Menjadi Blogger Ternama


Ngeblog Mewujudkan Banyak Hal (Resume Buku)

Oleh: Ajun Pujang Anom

 

menjadi blogger terkenal karya Omjay

menjadi blogger terkenal karya Omjay

Sebelum berbicara tentang apa itu ngeblog, kita berbicara dulu tentang blog. Blog merupakan singkatan dari weblog. Weblog ini adalah diary online. Berbeda dengan diary konvensional, blog perpaduan semacam e-mail, situs pribadi, catatan harian (diary), dan message board. Dan orang yang melakukan aktivitas ini disebut blogger. Atau belakangan ini, penulis blog disebut narablog. Sedangkan aktivitas blogger tersebut biasa disebut blogging. Secara umum, hal ini sering disebut dengan kegiatan ngeblog.

 

Banyak orang mengalami penafsiran yang salah dan menganggap blogger itu punya kemampuan teknis di atas rata-rata. Padahal tidak semua blogger memiliki kemampuan di atas rata-rata, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Singkatnya, seorang blogger adalah manusia biasa, dengan kemampuan rata-rata. Semua orang bisa melakukannya dengan satu pembeda: suka menulis. Menulis apa yang disukai dan apa yang dikuasainya dengan baik. Menulis bisa jadi layaknya orang berbicara secara langsung.

 

Jadi syarat seseorang bisa menjadi blogger andal adalah memiliki keterampilan menulis. Dengan banyak menulis itulah seorang blogger menjadi terkenal. Nah, dalam komunitas blogger yang rata-rata semuanya adalah penulis, ada beberapa blogger yang memang punya kemampuan teknis lebih, ada beberapa yang lebih suka menulis karya seni, ada yang suka dengan puisi, ada beberapa yang suka menulis dengan gaya jurnalis, dan seterusnya. Di sanalah seorang blogger memiliki keunikannya sendiri. Mencoba mendesain blog dengan pernak-pernik blog, walaupun belum paham benar dengan bahasa HTML (Hypertext Markup Language).

 

Membuat blog di internet itu perkara mudah. Dengan hanya memencet tombol keyboard dan mengklik mouse beberapa kali, maka dalam hitungan menit blog pribadimu sudah jadi dan memeriahkan dunia maya. Masalahnya justru muncul dan terjadi pada saat kamu sudah memiliki blog. Mengisinya dengan tulisan-tulisan yang kreatif, bermanfaat, menarik, aktual, inspiratif, dan menghibur. Untuk bisa menjadikan blog yang kita buat menjadi blog hebat dan menarik minat, dibutuhkan sebuah “makanan” nikmat agar memikat. Memikat para pembaca untuk berinteraksi dengannya lalu memberikan komentar tentang tulisan itu. Bisa isinya mencaci, dan bisa pula isinya memuji. Tergantung dari apa yang dituliskan. Makanan nikmat itu akan kamu dapatkan dari banyak membaca dan menggali informasi yang ada di depan mata. Lebih banyaklah membaca agar kamu mampu menulis dan banyak menggali informasi sendiri dengan rajin silahturahim ke blogger lainnya agar tulisanmu aktual dan tidak “jadul”.

 

Perkembangan blog memang sangat cepat, dan itu diikuti pula oleh para blogger yang memiliki lebih dari satu blog di internet. Dengan beragam keindahan dan ekspresi para pemiliknya. Tapi, keindahan blog tidak hanya terletak pada keragaman ekspresi pemiliknya. Kekuatan lain yang lebih dahsyat justru terletak pada kemampuannya membangun komunitas. Siapa yang mampu berkolaborasi dengan blogger lainnya, maka dia akan mampu membangun komunitas blogger. Para pemilik blog umumnya tergabung dalam kerumunan positif sesuai minat dan orientasi. Satu blogger biasanya akan membuat link kepada blog milik orang lain, membentuk sebuah jaring-jaring gagasan, dan pengetahuan yang kaya.

 

Blog memadukan komputer dan kebiasaan menulis di buku harian, juga penampilan sebuah blog sering diperbaharui secara rutin. Bahkan ada yang memperbaharuinya dalam hitungan jam, ditampilkan secara kronologis dan siap diakses serta dikomentari siapa saja, dan kapan saja. Memiliki blog seperti memiliki situs sendiri dengan kendali berita di tanganmu. Tak ada sensor, tetapi tetap bertanggungjawab, inilah etika ngeblog. Satu hal yang menyenangkan dari sebuah weblog adalah seperti mempunyai halaman editorial sendiri. Kamu dapat menulis apa pun yang kamu inginkan, dan orang yang mempunyai minat yang sama akan meresponnya dengan segera. Itulah dunia blog yang membuatmu menjadi seorang blogger yang dikenal banyak orang bila kamu sering menulis setiap hari.

 

Melalui tulisan ini, penulis mengajak untuk mewujudkan mimpimu menjadi blogger yang andal dan berkualitas di era global sekarang ini. Adapun syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menjadi blogger andal versi penulis adalah peka, fleksibel, kreativitas, suka dan senang menulis, popularitas, religius, cerdas, bermartabat, mandiri, dan kompetitif. Cukup simpel bukan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

September 2018
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi