Posted on: May 6, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 132

Pengumuman Pemenang Sayembara Pusbuk 2010 (NEW)

Setelah menunggu cukup lama, maka Pengumuman Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2010 dengan ini telah diumumkan. Bagi mereka yang belum berhasil Mohon bersabar ya…..!

Saya Juga lagi menunggu hasilnya. Dag…dig…dug……

Semoga bisa bertemu kembali teman-teman semua dari berbagai daerah.

Duh Senangnya. Bila saya ketemu teman-teman lagi. Mari saling mendoakan ya, supaya karya tulis kita masuk kembali di tingkat nasional.

Menurut orang dalam yang tidak pernah keluar ruangan, maka diharapkan peserta bersabar menunggu. Tuhan bersama orang-orang yang sabar.

Setelah mendapat kabar dari teman-teman yang sudah mendapatkan surat resmi dan telepon dari panitia lomba naskah pusat perbukuan, saya ucapkan selamat kepada mereka yang sudah terpilih kembali tahun 2010.

Kepada yang baru terpilih, saya ucapkan selamat. Semoga mendapat juara pertama dan membawa pulang Rp. 21.000.000,- (potong PPN 15%)

Pengumuman resminya akan disampaikan melalui website resmi pusbuk pada tanggal 7 Juni 2010. Demikian Informasi yang saya terima.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

132 People reacted on this

  1. Sy guru di pdlmn kaltim.3thn mengabdi sbg pengajar.Sdh pernah ikut lomba ini,tp gagal.thn ini mencoba mengirim kmbali.mdh2an lolos.amin.

  2. bikin dag dig dug juga pa, maklum hari buku nasional sebagai momentum pengumuman sayembara tinggal 10 hari lagi.. Mudah2n kita ada kesempatan bertemu dg guru2 se-Tanah air…

  3. Sepertinya acaranya mundur. Hari buku nasional sudah diambang pintu, tapi belum ada pemanggilan……. atau gak lulus gitu…. kalo gak lulus mending jual saja ke penerbit ya pak……

  4. om, doakan tulisanku supaya masuk. semoga kita ketemu. Kalau sampean sudah dapat info, aku di telp ya, 08155513376. trims

  5. Lombanya khusus untuk para guru ya pak?? Hiks hiks mahasiswa semester aher jurusan kependidikan boleh ikt ga ya? Kan cikal bakal calon guru juga pak.. Hehehe

    1. Hiks hiks, kalau saja saya panitia, Hiks hiks pastilah adik-adik mahasiswa saya ikut sertakan, Hiks hiks……
      Mohon maaf ya, segera selesaikan studi dan jadilah guru yang profesional.

      salam
      Omjay

  6. saya pertama kali ini ikut lomba dengan skala nasional. 2 bulan saya ngebut buat novel setebal 300 halaman. Pengalaman pribadi saat mencoba meraih mimpi dengan sekolah menjadi pilihan. Mohon nanti kalau sudah ada pengumuman, bapak bisa mengirimkan ke email saya. Novel saya berjudul “Bergelut dengan Mimpi”. Trimakasih

  7. Asskum Pak Jay….. nanti klau msalnya ada pengumuman…sya tolong diberi tahu lewat e-mail sya y? Trims….:)

  8. pak jay tolong kalo sudah pengumuman saya di kabari ya> saya ikut kategori cerita anak sd > peserta dari Pacitan Jatim. karena sini masih minim yang ikut saya mencoba. doakan masuk nominasi ya pak….

  9. Saya guru di pedalaman….Jaringan Hp susah. saya turun sekali seminggu, 2007 saya menang pusbuk, 2008, dapat 2 juta aja, 2009 gagal. dan 2010..ikut…..naskah saya Manfaat Dan Mudarat Plastik…mari semua guru2 doakan agar naskah saya ini menang….agar kami dari menang dapat jatah…tolong…….panitia…orang medan agak2 dipikirkan…jangan dari pulau Jawa aja…kami cemburu..pak///……hiks…hisks,,,,,pak Wijay..emalkan ke tomridu.com74@yahoo.co.id Horas..!Horas…!Horas!

  10. Emang…kalo lomba/…..guru 2 di pulau jawa gak bisa terkalahkan…tolong resepnya pak Wijaya…….Horas…………….Kalo 2010 aku menang….saya akan minta masukan dari gur2 pulau Jawa

    1. nggak juga bang, banyak juga kok guru dari daerah luar jawa yang menang.
      Saya justru salut pada mereka termasuk juga abang. saya doakan agar menang ya bang

      salam
      Omjay

  11. Assalamualaikum…Pak Lurah,saya juga deg2n menanti pengumuman,sebenarnya resep dari guru2 di pulau Jawa hanyalah menyalurkan hobi saja,setiap ada ide di catat dan dikembangkan,walaupun tidak ada lomba,begitu kan? Kita sama2 belajar nulis,dan jangan lupa berdoa agar kita bisa menang.

  12. saya denger katanya surat pemanggilan untuk calon pemenang sudah dikirimkan sejak tgl 18-an tuh…. sudah pada terima belum? kalo saya sampe hari ini belum terima! wuaaah…sport jantung neh!

  13. Om Jay, saya ikutan symbr tahun 2009 tp tidak lolos dan ada surat ucapan terima kasih plus piagam serta catatan perbaikan naskah tsb. Namun, ironisnya surat tsb sampai di rumah saya, tepat tanggal 1 Maret 2010 tepat batas akhir pengiriman naskah untuk symbr tahun 2010, sedang surat dibuat pd bulan Nov 2009. Di sana ada semua bentuk kelemahan naskah (segi materi, penyajian, hingga segi bahasa) serta saran perbaikan untuk sayembara berikutnya. Melihat kenyataan tsb, saya kecewa karena naskah untuk tahun 2010 terlanjur saya kirimkan dan tidak ada kesempatan untuk menyempurnakannya dengan mengacu pada saran perbaikan naskah tahun sebelumnya. Kira-kira bisa tidak ya, saya kirimkan ulang, atau mengkonfirmasi pihak pusbuk bahwa naskah pertama saya anulir dan naskah perbaikannya saya kirim ulang?????

  14. mas hendi, di dalam surat kan ada no panitia dari pusbuk, di telepon saja mereka, barangkali ada solusi. Saya yakin mereka akan mengerti dan memahaminya. karena saya pernah telepon langsung dan disambut ramah oleh mereka.

    salam
    Omjay

  15. heheehe….apa kabar Om Jay…? terima-kasih informasinya, kita juga nunggu juga nih…..mudah2an kita bisa bertemu lagi. slnya dari pihak PUSBUK pun juga belum ada ngasih kabar mengenai pengunduran pemenang…..salam

  16. Om jay skrg mah kita saling mendoakan sj, moga2 lolos th ini. Oh iya, om jay, waktu om jay diundang thn 2009 dulu, pernah gak ada seminar tg pembuatan naskah y baik, misalnya tema harus tajam dan tema tidak menjalar kemana-mana. COntohnya, tema tentang proses membuat gula putih. Di naskah diceritakan proses membuat gula putih, mulai dari tebu mentah hingga menjadi gula pasir siap jual. Nah, ternyata proses itu kan menghasilkan limbah sampingan. Limbah sampingan itu bisa dijadikan lagi spirtus sebagai bahan bakar. Kemudian, di naskah diulas lagi tentang proses membuat spirtus dari awal hingga akhir.
    Yang menjadi pertanyaan, apakah gaya penuturan seperti itu bisa menjadi poin negatif, karena menceritakan sesuatu yg tidak mencerminkan judul utama???
    Kalau menurut saya sih, justru menjadi pelengkap atau memperkaya pengetahuan siswa, tapi gak tahu juga menurut para juri. Mungkin mereka punya persepsi tersendiri. Kalau menurut Omjay bagaimana…..??
    Salam kenal Hendi di Bandung

  17. saya juga ikutan tahun ini, sekedar coba-coba aja. doakan ya mas, mudah-mudahan kita bisa ketemu di pusbuk tahun ini.

  18. Assalamualaikum.
    Bang Jai saya dari Aceh Tamiang juga ikut sayembara naskah buku pengayaan 2010 dengan judul Putri Tsunami. Bang kalau sudah diumumkan sms saya ya di 085296969894

    wassalam

  19. selamat ya bagi yang menang nantinya, juga untuk om jay, saya ngirim naskah juga tapi setelah melihat pengalaman teman-teman yang menang saya jadi pesimis.

  20. salam kenal buat pak jay terutama. dan seluruh penghuni web ini. saya orang baru di dunia tulis menulis pusbuk dan baru pertama kali ikut. saya tinggal di kota kecil di jawa barat, yaitu di majalengka? mudah-mudahan kenal denan kota tempat saya tinggal. senang rasanya bertemu dengan anda semua. semoga ketularan sukses. dan bisa menyambung silaturahmi terus menerus. tp saya juga minta mudah-mudahan saya juga bisa sukses ya. mohon infonya juga kalau ada pengumuman ini. And kalau ada proyek atau lomba menulis lainnya ya. jujur aja saya bener-bener bingung mengenai jenis buku pengayaan itu seperti apa? malum baru pertama kali. tp senang sudah bisa berkarya.

