LPPPTK KPTK GOWA

Perjalanan Omjay Menuju LPPPTK KPTK GOWA SULSEL

  1. Naik Gocar dari Rumah

Mata omjay terbuka lebar. Jam di atas meja kamar sudah menunjukkan Pukul 01.00 WIB dinihari. Sudah waktunya berangkat untuk ke terminal bus damri di kayuringin Bekasi. Kalau tidak berangkat sekarang akan ketinggalan pesawat. Pesan Gocar dengan aplikasi gojek mudah sekali. Mobil Xenia datang dengan supir yang siap antar. Dengan dana Rp. 30.000,- sampai juga ke terminal bus damri di belakang BCP (Bekasi Cyber Park). Jalan tol menuju cikampek macet total. Untunglah jalan menuju bandara lancar. Omjay melihat dari atas jembatan tol Jatibening ketika melewatinya. Pak supir juga bercerita jalan menuju bandara lancar.

  1. Naik Bus Damri Menuju Bandara

Waktu menunjukkan pukul 01.30 wib. Masih ada waktu menunggu keberangkatan. Pukul 02.00 wib bus berangkat tepat waktu. Omjay pergi ke loket terlebih dahulu. Dengan uang segambreng Rp.45.000,- mengantarkan omjay ke bandara Sukarno Hatta di Cengkareng. Omjay duduk di kursi paling belakang. Sepanjang perjalanan omjay tertidur pulas merangsang. Kondektur bus membangunkan omjay. “Sudah sampai pak!” Terminal 1A sudah di depan mata. Penumpang bus turun satu persatu. Alhamdulillah sampai bandara SuTa pukul 03.00 WIB pagi.

  1. Naik Pesawat Lion Air ke Makassar

Ramai sekali suasana bandara. Ada rombongan ibu-ibu kepala sekolah hendak pulang ke Bima NTB. Mereka banyak membawa barang belanjaan. Omjay dibuat tersenyum saat mengurus boarding pas dan tiket pesawat. Belanjaan ibu-ibu banyak sekali dan beranak pinak. Rupanya mereka habis belanja di pasar pagi mangga dua. Hal itu omjay dapatkan infonya setelah bertanya kepada salah satu ibu yang berada di dekat loket. Sambil menunggu antrian dengan sabar. Alhamdulillah tiket pesawat sudah ditangan dan dapat tempat menunggu pesawat di gate 7. Omjay sempatkan sholat tahajud sebentar di sana. Pukul 04.00 wib pesawat LION terbang tepat waktu. Pramugari cantik menyapaku. Kami yang duduk di jendela darurat diberitahu cara membuka pintu darurat bila terjadi masalah dalam pesawat. Sempat manggut-manggut tanda setuju, dan tertidurlah aku dengan mimpi yang indah di kursi 13B. Naik pesawat lion ke Makassar 2 jam lebih tak terasa sudah.

  1. Dijemput Ibu Nurwahida

Pesawat sampai bandara Sultan Hasanudin tepat waktu. Pukul.07.30 wita pesawat mendarat dengan selamat. Bus besar datang mengantar sampai tempat kedatangan. Alhamdulillah sempat bertemu seorang kawan yang kuliah di UNJ. Kami saling sapa dan rupanya beliau akan ke kendari naik pesawat lagi. Toilet menjadi tempat penting untuk buang air kecil dan musholla menjadi tempat sholat dhuha. Omjay berdoa semoga dilancarkan segala urusan. Usai sholat dhuha langsung ke pintu keluar dengan wajah cerah, dan disambut dengan kegembiraan oleh ibu Nurwahida. “Selamat datang di kota daeng omjay”, katanya ramah. Diajaknya omjay ke parkiran mobil. Ibu Nurwahida adalah anggota MPGP TIK Kota Makassar dan juga anggota Ikatan Guru TIK PGRI. Beliau ditugaskan bapak Ketua MGMP TIK Kota Makassar bapak Haji Tasdin untuk menjemput omjay di bandara. Nikmat sekali banyak saudara di setiap kota yang omjay datangi.

