Posted on: August 30, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Ada Gus Ipul di Labschool

H. Sarmilih Membaca Doa
H. Sarmilih Membaca Doa

Ada Gus Ipul di Labschool. Beliau hadir untuk memberikan ceramah halal Bi Halal Keluarga Besar Labschool. Beliau adalah salah satu orang tua murid di Labschool kebayoran. Ceramahnya kocak, dan membuat kami banyak tertawa dan tersenyum. Salut buat Gus Ipul.

Gus Ipul ketika berceramah
Gus Ipul ketika berceramah

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

 

 

Categories:

1 people reacted on this

  1. 1. Komputer terdiri dari Software, Hardware, dan Brainware. jelaskan ketiga bagian itu!
    a.Software: Software atau perangkat lunak adalah program yang digunakan unutk hal hal tertentu yang dihendaki di komputer
    b.Hardware: Hardware atau perangkat keras adalah peralatan dari komputer.
    c.Brainware:Brainware adalah personil yang memakai komputer untuk menggunakan, membuat, membenarkan komputer.
    2. Jelaskan secara singkat sejarah komputer yang kamu ketahui!
    Sejrah Komputer:
    Generasi Pertama: Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
    Generasi Kedua : Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
    Generasi Ketiga: Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
    Generasi keempat: Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
    Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
    Generasi Kelima: Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

    3. Apa yang didapat dari Perpustakaan Online dan Peralatan komunikasi?
    Perpustakaan Online : Dengan perpustakaan online kita dapat membaca buku secara online, dan hampir semua buku ada di berbagai perpustakaan online, ada yang menjual buku-buku mereka, tapi biasanya buku-buku tersebut gratis.
    Peralatan Komunikasi: Jaman dulu kita berkomunikasi dengan surat, sms dan telepon, tapi sekarang kita bisa menggunakan surat elektronik atau email, lalu kita bisa menggunakan ‘chatting’ sehingga kita tidak perlu bayar untuk berbicara dengan tulisan seperti sms, kita sekarang bisa juga menggunakan ‘video call’ yang bisa menunjukan muka kita saat berkomunikasi, dengan ini kita bisa berkomunikasi dengan lebih mudah, bagus, dan juga murah
    4. Jelaskan Langkah-langkah mengirimkan file melalui email!
    1. Buka email kita
    2. Pilih “compose mail”, lalu tuliskan alamat email di kolom “to”
    3. Tuliskan subjek (jika perlu) lalu dibawah kolom tersubut, pilih “attach a file” lalu klik tulisan browse” akan keluar window baru, pilih file yang akan dikirim, setelah itu klik “open tunggu sebentar sampai file sudah diupload lalu tekan send
    5. Mengapa siswa perlu tahu cara kerja komputer? Untuk apa?
    Karena komputer adalah perangkat yang akan terus berkembang, siswa perlu mempelajarinya supaya siswa dapat menggunakannya dan dapat menggunakan perkembangannya nanti. Siswa juga akan mendapat berbagai keuntungan dengan mempelajari komputer seperti memudahkan mengerjakan tugas, berkomunikasi dan sebgainya.
    6. Menurutmu apa peranan TIK, keuntungan TIK, dan dampak negatif dari perkembangan TIK?
    Peranan TIK : Peranan TIK contohnya adalah memudahkan berkomunikasi, memudahkan untuk mencari informasi dan memudahkan untuk mengerjakan suatu tugas.
    Keuntungan TIK: Salah satu keuntungan TIK adalah kita dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan mudah.
    Dampak negatif dari perkembangan TIK : Beberapa orang akan menjadi lebih individualis atau sibuk dengan perankat yang berhubungan dengan TIK .
    7. Jelaskan tentang undang-undang Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual (HAKI) yang kamu ketahui!
    Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Hak Milik Intelektual (HMI) atau harta intelek (di Malaysia) ini merupakan padanan dari bahasa Inggris Intellectual Property Right. Kata “intelektual” tercermin bahwa obyek kekayaan intelektual tersebut adalah kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia (the Creations of the Human Mind) (WIPO, 1988:3).
    Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif Yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup Hak Cipta, Hak Paten Dan Hak Merk. Namun jika dilihat lebih rinci HAKI merupakan bagian dari benda (Saidin : 1995), yaitu benda tidak berwujud (benda imateriil).
    Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk dalam bagian hak atas benda tak berwujud (seperti Paten, merek, Dan hak cipta). Hak Atas Kekayaan Intelektual sifatnya berwujud, berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sastra, keterampilan dan sebagainya yang tidak mempunyai bentuk tertentu.

    8. Jelaskan Jenis – jenis alat input komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!
    Keyboard: berguna untuk mengetik hal di komputer
    Mouse: Untuk menggerakan cursor di komputer sehingga membuat kita untuk memilih pilihan di komputer
    Trackball: Seperti mouse, gunanya untu memilih piliha di komputer tetapi ada bedanya yaitu perangkat ini berbentuk bulat yang berputar sehingga hal ini sama dengan bola
    Scanner: Berfungsi untuk membuat file nyata di kertas dan sebagainya menjadi file berbasis digital dengan berbagai format.
    9. Jelaskan Jenis – jenis alat ouput komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!

    Monitor: benda ini digunakan untuk menampilkan hal yang inigin dilihat di komputer

    Printer : Benda ini digunakan untuk mencetak hal yang berada dikomputer seperti gambar atau file lainnya di berbagai macam kertas.

    Speaker: Di komputer akan ada beberapa suara untuk mendengarkan lagu, mendengar hal lainnya maka itu dengan adanya speaker kita dapat mendengar apa apa yang ada di komputer

    10. Jelaskan Jenis – jenis media penyimpanan komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!
    Memory card: media ini berguna untuk menyimpan berbagai file tertentu, benda ini berbentuk seperti kartu. Ada yang kecil dan ada juga yang cukup besar.
    Flash Disk: benda ini digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya dengan mudah.
    CD ROM: ini juga digunakan untuk mntransfer file, biasanya digunakan untuk film atau music dan media lainnya. Media ini berbentuk seperti CD. CD ini tadinya kosong bisa terisi dengan komputer.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.