Kiat Belajar Efektif dan Efisien

13064173031250350626

Malam ini, Rabu, 25 Mei 2011 saya diminta pak Dedi Dwitagama untuk mendampingi beliau memberikan materi Cara belajar efektif dan efisien. Beliau sendiri memberikan materi Motivasi Berprestasi.  Kedua materi itu kami bawakan secara bergantian dengan melibatkan siswa secara penuh. Sehingga pembelajaran yang terjadi berpusat kepada siswa dan bukan kepada guru.

13064178991822226005

Tema dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan sikap kompetitif siswa untuk meningkatkan prestasi dalam bidang sains dan teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Nirwana milik TNI-AL di Cisarua Bogor. Kegiatan yang merupakan program kerja dari suku dinas pendidikan menengah, kota administrasi Jakarta Timur ini sungguh luar biasa. Para siswa dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Ada sekitar 100 orang siswa utusan dari berbagai SMA negeri dan swasta di Jakarta Timur yang mengikuti acara ini. Mereka terlihat sangat antusias sekali mendapatkan pencerahan dari kami. Para siswa SMA ini mendapatkan pembekalan untuk menjadi juara OSN di tingkat DKI Jakarta dan Nasional.

1306417940577475440

Ketika saya memulai presentasi, tak ada slide proyektor tersedia. Saya langsung merubah strategi penyampaian materi agar sampai ke otak siswa. Saya memulai presentasi dengan sebuah pertanyaan bagaimana caranya menjadi kaya di usia muda? Dari sekitar 100-an siswa itu ada seorang siswa yang hampir menjawab benar, dan saya memberikan apresiasi untuk itu.

Cara menjadi kaya di usia muda adalah:

  1. Terlahir dari keluarga kaya
  2. Kawin dengan anak orang kaya
  3. Jadilah orang yang kreatif

Menjadi orang yang kreatif membutuhkan sebuah proses. Proses itu dimulai dari cara belajar yang efektif dan efisien. Seorang siswa harus mampu menemukan sendiri bagi dirinya untuk menemukan cara belajar yang efektif dan efisien.

1306418164357244720

Tips Belajar Efektif & Efisien

  1. Fokus kepada Tujuan
  2. Ulangi Materi dari Guru
  3. Konsentrasi Penuh
  4. Mengetik Ulang ke Blog
  5. Buat Kesimpulan/Ringkasan
  6. Buku Catatan Matpel
  7. Ajari Temanmu
  8. Atur Waktu Belajar

Pak dedi dalam presentasinya mengatakan juara itu butuh proses, dan dia tidak menang sendiri. Ada orang lain yang berperan penting dalam mensukseskannya menjadi seorang juara.

Motivasi berprestasi harus ada dalam diri seorang siswa. Motivasi akan berperan besar untuk berusaha mencapai sesuatu yang lebih baik. Setiap detik kita harus siap berprestasi.

Kepuasan seorang juara bila dia mampu melahirkan juara baru.

1306418334744580463

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

4 thoughts on “Kiat Belajar Efektif dan Efisien

  1. Bermanfaat om Jay.
    saya masih cari informasi agar saya bisa belajar dengan efisien dan efektif.
    Om jay, saya mau tanya. Bagaimana cara membagi waktu belajar mapel sekolah dan OSN??
    terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.