Bocoran Soal Teori Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

Bersama ini saya lampirkan kisi-kisi Uji Kompetensi (UKG) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sini

Data adalah informasi yang disimpan yang dapat sewaktu2 di gunakan oleh penggunannya

Informasi adalah sesuatu data yang dikumpulkan untuk mengambil suatu keputusan

Perbedaan data dan informasi

Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti, yang diubahmenjadi informasi oleh suatu pengolah informasi. Informasi memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan maupun tertulis. Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untukmemecahkan masalah.

Evolusi system informasi berbasis computer

Computer mula mula digunakan sebagai system informasi akutansi (SIA) tapikemudian disadari memiliki nilai potensi sebagai suatu sitem informasimanajemen (SIM). Selanjutnya perhatian meluas pada system pendukung keputusan(decision support system)- DSS, kantor virtual ( virtual office) dan systemberbasis pengetahuan (knowledge-based system ).Kelima bidang aplikasi inimembentuk system informasi berbasis computer (Computer Based InformationSistem ) – CBIS.

Sejumlah perusahaan yang mula-mula menggunakan computer membentuk departemen computer dan memberi mereka tanggung jawab atas pengembangan system. Praktek ini berlanjut dengan unit-unit meliputi para specialist informasi seperti analisis system, pengelola database, specialist jaringan , programmer damoperator. Kita menamakan jasa informasi untuk menggambarkan unit ini.

Apa Perbedaan Data dan Informasi?

Perbedaan data dengan informasi masih banyak yang menanyakannya, baik di dalam dunia pendidikan maupun dalan bisnis. Pengumpulan data dan informasi sangat penting untuk memajukan usaha sukses anda. Tapi sebelumnya marilah kita telusuri tentang arti dan perbedaan antara data dan informasi.

Beberapa pendapat mengenai perbedaan Data dan Informasi dapat dibuat tabel seperti dibawah ini :

 

DATA ->INFORMASI

Bersifat Mentah ->Hasil olahannya lebih berguna

Digunakan untuk pengolahan lebih lanjut ->Digunakan untuk acuan mengambil keputusan

Masih mentah harus diolah, ada yang rapi karena disimpan di gudang atau acak-acakan sampai harus ditambang. -> Memiliki nilai guna, ada yang memberikan, ada yang menerima, konten relevan dengan penerima, cenderung disajikan dengan kompleks dan menarik

 

Mengidentifikasi Elemen Siklus Pemrosesan Informasi

A. Definisi dan Penggolongan Komputer

1. Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Akan tetapi, terdapat perbedaan yang mendasar dengan kalkulator, yaitu komputer mempunyai logika untuk berhitung, sedangkan kalkulator tidak. Komputer adalah alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut mempunyai kecepatan opersional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya, dan menghemat biaya. Beberapa definisi computer dari beberapa tokoh, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil pengolahan, dan menyediakan output dalam bentuk informasi (Robert H. Blissmer, 1986).
  2. Sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program) (Donald H. Sanders, 1985).
  3. Mesin pengitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi (V.C. Hamacher, Z.G. Zaky).
  4. Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat, termasuk penghitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan (William M. Fuori,1973).
  5. Tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti (Gordon B. Davis,1981).
  6. Alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis (Jogiyanto HM, 1992)

Elemen sistem komputer dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Perangkat keras (hardware)

Hardware merupakan peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan. Perangkat keras komputer terdiri dari alat input, pemroses, dan alat output.

2. Perangkat lunak (software)

Software merupakan rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah. Perangkat lunak ini dijalankan pada pemroses jika mendapatkan respon masukan dari alat input dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan alat output.

3. Perangkat pikir (brainware)

Brainware merupakan orang yang menggunakan komputer, yaitu orang yang dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi. Brainware sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan oleh pemroses karena komputer hanya akan bekerja jika mendapatkan instruksi yang diberikan oleh perangkat pikir.
2. Penggolongan Komputer
Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis data yang diolah , kemampuan komputer, kapasitas dan ukurannya, dan bidang masalahnya. Berdasarkan data yang diolahnya, komputer diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :
1. Komputer analog
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif karena computer ini digunakan untuk memproses data secara terus menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, misalnya besaran arus listrik.
2. Komputer digital
Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif karena komputer ini digunakan untuk memproses data diskrit (bilangan yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik (On atau Off). Keluaran dari komputer jenis ini, yaitu dalam bentuk angka, huruf, grafik, atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis.
3. Komputer hibrid
Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hibrid lebih cepat dibandingkan dengan komputer digital.

Berdasarkan kemampuannya, komputer diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

  1. Small scale computer

Small scale computer disebut juga small scale mainframe computer. Komputer jenis ini mempunyai kapasitas memori antara 64 KB sampai 8 MB dan dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.

2. Medium scale computer

Komputer jenis ini disebut juga medium scale mainframe computer. Komputer jenis ini mempunyai kapasitas memori antara 512 KB sampai 8 MB. Selain itu, komputer jenis ini dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.