  1. Menuju LPPPTK KPTK

Ibu Nurwahida datang dengan Suami dan keponakannya. Mobil melaju menuju gowa. Omjay pikir ibu Nurwahida dan suami sudah tahu lokasinya. Ternyata beliau juga belum tahu. Kami putar-putar menuju lokasi acara. Sempat salah jalan. Tanya orang sana sini dan dibantu GPS akhirnya ketemu sudah. Jalan menuju kantor tempat acara benar-benar jalan desa. Kita tentu tidak menyangka kalau di sana ada kantor kemdikbud. Kiri kanan jalan masih dipenuhi sawah dan tanaman. Pukul 09.00 wita sampailah kami di LPPPTK KPTK Gowa Sulawesi Selatan. Tempatnya luas dan gedungnya bagus. Gembira rasanya hati ini, dan akhirnya sampai juga di gedung TIK. Gedung diadakannya tempat acara Workshop. Gedung tempat berkumpulnya guru guru yang mau belajar TIK.

  1. Acara Pembukaan

Ternyata acara belum dimulai. Rupanya banyak peserta yang datang terlambat. Banyak yang belum tahu lokasinya. Orang Makassar banyak yang nyasar. Saat tiba, Kami diminta daftar ulang dan mengisi daftar hadir. Banyak peserta yang datang terlambat. Panitia membuka acara dan pak Yopi mewakili pimpinan memberikan sambutan. Beliau menyampaikan informasi bahwa ada 48 ribu guru TIK dari semua jenjang terdaftar di kantornya. Acara dibuka dengan doa yang dibacakan oleh pak Taha. Kemudian kami diminta Coffe break, dan masuk kelas masing-masing.

  1. Materi Workshop TOT Microsoft

Kegiatan workshop TOT Microsoft Office 365 dimulai. Peserta dibagi dalam 2 kelas. Kelas pertama dipandu oleh pak Thomas dari Yogyakarta, dan kelas kedua dipandu oleh pak Mansur dari Sidrap. Materinya tentang Office 365 yang belum banyak guru mengetahuinya. Kami diperkenalkan tentang pemanfaatan office untuk pembelajaran di sekolah. Mengenal office 365 menjadi materi perdana kami. Banyak manfaat dan kehebatannya seperti onedrive, sway, outlook, Microsoft office online, Microsoft form dan lain-lain yang tidak kalah dengan google. Kami langsung praktik dengan laptop masing-masing. Kemudian satu persatu peserta diminta mempresentasikan hasil karyanya.

  1. Makan siang dan Cofee Break

Asyik benar workshopnya. Sampai kita lupa makan. Waktu makan siang telah tiba. Semua peserta makan di ruang makan di lantai 1. Ruang makan cukup luas dengan meja-meja ditata per kelompok atau group. Makan disediakan parasmanan untuk 100 orang. Peserta diminta memilih sendiri makanan dan minumannnya. Boleh nambah oleh panitia. Coffe break disiapkan panitia di samping kelas di lantai 2. Tersedia minuman kopi dan teh hangat. Juga air aqua cup buat peserta yang senang dengan minum air putih. Pokoknya masalah makan dan minum dijamin oleh panitia. Peserta tidak akan kelaparan karena disedikan gratis oleh pengelola.

  1. Office 365 di mata guru

Pak Thomas bertanya kepada peserta. “Mengapa Microsoft memberi nama office 365?” Banyak peserta tidak bisa menjawabnya. Rupanya semua kegiatan office ini dapat dilaksanakan selama 365 hari dalam setahun online. Artinya bisa digunakan setiap hari untuk mempermudah dan membantu kegiatan kita di sekolah. Guru dapat menyimpan file dan administrasi pembelajarannya yang terkelola dengan baik secara online. Fasilitas Onedrive dan cloud menyimpannya dengan aman di internet. Pengguna bisa sepuasnya memakai dan menyimpan file sampai 5 tera. Aplikasi tidak lagi berada di komputer, tapi ada di internet. Kita bisa membukanya dimana saja dan kapan saja. Office 365 mempermudah pekerjaan guru kalau tahu caranya. Itulah mengapa dilaksanakan workshop TOT Microsoft 365 ini. Sayangnya akses internetnya putus nyambung. Jadi peserta terkendala akses internet yang terbagi rata ke semua peserta. Materinya bisa dilihat di http://gg.gg/materi_mks2

  1. Masuk Kamar dan Mandi

Pukul 17.00 wita acara workshop hari pertama selesai. Semua peserta diminta mengemasi peralatannya. Pak Thomas menutupnya dengan doa. Peserta yang menginap disiapkan kamar di lantai 3. Omjay kebagian kamar nomor 324 seorang diri. Masuk kamar lalu mandi seger sekali. Sholat jamak qoshor dhuhur ashar dilakukan di kamar ini. Ada 2 tempat tidur disediakan nyaman sekali. Bantal dan guling serta selimut disedikan di atas tempat tidur dengan AC di atas kamar. Sayangnya tidak ada televisinya. Kamar di sini benar-benar untuk beristirahat.

