Tugas TIK Kelas 7 Pertemuan ke-10

  1. Silahkan daftar di blog http://kompasiana.com
  2. Buatlah artikel terbaru dengan judul belajar TIK di SMP Labschool Jakarta sebanyak 300 kata dengan kategori Humaniora (pilih edukasi) dan label labschool
  3. Kirimkan alamat link artikel ke omjaylabs@gmail.com
  4. Kasih komentar di salah satu tulisan omjay di http://kompasiana.com/wijayalabs
  5. Tugas harus selesai hari ini juga, dan copas alamat url link tulisan kamu ke bagian komentar!
belajar tik di smp labschool jakarta

belajar tik di smp labschool jakarta

 

15 Responses to “Tugas TIK Kelas 7 Pertemuan ke-10”

  1. Belajar TIK merupakan salah satu cara siswa mengetahui cara menggunakan komputer dan internet dengan baik dan benar. Guru TIK di SMP Labschool Jakarta memberitahu tugas yang diberikannya pada para murid dengan mengupload tugas yang diberikan ke blog.

    Cara belajar seperti ini merupakan cara belajar yang efektif, sehingga para murid yang tidak hadir saat pelajaran berlangsung dapat mengetahui tugas apa yang diberikan saat mereka tidak hadir.

    Cara ini juga merupakan cara yang efektif untuk para guru. Saat guru menulis dan mengupload di blog, otomatis informasi yang diupload itu akan tersimpan. Sehingga jika sewaktu-waktu guru lupa tugas apa yang diberikannya pada pertemuan tertentu, guru tersebut dapat melihat tugas yang diberikannya. Blog merekamnya dengan baik.

    Guru TIK di SMP Labschool Jakarta bernama Wijaya Kusumah. Atau biasa dipanggil Omjay. Omjay memiliki blog untuk memberitahu tugas TIK yang diberikannya. Blog Omjay yaitu http://wijayalabs.com. Dengan tagline guru blogger Indonesia.

    Omjay adalah penulis yang hebat. Blog Omjay sudah dikunjungi oleh lebih dari 790.000 orang dari Indonesia dan total sudah lebih dari 1.800.000 orang dari seluruh dunia. Omjay juga ikut berpartisipasi dalam Olimpiade TIK Nasional 2018 yang akan diselenggarakan di Denpasar, Bali.

    Fasilitas untuk belajar TIK di SMP Labschool Jakarta sangat lengkap, internetnya jarang lamban, dan juga tugasnya seru. Waktu itu, kelas 7 pernah ditugaskan untuk membuat video ‘Labschool Rumah Keduaku’.

    Kami mengerjakan tugas ini secara berkelompok. Tugas ini sangat perlu kerjasama. Ada yang menjadi cameraman, ada yang menjadi editor, dan lain-lain.

    Setelah tugas ini selesai dikerjakan, kami mengupload video tersebut ke YouTube dan video tersebut akan dilombakan seangkatan. Bagi kelompok yang viewersnya paling banyak, kelompok tersebutlah yang menang.Juga julah like terbanyak.

    Pokoknya, cara belajar TIK di SMP Labschool Jakarta sangat seru dan yang pasti bermanfaat saat kami dewasa. Kami bisa menjadi penulis yang andal. Untuk menjadi penulis tidak harus menunggu sampai umur kita 20 tahun lebih. Kita bisa menjadi penulis mulai sekarang asal tulisan-tulisan kita bermanfaat dan tidak menjatuhkan orang lain.

    Oleh : Nadhira Shafa Utami

    No. Absen : 28

    Kelas : 7D

  2. Artikel ‘Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta’

    Oleh : Anindya Prameswari
    Kelas : 7G
    Absen : 6

  3. Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

    Halo! Saya Anindya, siswa kelas 7G SMP Labschool Jakarta. Saya akan menceritakan pengalaman saya belajar TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) di SMP Labschool Jakarta.

    Siswa-siswi SMP Labschool Jakarta belajar TIK didukung oleh fasilitas lab computer yang memadai. Tempatnya dingin dan terdapat meja dan komputer yang berjejeran. Saya beserta teman-teman senang belajar TIK disana. Selain lab komputernya, saya diajari TIK oleh guru yang biasa dipanggil Omjay.

    Jika saya dan teman-teman akan mengerjakan tugas TIK, kami dapat melihat tugas yang diberikan Omjay di websitenya yaitu wijayalabs.com , kalau saya, biasanya ingin secepat mungkin menyelesaikan tugas yang diberikan, karena kalau cepat selesai saya bias membuka website-website lain seperti menonton youtube, membaca komik di webtooon, dll. Tapi sebelumnya, saya perlu mengumpulkan tugas TIK ke Omjay melalui email nya.

    Terkadang, suasana kelas juga bisa menjadi kurang kondusif. Anak-anak yang berisik, atau ada yang menonton youtube sebelum selesai mengerjakan tugas yang diberikan, sampai-sampai ada saja anak-anak yang malah bermain game. Karena keadaan kelas yang seperti itu, meskipun saya sudah selesai mengerjakan tugas, terkadang saya tidak bisa membuka youtube karena aksesnya diblok oleh Omjay. Jadi saya dan teman-teman yang lain tidak dapat mengakses website youtube dan diharuskan mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang diberikan.

    Di pelajaran TIK, saya sudah mengerjakan banyak tugas sejak baru memasuki sekolah, sepertinya sekitaran bulan Juli. Di antaranya, saya sudah membuat cerita pengalaman MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), membuat presentasi tentang Labschool Rumah Keduaku lengkap dengan hyperlink, membuat cover buku, dll.

    Omjay juga meminta semua tugas-tugas yang sudah saya dan teman-teman kerjakan dicetak dan dijilid. Ini adalah tugas TIK kesepuluh yang saya kerjakan, baru-baru ini kami diminta Omjay untuk menulis artikel di website kompasiana.com , tetapi sebelum itu kami perlu untuk mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu. Ini adalah artikel kedua yang saya buat, artikel sebelumnya berjudul Labschoolm Rumah Keduaku.

    Sekian pengalaman saya belajar TIK di SMP Labschool Jakarta. Terimakasih dan sampai jumpa!

  4. aniqa shifa says:

    Hai! Nama saya Aniqa Shifa kelas 7G, saya bersekolah di SMP Labschool Jakarta tepatnya di Jl. Pemuda Jakarta Timur. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya belajar TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) di SMP Labschool Jakarta.

    SMP Labschool Jakarta memiliki banyak fasilitas-fasilitas yang bagus salah satunya yaitu ruang TIK, tempatnya dingin dan tersedia meja-meja yang lengkap dan lain-lain. Selain fasilitasnya pelajarannya juga disenangi banyak murid-murid. Guru TIKnya biasa kita panggil Omjay, Omjay orangnya seru dan selalu membantu anak-anak yang ada masalah di tugasnya. Jika saya dan teman-teman mengerjakan tugas TIK, kita dapat melihat tugas yang diberikan Omjay di web yang tersedia yaitu wijayalabs.com, kalau tugas yang diberikan sudah selesai kita tinggal kirim ke email Omjay atau di submit ke webnya.

    Tetapi ada juga hal yang saya tidak sukai kalau sedang belajar TIK karena setiap belajar TIK selalu ada keberisikan di ruang tersebut, ada juga yang tidak mengerjakan tugas yang sudah diberikan karena anak-anak banyak yang malah nonton youtube, main game, gambar-gambar, dan lain-lain padahal Omjay sudah berkali-kali memperingatkan untuk mengerjakan tugas tersebut dengan baik, tetapi tidak juga didengarkan.

    Sudahlah tidak usah pikirkan hal itu, mari kita liat apa tugas-tugas yang diberikan Omjay. Sudah banyak tugas yang diberikan Omjay sampai bulan ini, sekitar bulab Juli sudah diberi tugas. Kalau sampai sekarang baru 10 tugas yang diberikan, dan saat ini yang saya tulis adalah tugas kesepuluh. Tugas-tugasnya Antara lain seperti menulis pengalaman saat masa-masa MPLS atau Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah, mengerjakan soal-soal di kemdikbud, membuat vlog tentang Labschool, dan lain-lain. Tetapi baru-baru ini Omjay suka memberikan tugas-tugas yang harus di submit ke kompasiana. Kompasiana adalah blog jurnalis Kompas yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar, rekaman radio maupun video.

    Terima Kasih untuk yang telah membaca pengalaman saya. Sampai Jumpa!

  5. Aqilazahwa says:

    Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta
    Sebelum saya sharing tentang pengalaman belajar TIK di SMP Labschool Jakarta,saya akan memperkenalkan diri saya.Nama saya Aqila Zahwa Azizah,saya bersekolah di SMP Labschool Rawamangun yang lebih tepatnya di Jalan Pemuda,Jakart Timur.Sebelum saya masuk SMP Labschool saya sudah terkagum kagum,apalagi saat saya benar-benar masuk Labschool.Sperti pelajar pada umunya,kita harus menyiapkan buku dan melihat jadwal pelajaran terlebih dahulu sebelum sekolah.Waktu itu,jadwal pelajaran masih tercantum di PDF yang terdapat di telpon gengam pintar milik saya.Saat pertama kali melihat jadwal pelajaran SMP Labschool,tiba-tiba saya bingung dan reflek bertanya kepada orangtua saya.”Mah,BTIK itu apa?”.Awalnya saya pikir BTIK itu kata “Batik” yg disingkat.Karena di SD saya dulu pelajaran komputer dipanggil IT bukan BTIK.

    Hari itu,dimana ada pelajaran BTIK saya sangat tertarik untuk segera masuk ke Labkom ternyata saya sangat suka Labkom di Labschool karena ada skat per computer.Jadi,kita lebih fokus untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh omjay.Meskipun itu hal yang simple tetapi menurut saya skat tersebut membuat saya untuk tak melihat kanan kiri saat mengerjakan tugas jadi saya lebih cepat mengerjakan karena tak menghabiskan waktu melihat-lihat karya yang lain.

    Omjay?Siapa itu Omjay??.Omjay adalah guru BTIK yang sangat kreatif dan berbeda dari guru BTIK sekolah lain.Omjay memiliki website sendiri dan blog.Didalam website Omjay,terdapat kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh siswa Labschool,selain itu terdapat materi yang akan dipelajari saat pelajaran BTIK.Jadi setiap kita ingin mengerjakan tugas di sekolah,Omjay selalu mengingatkan untuk membuka website Omjay sebelum bertanya tentang apa yang akan kita lakukan selanjutnya karena semua materinya terdapat di website Omjay yang bernama Wijayalabs.com.

    Seperti yang saya bilang,Omjay adalah guru yang berbeda dari yang lain.Otomatis,tugas-tugas yang sudah diberikan Omjay sangat bervariasi.Dari membuat video,mengedit video,membuat cerita,berkomentar di website Omjay,berkomentar di kompasiana,dan masih banyak lagi.Jika ingin tau lebih banyak tentang Labschool anda bias mengecek website Wijayalabs.com.Berkomentar di website kompasiana adalah salah satu tugas yang saya kerjakan hari ini.Membuat paragraf tentang BTIK di Labschool.

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi