Posted on: July 20, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Internet dan Seluk Beluknya

Internet  (Inter Connected-Network) adalah jaringan komputer luas yang menghubungkan anatara computer satu dengan computer lainnya, yang didalamnya terdapat sumber informasi.

Internet (Inter Connected-Network) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia. Internet mempunyai dua peranan yang sangat penting, yaitu:

  1. Sebagai sumber data dan informasi
  2. Sarana Pertukarana data dan informasi

Layanan Internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (Usenet News, e-mail, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher),remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Jaringan Internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPA-net (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPA-net dibangun dengan sasaran membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan.

Di awal 1980-an, ARPA-net terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPA-net dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antarjaringan tetap dapar dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Indonesia baru bisa menikmati acces internet komersial tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tonggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.

Pada awalnya, Internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, e-mail/messaging, maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh  CERN WWW, tetapi web browser ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser sekarang.

Sementara itu, Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial sekitar tahun 1994. Sebelumnya beberapa perguruan tinggi seperti UI (Universitas Indonesia) suadah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan Internet melalui Gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.

Tahun-tahun penting yang perlu diingat dalam perkembangan Internet ada banyak salah satu contohnya yaitu pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.

Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Situs juga harus mempunyai unsur-unsur yang ada di dalamnya antara lain:

  • Domain Name atau biasanya disebtu nama domain adalah alamat  permanen situs di dunia Internet yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah umum yang digunakan adalah URL.

Beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet :

  1. Generic Domain  adalah domain name yang berakhiran dengan .com, .net, .org, .edu, .mil, .gov .  jenis domain ini sering disebut top level domain dan domain ini tidah berafiliasi berdasarkan Negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
  • com : untuk keperluan komersil (commercial)
  • edu : untuk keperluan pendidikan (education)
  • gov : untuk keperluan pemerintah (government)
  • mil : untuk keprluan angkatan bersenjata (military)
  • org : untuk keperluan organisasi atau lembaga non profit (organization)

2. country-specifik  domains adalah domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi/second level domain, seperti id (Indonesia), au (Australia), dan jp (jepang). Di Indonesia domain2 ini berakhiran id, seperti co.id, web.id, mil.id, dan or.id.

  • Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukan tergantung dari besarnya hosting yang disewa. Lama penyewaan hosting rata2 dihitung pertahun.
  1. Script/Bahasa Program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses
  2. Web Design/Design Web sangat berpengaruh pada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
  3. Publikasi suatu usaha untuk mengenalkan suatu situs kepada masyarakat. Dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamflet-pamflet, selebaran, baliho dan lain-lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya paling efektif tanpa terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung diinternet melalui search engine seperti google, yahoo, dan search Indonesia.

Aplikasi Internet

World Wide Web (www)

Web adalah sebuah sisterm berisi indormasi dalam bentuk HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan dapat di akses melalui browser. Dokumen-dokumen di web dapat memiliki link dengan web lain yang memudahkan pengguna berpindah dari satu halaman ke halaman lain hal ini sering di sebut browsing atau surfing. Karena jumlah web sangat banyak, untuk memudahkan kita menuju satu web yang dicari, kita dapat menggunakan search engine dengan mengetikan key word yang kemudian dicocokan oleh database milik search engine.

Electronic Mail (E-mail)

E-mail adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para penguna internet saling berkirim surat di internet. Pengguna e-mail mempunyai mailbox yang terhubung dengan mailserver yang dapat meerima pesan dan mengirim pesan. Pesan yang diterima ditampung di mailbox, kita dapat mengecek isinya, menjawab, atau menghapus.

E-mail umumnya dikelompokan menjadi dua, yaitu basis client (koneksi hanya di butuhkan untuk send and recive) dan e-mail berbasis web (dalam keadaan online)

Belakangan E-mail dapat mengirim selain teks. Lalu berkembang menggunakan attachment (lampiran).

Mailling List (Milis)

Mailling List adalah grup diskusi dimana setiap orang bias berpartisipasi didalamnya seperi membaca e-mail orang lain dan mengirimkan balasannya, biasanya mempunyai dalam satu grup topik yang sama.

Newsgroup

Newsgroup adalah serbuah krlopmpok diskusi maya di internet. Newsgroup dikelompokan dalam subjek dengan huruf pertama sebagai katagori subjek, contoh soc (masyarakat)

Internet Relay Chat (ICR)

Internet Relay Chat adalah bentuk komunikasi di internet secara pribadi menggunakan teks. Kita juga bisa membicarakan topic tertentu dalam sebuah chat room dengan beberapa chatter. Belakangan chat terus diperluas menajdi teleconference (suara) dan videoconference (video).

File Transfer Protocol (FTP)

Protocol yaitu aktifitas uoload dan download. Upload yaitu mengirim file ke moputer atau web lain. Download yaitu mengambil file dari computer atau web lain.

Telnet

Telnet  adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Kita dapat menggunakannya apabila kita mempunyai IP address dan user ID serta password dari computer yang akan kita akses.

Gopher

Gopher adalah protocol untuk mendestribusikan dokumen menggunankan system berbasis menu. Gopher digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun terbatas pada teks saja, dengan terlebih dahulu harus terhubung dengan Gopher server yang ada di internet.

Packet Internet Gopher (PING)

Ping adalah program yang digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan terhubung dengan computer lain di internet, hal ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data ke IP yang hendak di uji.

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.