Posted on: December 29, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Liputan TOT ICT di ITCC Indosat Jatiluhur Purwakarta

386048_209259859159725_100002271385987_442986_352743610_n

Bahagia. Itulah yang saya dapat uangkapkan kepada para pembaca. Meskipun sebenarnya saya bersedih hati karena tak bisa bersama anak dan istri di saat liburan sekolah. Apalagi anak pertama saya (Intan), pada 26 Desember 2011 kemarin merayakan hari ulang tahunnya yang ke-13. Kebahagiaan saya itu karena saya bertemu dengan orang-orang hebat di Indosat Training and Conference Center Jatiluhur Purwakarta (ITCC). Saya bertemu dengan mereka di pelatihan Training of Trainer (TOT) ICT dengan tajuk “Pemanfaatan ICT untuk Pembelajaran”. Sebuah kegiatan yang digagas oleh teman-teman komunitas blogger bekasi (beblog), dan ikatan guru indonesia (IGI) dimana saya menjadi penasehatnya.

Pak Nur Alim Bertanya di sesi Pak Dedi
Pak Nur Alim Bertanya di sesi Pak Dedi

Setelah bersama-sama menggunakan bus dari islamic center bekasi, rombongan peserta diterima oleh pak Agus dari pengelola ITCC. Kami dikumpulkan dalam sebuah ruangan besar yang bernama Balairung Indosat. Kamipun dibagi dalam beberapa kelompok untuk penempatan kamar dan dijamu makan siang di Kafetaria yang luas. Jumlah kami yang 150 orang (peserta dan panitia) leluasa makan siang di dalamnya dengan menu hidangan yang sangat lezat sekali. Saya sampai nambah dua kali saking lezatnya, hehehe.

1324958513929204144Pak Sony Teguh Trilaksono Sedang Memberikan Materi

Usai makan siang dan sholat berjamaah di masjid Iqra, materi pertama pun di mulai pukul 13.00 wib. Pak Agus sampurno, Juara Guraru award Acer 2011 berkenan berbagi ilmunya dengan tajuk pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Banyak ilmu yang kami dapatkan dari beliau, dan akan saya sharingkan slide presentasi beliau.

Dalam pemaparan materinya, Agus Sampurno  Guru Sekolah Dasar Global Bintaro menjelaskan bahwa sekolah-sekolah di Indonesia sekarang ini mau atau tidak, suka atau tidak, harus sudah berbasiskan ICT (Information Communication Technology.) Para guru diharapkan dapat memanfaatkannya dalam proses belajar dan pembelajaran dikelas masing masing.

1324959284299720961Pak Agus Sampurno Sedang Memberikan Materinya

Beliau memberikan 3 alasan mengapa hal ini sangat perlu sekali dilakukan. Pertama, bagi para siswa mereka  akan merasa nyaman, betah dan tidak mengalami rasa jenuh untuk belajar dikarenakan kegiatan belajar yang mereka alami terus menerus setiap hari. Kedua, untuk para staf pengajar  tertantang untuk dapat menuangkan  pemikiran yang lebih kreatif dalam menciptakan lebih banyak temuan terbaru untuk bahan bahan pengajaran yang mudah mudahan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi peningkatan ilmu dan terutama kesejahteraan mereka juga pada akhirnya. Dan ketiga yang tidak kalah penting adalah bagi lembaga. Adanya peningkatan nilai semua mata pelajaran dalam raport siswa serta prestasi para peserta didik dalam mengikuti ajang perlombaan mata pelajaran yang diadakan didalam dan diluar sekolah.

Pembicara kedua adalah Sony Teguh Trilaksono, President Director dari Kopindosat yang menjelaskan kepada kami tentang tipe tipe seorang guru melalui questioner yang diberikan kepada para peserta dan banyak memberikan kepada kami semua motivasi untuk tetap tegar dan bisa merubah diri kita. Pak Dr. Sony Teguh Trilaksano, beliau adalah seorang trainer yang hebat. Beliau bercerita bagaimana masyarakat berpengetahuan memanfaatan ICT dalam kehidupan sehari-hari. Kami terkesan dengan presentasi yang disampaikan oleh beliau. Saya pun akan memberikan slide presentasinya kepada pembaca. Mau gak???

380514_208723122546732_100002271385987_441611_2019252961_n

Setelah Pak Sony bicara, kami rehat sejenak untuk sholat ashar dan coffee break. Pak Elga dari indosat dan temannya sangat menginspirasi kami dalam menggunakan blog yang memiliki keajaiban. Luar biasa! Kami pun menjadi terhipnotis karenanya. Anda bisa melihat komentar para guru di facebook IGI Bekasi dan membaca twitterannya di @bloggerbekasi. Wow salut buat tim dari indosat yang telah berbagi ilmu kepada kami. saya pun akan mensharingkan slidenya bila sudah mendapatkannya kepada anda para pembaca.

Pak Dedi Dwitagama lebih memotivasi kami dalam menggunakan blog, dan beliau memulai presentasinya dari guru-guru yang menggunakan blog. Creative Blogging menjadi tema utamanya. Pokoknya seru banget ketika pak Dedi memberikan materinya. Gak kerasa waktu sudah sampai 18.15 wib. Waktu dimana kami harus sholat magrib dan mandi sore. Materi pak Dedi Sudah saya dapatkan dan akan saya sharingkan kepada anda juga di sini. Mau kan???

1324960780455457354Tanya Jawab Peserta dengan Pak Dedi Dwitagama

Materi kemudian dilanjutkan kembali oleh pak Dedi Dwitagama yang sudah sering mentrainer para guru. Pak Dedi yang menyampaikan materi “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif” menyampaikan langkah-langkah untuk mengelola blog. Diawali dengan nulis saja, apa saja, dan terus menerus maka lama-lama akan terbiasa, ucap pria yang menyukai photografi ini. Selesai materi pak Dedi menyampaikan motivasi dan beberapa peserta merespon feed back dari motivasinya dan dilanjut dengan ISHOMA.

Nah, di sesi akhir saya pun bertemu dengan pak Hasan dari Pustekkkom kemdikbud yang mengelola rumah belajar. Websitenya dapat dilihat di http://belajar.kemdiknas.go.id. Beliau bercerita banyak bagaimana memanfaatakan ICT dalam dunia pendidikan dan kamipun tercerahkan dan ingin sekali bergabung dalam komunitas rumah belajar yang ternyata anggotanya sudah ribuan orang. Bila sudah dapat slide presentasinya, saya akan bagiakan dengan cuma-cuma kepada anda yang membaca tulisan saya.

Akhirnya, saya kebagian memberi materi di sesi akhir untuk menyampaikan praktik menulis di blog. Saya meminta mereka untuk menuliskan kembali apa yang sudah didapatkan hari ini. Wow, sangat kagum sekali melihat tulisan mereka. Lengkap dan lebih bagus dari tulisan saya yang belum menjadi orang hebat. Nanti saya kasih tahu ya blog mereka. namun sebelumnya, inilah email sayawijayalabs@gmail.com. Jangan sungkan untuk mengirimkan email anda kepada saya. Insya Allah saya akan memberikan materi yang saya dapatkan secara cuma-cuma. Semoga bermanfaat ya!

Omjay dan Teman-teman guru di IGI Bekasi
Omjay dan Teman-teman guru di IGI Bekasi

salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

  1. ICT Bagi Proses Pembelajaran

    Pendahuluan

    ICT bagi pembelajaran pada jaman sekarang bukan hal yang aneh dan mahal serta susah didapat baik diperkotaan dan pedesan. guru dituntut lebih mahir menggunakan ICT dijaman sekarang karena bukan tuntutan melainkan kebutuhan yang mendasar.

    Isi

    ICT dan Problematikanya

    Sekolah vs Rumah

    Kehidupan di sekolah

    Didominasi oleh orang dewasa
    Disiplin
    Akurat‐Fokus
    Segala serba terjadwal
    Diam adalah emas

    Diluar sekolah

    Diri sendiri yang menentukan
    Norma yang longgar
    Berlandaskan pada kreaLvitas
    Konstan
    Sibuk dan berisik

    ICT dan Kegunaannya

    Memfasilitasi pembelajaran abad 21

    Guru yang tidak menggunakan teknologi hanya sebatas menjadi pengganti papan tulis, artinya teknologi dipakai hanya untuk menyampaikan informasi.

    Teknologi tidak akan pernah bisa gantikan sosok seorang guru. Guru yang bisa menggunakan teknologi untuk membuat siswa nya berkolaborasi dan bekerja sama akan dicintai dan diingat siswa sampai dewasa.

    Mudah ‘terhubung ’ dengan orang lain, suka berteman

    Menyukai hal yang sifatnya interaktif

    Penutup

    Pembalajaran dengan menggunakan ICT sangatlah penting untuk jaman sekarang karena tanpa ICT pembelajaran membosankan dan jenuh. Demikian dalam pelatihan ini IGI bekerja sama dengan Indosat ingin menciptakan guru yang propesional dan tidak gaftek (gagap teknologi).

    Nata S.Pd

  2. Mojok Bentar di TOT-ICT
    (Aries Marviyani)

    Siapa yang tidak senang, ketika kita punya kesempatan training dengan harga miring?? Tapi ini ada lho, beneran. Penasaran-kah? Yup, IGI Bekasi kerjasama dengan Indosat untuk mengadakan TOT (Training Of Trainer) ICT. Acara ini berlangsung tanggal 26-27 Desember 2011 di Jatiluhur,Purwakarta.Tempatnya tidak lain menggunakan Indosat Training And Conference Center(ITCC).Saya termasuk salah satu yang beruntung punya kesempatan untuk mengikuti “event” itu.Asyik kan ? He..he..Sampai malam ini (26 Desember) sudah terpapar 3 materi yang masuk lewat pendengaran dan penglihatan saya.
    Materi I tentang “Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran”. Pak Agus Sampurna menyampaikan bahwa dalam pendidikan modern, yang menentukan adalah siswanya( siswa belajar aktif), bukan gurunya ( beda dengan sistem pendidikan konvensional masa kita dulu). Nah, apa hubungannya dengan ICT? Kita ambil satu contoh yakni internet. Melalui internet, siswa bisa mengeksplore seluas-luasnya informasi (pengetahuan) yang ingin mereka ketahui. Namun, jangan lupa, ada porsi dimana kita sebagai pendidik memilih dan mengontrol informasi yang diterima tersebut.Mereka dengan leluasa “bertanya” pada google, wikipedia ataupun situs lainnya.Lalu,bagaimana peran guru sendiri terhadap pembelajaran di kelas? Peran kita adalah memfasilitasi siswa yang bahkan internet-pun tak mampu menjawabnya. Lain lagi yang saya dapat dari Pak Sony Teguh.Internet telah merambah ke segala institusi dan bidang. Memang benar, bahwa teknologi di dunia ini semakin berkembang. Kita kemudian mulai mengenal dan terbiasa dengan yang namanya Globalisasi.Lalu apa yang kemudian terjadi? Maka Berlakulah kompetisi di sana.Termasuk kita para guru, berlomba memajukan kualitas pendidikan di negara kita, yakni Indonesia.
    Berlanjut ke materi II tentang “Creative Blogging With Indosat and Pustekkom”. Ini dia! Materi ini bikin fikiran makin terbuka lebar, membuat saya berdecak kagum. Bagaimana tidak, di sesi ini Pak Elga ( dari Indosat) mengawali dengan video Pram. Siapakah Dia? Pram ini merupakan sosok yang berhasil mengaplikasi internet hingga bisa masuk dalam kegiatan sehari-hari.Setiap saat, kapanpun dan di manapun.Dalam aplikasi internet, Pram memanfaatkan sensor warna melalui jarinya.Hanya dengan gerakan jari, dia bisa memakai kertas ibarat layar laptop yang terhubung dengan internet.Media apapun bisa dia gunakan. Aktivitas dari mulai bangun tidur sampai kemudian beranjak tidur lagi pram bisa dengan mudah mengakses internet.Ibarat kata, internet sudah menyatu dengan diri kita.Hal ini menandakan bahwa perkembangan ICT demikian cepatnya.Pada sesi ini, Pak Elga menambahkan bahwa blog tidak melulu harus tulisan, tapi bisa juga foto ataupun rekaman peristiwa.Tergantung seberapa kreatif pemilik blog menggunakannya.Ada banyak penggolongan blog.Kita bisa memilih jenis blog seperti apa yang cenderung kita kuasai. Pihak Indosat juga menyampaikan bahwa dalam rangka memajukan kualitas bangsa, maka indosat akan menyediakan wadah untuk para blogger di seluruh wilayah indonesia.Termasuk para guru.Nama wadah itu adalah “Blogger Merah Putih” yang akan dilaunching Januari 2012.Lalu apa keuntungannya jika bergabung dengan blogger merah putih? Selain pengetahuan, diharapkan juga ada benefit dari kita bergabung di situ.Begitu juga dengan Pustekkom. Pak Hasan chabibie menambahkan bahwa Pustekkom membuka tangan selebar-lebarnya dalam memfasilitasi guru-guru di Indonesia dalam hal ICT. So,nggak mungkin kan kita akan sia-siakan kesempatan ini…
    Materi selanjutnya adalah tentang Menulis dan Mengelola blog secara kreatif. Tidak jauh berbeda apa yang disampaikan oleh Pak Dedi dan Om Jay. Kendala yang dihadapi oleh kita di blog biasanya masalah konsistensi tulisan. Kita masih terjebak dengan mood menulis. Padahal, menulis sebenarnya tidak tergantung dengan mood. Tulislah apa saja.Konsistensi tulisan sangat penting. Semakin kita menulis, maka kemampuan kita mengolah kata semakin terasah. Namun perlu kita fahami, bahwa menulis kita berbanding lurus dengan bacaan kita. Dengan kata lain, semakin kita banyak membaca,maka akan semakin luas pula wawasan yang kita punya. Sehingga, semakin mudah kita tuangkan dalam bentuk tulisan.Ok! Pagi sampai siang nanti masih ada 2 materi yang akan saya ikuti. Berarti, pengetahuan saya bisa bertambah lagi…Moga lancar sampai akhir…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.