Posted on: July 30, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Ikutilah Penghargaan E-Learning 2010

Tadi sore, saya ditelepon oleh salah seorang panitia Festival e-pendidikan 2010 Pustekkom. Saya diberitahu bahwa blog yang saya kelola mendapatkan nominasi untuk mendapatkan penghargaan e-Learning award 2010 dari Pustekkom Kemendiknas. Lalu diberikanlah kepada saya adanya informasi tentang kegiatan itu di  url http://jardiknas.kemdiknas.go.id/e-pendidikan/ yang berisi seputar informasi kegiatan.

Rasanya sangat egois bila informasi penting ini tidak saya bagikan kepada teman-teman kompasiana. Barangkali ada yang berminat dan mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini.

Berikut ini adalah salinan email yang saya dapatkan dari mas Arif, salah satu panitia kegiatan itu.

Penghargaan e-Learning 2010

Kategori

e-Learning Perguruan Tinggi

e-Learning Sekolah

e-Learning Blog Guru

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan 2010

I. Pendahuluan

A.  Latar Belakang

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya komputer dan internet telah mengubah cara pandang dan berpikir secara praktis dan efisien pada masyarakat kita. Perkembangan ini mau tidak mau berdampak di bidang pendidikan, hal ini disambut positif karena kemudahan dan kecepatan mencari informasi apapun dari internet. Hal ini sesuai dengan visi dan misi dari Kementerian Pendidikan Nasional yaitu Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif serta meningkatkan ketersediaan, memperluas keterjangkauan, meningktkan kualitas/mutu dan relevansi, mewujudkan kesetaraan, menjamin kepastian layanan pendidikan tanpa membedakan layanan pendidikan antarwilayah, suku, agama, status sosial, negeri dan swasta, serta gender.

Mendayagunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berbagai penelitian baik di dalam maupun di luar negeri menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media berbasis TIK dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Bersamaan dengan itu kesadaran masyarakat akan proses belajar mengajar dengan menggunakan media TIK akan semakin besar. Berangkat dari keadaan tersebut, saat ini juga merupakan waktu yang tepat untuk merangsang masyarakat agar mulai menggunakan teknologi dalam upaya pengembangan sumber daya manusia.

Sebagai langkah nyata dari keinginan tersebut di atas, Kemenenterian Pendidikan Nasional melalui Pustekkom menyelenggarakan kegiatan Festival e-Pendidikan. Khusus kegiatan ini adalah pemberian penghargaan e-Learning kepada Perguruan Tinggi, Sekolah, dan guru yang telah menggunakan TIK dengan baik dalam proses belajar mengajar.

B.  Penghargaan e-Learning

Kegiatan penghargaan e-Learning terbagi menjadi tiga kategori yang terdiri atas:

1.      e-Learning Perguruan Tinggi

2.      e-Learning Sekolah

3.      e-Learning Blog Guru

C.  Tujuan

  1. Memberikan penghargaan e-Learning kepada Perguruan Tinggi, Sekolah, dan Guru yang telah berjasa dalam memanfaatkan proses belajar mengajar berbasis TIK.
  2. Adanya penghargaan e-Learning akan memacu masyarakat pendidikan lebih kreatif dan termotivasi untuk pengembangan media pembelajaran lebih lanjut.

II. Konsep Penghargaan e-Learning 2010

A. Konsep Penghargaan e-Learning

Penghargaan e-Learning adalah penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi, sekolah dan guru yang mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar dan pembelajaran berbasis TIK.

B. Kategori

1.      e-Learning Perguruan Tinggi

Suatu bentuk pemberian penghargaan kepada Perguruan Tinggi yang mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar dan pembelajaran berbasis TIK.

2.      e-Learning Sekolah

Suatu bentuk pemberian penghargaan kepada sekolah SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK yang mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar dan pembelajaran berbasis TIK.

3.      e-Learning Blog Guru

Suatu bentuk pemberian penghargaan kepada guru yang mengembangkan dan memanfaatkan sumber belajar dan pembelajaran berbasis TIK.

C. Kriteria

1. Peserta

  • Warga Negara Indonesia (WNI), perorangan atau kelompok, yang menetap di Indonesia maupun di luar negeri.
  • Perguruan Tinggi
  • Sekolah: SD/MI, SLTP (SMP dan MTs), SLTA (SMA, MA dan SMK)
  • Guru: SD/MI, SLTP (SMP dan MTs), SLTA (SMA, MA dan SMK)

2. Pendaftaran

  1. Pendaftaran dimulai bulan Juni 2010 dan batas akhir diterima oleh panitia tanggal 30 September 2010.
  2. Mengisi formulir yang disediakan oleh Panitia dan dapat langsung mengisi di web tersebut atau dapat didownload melalui website: http://jardiknas.kemdiknas.go.id/e-pendidikan.
  3. Secara online dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang telah ditentukan oleh panitia dan secara otomatis konten akan link ke Jardiknas. Caranya buka http://jardiknas.kemdiknas.go.id/e-pendidkan kemudian pilih Beranda pilih e-Learning pilih Formulir Pendaftaran.
  4. Secara offline dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke panitia berupa software atau dalam bentuk: CD, DVD, Flashdisk atau melalui pos dengan alamat Sekretariat Festival e-Pendidikan

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom)

Kementerian Pendidikan Nasional

Jl. RE Martadinata, Ciputat

PO. BOX 7/CPA Ciputat 15411

Contack person Sdr. Arif Widiansyah: 08567444123

Telp. 021-7418808 (ext. 4003 atau 4004)      fax: 021-7418948

Email : e-pendidikan@pustekkom.kemdiknas.go.id / festivalependidikan@gmail.com

3. Tim Juri

Penghargaan e-Pendidikan katagori e-Learning akan dinilai oleh tim juri yang berpengalaman dengan keahlian yang relevan terdiri dari: (1) Pakar Pendidikan; (2) Teknologi Pendidikan; (3) Teknologi Informasi; (4) Ilmu Komunikasi; serta (5) Praktisi Pendidikan yang sudah menggunakan TIK.

4. Aspek Penilaian

Kriteria penilaian Penghargaan e-Learning sebagai berikut:

  • Materi: Kelengkapan materi, jumlah materi, inovasi, orisinalitas, ada materi baru yang berkesinambungan, kebenaran isi, kedalaman dan keluasan isi, kesesuaian dengan kurikulum.
  • Interface: Kemudahan mencari menu, kemudahan mencari fitur, kemudahan penggunaan,  kecepatan akses dan interaktifitas.
  • Kemampuan akses secara Online: Kemudahan pencarian dengan beberapa jenis mesin pencari (search engine: Yahoo, Google, Bing), Kemudahan penggunaan dengan beberapa jenis browser (Firefox, Internet Explorer, Safari, Crome).
  • Desain grafis/desain komunikasi visual: Tampilan sesuai dengan prinsip desain, ikon, inovasi, kreatifitas,  dan media pendukung: gambar/ilustrasi, animasi, audio, video, simulasi, dan game.
  • Pemanfaatan: Kemudahan penggunaan, bebas error, jumlah pengguna, frekuensi, dan hasil evaluasi pemanfaatan.
  • Penggunaan Bahasa: Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. Kategori Pemenang.

a. Anugerah e-Learning Perguruan Tinggi (Juara I, II, dan III)

b. Anugerah e-Learning Sekokah (Juara I, II, dan III)

c. Anugerah e-Learning Blog Guru (Juara I, II, dan III)

6. Penganugerahan

Waktu 28 Oktober 2010 di Jakarta

Demikianlah informasi ini saya sampaikan semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Barangkali ada diantara teman-teman yang mendaftarkan diri nanti menjadi pemenangnya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

3 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.