3. Large scale computer

Komputer jenis ini disebut juga large scale mainframe computer. Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang besar dan kapasitas memori antara 512 KB sampai 8 MB. Selain itu, komputer jenis ini mempunyai kecepatan yang tinggi dan dapat menggunakan time sharing atau pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalm waktu bersamaan.
Penggolongan komputer berdasarkan kapasitas dan ukurannya, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Super computer, merupakan komputer yang sangat besar dan mahal, mempunyai pemrosesan informasi paling cepat dan biasanya digunakan dalam penelitian-penelitian yang membutuhkan kecermatan tinggi.
  2. Mainframe computer, merupakan komputer besar tetapi lebih kecil dari super komputer, biasanya digunakan untuk melayani pengaksesan aplikasi bersama dan dapat diakses oleh ribuan orang dalam waktu yang sama.
  3. Midrange computer, merupakan komputer berukuran sedang dengan kemampuan di bawah mainframe, biasa digunakan untuk melayani ratusan orang dalam waktu yang sama.
  4. Microcomputer (PC),merupakan komputer personal yang biasa dipakai untuk melakukan pekerjaan sehari-hari seperti input dan pengolahan data.
  5. Notebook/Laptop, merupakan komputer kecil yang ringan, dapat dijinjing dan digunakan dimanapun berada untuk melakukan pemrosesan data.
  6. PDA (Personal Digital Assistant), merupakan komputer seukuran saku yang dapat dibawa ke manapun untuk melakukan aktivitas pemrosesan data.

Berdasarkan bidang masalahnya,komputer diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
1. Special purpose computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimaasukkan dalam komputer ini. Sebagai contoh, komputer ini untuk teller perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak untuk kontrol produksi
2. General purpose computer
Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-maccam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini, yaitu komputer digital dan analog, tetapi yang umum digunakan adalah komputer digital. Sebagai contoh, Komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis.

B. Membedakan antara Data dan Informasi
Data adalah sebuah atau banyak fakta, sebuah atau sekumpulan nilai yang tidak mempunyai arti penting sebelum dihubungkan dengan sebuah konteks. Contoh dari data dapat dilihat pada table dibawah ini.

Data tanpa konteks
Rp 60.000,-
12 Januari 2005
12%

Informasi adalah data yang telah diproses atau mempunyai arti. Dari data table diatas kita dapat menambahkn konteks seperti table dibawah ini

Konteks dan data membentuk informasi
Konteks Data
Berapa harga 2 buah buku Matematika untuk kelas 3 SMU? Rp 60.000,-
Tanggal berapa saya lahir? 12 Januari 1990
Berapa tingkat inflasi tahun ini? 12%
Berapa skor ujian Matematika saya? 58

Akan tetapi, informasi juga dapat menjadi data jika konteks permasalahan menjadi lebih kompleks. Hal ini tergantung pada kondisi, data seperti apa yang akan digunakan, dan bagaimana data atau informasi tersebut akan diolah menjadi informasi yang lebih tajam lagi.

C. Menggambarkan Siklus Proses Informasi
Siklus informasi menggambarkan bahwa data akan berubah menjadi informasi jika sudah melewati satu atau beberapa proses pengolahan data. Banyak siklus informasi menggambarkan bahwa informasi yang dihasilkan oleh suatu proses akan menjadi data kembali untuk memperoleh informasi yang lain.

Bagi Anda yang belum mendownload kisi-kisi UKG, silakan klik di link berikut. Mata pelajaran yang saya upload sesuai dengan yang diupload oleh kemdikbud. Beberapa hari yang lalu saya pernah mendapat kesempatan untuk uji coba tes UKG di SMA Kalasan Yogyakarta. Beberapa hal yang saya amati dari 100 soal:

1. Soal-soal UKG TIK lebih banyak soal Microsoft Office (Menggunakan Versi 2010)
2. Soal tentang Data dan Informasi
3. Soal Ms. Word, Excel dan PowerPoint
4. Soal berkaitan dengan pedagogik tidak terlalu banyak (dari 100 soal hanya 10-20 soal saja)
5. Masih banyak soal yang salah dan beberapa gambar tidak muncul

Berdasar pengalaman dan analisis dari kisi-kisi UKG TIK saya mencoba membuat prediksi soal-soal UKG TIK 2012.

 

Klik disini untuk download contoh soal UKG TIK SMP dan UKG TIK SMA

Update Kisi-Kisi UKG TIK SMP dan SMA (Kamis, 26 Juli 2012)

Update Kisi-kisi UKG TIK SMP dan SMA (Minggu, 29 Juli 2012)

Soal-soal tersebut akan terus saya update. Bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin memasukkan soal-soal ke dalam format yang saya sediakan, saya persilakan.

Untuk info lebih lanjut bisa kontak saya melalui email/HP yang saya sediakan di page About.

 

Semoga bermanfaat,

Istiyanto

http://istiyanto.com/download-soal-uji-kompetensi-guru-ukg-tik-smp-dan-tik-sma/

 

 

 

 

 

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

One thought on “Bocoran Soal Teori Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.