Posted on: July 25, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Menjunjung Tinggi Nasionalisme

13115935641022199457

Semangat Nasionalisme Harus ada di sekolah-sekolah kita

Nilai-nilai patriotisme dan semangat nasionalisme adalah nilai karakter, yang perlu terus dihidupkan di sekolah. Bagaimana tidak, sejak merebaknya kasus-kasus korupsi di negeri ini, kasus-kasus TKI kita yang teraniaya di luar negeri serta masalah terorisme, hal itu telah menurunkan rasa nasionalime. Terkadang kita merasa kurang percaya diri sebagai anak bangsa, kalau melihat permasalahan-permasalahan seperti di atas. Tentu keadaan seperti itu tidak boleh terus dibiarkan  membebani masyarakat dan bangsa kita.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan, sangat potensial untuk menumbuhkan nilai-nilai patriotisme dan nasionalime. Oleh karena itu, sekolah kami menyusun pola pembelajaran dan kegiatan siswanya selalu menyisipkan muatan yang memungkinkan tumbuhkembangnya nilai-nilai tersebut. Kegiatan yang mengembangkan nilai patriotisme dan semangat nasional tersebut di kemas dalam sebuah kegiatan yang di sebut SAKSI ( Studi dan Apresiasi  Kepemimpinan Siswa Indonesia).

Kegiatan SAKSI ini diadakan di Denharrahlat KOSTRAD Sangga Buana, Karawang Jawa Barat. Siswa SMP Labschool Jakarta selama lima hari di gembleng fisik dan mentalnya oleh personil dari TNI KOSTRAD. Selain itu, siswa juga diberikan materi yang menumbuhkan cinta tanah air dan bangsa.

1311593817147224713

Mendapatkan Materi Nasionalisme dari Kostrad TNI-AD

Dalam kegiatan ini, siswa dilatih dan digembleng dengan nilai kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian. Sehingga siswa diharapkan tumbuh  sifat-sifat dasar yang unggul pada dirinya. Program kegiatan ini, oleh Harian Media Indonesia edisi 21 Februari 2010, dilansir dengan judul: Berlatih jadi pemimpin di Bawah Komando Kostrad.

Untuk tumbuhkembangnya nilai patriotisme dan semangat nasionalisme ini, sekolah juga ikut melestarikan kebudayaan daerah, sebagi sumber kekayaan budaya bangsa. Pada kegiatan Pentas Seni misalnya: sekolah sengaja mengusung tema: Save our Culture. Tema ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap ikut memiliki dan melestarikan budaya daerah, yang merupakan aset dari kekayaan budaya bangsa kita.

13115940261612187325

Anak-anak SMP Labschool Jakarta dilatih Nasionalisme oleh Kostrad TNI-AD


Kegiatan yang lain, yang menumbuhkan semangat nasionalisme adalah upacara bendera. Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung siswa diajak mengenang kembali perjuangan yang dilakukan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Pada kegiatan upacara bendera, Pembina upacara akan memimpin peserta upacara mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan Bangsa. Dengan demikian, estapet nilai patriotism dan semangat nasionalismre terhadap generasi muda akan terus tertanam.

1311594224964896887

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.