  21. salam kenal bu iis….oya, di majalengka ada juga lho guru yg sering jadi juara lomba pusbuk, namanya ibu Maesaroh d. Mansur. Sampe thn 2007 kami ketemu terus tiap thn di pusbuk, tp 2008-2009 nggak karena ada peraturan yg sdh menang lbh dr 3 kali ga boleh ikutan lagi… sayang no hp beliau hilang! Insyaallah kalau nanti/thn ini kami ketemu lagi di pusbuk, sy akan ceritakan ini…ok?

  22. Salam kenal Pak Jay dan semua yang ada disini… Pak Jay maaf yaa.. kemarin lusa saya mengsms bapak malam-malam… hehe…soalnya saya lagi bingung pak dan ga tau mau nanya ke siapa lagi..
    kemarin itu saya dapet telpon tapi belum dapat surat resmi dari pusbuk, jadi aga bingung dan takut telpon iseng…
    Alhamdulillah.. ternyata keesokan harinya saya dapet surat resminya dari pusbuk
    Kalo boleh tau, disana itu kegiatannya apa saja y pak? apakah ada tahap seleksi selanjutnya?
    Terimakasih banyak ya Pak Jaaay..
    o iya.. saya meng-add bapak di fb.. tolong diconfirm ya pak.. makasih..

  23. Berarti pengumumannyaitu langsung dihubungi lewat telpon? apa dapat surat langsung dari panitia?
    po di publikasikan leawat situs

  24. Mereka yang lulus menjadi finalis tahun ini sudah dihubungi lewat telepon dan mendapat surat resmi dari pusbuk. Bila kita tak di telepon dan tdk mendapat surat resmi, itu tandanya kita belum lolos tahun ini dan harus bersabar.
    Semoga tahun depan bisa lolos.
    Buat yg lolos selamat bersenang0senang dan jangan tegang, sebab semua yg lolos adalah juara dan tinggal menentukan juara 1, 2, dan 3 saja. Makanya waktu wawancara jangan tegang ya.

    salam
    Omjay

  25. Semenjak mem-posting tulisan berjudul Calon Juara tadi siang, HP-ku berdering berulang-ulang. Ada SMS, juga ada panggilan. Rata-rata, isi panggilan itu adalah menanyakan informasi Sayembara Penulisan Naskah Buku 2010. Teman-temanku yang pernah menjadi juara menanyakan hasilnya. Dan saya pun berusaha memberikan informasi sepengetahuanku.

    Surat Pusbuk No. 861/A8.2/PT/2010 menginformasikan bahwa panitia sayembara menerima 1.136 naskah dari 31 provinsi se-Indonesia. Seperti telah disebutkan dalam Pengumuman Pusbuk tertanggal 2 Nopember 2009, akan ditentukan 54 pemenang. Juara 1 berhak mendapatkan hadiah Rp 21 juta, juara 2 sebesar Rp 20 juta, dan juara 3 sebesar Rp 19 juta.
    Para pemenang sedang berada di lobi hotel untuk persiapan jalan-jalan

    Para pemenang 2009 sedang berada di lobi hotel untuk persiapan jalan-jalan

    Lalu, ada pertanyaan dari sahabat yang belum pernah ikut sayembara. “Pak, bagaimanakah agar menjadi juara?” Pertanyaan itu sebenarnya lebih tepat ditujukan kepada penyelenggara atau dewan yuri. Jika boleh saya berpendapat, untuk menjadi juara itu tidak susah, tetapi juga tidak gampang. Artinya, tulisan kita itu harus bernilai baru, bermanfaat, taat bahasa, dan sesuai dengan rambu-rambu penulisan. Pusbuk sudah menentukan semua criteria itu. Jadi, kita hanya mengikuti aturan itu.

    Jika memang menghendaki informasi lebih lengkap sekaligus teknik penulisan, sebaiknya kita bertemu dalam sebuah kegiatan. Dalam kegiatan diskusi, kita dapat menanyakan resep jadi juara sejelas-jelasnya. Kalau hanya ditulis di kompasiana, sepertinya itu justru akan semakin membingungkan. Ini disebabkan menulis itu kegiatan yang selalu berulang. Ada saja kekurangan dalam tulisan saya. Meskipun telah ditulis dengan hati-hati, saya sering menemukan kesalahan juga. Oleh karena itu, ayo kita sambut sayembara tahun depan dengan mengadakan kegiatan. Saya senang koq diundang ke tempat rekan-rekan berada. Mumpung sebentar lagi musim liburan panjang. Bagaimana? (www.kompasiana.com/gurumenulisbuku.com)
    hubungi: johan wahyudi HP 0856 251 7895 atau email jwah1972@gmail.com.
    http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/25/agar-menjadi-juara/

  26. ini pertama kali ikutan lomba, mencoba menyalurkan bakat menulis yang terpendam sejak es-em-pe. Mudah-mudahan saja ada hasilnya. Bagi rekan guru yang berpartisipasi kita tunggu hasilnya pada tanggal 6 mendatang……..

