Olimpiade TIK Nasional (OTN) 2018 di Bali

Komunitas Guru TIK seluruh Indonesia bersama Ikatan Guru TIK PGRI Mengadakan Olimpiade TIK Nasional 2018 dalam rangka menyambut hadirnya Mata Pelajaran Informatika, dengan tema:

“Welcome to Informatika”

Kegiatan akan dilaksanakan di Hotel MahajayaΒ  Convention, Denpasar Bali. Pada hari Sabtu-Senin, Tanggal 17-19 November 2018. Yang akan menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Perindustrian, dan Menteri Komunikasi dan Informasi, serta Narasumber terkemuka dalam Bidang ICT di Indonesia dan Perguruan tinggi serta Pengamat Pendidikan internasional.

Narasumber:

  1. Prof. Muhajir Efendy
  2. Dr. Ir. MM Inggriani Liem
  3. Prof. Dr. Ir. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A.
  4. Dr. Chandra Anugerah, M.I.Kom. dll

Proposal Olimpiade TIK Nasional dapat dilihat pada Link di bawah ini

Proposal Olimpiade TIK Nasional 2018

Peserta dan Pembimbing Olimpiade TIK Nasional 2018 dimohon untuk mengisi Form Pendaftaran

Form Pendaftaran OTN2018

  • Surat Undangan Peserta dan Pendamping Olimpiade TIK Nasional 2018
  • Surat Tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah
  • Surat Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota
  • Surat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
  • Susunan Acara

 

dapat didownload di

untuk Petunjuk Teknis Lomba silahkan buka

atau bila kesulitan download link di atas silahkan hubungi Lilis Juwita

Informasi OTN 2018:

  • Wijaya Kusumah 08159155515
  • Prasojo 081296898995
  • Eka 081337843737

Catat Tanggalnya Hari Sabtu-Senin tanggal 17-19 November 2018, Noted List linknya jangan sampai lupa…
Pendaftaran OTN 2018
http://bit.ly/OTN2018
Juknis OTN 2018
http://bit.ly/JuknisOTN2018
Surat Undangan OTN 2018
http://bit.ly/UndanganOTN2018
Pendaftaran Seminar OTN2018
http://bit.ly/SemnasOTN2018
Pemesanan Penginapan
http://bit.ly/RoomOTN2018

 

233 Responses to “Olimpiade TIK Nasional (OTN) 2018 di Bali”

  1. informasi yang sangat bermanfaat omjay

    1. Guru Muda says:

      ALhamdulillah, yang ditunggu-tunggu kembali hadir. Dengan semngat kembali haadirnya Mata Pelajaran Informatika

      Good job, Om…

  2. lomba-lomba sangta menarik untuk diikuti oleh siswa-siswi labschool dan sangat bermanfaat untuk meningkat kan keahlian dibidang btik

  3. arya 7D says:

    bagus om jay lomba nya banyak tapi aku gak mau ikut om ga jago buat yang begitugituan nanti malah numpang kalah

  4. Wish, Mantap!!! banyak sekali lomba yang bisa ikuti dan yang pastinya worth it.Ini juga bermanfaat banget. Semoga yang ikut dari Labschool menang yaa dan bisa mengharumkan nama Labschoool!!! FIGHTING!!!~

  5. Nadhif rafinanda says:

    informasinya bermanfaat tenan pak,

    1. deniza besan says:

      lombanya sangat bagus untuk anak anak nyg menuyukai pelajaran btik atau mahir
      mereka dapat menunjukan kreasi atau keterampilan mereka melalui lomba ini
      buat semua yg ikut semoga sukses

  6. arya 7D says:

    bagus om jay lomba nya banyak tapi aku gak mau ikut om ga jago buat yang begitugituan nanti malah numpang kalah ya gak om? ya gak gaesssssssssssssssssssssssssssssss argghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh gabisssaaaaaa di uplod pakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  7. deniza besan says:

    lombanya sangat bagus untuk anak anak nyg menuyukai pelajaran btik atau mahir
    mereka dapat menunjukan kreasi atau keterampilan mereka melalui lomba ini
    buat semua yg ikut semoga suksesssss

  8. Wish you all the best for all of the people that compete at this competition!FIGHTING!!!

  9. Audrey 7D says:

    bagus lombanya sangat bermanfaat serta informasinya juga

  10. wah sangat keren! ternyata ada juga ya olimpiade tik, saya baru tahu wkwk. makasi om Jay informasi nya πŸ˜‰

  11. bagi yang ikut dan kalah, jangan menyerah. dan yang menang, jangan cepat ppuas ya…

  12. lomba ini sangat bagus untuk melatih kemampuan kita dalam bidang bidang ini, ditambah kita bisa pergi jalan jalan ke bali
    semoga dalam perlombaan ini banyak menghasilkan prestasi yang bau dan lebih bermanfaat

  13. Banyak banget lomba yang bisa diikuti. Semangat buat yang ikut. Semoga labschool bisa menang!

  14. keren omjay! infon ya sangat bermanfaat dan keratif!

  15. Dalil DM says:

    informasi nya bermanfaat banget Omjay, Lomba nya juga bagus-bagus

  16. Semangat semuanya yang ikut lomba olimpiade TIK nasional 2018 di Bali. wah seru tuh sekalian jalan jalan ke bali. semangat semuanya semoga menang

  17. keren omjay! infonya sangat bermanfaat dan keratif! Lombanya bisa bikin anak semakin ahli dalam komputer

  18. Nadhira Shafa Utami says:

    informasinya sangat bermanfaat

  19. ini informasi yang sangat bermanfaat omjay!biar yang belum tau jadi tau terus jadi ikut lombanya deh.Sebenernya saya pengen ikut tapi saya gaptek wkwk

  20. informasi yang sangat bermanfaat, lombanya juga bagus-bagus

  21. keren omjay! infonya sangat bermanfaat dan keratif! Lombanya bisa bikin anak semakin ahli dalam komputer hehe :”

  22. tsaqif hanan syah says:

    lomba olimpiade ini sangat bagus karena bisa melatih kemampuan kita .lombanya juga di bali jadinya lebih seru|!

  23. Kompetisi yang sangat unik dan bermanfaat, mudah-mudahan kompetisi menduinia dan diakui oleh kanca internasional

  24. sangat bagus pak!banyak sekali lomba yg bisa diikuti! informasi ini bermanfaat sekali untuk org yg ingin mengikuti lombanya

  25. Adisya Naysila says:

    banyak banget lomba yang bisa diikutin. semangat untuk yang ikut olimpiade TIK ! semoga labschool menang!

  26. terima kasih informasinya,mungkin saya nanti akan ikut,terima kasih Om Jay atas informasinya

  27. INFORMASI YANG BERMANFAAT OMJAY SEBAEKAN MANFAAT LAGI OMJAY TERUS BERMANFAAT

  28. terima kasih om jay sudah memberi tahu tentang lomaba ini saya tertarik ingin ikut lombanya tapi ya gitu deh

  29. Alisya says:

    wiw…tops markotop. baru kali ini saya mendengar adanya olimpiade nasional.
    semoga olimpiade tik dan olimpiade non akademik bisa berjaya juga bukan hanya bidang akademik saja ….kereen πŸ™‚

  30. keren banget! membuat indonesia menjadi lebih kreatif di bidang BTIK, apalagi omjay sebagai guru SMP labschool Jakarta menjadi juri di lomba tersebut. dan bagi yang mengikuti lomba semngat yaaa!.

  31. Ghibran khalfani amran 7d says:

    perlombaan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat

  32. dista 7d says:

    lombanya kerena OmJay. bagi yang ikut dan kalah, jangan menyerah. dan yang menang, jangan cepat puas ya… HDan bagi yang tidak ikut, janganpernah meremehkan orang yang pinter dalam bidang komputer, karena sebagian dari mereka menciptakan website kesukaan kalian. HARUMKAN NAMA LABSCHOOL!!!!!!

  33. lombanya banyak sekali yg bisa diikuti dan informasi ini sangat beranfaat

  34. lombanya banyak sekali yg bisa diikuti dan informasi ini sangat beranfaat! semoga sukses buat yg ikut ya

  35. Aisha Anandita Nuraeni Sagita says:

    Waah keren banget! Baru tau ada olimpiade TIK. jadinya pengen ikutan, tapi sayangnya gak bisa. Omjay semangat ya untuk menjadi jurii! sedich gak ikutaann…

  36. bermanfaat sekali pak saya mungkin akan ikut,terima kasih pak

  37. Ghibran khalfani amran 7d says:

    perlombaan yang sangat bagus dan bermanfaat semoga bidang btik semakin baik di indonesia

  38. Waw lomba ini bermanfaat untuk memunculkan generasi muda yang kreatif, inovatif dan aktif, semangat untuk yang lomba, walaupun gk menang tingkatkan bakatnya lagi yah!! jangan mudah menyerah.

  39. sng Raditya 7A says:

    hmm……mau ikut tapi gk bisa maen computer gmn ya?
    btw goodluck bagi yang mendaftar

  40. wow lomba nya sangat keren bisa membuat kita jago memakai komputer

  41. Amira Putri Wardani says:

    waw sangat bermanfaat.. bagi yang ikut semangat yaaa..

  42. Dafrina Kalyla says:

    saya sangat berminat untuk mengikuti kompetisi ini, informasi kompetisinya sangat lengkap dan menarik, kompetisinya juga seru dan semoga ilmu btik di indonesia bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya

  43. vina says:

    lombanya sangat keren

  44. elviana says:

    lombanya sangat keren

  45. lombanya kerennnn bgt dan bermanfaat bagi orang-orang yang jago dalam bidang teknologi/TIK

  46. Adi S. Aurelio says:

    perlombaannya sangat menarik karena, ini adalah pertama kalinya saya melihat lomba BTIK

  47. layka fauzia barhan 7A says:

    wah lomba yang sangat bermanfaat ! dapat menambah kemampuan TIK kita

  48. waw lombanya sangat menarik dan bermanfaat

  49. layka fauzia barhan says:

    wah lomba yang sangat keren !

  50. Auryn 7A says:

    semangat buat yang ikut! maap ya aku gaikut ehehe

  51. wow! OTN ini sangat bermanfaat! banyak lomba yang sangat bagus untuk diikuti yaitu sembilan lomba! benar benar menarik

  52. Terimakasih om Jay atas informasinya, olimpiadenya lumayan menarik dan sepertinya menyenangkan dan sepertinya olimpiadenya sangat bermanfaat untuk berlatih dan mendapatkan pengalaman.

  53. Ambar Hayatul Wafaa' says:

    keren omjay! Lombanya sangat bermanfaat

  54. lombannya kerenn bangettt dan bermanfaat juga bagi orang-orang yg jago dalam teknologi/TIK tapi sayangnya saya tidak terlalu jago dalam bidang tik jadi saya hanya menyemangatkan yg ikut. SEMANGAT YAA SEMOGA MENANG DAN DAPAT MEMBANGGAKAN LABSCHOOL!!!

  55. Keren nih ada lomba, sangat kreatif dan luar biasa untuk menunjuk kekuatan anak jaman now, subscribe ya.. ke youtube channel aku

    https://www.youtube.com/channel/UCXoscMXm5gs0tzbFJeJST9A

  56. saya sangat berminat untuk mengikuti kompetisi ini, informasi kompetisinya sangat lengkap dan menarik, kompetisinya juga seru dan semoga ilmu btik di indonesia bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya, semangat yaa yang ikut <3

  57. waw lombanya sangat bermanfaat

  58. ini amat sangat berguna dan informasinya bermanfaat. hmmm…
    . lomba yang amat berguna

  59. Layka Fauzia B. says:

    wah lomba yang keren !!

  60. Terimkasih omjay informasinya olympiadenya. lomba-lomba nya sangat bagus dan keren

  61. lomba ini sanagat membantu agar bisa lebih baikmemakai komputer,dan yang kalah jangan putus asa:)

  62. ayman fahmy says:

    lomba olimpiade ini sangat bagus karena bisa melatih kemampuan kita .lombanya juga di bali jadinya lebih seru|!

  63. Nadiah Hanan Amin 7A says:

    saya sangat berminat om jay, tapi entar malah kalah hehe πŸ˜‰

  64. Reivan Arighi Rudiarto says:

    semoga yang ikut dalam perlombaan ini saya doakan semoga sukses, walaupun tidak menang tetapi saya tetap respect karena sudah berjuang dengan keras, semoga menang ya, aminnn πŸ™‚

  65. Ayra says:

    keren omjay!saya baru tahu kalau ada olimoiade tik, terimakasih omjay untuk infonyaa

  66. Wow! Lombanya sangat keren dan bermanfaat!
    Semoga peserta yang mengikuti lomba ini diberikan hasil yang memuaskan. Aamiin

  67. Adi S. Aurelio says:

    perlombaannya sangat menarik karena, ini adalah pertama kalinya saya melihat lomba BTIK. saya sangat ingin ikut tapi tak ada waktu. Cool
    banget lombanya om Jay

  68. yasmin Najwa L says:

    wooooo this is so amazing and great omjay!

  69. Ilham Lutfi says:

    lomba nya enaaakkkkkk yaaaahhhhhhh !!!!!!!!!!

  70. Lomba yang diselenggarakan ini sangat bagus untuk mengukur seberapa mahir kita menggunakan teknologi, dan kita akan bersaing secara lokal dengan semua anak-anak indonesia yang cerdas.

  71. rayyan emir muhammad says:

    lombanya bagus dan menarik!!!!

  72. Ayra says:

    keren omjay!saya baru tau ada oliminpiade tik, makasih omjay untuk infonya.

  73. lomba ini sangat berguna untuk mendapatkan informasi.

  74. Keane Ryan says:

    Lombanya sangat keren dan menarik bagi nusa bangsa dan negara

  75. ayman fahmy says:

    lomba olimpiade ini sangat bagus karena bisa melatih kemampuan kita .lombanya juga di bali jadinya pun lebih lebih seru ,juga pula menambah wawasan kita.

  76. rayyan emir muhammad says:

    lombanya keren, semangat yang ikut lomba!!!!!

  77. perlombaannya menarik soalnya ini pertama kalinya saya melihat ada perlombaan BTIK

  78. muthia k says:

    keren lombanya omjay!!!

  79. Ilham Lutfi says:

    lomba nya enaaaakkkkk yaaaahhhhhh !!!!!!

  80. rayyan emir muhammad says:

    lombanya bagus dan menarik

  81. Lomba ini sangat bagus untuk diselenggarkan karena lomba ini mengukur seberapa mahir kita menggunakan teknolgi dengan benar.lewat lomba ini kita bersaing secara lokal dengan seluruh anak-anak indonesia dari situ kita bisa melihat seberapa mahir kita menggunakan teknologi.

  82. Rafika Azzahra Putri says:

    lomba dan informasinya sangat bermanfaat! yang ikut lombanya semangatnya, semoga menang. terima kasih informasinya om jay

  83. tasya putri azzahra says:

    wii keren banget nih omjay

  84. muthia k says:

    keren lombanya omjayy!!

  85. lomba yang menarik, saya baru tahu, bahwa ternyata BTIK itu ada lomba se-nasional lagi. Lomba ini juga sangat bermanfaat, apalagi bagi yang menggemar bermain komputer.Dan semoga yang mengikuti lomba tersebut, semangat selalu mengikuti lomba yang lainya juga yaa!!.

  86. lombanya sangat menarik dan bisa menambah ilmu komputer kita,dan yang kalah jangan putus asa

  87. Larissa Nadya Salima says:

    lomba yang sangat bermanfaat! yang ikut lomba semangat ya! yang belum menang jangan menyerah, karena kalian sudah berjuang! semangat ya semuaaa!! terimakasih informasinya om jay!

  88. rayyan emir muhammad says:

    lombanya bagus dan keren

  89. lombanya bagus soalnya baru tau ada lomba BTIK

  90. banyak banget lomba yang bisa diikutin. semangat untuk yang ikut olimpiade TIK ! semoga labschool menang!

  91. rayyan emir muhammad says:

    lombanya keren banget!!!!!

  92. Keane Ryan says:

    enak ya lomabnya pen ikut ah

  93. Ayra 7A says:

    wow keren omjay!saya baru tahu kalu ada olimpiade tik,makasih untuk infonyaaa

  94. rayyan emir muhammad says:

    lombanya bagus banget

  95. banyak banget lomba yang bisa diikutin. semangat untuk yang ikut olimpiade TIK ! semoga menang!

  96. Larissa Nadya Salima says:

    lomba nya keren dan bermanfaat! semangat ya yang lombaa!jangan menyerah

  97. Ayra 7A says:

    wow! saya baru tahu kalau ada olimpiade tik, makasih omjay untuk iformasinyaa

  98. Lombanya sangat menarik! Terimakasih infonya! UNtuk yg mengikuti lombanya semangat! Semoga SMP Labschool Jakarta menang!

  99. Larissa Nadya Salima says:

    lombanya keren banget! semangat ya!

  100. rayyan emir muhammad says:

    lombanya keren!!!!!!!

  101. Kaylaa says:

    Lombanya gokil parah…

  102. Kaylaa says:

    Lombanya keren woiii!!!

  103. rayyan emir muhammad says:

    lombanya keren dan bagus lomba untuk kids jaman now!!!

  104. Ayra 7A says:

    wow! saya baru tahu kalau ada olimpiade tik, makasih omjay untuk infonyaa

  105. Larissa Nadya Salima says:

    terimakasih omjay informasinya. lomba yang sangat keren dan bermanfaat. semangat ya yang ikut lomba!.

    1. Ilham Lutfi says:

      enak enak enak !!!!!!

  106. Ayra 7A says:

    wow! saya baru tahu kalau ada olimpiade tik, makasih omjay untuk informasinyaa

  107. ini lomba berguna ikut kalo mau coba

  108. Ayra 7A says:

    mantul nii onjay!keren.Saya baru tahu kalau ada olimpiade tik, makasih omjay untuk infonyaa

  109. Larissa Nadya Salima says:

    lombanya menarik sekali dan bermanfaat. terimakasih informasinya omjay. semangat ya yang ikut lomba!

  110. ini lomba amat sangat berguna

  111. wah!, keren ya ternyata ada lomba btik juga, semangat buat yang lomba

  112. Larissa Nadya Salima says:

    lombanya sangat bermanfaat. semangat yaa yang ikut lomba! jangan menyerah

  113. wah!, keren ya ternyata ada lomba btik juga, semangat buat yang lomba!!!

  114. Ayra 7A says:

    keren omjay!

  115. lomba yang sangat bermanfaat dan kreatif. semangat ya semua yang ikut lomba!

  116. ini lomba amat sangat bermatfaat dan berguna

  117. Larissa Nadya Salima says:

    lomba yang sangat bermanfaat,kreatif, dan keren!.

  118. Ayra says:

    makasih omjay untuk infonyaa

  119. WOW! Lombanya sangat keren dan bermanfaat! Semangat buat yang ikut lombanya! semoga diberikan hasil yang memuaskan. Semangat! Semoga SMP Labschool Jakarta menang!

  120. Larissa Nadya Salima says:

    lombanya sangat bermanfaat!! yang ikut lombanya semangat yaa, semoga menang aamiin

  121. Fattar says:

    wow program ini sangat bagus, yang ikut lomba semoga menang amiiiiiin

  122. Fattar says:

    wow program ini sangat bagus, yang ikut lomba semoga menang amiiiiiin.

  123. kania yuka athesa 7E says:

    lombanya sepertinya sangat seru dan menarik. aku ingin ikut, tapi tanggalnya pas-pasan dengan tanggal pensi yang harus aku ikuti πŸ™

  124. Wah sangat membantu karena bisa meningkatkan potensi yg dimiliki siswa,dengan cara ini juga bisa membuat siswa atau siswi lebih percaya diri jika menang,juga bisa membahagiakan orang tua jika menang karena uang yang didapatkan bisa untuk ditabung dan bisa memberikan ke orang tua uangnya jika menang juga orang tua bisa bangga

  125. Wah, lombanya bermanfaat. Selamat berjuang untuk Labschool~ Semangat ya, yang ikut.

  126. Lombanya keren dan sangat bermanfaat!! Semoga dapat menginspirasi anak anak untuk bisa lebih kreatif.Dan semoga nama labschool bisa terbawa dengan baikdi perlombaan tersebut.

  127. Salsa 7E says:

    lomba ini sangat bermanfaat untuk yang ingin menjadi fotografer,pembuat game, dan lainnya semangat untuk yang mengikuti lomba!!! fighting!!!!!

  128. Arkan Tongga says:

    Lombanya seru seru lho semoga yg ikut didoain bakal menang (SEMOGA) XD

  129. gheafeli alifinaura firdaus says:

    waaahhh, lomba ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, pengalaman, dan mengembangkan hobi supaya jadi bermanfaat. semangat ya buat yang ikut lombanya!!! semoga berhasil dan menang…

  130. lombanya keren banget om!!! sangat bermanfaat,
    semangat ya yang ikut lombanya.semoga mendapat hasil yang memuaskan.

  131. DANIZ 7E says:

    lomba ini sangat bermanfaat.semoga peserta labschool menang.

  132. Salsa 7E says:

    lombanya sangat bermanfaat untuk semua, yang mengikuti lombanya semangat yaa!!! semoga menang

  133. Arkan Tongga says:

    Lombanya seru seru lho. bagi yg ikut di doain bakal menang

  134. Wow! keren Om Jay lombanya, infonya juga sangat bermanfaat! Semoga yang mengikuti lomba btik menang! walaupun kalah jangan pernah menyerah dan terus berusaha!

  135. program ini sangat bagus untuk diikuti apalagi untuk yang berminat dalam btik dan dapat menambah pengalaman dalam berlomba.dan semoga peserta dari labschool bisa menang dalam lomba ini.

  136. DANIZ 7E says:

    semoga labschool menang dalam perlombaan yang keren ini.dan semoga labschool akan menang di lomba ini di masa yang akan datang.

  137. Arkan Tongga says:

    Lombnya seru seru, bermanfaat dan menyenangkan. temen temen harus ikut, kalo enggak, enggak bakal ada perwakilan dari labschool dong πŸ™

  138. menurut saya lomba sungguh bermanfaat karena punya kegiatan yg banyak yg akan meningkat ilmu di pelajaran btik .dan untuk siswa smp labschool yg mengikuti semoga menang yaaa…… amiin!

  139. farras alif says:

    keren omjay semogfa yang ikut lomba ini akan menang dan membawa nama labschool dengan baik.semoga bisa menginspirasi murid-murid labschool

  140. Rafi adhitya putra says:

    lombanya bagus dan bermanfaat, semoga yg ikut menang..

  141. Saniya Azzahra NST 7E says:

    Lomba-lomba OTN tahun ini sangat menarik. Bisa menambah kreativitas, pengalaman, serta prestasi siswa/i.

  142. Muhammad Ravi says:

    Lombanya keren dan sangat bermanfaat! semoga yang ikut lomba bisa menang

  143. terimakasih om jay atas informasi nya, karena ini sangat bermanfaat terutama untuk yang ingin mengikuti lomba, semoga yang mengikuti lomba akan menang dan yang mengikuti lomba lakukanlah dengan sportif

  144. semoga dengan lomba ini banyak yang dapat terinspirasi dan mendapatkan prestasi yang memuaskan.

  145. Wow! keren Om Jay lombanya, informasinya juga sangat bermanfaat! :))

  146. Saniya Azzahra 7E says:

    Lomba-lomba OTN tahun ini sangat menarik. Bisa menambah kreativitas, pengalaman, serta prestasi siswa/i.

  147. syifa khairani says:

    infonya sangat bermanfaat, semoga sukses dan lancar lombanya
    semangat bagi yang ikut

  148. terimakasih om jay atas informasi lomba nya, semoga yang mengikuti lomba dapat melakukan nya dengan sportif dan bisa memenangkan lomba nya

  149. kegiatannya cukup menarik dan tempat lombanya asik juga. Untuk pendaftaran juga cukup simple dan mudah, narasumbernya juga bagus, tetapi saya tidak terlalu tertarik karena tidak mengerti banyak tentang btik πŸ™

  150. lomba nya sangat menarik, dan lokasi nya jg di bali jd ya nambah seru. semoga yang wakilin labschool bisa mengharumkan nama labs dan menang

  151. kegiatannya cukup menarik dan tempat lombanya asik juga. Untuk pendaftaran juga cukup simple dan mudah, narasumbernya juga bagus, tetapi saya tidak terlalu tertarik karena tidak mengerti apa2 tentang btik πŸ™ semoga yang ikut lomba bisa menang

  152. Putu Angelica Eldora Yuardana says:

    wow program ini sangat menarik!selain menarik,program ini dapat melatih dan menunjukkan bakat dalam bidang tik! semoga banyak yang ikut dan bisa menang yaaa!

  153. wow! lombanya keren Om Jay, Infonya juga bermanfaat ;))

  154. farras alif says:

    lomba ini bisa menginspirasi banyak murid-murud smp labschool jakarta.semoga yang ikut lomba tik ini9 akan mendapat yang terbaik untuk labschool.dan bisa membawwa nama labschool jakarta dengan baik amin yr wb

  155. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih atas informasinya Om Jay….
    Menurut saya kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, semoga mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚

  156. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih atas informasinya Om Jay….
    Menurut saya kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, semoga mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚

  157. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih atas informasinya Om Jay….
    Menurut saya kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, saya harap agar mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚

  158. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih ya atas informasinya Om Jay….
    Menurut saya kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, saya harap agar mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚

  159. Neiva Kayla says:

    lomba ini sangat menarik selain menarik lomba ini sangat bagus untuk melatih kemampuan siswa dalam pelajaran tik,semoga banyak yang ikut dan good luck buat yang ikut!

  160. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih atas informasinya Om Jay….
    Menurut saya kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, saya harap agar mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚ SEMANGAT

  161. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Terimakasih atas informasinya Om Jay….
    pendapat saya, kegiatan satu ini terlihat menarik dan asik karena kita akan mengikuti lomba di Bali !!! pasti akan menyenangkan. tetapi saya tidak ada minat sama sekali karena saya tidak mempunyai bakat di bidang ini hehehe, saya harap agar mereka yang mengikuti loma ini dapat menang πŸ™‚

  162. Neiva Kayla .H says:

    lomba ini sangat menarik selain menarik lomba ini sangat bagus untuk melatih kemampuan siswa dalam pelajaran tik,semoga banyak yang ikut dan good luck buat yang ikut!

  163. Najwa S. W. says:

    Berguna untuk yang suka tentang perkomputeran dan ingin mengikuti lomba tapi bingung mau ikut dimana. Semoga lomba seperti ini rutin diadakan setiap tahun agar semakin banyak orang yang berminat di bidang komputer.

  164. Najwa Salsabila W says:

    Berguna untuk yang suka tentang perkomputeran dan ingin mengikuti lomba tapi bingung mau ikut dimana. Semoga lomba seperti ini rutin diadakan setiap tahun agar semakin banyak orang yang berminat di bidang komputer.

  165. Najwa Salsabila W. 7E says:

    Berguna untuk yang suka tentang perkomputeran dan ingin mengikuti lomba tapi bingung mau ikut dimana. Semoga lomba seperti ini rutin diadakan setiap tahun agar semakin banyak orang yang berminat di bidang komputer.

  166. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Makasih Om Jay atas infonyaa
    Keliatannya lomba ini menarik dan asik, trus pasti bakal asik!
    Kalau untuk pendaftarannya gampang sama simpel simepl aja sih, tempatnya juga enak nih. Pasti banyak yang berminat, tp saya bukan salah satunya karena saya gak ada bakat sama sekali di bidan TIK hehehe…..semoga yang ikut lomba bakal menang.

  167. Ryuki Nuraga 7E/27 says:

    Makasih Om Jay atas infonyaa
    Keliatannya lomba ini menarik dan asik, trus pasti bakal asik!
    Kalau untuk pendaftarannya gampang sama simpel simepl aja sih, tempatnya juga enak nih. Pasti banyak yang berminat, tp saya bukan salah satunya karena saya gak bisa apa apa di bidang ini hehehe…..semoga yang ikut lomba bakal menang.

  168. Muhammad Zaki says:

    Om Jay kreatif untuk membuat hal-hal yang seperti ini!, Saya doakan labschool menang yaa!

  169. Azzahra Rahmadi says:

    lomba ini sangat cocok bagi siswa/siswi yang menyukai TIK. Makasih om jay untuk informasinya!

  170. Dika says:

    lomba ini sangat bermanfaat. karna dari sini kita bisa mengasah ke kreatifan kita dan juga lomba ini bisa menghasil kan karya tik kita dan juga lomba ini bisa menjadi teladan bagi kita

  171. Amanda Mayra Corina says:

    infonya sangat bermanfaat,lomba ini sepertinya sangat menarik dan saya baru tahu jika ada lomba tentang tik. Makasih om jay informasinya

  172. Pinastie Irdina 7B says:

    Woww infonya menarik banget gak si?? buat kalian tuh yang pinter TIK boleh dicoba.. semoga menang dan selamat berjuang buat kalian yang ikut lomba.. πŸ™‚

  173. Ghifariy Pramana says:

    Waah, terima kasih omjay atas informasinya, semoga bermaanfaat bagi kita semua. dan semoga orang yang berasal dari labschool menanga. semoga lombanya berjalan dengan lancar yaa.semoga lomba ini bermanfaat bagi orang yang mengikuti lomba ini.

  174. Infonya sangat menarik
    pengen bgt ikut tapi takut kejauhan.
    keliatannya sangat menarik. lomba seperti ini akan banyak yang tahu tentang TIK

  175. Albani ilmi says:

    Lomba lomba nya sangat bervariasi dan bisa membangun kreativitas anak bangsa juga bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa

  176. Hafiz Dermawan says:

    Makasih omjay atas informasinya,saya doakan labschool bisa menang.

  177. terimakasih omjay atas informasinya semoga yang mengikuti lomba ini menang semuanya hehehe #gak mau ada yang kalah

  178. Pinastie Irdina Batrisya says:

    Wihh informasinya menarik banget ya gk sii?? tuh buat yang jago TIK biar kemampuan kalian terasah boleh tuhh ikut lomba ini.. Semangat dan selamat berjuang buat yang ikut..

  179. assalamualaikum, setalah aku melihat poster diatas, aku tertarik untuk mengikuti lomba fotografi dan mengetik cepat, walaupun aku sendiri gak jago banget wakakakaka. kalah gapapa, asalkan coba dulu. kita gak bakal berhasil kalo ga mencoba :))
    tapi belum tentu coba dibolehin sama orangtua karena lombanya pun di bali. jauhh. siapapun yang ikut lomba, aku doain semoga menang yaaa :))

  180. Arina Fahrani Nur A. says:

    infonya sangat menarik dan bermanfaat. dengan lomba ini akan menambah prestasi dan bisa menambah wawasan pelajaran TIK

  181. Fauzan Januar says:

    Terima kasih atas Om Jay telah memberi tahu Bahwa ada Lomba yang menarik . Dan saya lihat bahwa Lomba ini akan membuat semua orang menjadi tertarik karena saya tahu bahwa banyak siswa atau siswi yang suka menggunakan Computer Dan juga Lomba ini akan dilaksanakan di BAli pasti semua akan mengikuti lomba ini.

    DAN SEMOGA SEKOLAH LABSCHOOL RAWAMANGUN MENJADI PEMENANGNYA

  182. Pinastie Irdina Batrisya says:

    Wihh menarik banget tuh info nya ya gak?? buat yang jago TIK silahkan dicoba.. buat mengasah kemampuan juga.. semangat dan selamat berjuang!!

  183. Arina Fahrani Nur A. says:

    infonya sangat menarik
    aku pengen ikut tapi takut kejauhan
    dengan lomba ini akan menambah pengetahuan pelajaran TIK

  184. Mikaeel Altiva Rizky D. says:

    Lomba ini sangat unik dan berbeda dari lomba lomba lain karena terdapat perlombaan yang jarang didatangi dalam bidang BTIK seperti lomba mengetik cepat dan lomba blogging. Menurut saya lomba ini sangat bermanfaat karena bisa memanfaatkan bakat bakat yang jarang didapati dan bakat bakat yang bersifat sekunder. Menurut saya perlombaan ini juga bermanfaat karena tidak diperlukan adanya skill yang sangat baik, namun hanya diperlukan peemahaman tentang bagaimana dan atau apa yang harus dilakukan oleh kontestan perlombaan BTIK tersebut. Semoga perlombaan ini bisa berlangsung dengan lancar dan tanpa kendala apapun.

  185. deitra alishya 7b says:

    tadi saya baca poster di atas, lombanya keren semua. banyak jenis lombanya dan diadakannya di bali pula, makin seru lombanya. ini juga baik untuk melatih kemampuan siswa. pasti banyak yang ingin ikut πŸ™‚ semangat ya..

  186. Azzahra C.R. 7B says:

    Lomba Olimpiade TIik Nasional .Menurutku lomba ini saangat bermanfaat karena lombanya keren-keren banget . Pasti lomba ini seru karena lombanya di ikuti banyak orang pasti menantang banget!. Banyak pilihan lombanya . semaga banyak anak Labschool banyak yang mengikuti olimpiade Tik ini dan menjadi juara…

  187. vania tiara 7B says:

    makasih omjay atas infonya

    wishh mantap nihhh… lombanya pasti pas banget buat anak anak yang suka banget pelajaran TIK.BTW lombanya kayaknya seru tuh.Aku doain semoga SMP Labschool menang dapet juara 1.

  188. azra 7b says:

    keren lomba nya… bermanfaat untuk semua oranggg tapi untuk sekarang azra ga ikut dulu yaa hehehe good luck buat yang ikutan!

  189. Lomba lombanya bagus” sehingga dapat membangun kreasivitas anak bangsa!!!!!

  190. Bunga Cinta 7B says:

    Menurutku, Olimpiade Tik Nasional atau OTN adalah lomba yang sangat menarik karena lomba-lombanya banyak dan menarik. Tempatnya juga di Bali jadi kalo ikut lomba, ada alasan jalan-jalan juga. Narasumbernya juga banyak, jadi worth it gitu ke sana. Mau ikut sih tapi aku ga pinter di lombanya. Insya Allah yang ikut sukses ya.

  191. Lomba lombanya bagus” sehingga dapat membangun kreasivitas anak bangsa!

  192. Lomba lombanya bagus sehingga dapat membangun kreasivitas anak bangsa!

  193. dasha zetta says:

    menurut saya lombanya sangat menarik dan keren. lomba ini dapat menambah pengetahuan kita. lombanya juga sangat bermanfaat untuk kita semua.

  194. dasha zetta says:

    menurut saya lombanya sangat menarik dan keren. lomba ini dapat menambah pengetahuan kita dan lombanya sangat bermanfaat.

  195. nabila rahma says:

    Lomba yang sangat bagus bisa menambah kreatifitas anak Indonesia dan mengembangkan bakat nonakademik. semangt buat yang lomba:)

  196. dasha zetta says:

    menurut saya lomba ini sangat menarik dan keren. lombanya dapat menambah pengetahuan kita dan lombanya sangat bermanfaat.

  197. Keren sekali lomba-lombanya pak. Sangat hebat untuk mengasah talenta anak dan remaja dalam hal teknologi atau BTIK. Saya tertarik oleh lomba fotografi karena kebetulan saya ikut ekskul fotografi, jadi menurut saya program atau lomba ini sangat menarik. Tambah, lomba ini menurut saya unik karena saya tidak sering melihat lomba tingkat nasional berbasis teknologi atau BTIK. Dan menurut saya, lomba ini juga sangat bermanfaat bagi para anak muda dan para remaja muda untuk belajar teknologi. Kenapa menurut saya lomba ini sangat bermanfaat? Karena pada masa kini, hampir semua hal menggunakan teknologi. Dan teknologi pada masa kini berkembang sangat cepat. Sudah banyak sekali teknologi yang sangat canggih, seperti halnya robot. Sekali lagi, menurut saya lomba ini sangat bermanfaat dan menarik bagi banyak orang khususnya pagi para generasi muda yang ingin meningkatkan dan memajukan Indonesia.

  198. menurut saya lomba ini sangat menarik dan keren. lombanya dapat menambah pengetahuan kita dan lombanya sangat bermanfaat.

  199. dyanetta nirmala ramadhani 7B says:

    Jujur, sebenarnya saya tidak tahu bahwa ada olimpiade atau bahkan perlombaan khusus bidang TIK sebelum saya membaca artikel di atas, sepertinya karena hal itu saya merasa kaget saat pertama kali membaca judu artikelnya. Sayangnya, saya tidak terlalu mahir dalam TIK, jadi sepertinya saya tidak akan mengikutinya.

  200. kepengin ikut seminar sayangnya jauh bali, coba om di adakan lagi di purwokerto jawa tengah

  201. sangat bermanfaat om terimakasih

  202. Ni made gede says:

    keren omjay…. pingin banget nyaksiin skalian pulkam … kwkwkwkkwkwkw

  203. Ni made gede says:

    Keren Omjay…. bisa ga ya saya ikut nyaksiin lombanya di Bali… gimana caranya Omjay…
    trims….

  204. Nova says:

    Good job

  205. DAFTAR PESERTA LOMBA OTN 2018 DI HOTEL MAHAJAYA BALI

    LOMBA BLOG
    No. Nama Peserta Jenjang Sekolah Nama Sekolah Lomba yang diikuti
    1 SRIYANTO, M.Pd SD/MI SDN PRANAN 02 Blog
    2 Dary Satyanegara Heryanda SD/MI SD Pembangunan Jaya Blog
    3 Dimas Ajisaka Kurniawan SMA/MA/SMK/MAK SMA Negeri 1 Mande Blog
    4 ANISETUS ROBERT REMETWA SMA/MA/SMK/MAK SMA SEMINARI ST. YUDAS THADEUS LANGGUR Blog
    5 I Gede Febri Saputra SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 1 Tembuku Blog
    6 Ahmad Muzakki SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL KARANGASEM Blog
    7 KARINA DWIPA AJIRNI SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Blog
    8 I Putu Bastian Adi Putra SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Karangasem Blog
    9 Virgo Indriani Kusuma SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Blog
    10 Dary Satyanegara SD/MI SDS Pembangunan Jaya Blog
    11 Christina Natalia SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 Malang Blog
    12 ALVIAN AULIA CAESARIO MUCHTAR SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Blog
    13 GEDE BAGUS ARTHA DANINDRA SMA/MA/SMK/MAK SMA NEGERI 1 SERIRIT Blog
    14 I GUSTI PUTU SUKRIANI SMA/MA/SMK/MAK SMA PGRI 1 Amlapura Blog
    15 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Blog
    16 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Blog
    17 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Blog
    18 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Blog
    19 I Made Gautama SMP/MTs SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPSAR Blog
    20 I Made Gautama SMP/MTs SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR Blog
    21 Ni Putu Dhania Putri Dewanti SMP/MTs SMPN 9 DENPASAR Blog
    22 Ni Putu Dhania Putri Dewanti SMP/MTs SMPN 9 Denpasar Blog
    23 Dewa Bagus Raihan Satriamurti SMP/MTs SMPN 9 Denpasar Blog
    24 Rismayada SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Blog
    25 Made Deva Mahayana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL Denpasar Blog
    26 Wahyu Budi Setyawan SMA/MA/SMK/MAK SMK-TI Bali Global Denpasar Blog
    27 Mukhammad Septian Daffa Ubaidillah SMP/MTs MTsN 1 Kota Pasuruan Blog

    LOMBA FOTOGRAFI
    1 I Made Dedy Rusmawan SMA/MA/SMK/MAK SMA N 1 PETANG Fotografi
    2 I Kadek Adithya Deva Supariyoga SMA/MA/SMK/MAK Sma Negeri 1 Petang Fotografi
    3 Achmad Irfan Zaela SMP/MTs MTs NU Pakis Malang Fotografi
    4 I Kadek Nanda Sanjaya SMP/MTs SMP Negeri 3 Sukawati Fotografi
    5 I Ketut Arianta SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Karangasem Fotografi
    6 MOH TOMI WINATA SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Fotografi
    7 YUDIS AKBAR SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Fotografi
    8 DIVA A.B TODING SMP/MTs SMP NEGERI 2 MANOKWARI Fotografi
    9 Desak Made Belinda Pebryandini SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 3 Tabanan Fotografi
    10 I Kadek Veri Yumandana SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 3 Tabanan Fotografi
    11 I Wayan Hikaru Herry Friana SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Fotografi
    12 ADITYA DUTA PRASETYO SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Fotografi
    13 DARWISY WAJDI SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Fotografi
    14 Putu pande purnama yudha kusuma SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Fotografi
    15 i made rama widyantara SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Fotografi
    16 I Made Karuna Dwipa SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    17 Aditya budiyanto SMA/MA/SMK/MAK Smk ti bali global denpasar Fotografi
    18 Kadek Tresna Guna Dharma SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Fotografi
    19 Ali Muhammad Alamudi SMA/MA/SMK/MAK Smk Ti Bali Global Denpasar Fotografi
    20 Ali Muhammad Alamudi SMA/MA/SMK/MAK Smk Ti Bali Global Denpasar Fotografi
    21 Lucky Permana Putra SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Fotografi
    22 Alief Nur Afrizal SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    23 Putu Aldi Wahyu Widhianta SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    24 Ananda adam naufal SMA/MA/SMK/MAK Smk ti bali global denpasar Fotografi
    25 Putu rizky amelia SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    26 Ivan Surya Nugraha SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    27 Anak Agung Ngurah Krisna Putra Dinatta SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Fotografi
    28 I Putu Adi jaya Semara Putra SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Fotografi
    29 Andra Sugiono SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Fotografi
    30 Anak Agung Made Arya Wiguna SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Fotografi
    31 I MADE WIRA FAJAR PRAYOGA SMA/MA/SMK/MAK SMA NEGERI 1 SERIRIT Fotografi
    32 I Ketut Arya Arinatha Wardana SMP/MTs SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR Fotografi
    33 I Bagus Diva Mahesa Putra SMP/MTs SMP N 1 Penebel Fotografi
    34 GEDE DAMARU RAJESHWARA SMP/MTs SMP WIDIATMIKA Fotografi
    35 I GEDE JEMBAWAN OCTA ADITYA SMP/MTs SMP WIDIATMIKA Fotografi
    36 IVAN KURNIAWAN SANTOSA SMP/MTs SMP WIDIATMIKA Fotografi
    37 I PUTU GDE SANTANU UDAYANA SMP/MTs SMPN1 PENEBEL Fotografi
    38 Pande Made Hesa Dharma Putra SMP/MTs SMP Negeri 1 Semarapura Fotografi
    39 NYOMAN PANDE ANANTA WIJAYA SMP/MTs SMP NEGERI 1 SEMARAPURA Fotografi
    40 Ketut Yudi Witanarya D SMA/MA/SMK/MAK SMK NEGERI 3 SINGARAJA Fotografi
    41 Ni Putu Yusika Amanda Putri SMP/MTs SMP Negeri 1 Kuta Utara Fotografi
    42 Pande Made Krisna Dwipayana SMA/MA/SMK/MAK SMK Saraswati 2 Denpasar Fotografi
    43 I Made Darmawan SMA/MA/SMK/MAK SMK SARASWATI 2 DENPASAR Fotografi
    44 Nathan Emanuel Gani SMA/MA/SMK/MAK SMA Lentera kasih Fotografi
    45 Kezia Shyifa Putri Fiona Ichlasya SMA/MA/SMK/MAK SMA Lentera kasih Fotografi
    46 I Made Bagus Ambara Sedana SMP/MTs SMP Negeri 1 Petang Fotografi

    LOMBA MEMBUAT FILM PENDEK
    1 Risqy Ramadhan Rasendriya SMP/MTs SMPN 178 Membuat Film Pendek
    2 Alexander Abraham Novyanto Taruh SMP/MTs SMP NEGERI 1 GORONTALO Membuat Film Pendek
    3 Prasoji SMA/MA/SMK/MAK Sumbangsih Membuat Film Pendek
    4 Alexander Hizkia Widya Darmaka SMP/MTs SMP KRISTEN ANAK PANAH NABIRE Membuat Film Pendek
    5 MOH TOMI WINATA SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Membuat Film Pendek
    6 I Kadek Darmadi SMA/MA/SMK/MAK SMA N 1 BATURITI Membuat Film Pendek
    7 Adhitya Rangga Permana SMP/MTs SMP Negeri 2 Merauke Membuat Film Pendek
    8 Muhammad Azzam Yazid Ilmany SD/MI SD Muhammadiyah 12 Surabaya Membuat Film Pendek
    9 Muhammad Azzam Yazid Ilmany SD/MI SD Muhammadiyah 12 Surabaya Membuat Film Pendek
    10 MUHAMMAD AZZAM YAZID ILMANY SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Membuat Film Pendek
    11 Pijar Candra Mahatagandha SMA/MA/SMK/MAK SMA N 1 Mengwi Membuat Film Pendek
    12 I kadek nanda sanjaya SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Membuat Film Pendek
    13 hendy surya pandunata SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Membuat Film Pendek
    14 i made darma putra sesana SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Membuat Film Pendek
    15 putu pande purnama yudha kusuma SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Membuat Film Pendek
    16 N.Lingharsa Putra SMP/MTs smp negeri 3 sukawati Membuat Film Pendek
    17 Rizma Dewi Fatmawati SMP/MTs SMP Cipta Dharma Membuat Film Pendek
    18 1. Mohammad Dicky Rizalullah SMP/MTs SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR Membuat Film Pendek
    19 Resky Ramadhan SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Membuat Film Pendek
    20 Risky Arianto SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Membuat Film Pendek
    21 Gilbert Gracio SMP/MTs Kalam Kudus Membuat Film Pendek
    22 MUHAMMAD FAHRIZA BAHRUDIN SMA/MA/SMK/MAK SMAN 1 CISAAT Membuat Film Pendek
    23 MUHAMMAD GILANG LINGGANA ROSA SMA/MA/SMK/MAK SMAN 1 CISAAT Membuat Film Pendek
    24 Ardhy Rachmadi SMA/MA/SMK/MAK SMK Muhammadiyah Cilegon Membuat Film Pendek
    25 Dewa Gede Sumber Arta SMP/MTs SMP SAPTA ANDIKA DENPASAR Membuat Film Pendek
    26 n0name Production SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 Klungkung Membuat Film Pendek
    27 Kirara Otawara SMA/MA/SMK/MAK Sekolah Lentera Kasih Membuat Film Pendek
    28 Ida Bagus Indra Prayoga SMA/MA/SMK/MAK SMA Kristen Harapan Denpasar Membuat Film Pendek
    29 Dewa Ayu Cintya Maylani SMP/MTs SMP N 1 Petang Membuat Film Pendek
    30 I kadek hendrawan SMP/MTs SMPN 9 Denpasar Membuat Film Pendek
    31 Muhammad Reza Kurniawan SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 1 Tanjungpinang Membuat Film Pendek
    32 I Kadek Hendrawan SMP/MTs SMPN 9 Denpasar Membuat Film Pendek

    LOMBA MMBUAT GAMES
    1 Akbar Wicaksono Prabowo SMP/MTs SMP negeri 12 Jakarta Membuat Games
    2 REVALDO DELVEROSSO ANANDADIKA SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Membuat Games
    3 Dary Satyanegara SD/MI SDPJ Membuat Games
    4 Ni Kadek Febriyati Wulandari SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Membuat Games
    5 I Kadek Risky Artha Widnyana SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Membuat Games
    6 Ida Bagus Putra Swabawa SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Membuat Games

    LOMBA MENGETIK CEPAT
    1 Rais Al Sidik SMP/MTs SMPN 178 Jakarta Mengetik Cepat
    2 Michael Hung SMA/MA/SMK/MAK SMK Tunas Harapan Mengetik Cepat
    3 Putu Adhira Kinasih Rusmantara SD/MI SDN 3 Banjar Jawa Mengetik Cepat
    4 CIKO ADITYA PRATAMA SD/MI SD NEGERI 5 PEDUNGAN Mengetik Cepat
    5 Abdul Gede Ngurah SMP/MTs SMP Negeri 2 Seririt Mengetik Cepat
    6 Ni Kadek Luna Dwi Novitayanti SD/MI SD Negeri 1 Rendang Mengetik Cepat
    7 Kadek Devano Suma Dwi Putra SMP/MTs SMP Negeri 6 Singaraja Mengetik Cepat
    8 Aurellya Azizatul Hasanah SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 Pogalan Mengetik Cepat
    9 Yeni Puspitasari SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 Pogalan Mengetik Cepat
    10 MUHAMMMAD RIFQY ALFARIZI SMA/MA/SMK/MAK MAN 4 TANGERANG Mengetik Cepat
    11 N. Lingharsa Putra SMP/MTs SMP Negeri 3 Sukawati Mengetik Cepat
    12 KARINA DWI AJIRNI SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Mengetik Cepat
    13 REVALDO DELVEROSSO ANANDADIKA SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Mengetik Cepat
    14 LAURENZIA N.N. ROUW SMP/MTs SMP NEGERI 2 MANOKWARI Mengetik Cepat
    15 JHON JIMMY BARANSANO SMP/MTs SMP NEGERI 2 MANOKWARI Mengetik Cepat
    16 Jannis David Zwahlen SMA/MA/SMK/MAK SMK Ti Bali Global Karangasem Mengetik Cepat
    17 Putu Davina Suastiari Devi SMA/MA/SMK/MAK SMAN 1 TEMBUKU Mengetik Cepat
    18 I Gusti Ayu Widhiasih Putri Ardani SD/MI SD Negeri 2 Sesetan Mengetik Cepat
    19 Ni Putu Ayu Dina Saraswati SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Mengetik Cepat
    20 Nur Altari SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Mengetik Cepat
    21 PUTU WIDYANTARA ARTANTA WIBAWA SMA/MA/SMK/MAK SMA NEGERI 1 SERIRIT Mengetik Cepat
    22 Agustinus Rianto Malo Bili SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    23 I Kadek Angga Prayoga SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    24 Agustinus Rianto Malo Bili SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    25 Putu Dimas Suardana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL Mengetik Cepat
    26 Muhammad Mufid Arkanu SMA/MA/SMK/MAK SMKTI Bali Mengetik Cepat
    27 I Gusti Ayu Agung Diah Adelia Candra Buana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    28 I Gusti Ngurah Agung Indra Chandra Bhuana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    29 Yefta Novfensia Elyanto SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    30 Hosea Vanderson SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    31 Hosea Vanderson SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    32 Muhamad Zulfikar SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    33 Rafly Shaquille Subhan SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    34 I Made Ade Sanjaya SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    35 Hosea Destanto SMA/MA/SMK/MAK SMK TI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    36 Vindy Bagus Prasetyo SMA/MA/SMK/MAK SMKTI Bali Global Denpasar Mengetik Cepat
    37 I Gd Bayu Prima Anggara SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL Mengetik Cepat
    38 Pepito Pradana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Mengetik Cepat
    39 Ni Putu Sintia Wati SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 1 tabanan Mengetik Cepat
    40 SHAFA SAFIRA SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Mengetik Cepat
    41 ROBBY PRAWIRA EKA PASHA SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Mengetik Cepat
    42 VICENZO DEVELASTO SD/MI SDN KASOMALANG 5 Mengetik Cepat
    43 Kaito Maeyama SD/MI SD Jembatan Budaya Mengetik Cepat
    44 Jessica Michelle Wijaya SD/MI SD Jembatan Budaya Mengetik Cepat
    45 I WAYAN WEDYA DIATMIKA SMP/MTs SMP N 1 Semarapura Mengetik Cepat
    46 IDA AYU KRISNA DIAH PITALOKA SMP/MTs SMP N 1 Semarapura Mengetik Cepat
    47 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Mengetik Cepat
    48 I Putu Ryan Adi Wijaya Putra SMA/MA/SMK/MAK SMA Negeri 1 Kuta Mengetik Cepat
    49 Ni Wayan Pebriyanti Ratna Sari SMP/MTs SMP SAPTA ANDIKA Mengetik Cepat
    50 Nadya Brigita Putri SMP/MTs SMP Negeri 3 Pontianak Mengetik Cepat
    51 I GDE RESA NIAKA PRADNYANA SMP/MTs SMPN 1 PENEBEL Mengetik Cepat
    52 PUTU GDE BAGOES LAKSMANA PRAMAYOGA SMP/MTs SMPN 1 PENEBEL Mengetik Cepat
    53 GENA DARMA SMP/MTs SMP NEGERI 1 KUTA UTARA Mengetik Cepat
    54 I Made Galana Satria Darmawangsa SMP/MTs SMP N 1 Kuta Utara Mengetik Cepat
    55 Nadya Brigita Putri SMP/MTs SMP Negeri 3 Pontianak Mengetik Cepat
    56 I Made Galang Satria Darmayasa SMP/MTs SMP N 1 Kuta Utara Mengetik Cepat
    57 Josh Riley Hartono SD/MI SD Jembatan Budaya Mengetik Cepat
    58 Dylan Saputra SMP/MTs SMP Lentera Kasih Mengetik Cepat
    59 Andra Pramana SD/MI SD WIDIATMIKA Mengetik Cepat
    60 Ni Komang Putri Cahyani SD/MI SD WIDIATMIKA Mengetik Cepat
    61 Nuhammad Ilham Rahman SMP/MTs SLB A YAPTI Makassar Mengetik Cepat
    62 Calvin Tandika SMA/MA/SMK/MAK SMA Dharma Loka Mengetik Cepat
    63 Steven Setiawan SMP/MTs SMP Dharma Loka Mengetik Cepat
    64 Elvis Deberson SD/MI SD Dharma Loka Mengetik Cepat

    LOMBA MENGGAMBAR DIGITAL
    1 Michael Tanjaya SMA/MA/SMK/MAK SMA Harapan Bangsa Tangerang Menggambar Digital
    2 Selena Rishendra SMP/MTs SMP Harapan Bangsa Tangerang Menggambar Digital
    3 Angelia Dinda Mahara SMA/MA/SMK/MAK SMA Harapan Bangsa Menggambar Digital
    4 Maahirah Nabila Khansa SMP/MTs SMP GLOBAL MANDIRI Menggambar Digital
    5 COLIN FARREL SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Menggambar Digital
    6 FAIZ TAJUDDIN AQSA SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Menggambar Digital
    7 MOCHAMAD FARIS RADITYA MUDA SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Menggambar Digital
    8 KARINA DWI AJIRNI SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Menggambar Digital
    9 ADELIA SALSABILA SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Menggambar Digital
    10 SYAIFULLAH SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Menggambar Digital
    11 Alvin Kurniawan SMP/MTs MTs NU Pakis Menggambar Digital
    12 Dimas Hendra Wijaya SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 3 Tabanan Menggambar Digital
    13 I Gede Made Yadi Subawa SMA/MA/SMK/MAK SMK Negeri 3 Tabanan Menggambar Digital
    14 KAYLA MARVA SALEH SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Menggambar Digital
    15 Elvia Nandini Azalia SMP/MTs SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar Menggambar Digital
    16 Hagi Siraj Sumanta SMA/MA/SMK/MAK SMK NEGERI 1 BATAM Menggambar Digital
    17 RAYMOND RASIKAH YUSUF SMA/MA/SMK/MAK SMKN 5 KENDARI Menggambar Digital
    18 Darwindha Gading Kirana SMP/MTs SMP Cipta Dharma Menggambar Digital
    19 I Made Andika Winanta Dwipayana SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Menggambar Digital
    20 Hardyawan Ferdynata SMP/MTs SMP Cipta Dharma Menggambar Digital
    21 PUTU ANDIKA YUDHA PRATAMA SMA/MA/SMK/MAK SMA PGRI 1 AMLAPURA Menggambar Digital
    22 Nesia Andien Amanda SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Menggambar Digital
    23 Nizar Hafizha Raju SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL KARANGASEM Menggambar Digital
    24 Kevin Riandana SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 Malang Menggambar Digital
    25 Muhammad Iskandar As Sidiq SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Menggambar Digital
    26 I Gede Restu Astawa SMA/MA/SMK/MAK SMA N 1 Mengwi Menggambar Digital
    27 I Made Waskita Prananjaya SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR Menggambar Digital
    28 I Gusti Ayu Widhiasih Putri Ardani SD/MI SD Negeri 2 Sesetan Menggambar Digital
    29 I Gusti Ayu Widhiasih Putri Ardani SD/MI SD Negeri 2 Sesetan Menggambar Digital
    30 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Menggambar Digital
    31 Jocelyn Betricia Fayola SMA/MA/SMK/MAK Sekolah Lentera Kasih Menggambar Digital

    LOMBA PRESENTASI YANG MENARIK
    1 Dimas Prasetya SMP/MTs Sekolah Menengah Pertama Negeri 178 Jakarta Presentasi Menarik
    2 Indryani Sutisna SMP/MTs SMPN 178 JAKARTA Presentasi Menarik
    3 Primelshaddai Tongguran Manurung SMP/MTs SMP NEGRI 178 JAKARTA SELATAN Presentasi Menarik
    4 ALYA SYAFRINA SMP/MTs SMPN 178 JAKARTA Presentasi Menarik
    5 Tessie Permata, MPd SMP/MTs SMP Negeri 161 Jakarta Presentasi Menarik
    6 AYATULLOH LI ULIL ABSHOR Al-GHIFARI SD/MI SDN TAMBAKSARI III / 159 SURABAYA Presentasi Menarik
    7 Putri Nur Ashri Prabowo SMA/MA/SMK/MAK SMA MUHAMMADIYAH 18 JAKARTA Presentasi Menarik
    8 Komang Cindra Dewi SD/MI SD Negeri 5 Pendem Presentasi Menarik
    9 Putu Agus Arya Utama SMP/MTs SMP Negeri 6 Singaraja Presentasi Menarik
    10 SHABRINA ZAHIRA ALYA RAHMAN SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Presentasi Menarik
    11 HAYA NADIYAH HANIN SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Presentasi Menarik
    12 HUWAIDA ALYA MAHMUDA SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Presentasi Menarik
    13 AISYAH RATNA MUNJIYAH SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Presentasi Menarik
    14 SYIFA LUTFIAH KAUTSAR SD/MI SD MUHAMMADIYAH 12 SURABAYA Presentasi Menarik
    15 I Made Didan Pradnya Arta SD/MI SDN 5 Pendem Presentasi Menarik
    16 Elena Karmelita Suhendro SMP/MTs SMP BALI HATI Presentasi Menarik
    17 Yeni Dwiningsih SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 Pogalan Presentasi Menarik
    18 PUTU ADINDA NOVYTA ARSHA PUTRI SMA/MA/SMK/MAK SMAN 1 SELEMADEG Presentasi Menarik
    19 Abbi Adya Pratama SMP/MTs MTs NU Pakis Presentasi Menarik
    20 M. Asthin Kholafy SMP/MTs MTs NU Pakis Presentasi Menarik
    21 Balqis Rana Eleora SD/MI SD Pembangunan Jaya Presentasi Menarik
    22 I GEDE WIDYASTAWA SMA/MA/SMK/MAK SMK TI BALI GLOBAL KARANGASEM Presentasi Menarik
    23 I Made Didan Pradnya Arta SD/MI SD Negeri 5 Pendem Presentasi Menarik
    24 ADELIA SALSABILA SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Presentasi Menarik
    25 SYAIFULLAH SMP/MTs SMP NEGERI 2 SUBANG Presentasi Menarik
    26 YUDIS AKBAR SMP/MTs SMP NEGERI 1 SUBANG Presentasi Menarik
    27 Edi Darmawan Surbakti, S.Pd SD/MI SDN 14 Sawit Permai Presentasi Menarik
    28 Ni Ketut Candrawati SMA/MA/SMK/MAK SMAN 1 TEMBUKU Presentasi Menarik
    29 LAURENZIA N.N ROUW SMP/MTs SMP NEGERI 2 MANOKWARI Presentasi Menarik
    30 Ni Kadek Liryana Purnama SMP/MTs SMP PGRI 2 Denpasar Presentasi Menarik
    31 Suciani Ilyan Syah SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Presentasi Menarik
    32 PUTRI KUSUMAWARDANI SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Presentasi Menarik
    33 CINDY APRILYA SARI SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Presentasi Menarik
    34 Kadek Bintang Aristia Putri SMP/MTs SMP N 1 Sukawati Presentasi Menarik
    35 Ni Kadek Tirtha Pradnyanita Mahestari Yasa SMP/MTs SMP N 1 Sukawati Presentasi Menarik
    36 Rynaldi Ramadhan Mustakin SMA/MA/SMK/MAK UPT SMAN 4 Wajo Presentasi Menarik
    37 Aldhira Calysta Athalia Siahaan SMP/MTs SMPK 1 Harapan Presentasi Menarik
    38 Marvel Satria Argawijaya SD/MI SD Jembatan Budaya Presentasi Menarik
    39 I Komang Ray Pramudya Wibawa SMP/MTs SMP Negeri 1 Kuta Utara Presentasi Menarik
    40 Ni Kadek Noviani SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 TEMBUKU Presentasi Menarik
    41 DESAK NYOMAN ELIS SAPUTRI SMA/MA/SMK/MAK SMKN 1 TEMBUKU Presentasi Menarik
    42 ANANDA ALYA MUKHBITA ALILATULBARIZA TTL SMP/MTs SMP Negeri 3 Pontianak Presentasi Menarik
    43 I Made Arya Adi Pramana SMP/MTs SMPK 1 HARAPAN Presentasi Menarik
    44 I Gede Galvin Surya Susilajana SMP/MTs SMPN 9 Denpasar Presentasi Menarik
    45 I MADE PRADNYA NARAYANA SMP/MTs SMP NEGERI 1 MARGA Presentasi Menarik
    46 NI PUTU SINTA MAHARANI SMP/MTs SMP NEGERI 1 MARGA Presentasi Menarik
    47 I GEDE MADE ANANDA WIRA PUTRA SMP/MTs SMP NEGERI 1 MARGA Presentasi Menarik

    LOMBA ROBOTIK
    1 Ngakan Made Anandhya Dwitya Wiguna SD/MI SD Negeri 2 Nongan Robotik
    2 I PUTU ADI SANJAYA SMP/MTs SMP NEGERI 4 KUTA SELATAN Robotik
    3 Sahrul Aldo Refaldin SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Robotik
    4 Moh Shobri Alwi SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 MALANG Robotik
    5 Felisianus A. R. Utler SMA/MA/SMK/MAK SMK Yapis Timika Robotik
    6 I Gede Fajar Bhaskara SMP/MTs SMPK 1 Harapan Robotik
    7 Joshua Ezra Fredick Benggu SMP/MTs SMPK 1 Harapan Robotik
    8 Vaisya Govinanda Suband SMP/MTs SMPK 1 Harapan Robotik
    9 Samuel Kenny Carson SMP/MTs SMPK 1 Harapan Robotik
    10 Dickey Ichad Fahrezi SMP/MTs SMPK 1 Harapan Robotik
    11 Muhammad Rifki Kamil, dan Rafdhi tegar nugraha SMA/MA/SMK/MAK Sma Muhammadiyah 25 Pamulang Robotik
    12 Muhammad Rifki Kamil, dan Rafdhi tegar nugraha SMA/MA/SMK/MAK Sma Muhammadiyah 25 Pamulang Robotik
    13 Muhammad Rifki Kami SMA/MA/SMK/MAK SMA MUHAMMADIYAH 25 PAMULANG TANGSEL Robotik
    14 Nur Fitria Ayu Latifa Azzahra SMA/MA/SMK/MAK MAN KOTA PASURUAN Robotik
    15 Yodi Alrizky Akbar SMA/MA/SMK/MAK MAN Kota Pasuruan Robotik
    16 Zoraida Selvi Triandini SMA/MA/SMK/MAK MAN Kota Pasuruan Robotik

    LOMBA WEN DISAIN
    1 Muhammad Irwan Nasution SMP/MTs SMP Swasta Darussalam Medan Web Desain
    2 Evania Berlian Tanudirdjo SMA/MA/SMK/MAK SMAK 5 Penabur Jakarta Web Desain
    3 YOLIS U DOMILI SD/MI SDN TRANS PATOA Web Desain
    4 Andi Muhlis Ishak SMA/MA/SMK/MAK SMK NEGERI 3 WAJO Web Desain
    5 Febri Fahturrohman S SMA/MA/SMK/MAK SMK PGRI 3 Malang Web Desain
    6 Amal ma’ruf SMA/MA/SMK/MAK Smkn 6 kendari Web Desain
    7 Mukhammad Septian Daffa Ubaidillah SMP/MTs MTsN 1 KOTA PASURUAN Web Desain
    8 Misbakhul Anwar SMP/MTs MTsN 1 Kota Pasuruan Web Desain
    9 Misbakhul Anwar SMP/MTs MTsN 1 Kota Pasuruan Web Desain
    10 Mukhammad Septian Daffa Ubaidillah SMP/MTs MTsN 1 KOTA PASURUAN Web Desain

    https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5bc41c7943322f3b420f82b4/ikutilah-olimpiade-tik-nasional-otn-17-19-nopember-2018-di-bali

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi