Hari Keduapuluh Dua Belajar di Negara China

Minggu, 24 Maret 2019 adalah hari terakhir kami berada di negara china. Banyak pesan dan kesan kami selama berada di negara panda ini. Pagi hari kami sudah harus siap di lobby hotel. Pukul 05.00 pagi kami sudah kumpul untuk berangkat pulang kembali ke Indonesia.

Kali ini kami naik kereta api cepat. Setelah semuanya kumpul, kami diberikan snack sarapan pagi oleh panitia. Mis Mona membagikannya kepada kami. Ada roti, susu, dan dua buah telor. Alhamdulillah dapat mengganjal perut ini dalam perjalanan menuju stasiun kereta api di kota Xuzhou.

Dari kampus, kami naik dua bus kampus yang sudah disiapkan oleh kampus CUMT, tempat kami kursus singkat selama di China. Kami juga diantar oleh para pendamping kami sampai stasiun kereta. Mereka membantu kami mencarikan petugas pembawa tas (poorter). Petugas yang bantu membawa koper kami rata-rata wanita. Biayanya 5 yuan per orang.

Alhamdulillah semua barang bawaan bisa masuk kereta api cepat. Ini pengalaman pertama saya naik kereta api cepat china. Jadi perjalanan ini sungguh berkesan buat saya. Waktunya seperti kita naik kereta parahiyangan Jakarta Bandung. Bahkan lebih cepat waktunya. Dalam waktu hanya 2 jam, kita sudah sampai Stasiun Nanjing dan kemudian naik kereta berikutnya menuju bandara Nanjing. Kalau naik bus bisa 6 sampai 7 jam.

Sebenarnya enak sekali naik kereta api cepat. Namun sayangnya, banyak sekali barang bawaan kami, sehingga 20 menit sebelumnya kami sudah harus siap-siap membawa barang bawaan kami ke dekat pintu keluar. Sebab kereta berhenti tidak lama waktunya. Hanya dikasih waktu 2 menit.

Untunglah kawan-kawan saling bekerjasamana dan para pemandu kami dari kampus ikut membawa koper bawaan kami. Saya sendiri membawa 2 koper dan 2 tas besar. Kalau tidak dibantu mereka, mungkin tas saya akan ketinggalan masuk kereta.

Naik turun tangga bawa koper meskipun ada tangga berjalan, repot juga. Saya mengalami kesulitan kalau harus membawa 4 tas sekaligus. Untunglah Mr. Barman dan Mr. Pateson serta pemandu lainnya membantu kami yang banyak membawa barang bawaan sampai bandara.

Naik kereta memang enak dan cepat sampainya daripada naik bus. Tapi, kita harus siaga dan tidak boleh tertidur, karena kami membawa barang bawaan yang berat-berat kopernya. Enaknya naik bus, meskipun jauh kita tidak perlu repot-repot lagi bawa tas koper ke sana kemari. Kita bisa tidur dalam bus.

Memang ada plus minusnya. Saya merasakannya dengan riang gembira. Sebab ini baru pertama kalinya saya naik kereta api cepat di negara china. Semoga pembangunan kereta api cepat Jakarta sampai Bandung segera selesai. Aamiin.

Tiba di bandara kami langsung masukkan barang ke bagasi. Saya kelebihan 4 kilogram. Untunglah ada pak Hamzah yang berbaik hati membawa tas saya, sehingga jumlah kiloan saya hanya 26 kg saja. Terima kasih pak Hamzah Ramadhan, anda sungguh baik sekali. Kalau saya tidak menitipkan barang, maka saya akan terkena 400 yuan. Lumayan juga biayanya. Sekitar 800 ribuan. Uang segitu mending buat beli oleh-oleh.

Di bandara kami sarapan dulu. Mas Hartono membawa nasi dan telor asin. Alhamdulillah perut terisi, dan ditambah telor dan roti dari panitia plus susu putih. Nikmat sekali rasanya kami makan Bersama walaupun sambil duduk lesehan di bandara.

Di bandara kami bertemu kawan-kawan dari aceh yang sedang studi di china. Juga bertemu kawan-kawan guru dari dikmen yang pulang hari ini. Rasanya pesawat chatay dragon penuh dengan orang Indonesia.

Pesawat terbang tepat waktu pukul 13.35. Kami tiba di hongkong sekitar pukul 17.00. Kemudian transit sebentar dan terbang menuju Jakarta pukul 19.05. Dari hongkong kami naik pesawat chatay pacific menuju Jakarta.

Selama di pesawat saya menonton film india. Ceritanya bagus. Diambil dari kisah nyata seorang guru yang mendidik siswanya menjadi orang sukses sesuai bakat dan minatnya. Nanti saya akan ceritakan tersendiri. Tak ada murid yang bodoh, yang ada mereka belum menemukan guru yang tepat.

Alhamdulillah, akhirnya pesawat sampai Jakarta pukul 00.15 wib. Kami dijemput pakai bus besar menuju hotel menara peninsula. Di hotel ini kami akan melaksanakan kegiatan penyusunan laporan dan presentasi kegiatan kami selama berada di negara china. Badan ini terasa lelah, omjay mau beristirahat dulu. Waktu sudah menunjukkan pukul 03.17 wib. Besok kita lanjut lagi ceritanya.

Berikut ini laporan jurnal harian omjay, semoga bermanfaat.

JURNAL HARIAN (HARI 22)

Hari/Tanggal : Minggu / 24 Maret 2019

Kegiatan/Materi : Kembali Ke Indonesia

Narasumber : Tim Fasilitator

JURNAL BELAJAR

Pengalaman Belajar Pengalaman belajar hari ini adalah naik kereta api cepat china dan kita harus bisa mengatur waktu dengan baik. Bila tidak disiplin, maka kita akan ketinggalan kereta. Enaknya, kereta api ini langsung terhubung ke bandara. Sehingga kami dapat cepat sampai dari kampus cumt ke bandara Nanjing.
Materi yang telah dipahami Disiplin soal waktu dan kerjasama tim sangat diperlukan dalam perjalanan kami menuju bandara. Kalau kami tidak saling bekerjasama, maka barang bawaan peserta banyak yang tertinggal saking beratnya. Maklum banyak yang membawa oleh-oleh pulang ke Indonesia sehingga kopernya banyak yang beranak.
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya Materi yang belum saya pahami adalah berapa lama pembuatan kereta api cepat dan berapa tarifnya secara detail. Kabarnya ke Beijing dari Xuzhou 308 yuan.
Usaha dan cara untuk mengatasi Usaha dan cara kami mengatasi hal ini adalah kami terus belajar bahasa mandarin setiap hari selama berada di negara china. Baik dengan cara berbelanja maupun naik kendaraan. Usaha kami hari ini luar biasa. Membawa koper dalam jumlah banyak menjadi kesan tersendiri. Untungnya kawan-kawan saling berbagi. Mereka yang kelebihan bagasi dapat menitipkan barangnya ke mereka yang kurang dari 30 kg. Indahnya kolaborasi.
Upaya pengayaan Upaya pengayaan yang kami lakukan adalah bertanya langsung dengan teman sejawat yang lebih bagus penguasaan bahasanya dan pemandu kami dari kemdikbud selama berada di negara china. Lalu rajin mencari informasinya di internet. Setelah tahu, biasanya saya mempublikasikannya lewat blog pribadi di http://wijayalabs.com

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Blog http://wijayalabs.com

94 Responses to “Hari Keduapuluh Dua Belajar di Negara China”

  1. Shaquilla says:

    Sangat menarik pak, China memang merupakan negara yang sangat disiplin dan lebih maju.

  2. tabina says:

    wah seru sekali pengalamannya pak, semoga dapat diambil hikmah dari pengalamannya selama ke china

  3. Lantip says:

    Keren Pak!
    Saya jadi tahu ;enih banyak tentang negeri Cina.

  4. Naufal Rafif Asadel says:

    waw… omjay ke cina keren

  5. ra says:

    sangat luar biasa pengalaman OmJay ke Cina. banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat, bisa belajar untuk lebih disiplin, cepat, dan cekatan dalam segala sesuatau. selain itu dapat belajar untuk waspada akan ketertinggalan kereta. KEREN!

  6. Nayla Sabrina says:

    Wah…Memang perjalanan yang keren..sukses terus Omjay!!! Kelihatannya cina seperti negara maju

  7. alya taqiyya says:

    waw bagus pak perjalanannya 🙂

  8. M. Dwantara says:

    Ashiap mantap Omjay

  9. erlin says:

    keren banget omjay!! sukses terus

  10. nasya says:

    seru bgt omjay

  11. dwi says:

    wih seru tuh

  12. adam says:

    woaaaaah keren sekali ashiaaaaaaapapapapapapapapapapaapppapapapaappaapapapapapaapapapapapaaaaaaaaaapapapaaaaaaaaaapaaaaapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapaaaaa

  13. banyak ya kayaknya pengalamannya saat di cina, dan sepertinya transportasi paling efektif disitu naik kereta ya.

  14. Nuna Alhamid says:

    menarik gitu ya gaes

  15. Saya jadi pengen naik keretanya pak

  16. alisa says:

    omjay keren banget

  17. sangat inspiratif omjay ke China bersama teman-teman pengalamannya sangat bagus dan membuat saya tertarik ke China

  18. ragil s says:

    saya suka saya suka teman2 omjay baik sekali ya pak

  19. Khalisa Safana F says:

    so fun, so good, enak banget belajar di china

  20. ahmad zaky says:

    keren om jay semoga saya bisa nyusul dan kuliah disana

  21. wildan says:

    sangat hebat pak perjalanan bapak dan juga semoga omjay terus sukses.

  22. Rafi Renardi Hariyo says:

    keren pak! ASHIAP

  23. wildan says:

    waw omjay hebat insyaallah omjay sukses terus

  24. Raissa nadhifa A says:

    Wih keren pak! terima kasih sudak berbagi pengalaman ya omjay!

  25. balqis says:

    wahh, seru sekali pak…
    semangat terus,,,

  26. Keren pak… saya pengen jadi naik kereta di china

  27. Shaquilla says:

    Keren pak, ternyata China negara yang sangat disiplini dan maju

  28. Shahab says:

    Sungguh cerita yang sangat inspiratif, sangat menyejukan. Petualangan yang seru dan mempunyai banyak amanat, saya sangat terkesan dengan cerita Om Jay.

    Selain ceritanya mempunyai banyak amanat, cerita ini juga mempunyai lawakannya yang membuat sang pembaca tidak bosan saat membaca cerita ini, apalagi saat Om Jay tidak tahan lagi menahan kentut karena masuk angin di hotel hahahaha,

    tidak hanya ceritanya menghibur sang pembaca, ceritanya mempunyai banyak informasi, seperti budaya cina dan adanya masjid di negeri bambu ini. Overall ceritanya sangat menarik.

  29. Keren China/Tiongkok/Pabrik Negara Yang Keren

  30. chelsea says:

    wah menarik sekali omjay

  31. chelsea says:

    wah menarik sekali, sukses terus ya omjay

  32. reisha says:

    bagus sekali omjay 🙂

  33. Fatharani A says:

    keren sekali pak!
    Semoga omjay bisa dapat lebih banayk kesempatan lagi ya…

  34. aziiz says:

    keren ya pak ke cina, asyiaaap

  35. Hafa says:

    Seru sekali, jadi pengen ke Cina deh…

  36. chelsea says:

    wah seru sekali ya omjay. sukses terus pak

  37. chelsea says:

    wahh menarik sekali ya omjay

  38. chelsea says:

    wah seru sekali ya omjay ke cina

  39. chelsea says:

    wah menarik sekali ya omjay

  40. keisha andani says:

    so gud en so fan. wow. uh she up. i like it. wow i want to go to china as well wow

  41. miftah farid says:

    keren pak perjalanan ke cina nya

  42. amirah qn says:

    kece pak! smoga bisa ke cina lg ya pak, jgn lupa oleh-olehnya ya pak ! kita tunggu

  43. aiko f says:

    ceritanya sangat menarik

  44. vio says:

    widihhh asik banget om jayy
    🙂

  45. best koreabooo says:

    STAN CLC AND EVERGLOW!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  46. annisa says:

    sangat seru dan enak ya gaes di china, so good.. ashiappp

  47. best koreabooo says:

    STAN CLC AND EVERGLOW Y’ALL HOE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  48. Sandrea Heidi says:

    wihh pengalaman bapak seru! sukses terus yaa pakk..

  49. M.BRILLIAN says:

    mantul om keren pars
    -aziiz

  50. pid says:

    asik nih pakk

  51. best koreabooo says:

    aashiiyap boso yoldushi

  52. pid says:

    asik nih pak jalan2

  53. aviora z says:

    wiiih seru bgt nih om jayy

  54. Semoga perjalanan pak omjay bermanfaat dan dapat disebarkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajarin

  55. Semangat ya Omjay. Biar bisa ke luar negeri lagi

  56. Irsyad says:

    kece bgt lah pokoknya omjay

  57. Bariq says:

    Bapak setelah 22 hari di Cina telah kembali ke Indonesia dengan pengalaman belajar yang baru dan terupdate dari negara maju di asia timur. Bpak seperti kangen terhadap suhu dingin dan merasa kurang puas setelah tinggal di Indonesia lagi

  58. amirah qn says:

    ditunggu oleh2nya pak

  59. aflah says:

    omjay kapan ke cina lagi…

  60. Fattan says:

    wah keren tuh. kapan-kapan ajk Farhan

  61. Fattan says:

    Wah keren tuh. Ajak Farhan, pak

  62. lia says:

    keren omjay

  63. coko says:

    keren pakkkk, semoga bisa berkunjung lagi ke another negara

  64. Alodya says:

    keren kerennnn

  65. Farrel RP says:

    Keren pak, emang china negaranya disiplin, semoga belajarnya sama pengalamannya bisa berhikmah.

  66. alhamdulillah, keren pak omjay

  67. Nadiv Nugroho says:

    wah seru sekali ya pak! pasti bapak banyak belajara disana dan mengalami banyak yg baru, saya jadi ingin kesana. bagi bagi oleh oleh dong pak hehe

  68. Jannaviar says:

    waaah keren sekali omjay mataaaaaaaab jiwaaa mantab soul

  69. riznandika says:

    sangat menarik om

  70. dandy says:

    kece om jaaayyyyy

  71. fabian says:

    kecee omjayy

  72. sahl samudro says:

    meewoow
    …. keren ommmek

  73. ajei says:

    kece pak

  74. arina fahrani says:

    keren om!!!

  75. dyanettanr says:

    keren

  76. Alisha says:

    seru bgt nih pakk

  77. Andi Wibowo says:

    sangat inspiratif cerita nya

  78. fhatika says:

    keren sekali omjay bisa mendapat kesempatan belajar ke cina sukses selalu 🙂

  79. fico says:

    kerja keras terus omjay agar makin sukses

  80. M.Nararya Cahya Sena says:

    emang ya omjay kereta luar negeri enak-enak semua coba aja kalo indonesia juga gitu

  81. Arshya says:

    Semangat belajar Omjay! Ilmunya pasti bermanfaat =)

  82. Raka Daffa says:

    Wah bagus sekali omjay, sangat menginspirasi omjay.

  83. Ahmad Evander says:

    Wah keren sekali omjay bisa jadi inspirasi nih. jadi pingin ke cina

  84. rayienda says:

    sukses terus omjay

  85. Rafi Akbar says:

    keren omjay, saya jadi penasaran rasanya belajar di china, lanjut terus omjay. semangatt

  86. Haryo Raafi. A says:

    sangat bagus ceritanya

  87. Anonymous says:

    Keren omjay

  88. Tristan M. says:

    keren omjay… kerja keras terus ya..

  89. noeriza says:

    seru banget disana omjay

  90. Yaaah liburan sambil belajarnya sudah usai ya Omjay, semoga jadi pengalaman dan inspirasi yang hebat

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi