku menyumbang pertumbuhan Jakarta menjadi salah satu kota yang dinamis dan tersibuk diIndonesia.

    Catatan kaki

    Abad ke-14 bernama Sunda Kelapa sebagai pelabuhan Kerajaan Sunda ( Pajajaran ).
    22 Juni 1527 oleh Fatahilah, diganti nama menjadi Jayakarta (tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi kota Jakarta keputusan DPR kota sementara No. 6/D/K/1956).
    4 Maret 1621 oleh Belanda untuk pertama kali bentuk pemerintah kota bernama Stad Batavia.
    1 April 1905 berubah nama menjadi ‘Gemeente Batavia’.
    8 Januari 1935 berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia.
    8 Agustus 1942 oleh Jepang diubah namanya menjadi Jakarta Toko Betsu Shi.
    September 1945 pemerintah kota Jakarta diberi nama Pemerintah Nasional Kota Jakarta.
    20 Februari 1950 dalam masa Pemerintahan. Pre Federal berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia.
    24 Maret 1950 diganti menjadi Kota Praj’a Jakarta.
    18 Januari 1958 kedudukan Jakarta sebagai Daerah swatantra dinamakan Kota Praja Djakarta Raya.
    Tahun 1961 dengan PP No. 2 tahun 1961 jo UU No. 2 PNPS 1961 dibentuk Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.
    31 Agustus 1964 dengan UU No. 10 tahun 1964 dinyatakan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya tetap sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta.
    Tahun1999, melalaui uu no 34 tahun 1999 tentang pemerintah provinsi daerah khusus ibukota negara republik Indonesia Jakarta, sebutan pemerintah daerah berubah menjadi pemerintah provinsi dki Jakarta, dengan otoniminya tetap berada ditingkat provinsi dan bukan pada wilyah kota, selain itu wiolyah dki Jakarta dibagi menjadi 6 ( 5 wilayah kotamadya dan satu kabupaten administrative kepulauan seribu)
    Sumber : wikipedia; my-indonesia.info; Novel Sejarah ” Arus Balik ” Pramudya AT.

    Foto : http://kotatua.blogspot.com/

    http://bandarjakarta.wordpress.com/2009/02/28/sejarah-nama-kota-jakarta/

  4. Dikisahkan pada tahun 397-1527, Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kelapa, berlokasi di muara Sungai Ciliwung seperti dijelaskan Wikipedia dan selanjutnya ditambahkan Ibu kota Kerajaan Sunda yang dikenal sebagai Dayeuh Pakuan Pajajaran atau Pajajaran (sekarang Bogor) dapat ditempuh dari pelabuhan Sunda Kalapa selama dua hari perjalanan. Menurut sumber Portugis, Sunda Kalapa merupakan salah satu pelabuhan yang dimiliki Kerajaan Sunda selain pelabuhan Banten, Pontang, Cigede, Tamgara dan Cimanuk. Sunda Kalapa yang dalam teks ini disebut Kalapa dianggap pelabuhan yang terpenting karena dapat ditempuh dari ibu kota kerajaan yang disebut dengan nama Dayo (dalam bahasa Sunda modern: dayeuh yang berarti ibu kota) dalam tempo dua hari. Kerajaan Sunda sendiri merupakan kelanjutan dari Kerajaan Tarumanagara pada abad ke-5 sehingga pelabuhan ini diperkirakan telah ada sejak abad ke-5 dan diperkirakan merupakan ibu kota Tarumanagara yang disebut Sundapura.

    Pada abad ke-12, pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan lada yang sibuk. Kapal-kapal asing yang berasal dari Tiongkok, Jepang, India Selatan, dan Timur Tengah sudah berlabuh di pelabuhan ini membawa barang-barang seperti porselen, kopi, sutra, kain, wangi-wangian, kuda, anggur, dan zat warna untuk ditukar dengan rempah-rempah yang menjadi komoditas dagang saat itu.

    Jayakarta (1527-1619). Orang Portugis merupakan orang Eropa pertama yang datang ke Jakarta. Pada abad ke-16, Surawisesa, raja Sunda meminta bantuan Portugis yang ada di Malaka untuk mendirikan benteng di Sunda Kelapa sebagai perlindungan dari kemungkinan serangan Cirebon yang akan memisahkan diri dari Kerajaan Sunda. Upaya permintaan bantuan Surawisesa kepada Portugis di Malaka tersebut diabadikan oleh orang Sunda dalam cerita pantun seloka Mundinglaya Dikusumah, dimana Surawisesa diselokakan dengan nama gelarnya yaitu Mundinglaya. Namun sebelum pendirian benteng tersebut terlaksana, Cirebon yang dibantu Demak langsung menyerang pelabuhan tersebut. Orang Sunda menyebut peristiwa ini tragedi, karena penyerangan tersebut membungihanguskan kota pelabuhan tersebut dan membunuh banyak rakyat Sunda disana termasuk syahbandar pelabuhan. Penetapan hari jadi Jakarta tanggal 22 Juni oleh Sudiro, walikota Jakarta, pada tahun 1956 adalah berdasarkan tragedi pendudukan pelabuhan Sunda Kalapa oleh Fatahillah pada tahun 1527. Fatahillah mengganti nama kota tersebut menjadi Jayakarta yang berarti “kota kemenangan”. Selanjutnya Sunan Gunung Jati dari Kesultanan Cirebon, menyerahkan pemerintahan di Jayakarta kepada putranya yaitu Sultan Maulana Hasanuddin yang menjadi sultan di Kesultanan Banten.

    Dan untuk selanjutnya sejarah Jakarta dari Batavia (1619-1942) dan 1942 s/d 1945 (maupun sampai sekarang) anda dapat klik di sini : http://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta#Batavia_.281619.E2
    Kategori:
    Berita & Politik

    http://www.youtube.com/watch?v=lYh6hZZgMIc

  5. 1. sunda kelapa
    2. pasukan prajurit kerajaan demak
    3. falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. pemenrintahan kota stad Batavia
    6. hogere burger school
    7. Pieter brooshooft
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. kedokteran universitas Indonesia
    11. jayakarta,Batavia,Jakarta
    12. telah diterapkan bahwa pendidikkan dasar harus ada pada setiap karesidenan,kabupaten,kawedanan atau pusat-pusat kerajinan,perdagangan,atau tempat yang dianggap perlu
    13. karena sultan banten tidak menyukai pembuatan benteng yang dibuat oleh VOC
    14. untuk menjadiakan banyaknya juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit barbahaya di wilayah-wilayah jajahan belanda
    15. awalnya jp coen kalah dalam pertempuran merebut kekuasaaan, namun, ia berhasil menaklukkan jayakarta dengan mencari bantuan kepada VOC yang ketika itu ada di maluku
    16. 22 juni 1527
    17. tweede indlasche school
    18. stad batavia
    19. ams/ths
    20. europeesche lagere school
    21. sangiang surawisesa
    22. fatahillah
    23. cornelis de houtman
    24. JP Coen
    25. 4 maret 1621
    26. simon stevin
    27. museum bahari
    28. jasques specx
    29. 1628&1629
    30. 1942
    31. kepulauan seribu
    32. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    33. irigrasi,emigrasi,edukasi
    34. pendidikan
    35. kemerdekaan
    36. hotel Indonesia
    37. 1999
    38. 17 agustus
    39. irigrasi(pengairan),membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.emigrasi: mengajak penduduk untuk transmigrasi.edukasi:memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    40. edukasi:memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    41. HIS,MULO/HBS/HIS,AMS,THS,LHS,GHS
    42. untuk menjadiakan banyaknya juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit barbahaya di wilayah-wilayah jajahan belanda
    43. IR.SOEKARNO
    44. school tot opleiding van inlandsche
    45. 22 juni 1527
    46. 4 maret 1621
    47. 8 agustus 1942
    48. stad gemeente Batavia
    49. 2 februari 1950

  6. 1. Nama Pelabuhan kecil di muara sungai ciliwung adalah: Sunda Kelapa
    2. Fatahilah adalah panglima: perang kerajaan demak
    3. Nama lain fatahilah adalah: Jayakarta
    4. Pendiri Batavia adalah: J.P Coen
    5. Tentara Jepang mengubah nama Batavia menjadi: Jakarta
    6. Ir. Sukarno pernah bersekolah di: Hogere Burger School
    7. Tokoh politik etis adalah : Conrad Theodore Van Deventer
    8. Sekolah kedokteran di Batavia adalah: Stovia
    9. Organisasi yang didirikan dokter-dokter stovia adalah: Boedi Oetomo
    10. STOVIA kini berubah jadi fakultas: kedokteran universitas Indonesia
    11. Ceritakan dengan singkat perkembangan kota Jakarta! : Abad ke-14 bernama sunda kelapa sebagai pelabuhan kerajaan hindu Pajajaran, lalu pada tanggal 22 juni 1527 Fatahilah mengganti namanya menjadi Jayakarta, 1 abad Kemudian Belanda mengganti namanya menjadi Batavia, dan terakhir diganti namanya oleh jepang menjadi Jakarta
    12. Jelaskan mengapa Jakarta jadi pusat pendidikan!: Karena adalah Kota tersibuk
    13. Mengapa Sultan banten marah kepada VOC? Jelaskan!: Sultan Marah karena membuat Benteng
    14. Jelaskan manfaat STOVIA bagi Indonesia!: Rakyat Indonesia bias mempelajari Kedokteran
    15. Jelaskan bagaimana cara JP Coen menguasai jayakarta!: Dari Bantuan VOC di Maluku
    16. Kapan hari Jadi Kota jakarta?: 22 Juni 1527
    17. Pada zaman Belanda, Suharto pernah sekolah di : Tweede Inlandsche School
    18. Tanggal 4 Mei 1621 Belanda membentuk pemerintahan kota bernama: Stad batavia
    19. Setelah luluis HBS banyak siswa dari daerah ke batavia untuk masuk sekolah: THS atau: Stovia
    20. Sekolah untuk pendidikan pribumi pada zaman Belanda disebut? : HIK
    21. Pada tahun 1522, Gubernur Portugis, d’Albuquerque, mengirimkan utusannya yang bernama Enrique Leme, yang didampingi oleh Tome Pires untuk menemui raja Pajajaran yang bernama: Sangiang Surawisesa
    22. Pelabuhan Sunda Kelapa diserang oleh Demak pada tahun 1526 di bawah pimpinan: Fatahillah
    23. Orang Belanda pertama yang datang ke Jayakarta pada tahun 1595 adalah: Cornelis De Houtman
    24. Nama Jayakarta dirubah menjadi Batavia oleh J.P Coen
    25. Pemerintahan kota Stad Batavia didirikan pada tanggal: 4 maret 1921
    26. Konsep perencanaan kota Batavia dibuat oleh seorang insinyur Belanda yang bernama: Simon Stevin
    27. Hal yang menarik dari struktur kota batavia adalah adanya alun-alun sebagai pusat kotanya, dengan gedung besar dan megah di sebelah alun-alun. Gedung tersebut berfungsi sebagai balaikota (Stadhuis) yang sekarang ini menjadi museum: Sejarah Jakarta /Kota tua
    28. Gubernur Jenderal Belanda yang merubah Kali besar yang semula berkelok kemudian diluruskan menjadi parit terurus dan lurus menembus kota sepeninggal J.P Coen (1629) adalah: Jacques Specx
    29. Gudang-gudang yang dipakai untuk menyimpan barang dagangan seperti pala, lada, serta kopi dan teh sekarang ini digunakan sebagai museum: Bahari
    30. Kerajaan mataram menyerang Batavia 2 kali, yaitu pada tahun:1825 dan :1830 Keduanya gagal.
    31. Jepang mengganti nama batavia menjadi Jakarta untuk menarik hati penduduk Indonesia pada tahun: 1942
    32. Tahun 1999, Pemerintah provinsi DKI Jakarta mempunyai 6 wilayah, yaitu 5 wilayah kotamdya, dan 1 kabupaten administratif yang bernama: Kepulauan Seribu
    33. Sebutkan beberapa jenis sekolah yang didirikan pemerintah Hindia belanda (ada 9 sekolah)!: HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,JCS,ELS,HJS
    34. Ratu Wilhema menuangkan panggilan moral dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program yang meliputi (ada 3), yaitu: Irigasi,Emigrasi,dan edukasi
    35. Kemunculan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah swasta dan resmi dari pemerintahan Hindia belanda membuat dan menegaskan kota Jakarta sebagai pusat: Pendidikan
    36. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia kepada: Kebangkitan Nasional
    37. Hotel mewah pertama yang didirikan di Indonesia dan terletak di jl. M.H. Thamrin adalah: Hotel Indonesia
    38. Kota Jakarta dinaikkan statusnya setingkat propinsi dan disebut daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) di bawah pimpinan seorang gubernur pada tahun: 1999
    39. Kota Jakarta adalah tempat dilaksanakannnya kegiatan bersejarah, yaitu kegiatan detik-detik proklamasi pada tanggal: 17 agustus
    40. Apa saja isi politik etis? Edukasi,Irigasi, dan Emigrasi
    41. Apa bentuk penerapan politik etis dalam hal edukasi atau pendidikan? : Sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang di Hindia Belanda
    42. Sebutkan jenjang pendidikan dari bawah sampai atas di zaman Belanda?: HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Apa saja tujuan didirikan STOVIA?: Meningkatkan kesehatan di Batavia
    44. Siapa yang memproklamirkan Indonesia medrdeka di Jakarta: Soekarno-Hatta
    45. Pada masa pendudukan Jepang, STOVIA pernah berganti nama menjadi: Ika Daigaku
    46. Fatahilah mengganti nama Sunda kelapa menjadi Jakarata pada tanggal: 22 juni 1527
    47. Belanda membentuk pemerintah kota yang bernama Stad Batavia pada tanggal: 4 maret 1621
    48. Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta toko betsu shi pada tanggal: 8 agustus1942
    49. Pada tanggal 20 Februari 1950 dalam masa pemerintahan Pre Federal berubah nama menjadi: Stad Gemeente Batavia
    50. Pemerintah Republik Indonesia mengubah STOVIA menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tanggal: 2 Februari 1950

  7. 1. Nama Pelabuhan kecil di muara sungai ciliwung adalah: Sunda Kelapa
    2. Fatahilah adalah panglima: perang kerajaan demak
    3. Nama lain fatahilah adalah: Jayakarta
    4. Pendiri Batavia adalah: J.P Coen
    5. Tentara Jepang mengubah nama Batavia menjadi: Jakarta
    6. Ir. Sukarno pernah bersekolah di: Hogere Burger School
    7. Tokoh politik etis adalah : Conrad Theodore Van Deventer
    8. Sekolah kedokteran di Batavia adalah: Stovia
    9. Organisasi yang didirikan dokter-dokter stovia adalah: Boedi Oetomo
    10. STOVIA kini berubah jadi fakultas: kedokteran universitas Indonesia
    11. Ceritakan dengan singkat perkembangan kota Jakarta! : Abad ke-14 bernama sunda kelapa sebagai pelabuhan kerajaan hindu Pajajaran, lalu pada tanggal 22 juni 1527 Fatahilah mengganti namanya menjadi Jayakarta, 1 abad Kemudian Belanda mengganti namanya menjadi Batavia, dan terakhir diganti namanya oleh jepang menjadi Jakarta
    12. Jelaskan mengapa Jakarta jadi pusat pendidikan!: Karena adalah Kota tersibuk
    13. Mengapa Sultan banten marah kepada VOC? Jelaskan!: Sultan Marah karena membuat Benteng
    14. Jelaskan manfaat STOVIA bagi Indonesia!: Rakyat Indonesia bias mempelajari Kedokteran
    15. Jelaskan bagaimana cara JP Coen menguasai jayakarta!: Dari Bantuan VOC di Maluku
    16. Kapan hari Jadi Kota jakarta?: 22 Juni 1527
    17. Pada zaman Belanda, Suharto pernah sekolah di : Tweede Inlandsche School
    18. Tanggal 4 Mei 1621 Belanda membentuk pemerintahan kota bernama: Stad batavia
    19. Setelah luluis HBS banyak siswa dari daerah ke batavia untuk masuk sekolah: THS atau: Stovia
    20. Sekolah untuk pendidikan pribumi pada zaman Belanda disebut? : HIK
    21. Pada tahun 1522, Gubernur Portugis, d’Albuquerque, mengirimkan utusannya yang bernama Enrique Leme, yang didampingi oleh Tome Pires untuk menemui raja Pajajaran yang bernama: Sangiang Surawisesa
    22. Pelabuhan Sunda Kelapa diserang oleh Demak pada tahun 1526 di bawah pimpinan: Fatahillah
    23. Orang Belanda pertama yang datang ke Jayakarta pada tahun 1595 adalah: Cornelis De Houtman
    24. Nama Jayakarta dirubah menjadi Batavia oleh J.P Coen
    25. Pemerintahan kota Stad Batavia didirikan pada tanggal: 4 maret 1921
    26. Konsep perencanaan kota Batavia dibuat oleh seorang insinyur Belanda yang bernama: Simon Stevin
    27. Hal yang menarik dari struktur kota batavia adalah adanya alun-alun sebagai pusat kotanya, dengan gedung besar dan megah di sebelah alun-alun. Gedung tersebut berfungsi sebagai balaikota (Stadhuis) yang sekarang ini menjadi museum: Sejarah Jakarta /Kota tua
    28. Gubernur Jenderal Belanda yang merubah Kali besar yang semula berkelok kemudian diluruskan menjadi parit terurus dan lurus menembus kota sepeninggal J.P Coen (1629) adalah: Jacques Specx
    29. Gudang-gudang yang dipakai untuk menyimpan barang dagangan seperti pala, lada, serta kopi dan teh sekarang ini digunakan sebagai museum: Bahari
    30. Kerajaan mataram menyerang Batavia 2 kali, yaitu pada tahun:1825 dan :1830 Keduanya gagal.
    31. Jepang mengganti nama batavia menjadi Jakarta untuk menarik hati penduduk Indonesia pada tahun: 1942
    32. Tahun 1999, Pemerintah provinsi DKI Jakarta mempunyai 6 wilayah, yaitu 5 wilayah kotamdya, dan 1 kabupaten administratif yang bernama: Kepulauan Seribu
    33. Sebutkan beberapa jenis sekolah yang didirikan pemerintah Hindia belanda (ada 9 sekolah)!: HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,JCS,ELS,HJS
    34. Ratu Wilhema menuangkan panggilan moral dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program yang meliputi (ada 3), yaitu: Irigasi,Emigrasi,dan edukasi
    35. Kemunculan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah swasta dan resmi dari pemerintahan Hindia belanda membuat dan menegaskan kota Jakarta sebagai pusat: Pendidikan
    36. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia kepada: Kebangkitan Nasional
    37. Hotel mewah pertama yang didirikan di Indonesia dan terletak di jl. M.H. Thamrin adalah: Hotel Indonesia
    38. Kota Jakarta dinaikkan statusnya setingkat propinsi dan disebut daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) di bawah pimpinan seorang gubernur pada tahun: 1999
    39. Kota Jakarta adalah tempat dilaksanakannnya kegiatan bersejarah, yaitu kegiatan detik-detik proklamasi pada tanggal: 17 agustus
    40. Apa saja isi politik etis? Edukasi,Irigasi, dan Emigrasi
    41. Apa bentuk penerapan politik etis dalam hal edukasi atau pendidikan? : Sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang di Hindia Belanda
    42. Sebutkan jenjang pendidikan dari bawah sampai atas di zaman Belanda?: HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Apa saja tujuan didirikan STOVIA?: Meningkatkan kesehatan di Batavia
    44. Siapa yang memproklamirkan Indonesia medrdeka di Jakarta: Soekarno-Hatta
    45. Pada masa pendudukan Jepang, STOVIA pernah berganti nama menjadi: Ika Daigaku
    46. Fatahilah mengganti nama Sunda kelapa menjadi Jakarata pada tanggal: 22 juni 1527
    47. Belanda membentuk pemerintah kota yang bernama Stad Batavia pada tanggal: 4 maret 1621
    48. Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta toko betsu shi pada tanggal: 8 agustus1942
    49. Pada tanggal 20 Februari 1950 dalam masa pemerintahan Pre Federal berubah nama menjadi: Stad Gemeente Batavia
    50. Pemerintah Republik Indonesia mengubah STOVIA menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tanggal: 2 Februari 1950

  8. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshooft & C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11. Sunda Kelapa -> Jayakarta -> Batavia -> Jakarta
    12. Karena ada banyak lembaga pendidikan di Jakarta
    13. Karena Sultan Banten tidak suka terhadap pembuatan
    benteng oleh VOC
    14. Untuk memperbanyak juru kesehatan yang diperlukan untuk
    menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit
    berbahaya di wilayah-wilayah jajahan belanda
    15. Pada awalnya J.P. Coen kalah dalam pertempuran yang
    terjadi pada tahun 1619 dan VOC terusir dari Jayakarta.
    Tetapi ia tidak mau menyerah dan mencari bantuan kepada
    VOC yang saat itu ada di Maluku
    16. 22 Juni
    17. Tweede Indlansche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. THS/AMS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangilang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 27 Agustus 1945
    40. Irigasi (Pengairan):Membangun & memeperbaiki pengairan-
    pengairan dan bendungan untuk keperluan petani
    Emigrasi:Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi:Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
    43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya macam-macam penyakit berbahaya di wilayah-
    wilayah jajahan belanda maka dibangunlah STOVIA
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  9. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshooft & C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11. Sunda Kelapa -> Jayakarta -> Batavia -> Jakarta
    12. Karena ada banyak lembaga pendidikan di Jakarta
    13. Karena Sultan Banten tidak suka terhadap pembuatan
    benteng oleh VOC
    14. Untuk memperbanyak juru kesehatan yang diperlukan untuk
    menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit
    berbahaya di wilayah-wilayah jajahan belanda
    15. Pada awalnya J.P. Coen kalah dalam pertempuran yang
    terjadi pada tahun 1619 dan VOC terusir dari Jayakarta.
    Tetapi ia tidak mau menyerah dan mencari bantuan kepada
    VOC yang saat itu ada di Maluku
    16. 22 Juni
    17. Tweede Indlansche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. THS/AMS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangilang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 27 Agustus 1945
    40. Irigasi (Pengairan):Membangun & memeperbaiki pengairan-
    pengairan dan bendungan untuk keperluan petani
    Emigrasi:Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi:Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
    43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya macam-macam penyakit berbahaya di wilayah-
    wilayah jajahan belanda maka dibangunlah STOVIA
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  10. Audrya Anggivasha Kerenhappukh (07)
    Kelas: 7A
    Blog: http://audrya-kerenhappukh.blogspot.com/

    1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    2. Panglima tentara yang berasal dari Gujarat, India
    3. Falatehan
    4. J. P. Coen
    5. Jakarta
    6. HBS (Hogere Burger School)
    7. Pieter Brooshoft
    8. STOVIA (Sekarang fakultas kedokteran UI)
    9. Boedi Utomo
    10. Kedokteran Universitas Indonesia
    11. Pertama-tama nama Jakarta adalah sunda kelapa, lalu diubah menjadi Jayakarta, lalu diganti menjadi Batavia dan akhirnya sekarang adalah Jakarta
    12. Karena Batavia adalah kota yg paling sibuk di Nusantara. Banyaknya penduduk dari berbagai etnis dan tentunya penduduk belanda, membuat sekolah banyak didirikan di Batavia.
    13. Karena VOC membangun kantor dagang dan sebuah benteng di Jayakarta sehingga sultan Banten marah.
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yg akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15. JP Coen membangun benteng belanda di jayakarta, di atas puing-puing kota Jakarta ia membangun kota baru yg diberi nama Batavia
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS (Tweede Inlandsche School)
    18. Stad Batavia
    19. THS atau STOVIA
    20. Europeesche Lagere School (ELS)
    21. Sangjang Surawisesa
    22. Fatahilah
    23. Cornelis De Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS.
    34. Irigasi, membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan utk keperluan pertanian, Emigrasi yakni mengajak penduduk urk transmigrasi, memperluas dlm bidang pengajaran dan pendidikan (edukasi)
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, Emigrasi, dan edukasi
    41. Memperluas dalam bidang penngajaran dan pendidikan
    42. HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Kekhawatiran akan kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahannya, membuat pemerintah kolonial menetapkan perlunya diselenggarakan suatu kursus juru kesehatan di Hindia Belanda.
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  11. 1.sunda kelapa
    2.perang kesultanan demak
    3.faletehan
    4.J.P. Coen (dibantu oleh VOC)
    5.Jakarta (jakarta toko betsushi)
    6.Hogere Burger School (hbs)
    7.Conrad Theodore van Deventer
    8.STOVIA / GHS
    9.Budi Oetomo
    10.Fakultas kedokteran UI
    11.Abad 14 – Sunda Kelapa
    22 Juni 1527 – Jayakarta
    4 Maret 1621 – Batavia (Stad Batavia)
    8 Agustus 1942 – Jakarta
    20 Februari 1950,Pra Federal – Stad Gemeente Batavia
    1964 – DKI Jakarta dan ditetapkan sebagai ibukota negara.
    12.Karena banyaknya sekolah dan lembaga-lembaga yang didirikan disana, baik itu swasta ataupun dari pemerintah. Sehingga, akhirnya dtegaskan dan ditetapkan oleh pemerintah menjadi pusat pendidikan.
    13. Karena VOC bukan hanya membangun kantor dagang di Jayakarta , tetapi juga membangun benteng.
    14. 1. memperluas pengetahuan rakyat Indonesia mengenai dunia kedokteran 2. membantu Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. 3. Para muridnya merupakan pelopor organisasi BO yg membantu Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
    15.Dengan meminta bantuan VOC yg saat itu sedang berada di Maluku.
    16.22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School (TIS)
    18.Stad Batavia
    19.GHS(STOVIA) / RHS
    20. HIK
    21.Raja Sangiang Surawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelius de Houtman
    24.J.P. Coen (disarankan oleh de Heerenven Seventien)
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta / Fatahillah
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,JCS,ELS,dan HJS.
    34. irigasi, emigrasi, dan edukasi
    35. pusat pendidikan
    36. kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. irigasi, emigrasi, dan edukasi
    41. dengan didirikannya sekolah – sekolah di kawasan jajahan belanda di Hindia – Belanda.
    42. tingkat dasar = HIS dan TIS
    tingkat menengah = MULO
    tingkat menengah atas = AMS
    tingkat atas = RHS, THS, GHS/STOVIA
    43. Untuk meningkatkan kesehatan di wilayah Batavia pada waktu itu.
    44. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  12. Denisa Trixie Nabila
    Absen 11 Kelas 7B
    Blog: http://denisatrixie.tumblr.com

    1. pelabuhan Sunda Kelapa
    2. perang
    3. Falatehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta
    6. HBS/Hogere Burger School
    7. Pieter Brooshoft
    8. STOVIA
    9. Boedi Utomo
    10. Kedokteran Universitas Indonesia/UI
    11. Nama Jakarta dulu adalah sunda kelapa, lalu diubah menjadi Jayakarta oleh Fatahillah, lalu diganti menjadi Batavia oleh JP Coen dan diganti menjadi Jakarta oleh Jepang
    12. Karena Batavia adalah kota yg paling sibuk di nusantara dan penduduknya banyak
    13. karena VOC membangun benteng di batavia
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yg membawa Indonesia kepada kemerdekaan dan mencerdaskan bangsa.
    15. Saat JP Coen memimpin VOC, terjadi pertempuran antara VOC dan orang Inggris di Batavia. Awalnya VOC kalah, namun akhirnya menang karena meminta bantuan kepada Maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS/Tweede Inlandsche School
    18. Stad Batavia
    19. THS atau RHS
    20. HIK/Hollandsche Indische Kweekschool
    21. Raja Sangjang Surawisesa
    22. Fatahilah
    23. Cornelis De Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta/Fatahillah
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, dan HJS
    34. Irigasi, emigrasi, dan edukasi
    35. pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. HI/Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, emigrasi, dan edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS, HIK, ELS, MULO, TIS, HJS, AMS, HBS, dan HCS
    43. Menambah juru kesahatan pada masa itu untuk menghadapi berbagai macam penyakit yg berbahaya.
    44. Ir.. Soekarno
    45. Ika daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  13. No.Absen: 33

    1.Sunda Kelapa
    2.Pasukan Perang Kerajaaan Demak
    3.Falatehan
    4.J.P Coen
    5.Jakarta
    6.Hogere Burger School(HBS)
    7.Pieter Brooshooft dan C.Th van Deventer
    8.STOVIA
    9.Boedi Oetomo
    10.Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11.Pada awalnya Jakarta berasal dari Sunda Kelapa, seteah di kuasai oleh fatahilah dirubah menjadi Jayakarta > dikuasi oleh Belanda diganti namanya menjadi Batavia > Dikuasai jepang nama Batavia menjadi Jakarta..
    12.Karena lembaga-lembaga pendidikan di Jakarta sudah berkembang pesat
    13.Karena VOC harusnya HANYA membuat kantor dagang, tetapi VOC juga membuat benteng dan ide itu tidak disukai oleh Sultan Banten
    14.STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yg akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15.Dengan bantuan VOC yang ada di Medan
    16.22 Juno 1527
    17.Tweede Inlandsche School(TIS)
    18.Pemerintahan Kota Stad Batavia
    19.AMS atau THS
    20.Euoropeesche Lagere School(ELS)
    21.Sangiang Surawisesa
    22.Fatahilah
    23.Cornelis de Houtman
    24.J.P Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevia
    27.Sejarah Jakarta
    28.Jacques Spex
    29.Bahari
    30.1628 dan 1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34.Irigasi: membangun dan memperbaiki pengairan
    Emigrasi:mengajak penduduk transmigrasi
    Edukasi: memperluas bidang pengajaran dan pembelajaran
    35.

  14. No.Absen: 33

    1.Sunda Kelapa
    2.Pasukan Perang Kerajaaan Demak
    3.Falatehan
    4.J.P Coen
    5.Jakarta
    6.Hogere Burger School(HBS)
    7.Pieter Brooshooft dan C.Th van Deventer
    8.STOVIA
    9.Boedi Oetomo
    10.Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11.Pada awalnya Jakarta berasal dari Sunda Kelapa, seteah di kuasai oleh fatahilah dirubah menjadi Jayakarta > dikuasi oleh Belanda diganti namanya menjadi Batavia > Dikuasai jepang nama Batavia menjadi Jakarta..
    12.Karena lembaga-lembaga pendidikan di Jakarta sudah berkembang pesat
    13.Karena VOC harusnya HANYA membuat kantor dagang, tetapi VOC juga membuat benteng dan ide itu tidak disukai oleh Sultan Banten
    14.STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yg akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15.Dengan bantuan VOC yang ada di Medan
    16.22 Juno 1527
    17.Tweede Inlandsche School(TIS)
    18.Pemerintahan Kota Stad Batavia
    19.AMS atau THS
    20.Euoropeesche Lagere School(ELS)
    21.Sangiang Surawisesa
    22.Fatahilah
    23.Cornelis de Houtman
    24.J.P Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevia
    27.Sejarah Jakarta
    28.Jacques Spex
    29.Bahari
    30.1628 dan 1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34.Irigasi: membangun dan memperbaiki pengairan
    Emigrasi:mengajak penduduk transmigrasi
    Edukasi: memperluas bidang pengajaran dan pembelajaran
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesi(HI)
    38.1999
    39.17 Agustus 1945
    40. Irigasi (Pengairan):Membangun & memeperbaiki pengairan-
    pengairan dan bendungan untuk keperluan petani
    Emigrasi:Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi:Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
    43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya macam-macam penyakit berbahaya di wilayah-
    wilayah jajahan belanda maka dibangunlah STOVIA
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  15. 1. Sunda Kalapa
    2. Demak
    3. Faletehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta
    6. HBS (Hogere Burger School)
    7. Ch. Van Deventer
    8. STOVIA
    9. Budi Uetomo.
    10.Fakultas kedokteran UI
    11.Abad ke 14 bernama Sunda Kalapa, 22 Juni 1527 diganti Fatahillah menjadi jayakarta, 4-3-1621, dibentuk Stad Batavia, 1-4-1905 berubah menjadi Gemeente Batavia, 8-1-1345 berybah menjadi Stad Gemeente Batavia, 8-8-1945 diganti Jepang menjadi Jakarta Toko Betsu Shi, Sept 1945 dibentuk Pemerintah Nasional Kota Jakarta, feb 1950 diubah menjadi Stad Gemeente Batavia, maret 1950 diganti menjadi kota praja jakarta, dan akhirnya dibentuk pemerintahan dareah Khusus Ibukota Djakarta Raya.

    12. karena banyak siswa siswa dari daerah yang berbondong-bondong ke Jakarta untuk masuk GHS/RHS. Setelah Indonesia merdeka, muncul juga universitas negeri dan swasta yang bagus di Jakarta.

    13. Karena VOC tidak hanya membuat kantor dagang, tapi juga sebuah benteng.

    14. Para pribumi dapat belajar kedokteran di Jakarta, meningkatkan kesehatan, dan murid murid STOVIA merupakan motor pendiri Budi Oetomo.

    15. dengan mencari bantuan pada VOC di Maluku. Dengan bentuan itu, ia menaklukkan Jakarta. Dia merusak Jakarta lalu membangun benteng Belanda di atas puing-puingnya,

    16. 22 Juni 1527.
    17. TIS (Tweede Inlandsche Schhol)
    18. Stad Batavia.
    19. GHS/Stovia atau RHS.
    20. HIK (Hollandsche Indische Kweekschool)
    21. Sangiang Surawisesa.
    22. Fatahillah.
    23. Cornelis de Houtman.
    24. de Heeren Seventien
    25. 4 Maret 1621.
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx.
    29. Bahari.
    30. 1628 dan 1629.
    31. 1942.
    32. Kepulauan Seribu.
    33. HIS, MULO, HBS, TIS, ELS, AMS, HIK, HCS, HJS.
    34. Irigasi(pengaairan), emigrasi, edukasi.
    35. pendidikan.
    36. kemerdekaan.
    37. Hotel Indonesia.
    38. 1999.
    39. 17 Agustus 1945.
    40. 1. irigasi (pengairan)membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian ;2. emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi; 3. edukasi yakni memperluas dakam bidang pengajarn dan pendidikan.

    41. memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.
    42. HIS,TIS,ELS,HCS,HJS,MULO,HIK,HBS, AMS lalu melanjutkan ke THS/LHS/RHS/GHS.
    43. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya, juga untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah jajahan Belanda.

    44. Ir. Soekarno dan juga Moh. Hatta.
    45. Ika Daigaku.
    46. 22 Juni 1527.
    47. 4 Maret 1621.
    48. 8 Agustus 1942.
    49. Stad Gemeente Batavia.
    50. 2 Februari 1950.

  16. 1. Nama Pelabuhan kecil di muara sungai ciliwung adalah Sunda Kelapa
    2. Fatahilah adalah panglima Perang Kerajaan Demak
    3. Nama lain fatahilah adalah Falatehan
    4. Pendiri Batavia adalah Jan Pieteszoon Coen
    5. Tentara Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Ir. Sukarno pernah bersekolah di Horgere Burger School
    7. Tokoh politik etis adalah Conrad Theodore van Deventer dan Pieter Brooshooft
    8. Sekolah kedokteran di Batavia adalah STOVIA
    9. Organisasi yang didirikan dokter-dokter stovia adalah Boedi Oetomo
    10. STOVIA kini berubah jadi fakultas Kedokteran Universitas UI
    11. Ceritakan dengan singkat perkembangan kota Jakarta! Bermula dari pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa yang diganti namanya oleh Fatahillah menjadi Jayakarta. Lalu, diganti namanya oleh Belanda menjadi Batavia. Dan oleh Jepang menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Akhirnya menjadi nama DKI Jakarta.
    12. Jelaskan mengapa Jakarta jadi pusat pendidikan! Dahulu Batavia adalah kota yang sangat sibuk. Sehingga, banyak yang mendirikan sekolah sekolah di Batavia.
    13. Mengapa Sultan banten marah kepada VOC? Jelaskan! Karena VOC membangun Benteng-Benteng di sekitar Sunda Kelapa dan menjadikannya Kota Batavia
    14. Jelaskan manfaat STOVIA bagi Indonesia! Memperbanyak Juru Kesehatan dan Membawa Indonesia Ke-Kemerdekaan
    15. Jelaskan bagaimana cara JP Coen menguasai jayakarta! Dengan Membangun Benteng-Benteng Di Sekitar Sunda Kelapa
    16. Kapan hari Jadi Kota jakarta? 22 Juni 1527
    17. Pada zaman Belanda, Suharto pernah sekolah di Tweede Inlandsche School
    18. Tanggal 4 Maret 1621 Belanda membentuk pemerintahan kota bernama Stad Batavia
    19. Setelah luluis HBS banyak siswa dari daerah ke batavia untuk masuk sekolah AMS atau THS
    20. Sekolah untuk pendidikan pribumi pada zaman Belanda disebut? Europeesche Lagere School
    21. Pada tahun 1522, Gubernur Portugis, d’Albuquerque, mengirimkan utusannya yang bernama Enrique Leme, yang didampingi oleh Tome Pires untuk menemui raja Pajajaran yang bernama Sangiang Surawisesa
    22. Pelabuhan Sunda Kelapa diserang oleh Demak pada tahun 1526 di bawah pimpinan Fatahillah
    23. Orang Belanda pertama yang datang ke Jayakarta pada tahun 1595 adalah Cornelis De Houtman
    24. Nama Jayakarta dirubah menjadi Batavia oleh Jan Pieterszoon Coen
    25. Pemerintahan kota Stad Batavia didirikan pada tanggal 4 Maret 1621
    26. Konsep perencanaan kota Batavia dibuat oleh seorang insinyur Belanda yang bernama
    27. Hal yang menarik dari struktur kota batavia adalah adanya alun-alun sebagai pusat kotanya, dengan gedung besar dan megah di sebelah alun-alun. Gedung tersebut berfungsi sebagai balaikota (Stadhuis) yang sekarang ini menjadi museum Museum Sejarah Jakarta
    28. Gubernur Jenderal Belanda yang merubah Kali besar yang semula berkelok kemudian diluruskan menjadi parit terurus dan lurus menembus kota sepeninggal J.P Coen (1629) adalah Jacques Specx
    29. Gudang-gudang yang dipakai untuk menyimpan barang dagangan seperti pala, lada, serta kopi dan teh sekarang ini digunakan sebagai museum Bahari
    30. Kerajaan mataram menyerang Batavia 2 kali, yaitu pada tahun 1628 dan 1629 Keduanya gagal.
    31. Jepang mengganti nama batavia menjadi Jakarta untuk menarik hati penduduk Indonesia pada tahun 8 Agustus 1942
    32. Tahun 1999, Pemerintah provinsi DKI Jakarta mempunyai 6 wilayah, yaitu 5 wilayah kotamdya, dan 1 kabupaten administratif yang bernama Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu
    33. Sebutkan beberapa jenis sekolah yang didirikan pemerintah Hindia belanda (ada 9 sekolah)! HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS.
    34. Ratu Wilhema menuangkan panggilan moral dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program yang meliputi (ada 3), yaitu: Irigasi, Emigrasi, Edukasi.
    35. Kemunculan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah swasta dan resmi dari pemerintahan Hindia belanda membuat dan menegaskan kota Jakarta sebagai pusat Pendidikan
    36. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia kepada Kemerdekaan
    37. Hotel mewah pertama yang didirikan di Indonesia dan terletak di jl. M.H. Thamrin adalah Hotel Indonesia
    38. Kota Jakarta dinaikkan statusnya setingkat propinsi dan disebut daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) di bawah pimpinan seorang gubernur pada tahun 1999
    39. Kota Jakarta adalah tempat dilaksanakannnya kegiatan bersejarah, yaitu kegiatan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945
    40. Apa saja isi politik etis? Irigasi, Emigrasi, Edukasi.
    41. Apa bentuk penerapan politik etis dalam hal edukasi atau pendidikan? Pemerintah Belanda membangun sekolah-sekolah. Pendidikan ditujukan untuk mendapatkan tenaga administrasi yang cakap dan murah. Pendidikan yang dibuka untuk seluruh rakyat, hanya diperuntukkan kepada anak-anak pegawai negeri dan orang-orang yang mampu. Terjadi diskriminasi pendidikan yaitu pengajaran di sekolah kelas I untuk anak-anak pegawai negeri dan orang-orang yang berharta, dan di sekolah kelas II kepada anak-anak pribumi dan pada umumnya.
    42. Sebutkan jenjang pendidikan dari bawah sampai atas di zaman Belanda? HIS,TIS,ELS,HCS,HJS,MULO,HIK,HBS, AMS,THS atau LHS atau RHS atau GHS.
    43. Apa saja tujuan didirikan STOVIA? Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya, juga untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah jajahan Belanda.
    44. Siapa yang memproklamirkan Indonesia medrdeka di Jakarta Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
    45. Pada masa pendudukan Jepang, STOVIA pernah berganti nama menjadi Jakarta Toko Betsu Shi
    46. Fatahilah mengganti nama Sunda kelapa menjadi Jakarata pada tanggal 22 Juni 1527
    47. Belanda membentuk pemerintah kota yang bernama Stad Batavia pada tanggal 4 Maret 1621
    48. Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta toko betsu shi pada tanggal 8 Agustus 1942
    49. Pada tanggal 20 Februari 1950 dalam masa pemerintahan Pre Federal berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia
    50. Pemerintah Republik Indonesia mengubah STOVIA menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tanggal 2 Febuari 1950

  17. 1.Sunda Kelapa
    2.Pasukan Perang Kerajaaan Demak
    3.Falatehan
    4.J.P Coen
    5.Jakarta
    6.Hogere Burger School(HBS)
    7.C.Th van Deventer & Pieter Brooshooft
    8.STOVIA
    9.Boedi Oetomo
    10.Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11.Nama Jakarta awalnya sunda kelapa lalu setalah itu di ganti menjadi Jayakarta oleh fatahillah lalu setelah dikuasai JP.Coen diganti menjadi Batavia pada masa penjajahan Jepang barulah nama di ganti menjadi Jakarta
    12.Karna masyarakat dianggap perlu menuntut pendidikan dasar
    13.Karna VOC membuat benteng
    14.Mendidik masyarakat tentang kedokteran agar menjadi dokter karna saat itu sangat sedikit dokter yang ada
    15.Setelah kalah dari Inggris JP.Coen tidak mau meyerah dan meminta bantuan Maluku dan akhirnya dapat menaklukan Jayakarta
    16.22 Juni 1527
    17.Tweede Inlandsche School (TIS)
    18.Stad Batavia
    19.AMS/THS
    20.Europeesche Lagere School (ELS)
    21.Sangiang Surawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelis De Houtman
    24.JP.Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevin
    27.Fatahilah/museum sejarah jakarta
    28.Jacques Specx
    29.Museum Bahari
    30.1628 & 1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,JCS,ELS,HJS
    34.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesia
    38.1999
    39.17-08-1945
    40.Irigasi:Membangun dan memeperbaiki pengairan-
    pengairan dan bendungan untuk keperluan petani
    Emigrasi:Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi:Memperluas dalam bidang pendidikan
    41.Memperluas dalam bidang pendidikan
    42.HIS,MULO,HBS,HIS,AMS,THS,LHS,GHS
    43.Menambah juru kesehatan,pada masa itu juru kesehatan sangat sedikit
    44.Ir.Sukarno
    45.Ika Daigaku
    46.4 Maret 1621
    48.8 Agustus 1942
    49.Stad Gemeente Batavia
    50.2 Februari 1950

  18. 1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    2. Panglima tentara asal Gujarat,India
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta
    6. HBS (Hogere Burger School)
    7. Pieter Brooshoft
    8. STOVIA (Fakultas kedokteran UI)
    9. Boedi Utomo
    10. Kedokteran Universitas Indonesia
    11. Kota Jakarta dahulu bernama Sunda Kelapa, lalu berganti menjadi Jayakarta, lalu diganti kembali menjadi Batavia dan akhirnya sampai sekarang adalah Jakarta
    12. Karena Batavia adalah kota yang paling sibuk di. Banyaknya penduduk dari berbagai etnis dan pastinya orang-orang Belanda, jadi sekolah banyak didirikan di Batavia.
    13. Karena VOC membangun kantor dagang dan benteng di Jayakarta .
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15. JP Coen membangun benteng untuk Belanda di Jayakarta, J.P Coen membangun kota baru di atas puing2 kota Jakarta,dan diberi nama Batavia
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS (Tweede Inlandsche School)
    18. Stad Batavia
    19. THS atau STOVIA
    20. Europeesche Lagere School (ELS)
    21. Sangjang Surawisesa
    22. Fatahilah
    23. Cornelis De Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS.
    34. Irigasi, membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian, Emigrasi yakni mengajak penduduk urk transmigrasi, memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan (edukasi)
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, emigrasi,dan edukasi
    41. Memperluas bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda, pemerintah kolonial Belanda menetapkan STOVIA agar dapat membantu masalah kesehatan masyarakat di kota Batavia.
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  19. Nama: Fairuz Zahra Afiyah 7A (17)

    1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshooft dan C.Th.van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo (BO)
    10. Kedokteran Universitas Indonesia
    11. Pada awalnya bernama Sunda Kelapa, lalu diubah oleh Fatahillah menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527, lalu diganti oleh J.P. Coen menjadi Batavia pada 30 Mei 1619, diganti lagi oleh Jepang menjadi Jakarta (Toko Betsu Shi)
    12. Karena merupakan kota paling sibuk di Nusantara sehingga terdapat banyak etnis dan Penduduk Belanda yang membuat sekolah
    13. Karena VOC membuat benteng yang tidak disukai oleh Sultan Banten
    14. Meningkatkan kesehatan di Batavia, dan Hindia Belanda
    15. Dengan meminta bantuan kepada VOC di Maluku
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. Jan Pieterszoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Gubernur Jenderal Jaqcues Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Pendidikan (edukasi)
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi: membangun dan memperbaiki pengairan untuk keperluan pertanian
    Emigrasi: mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi: memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    41. Didirikannya sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang di Batavia, daerah jajahan Belanda, di Hindia Belanda
    42. TIS,HJS,HIS,ELS,MULO,AMS,HBS,HIK,THS-LHS-RHS-GHS-STOVIA
    43. Meningkatkan kesehatan di Batavia, dan Hindia Belanda
    44. Soekarno-Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  20. 1.Sunda Kelapa
    2.Demak
    3.Falatehan
    4.J.P.Coen
    5.Jakarta Toko Bet Sushi
    6.HBS
    7.C.Thvan Deventer&Pieter Brooshooft
    8.STOVIA
    9.Boedi Oetomo (BO)
    10.Fakultas Kedokteran UI
    11.Pertama-tama yaitu sunda kelapa setelah Fatahillah menyerang menjadi Jayakarta 4 Maret 1621 diganti oleh J.P.Coen mejadi Stad Batavia tahun 1999 berganti menjadi DKI Jakarta
    12.karna masyarakatperlu membutuhkan pendidikan yg layak
    13.Karna VOC Membuat benteng yg tidak disetujui oleh Sultan Banten
    14.mendidik masyrakat tentang kedoktran karna pada saat itu ada suatu wabah yg terjangkit dan hanya sedikit dokter yg ada
    15.setelah kalah dari inggris J.P.Coen meminta pada VOC di maluku untuk mengirim bala bantuan
    16.22Juni 1527
    17.TIS
    18.Stad Batavia
    19.AMS/THS
    20.ELS
    21.Sangiang Sarawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelis De Houtman
    24.J.P.Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevin
    27.Fatahillah/Museum Sejarah Jakarta
    28.Jacques Specx
    29.Museum Bahari
    30.1628&1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.TIS,HIS,HIK,MULO,HBS,AMS,HCS,ELS,HJS
    34.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesia
    38.1999
    39.17-08-1945
    40.Irigasi:membangun/memperbiki sistem2 pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    Emigrasi:mengajak penduduk melakukan Trasmigrasi
    Edukasi:memperluas dalam bidang pendidikan
    41.memperluasdalam bidang pendidikan
    42.TIS,HIK,HIS,HJS,HCS,ELS,MULO,HBS,AMS
    43.menambah Juru kesehatan
    44.Ir.Soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.4 Maret 1621
    47.08-08-1942
    49 Stad Gementee Batavia
    50.2 Februaru 1950

  21. 1.Pelabuhan Sunda Kelapa
    2.Kerajaan Demak
    3.Faletehan
    4.Jan pieterszoon coen
    5.Jakarta
    6.Hoogere Burger School (HBS)
    7.Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer
    8.STOVIA yang kini namanya berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)
    9.Organisasi Budi Utomo
    10.Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)
    11.Pada awalnya nama Jakarta bernama Sunda kelapa, setelah sunda kelapa berhasil direbut namanyapun diganti menjadi Jayakarta.Pada 4 Maret 1621, pemerintah stad Batavia dibentuk, pada 1 april berubah nama menjadi Gemeenta Batavia dan diganti lg menjadi Stad Gemeente Batavia pada tanggal 8 Januari 1935. Setelah pendudukan Jepang pada tahun 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta oleh Jepang.
    12.Karena Jakarta adalah kota yang paling sibuk di nusantara. Banyaknya penduduk dari berbagai etnis dan tentunya penduduk belanda, membuat sekolah banyak didirikan di Jakarta.
    13.Karena pembuatan benteng yang dilakukan VOC tidak dsukai oleh Sultan Banten dan orang-orang di Jayakarta.
    14.Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya, dan membawa Indonesia pada kemerdekaan.
    15.Coen merusak Jayakarta dan membangun benteng Belanda di kota itu.
    16.22 Juni 1527
    17.Tweede Inlandsche School (TIS).
    18.Stad Batavia.
    19.Sekolah AMS/THS.
    20.Europeesche Lagere School (ELS).
    21.Sangiang Surawisesa.
    22.Fatahillah.
    23.Cornelis de Houtman.
    24.Jan Pieterszoon Coen.
    25.4 Maret 1621.
    26.Simon Stevin.
    27.Sejarah Jakarta.
    28.Gubernur Jenderal Jacques Specx.
    29.Bahari.
    30.Pada tahun 1628 dan 1629
    31.1942.
    32.Kepulauan Seribu.
    33.HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS.
    34.Irigasi (pengairan), emigrasi,dan edukasi.
    35.Pendidikan.
    36.Kemerdekaan.
    37.Hotel Indonesia.
    38.Pada tahun 1999.
    39.17 Agustus 1945.
    40.Irigasi(pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian. Emigrasi, mengajak penduduk untuk transmigrasi. Edukasi, memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.
    41.Membangun sekolah-sekolah.
    42.HIS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS, MULO, HBS, AMS.
    43.Meningkatkan kesehatan di batavia pada khususnya dan Hindia belanda pada umumnya, mempelajari bidang kedokteran, membawa Indonesia pada kemerdekaan.
    44.Ir.Sukarno
    45.Ika Daigaku(Sekolah Kedokteran).
    46.22 Juni 1527.
    47.4 Maret 1621.
    48.8 Agustus 1942.
    49.Stad Gemeente Batavia.
    50.Pada tanggal 2 Februari 1950.

  22. 1. Sunda kelapa
    2. Panglima perang kerajaan demak
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School/HBS
    7. C.th Van Deventer & Pieter Brooshooft
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo/BO
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia(UI)
    11. Jakarta awalnya bernama Sunda kelapa, lalu diubah menjadi Jayakarta oleh fatahillah, setelah itu diganti oleh J.P. Coen menjadi Batavia, dan akhirnya diganti lagi oleh Jepang menjadi Jakarta.
    12. Karena Batavia adalah kota yang sibuk dan memiliki banyak sekolah/lembaga-lembaga yang didirikan disana.
    13. Sultan Banten marah karena ia tidak suka dengan pembuatan benteng VOC.
    14. STOVIA memiliki peranan besar dalam mencerdaskan bangsa.
    15. Karena ia mendapatkan bantuan dari VOC yang saat itu berada di maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School/TIS
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. Europeesche Lagere School/ELS
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. Pada tahun 1628 & 1629
    31. Tahun 1942
    32. Kepulauan seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, emigrasi, edukasi
    35. Pusat pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, emigrasi, edukasi
    41. Memperluas bidang pendidikan seperti membangun sekolah-sekolah dan bermacam-macam lembaga.
    42. HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia.
    44. Ir.soekarno & Moh. Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527.
    47. 4 Maret 1621.
    48. 8 Agustus 1942.
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  23. 1. Sunda Kelapa

    2. Perang Kerajaan Demak

    3. Faletehan

    4. Jan Pieterszoon Coen

    5. Jakarta

    6. HBS ( Hogere Burger School )

    7. Conrad Theodore Van Deventer dan Pieter Brooshooft

    8. STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen)

    9. Budi Oetomo

    10. Kedokteran Universitas Indonesia

    11. Pada abad ke 14 ada pelabuhan di tepi sungai ciliwung yang bernama sunda kelapa pada tangggal 22 juni 1527 namanya berubah menjadi jayakarta lalu pada ttg 4 maret 1621 namanya berubah menjadi Batavia lalu pada ttg 1 april 1905 namanya berubah menjadi Stad Batavia lalu pada ttg 8 januari namanya berubah menjadi stad Gemente batavia pada ttg 22 1527 juni namanya berubah menjadi Jakarta

    12. Karena peraturan pendidikan dasar untuk masyarakat pada waktu Hindia Belanda pertama kali dikeluarkan pada tahun 1848. Menurut aturan itu, pendidikan dasar harus ada pada setiap karesidenan, kabupaten, kawedanan, atau pusat – pusat kerajinan, perdagangan, atau tempat yang dianggap perlu

    13. Karena VOC membuat / mendirikan benteng di Jayakarta

    14. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya

    15. Pada awalnya, VOC kalah dan terusir dari Jayakarta. Akan tetapi, Jan Pieterszoon Coen tidak mau menyerah begitu saja. Ia pergi mencari bantuan kepada VOC yang ketika itu ada di Maluku. Dengan bantuan itu, Jan Pieterszoon Coen berhasil menaklukkan Jayakarta. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 30 Mei 1619

    16. 22 Juni 1527

    17. TIS (Tweede Inlandsche School)

    18. Stad Batavia

    19. GHS (Geneeskudige Hooge School) atau RHS (Rechts Hooge School )

    20. HIK ( Hollandsche Indische Kweekschool )

    21. Sangiang Serawisesa

    22. Fatahillah

    23. Cornelis De Houtman

    24. Jan Pieterszoon Coen

    25. 4 Maret 1621

    26. Simon Stevin

    27. Sejarah Jakarta

    28. Jacques Specx

    29. Bahari

    30. 1628 dan 1629

    31. 1942

    32. Kepulauan Seribu
    33. > Hollandsch-Inlandsche School ( HIS )
    > Meer Uitgebreid Lager Onderwijs ( MULO )
    > Algemene Middelbare School ( AMS )
    > Hogere Burger School ( HBS )
    > Hollandsche Indische Kweekschool ( HIK )
    > Tweede Inlandsche School ( TIS )
    > Hollandsch-Chineesche School ( HCS )
    > Europeesche Lagere School ( ELS )
    > Hollandsch Javaansche School ( HJS )

    34. > Irigasi
    > Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi
    > Edukasi

    35. Pendidikan

    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia

    38. 1964

    39. 17 Agustus 1945

    40. > Irigasi ( pengairan ), membangun dan memperbaiki pengairan – pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    > Emigrasi, mengajak penduduk untuk transmigrasi
    > Edukasi, memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan

    41. Sejak politik etis diterapkan, sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia dan seluruh daerah jajahan Belanda di Hindia Belanda

    42. HIS > HIK atau MULO > AMS atau HBS > THS / LHS / RHS / GHS

    43. Tujuan berdirinya STOVIA berawal dari kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda. Pemerintah kolonial lalu menetapkan perlunya diselenggarakan suatu kursus juru kesehatan di Hindia Belanda

    44. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

    45. Ika Daigaku

    46. 22 Juni 1527

    47. 4 Maret 1621

    48. 8 Agustus 1942

    49. Stad Gemeente Batavia

    50. 2 Februari 1950

  24. Ranisha Calluella Rachmat
    kelas 7B absen 32

    1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    2. Perang
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta
    6. Hogere Burger School/HBS
    7. Pieter Brooshooft dan C.Th van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo/BO
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11. Awalnya nama Jakarta adalah Sunda Kelapa,lalu Sunda Kelapa diserang oleh Fatahillah dan namanya diganti menjadi Jayakarta, lalu saat bangsa Eropa ke Jayakarta namanya diganti lagi menjadi Batavia oleh Jan Pieterszoon Coen, dan akhirnya diganti menjadi Jakarta oleh Jepang
    12. Karena Batavia/Jakarta adalah kota yang paling sibuk di Nusantara, makan dengan itu banyak penduduk dari berbagai etnis dan penduduk Belanda mendirikan sekolah di Batavia
    13. Karena VOC membangun benteng di Batavia
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yang membawa Indonesia kepada kemerdekaan
    15. Setelah kalah pertempuran VOC dengan orang Inggris, J.P. Coen meminta bantuan kepada Maluku
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School/TIS
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool/HIK
    21. Raja Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia/HI
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, Emigrasi dan Edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS, HIK, ELS, MULO, TIS, HJS, AMS, HBS, dan HCS
    43. Menambah juru kesehatan untuk menhadap penyakin berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gementee Batavia
    50. 2 Februari 1950

  25. 1. Pelabuhan Sunda Kelapa
    2. Perang dari kerajaan Demak
    3. Faletehan
    4. J.P Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger school (HBS)
    7. Pieter Brooshooft (wartawan koran De Locomotief) & C.Th. van Deventer (politikus)
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo (BO)
    10.Kedokteran Unversitas Indonesia (UI)
    11.Sunda Kelapa diserang oleh Demak lalu diganti dengan Jayakarta, setelah bertempur dengan belanda Jayakarta diganti dengan Batavia lalu Jepang menggantinya dengan Jakarta
    12.Karena Jakarta adalah kota yang sibuk maka banyak didirikan sekolah
    13.Karena sultan Banten tidak suka dengan didirikannya benteng oleh VOC
    14.Karena kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda.
    15.J.P Coen memnangkan pertempuran dengan kesultanan Demak dan menggantinya dengan Batavia
    16.22 Juni 1527
    17.Tweede Inlandsche School (TIS)
    18.Stad Batavia
    19.AMS/THS
    20.Hollandsche Indische Kweeschool (HIK)
    21.Raja Sangiang Surawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelis De Houtman
    24.J.P. Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevin
    27.Sejararh Jakarta
    28.Jacques Specx
    29.Bahari
    30.1628 & 1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34.Irigasi, Emigrasi, Edukasi
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesia
    38.1999
    39.17 Agustus 1945
    40.Irigasi (pengairan): membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendunganuntuk keperluan pertanian
    Emigrasi: mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi: memperluas dalam bidang pengajaran
    41.Memperluas dalam bidang pendidikan
    42.HJS,TIS,HIS,MULO,HCS,ELS,MULO,HBS,AMS
    43.meningkatkan kesehatan di Batavia
    44.Ir. Soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.22 Juni 1527
    47.4 maret 1621
    48.8 Agustus 1942
    49.Stad Gementee Batavia
    50.2 Februari 1950

  26. Nama : Rayhan Win Hafiz
    Kelas : 7A
    No Absen : 31

    Jawaban !

    1. Sunda Kelapa
    2. Panglima perang kerajaan Demak
    3. Fatalehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshooft dan C.Th.van Deventer
    8. STOVIA
    9. Budi uetomo
    10. Fakultas Kedokteran UI
    11. awalnya jakarta bernama Sunda Kelapa di kuasai oleh Kerajaan Pakuan Padjajaran . lalu Kerajaan Demak menyerang Sunda Kelapa . Penyerangan itu dipimpin oleh Fatahilah. kerajaan Demak menang dan Fatahilah merubah nama Sunda kelapa menjadi Jayakarta. Pada tahun 1619 Belanda yang dipimpin oleh J.P. Coen menyerang Jakarta, awalnya Belanda kalah, lalu J.P. Coen tidak mau menyerah ia mencari bantuan kepada VOC yang berada di Maluku dan pada tanggal 30 Mei 1619 akhirnya Belanda menang dan J.P. Coen mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia. Pada tahun 1942 Jepang mengganti nama Batavia menjadi Jakarta Toko Betsu Shi untuk menarik simpati kepada rakyat Jakarta pada masa perang dunia kedua.
    12. Karena Jakarta adalah kota paling sibuk di Nusantara dan akhirnya banyak sekolah yang didirikan di Jakarta
    13.Karena pembuatan Benteng yang dilakukan VOC tidak disukai oleh Sultan Banten dan orang Inggris di Jakarta.
    14. Mendidik masyarakat tentang kedokteran untuk menhadapi berbagai macam penyakit yang ada pada saat itu karena hanya ada sedikit dokter pada saat itu
    15. J.P. Coen merusak Jakarta dan membangun benteng Belanda di kota itu
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School
    18. Stad Batavia
    19. THS dan GHS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. Jan Pieterszoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, emigrasi, edukasi
    35. Pendidikan
    36. kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi : membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    emigrasi : mengajak penduduk transmigrasi
    edukasi : memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    41. sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia dan seluruh jajahan Belanda di Hindia Belanda
    42. HIS, MULO, AMS, HBS
    43. menambah dokter atau juru kesehatan yang ada di Jakarta
    44. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  27. Berikut komentar saya (Dwi luthfi Prakasa kelas 7B no. absen 13
    1. Sunda kelapa awalnya adalah sebuah bandar kecil
    2. Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta toko betsushi
    6. HBS
    7. Pieter brooshooft dan Cth Van Deventer
    8. Stovia
    9. Boedi Oetomo
    10. Kedokteran UI
    11. Abad ke 14:Sunda kelapa,22 juni 1527 menjadi diganti fatahillah menjadi jayakarta,Kemudian belanda menggati namanya dengan Batavia,Stad Batavia,gemeente Batavia,Stad gemeente Batavia,Lalu oleh jepang diganti menjadi Jakarta.
    12. Karena Jakarta adalah kota tersibuk di nusantara dan juga karena banyaknya lembaga pendidikan yang didirikan disana
    13. Karena VOC membangun benteng
    14. Mencerdaskan bangsa dan memperbanyak juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit.
    15. Meminta bantuan kepada VOC yang saat itu berada di Maluku.
    16. 22 juni 1527
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. GHS/STOVIA ATAU RHS
    20. HIK(SEKOLAH BANTU GURU) dan HIS
    21. Sangiang surawisesa
    22. Fathillah
    23. Cornelis De houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,HIK,HBS, MULO ,AMS ,TIS ,ELS ,HSC ,HJS
    34. Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi(Pengairan):Membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian,Emigrasi:Mengajak penduduk untuk transmigrasi,Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan(Edukasi)
    41. Didirikannya sekloah berbagai dalam jenjang.
    42. HIS/TIS, MULO+AMS/HBS ,GHS/STOVIA Atau RHS
    43. memperbanyak juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit.di wilayah jajahan belanda
    44. IR soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 agustus 1942
    49. Stad gemeente Batavia
    50. 2 februari 1950

    SAlam dan terima kasih

  28. 1. Pelabuhan sunda kelapa
    2. Panglima perang asal gujarat
    3. Faletehan
    4. J.p coen
    5. Jakarta
    6. HBS (hogere burger school)
    7. Ch. Van deventer
    8. STOVIA
    9. Budi uetomo
    10. Fakulutas kedokteran ui
    11. Abad ke-14, namanya adalah sunda kelapa, pada tanggal 22 juni namanya diubaholeh fatahillah menjadi jayakarta. Pada tanggal 4 maret 1621 dibentuk pemerintahan ‘Stad Batavia’ pada tanggal 1 april diubah menjadi ‘Gementee batavia’ pada tanggal 8 januari berunah menjadi ‘stad gementee batavia’ pada tanggal 8 agustus 1945 diubah oleh jepang menjadi ‘Toko bet shu shi’ pada maret 1950 diganti menjadi kota praja jakarta. Dan akhirnya terbentuklah kota jakarta.
    12. Karena banyak siswa yang berbondong-bondong untuk masuk GHS/RHS
    13. Karena VOC tidak hanya membuat kantor dagang melainkan membuat benteng pula
    14. Para peribumi dapat belajar kesehatan dan dapat meningkatkan kesehatan dijakarta
    15. Dengan mencari bantuan VOC dimaluku. Dengan bantuaan itu ia dapat menaklukan jakarta dan dapat membuat benteng di jakarta
    16. 22 juni 1527
    17. TIS (Tweede inladsche school)
    18. Stad batavia
    19. GHS, Stovia, atau RHS
    20. HIS (hollandsche indische school0
    21. Raja sangjang surawesisa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de houtman
    24. De heeren seventien
    25. 4maret 1621
    26. Simon stevin
    27. Sejarah jakarta
    28. Jacques specx
    29. Bahari
    30. 1628&1629
    31. 1942
    32. Kepulauan seribu
    33. HIS, MULO, HBS, TIS, ELS, AMS, HIK, HCS, HJS.
    34. Irigasi, edukasi,emigrasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel indonesia
    38. 1999
    39. 17 agustus 1945
    40. 1. irigasi (pengairan)membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian ;2. emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi; 3. edukasi yakni memperluas dakam bidang pengajarn dan pendidikan.
    41. Memperluas dalam bidang pendidikan dan pengajaran
    42. HIS,TIS,ELS,HCS,HJS,MULO,HIK,HBS, AMS lalu melanjutkan ke THS/LHS/RHS/GHS
    43. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya, juga untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah jajahan Belanda.
    44. Ir soekarno
    45. Ika daigaku
    46. 22 juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 agustus 1942
    49. Stad gemeente bataviaa
    50. 2 febuari 1950

  29. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Universitas Indonesia (UI)
    11. Dari Jayakarta,berubah menjadi Batavia,kemudian menjadi Jakarta
    12. Karena ada banyak lembaga pendidikan di Jakarta
    13. Karena Sultan Banten tidak suka terhadap pembuatan
    benteng oleh VOC
    14. Untuk memperbanyak juru kesehatan yang diperlukan untuk
    menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit
    berbahaya di wilayah-wilayah jajahan belanda
    15. Pada awalnya J.P. Coen kalah dalam pertempuran yang
    terjadi pada tahun 1619 dan VOC terusir dari Jayakarta.
    Tetapi ia tidak mau menyerah dan mencari bantuan kepada
    VOC yang saat itu ada di Maluku
    16. 22 Juni
    17. Tweede Indlansche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. THS atau AMS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangilang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS dan HJS
    34. Irigasi, Emigrasi dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia (HI)
    38. 1999
    39. 27 Agustus 1945
    40. Irigasi adalah membangun dan memeperbaiki pengairan pengairan dan bendungan untuk keperluan petani
    Emigrasi adalah mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi adalah memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    41. Memperluas bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS dan GHS
    43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya macam-macam penyakit berbahaya di wilayah wilayah jajahan belanda maka dibangunlah STOVIA
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  30. Latihan Soal Teori PLKJ

    Nama : Syskia Anelis
    Kelas/no.absen : 7A / 35
    Blog : blog4moeslem.blogspot.com/ (saran dan komentar
    anda sangat berharga buat saya)

    01. Pelabuhan Sunda Kelapa
    02. Panglima perang asal Gujarat, India (panglima perang
    Kerajaan Demak)
    03. Faletehan
    04. J.P Coen
    05. Jakarta Toko Betsu Shi
    06. Hogere Burger school (HBS)
    07. Pieter Brooshooft & C.Th.
    van Deventer
    08. STOVIA
    09. Boedi Oetomo (BO)
    10. Kedokteran Unversitas Indonesia (UI)
    11. -Pada awalnya Jakarta bernama Sunda Kelapa,
    -Pada tahun 1526 Sunda Kelapa diserang Kerajaajn Demak dan
    pada tanggal 22 Juni 1527 Sunda Kelapa berganti nama
    menjadi Jayakarta
    -Tapi pada tanggal 30 Mei 1619 Jayakarta ditaklukan oleh
    J.P Coen dan berganti nama menjadi Batavia
    -Pada tahun 1942 saat terjadinya Perang Dunia II kekuasaan
    diBatavia beralih dari pemerintahan kolonial Belanda ke
    kekuatan invasi Jepang, selama masa pendudukan ini ( 1942-
    1945 ), Jepang mengubah nama Batavia menjadi Jakarta, nama
    inilah yang berlaku hingga sekarang
    12. Karena
    13. Karena VOC mendirikan benteng dan tidak disukai oleh Sultan
    Banten
    14. Karena kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-
    wilayah jajahan Belanda.
    15. Pada saat terjadi pertempuran antara VOC dengan orang-orang
    Inggris di Jayakarta, awalnya VOC kalah dan terusir dari
    Jayakarta, tapi J.P Coen tidak mau menyerah, ia pergi
    mencari bantuan kepada VOC,dan berhasil menaklukkan
    Jayakarta pada tanggal 30 Mei 1619
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. Tweede Inlandsche School (TIS)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Meseum Sejarah Jakarta
    28. Gubernur Jenderal Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. Tahun 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi (pengairan): membangun dan memperbaiki pengairan-
    pengairan dan bendunganuntuk keperluan pertanian
    Emigrasi: mengajak penduduk untuk transmigrasi
    Edukasi: memperluas dalam bidang pengajaran
    41. Memperluas dalam bidang pendidikan
    42. HJS,TIS,HIS,MULO,HCS,ELS,MULO,HBS,AMS
    43. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan
    Hindia Belanda pada umumnya, juga untuk menghadapi
    berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah
    jajahan Belanda.
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gementee Batavia
    50. 2 Februari 1950

    *** SELESAI ***

    1. 12. Karena menurut peraturan pendidikan wajib ada di setiap kerasidenan, kabupaten, kawedanan, atau pusat-pusat kerajinan dan perdagangan atau tempat-tempat yang dianggap perlu

  31. 1. SundaKalapa
    2. Gujarat
    3. Faletehan
    4. J.P Coen.
    5. Jakarta TokoBetsu Shi.
    6. Hogere Burger School (HBS).
    7. Pieter Brooshooftdan C. Th. Van Deventer.
    8. STOVIA.
    9. Organisasi Budi Utomo.
    10.FakultasKedokteran UI Jakarta.
    11.Kota Jakarta bermula dengan pelabuhan kecil di muaras ungai ciliwung. Kota Jakarta dulu diberi nama Jayakarta. Setelah VOC menguasai Jayakarta, mereka mengganti Jayakarta dengan nama Batavia. Dan pada perang duniaII,Jepang mengambil alih Indonesia termasuk Batavia. Jepang akhirnya mengganti nama Batavia menjadi Jakarta,dan sampai sekarang nama Jakarta tidak pernah diubahlagi.
    12. Batavia adalahkota paling sibuk di Nusantara. Banyaknya penduduk dari berbagai etnis dan tentunya penduduk Belanda,membuat sekolah banyak didirikan di Batavia.
    13. Karena sewaktu itu VOC hanya melakukan perizinan kepada Sultan Banten untuk membangun kantor perwakilan saja di Batavia. Tetapi,malah VOC juga membuat benteng sehingga perbuatannya tidak disukai Sultan Banten.
    14. Untuk menambah tenaga juru kesehatan di wilayah-wilayah jajahan Belanda, selain itu STOVIA akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15. Dengan menyerang Orang Inggris yang ada di Jayakarta. Mereka sempat kalah tapi akhirnya mereka berhasil mengalahkan orang Inggris dan menguasai Jayakarta dengan bantuan VOC yang ada di Maluku.
    16. 22 Juni
    17. TweedeInlandschee School
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. HIK
    21. SangiangSurawisesa
    22. Demak
    23. Cornelis De Houtman
    24. J.P Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta.
    28. Jacques Specx.
    29. Museum Bahari.
    30. 1628 dan 1629.
    31. 1942.
    32. KepulauanSeribu.
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS.
    34. Irigasi,Emigrasi,Edukasi.
    35. Pusatpendidikan.
    36. Kemerdekaan.
    37. Hotel Indonesia.
    38. 1999.
    39. 17 Agustus 1945.
    40. Yang menyatakan bahwa pemerintah colonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi, pemikiran ini merupakan kritik terhadap politik tanampaksa yang diterapkan penjajah Belanda.
    41. Edukasi memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.
    42. TIS,HIK,TIS,HJS,MULO,HBS,AMS,HCS,ELS.
    43. Berdirinya STOVIA berawal dari kurangnya tenaga kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda.
    44. SoekarnoHatta
    45. GHS
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. StadGemeente Batavia
    50. 1927

