Posted on: January 29, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

PBB Melatih Kedisiplinan Siswa

Siswa Labschool Berlatih PBB

Hari ini Sabtu, 30 Januari 2010, anak-anak kelas VII SMP Labschool Jakarta dilatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh teman-teman dari Kostrad TNI-AD. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara sekolah Labschool dengan TN-AD dalam sebuah bingkai kegiatan yang bernama Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI).

Kegiatan kerjasama seperti ini adalah kegiatan yang sudah kedelapan kalinya dilaksanakan oleh sekolah dengan TNI. Melalui PBB diharapkan anak-anak terlatih dalam hal kedisiplinan khususnya dalam kegiatan baris berbaris yang selama ini kurang terbina dengan baik.

Dengan adanya kerjasama antara sekolah Labschool dengan KOSTRAD TNI-AD, anak-anak dibekali ilmu pengetahuan tentang PBB yang dapat mereka terapkan pada saat upacara bendera yang selalu rutin dilaksanakan setiap hari senin pagi dan juga dalam mengikuti lomba PBB di tingkat nasional.

Melatih kedisiplinan siswa tidaklah mudah. Apalagi dalam urusan baris berbaris. Perlu keterampilan khusus dan ahli di bidangnya. Oleh karena itu, amatlah tepat bila sekolah mengundang teman-teman dari KOSTRAD TNI-AD untuk membina mereka. Melatih mereka dalam hal PBB dan berujung kepada latihan mendisiplinkan diri.

Dalam PBB diperlukan konsentrasi, dan memperhatikan benar aba-aba dari pemimpin barisan atau pemimpin upacara. Dari PBB ini anak-anak belajar bagaimana melakukan kerjasama dalam baris berbaris, menyiapkan fisik mereka agar selalu siap di lapangan untuk upacara. Juga memiliki kemampuan mendengar dan taat pada komando pimpinan upacara.

Demikianlah sedikit reportase yang dapat saya sharingkan. Semoga bermanfaat.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

tulisan ini juga di link ke

http://edukasi.kompasiana.com/2010/01/30/melatih-kedisiplinan-siswa-melalui-pbb/

Categories:

2 People reacted on this

  1. tok….tok….om jay
    kumaha damang ? mohon doanya om jay….mas vavai bantuin saya bikinkan website sendiri….katanya biar status sosial blog saya naik…hehehehe
    alhamdulillah punya temen-temen yang baik hati

  2. alahamdulillah, pangestu mas. Saya setujua banget kalau akang punya blog berbayar, karena akang sanat produktif sekali menulis. Apalagi akang adalah salah satu kandidat doktor dari UI.

    salam
    Omjay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.