Hari Keempat Belajar di Negara China

Rabu, 6 Maret 2019 adalah hari keempat kami belajar di negara china. Pagi ini dingin sekali. Saya paksakan untuk mandi. Dengan begitu tubuh menjadi hangat. Di kamar mandi ada air hangat. Badan terasa segar setelah mandi.

Saya sholat subuh pukul 05.00 pagi setelah itu melanjutkan menulis laporan jurnal harian. Panitia dari pembinaan dikdas kemdikbud meminta kami membuat laporan jurnal harian. Setiap hari dan setiap minggu harus dilaporkan. Hal ini diperlukan untuk dokemnetasi kegiatan.

Sarapan pagi sudah dimulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00 setiap harinya. Kami sarapan pagi di lantai 1. Setelah itu kembali ke kamar untuk persiapan kuliah Bahasa mandarin hari ini. Mrs. Yaqin Xu akan memberikan materi lanjutan hari ini.

Nampak sekali kawan-kawan senang berada di sini. Semangat belajarnya tinggi sekali. Kuliah belum dimulai, tapi sudah banyak yang datang dan berkumpul di kelas. Mereka mengulang kembali materi yang diberikan Mrs. Yaqin Xu.

Kami belajar mengucapkan selamat pagi dan belajar bicara Bahasa china. Ketua kelas pak Mansur Palawi memimpin kami belajar Bahasa china pagi ini. Ibu Alpha pura-pura jadi dosennya, dan kami langsung praktikkan apa yang kemarin diberikan dosen Bahasa mandarin.

Mengapa Bahasa mandarin ini penting diberikan kepada kami? Sebab Bahasa ini sangat diperlukan selama kami berada di China. Sehingga kami dapat berkomunikasi dengan baik ketika berkomunikasi dengan penduduk setempat. Sebab di china masih jarang penduduk yang bisa Bahasa Inggris dengan baik. Pernah saya dan teman-teman di mana toilet terdekat dalam Bahasa inggris. Mereka tidak bisa menjawabnya.

Kuliah Bahasa mandarin terus berlanjut. Dengan penuh kesabaran Mrs Yaqin Xu mengajari kami pelan-pelan. Beliau mengajari warna-warna dalam Bahasa china dengan video yang ditayangkan melalui power point. Lagunya enak membuat kami cepat paham arti warna warna dalam Bahasa china. Materi Basic Chinese Course ini memang sangat menarik. Kami juga diajari bicara mata uang china dari yang kecil sampai yang besar.

Kami diajari juga cara membeli barang dengan jumlah uang yang bisa kami baca dalam Bahasa china. Ternyata tidak mudah mengucapkannya. Jadi ingat waktu seorang kawan mau beli baju di Lotus Mall dekat kampus. Karena belum bisa Bahasa china, beliau pakai kalkulator di ponsel untuk menawar harga. Ternyata itu jauh lebih efektif, karena orang china tahu maksudnya. Akhirnya bisa ditawar dari harga 69 yuan jadi 60 yuan berkat pakai kalkulator.

Memang sangat menarik belajar Bahasa mandarin. Banyak pengetahuan baru kami dapatkan dari Bahasa ini. Mrs. Yaqin Xu memang pinter cara mengajarnya. Beliau tidak pernah berhenti mengajarkan kami bicara dalam Bahasa china. Kalau kurang sabar, pasti susah menjadi guru Bahasa mandarin.

Sambil membuka bing Microsoft translator, sedikit demi sedikit saya tahu maksudnya. Harus focus kalua mau bias belajar Bahasa china.

Kami juga diajari cara bicara anggota tubuh. Mulai dari rambut sampai telapak kaki. Sampai saat ini saya belum hafal cara mengucapkannya. Mungkin kalau sering berlatih dan parktik langsung bisa ingat terus.

Soal waktu juga diajarkan seperti What time is it? Kami diminta mengucapkannya dalam Bahasa china. Zhe shi shei?  

Belajar Bahasa china memang menggembirakan.Perlu banyak waktu untuk mempelajarinya. Semoga saya bisa menguasainya dengan terus menerus mempraktikkany selama di belajar di China.

What day is it today? Bahasa Chinanya adalah   

Terima kasih Mrs Yaqin Xu, kami menjadi tahu Bahasa china. Lebih dikenal dengan nama Bahasa mandarin. Sedikit demi sedikit kami jadi tahu Bahasa china. Semoga bias langsung kami praktikkan sehari hari di sini. Terutama saat libur kuliah hari Sabtu dan minggu. Sambil jalan-jalan naik kereta api cepat, kami belajar Bahasa china secara langsung.

Besok atau tomorrow dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Chinanya    kita bisa jalan-jalan keliling kota dan menjadi tahu kondisi di China. Selama 4 hari ini belum kemana mana. Masih belajar di di dalam kampus China University og Mining Technology (CUMT).

Waktu makan siang hamper tiba. Kita istirahat dulu sejenak belajar Bahasa china. Makan siang sudah disiapkan di penginapan. Semua peserta kembali ke pekamar masing-masing untuk istirahat, sholat dan makan siang. Sampai nanti ya!  

Published by Wijaya Kusumah

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Join the Conversation

32 Comments

  1. Om jay pasti ngerasa susah untuk berbahasa china dengan benar.Pasti harus ada latihan untuk melakukan bahasa. Wah.. Omjay diajarkan untuk membeli barang di China ( mungkin penawaran). Gimana gurunya disana Om jay, apakah friendly, review dong Om jay

  2. katanya kalau dingin itu solusinya adalah membelikan oleh2 untuk orang yang ditinggalkan.
    ditunggu oleh-olehnya yaa..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.