  32. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J.P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. Pieter Brooshooft & C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11. Sunda Kelapa -> Jayakarta -> Batavia -> Jakarta
    12. karena jakarta kota yang paling sibuk
    13. karena pembuatan benteng
    14. Untuk memperbanyak juru kesehatan yang diperlukan
    15. Pada awalnya J.P. Coen kalah dalam pertempuran yang
    terjadi pada tahun 1619 dan VOC terusir dari Jayakarta.
    Tetapi ia tidak mau menyerah dan mencari bantuan kepada
    VOC yang saat itu ada di Maluku
    16. 22 Juni
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. THS/AMS
    20. HIK
    21. Sangilang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 27 Agustus 1945
    40. Irigasi (Pengairan),imigrasi , edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
    43. Karena kekurangan tenaga juru kesehatan dan untuk merdeka
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  33. 1.sunda kalapa
    2.perang asal gujarat,india
    3.faletehan
    4.J.P.coen
    5.jakarta toko betsu shi
    6.hogere burger school (HBS)
    7.pieter brooshooft dan C.Th.van devender
    8.Stovia
    9.boedi oetomo
    10.kedokteran universitas indonesia (UI)
    11.jakarta awalnya bernama sunda kalapa.tapi setelah fatahillah menyerang namanya berubah menjadi jayakarta.kemudian belanda datang dan mengganti namanya jadi batavia.tapi setelah jepang masuk nama berganti lagi menjadi jakarta.
    12.karena batavia adalah kota yang paling sibuk se-hindia belanda
    13.karena VOC membangun benteng
    14.memerdekakan indonesia dan mencerdaskan bangsa
    15.dengan merusak jayakarta dan membangun benteng belanda
    16.22 juni 1527
    17.tweede inlandsche school (TIS)
    18.stad batavia
    19.AMS dan MULO
    20.Stovia
    21.Sangian surawisesa
    22.fatahillah
    23.cornelisd de houtman
    24.J.P.Coen
    25.4 maret 1621
    26.simon stevin
    27.fatahillah
    28.jaques specx
    29. bahari
    30.1628&1629
    31.jakarta toko betsu shi
    32.kepulauan seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS.
    34.irigasi,emigrasi,edukasi
    35.pendidikan
    36.kemerdekaan
    37.hotel indonesia
    38.1999
    39.17 agustus 1945
    40.irigasi,emigrasi,edukasi
    41.memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    42.HIS,HIK,MULO,HBS,AMS,LHS,RHS GHS
    43.Karena kurangnya juru kesehatan di batavia
    44.Ir.soekarno
    45.ika daigaku
    46.22 juni 1527
    47.4 maret 1621
    48.8 agustus 1942
    49.stad gemeente batavia
    50.2 februari 1950

  34. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J.P.Coen
    5. Jakarta Betsu Shi
    6. Hogere Burger School(HBS)
    7. Pieter brooshooft dan C.Th.Van Deventer
    8. Stovia
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran UI
    11. Nama Sunda Kelapa muncul pada tahun, pada tanggal 22 juni 1527, kemudian hari itu ditetapkan sebagai hari jadi Kota Jakarta. Namanya diubah oleh Fatahillah menjadi Jayakarta. Pada tanggal 4 maret 1621 dibentuk pemerintahan ‘Stad Batavia’ pada tanggal 1 april diubah menjadi ‘Gementee Batavia’ pada tanggal 8 januari berunah menjadi ‘stad Gementee Batavia’ pada tanggal 8 agustus 1945 diubah oleh jepang menjadi ‘Toko Betshu Shi’ pada maret 1950 diganti menjadi Kota Praja Jakarta. Dengan demikian terbentuklah Kota Jakarta.
    12.Karena pada jaman dahulu, orang Hindia belanda banyak mendirikan lembaga pendidikan untuk memberantas buta huruf.
    13. Karena VOC mendirikan benteng di Jayakarta.
    14. Untuk menambah tenaga juru kesehatan di wilayah jajahan Belanda
    15. Meminta bantuan kepada VOC yang saat itu ada di Maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. Tweede Inlandsche School(TIS)
    18. Stad Batavia
    19. Landbouw Hooge School(LHS)atau Technische Hooge Schoevinol(THS)
    20. Hollandsche Indische Kweekschool(HIK)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. J.P.Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS,HJS
    34. 1. Irigasi,2. Emigrasi,3. Edukasi
    35. Pusat Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. 1.Pengairan, 2.Emigrasi, 3.Edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran
    42. HIS,MULO atau HIK,HBS atau AMS,THS dan sederajat
    43. Untuk menambah juru kesehatan
    44. Ir.Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gementee Batavia
    50. 2 Februari 1950

  35. Nama :Errell Abrahamsyach Alvino
    Kelas :7A
    Absen :14

    1.Sunda Kelapa
    2.Demak
    3.Faletehan
    4.J.P Coen
    5.Jakarta
    6.HBS
    7.Ch.van Deventer
    8.STOVIA
    9.Budi Oetomo
    10.Fakultas Kedokteran UI
    11.Sunda Kelapa->Jayakarta->Batavia->Jakarta
    12.Karena jakarta adalah kota yg ramai dan banyak sekolahnya
    13.Karena VOC membuat benteng yg tidak disukai sultan banten dan orang orang inggris di jayakarta
    14.Membawa kemerdekaan bagi indonesia
    15.Karena mendapat bantuan dari VOC di maluku
    16.22 Juni
    17.Tweede Inlandsche School
    18.Stad batavia
    19.THS atau Stovia
    20.HIK
    21.Sangiang Surawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelis De Houtman
    24.J.P. Coen
    25.4 Mei 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesia
    38.1964
    39.17 Agustus 1945
    40.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    41.Memperluas dalam bidang pengajaran & pendidikan
    42.HIS,MULO,AMS
    43.Tujuan Didirikannya Stovia karena kekurangan tenaga juru kesehatan dan untuk merdeka
    44.Ir Soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.22 Juni 1527
    47.4 Mei 1621
    48.8 Agustus 1942
    49.Stad Gemeente Batavia
    50.2 Februari 1950

  36. Nama : Deviana Lavender S
    Kelas : 7a
    Absen : 9

    Jawaban

    1. Sunda Kelapa
    2. Pasukan Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterzoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS ( Hogere Burger School )
    7. Conrad Theodore van Deventer dan Pieter Brooshooft
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo ( BO )
    10. Kedokteran Universitas Indonesia ( UI )
    11. Jayakarta > Batavia > Jakarta
    12. Karena Jakarta adalah kota tersibuk di Nusantara dan juga karena banyaknya lembaga pendidikan yang didirikan di Jakarta
    13. Karena VOC membangun benteng
    14. Mencerdaskan dan mendidik masyarakat tentang ilmu kedokteran
    15. Dengan membangun benteng – benteng di sekitar sunda kelapa
    16. 22 Juni
    17. Tweede Inlandsche School ( TIS )
    18. Stad Batavia
    19. AMS atau THS
    20. HIK ( Hollandsche Indische Kweekschool )
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. Jan Pieterzoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon stevin
    27. Fatahillah / Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33.~ HIS > Hollandsch-Inlandsche School
    ~ MULO > Meer Uitgebreid Lager Onderwijs
    ~ AMS > Algemene Middelbare School
    ~ HBS > Hogere Burger School
    ~ HIK > Hollandsche Indische Kweekschool
    ~ TIS > Tweede Inlandsche School
    ~ HCS > Hollandsch-Chineesche School
    ~ ELS > Europeesche Lagere School
    ~ HJS > Hollandsch Javaansche School
    34. Irigasi, edukasi, emigrasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia ( HI )
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi : membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    Emigrasi : mengajak penduduk transmigrasi
    Edukasi : memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran & Pendidikan
    42. HIS, HIK, MULO, HBS, AMS, THS, LHS, GHS
    43. Menambah juru kesehatan pada masa itu untuk menghadapi berbagai macam penyakit yang berbahaya
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  37. 1. pelabuhan Sunda Kelapa
    2. perang
    3. Falatehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta
    6. HBS/Hogere Burger School
    7. Pieter Brooshoft
    8. STOVIA
    9. Boedi Utomo
    10. Kedokteran Universitas Indonesia/UI
    11. Nama Jakarta dulu adalah sunda kelapa, lalu diubah menjadi Jayakarta oleh Fatahillah, lalu diganti menjadi Batavia oleh JP Coen dan diganti menjadi Jakarta oleh Jepang
    12. Karena Batavia adalah kota yg paling sibuk di nusantara dan penduduknya banyak
    13. karena VOC membangun benteng di batavia
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional yg membawa Indonesia kepada kemerdekaan dan mencerdaskan bangsa.
    15. Saat JP Coen memimpin VOC, terjadi pertempuran antara VOC dan orang Inggris di Batavia. Awalnya VOC kalah, namun akhirnya menang karena meminta bantuan kepada Maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS/Tweede Inlandsche School
    18. Stad Batavia
    19. THS atau RHS
    20. HIK/Hollandsche Indische Kweekschool
    21. Raja Sangjang Surawisesa
    22. Fatahilah
    23. Cornelis De Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta/Fatahillah
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, dan HJS
    34. Irigasi, emigrasi, dan edukasi
    35. pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. HI/Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, emigrasi, dan edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS, HIK, ELS, MULO, TIS, HJS, AMS, HBS, dan HCS
    43. Menambah juru kesahatan pada masa itu untuk menghadapi berbagai macam penyakit yg berbahaya.
    44. Ir.. Soekarno
    45. Ika daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  38. 1. Sunda Kelapa
    2. Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Tweede InLandsche School (TIS)
    7. Ratu Wilhema
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11. Mulanya bernama Sunda Kelapa tetapi diganti oleh Fatahillah menjadi Jayakarta lalu oleh J.P.Coen diganti menjadi Batavia, kemudian berganti lagi menjadi Jakarta oleh Jepang.
    12. Karena Jakarta merupakan tempat dimana para penjajah dan didirikan berbagai sekolah.
    13. Karena mendirikan banteng
    14. Untuk memperbanyak juru kesehatan dan membuat murid STOVIA menjadi berpendidikan
    15. Meminta bantuan Malaka untuk menaklukan Jayakarta
    16. 22 Juni
    17. Tweede InLandsche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. THS/AMS
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P.Coen
    25. 4 Mei 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34. Irigasi,Edukasi,Emigrasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi,Edukasi,Emigrasi
    41. Dengan membangun berbagai sekolah oleh Hindia Belanda
    42. HIS,ELS,MULO,AMS,HBS,TIS
    43. Karena kekurangan juru kesehatan untuk mengobati penyakit saat itu
    44. Soekarno-Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Mei 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  39. 1. Sunda Kelapa
    2. Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS (Hogere Burger School)
    7. Pieter Brooshooft (wartawan Koran De Locomotief) dan C.Th. van Devenbter (politikus)
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11. Sunda Kelapa->Jayakarta->Stad Batavia->Gemeente Batavia->Stad Gemeente Batavia->Jakarta
    12. Karena banyak bermunculan lembaga-lembaga pendidikan di Jakarta.
    13. Karena pembuatan benteng yang dilakukan VOC.
    14. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya dan untuk sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda, selain itu akhirnya STOVIA membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
    15. Ia pergi mencari bantuan kepada VOC yang ketika itu ada di Maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. AMS (Algemene Middelbare School) atau THS di Bandung
    20. HIK (Hollandsche Indische Kweeksvschool)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. Jan Pieterszoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. Tahun 1628 dan tahun 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. – Hollandsch-Inlandsche School(HIS)
    – Meer Uitgebreid Lager Onderwijs(MULO)
    – Algemene Middelbare School(AMS)
    – Hogere Burger School(HBS)
    – Hollandsche Indische Kweekschool(HIK)
    – Tweede Inlandsche School(TIS)
    – Hollandsch-Chineesche School(HCS)
    – Europeesche Lagere School(ELS)
    – Hollandsch Javaansche School(HJS)
    34. Irigasi(pengairan), Emigrasi, Edukasi(Pendidikan)
    35. Pusat pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. Tahun 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Politik etis atau politik balas budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi
    41. Memperluas dalam bidang penagajaran dan pendidikan(edukasi)
    42. HIS(Hollandsch-Inlandische School)
    MULO(Meer Uitgebreid Lager Onderwijs)
    AMS(Algemene Middelbare School)
    HBS(Hogere Burger School)
    HIK(Hollandsche Indische Kweekschool)
    TIS(Tweede Inlandsche School)
    HCS(Hollandsch-Chineesche School)
    ELS(Europeesche Lagere School)
    HJS(Hollandsch Javaansche School)
    43. Sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda, karena kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda
    44. Soekarno-Hatta
    45. Ika Daigaku(Sekolah Kedokteran)
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  40. 1.Sunda Kelapa
    2.Perang
    3.Falatehan
    4.J.P. Coen
    5.Jakarta Toko Betsu Shi
    6.HBS (Hogere Burger School)
    7.Pieter Brooshooft Dan C.Th.van Deventer
    8.STOVIA
    9.Boedi Oetomo
    10.Kedokteran UI (Universitas Indonesia)
    11.Pada Awalnya Nama Jakarta Adalah Sunda Kelapa Lalu Pada Tanggal 22 Juni 1527 Diganti Menjadi Jayakarta, Oleh J.P.Coen Diganti Menjadi Batavia, Dan Pada Awal Maret Nama Batavia Diganti Menjadi Jakarta Oleh Jepang
    12.Karenba Batavia Adalah Kota Yang Paling Sibuk Di Nusantara Dan Banyak Mendirikan Sekolah
    13.Karena VOC Membangun Benteng
    14.Memberikan Dan Mengajarkan Pengetahuan Tentang Ilmu Kedokteran
    15.Meminta Bantuan Kepada VOC Yang Di Maluku
    16.22 Juni 1527
    17.HBS (Hogere Burger School)
    18.Stad Batavia
    19.HIS Atau ELS
    20.HIK (Hollandsche Indische Kweekschool)
    21.Raja Sangiang Surawisesa
    22.Fatahillah
    23.Cornelius De Houtman
    24.J.P.Coen
    25.4 Maret 1621
    26.Simon Stevin
    27.Museum Sejarah Jakarta
    28.Jacques Specx
    29.Museum Bahari
    30.1628 Dan 1629
    31.1942
    32.Kepulauan Seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    35.Pendidikan
    36.Kemerdekaan
    37.Hotel Indonesia
    38.1999
    39.17 Agustus 1945
    40.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    41.Membangun Sekolah Di Batavia Dan Seluruh Daerah Jajahan Belanda Di Hindia Belanda
    42.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    43.Untuk Menambahkan Juru Kesehatan Dan Mengobati Warga Yang Sakit Pada Saat Itu
    44.Ir Soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.22 Juni 1527
    47.4 Maret 1621
    48.8 Agustus 1942
    49.Stad Gemeente Batavia
    50.2 Februari 1950

  41. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. Pieter Brooshooft & C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran UI
    11. Pada awalnya,Jakarta adalah sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa.Pada tahun 1526,Terjadi penyerangan yang dipimpin oleh Fatahillah,dari kerajaan Demak.Jakarta berhasil dikuasai pada tgl 22 Juni 1527 dan berganti nama menjadi Jayakarta.Setelah itu,kekuasaan Jayakarta diberikan pada kesultanan Banten.Akhir abad ke 16,banyak berdatangan bangsa Eropa.Pada tahun 1603,Belanda tidak hanya mendirikan kantor VOC,namun juga Benteng Pertahanan.Hal itu membuat marah Sultan Banten & bangsa Inggris.Terjadilah pertempuran yang pada akhirnya dimenangkan oleh Belanda.Lalu,Jayakarta berganti nama menjadi Batavia.
    12. Karena,pada zaman Belanda banyak didirikan sekolah yang berada di Batavia.
    13. Karena belanda tidak hanya membangun kantor VOC,tapi juga Benteng
    14. Menambah jumlah juru kesehatan untuk menghadapi penyakit yg berjangkit di Hindia Belanda,dan membentuk Boedi Oetomo yang merupakan langkah menuju kemerdekaan Indonesia.
    15. Meminta bantuan pada VOC di Maluku.
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. LHS & THS
    20. HIS
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J P Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, dan HJS
    34. Irigasi,emigrasi,edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1964
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi,emigrasi,edukasi
    41. Pembangunan sekolah sekolah di Batavia
    42. HIS,MULO,AMS,HBS,TIS,HCS,ELS,HJS
    43. Menambah jumlah juru kesehatan untuk menghadapi penyakit yg berjangkit di Hindia Belanda
    44. Ir.Soekarno & Moh.Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  42. 1. Sunda Kalapa
    2. Perang asal Gujarat
    3. Faletehan
    4. Jan Pieterzoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School
    7. Pieter Brooshoft & C.Th. van Deventer
    8. School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA)
    9. Boedi Oetomo
    10. Kedokteran UI
    11. Pertama-tama Jakarta adalah pelabuhan kecil yang bernama Sunda Kalapa. Kemudian Kerajaan Demak berhasil menguasai Sunda Kalapa yang dipimpin oleh Fatahillah, diganti namanya menjadi Jayakarta. VOC berhasil merebut Jayakarta yang dipimpin oleh J.P. Coen, diganti namanya menjadi Batavia.
    12. Karena banyak sekolah yang didirikan di Batavia
    13. Karena VOC Membangun benteng di Jayakarta
    14. Mencerdaskan bangsa Indonesia dan membantu kemerdekaan Indonesia
    15. Coen merusak
    16. Tanggal 22 Juni 1527
    17. HBS
    18. Stad Batavia
    19. GHS atau RHS
    20. Hollandsche Idische Kweekschool
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. J.P. Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Fatahillah
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran and pendidikan
    42. HIS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS,MULO,HBS,AMS
    43. Karena kurangnya tenaga kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  43. NO. Absen: 19

    1. sunda kelapa
    2. dari kerajaan Demak
    3. falatehan
    4. J.P Coen
    5. Jakarta toko betsu shi
    6. HBS
    7. van deventer dan pieter brooshooft
    8. STOVIA
    9. budi utomo
    10. kedokteran UI
    11. sunda kalapa->jayakarta->batavia->jakarta toko betsu shi->DKI Jakarta
    12. karena batavia adalah kota paling sibuk di nusantara dan banyaknya penduduk dair berbagai etnis membuat banyak sekolah didirikan di jakarta
    13. karena VOC membuat benteng pertahanan yang membuat sultan banten marah
    14. menambah juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit di daerah jajahan belanda
    15. pada awalnya J.P coen kalah dan akhirnya meminta bantuan VOC di maluku.
    16. 22 juni
    17. TIS
    18. stad batavia
    19. STOVIA/THS
    20. HIS/HIK
    21. Sangiang surawisesa
    22. fatahillah
    23. cornelis de houtman
    24. J.P Coen
    25. 4 mei 1621
    26. simon stevin
    27. sejarah jakarta
    28. jacques specx
    29. museum bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. kepulauan seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,ELS,HCS,HJS
    34. irigasi, emigrasi, edukasi
    35. pendidikan
    36. kemerdekaan
    37. hotel indonesia
    38. 1999
    39. 17 agustus 1945
    40. irigasi, emigrasi dan edukasi
    41. banyak dibentuknya sekolah-sekolah di batavia
    42. HIS/TIS/ELS/HJS(SD)->MULO/HBS(SMP/SMP+SMA)->AMS(SMA)->THS/GHS(STOVIA)/LHS/RHS(Universitas)
    43. karena kurangnya juru keshatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit di daerah jajahan belanda.
    44. Ir. soekarno
    45. ika daigaku
    46. 22 juni 1527
    47. 4 mei 1621
    48. 8 agustus 1942
    49. stad gemeente batavia
    50. 2 februari 1950

  44. Nama : Samudra Ardiya.
    kelas : 7B
    NO. Absen : 34

    1. Sunda kelapa
    2. Perang asal Demak
    3. Falatehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. Van Deventer & Pieter Brooshooft
    8. STOVIA
    9. Budi Utomo
    10. Fakultas kedokteran UI
    11. Pada awalnya Jakarta bernama Sunda Kelapa, lalu Kerajaan Demak merebut dan mengganti namanya menjadi Jayakarta, lalu VOC merebut dan mengganti namanya menjadi Batavia, setelah itu untuk menarik perhatian masyarakat Jepang mengganti namanya menjadi Jarkarta.
    12. Karena banyak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan di Jakarta.
    13. Karena VOC membangun benteng di Jayakarta
    14. Mencerdaskan bangsa Indonesia dan membantu memerdekakan Indonesia.
    15. Meminta bantuan VOC di Maluku
    16. 22 Juni 1527
    17. HBS
    18. Stad Batavia
    19. AMS, THS.
    20. HIK
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. J.P Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Fatahillah
    28. Jacques specx
    29. Bahari
    30. 1628, 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS
    34. Irigasi, Emigrasi dan Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, Emigrasi dan Edukasi
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    42. HIS, HIK, TIS, HCS, ELS, HJS, MULO, HBS, AMS
    43. Karena kurangnya tenaga kesehatan
    44. Ir. soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gementee Batavia
    50. 2 Februari 1950
    39.

  45. 1.Sunda Kalapa
    2.panglima perang kerajaan Demak
    3.faletehan
    4.J.P. Coen berasal dari nama Batavieren
    5.Jakarta Toko Betsu Shi
    6.HBS
    7.Van Deventer dan pieter brooshooft
    8.STOVIA sekarang menjadi fakultas kedokteran UI
    9.BO(boedi oetomo)
    10.kedokteran UI
    11.Pada awalnya,Jakarta adalah sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa.Pada tahun 1526,kerajaan Demak menyerang dibawah pimpinan Fatahillah.Jakarta berhasil dikuasai pada tgl 22 Juni 1527 dan berganti nama menjadi Jayakarta.Setelah itu,kekuasaan Jayakarta diberikan pada kesultanan Banten.Pada tahun 1603,Belanda mendirikan Benteng Pertahanan.Hal itu membuat marah Sultan Banten & bangsa Inggris.Terjadilah pertempuran yang pada akhirnya dimenangkan oleh Belanda.Lalu,Jayakarta diganti namanya menjadi Batavia oleh jan peterzoon coen.
    12.Karena pada zaman Belanda banyak didirikan sekolah di Batavia.
    13.karena mendirikan benteng pertahanan yang tidka disukai oleh sultan banten.
    14.menambah juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit di daerah2 yang dijajah belanda
    15. J.P coen meminta bantuan VOC di maluku lalu menaklukan jayakarta.
    16.22 june 1527
    17.suharto pernah bersekolah di TIS
    18.Stad batavia
    19.GHS atau THS
    20.Hollandsche Indische Kweekschool atau HIK
    21.sangiang surawisesa
    22.fatahillah.
    23.Cornelius de houtman
    24.J.P Coen dengan persetujuan de heeren sevntien
    25.4 mei 1621
    26.simon stevin
    27.sejarah jakarta
    28.jacquest speckx
    29.bahari
    30.1628, dan 1629
    31.1942
    32.kepulauans eribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS, dan HJS
    34.irigasi, emigrasi,dan edukasi
    35.pendidikan
    36.kemrdekaan
    37.Hotel Indonesia(HI)
    38.1999.
    39.17 august 1945
    40.irigasi, emigrasi,dan edukasi
    41.banyak dibentuknya sekolah2 di batavia.
    42.HIS/TIS/ELS/HJS setingkat dgn SD, MULO/HBS setingkat dengan SMP/SMP+SMA, AMS steingkat dgn SMA, THS/GHS(STOVIA)/LHS/RHS setingkat dgn universitas.
    43.menambah juru kesehatan untuk menghadapi berbagai macam penyakit di hindia belanda
    44.ir. soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.22 june 1527
    47.4 may 1621
    48.8 august 1942
    49.stad geemente batavia
    50.2 february 1950

  46. Kelas:7B
    absen:4

    1.sunda kelapa
    2.perang kerajaan demak
    3.falatehan
    4.J.P.Coen
    5.jakarta toko betsu shi
    6.HBS
    7.C.Th. van deventer
    8.STOVIA
    9.BO(Boedi Oetomo)
    10.fakultas kedokteran UI
    11.awalnya jakarta hanyalah sebuah pelabuhan kecil bernama sunda kelapa lalu kerajaan demak behasil menguasai sunda kelapa dan namanya diganti menjadi jayakarta kemudian VOC berhasil merebut jayakarta dari kerajaan demak dan namanya diubah oleh pemimpin voc saat itu yaitu J.P.Coen menjadi btavia
    12.karena banyak bermunculan lembaga-lembaga pendidikan di jakarta
    13.karena VOC mendirikan benteng pertahanan dan itu tidak disukai oleh sultan demak
    14.untuk menambah dokter/juru kesehatan di daerah yang dijajah belanda
    15.meminta bantuan VOC dimaluku untuk menaklukkan jayakarta
    16.22 Juni 1527
    17.TIS
    18.stad batavia
    19.THS/AMS
    20.HIK
    21.sangiang surawisesa
    22.fatahillah
    23.cornelis de houtman
    24.J.P.Coen
    25.4 maret 1621
    26.simon stevin
    27.sejarah jakarta
    28.jacques specx
    29.bahari
    30.1628&1629
    31.1942
    32.kepulauan seribu
    33.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    34.irigasi,emigrasi,edukasi
    35.pendidikan
    36.kemerdekaan
    37.HI(Hotel Indonesia)
    38.1999
    39.17 agustus 1945
    40.Irigasi,Emigrasi,Edukasi
    41.sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia
    42.HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,HCS,ELS,HJS
    43.untuk menambah dokter/juru keshatan di daerah yang dijajah belanda dan membawa Indonesia menuju kemerdekaan
    44.ir.soekarno
    45.Ika Daigaku
    46.22 juni 1527
    47.4 maret 1621
    48.8 agustus 1942
    49.stad gemeente batavia
    50.2 februari 1950

  47. Bismillahirrahmanirrahim

    1. Sunda Kalapa
    2. Panglima perang
    3. Faletehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. P. Broshooft, C. Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran UI
    11. Jakarta bermula dari pelabuhan kecil bernama Sunda
    Kalapa, pada abad ke-14. 22 Juni 1527 diubah menjadi
    Jayakarta, oleh Fatahillah, yang berarti kemenangan
    (hari jadi Kota Jakarta). 4 Maret 1621, oleh Belanda
    diganti menjadi Stad Batavia. 1 April 1905 menjadi
    Gemeente Batavia. 8 Januari 1935 menjadi Stad Gemeente
    Batavia. 8 Agustus 1942 menjadi Jakarta Toko Betsu Shi
    oleh Jepang. September 1945 menjadi Pemerintah Nasional
    Kota Jakarta oleh pemerintah. 20 Februari 1950 menjadi
    Stad Gemeente Batavia oleh Pre Federal.
    12. Jakarta menjadi pusat pendidikan karena pada saat itu
    pendidikan harus ada pada setiap karesidenan, dll.
    13. Sultan Banten marah karena VOC membuat benteng
    pertahanan di Jayakarta.
    14. Untuk membuat Indonesia lebih cerdas.
    15. Ia menghancurkan Jayakarta dan membuat benteng
    pertahanan.
    16. 22 Juni 1527
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. THS, RHS
    20. HIS dan HIK
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. Heeren de Seventien/JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628, 1629
    31. 8 Agustus 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. HIS, MULO, AMS, HBS, HIK, TIS, HCS, ELS, dan HJS
    34. Irigasi, Emigrasi, dan Edukasi
    35. Pusat pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. Tahun 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah
    kolonial memegang tanggung jawab moral bagi
    kesejahteraan pribumi.
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.
    42. HIS, MULO, AMS
    43. Tujuannya adalah untuk membuat orang-orang Indonesia
    lebih pintar.
    44. Ir. Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

    Demikian…
    Alhamdulillahirobbil ‘alamin

  48. 1. Pelabuhan Sunda Kalapa
    2. Panglima Kerajaaan Demak, yang berasal dari Gujarat, India
    3. Faletehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betshu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshofdt dan Ch. T. Van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11. – Abad ke-14 : Bernama Sunda Kalapa
    22

  49. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak Wijaya, ini jawaban PR PLKJ

    1. Pelabuhan Sunda Kalapa
    2. Panglima Kerajaaan Demak, yang berasal dari Gujarat,
    India
    3. Faletehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betshu Shi
    6. Hogere Burger School (HBS)
    7. Pieter Brooshoft dan C. Th. Van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    11. – Abad ke-14 : Bernama Sunda Kalapa
    – 22 Juni 1527 : Diganti namanya menjadi Jayakarta oleh
    Fatahillah
    – 4 Maret 1621 : Bernama Stad Batavia (oleh Belanda)
    – 1 April 1905 : Gemeente Batavia
    – 8 Januari 1935 : Stad Gemeente Batavia
    – 8 Agustus 1942 : Jakarta Toko Betsu Shi (oleh Jepang)
    – September 1945 : Pemerintah Nasional Kota Jakarta
    – 20 Februari 1950 : Stad Gemeente Batavia
    – 24 Maret 1950 : Kota Praja Jakarta
    – 18 Januari 1958 : Kota Praja Djakarta Raya Swatantra
    – 1961 : Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya
    PP No. 2 Tahun 1961 jo UU No. 2 PNPS tahun 1961
    – 31 Agustus 1964 : Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya
    ditetapkan sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia
    dengan nama Jakarta (UU No. 10 tahun 1964)
    – UU No. 34 tahun 1999 : Menjadi Pemerintah Provinsi DKI
    Jakarta
    12. Karena kemunculan dari lenmbaga-lembaga pendidikan
    seperti sekolah swasta dan resmi dari Pemerintah Hindia
    Belanda
    13. Karena VOC membangun benteng
    14. STOVIA mempunyai peranan besar dalam pergerakan nasional
    yang akhirnya membawa Indonesia kepada kemerdekaan
    15. Tahun 1619, VOC dibawah pimpinan JP Coen bertempur
    melawan orang Inggris di Jayakarta. Awalnya VOC kalah,
    tetapi Coen mencari bantuan kepada VOC di Maluku.
    30 Mei 1619, Coen menaklukan Jayakarta.
    16. 22 Juni
    17. Tweede Inlandsche School (TIS)
    18. Stad Batavia
    19. Technische Hooge School (THS) dan Landbow Hooge School
    (LHS)
    20. Hollandsche Indische Kweekschool (HIK)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis de Houtman
    24. Jan Pieterszoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Fatahillah
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. Hollandsch Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid
    Lager Onderwijs (MULO), Algemene Middelbare School
    (AMS), Hogere Burger School (HBS), Hollandsche
    Indische Kweekschool (HIK), Tweede Inlandsche School
    (TIS), Hollandsch Chineesche Shool (HCS), Europeesche
    Lagere School (ELS), Hollandsch Javaansche School (HJS)
    34. – Irigasi, membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan
    dan bendungan untuk keperluan pertanian
    – Emigrasi : Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    – Edukasi : Memperluas bidang pengajaran dan pendidikan
    35. Pusat pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1961
    39. 17 Agustus 1945
    40. Bahwa Pemerintah Belanda mempunyai panggilan moral
    dan utang budi terdap bangsa pribumi di Hindia Belanda.
    Panggilan tadi dituangkan dalam kebijakan Politik Etis,
    yang meliputi :
    – Irigasi, membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan
    dan bendungan untuk keperluan pertanian
    – Emigrasi : Mengajak penduduk untuk transmigrasi
    – Edukasi : Memperluas bidang pengajaran dan pendidikan
    41. Memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan dengan
    kemunculan lembaga-lembaga pendidikan seperti sekolah
    swasta dan resmi dari pemerintahan Hindia Belanda
    42. HIS (setingkat SD) –> MULO (setingkat SMP) –> AMS
    (setingkat SMA)
    43. – Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya
    dan Hindia Belanda pada umumnya
    – Untuk memenuhi kebutuhan juru kesehatan dalam
    menghadapi berjangkitnya berbagai penyakit berbahaya
    di wilayah jajahan Belanda
    44. Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    (Arsa Radix Ismail / 7B / No. Absen 7

  50. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS(Hogere Burger School)
    7. Pieter Brooshooft dan Conrad Theodore van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Kedokteran Universitas Indonesia
    11. -Abad ke-14 bernama Sunda Kelapa
    -22 Juni 1527 menjadi Jayakarta
    -4 Maret 1621 oleh belanda menjadi Stad Batavia
    -1 April 1905 menjadi Gemeente Batavia
    -8 Januari 1935 menjadi Stad Gemeente Batavia
    -8 Agustus 1942 oleh Jepang diubah menjadi Toko Betsu
    Shi
    -September 1945 Pemerintah Nasional Jakarta
    -20 Februari 1950 Pemerintahan Pre Federal berubah nama
    menjadi Stad Gemeente Batavia
    -24 Maret 1950 Kota Praja Jakarta
    -18 Januari 1958 kedudukan Jakarta sebagai daerah
    swantara dinamakan Kota Praja Djakarta Raya Swantara
    -1961 dibentuk Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    Raya (PP No. 2 Tahun 1961 jo UU No. 2 PNPS 1961)
    -31 Agustus 1964 UU No. 10 Tahun 1964 dinyatakan Daerah
    Khusus Ibukota Jakarta Raya tetap sebagai ibukota
    negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta
    -1999 UU No. 34 Tahun 1999: Pemerintah Provinsi Daerah
    Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia
    12. Karena banyak didirikan sekolah di Batavia
    13. Sultan Banten marah kepada VOC,karena pembuatan benteng
    yang dilakukan VOC
    14. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya
    dan Hindia Belanda pada umumnya
    15. Jan Pieterszoon Coen meminta bantuan kepada VOC yang ada
    di Maluku. Dengan bantuan itu,ia berhasil menguasai
    jakarta pada tanggal 30 Mei 1619
    16. 22 Juni
    17. TIS(Tweede Inlandsche School)
    18. Stad Batavia
    19. AMS/THS
    20. HIK(Hollandsche Indische Kweekschool)
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. Jan Pieterszoon Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. -HIS(Hollandsch-Inlandsche School)
    -MULO(Meer Uitgebreid Lager Onderwijs)
    -AMS(Algemeene Middelbare School)
    -HBS(Hogere burger school)
    -HIK(Hollandsche Indische Kweekschool)
    -TIS(Tweede Inlandsche School)
    -HCS(Hollandsche-Chineesche School)
    -ELS(Europeesche Lagere School)
    -HJS(Hollandsch Javaansche School)
    34. Irigasi,Emigrasi.Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. -irigasi(pengairan), membangun dan memperbaiki
    pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan
    pertanian.
    -emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi.
    -memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
    (edukasi).
    41. Didirikan nya sekolah-sekolah di batavia
    42. HIS,HIK,ELS,MULO,TIS,HJS,AMS,HBS,HCS
    43. Kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi
    berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di
    wilayah-wilayah jajahan belanda
    44. Ir.Soekarno
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

  51. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. J. P. Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. Pieter Brooshooft dan C. Th. Ven Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)
    11. Sunda Kelapa => Jayakarta=> Batavia => Jakarta
    12.

  52. Amy rahmania
    no absen.5

    1. sunda kelapa
    2. panglima perang kerajaan demak
    3. falatehan
    4. JP.coen
    5. Jakarta
    6. HBS
    7. C.Th.van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi oetomo ( budi utomo )
    10. FKUI ( fakultas kedokteran universitas indonesia )
    11. sunda kelapa,jayakarta,batavia,jakarta
    12.
    13.karna VOC membangun benteng di daerah kekuasaan sultan banten
    14. meningkatkan kesehatan di batavia
    15. awalnya , voc menyerang jayakarta tetapi tidak berhasil, lalu JP.coen meminta bantuan VOC di maluku untuk membantu menyerang pada akhirnya jayakarta berhasil ditaklukan dan namanya berubah menjadi batavia
    16. 22 juni
    17. TIS
    18. stad batavia
    19. GHS & AMS
    20. HIK
    21. sangiang surawiswsa
    22. fatahillah
    23. cornelis de houtman
    24. JP.coen
    25. 4 maret 1621
    26. simon stevin
    27. museum sejarah jakarta
    28. Jacques specx
    29. museum Bahari
    30. 1628&1629
    31. 1942
    32. kepulauan seribu
    33. HIS,MULO,AMS,HBS,HIK,TIS,ELS,HCS,HJS
    34. irigasi , emigrasi , edukasi
    35. pendidikan
    36. kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 agustus 1945
    40. irigasi , emigrasi , edukasi
    41. Sejak politik etis diterapkan, sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia dan seluruh daerah jajahan Belanda di Hindia Belanda
    42.HIS,HIK,MULO,AMS,HBS,THS,LHS,RHS,GHS
    43.Tujuan berdirinya STOVIA berawal dari kurangnya tenaga juru kesehatan
    44. Ir soekarno dan MOH. hatta
    45. ika daigaku
    46. 22 juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 agustus 1942
    49. stad gemeente batavia
    50. 2 febuari 1950

    pak maaf ya telat….

  53. 1. Sunda Kelapa
    2. Perang kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. JP Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. HBS
    7. C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo
    10. FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
    11. Sunda Kelapa > Jayakarta > Batavia > Jakarta
    12. Karena banyak didirikan sekolah di Batavia
    13. Karena VOC membangun benteng di daerah kekuasaan kesultanan Banten
    14. Meningkatkan tenaga kesehatan di Batavia
    15. JP Coen meminta bantuan kepada VOC di Maluku. dan akhirnya menguasai Jayakarta dan di rubah namanya menjadi Batavia.
    16. 22 Juni
    17. TIS
    18. Stad Batavia
    19. GHS & AMS
    20. HIK
    21. Sangiang Surawiswsa
    22. Fatahillah
    23. Cornelis De Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 Maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Museum Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Museum Bahari
    30. 1628 & 1629
    31. 1942
    32. Kepulauan Seribu
    33. > HIS
    > MULO
    > AMS
    > HBS
    > HIK
    > ELS
    > TIS
    > HCS
    > HJS
    34. Irigasi, Emirgrasi, Edukasi
    35. Pendidikan
    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia
    38. 1999
    39. 17 Agustus 1945
    40. Irigasi, Emigrasi, Edukasi
    41. Banyak sekoolah sekolah di Batavia
    42. > HIS
    > HIK
    > MULO
    > AMS
    > HBS
    > THS
    > LHS
    > RHS
    > GHS
    43. Untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah wilayah jajahan Belanda, dan kurangnya juru kesehatan.
    44. Ir. Soekarno, Moh. Hatta
    45. Ika Daigaku
    46. 22 Juni 1527
    47. 4 Maret 1621
    48. 8 Agustus 1942
    49. Stad Gemente Batavia
    50. 2 Februari 1950

    Maaf banget Pak telat, baru bisa buka sekarang

  54. Maima Mahirah / 21 / 7A

    1. Sunda Kelapa

    2. Perang Kerajaan Demak

    3. Faletehan

    4. Jan Pieterszoon Coen

    5. Jakarta

    6. HBS ( Hogere Burger School )

    7. Conrad Theodore Van Deventer dan Pieter Brooshooft

    8. STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen)

    9. Budi Oetomo

    10. Kedokteran Universitas Indonesia

    11. Pada abad ke 14 ada pelabuhan di tepi sungai ciliwung yang bernama sunda kelapa pada tangggal 22 juni 1527 namanya berubah menjadi jayakarta lalu pada ttg 4 maret 1621 namanya berubah menjadi Batavia lalu pada ttg 1 april 1905 namanya berubah menjadi Stad Batavia lalu pada ttg 8 januari namanya berubah menjadi stad Gemente batavia pada ttg 22 1527 juni namanya berubah menjadi Jakarta

    12. Karena peraturan pendidikan dasar untuk masyarakat pada waktu Hindia Belanda pertama kali dikeluarkan pada tahun 1848. Menurut aturan itu, pendidikan dasar harus ada pada setiap karesidenan, kabupaten, kawedanan, atau pusat – pusat kerajinan, perdagangan, atau tempat yang dianggap perlu

    13. Karena VOC membuat / mendirikan benteng di Jayakarta

    14. Untuk meningkatkan kesehatan di Batavia pada khususnya dan Hindia Belanda pada umumnya

    15. Pada awalnya, VOC kalah dan terusir dari Jayakarta. Akan tetapi, Jan Pieterszoon Coen tidak mau menyerah begitu saja. Ia pergi mencari bantuan kepada VOC yang ketika itu ada di Maluku. Dengan bantuan itu, Jan Pieterszoon Coen berhasil menaklukkan Jayakarta. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 30 Mei 1619

    16. 22 Juni 1527

    17. TIS (Tweede Inlandsche School)

    18. Stad Batavia

    19. GHS (Geneeskudige Hooge School) atau RHS (Rechts Hooge School )

    20. HIK ( Hollandsche Indische Kweekschool )

    21. Sangiang Serawisesa

    22. Fatahillah

    23. Cornelis De Houtman

    24. Jan Pieterszoon Coen

    25. 4 Maret 1621

    26. Simon Stevin

    27. Sejarah Jakarta

    28. Jacques Specx

    29. Bahari

    30. 1628 dan 1629

    31. 1942

    32. Kepulauan Seribu
    33. > Hollandsch-Inlandsche School ( HIS )
    > Meer Uitgebreid Lager Onderwijs ( MULO )
    > Algemene Middelbare School ( AMS )
    > Hogere Burger School ( HBS )
    > Hollandsche Indische Kweekschool ( HIK )
    > Tweede Inlandsche School ( TIS )
    > Hollandsch-Chineesche School ( HCS )
    > Europeesche Lagere School ( ELS )
    > Hollandsch Javaansche School ( HJS )

    34. > Irigasi
    > Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi
    > Edukasi

    35. Pendidikan

    36. Kemerdekaan
    37. Hotel Indonesia

    38. 1964

    39. 17 Agustus 1945

    40. > Irigasi ( pengairan ), membangun dan memperbaiki pengairan – pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    > Emigrasi, mengajak penduduk untuk transmigrasi
    > Edukasi, memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan

    41. Sejak politik etis diterapkan, sekolah-sekolah untuk berbagai jenjang didirikan di Batavia dan seluruh daerah jajahan Belanda di Hindia Belanda

    42. HIS, HIK, MULO, AMS, HBS,THS, LHS, RHS, GHS
    43. Tujuan berdirinya STOVIA berawal dari kurangnya tenaga juru kesehatan untuk menghadapi berjangkitnya berbagai macam penyakit berbahaya di wilayah-wilayah jajahan Belanda. Pemerintah kolonial lalu menetapkan perlunya diselenggarakan suatu kursus juru kesehatan di Hindia Belanda

    44. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

    45. Ika Daigaku

    46. 22 Juni 1527

    47. 4 Maret 1621

    48. 8 Agustus 1942

    49. Stad Gemeente Batavia

    50. 2 Februari 1950

    Maaf pak telat baru bisa buka

  55. 1. Sunda Kelapa
    2. Kerajaan Demak
    3. Falatehan
    4. Jan Pieterszoon Coen
    5. Jakarta Toko Betsu Shi
    6. Hogere Burger School
    7. Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer
    8. STOVIA
    9. Boedi Oetomo (BO)
    10. Kedokteran UI Jakarta
    11. Awalnya Kota Jakarta bernama Sunda Kelapa. Nama Sunda Kelapa diambil dari nama pelabuhan kecil yang ada di Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa diserang pleh tentara Demak pada tahun 1526. Penyerangan ini dipimpin oleh Fatahillah, Panglima Perang asal Gujarat, India dan jatuh pada 22 juni 1527. Setelah sunda kelapa berhasil direbut,namanya diganti menjadi Jayakarta. Sampai JP Coen menghancurkan Jayakarta (1619, orang banten bersama saudagar arab dan tionghoa tinggal di muara ciliwung. Pada saat itu nama Jayakarta diubah menjadi Batavia. Pada perang dunia II, awal maret 1942, Jepang menguasai Batavia dan mengubahnya menjadi jakarta toko betsu shi dan akhirnya diganti oleh pemerintah menjadi Jakarta
    12. Karena lembaga-lembaga pendidikan banyak di jakarta
    13. karena voc membuat benteng-benteng
    14. menambahnya juru kesehatan
    15. mencari bantuan dari voc
    16. 22 juni
    17. Tweede Inlandsche School (TIS)
    18. pemerintahan kota stad belanda
    19. GHS dan STOVIA
    20. HIS
    21. Sangiang Surawisesa
    22. Fatahilah
    23. Cornelis de Houtman
    24. JP Coen
    25. 4 maret 1621
    26. Simon Stevin
    27. Sejarah Jakarta
    28. Jacques Specx
    29. Bahari
    30. 1628 dan 1629
    31. 1942
    32. Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta
    33. HIS, MULO, HBS, AMS, HIK, TIS, HCS, ELS dan HJS
    34. a. irigrasi
    b. emigrasi
    c. edukasi
    35. pendidikan
    36. kemerdekaan
    37. hotel indonesia
    38. 1964
    39. 17 agustus 1945
    40. a. irigrasi(pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
    b. emigrasi yakni mengajak penduduk untuk transmigrasi
    c. memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan (edukasi)
    41. memperluas
    42. HIS, MULO dan AMS
    43. untuk membangkitkan semangat pemuda indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan
    44. soekarno dan hatta
    45. ika daigaku
    46. 22 juni 1527
    47. 4 maret 1621
    48. 8 agustus 1942
    49. Stad Gemeente Batavia
    50. 2 Februari 1950

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.