Mensyukuri Nikmat Allah

SETELAH sholat Tahajud malam ini, seperti biasanya saya membuka laptop dan lalu saya buka program MP3. Mulailah terdengar Q.S. Ar-Rokhman dari dalam laptop saya. Enak di telinga dan teduh di hati. Alangkah indahnya bila kita sering mendengarkan kalam ilahi, memahami isinya dan melaksanakannya dalam kehidupan. Tentu kita akan termasuk orang yang senantiasa bersyukur. Mensyukuri nikmat Allah yang luar biasa besarnya. Sehingga tak heran bila Beliau yang diatas menegur kita dengan firman-Nya, Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?


Saya renungi perjalanan hidup saya. Saya pandangi foto kedua orang tua saya yang sudah almarhum. Tentu mereka ingin anaknya kelak menjadi orang yang berguna untuk sesamanya. Saling berbagi kebaikan dan mengajarkan kebajikan.

Saya masih ingat, ketika ayah masih hidup. tak pernah sedikitpun beliau marah. Kalaupun beliau marah, marahnya tak terlihat dan biasanya beliau langsung ambil wudhu lalu sholat. Berbeda dengan ibu. Ibu selalu memarahi kami. Apalagi bila kami malas untuk belajar. Tapi, bila kami ujian, ibulah yang selalu berpuasa untuk kami. Menyiapkan sarapan pagi dan segala keperluan kami. Dari mulai kami bangun sampai kami mau tertidur lagi.

Kini keduanya telah dipanggil Allah. Meninggalkan kenangan yang tak akan terlupakan. Saya bersyukur mempunyai kedua orang tua yang menyayangi saya. Memberikan contoh bagaimana mengarungi kehidupan. Kadang bersahabat, dan kadang kurang bersahabat. Itulah hidup harus dihadapi dengan keluhuran budi. Pandai memadukan tata rasa, tata pikir, dan tata tindakan ke dalam tata krama yang berujung kepada akhlak mulia. Tak banyak orang seperti ini, dan tidak mudah untuk dapat seperti itu.

Mensyukuri nikmat Allah harus menjadi bagian dalam hidup kita. Kadang tak sadar kita kurang bersyukur kepada-Nya. Mengeluh dan hanya mengeluh. Tak pernah kita berterima kasih kepada-Nya. Padahal sudah begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita. Mulai dari nikmat kesehatan, nikmat kekayaan, dan nikmat-nikmat Allah yang lainnya.

Tak terasa adzan subuh sudah berkumandang di masjid. Saling bersahutan antara masjid satu dengan masjid lainnya. Panggilan untuk umat muslim sholat berjamaah. Tapi, mengapa sedikit yang datang ke masjid? Apakah ini tanda kita mensyukuri nikmat Allah??

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.