Posted on: January 4, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 72

sayembara Buku Pengayaan 2010

Pemenang Sayembara Buku Pengayaan 2009 berfoto dengan Mendiknas
Pemenang Sayembara Buku Pengayaan 2009 berfoto dengan Mendiknas

Buat teman-teman pendidik atau tenaga kependidikan yang senang menulis, ada lomba sayembara penulisan naskah buku pengayaan tahun 2010, yang diselenggarakan oleh pusat perbukuan depdiknas dengan total hadiah lomba sebesar Rp. 1.080.000.000,00 (Satu Milyar delapan puluh juta rupiah). untuk 54 orang pemenang.

Pemenang pertama sebesar Rp. 21.000.000,00
Pemenang kedua sebesar Rp. 20.000.000,00
Pemenang ketiga sebesar Rp. 19.000.000,00
dengan pph 15%.

Tema tulisan adalah membangun manusia Indonesia yang religius, cerdas, bermanfaat, mandiri, dan kompetitif di era global.

Naskah yang disayembarakan adalah naskah buku pengayaan, yaitu buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan, serta membentuk kepribadian peserta didik untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK. Jenis naskah yang disayembarakan adalah sebagai berikut:

1. Untuk SD.MI kelas 4,5, dan 6
Naskah yang disayembarakan adalah:
1. Pengayaan Pengetahuan Alam dan Matematika
2. Pengayaan Pengetahuan Sosial dan Humaniora
3. Pengayaan Keterampilan Vokasional (Kewirausahaan)
4. Cerita anak
5. Kumpulan Pantun
6. Kumpulan Puisi

2. Untuk SMP/MTs
Naskah yang disayembarakan adalah:
1. Pengayaan Pengetahuan Alam dan Matematika
2. Pengayaan Pengetahuan Sosial dan Humaniora
3. Pengayaan Keterampilan Vokasional (Kewirausahaan)
4. Novel
5. Kumpulan Cerpen
6. Kumpulan Puisi

3. Untuk SMA/MA/SMK/MAK
Naskah yang disayembarakan adalah:
1. Pengayaan Pengetahuan Alam dan Matematika
2. Pengayaan Pengetahuan Sosial dan Humaniora
3. Pengayaan Keterampilan Vokasional (Kewirausahaan)
4. Novel
5. Drama
6. Biografi

Sayembara ini terbuka bagi para pendidik dan tenaga kependidikan baik formal maupun non formal.

Naskah dikirimkan paling lambat tanggal 1 Maret 2010 (stempel pos) kepada panitia sayembara Penulisan naskah buku pengayaan 2010 Pusat perbukuan depdiknas, informasi dapat menghubungi bangnas_pusbuk@yahoo.com atau telepon ke 021 3804248 pes.275. Info lengkap bisa dilihat di sini.

Pengalaman saya mengikuti lomba ini pada tahun 2009, lomba ini sangat bermanfaat sekali bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Semoga anda yang berprofesi sebagai pendidik bisa mengikuti lomba ini, dan bila terpilih, anda dapat bertemu langsung dengan mendiknas, dan mendapatkan ini.

Hadiah Lomba Buku Pengayaan 2009
Hadiah Lomba Buku Pengayaan 2009

Salam Blogger Kompasiana
Omjay

Categories:

72 People reacted on this

  1. Om Jay, bisa beri referensi gimana sih nulis buku pengayaan. kebetulan saya pedidik di lampung, pengen ikut tapi gak ngertiformat penulisan seperti apa? ukuran buku?dan materi isi buku bagaimana? kalo bisa kasih tau dung kisi-kisi menulis buku pengayaan, ‘kan Om Jay sebagai salah satu juara pastipaham…Salam. Yanti

  2. hm….. pak Jay…..kalu staf TU bisa ikut nggak ya??

    sya pngen bgd ikutan……..

    ada ks4an ga ya???

    um…iya, mbok saya minta tolong dikirimin contoh2 karya pemenang lomba yg kmaren….itu sih kalau bapak ndak keberatan….

    nuwunn

  3. Asslkm om jay,sy guru ipa n kimia smk dijateng pingin nyoba ikut n baru pertama ini.minta tolong contoh referensi untuk smk klo ada yg berhubungan dengan ipa,sekalian contoh drama n novel ya om,karena saya jg seneng nulis drama siapa tau dpt juara seperti om jay,terima kasih banyak.wass

  4. Assalamu’alaikum ustadz… saya tertarik ingin buat buku pengayaan itu, tapi karena ini adalah pengalaman pertama kali bagi saya sebagai guru muda, bisakah ustadz kirimkan contoh buku pengayaan bidang apapun via email saya untuk bisa saya dapatkan gambaran bentuknya seperti apa? nuhun tadz… jzklh

  5. Pak Jay, saya seorang guru IPA SMP. Saya ingin mencoba ikut sayembara penulisan buku pengayaan di Pusbuk, tapi saya masih bingung materinya. Apakah materi mengacu pada KD atau di luar KD sama sekali. Saya juga sudah pernah jadi editor freelance di salah satu penerbit buku pelajaran dan saya pernah menulis buku IPA SMK dan Buku Kerja Fisika SMP. Bisakah Bapak mengirimkan contoh buku pengayaan (kalau ada buku non fiksi) ke email saya, agar saya mendapatkan gambaran? Boleh tidak kalau saya menulis buku pengayaan untuk SMK? Terimakasih ya Pak, saya tunggu emailnya….

  6. Salam. Om Jay, saya seorang pendidik tinggal di Banyumas, Jawa Tengah. Sudah pernah mengikuti sayembara seperti ini pada 2009, tapi belum lolos. Boleh tidak meminta contoh buku pengayaannya? Saya ingin ikit lagi. Terimakasih…..

  7. assalamualaikum,saya berminat untuk mengikuti sayembara ini. untuk tingkat SD itu haruskah membuat buku IPA dan matematika dalam satu buku? dan dalam satu buku itu harus mencakup materi kelas 4,5,6 atau salah satu tingkat saja? Bisakah Bapak mengirimkan contoh buku pengayaan karena saya belum pernah menulisnya.. Terima Kasih Pak

  8. pak,sy guru or sd apa bisa ikut lomba dengan pengayaan materi pembelajaran penjaskes dengan berbagai macam permainan tradisional

  9. saya juga pingin ikut nih… btw saya masih kurang paham dengan bentuk dan formatnya cerpen/drama/novel/puisi. spt kumpulan karya gt ya? Om, mbok sy dikirimi cntohnya dong.. lewat email ya.. thx sblmnya ya

  10. gpp, om jay. buat referensi. sblmnya trimakasih sekali. sy tnggu the attachment-nya. ada tips2 yg bs dilakukan agar memenuhi kriteria tdk njih? maturnuwun semua informasinya. sangat brmanfaat buat sy. thx anyway

  11. Sepertinya seru banget ya Om Jay…., saya juga ingin ikutan, tapi masalahnya sama dengan teman-teman yang laen. Mohon kirimi saya contoh naskah yang sudah juara. Terserah apa saja, yang penting bisa dijadikan refrensi. Makasih sebelumnya ya Oom….

  12. assalamualaikum wr.wb.

    saya mo minta info tentang buku pengayaan matematika SD seperti apa ya? bisa kirim via email Pa? Apa kah harus disertai soal-soal dan pembahasan tiap materi?

  13. Kawan, betul yang dikatakan Omjay ikut sayembara PUSBUK sangat bermanfaat. Saya pernah dapat di tahun 2007, untuk SMP. hasilnya lumayan saat itu, meski juara III (10 Juta). Saya sarankan, jika teman-teman ingin ikut, jangan bentuk puisi dan cerpen, karena saingannya terlalu banyak sehingga peluangnya agak sempit. Peluang paling menjanjikan ada pada naskah drama, utamanya untuk tingkat SD. paling tidak, saingannya puluhan atau bahkan di bawah 50 peserta. beda dengan puisi dan cerpen, bisa ratusan.

  14. Ass om jay… selamat ya om, menjadi pemenang di sayembara 2009, saya sudah ikut 2 kali belum lolos juga, masih meraba-raba tentang format buku pengayaan. Sama seperti yang lain bisa tidak saya minta contoh buku pengayaan yang sudah jadi pemenang? Mengingat saya tinggal di kota yang tidak memiliki toko buku yang lengkap. Terimakasaih om.. Wass…

  15. Ass wr wb
    Salam kenal! Kelihatannya menarik hadiahnya! Saya buka laman sibi.or id kok tdk ada formulir pendaftarannya. Kalau Bapak punya mohon dikirim ewat email. Apa benar batas waktu pengirima 1 maret 2010? Ada jg pengumuman 2010 (format PDF) tp di bawahnya ada pengunduran batas waktu pengiriman bl Juni 2009. Terimakasih!

  16. salam kenal pak jay. saya sangat tertarik untuk ikut sayembara tersebut (siapa tahu bisa menang seperti bapak. paling tidak bisa untuk tahun depan karena tahun ini dah telat. kalau tidak keberatan, mungkin bapak mau berbagi contoh buku yang sudah menang. terima kasih sebelumnya.

  17. salam kenal pak jay…. saya dr cirebon, sejak 2003-2008 ikut sayembara ini dan alhamdulillah selalu menang ( dari harapan 1, sampe juara 2, juara 3) yah lumayan lah! thn 2008-2009 ga ikut krn terkena aturan baru tp thn ini boleh ikutan lg. sayang kita blm pernah ketemu ya,pak? oya, masih ada mantan pemenang yg ingat sama saya nggak ya? salam kangen… dan thanks bwt yg msh sms-an dgn sy!

  18. Kapan sebenarnya pengumuman hasil lombanya?
    Dimana saja kita bisa dapatkan buku-buku pemenang lomba? Apakah ada buku tentang kiat – kiat menulis karya sastra baik itu puisi maupun yang lain ? Thanks

  19. Pak, saya dua kali ikutan sayembara. Tahun 2008, alhamdulillah diundang ke Jakarta. Tahun 2009, ikutan dan dapat piagam partisipasi pd bulan Maret 2010. Dalam poin info sayembara tsb (meskipun datangnya terlambat, sayembara ditutup 1 Maret 2010) menyatakan bahwa sayembara 2010 akan diumumkan bertepatan Hari Buku Nasional. Ini berbeda dg sebelumnya bertepatan dengan HGN/HUT PGRI. Itu berarti awal Mei, calon pemenang bakal diundang karena (Harbuknas, 17 Mei). Benarkah? Salam buat guru2 di tanah air.

  20. Hallo Pak Jay..Salam kenal yah..Saya adalah guru sains SMA di sekolah swasta di Jambi. Saya sangat terkesan dengan berbagai informasi yang Bapak sampaikan melalui blog ini. Apa boleh minta contoh-contoh file penulisan karya ilmiah yang baik bisa berupa pTK atau karya ilmiah umum…JUga format penulisan lomba PUsbuk yang pernah Bapak menangkan tahun 2009 Pak?Kalau Pak Jay tidak keberatan heheee..dikirim ke email saya ini..Terima kasih ya Pak….

    1. salam kenal kembali mbak. Semua hal yang mbak minta sdh ada dalam blog saya ini, tinggal diobok-obok aja mbak, hehhehe. Kalau tetap nggak ketemu dgn yg dicari, SMS saya aja di hp 0815 915 5515

      salam
      Omjay

  21. Pak Wijaya yang diselalu semangat dalam menulis, tolong berikan saya contoh penulisan buku pengayaan karena tahun ini insyaallah saya mau ikut lomba tersebut, tetapi bigung format atau bentuknya. Terima kasih atas respon dan kebaikan dari bapak.

  22. ibu sari yg baik, contoh buku sebenarnya sdh banyak di toko buku. Tulisa saja ide ibu dalam bentuk buku, akalu memang bagus materinya pastilah akan menjadi pemenangnya.

    salam
    omjay

  23. Pak jay, tolong kirimkan contoh judul dan format penulisan buku pengayaan ,apakah sesuai SK dan KD,oh ya salam untuk temanku pak Nurokhim Labschool Trims

  24. aslkm pak.Salam kenal dari saya,seorang guru di kalimantan tengah.Saya pengen banget ikut lagi lomba pengayaan tahun 2011.Kalo boleh saya pengen dikirimin contoh naskah pengayaan yang da lolos jadi pemenang via e-mail saya.makasih bgt sblmnya…..

  25. Mas, tolong kirimin contoh karya buku pengayaan yg menang sayembara ke email saya dong, kalo ada kumpulan puisi atau pantun juga boleh.

    Maaf mbak eka saya gal punya.

    salam
    Omjay

  26. ommm, aku 2010 ikut, tapi gak lolos, tolong beri aku contoh, gimana sih buku pengayaan yang fiksi itu. penasaran soalnya pingin ikut lagi di 2011. makasih sebelumnya.

  27. pak saya mau tanya untuk bisa lolos buku pengayaan itu yang terpenting apanya ya?
    trus itu ada kriteria ipa dan mat itu harus jadi satu atau sendiri-sendiri?
    trus contoh buku pengayaan sd ipa seperti apa
    tolong saya diberi contoh
    terima kasih sebelumnya
    suwun……………..

  28. pak Jay, bisa beri referensi gimana sih nulis buku pengayaan. saya pengen ikut tapi gak ngertiformat penulisan seperti apa? ukuran buku?dan materi isi buku bagaimana? kalo bisa kasih tau ya kisi-kisi menulis buku pengayaan, ‘kan pak Jay sebagai salah satu juara pastipaham…
    terima kasih.. helda

  29. Ass Om Jay,
    Sy guru di SMA Labschool UPI Bandung.
    Sy kebingungan karena harus merevisi buku pengayaan yang dilombakan tahun lalu.
    Bisa minta tolong contoh Buku Pengayaan yang baik itu seperti apa Om…
    Terima kasih atensinya 🙂

  30. Saya guru PKN/IPS SMP, saya ada topik menarik yang mau saya jadikan buku pengayaan. tapi bingung bagaimana syarat fisik buku dsb dan contoh bukunya. tolong kirim dong mas ke e-mail saya…trimakasih

  31. Syukur alhamdulillah, Bapak sudah mengirimkan contoh bukunya kepada saya. Terima kasih Pak. Tapi saya mau minta tolong lagi Pak:
    1. Ada tidak contoh buku pengayaan bidang pengetahuan sosial/humaniora, mengingat bidang yang mau saya tulis sama dengan itu.
    2. Apakah bagian isi buku perlu diperkuat dengan catatan kaki atau keterangan data seperti pola penulisan skripsi? mengingat tulisan yang mau saya buat adalah reduksi hasil penelitian
    3. Bagaimana proporsionalitas display gambar/ilustrasi yang ditampilkan di bagian isi buku?

    Terima kasih, Pak
    Wassalam

  32. saya ingin mengetahui untuk mengikuti sayembara penulisan naskah buku pengayaan 2014 untuk kumpulan puisi berapa jumlah judul puisi dalam satu kumpulan.semoga bapak berkenan memberikan penjelasan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.