Mengapa kita harus melestarikan hutan?


Mengapa kita harus melestarikan hutan?

Waktu berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemarin kita berkumpul dalam rangka bincang santai bersama blogger. Yayasan Doktor Sjahrir (YDS) dan Climate Reality Project Indonesia mengajak para blogger untuk melestarikan hutan.

Forest talk with blogger menyatukan kita semua dalam rangka melestarikan hutan Indonesia. Para pembicara menjelaskan dengan baik pentingnya hutan dalam hidup manusia dan manfaat hasil hasil hutan sebagai modal kewirausahaan yang dapat meningkatkan perekonomian desa.

Saya menyaksikan hasil karya mereka. Pameran karya mereka dipamerkan dalam mini exhibition yang memamerkan produk hutan non kayu dan produk kreatif yang berasal dari limbah kayu. Para perajin sudah mrndapatkan bantuan sosial atau CSR dari perusahaan dan yayasan yang peduli dengan kelestarian hutan.

Sehabis ngobrol santai para blogger diajak mencicipi masakan kuliner dari produk hutan. Ada ahli masak mendemokan cara masaknya. Saya melihat dari bagian belakang saja.

Sebagai seorang blogger saya merasa terpanggil untuk menulis pelestarian hutan ini. Saya baca kembali slide presentasi para pembicara satu persatu. Anda bisa membacanya di sini.

Bagus banget isinya. Kami yang hadir menjadi mengerti kenapa hutan harus kita lestarikan. Di dalam perubahan iklim yang tidak menentu dan banyaknya bencana alam saat ini, membuat kita menyadari pentingnya kembali ke alam atau back to nature.

Almond zucchini menjadi saksi bisu tempat berkumpulnya para blogger di tanngal 9 februari 2019. Hari Sabtu itu, tempat ini diserbu para blogger ternama dari berbagai komunitas blogger.

Talkshow interaktif seperti acara ini harus terus dilanjutkan ke kota lainnya. Sehingga semakin banyak blogger menuliskannya.

Setelah membaca tulisan para blogger di blognya masing masing saya semakin paham pentingnya pelestarian hutan dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Berbagai kegiatan pendampingan sudah dilakukan oleh para relawan dan organisasi sosial. Saya kagum dengan kegiatan mereka. Turun langsung ke desa desa dan melakukan pendampingan.

Sebagai seorang guru di sekolah, saya akan bagikan pengalaman saya ini kepada peserta didik saya. Mereka juga harus tahu dan menjaga agar hutan tetap lestari.

Kebersihan sekolah harus dijaga. Pohon pohon rindang dipelihara dan sampah sampah dikelola menjadi berkah.

Peran orang tua murid juga diberdayakan sehingga merekapun tahu untuk tidak membuang sampah sembarangan. Terutama sampah plastik yang sering dibuang sembarangan.

Blogger menjadi harapan para penggiat pelestarian hutan untuk banyak menuliskan pentingnya pelestarian hutan. Program kerja yayasan Doktor Sjahrir harus kita dukung dengan baik.

Hutan kita memang harus dijaga sepanjang masa. Desa desa yang berada di sekitarnya harus diangkat perekonomiannya. Hutan menjadi parupru kota yang semestinya kita jaga kelestariannya.

Setelah melihat langsung hasil karya para perajin, saya optimis ekonomi desa akan tumbuh dan mulailah menanam pohon sebagai bahan bakunya.

Buat kawan kawan blogger yang belum sempat menulis pengalamannya mengikuti acara forest talk with blogger, ayo segera menulis. Pekerjaan menulis memang harus dipaksakan agar apa yang tersimpan di kepala dapat berbuah pahala.

Ingat kembali apa-apa yang sudah dilaksanakan. Sempatkan membaca kembali slide-slide pembicara yang kemarin sudah dipresentasikan dengan baik.

Hutan kita harus lestari dan dijaga sampai mati. Tulisan anda akan menjadi ladang amal dalam menggulirkan ekonomi kreatif di desa dan mengajak orang lain menanam pohon sebagai bahan baku produk unggulan desa. Anda bisa membaca tulisan para blogger di http://lestarihutan.id/

Pagi ini saya diminta menjadi pembicara seminar nasional di pasca sarjana uhamka. Nanti akan saya sisipkan sedikit pentingnya pelestarian hutan dalam kehidupan manusia di era global saat ini.

Selamat menulis dan selamat berimajinasi mengenang kembali pertemuan kita di almond zucchini. Pertemuan pertama yang begitu menggoda. Setelah itu terserah anda hehehe.

Tulisan lengkap saya tentang kegiatan kumpul blogger dan bicara tentang pelestarian hutan dapat anda baca di http://kompasiana.co/wijayalabs/

 

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

February 2019
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi