Posted on: July 28, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 141

Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Mulai Tahun ajaran ini, selain mengajar Teknologi Informasi dan Komuniasi (TIK), saya mendapat tugas baru mengajar Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta (PLKJ). Terus terang saya masih mencari bentuk pembelajaran yang tepat agar materi PLKJ kelas 7 dapat diterima oleh anak-anak peserta didik saya. Mereka tentu tidak saya minta untuk menghafalkan isi buku, tetapi mampu memahami materi pelajaran. Bila mereka paham, pasti mereka dapat mengerjakan soal ujian apapun bentuknya. Untuk hal ini saya banyak belajar dari situs VOA tentang pendidikan, dan saya banyak terinspirasi dari kurikulum khusus di sini.

Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan
Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan

Untuk bisa memahami materi pelajaran, saya mencoba menerapkan beberapa metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran dengan pembagian kelompok. Dimana para siswa bekerja secara kelompok, dan mengurangi peran guru yang terkadang terlalu dominan dalam mengajar. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas. Dari sini saya berharap siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.

Alhamdulilah, ternyata cara ini efektif, dan peserta didik senang dalam penugasan yang diberikan oleh guru. Mereka antusias berdiskusi dengan sesama kelompoknya. Belajarpun menjadi aktif dan menyenangkan. Semua kelompok menghasikan produk yang hasilnya sungguh luar biasa. Saya mendapatkan hasil kerja kelompok yang sangat bagus sekali. Mereka pun menjadi terbiasa bekerja secara kolaborasi. Bukankah kolaborasi akan meningkatkan prestasi tinggi?

Menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan harus dimulai dari guru. Bila guru senang, maka peserta didikpun senang. Guru dan siswa sama-sama senang dalam pembelajaran. Gurupun tak lagi terlalu dominan di kelas, karena fungsinya adalah sebagai fasilitator dan motivator bagi peserta didiknya. Berikut ini saya share sedikit foto-fotonya. Semoga bermanfaat.

Siswa Aktif Belajar Bersama kelompoknya
Siswa Aktif Belajar Bersama kelompoknya
Guru Bertugas Sebagai fasilitator
Guru Bertugas Sebagai fasilitator

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

 

Categories:

141 People reacted on this

  1. Saya pikir pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dapat membuat siswa/siswi lebih cepat menangkap pokok pokok pelajarannya dibanding belajar biasanya

  2. Simple tapi bener pak. Memang kalau cara belajar tidak menyenangkan, murid-murid pasti jenuh dan jadi malas pak, padahal bapak sudah bilang di tulisan bapak bahwa yang penting paham materinya. Tapi kan bagaimana mau paham kalau gak seru. Jadi kalau suasana dan cara belajarnya menyenangkan pasti muridnya jadi tertarik untuk terus belajar.

  3. Simple tapi bener pak. Memang kalau cara belajar tidak menyenangkan, murid-murid pasti jenuh dan jadi malas pak, padahal bapak sudah bilang di tulisan bapak bahwa yang penting paham materinya. Tapi kan bagaimana mau paham kalau gak seru. Jadi kalau suasana dan cara belajarnya menyenangkan pasti muridnya jadi tertarik untuk terus belajar.

    1. yup benar, kalau suasana senang dan guru bisa menjelaskan dengan baik pasti pembelajaran akan menjadi sangat menarik

      salam
      Omjay

  4. Saya pikir pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dapat membuat siswa/siswi lebih cepat menangkap pokok pokok pelajarannya dibanding belajar biasanya dan membuat siswa lebih tertarik untuk mengikuti pelajarannya

  5. Meskipun singkat tapi sangat bermanfaat untuk menerapkan pembejaran yang efektif. Belajar berkelompok juga sangat menyenangkan untuk melatih bekerja sama dan bertanggung jawab. Selain itu,kebanyakan murid-murid di sebagian besar sekolah,lebih menyukai kerja kelompok dibandingkan kerja individu. Semangat mengajar terus yaa pakk!!! =3

  6. Menurut saya memang belajar itu harus menyenangkan dan seru karna jika tidak, anak murid pasti akan jenuh dan bosan. harus dengan cara yang menyenangkan agar anak bisa memahami pelajaran dengan mudah

  7. saya setuju pak,padahal plkj adalah salah satu pelajaran yang lumayan hafalannya.. mungkin dengan berdiskusi kelompok bisa mengurangi rasa jenuh dan belajar jadi seru dan enjoy

    1. ya benar, karena itulah saya sedang berusah mencari metode yg tepat dalam menyampaikan materinya dengan baik.

      salam
      Omjay

  8. saya setuju pak, pembelajaran yang efektif memang akan membuat suasana belajar menjadi santai dan tidak jenuh. Padahal PLKJ itu termasuk pelajaran yang hafalannya lumayan banyak, mungkin dengan kerja kelompok ini akan mempermudah pemahaman murid-murid =)

  9. saya sangat setuju apa kata bapak, kita perlu pembelajaran yang efektif, agar berguna untuk masa depan kita, kita tidak perlu belajar lama jika efektif

  10. wah, betul nih pak caranya. Sederhana tapi ngena efeknya. selain para murid dapat menyerap pelajaran lebih mudah, mereka juga bisa lebih menjalin tali persahabatan diantara meraka saat melakukan belajar kelompok 😀 . sayang bapak nggak ngajar kelas 8 ya, hehe

  11. metode pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih senang belajar, saya sendiri tidak menyukai pmbelajaran yang terlalu kaku dan menjeplak ke buku apalagi untuk pelajaran yang menghafal

  12. menurut saya, pembelajaran dengan pembagian kelompok itu memang membuat anak-anak lebih efektif dan pelajaran lebih masuk ke otak ketimbang mendengarkan penjelasan guru yang membuat murid-murid menjadi jenuh atau mengantuk.

  13. Hmm.. menurut saya sih efektif juga pak. di bagi jadi kelompok2 gitu. karena dengan pembagian kelompok siswa bisa jadi bisa berinteraksi dengan siswa lainnya. sudah gitu pembelajaran dengan metode pembagian kelompok juga bisa membuat siswa bekerja sama dengan siswa lainnya, Jadi Makin Mudah lagi kan ada teman yang akan membantu salah seorang siswa yang tidak bisa dalam mengerjakan soal pasti akan di bantu oleh teman sekelompoknya.

    Salute (y) 😀

  14. setuju pak.. membuat kelompok dalam pembelajaran akan membimbing mereka dalam bekerjasama, membuat kelompok juga berfungsi agar mereka tidak merasa bosan, karna mereka dapat mendiskusikannya dengan cara mereka inginkan

  15. Hmm.. menurut saya sih efektif juga pak. di bagi jadi kelompok2 gitu. karena dengan pembagian kelompok siswa bisa jadi bisa berinteraksi dengan siswa lainnya. sudah gitu pembelajaran dengan metode pembagian kelompok juga bisa membuat siswa bekerja sama dengan siswa lainnya, Jadi Makin Mudah lagi kan ada teman yang akan membantu salah seorang siswa yang tidak bisa dalam mengerjakan soal pasti akan di bantu oleh teman sekelompoknya. Semoga bruntung ya pak, Pelajaran PLKJ itu Lumayan ‘Malesin’Gara2 Banyak Hafalan.

    Good Luck & Salute untuk semangat bapak (y)

  16. menurut saya pembelajaran dengan pembagian kelompok memang jauh lebih efektif dan pelajaran lebih masuk ke otak ketimbang mendengarkan penjelasan guru yang terkadang membuat murid-murid jenuh atau mengantuk.

  17. benar pak, pelajaran itu harusnya dimengerti. kalau dihafal tapi tidak mengerti apa pelajarannya kan aneh juga. belajar berkelompok itu enak karena bisa berdiskusi. jadi belajarnya lebih enak deh.

  18. saya setuju pak. dengan cara belajar yang efektif membuat kita menjadi tidak jenuh dan lebih mudah memahami isi pelajaran. apalagi pelajaran plkj yang hafalanya cukup banyak. dengan pembagian kelompok, kita bisa berdiskusi bareng teman2 dan jadinya lebih enjoy 😀

  19. Menurut saya cara pengajaran bapak memang bagus untuk membuat pelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Pembagian kelompok memudahkan kita untuk bekerja sama. Namun, jangan terlalu sering juga, bapak juga harus menyeimbangkan antara bekerja kelompok dengan sendiri supaya anak-anaknya gak terbiasa kerja kelompok ntar pas tes 😀

  20. Bener pak, pembelajarang yang aktif dan menyenangkan itu dengan dibentuk kelompok diskusi belajar, karena belajar akan lebih asyik jika bersma teman dan menjadi ramai. Tetapi, guru tetap menjadi fasilitator untuk membingbing murid-muridnya ketika sedang berdiskusi.

  21. menurut saya memang menghafalkan isi buku hanya bikin gegar otak saja, lebih baik kita menghapalkan isi materi, apalagi kalau belajar sesuai gaya efektif kita. misal visual, baca buku dan ingat intinya, auditoring, dengarkan guru dengan serius. kibnestetik, tulis saja materi/ rangkum materi dijamin langsung nyantol deh di otak

  22. yap…cara pembagian kelompok mungkin bisa lebih bermanfaat bagi guru yang dapat mengecek kemampuan siswa dengan lebih baik dan bagi murid sendiri yang mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan diri bahwa mereka bisa, dengan santai tetapi serius…sukses terus omjay!!!!

  23. Bener banget pak, kalo cuman belajar gitu-gitu aja murid juga jadi males belajar. metodenya menurut saya sangat efektif apalagi kalau sambil berdiskusi jadi ga biasa-biasa aja. metodenya juga sangat menarik dan menyenangkan patut dicungin jempol. belajar kaya gini bakal bikin menyangkan, jadi bikin murid rileks dan ga tegang-tegang banget. jadi pelajaran lebih dimengerti. jadi saat menghafal juga, ga terlalu serius banget. thumbs up! 😀

  24. Benar pak. Pembelajaran yang kaku, terlalu serius, dan terlalu menjeplak buku adalah salah satu metode salah dalam pembelajaran. Metode pelajaran yang bagus adalah yang menyenangkan, serius tapi santai, gak terlalu jeplak sama buku. Katanya yang penting materinya dapet, ya tapi kalo pembelajarannya gak menyenangkan atau membosankan malah gak bisa paham paham. Yang penting metode nya yang bikin semangat belajar

  25. Betul pak, dengan belajar efektif membuat kita tidak malas untuk belajar.dan kita jangan menghafal pelajaran tetapi kita harus memahaminya.

  26. Kalau belajar kelompok itu emang lebih enak pak, lebih efektif juga. Jadi, kita bisa diskusi dengan yang lainnya dan menuntut kerjasama juga. Pelajaran juga jadi lebih gampang, karena ada teman-teman yang membantu.. Mood saat itu menentukan kita bisa fokus atau engga, kalau ada teman-teman kan belajarnya bisa lebih asik & bisa meningkatkan prestasi juga.

  27. saya setuju pak, pembelajaran yang efektif memang akan membuat suasana belajar menjadi santai dan tidak jenuh. Padahal PLKJ itu termasuk pelajaran yang hafalannya lumayan banyak, tetapi dengan menerapkan kerja kelompok pembelajaran yang berat akan terasa jadi lebih mudah.

  28. Saya sangat setuju dengan bapak. memang dengan belajar yang lebih enjoy, peserta didik juga dapat dengan sekaligus bersosialisasi antar teman dan menyerap pelajaran lebih asik, dengan begitu, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan tidak boring

  29. Mmm… menurut saya belajar dengan cara berkelompok seperti itu memang bagus pak, mengerjakan tugas dengan berkelompok tentu lebih cepat dan lebih mudah. Tapi negatif nya kalau siswa yang suka mengobrol dikelompokkan ke kelompok yang sama, bisa saja mereka akan menimbulkan suasana berisik. Oya kalau PLKJ karena kebanyakan hafalan, banyakkin kasih rangkuman pak 😛 biar gampang dan siswa – siswa nya mudah belajar PLKJ dan kemudian jadi menyukai pelajaran tersebut….

    -Zard-

  30. iya pak bener banget belajar itu gak musti teang serius apalah-_-harus santai,enjoy aja.dan juga kita kalau belajar perkelompok itu lebih enak dan bisa mendengarkan pendapat orang lain;D

  31. Saya sangat setuju, pak! Belajar yang menarik akan membuat siswa lebih semangat untuk belajar.. Apalagi pelajarn PLKJ yang banyak menghafal, dengan begitu dapat membantu dalam pembelajarn siswa.. Dengan pembelajarn berkelompok kita juga bisa saling memberi informasi-informasi..

  32. bagus pak, saya emang lebih suka kalau belajar kelompok. karena kalau ramai-ramai jadi lebih seru dan bisa lebih cepat selesai tugasnya. itu kalau positifnya pak, kalau negatifnyakan siswanya jadi ngobrol terus..

  33. waah bener tuh pak kita gaperlu menghafalkan isi buku. memahami materi pelajaran saja sudah cukup. trs kalau kerja kelompok bareng teman teman juga efektif pak! saya setuju.

  34. Benar Pak,menurut saya sih efektif juga pak. dibagi menjadi beberapa kelompok. karena dengan pembagian kelompok siswa bisa jadi bisa berinteraksi dengan siswa lainnya. sudah gitu pembelajaran dengan metode pembagian kelompok juga bisa membuat siswa bekerja sama dengan siswa lainnya.Jadi jika ada terjadi suatu kesalahn diantara anggota kelompok,maka anggota kelompok yang lainnya akan membantunya.Dan hasil yang didapat juga maksimal……….Sukses terus OmJay

  35. benar Pak,menurut saya belajar dengan kemopok memang lebih mudah.Selain itu,murid dapat berinteraksi satu sama lain dan membantu satu sama lain.Dan mungkin hasil yang didapat lebih baik dibandingkan dengan belajar sendiri

  36. Saya juga sangat setuju dengan bapak. Saya suka sekali belajar secara berkelompok. Menurut saya belajar bersama-sama bisa membuat kita lebih mudah mengerti mata pelajaran yang sedang dipelajari dan juga lebih semangat dan seru juga asik. Kita juga bisa dengan enjoy dan santai mengerjakan tugas kelompok. Jangan terlalu serius. Nanti bisa setres loh lama-lama. Dan juga kita bisa saling membagi informasi.

  37. Benar pak, dengan metode belajar yang menyenangkan siswa akan lebih cepat mengerti dan memahami pelajaran yang diberikan. Dengan pembagian kelompok siswa dapat saling berdiskusi tentang pelajaran yang membuat belajar jadi lebih seru dan efektif.

  38. Bagi saya, cara bapak mengajar PLKJ untuk kelas 7 memang cara yang paling tepat karena, mereka bisa melakukan diskusi kelompok sekaligus dapat menjalin hubungan pertemanan. selain itu, siswa pun dapat menyerap materi dengan baik tanpa timbul rasa bosan. Tapi jangan melakukan diskusi saat ujian ya… 😀

  39. saya setuju pak, memang menurut saya pembelajaran berkelompok lebih dapat meningkatkan konsentrasi lebih dari belajar individual…

  40. saya setuju pak, memang menurut saya pembelajaran berkelompok lebih dapat meningkatkan konsentrasi lebih dari belajar individual…..

  41. kalo yang pembelajaran secara kelompok itu sih bagus pak, cuman jangan terlalu sering aja. Soalnya pak,saya kan juga murid,jadi ya saya tau gmn rasanya belajar kalo pake kelompok gitu,kebanyakan ngobrolnya daripada diskusnya nanti. jadi ya omjay selang seling aja kalo mau ngasih materi belajarnya pake kelompok,biar gak bosen. hehe

  42. Benar sekali pak! Menurut saya, dengan kegiatan belajar menggunakan metode “pembagian kelompok” itu sangat efektif karena selain kita dapat berdiskusi dan berbagi pendapat bersama teman-teman sekelompok kita, suasana belajar pun menjadi tidak membosankan dan menjadi menyenangkan 🙂

  43. Saya setuju pak, karena belajar secara berkelompok dapat berdiskusi dengan anggota kelompoknya, saling mendengarkan pendapat orang lain, mengerjakan tugas lebih cepat, serta mempererat pertemanan

  44. Saya setuju pak. Selain untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan, belajar kelompok juga bisa meningkatkan kerjasama antar murid.

  45. Saya setuju pak, belajar berkelompok memang lebih asyik daripada belajar individu. Dengan belajar berkelompok itu kita bisa saling membantu dan berbagi informasi satu sama lain…

  46. saya setuju, karna dengan pembelajaran aktif dan menyenangkan dapat lebih dimengerti, dan ada kerjasama antar teman.bisa menghargai pendapat orang lain. dengan belajar seperti ini sangat menyenangkan.

  47. memang menyenagkan pak jika kita dibikinkan grup terlebih dahulu, jika secara individual….. agak repot

  48. betul pak,saya setuju. salah satu cara agar murid dapat menerima semua pokok pembahasan yang diterangi guru tanpa perasaan bosan atau ngantuk dsbg nya adalah dengan cara yang menyenangkan. seperti yang bapak bilang,salah satunya adalah pembagian kelompok. memang pembagian kelompok bisa juga meningkatkan kerjasama pada siswa dan mengurangi kejenuha,tape kelompoknya jangan dipilihin pak hehe

  49. Saya setuju pak dengan cara belajar berkelompok sangat efektif sehingga pengerjaan tugas lebih cepat selesainya

  50. Pertama, selamat bapak telah dipercayai menjadi guru PLKJ kelas 7 dan sepertinya dengan pengelompokkan itu murid-murid bisa tambah mengerti dan membuat mereka senang bisa sekalian ngobrol. Semoga cara bapak ini bisa berguna bagi murid-murid kelas 7 dan guru-guru yang lain

  51. betul pak menurut saya, bekerja kelompok pasti akan lebih menyenangkan , dan cepat selesai, semoga rnacana bapak akan bear benar efektif

  52. saya setuju dengan cara metode pembelajaran bapak. belajar berkelompok memang lebih efektif karena kita bisa berbagi ilmu dengan yang lainnya, jadi tidak sendiri2.

  53. Ya, memang dengan metode belajar berkelompok akam lebih menyenangkan dan efektif. Murid bisa berdiskusi dan sambil bercanda, sehingga pelajaran pun mudah menyerap jika belajar dengan benar. Tetapi walaupun begitu tetap ada beberapa kelemahan dalam metode tersebut. Selain itu, murid juga tidak bisa selalu memakai metode tersebut, karena mungkin akan menyebabkan jenuh atau bosan. 😀

    salam
    muridnya Omjay

  54. Belajar dan diskusi berkelompok tentu lebih baik dan efektif ketimbang belajar sendiri, karena dlm belajar kelompok, kita dapat saling memberikan pendapat dan membenarkan kalau ada teman kita yang salah serta tidak akan membuat murid-murid merasa bosan.

  55. saya setuju pak kita harus belajar berkelompok tapi hanya dalam pembelajaran saja jangan ke ujian selain itu belajar berkelompok juga menciptakan keakraban di usia sekarang. jadi cara belajar yang om jay ciptakan menurut saya sangatlah bagus

  56. ini bener banget ! buktinya di kelasku jadi seneng banget belajar PLKJ ! kita semua juga jadi makin akrab !btw thanks fotonya ! rame di grup hehe…

  57. bener banget pak, dengan cara belajar dibagi menjadi kelompok memang lebih asik dan efektif. dengan begitu kita bisa mendengarkan pendapat orang lain dan tahu bagaimana rasanya bekerja sama

  58. Oks bangeet, krn hati senang otak terbuka, hati sedih otak tertutup. TP ini sy juga dapat tugas mengajar PKn kelas 4 SD, ttg sistem pemerintahan, sy coba berbagai model pembelajaran, s.d model pembelajaran mnj penjual yang handal… Ok sukses ya pak jay

  59. mantab pak, dengan cara diatas itu dapat membuat suasana belajar akan menjadi lebih efektif dan tidak mebosankan. menurut pengalaman saya sih, yang ditunggu murid itu kerja kelompok nya pak, jadi cara diatas saya sebut efektif karena murid-murid suka dengan belajar kelompok.

  60. Betul pak, saya sendiri secara pribadi kurang suka dengan PLKJ. Mungkin dengan mengikuti ide bapak dalam belajar berkelompok, belajar PLKJ menjadi lebih menyenangkan. Dominasi guru pun berkurang, jadi ga boring pak-_-

  61. saya setuju dengan bapak, murid memang lebih enjoy jika bekerja kelompok bersama karena ada teman yang bisa dimintai tolong. tapi sebaiknya jika menyuruh murid bekerja kelompok pekerjaannya dibagi-bagi oleh bapak, supaya semuanya bekerja. kadang di kelompok belajar cuma satu orang yang bekerja. sukses pak!

  62. betul pak, engan cara diatas itu dapat membuat suasana belajar akan menjadi lebih efektif dan tidak mebosankan.

  63. Betul dengan cara belajar yg berkelompok dan berdiskusi dapat membuat suasana menjadi akrab, efektif dan, tidak membosankan bersama teman.

  64. Saya sangat setuju dan sangat mendukung tentang belajar kelompok ini.Karena selain dapat mempererat tali persahabatan dan persaudaraan,kita juga dapat mengeluarkan opini / pendapat kita tentang sesuatu.

  65. betul, saya setuju dengan ide bapak yang menerapkan metode pembelajaran secara berkelompok. selain menyenangkan, kita juga bisa saling mengenal saat pembelajaran dilakukan.

  66. menurut saya, belajar dengan cara pembagian kelompok memang lebih efektif dan membuat para siswa lebih aktif dan senang dalam pembelajaran,dan pembelajaran dengan cara berkelompok memang lebih bagus.saya setuju pak!

  67. Metode pembelajaran seperti ini sangat bagus. Jika terus diterapkan maka para siswa juga akan semakin aktif dalam belajar. Dan tentunya dengan bekerja kelompok akan lebih menyenangkan karena para siswa menjadi lebih mengenal satu sama lain. Saya setuju, pak!

  68. Betul sekali pak, dengan cara seperti ini saya bisa lebih mengerti pelajaran tersebut. Selain itu, saya juga bisa lebih dekat dengan teman sekelompok saya.

  69. hebat om , untuk membatu pengetahuan anak labschool bertambah congrast dan maju terus ya om

    salam
    Daniel Pascal “aksel 1”

  70. iya pak,saya setuju dengan bapak selain dapat meningkatkan prestasi sistim belajar seperti ini dapat juga meningkatkan rasa kekeluargaan diantara murud murid

  71. saya setuju dengan cara bapak. dengan belajar berkelompok pelajaran semakin mudah dimengerti dan juga menambah rasa pertemanan antar murid dalam kelompok tersebut.

  72. setuju pak. belajar berkelompok agar murid lebih mengenal satu sama lain. lalu dia tidak merasa pembelajaran dari gurunya itu membosankan

  73. betul pak,dengan pembagian kelompok akan membuat pelajaran akan masuk lebih gampang dan bisa mendengarkan pendapat dari teman-teman yang lain.

  74. Kalau dipikr-pikir, sebenarnya pembelajaran kelompok itu brguna juga, karena selain membuat siswa lebih cepat mengenal materi (karena bahasanya bahasa anak-anak juga) serta membuat siswa mengenal satu sama lain

  75. Betul sekali pak,dengan belajar kelompok,jika salah satu anggota kelompok tidak mengetahui sesuatu hal,dan yg lainnya mengetahui,maka salah satu anggota tersebut akan bertambah ilmunya

  76. Betul pak, metode bapak membuat suasana pelajaran jadi seru, serta membuat pelajaran PLKJ jadi leih mudah dimengerti. Tetap sukses selalu ya pak.

  77. Betul pak,karena jika belajar individu kadang kita ngerasa bosan, tapi jika belajar secara berkelompok akan lebih seru dan dijamin murid murid tidak akan jenuh.

  78. Belajar kelompok memang sangat menyenangkan pak. Selain melatih kerja sama bisa sekalian mengobrol. Tugas yang susah juga terasa lebih mudah karena dikerjakan bersama-sama.

  79. Saya setuju dengan pembagian kelompok. Selain mengerjakan tugas menjadi lebih efektif, kita juga bisa mempererat tali persahabatan kepada temen sekelempok dengan lebih baik.

  80. saya sangat setuju pak memang dengan belajar berkelompok membuat kita lebih cepat memahami pelajaraannya dan juga mendapatkan suasana yang tidak akan membuat bosan dan tidak canggung sekaligus mempererat persahabatan

  81. bagus sekali……..
    tetapi kadang pembelajaran kelompok itu membuat beberapa siswa menjadi mempunyai sifat ketergantungan pada kelompok tersebut….apalagi kalo materi yang di bahasa perkelompok itu beda-beda….nah,yang dikhwatirkan…..siswa tersebut hanya terfokus pada materi yang dibahas oleh kelompoknya sendiri,sedangkan materi kelompok lain biasanya dikesampingkan….nah bagaimana cara mengatasi ini pak? trimakasih ya

    1. di sinilah guru sbg fasilitator berperan, dan memberikan arahan yg tepat agar kerja kelompok berjalan sesuai aturan

      salam
      Omjay

  82. Assalamu’alaikum Om Jay..
    salam kenal, semoga Om Jay tetap Jaya….amiiin
    senang rasanya dapat bergabung dengan Om, belajar menyenangkan itulah kunci pokok dari pembelajaran… belajar kelompok sarananya…trik-trik apa yang harus dilakukan agar dapat berjalan baik kegiatan belajar kelompok tersebut? mohon jawabannya ya Om. thanks

    1. kunci utamanya adalah interaksi anatara pendidik dengan peserta didik. APapaun metodenya bila tak ada interakasi, pembelajaran terasa hampa. Itulah hal penting yg harus dilakukan oleh seorang guru

      salam
      Omjay

  83. Sngt efektip blajar berkelompok dan berargumen… Saling mengomentari pendapat masing2 dan mempertahankan konsepnya.
    Om…
    Metode pembelajaran individu yg kongrit dan efektif yg tidak menjenuhkan?

  84. susahnya kalau kelompok kita harus siapkan bhn setiap hari
    ada gak ya bahnnya
    terus semua konsep belajar menyenangkan hanya untuk guru IPA
    untuk guru IPS gak ada
    masterwinkom

Leave a Reply to M. Syakur Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.