  27. om Jay tahun ini saya baru ikut pertama kali. membaca tulisan om jay di atas bahwa ada temen2 yang sudah dihubungi sama panitia berarti pemenangnya sudah terseleksi. padahal sampai hari ini belum ada panitia yang menghubungi saya (berharap sekali, he…) jadi bisa dikatakan saya gagal dong. karena baru pertama kali ikut tidak masalah buat saya. om jay kan sudah pengalaman, minta sarannya dong gimana menulis buku pengayaan yang baik itu. makasih

  28. saya kirim sayembara buku tahun ini. tapi sampai sekarang belum ditelepon dan belum terima surat pemberitahuan. berarti ga lolos seleksi gitu ya om Jay???

  29. buat teman-teman yg tahun ini belum lolos dan belum dipanggil pusbuk, saya ada rencana menculik satu mas Johan yg tahun ini naskahnya masuk kembali di tingkat nasional.
    Mari kita belajar sama beliau.

    salam
    Omjay

  30. ibu-ibu dan bapak-bapak peserta lomba naskah buku pengayaan pusbuk, tahun ini nampaknya tahun keberuntungan buat para peserta ‘wajah baru’. Saya dan tmn2 yg sdh langganan jadi juara di pusbuk (saya aja 5 kali juara) hampir seluruhnya tidak terpanggil! yaaaa nasiiiib…nggak tau salahnya dmn? lha wong kami ini sudah karatan di dunia sayembara, kok msh terdepak juga…. tapi pesan saya dan juga dari tmn2 yg ‘terdepak’ ini: jangan putus-asa! Ayo, nulis terus! SEMOGA TAHUN DEPAN MILIK ANDA! Bravo!

  31. Salam kenal pak mohamad, saya wajah baru jga, tpi saya tdak sbruntung wajah baru. Pak makasih dgn semangatnya y. Tpi gmana y biar kami yg baru ikutan ini bisa jadi pemenang.

  32. Setelah kutunggu2,ternyata sampai saat ini belum ada panggilan,berarti thn ini tdk lolos. Tapi jgn berkecil hati,teman saya dari Blora namanya Sri Purnama Sari malah beruntg,naskah beliau yg tdk lolos thn 2007 &2008 malah dibeli Pusbuk,untuk DAK thn 2010,dan royaltinya 37 juta /buku,mdh2n kita bs seperti beliau.kalau rejeki tdk akn kemana.

  33. Salam kenal bu Iswatun….Apa saya bisa kenal dengan BU Sri Purnama Sari ya? Saya mau tanya2 soal menawarkan naskah ke Pusbuk untuk program DAK itu. Wis daripada aku ndak lolos tahun ini, ya mau coba-coba nawarin buku ke Pusbuk untuk yg program DAK nya aja deh! Kali aja rejeki sy berikutnya ada disini. Trims ya, bu!

  34. Pak Medi….Sy juga nggak bisa ngasih advis bnyk2 ya, pak! Lha, wong thn ini nggak masuk. Entah salahnya dmn. Padahal kalo kita sdh lama ikut lomba di pusbuk, biasanya kita sdh hafal dgn selera juri. Tp kali ini sy meleset tuh! Pokoknya untuk yg pertama belajar dari buku2 karya sastra yg bagus2 yg biasanya ada di toko buku. Pelajari segalanya yg ada di buku itu (kalo fiksi: cara penulisan tokohnya, bentuk penceriteraannya, gaya penulisannya, dll) Kalo non-fiksi ya gayanya nyontoh seperti buku-buku terbitan TRUBUS itu lho! Moga2 thn dpn lolos ya, pak!

  35. Kepada para pemenang selamat!!
    Kepada yang gagal jangan kecewa, tetap sabar dan tetap berbesar hati seraya berikan penghormatan kepada para juara…
    Mungkin kru juri kali ini berbeda, kebijakan redaksional rubrik media cetak kadang berubah manakala redakturnya diisi oleh wartawan dengan visi dan latar belakang berbeda.
    Tapi berkaryalah, terus menulis dan produktif. Menulis bekerja untuk pengetahuan dan peradaban bangsa dan dunia.

  36. Waalaikum slm,pak Jabidi,sy sdh kenal bapak waktu bapak jadi juara 2 lomba thn 2006,b sri juga pemenang thn 2006,kita dulu pernah ngobrol sama2,ini no hp sy 085257741501.nanti sy minta no hp bapak ya

  37. Bagi yang belum menang termasuk saya yang sudah 2 kali gagal, jangan berkecil hati. Terus berjuang lebih keras lagi di tahun mendatang. Gagal di event yang besar merupakan sebuah keberhasilan kecil. Banyak hikmah yang bisa kita ambil. Salah satunya kita sudah bisa berpartisipasi. Dan kita sudah bertemu di forum bang Jai ini. Tetap semangat. Salam untuk semua rekan guru se Indonesia

    Hadrial, S.Pd
    Aceh Tamiang

  38. Alhamdulillah ternyata kita sdh kenal di thn 2006 ya, bu! Cuma hrp maklum. Sy ini pelupa banget org nya! Nah, itu dia! Memenangkan lomba di pusbuk sebenarnya bkn hanya memenangkan hadiah material tp yg lebih penting adalah niilai silaturahminya ya! Rasanya seneng buanget kalo sdh ketemu tmn2 pengarang sa-Indonesia Raya. Eh, lah kok thn ini sy ga lolos…. OK, no ibu sdh sy save. Trims dan selamat berkarya terus!

  39. Salam kenal Bu Iswatun dan Pak Jabid, saya ikutan sayembara pengayaan tahun ini, tapi gagal. Dan saya tertarik dengan program DAK. kira-kira dimana kita bisa mendapat informasi tg program tersebut? naskah saya tentang teknologi komputer ful gambar dan teks berjumlah 130 halaman. Sesusi dengan tema sayembara agar para siswa menguasai teknologi, tapi entah mengapa, mungkin para jurinya tidak seiya sekata dengan panitia. Sekali lagi, kapan kira-kira pusbuk mengadakan program DAK lagi, daripada naskah saya dibuang ke gudang….????

    Hendi bandung

  40. Trimakasih Pak Hendi,o ya menurut tmn yg sdh berhasil,jika karya tulis kita memang bagus dan sesuai dgn DAK, maka Pusbuk akan menghub kita,dan katanya sih ada gosip juga bahwa 400 naskah yg layak terbit akn mendpt 2 juta thn ini,tp sy belum thu benar tdknya,kita lht sj,mdh2n naskah kita masuk layak terbit,semua tergantg Allah juga.

  41. Hahaha…bu Iswatun, sy malah sudah dapet bocorannya kalo sy bakalan dpt yg 2 juta itu! Tapi nggak tau juga…Lha wong saya kan baru ikutan lagi tahun ini! Siapa tahu meleset lagi? Apalagi masih belum hilang nih ‘shock’-nya karena ndak lolos, hehehe… Oya, waktu thn 2006 itu kalo ndak salah ibu ikut jenis karya drama untuk SD ya, bu?

  42. Bingung juga ya, memprediksi selera juri sayembara buku pengayaan. Apakah juri dari tahun ke tahun masih itu-itu juga? Kesalahan sepele saja bisa jadi fatal. Naskah yang tidak lolos tahun ini enaknya diapain? Dijual ke penerbit, disimpan digudang, atau tunggu belas kasihan pusbuk, kirain aza dapat uang saku, biar kita gak menangis. Padahal naskah saya tentang teknologi komputer dan internet, yang para siswa harus menguasainya. Aneh, kok bisa gak lolos ya….. Padahal semua rambu-rambu sudah saya patuhi……. bingung…ngung…..

  43. Salm kenal pa jay.. Selamat ya buat tmn2 yg trpanggl ke jkt via symbara pusbuk tahn ini. Khsuson buat saudaraku, ibu pinter, yg sm2 dg ku dr majalengka. Kebetln tahn ini aku ga lo2s lho, he he.. Mg di tahn dpn, bl diksh ksmptn kami bs menang jg sprt tahn2 silam. Amin..

  44. Tunggu aja, pak… Siapa tahu dapat ongkos ngetik yg 2 jt itu! Lumayan buat obat kecewa. Kata orang Jawa sih, lumayan buat tombo gelo, hehehe… Sedangkan mengenai selera juri? Wah, sebenernya sih sy yakin kalo jurinya sih jujur2. Haqul yaqin deh… Cuma ya itu tadi, entah ada kekuasaan lain kaleee?! Saya percaya banget, naskah yg mereka terima dan harus mrk nilai tentu akan dinilai dg sungguh2. Mbacanya aja sampe ber-ulang2 kok! Jadi teliti betul mrk itu…

  45. As.wr.wb. Pak Jabidi, pa khabar nih? Jangan berkecil hati dong, masih ada hari esok. Alhamdulillah wajah lama ni masih dilihat oleh dewan juri. Tahun ni saya kepanggil untuk yang ke 4 kalinya. kita ketemu tahun 2006 lalu. semoga di tahun-tahun yang akan datang kita bisa bertemu lagi. Tetap semangat!!

  46. mari kita lihat dan baca kisah teman-teman pusbuk yang lulus tahun ini. Saya akan menghubungi mas johan (juara tahun ini) untuk bermalam di rumah saya di jatibening bekasi. Bila mau ketemu orgnya bisa sms saya di hp. 0815 915 5515

    salam
    Omjay

  47. Alhmdlh ternyt Pak Jabidi dah dpt bocoran,dulu thn 2006 sy menulis nonfiksi SMA,dan alhmdlh thn 2009 kemarin mendpt juara 3 Drama SD,dan Om Jai ini jadi pak Lurahnya,malah sy dibuatkn email dadakan oleh beliau, Selamat juga buat pak Johan,beliau kemarin juara jg,hebat ya.Sukses buat bapak.

  48. Bu Iswatun…. Pasti msh ingat sama bu Maesaroh kan? Tuh dia nulis jg disini. Kita ketemu beliau jg di thn 2006. Kalo ngggak salah tiap tahun beliau menang kok, jd kami selalu ketemu jg sebelum thn 2008 sih! Ok, mudah2 an thn depan ‘dendamku terbalaskan” alias naskah sy bisa lolos, hehehe… Oya, pak Murhasan apa kabar? Seneng denger bapak menang lagi! Salam buat panitianya aja ya! kangen gitu…Sukses ya, pak!

  49. maaf, mau ikut nimbrung saja. setahu saya setiap ada lomba penilaian buku pengayaan pasti ada instrumen penilaiannya. inilah yang dijadikan juri sebagai rujukan dalam menentukan naskah-naskah yang masuk. seharusnya kalo pusbuk mau dianggap adil, instrumen penilaian buku pengayaan bagi kalangan kependidikan juga harus dipublikasikan seperti halnya instrumen penilaian pada lomba penulisan buku teks pelajaran. dari instrumen inilah para penulis bisa mengetahui kisi-kisi penilaian.

  50. salam kenal om,saya wajah baru yang ikut nimbrung pusbuk pengayaan untuk smp.Tapi kayaknya belum beruntung,padahal tiap hari bermimpi pingin ketemu pakar2 penulis handal.Untuk tahun depan sebagai persiapan kira-kira saya menulis apa ya.modelnya seperti apa?Mohon saran

  51. teman-teman penulis yg omjay banggakan.
    Menulislah terus dengan niat untuk berbagi, jangan niatkan menulis untuk mencari duit atau rezeki. bila itu yang menjadi tujuannya maka kita bukan lagi penulis yang menulis dengan hati.
    Tulislah apa yang disukai dan dikuasai, bila ternyata menang dan memberikan pencerahan bagi peserta didik, pastilah akan dipanggil oleh pusbuk. Demikian komentar Omjay. Mohon maaf kalau ada salah kata.

    salam
    Omjay

  52. Salam kenal untuk bapak dan teman-teman yang komentarnya saya baca tanpa izin. Semoga salah satu dari kita menjadi juara… sekedar menghibur hati saya yang juga menunggu ada kata bijak yang bisa kita teladani. Bahwa Allh SWT mengabulkan doa kita dengan 3 cara; menjawab YA dengan mengabulkan doa kita, menjawab TIDAK karena Allah memberi kita yang Lebih baik, dan berkata TUNGGU karena Allah akan memberi kita Yang Terbaik. Semoga bermanfaat.

  53. Salam kenal untuk bapak dan teman-teman yang komentarnya saya baca tanpa izin. Mohon maaf sebelumnya. Semoga salah satu dari kita menjadi juara… sekedar menghibur hati saya yang juga menunggu ada kata bijak yang bisa kita teladani. Bahwa Allh SWT mengabulkan doa kita dengan 3 cara; menjawab YA dengan mengabulkan doa kita, menjawab TIDAK karena Allah memberi kita yang Lebih baik, dan berkata TUNGGU karena Allah akan memberi kita Yang Terbaik. Semoga bermanfaat.

  54. Setuju Om Jay. Menulislah dengan hati! Kalau sekadar mencari uang, cobalah tawarkan ke penerbit, kalo laku ke penerbit luar negri, barangkali bisa jadi best seller dan materi pun di dapat.

  55. Alhmdlh tadi pagi sy mendapat surat dari pusbuk ttg informasi rencana penerbitan naskah pemenang thn 2006,2007,2008,dan 2009.dan melampirkan surat pernyataan pengalihan hak ekonomi pada pusbuk,yg hrs ditandatangani di ats materai.Mdh2n saja bukunya segera terbit sbgmn yg di harapkan.

    1. sdh diumumkan mas rahmat. Kata teman saya mas Johan cuma 47 orang yg masuk final dan terpilih menjadi juara.
      Nani saya uploadkan nama-namanya di blog ini.

      salam
      Omjay

  56. Bu Iswatun, kayaknya kita bakalan nggak dapet royalti nih dari buku kita yg akan dicetak itu! Padahal thn2 sebelumnya sih kita msh ‘kecipratan’ royaltinya…. Ya sudah, msh lumayan buku kita diterbitkan, drpd tidak sama sekali. Minimal kita bisa punya kebanggaan ada buku kita yg dicetak lagi. Sy kebagian 2 buku, bu! Yg menang thn 2006 dan 2007. OK, sukses selalu!

  57. saya juga dikirimi surat mas jabidi tapi saya tak mau tanda tangan dulu, sebab belum jelas sampai berapa lama buku itu milik pusbuk. harus jelas dulu berapa tahun. Sebab saya dulu pernah diundang rapat oleh pusbuk.

    salam
    Omjay

    1. iya mas whim memang belum nongol, barusa saya dapat info dari mas Johhan sistem penilaiannya agak berbeda dengan kemarin. Mereka yang lolos belum tentu jadi juara.

      salam
      Omjay

  58. Berdasarkan email yang saya terima dari bangnas pengumuman pemenang sayembara dapat disaksikan di tvri 9 juni kan 15 atau kan 16 wib. Siaran langsung katanya. . . []

  59. Assalamualaikum Pak lurah, ikutan nimbrung ya. Trs gimana kl kita gak tanda tangan pernyataan pengalihan hak ekonomi itu? Buku kt gak akan diterbitkan? Kenapa hanya ada 47 cln juara?

  60. Maaf, Om jay, saya mau tanya, kira-kira tahun depan apakah akan diadakan lagi sayemabara serupa? Nah, kalau iya, apakah para peserta yang lolos tahun ini diberikan salinan lembaran istrumen kelayakan naskah, seperti materi, penyajian, bahasan, dan kegrafikaan oleh panitia? Bisa tidak, Om Jay mengupload salinan instrumen itu kepada kita-kita sebagai acuan kita dalam menyusun naskah agar lolos tahun depan????

    Terima kasih…..

  61. Alhamdulillah tahun ini Juara I bidang sosial humaniora SMA, memang penjuriannya agak alaot, dewan juri sampai molor bersidang tuk nentuin juaranya. Lagian dari hasil wawancara ada 3 peserta yang harus angkat koper pulang tidak bisa ikut acara sampai selesai karena tidak lolos wawancara di hari pertama. Dari tiga kali jadi pemenang dan ini yang ke empat, memang terasa lain penjuriannya. jlimet banget nanyanya juri pada saat wawancara. Info lomba tahun depan (2011) sudah dibuka dengan persyaratan yang sama dengan tahun ini, jumlah halaman tuk SD/MI 60-100, SMP/MTs 80-150, SMA/MA 100-200 hal. batas akhir pengiriman naskah 1 Maret 2011(stempel Pos). Yuk kita nulis lagi! Semoga di tahun depan kita bisa bertemu…

  62. iya nih pak Jay…. mau tandatangan gimana, nggak tandatangan gimana… masih berharap sih tahun depan lolos! kalo tahun depan tetep nggak lolos juga, wah kayaknya say goodbye deh sama pusbuk! salam buat yang jadi juara thn ini yaa….

  63. makasih pak Jay, saya tunggu informasi-informasi dari panjenengan tentang penulisan naskah buku (lay outnya) sebab saya nyoba-nyoba nulis ternyata masih perlu ilmunya lebih dalam. Semoga amalan Pak Jay mendapat balasan dari Alloh. Amien

  64. WAH…susah…susah…………tiap tahun terdampar terus……kalau boleh tahu OM JAY…..esertanya lebih banyak FIKSI tau NON…..tolong biar kami dari medan ini kembali menang…kami malu…kami terus ka;lah…kalah…..
    dan kalau cerita anak cerita unik itu maksudnya apa?

  65. PAK m>JABIDIN…….masih kenal saya kan Thom..medan…..kasih bocorannya dong…biar 2011 kita menag….haaaaaaaaaaaaaaaaa

  66. kalu naskah kita kirim ke pusbuk..teru gak menang….lalu ada penerbit yang mau menerbitkan….boleh gak yah……..

  67. bang thomson… gmn sy mau kasih bocoran, wong thn ini sy jg keok kok! yang jelas nulis aja terus, siapa tahu Tuhan selalu kasih kita ide briliyan dan nasib baik (tentu). kayaknya sih kalo naskah kita ga menang tapi dikirim ke penrbit dan penerbit mau nerbitkan ya udah terbitkan aja…nggak ada aturannya kita nggak boleh nerbitkan kalo naskah kita ga menang kok!

  68. Benar mas, yg penting menulis aja, masalah nanti menang atau kalah kita bisa tawarkan ke penerbit, seperti sekarang ini, saya sdh tawarkan ke penerbit juga.
    Semoga tahun depan bisa menang

    salam
    Omjay

  69. Wah Om jay makin eksis aja ya? Semoga masih ingat saya orang magelang. Senang sekali mampir di blog om jay. Banyak ilmu yang ada di situ. Ikut baca blog tuk belajar ya om jay?
    Moga makin sukes tuk om jay.

  70. Beberapa waktu lalu saya dan sekitar 60 guru peserta lomba buku 2009 dipanggil ke semarang di Diknas. Di situ saya dapat informasi akan mendapat dana 2 juta sebagai penyemangat dari pusbuk. yang saya tanyakan kenapa sampai saat ini belum cair ? mungkin bapak tahu sebabnya atau informasinya.

  71. Saya juga mau numpang tanya , kok dana bantuan sosial buat calon penulis yang 2 juta juga belum cair, benar tdk ya, kalau main main wah nanti gawat nih

  72. kabarnya pemerintah mo kasih bansos lomba menulis 2010 tapi hingga skg ga jelas pengumumannya. pdhl sdh diajukan beberapa bulan lalu. ada yg tahu infonya ga? trims

  73. As. Om Jay,mau tnya nih. Siapa juri utk puisi dlm syembara pusbuk? Skdar info,sy th lalu ikt,tp gak lolos. Th ini ikt lg,hbs penasaran sih.

  74. lomba tahun 2011 dah berakhir…mudah2an aku menang…amin….
    katanya ada dana royalti yang menang pusbuk betul gak ya…mas…

  75. Salam Pak, saya jg ikut ngirim naskah ke Pusbuk, tapi ndak tau kok blum ada pengumuman resmi. oh ya Pak, kapan nulis PTK lagi ? yg kmaren dah saya lahap smpe huabis, cuma keliatane ada halaman yang tertukarato gmn gitu pada ulasan contoh2 PTK. Tapi,…..Bravo aja ah, nulis kan sulit, maju trus ya Pak, saya tunggu tulisan PTK-nya

  76. As. Om,sy ikt kategori kumpulan puisi smp th ini. Tp sy msh bingung,blm ada gambaran puisi pengayaan utk smp seperti apa. Bs ksh contoh 1 puisi sj utk pengayaan smp. Atau sy bs dptkan di mana? Trimsg

  77. hallo pak Margani…sehat kan pak? alhamdulillah…Gmn thn ini, ikutan lagi, pak? Ayo nanti kita bersaing lagi ya….hahahaha, tapi sy selalu kalah sama bapak kan? Ok, salam hangat dari kota udang…. Smoga thn ini kita ketemu lagi di Jkt ya! Amiiiin….

  78. As.w.w. Halo Bung Jay, bagaimana sebenarnya info tentang Pusbuk sekarang? Katanya sudah dimerger ke Puskur. Bagaimana dengan nasib naskah-naskah sayembara Pusbuk 2011 yang sudah dikirim? Terima kasih. Salam untuk Pak Edi Purwanto di SMA Negeri 1 Waytenong, Lampung.

  79. waduuuuh…lagi deg2 an nih nungguin pengumuman sayembara mengarang pusbuk/puskur thn 2011! siapa yg sudah dipanggil ya? hayooo bagi2 info nya kalo sdh dpt surat panggilan ya! trims…

  80. GAGAL LAGI 2011….GIMANA YA,,KRITERIA AGAR MENANG?….
    SAYA MENGULAS ULOS DAN ADAT BATAK,,,,YANG KENTAL KERIFAN LOKAL DAN PESAN MORAL BAGI ANAK BANGSA…KOK KEOK..YA….
    LALU APAKAH ADA JURI ORANG BATAK?
    KALU TIDAK ADA BAGAIMANA DIA MENGERTI ISI NASKAH SAYA>,
    HAAA….AAAAAAAAAAAA…..KESAL DEH
    TOM DARI MEDAN

    Kita senasib mas, thun ini juga saya gak lolos pusbuk kayaknya ada deh juri dari org batak

    Salam
    Omjay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.