  1. Membeli Odol dan Sikat Gigi

Saat mandi sore omjay belum gosok gigi. Omjay lupa membawa perlengkapan mandi. Ada yang terlupa dibawa dari rumah. Sikat gigi dan odolnya. Juga shampoo dan sabunnya. Pak Muhlis yang baik hati mengantarkan omjay ke warung dengan motornya. Alhamdulillah dapat juga odol dan sikat gigi lengkap dengan sabun dan shamponya. Tak lupa kacang goreng omjay beli untuk menemani lembur nanti malam.

  1. Makan Malam yang berkesan

Usai sholat maghrib berjamaah di masjid, Panitia menyiapkan makan malam. Kami berkumpul di ruang makan. Hidangan lezat tersaji di meja makan. Kami makan sambil ngobrol seputar kegiatan kami di tempat kerja masing-masing. Banyak kawan baru omjay dapatkan. Ada juga kawan yang baru bertemu muka walaupun kami lama berkomunikasi via WA. Foto barengpun akhirnya terjadi. Jarak yang jauh memisahkan kita. Internet menyatukan kami semuanya.

  1. Curhat dan dialog

Omjay mendatangi meja nara sumber dari Microsoft. Mereka senang sekali omjay sambangi. Kami bicara dari hati ke hati. Tentang pengalaman kami masing-masing dalam menjadi trainer dan pembicara di tingkat nasional maupun internasional. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga omjay dapatkan dari pak Mansur dan Pak Thomas yang mewakili Microsoft dalam berbagi ilmu tentang Office 365. Omjay dapatkan juga curhat kawan-kawan guru TIK yang ingin mata pelajarannya kembali. Semenjak TIK dihapuskan dalam kurikulum 2013, keberadaannya antara ada dan tiada. Sedih juga mendengarkan kisah mereka. Jadi semakin bersemangat untuk mengembalikan TIK ke dalam mata pelajaran lagi.

  1. Kucing Penurut

Lagi asyik main hp di ruang tamu ada kucing dekat dispenser. Kucingnya bagus dan nurut sekali sama kita. Diusap-usap kepalanya diam saja. Tidak galak dan minta makanan sambal meong. Omjay kasih makanan, tapi gak ada yang mau dimakannya. Mungkin kurang cocok jenis makanannya. Omjay mau pergi diikutinya sampai masuk kamar. Benar-benar kucing penurut dengan jenis kelamin betina. Warnanya abu-abu putih dan bulunya bersih seperti kucing Persia. Ingin rasanya mengajak kucing ini menemani omjay tidur. Tapi omjay takut beraknya di kamar tidur.

  1. Akses Internet dan 2 Makhluk Manis

Akses internet di kamar parah banget. Lemot sekali jaringannya. Jadi kalau mau internetan, terpaksa harus keluar dan duduk di ruang tamu. Di tempat itulah sinyal data lebih kenceng daripada di dalam kamar. Akses Internet akan lancar bila kita berada di luar kamar. Malam hari telepon bordering lewat WA. Aki3 menelepon tak terdengar suaranya. Akhirnya omjay keluar dari kamar. Namun tak terdengar juga suara dari ponsel. Sementara itu bulu kuduk omjay langsung berdiri. Ada 2 makhluk manis memeloti omjay dari tadi. Laki-laki berbaju hitam dan perempuan berbaju merah. Merinding omjay dibuatnya. Pergi ke kamar adalah solusinya. Belakangan omjay baru tahu. Kalau kedua makhluk manis itu adalah boneka yang dipajang di lantai dua. Jadi ketawa dibuatnya.

  1. Menulis Sebelum Tidur

Teman-teman yang omjay sayangi dan banggakan. Menulis sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan omjay. Menulis itu memang harus dipaksakan. Sudah lebih dari 1500 kata diketik omjay. Tak terasa sudah larut malam. Waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 wita. Besok omjay lanjutkan kembali ceritanya. Selamat beristirahat kawan. Mimpikan aku dalam tidurmu.

Gowa, 3 Maret 2018

Omjay

One Response to “LPPPTK KPTK GOWA”

  1. fairuza ariani r. says:

    sukses 27

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi