Menulis Membuatku Menangis

Menulis membuatku menangis. Bukan karena aku cengeng, tapi aku terharu dengan kerja keras dan ikhlas para guru ini.

Terbayar sudah perjuanganku selama ini dengan pergi ke Kuta Bali.

Di sana kutemui guru guru yang mau belajar sepanjang hayat. Hanya memberi tak harap kembali.

Mereka menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Mereka terlihat bahagia dengan karyanya sendiri.

Tak kenal lelah membuat karya. Inovasi pembelajaran dibuatnya dari pengalamannya mempersiapkan anak negeri.

Di saat orang lain tertidur lelap, mereka terjaga dan menuliskan hasil karyanya yang luar biasa.

Menulis membuatku menangis. Ketika mendengar langsung kisah guru dari raja ampat papua barat.

Tak ada fasilitas bola pimpong di sana. Tak ada media untuk bermain pingpong. Bola pingpong masih mahal di raja ampat.

Namun karyanya membuat siswanya pintar bermain tenis meja. Amaging!

Bola dibuat dari kertas bekas. Mirip dengan aslinya. Karyanya yang fenomenal itu mengantarkannya ke Hotel Mercure di kuta bali.

Kita semua finalis inobel sudah sampai rumah. Beliau masih dalam perjalanan menuju raja ampat. Sungguh perjuangan seorang guru yang membuatku terharu.

Akhirnya menulis membuatku menangis dalam eforia inobel tahun ini. Jadilah guru tangguh berhati cahaya.

340 Responses to “Menulis Membuatku Menangis”

  1. zharga p zainal says:

    terharu saya membacanya omjay, selamat menjadi juara!

    1. Cleva 7C says:

      Selamat atas penghargaannya omjay! Sukses selalu dan teruslah berkarya. Saya menjadi terinspirasi untuk menulis lebih banyak dengan membaca cerita ini, terima kasih.

    2. Muyassar Huda says:

      Wah hebat sekali Om Jay! kerja kerasnya luar biasa!. semangatnya sangat kuat!. Lanjutkan karya-nya terus ya Om Jay

    3. Selamat om Jay atas kemenanganya. Ceritanya buat saya terinspirasi dan terharu. Makin berkarya ya pak!

    4. Selamat Omjay atas kemenangan Bapak. Saya juga ikut terharu. Sukses terus dan tetap semangat ya pak. Terima kasih banyak Bapak.

    5. Selamat Om Jay atas kemenangannya! Cerita ini sangat inspirasi dan membuat saya terharu. Semoga Omjay bisa memajukan pendidikan BTIK di Labschool.

    6. fatih zain says:

      selamat pak terus berkarya!

    7. cyril says:

      selamat ya pak sungguh menginspirasi saya sampai terharu

    8. alviena azzahra says:

      selamat om jay! semoga om jay bisa terus berkarya

  2. amargia 8f says:

    selamat pak, kamipun ikut terharu

  3. keivn says:

    selamat pak dan semoga bapak bisa mencapai juara 1 dalam lomba apapun

  4. IGB Dwi Dayananda says:

    Selamat Pak Wijaya! tetap terus berkarya.

    1. Muhammad Rizky Putra says:

      Selamat Om Jay!! ceritanya menginspirasi saya untuk berjuang dan bikin cerita yang bagus.

    2. Cerita ini sangat inspirasi membuat saya terharu. Selamat Om Jay atas kemenangannya! Semoga OmJay bisa memajukan pendidikan BTIK di Labschool.

    3. Auliyah says:

      selamat atas juara III nya OmJay, walau bukan juara I bapak harus tetap semangat! karena mungkin saja saat kesempatan berikutnya bapak bisa mendapat juara I

    4. Selamat pak atas kemenangannya tidak sia sia bapak ke bali meninggalkan pada saat pelajaran bapak tetapi bapak membawa hasil yang baik

    5. Auliyah says:

      selamat atas juara III nya pak!

      1. ashley says:

        keren bgt! selamat ya pak!

  5. Raqi says:

    selamat pak wijaya, atas kerja kerasnya dan telah mendapatkan penghargaan yang layak didapatkan oleh om jay. tulisannya bagus om, menyentuh sekali. tetep semangat ya om jay.

  6. faryl rashne aydin says:

    terimakasih pak wijaya yang telah mengharumkan nama baik labschool dengan menjadi juara 3 di lomba tersebut

  7. Rafa says:

    selamat ya pak wijaya, atas kerja kerasnya selama ini, doa saya dan teman teman saya bersama bapak, tulisannya bapak menyentuh sekali, salut saya, tetap semangat ya pak…

  8. Fairuz Puti 8F says:

    keren banget om jay

  9. M Hasan Kamal says:

    sangat menginspirasi dan berfaedah, sangat bagus untuk dibaca

  10. Juan Siagian says:

    Termotivasi untuk menulis dan belajar setelah membaca tulisan om. layak banget jadi juara. semangat terus ya pantang menyerah

  11. aku menangi9s says:

    menulis membuatku menangis dan benar-benar menangis dalam kebahagiaan. Selamat omjay dan terus berkarya untuk bangsa

  12. Nada Nabila Putri says:

    artikel ini sangat menginspirasi

  13. Natassa Y.Puteri says:

    keren banget pakk!

  14. Karla Adnina 8F says:

    Selamat om Jay telah meraih juara 3. Bapak berhak mendapatkannya setelah kerja keras yang telah bapak lakukan. Tulisan bapak bagus sekali, terharu saya bacanya

  15. Indira A. Rahma says:

    bagus pak, semoga memotivasi guru lainnya

  16. Justin Nashwan says:

    Selamat om jay sudah mendapat juara 3 tetap semangat ya pak!

  17. Najla Fairuz Riszy says:

    Guru yang hebat

  18. ariz fadhilah says:

    ceritanya mengharukan dan terimakasih telah mengharumkan nama SMP Labschool jakarta

  19. Aditya Luhung says:

    Selamat, Om jay telah berhasil menjadi juara 3, Tetap lanjutkan menulis ya pak

  20. TM Nazhif Syauqi says:

    Selamat om Jay atas penghargaannya, jangan pikirkan usaha tapi pikirkan hasil

  21. Naura Aisyah says:

    selamat ya om jay

  22. Tafarrel Raufan Shidqi says:

    Selamat omjay hebat trs berkarya

  23. farhan yoga w says:

    hebat OMJAy ceritanya sangat bagus dan bselamat telah menjadi juara 3

  24. razen says:

    selamat ya om.. sukses trs ya 🙂

  25. orang gajelas says:

    bagus sekalihhhhhhhhhhhhhh

  26. Juan Siagian says:

    Bagus pak tulisan nya. layak untuk menjadi juara. jangan menyerah ya pak untuk terus menulis dan menginspirasi banyak orang. terus semangat pak supaya dapat juara 1.

  27. Khayrani Shaffah says:

    Kisahnya menarik dan sangat inspiratif. Sukses selalu pak, terus berkarya

  28. kevin says:

    selamat omjay dan semoga terus berkarya pak

  29. chalis says:

    5 menit yang tidak sia sia teruskan ya omjay

  30. Tradygta Chantya RaissaNatanggi says:

    Keren dan bisa menginspirasi orang untuk mulai menulis

  31. Farhan says:

    Masya Allah, luar biasa!

  32. ilham dwi prasetyo says:

    keren bgt pak dan sangat menginspirasi

  33. Raisha zaharani adrianto says:

    Selamat omjay atas juaranya,teruslah berkarya pak and sukses terus ya pak

  34. Agatha K says:

    Bagus, om. Selamat sudah menjadi juara. Terus semangat ya, Om!

  35. Alma Felicia Vielrizki says:

    sangat menginspirasi pak. Selamat ya pak

  36. Omar M. Athalla says:

    wah, hebat! selamat ya pak, dan terus melakukan hal-hal hebat seperti ini lagi!

  37. Jehaan Ronna Aliffe (7D) says:

    keren omjay, selamat ya..

  38. Adinda Hasna M says:

    Selamat Omjay, semoga kerja kerasnya selalu membuah kan hasil yang baik

  39. Faaiz Dharmaputra says:

    Hebat Pak bagus kisahnya. semoga bisa terus berkarya pak

  40. satya aziiz says:

    keren sekalihhh yooii, selamat Omjay

  41. Fadli Abizar says:

    widih mantap lah keren tuh selamat lah om jay

  42. harmayra says:

    wah, teharu saya
    sangat berinspirasi pak

  43. Rayienda Hasmaradana says:

    Selamat omjay atas kemenangannya. Semoga bisa menang dan menjadi juara 1 di lomba lainnya

  44. Naufal Rafif Asadel says:

    Selamat ya Pak… Semoga Bisa Terus Berkarya Ya Pak….

  45. Rifyal Ferdinansyah says:

    Selamat ya Omjay….. Saya ikut terharu.

  46. Rafi Renardi Hariyo says:

    bapak keren banggeett.. semangat terus ya pak…. semoga bapak tambah sukses.. aamiin…

  47. Belinda Putri A. says:

    Keren Pak!!!
    Ceritanya juga menginspirasi. Sukses terus ya Pak!

  48. Seiji Farid Fauzi says:

    Sungguh menginsipirasi,dan selamat ya pak!!!

  49. Chelsea Alya Hanifa says:

    selamat pak, semoga sukses terus ya pak

  50. selamat pak, semoga bisa terus berkarya yang berbuah pengharggaan

  51. Narendra M.A Pasaribu says:

    Selamat ya Om Jay,semoga juara terus ya…

  52. Arya rabbani putra says:

    selamat ya om jay berkarya terus jangan berhenti nge blog.semangat!!

  53. Aisya Rivelia Azzahra says:

    selamat ya omjayy!!!! bagus banget tulisannyaa

  54. Alliyah Nasywa says:

    Selamat omjay juara 3! Jadi terharu nih bacanya //hehe

  55. Alisa says:

    Selamat omjay, semoga terus berkarya dan menginspirasi banyak orang

  56. Fahrimuhaimin says:

    Selamat pak Terus menulis blok pak !!!

  57. Vania N Kirana says:

    wah… hebat pak! selamat pak, sukses terus pak

  58. Farhan Ramadhani Zakiyyandi says:

    Masya Allah, luar biasa! <=)

  59. Falisha Awidiya Purwana says:

    keren pak!!
    menginspirasi, sukses selalu ya pak…

  60. Sarah Aiko S. says:

    Kisahnya menginspirasi dan bagus omjay. Selamat omjay berhasil mendapat juara 3. Terus berkarya dan sukses pak.

  61. Nayla Sabrina says:

    selamat pak atas kemenangan nya, semoga bisa menjadi juara satu di lomba lain 🙂

  62. dhania t herdiani says:

    Selamat pak atas kemenangannya! Sukses selalu pak 🙂

  63. Raflie Nur a says:

    wah bagus pak, saya mengucapkan selamat atas kemenangannya. terus berkarya dan menang di lomba lainya!!

  64. dhiva azzahra adi mulyani says:

    selamat atas kemenangan nya omjay,dan kisah bapak sangat terharu

  65. Raka Daffa Iftikhaar says:

    Sangat menginpirasi pak!! selamat atas kemenangannya dan pencapainnya!!

  66. Kayla Ramadhani Sandy says:

    Selamat yaa pak semoga bisa terus berkarya dan bisa menjadi kebanggaan labschool 🙂

  67. ila 7b says:

    wah keren pak, selamat ya terharu kita bacanya. semangat terus ya pak

  68. annisa dwiaynti ismael says:

    semangat omjay dan selamat atas juaranya. semoga sukses ya pak

  69. Tari Gitawardhani says:

    Selamat ya paakk…. saya juga terharu dari kisah-kisah para guru penulis.. yehehe pengen nulis juga :v

  70. M. Rafly Afid says:

    Keren pak!
    Kisahnya menginspirasi saya. Selamat ya pak!!!

  71. Nadhif Attala says:

    selamat omjay, telah menjadi pemenang ke-3 saya terharu melihat karya bapak

  72. Rafi Octavian B. says:

    Terharu T_T dan juga mengispirasi. Semoga yang lain juga terinpirasi oleh ini. Juga selamat yaa pak kemenangannya

  73. M.Dwantara.Radhya.A says:

    Selamat pak atas kemenangannya, semoga bisa menjadi juara di lomba-lomba lainnya

  74. Nareswari Kenar 7B says:

    Selamat ya pak atas kemenangannya, terus berkarya dan terus semangat pak

  75. kimi mirza says:

    Bagus pak!

    kisahnya sangat menginspirasi saya! selamat ya pak!

  76. Ahmad Evander R.X. 7B says:

    Selamat pak saya ikut mendukung bapak semoga bapak selalu sukses

  77. nuna says:

    jadii om jay itu sangat menginpirasi saya karena dengan kerja kerasnya dia mengasilkan hasil yang luar biasa dan pantang menyerah

  78. Tristan Muhammad Dipa Abyasa says:

    Selamat menang juara tiga pak, saya sangat terharu dan semoga aja akan mendapatkan juara satu di lomba menulis yang lain 🙂

  79. Vanessa Berylia Nareswari 7B says:

    Terima kasih Om Jay sudah mengharumkan nama SMP Labschool Jakarta dan teruslah berkarya pak agar menulis menjadi hobi semua orang 🙂

  80. Nadia Rahmadina A. says:

    Selamat, pak atas kemenangannya! Semoga bapak akan terus semangat dalam kegiatan belajar dan mengajar…..

  81. arifa jasmin says:

    Bagus pak ,saya juga terharu membacanya.Kisahnya sangat inspiratif dan menarik sekali dan itu memang pantas untuk membuat bapak menjadi juara 1

  82. selamat ya pak atas keberhasilannya semoga bisa juara lagi di lomba yang lain bukan hanya di indonesia tetapi di seluruh dunia pak. lanjutkan

  83. Vanessa Berylia Nareswari 7B says:

    dan selamat atas kemenangannya ya pak 🙂

  84. Selamat ya Omjay atas pencapaiannya! Semoga Omjay semakin sukses! Terima kasih karena telah membawa nama baik SMP Labschool Jakarta!. lanjutkan pak

  85. Farah Diah LABS says:

    Selamat omjay atas kemenangannya.. Kisah Menulis membuatku menangis sangat menginspirasi. Semoga terus berkarya. Sukses terus yaa omjay . TKS YA

  86. balqis 7b says:

    Wah… bapak keren!!! Selamat ya pak atas kemenangannya. saya sangat suka tulisan bapak jang berjudul menulis membuatku menangis, tulisan bapak sangat menginspirasi dan juga membuat saya terharu !!! saya ingin bapak akan tetap berkarya dan terus kerja keras ya pak. Saya sangat bangga karena bapak telah menjadi juara tiga dan semoga pada kesempatan lain kali bapak dapat memenangkan juara 1 amiinn!

  87. Aisyah zahwa S says:

    selamat pak atas kemenanganya , semangat terus

  88. Nailah Amanda A. 7B says:

    Keren banget pak! Sukses selalu ya pak!

  89. gwendoline kalisha says:

    Selamat omjay atas kemenangannya.. Kisah Menulis membuatku menangis sangat menginspirasi. saya sangat suka dengan kerja keras om jay selamat!!!

  90. fahmara nasya says:

    selamat omjay atas prestasinya!terus semangat dan berkarya ya pak.kisahya sangat menginspirasi bagi kita semua

  91. Naomi amirabelle says:

    Bagus pak semangat ya pak. cerita ini sangat inspiratif dan penuh dengan dedikasih dan kabanggaan, pokoknya bagus deh…

  92. Elnino Fahreza P says:

    Selamat Omjay, asik nih menang juara 3.
    Blog omjay sangat menginspirasi, saya suka dengan kerja keras omjay.
    Terus semangat dan menginspirasi kita ya omjay 🙂

  93. Dennis Ismail Pattimura says:

    Selamat Omjayyyyy semoga menang lomba lagiii dan sehat selalu yaa…. biar bisa ngajar kita

  94. fhatika a.r says:

    Selamat omjay atas penghargaannya, tetap semangat dalam membuat blog ya!! agar orang2 terinspirasi

  95. Naraya Ardiani Khansa says:

    Selamat omjay atas kemenangannya yaaa…..Menulis Menbuatku Menangis sangat memotifasi kita untuk lebih berkarya dan menghormati sesama.Kerja keras omjay tak pernah terkalahkan hanya untuk mensuseskan murid muridnya. onjay…FIGHTING!!!

  96. najmi mudiah lubis says:

    Selamat atas kemenangan omjay.Saya juga merasa sangat terharu saat membaca kisah menulis membuatku menangis.Terus berjuang yaa omjay.

  97. Calandra Divina D. says:

    selamat ya pak! Kisah yang sangat menginspirasi

  98. Selamat Omjay atas prestasinya yang mengharumkan nama labschool, semangat terus ya Omjay,artikelnya sangat menginspirasi,dan sangat berfaedah.

  99. Thariq Akbar 7A says:

    selamat om jay atas kemenangan yang sudah om capai. semoga om jay bisa terus berkarya dan membuat indonesia bangga saya sangat suka cara om membuat blog yang sangat membantu iini dalam proses belajar mengajar:)

  100. Daffa Wahyu Pratama 7A says:

    Selamat yaa pak atas kemenangannya meraih juara 3. sangat menginspirasi bagi saya teruslah berkarya ya Omjay untuk mengharumkan SMP Labschool. terima kasih Omjay

  101. Reyhan Alfarel Qadavi says:

    Selamat pak atas kemenangannya, Kisah ini membuat saya terinspirasi. saya sangat suka dengan cara kerja omja. semoga bapak bisa terus berkarya Semangat omjay!!!!

    🙂

  102. Aiko Faizura 7A says:

    Saya merasa sangat senang setelah mengetahui kemenangan bapak atas kerja kerasnya selama ini. selamat ya pak sudah bisa menjadi peringkat 3 semoga saat ada lomba lagi bapak bisa menjadi yang pertama. Tak apa menjadi peringkat ketiga yang penting bapak sudah berusaha sekeras mungking dalam mengajar para muridnya.

  103. selamat omjay atas prestasinya yang membanggakan semoga bisa semakin baik lagi untuk menjadi yang nomor satu

  104. Narina Aidha Hamzah 7A says:

    Selamat ya, pak. Saya setuju dengan bapak, menulis memang bisa membuatmu merasa bahagia,sedih, terharu, dan masih banyak lagi.Saya berharap bapak lebih banyak berkarya dan sukses. Semangat ya bapak! Saya berharap bapak lebih banyak berkarya dan sekali lagi, selamat ya pak!

  105. Althaf Raiez Avistha says:

    Selamat Omjay atas prestasi Omjay dalam menjadi juara 2, Kisah menulis membuatku menangis sangat menginspirasi saya dan juga mengajarkan saya untuk bersyukur dan menghargai guru. Sekali selamat Omjay atas prestasinya.

  106. Ceritanya cukup membuat saya terharu. Selamat ya Omjay, terus berkarya!

  107. inayah kayla says:

    selamat ya omjay!!!..tulisan menulis membuatku menangis sangat terharu.saya suka kerja keras omjay.saya berharap bapak dapat berkaya lagi!.

  108. Refalino Shahzada says:

    Selamat ya pak, semoga bapak terus berprestasi dan tetap semangat.

    Semamgat ya Omjay!!

  109. Rafi akbar dirgantomo 7A says:

    Selamat ya pak, atas juara 3.
    semoga bapak semakin lama semakin mendapatkan juara 1. semangat terus ya pak. ini akan menjadi kisah yang tak terlupakan

  110. Raissa Hanareta Nurendriah 7A says:

    Selamat atas kemenangan yang sudah diraih Pak Wijaya
    Ini akan menjadi kisah yang menarik dan menginspirasi
    Selamat sudah meraih juara III dengan kerja kerasnya.

  111. Rayya Annisa Camilia says:

    ,, selamat Omjay atas kemenangannya. semangat, pak! ^^

  112. Bima Diptayasa says:

    Selamat ya Omjay atas kemenangannya. cerita ini membuat saya terinspirasi untuk terus menulis terima kasih Omjay

  113. Bannu Yusaffa says:

    Selamat OmJay atas kemenengannya , Semangat dan tetap berkarya OmJay

  114. Desira Narinindya Maliha says:

    Selamat ya omjay atas kemenangannya mencapai peringkat 3 dibali, artikel ini sangat bagus dan membuat saya terinspirasi. Sukses terus ya omjay. 🙂

  115. Dzaky Rauf Rahardian says:

    sungguh menginspirasi dan mengharukan, selamat atas kemenanganya pak

  116. fhatika a r says:

    Selamat atas kemenangannya omjay, semoga membuat orang menjadi terinspirasi, teruskanlah karya bapak.

  117. Rashaka Omar says:

    Selamat Omjay atas kemenangan Omjay sebagai juara tiga
    Ketika membaca kisah menulis membuatku menangis itu menginspirasi saya untuk selalu bersyukur sekali lagi Selamat atas prestasi omjay

  118. dayita aliyyah says:

    keren banget Om Jay! selamat atas kemenangannya.

  119. Raidy22 says:

    Bapak menjadi motivasi belajar saya dan menyemangat kan saya untuk lebih banyak belajar

  120. Valentrisna Dwiardhito says:

    Kisah Omjay sangat mengharukan, di sana banyak guru yang berusaha keras untuk mengajari siswa-siswinya bahkan fasilitasnya tidak tercukupi *Selamat atas kemenangan bapak*

  121. Raidy says:

    Bapak menjadi motivasi belajar saya dan menyemangat kan saya untuk lebih banyak belajar (tadi salah nama)

  122. Ghitrifaldi Adrian Joffana says:

    Saya menjadi terinspirasi untuk menulis pak, dengan menulis saja kita dapat memberi banyak ilmu kepada pembaca, semangat omjay dan selamat untuk kemenanganya

  123. Maheswari says:

    Selamat untuk OmJay! sangat menginspirasi

  124. dayita aliyyah says:

    keren banget Om Jay! selamat atas kemenangannya dan saya ikut terinspirasi untuk lebih banyak menulis lagi.

  125. Fakhri M.hisyam says:

    keren banget!!!!!!
    ceritanya mengharuhkan sekali bagi saya
    selamat om Jay

  126. Musa Muhammad 7F says:

    sungguh menginspirasi dan mengharukan.Tetap semangat ya omjay dan selamat atas kemenangannya

  127. hilmar yoyow says:

    BAGUS BANGET OMJAY JAGO MEMBUAT ORANG TRINSPIRASI YOH SELAMAT BERJUANG PAK SEMOGA SUKSES

  128. Rajwaa Athaya Dzikra says:

    Selamat ya pak Omjay atas kemenangannya

  129. athaya azalia says:

    Saya sangat senang membaca wacana ini sangat menginspirasi untuk selalu semangat dan pantang menyerah,dan selalu kreatif menggunakan barang-barang bekas di sekitar kita dan menciptakan barang baru yang bermanfaat .Cerita ini sangat membuat yang membaca seperti merasakan apa yang penulis rasakan ,saya sangat suka dengan cerita ini.Semangat terus Omjay jangan pernah menyerah untuk selalu berkarya,dan menginspirasi murid-murid!!

  130. Jordan Rafael Hardian says:

    selamat Pak Omjay karna menang juara ketiga, saya sangat termotivasi atas cerita bapak

  131. Vania Shafira W. says:

    Selamat kepada pak wijaya ! Karena kerja keras yang dilakukan selama ini terbayar. Semoga Bapak tetap sukses selalu!

  132. Aqila Hana says:

    Selamat kepada omjay ya…^_^
    semoga sukses selalu di kegiatan apapun yang dikerjakakan
    cerita ini membuat saya terharu dan terinspirasi

  133. M.Ferrel J A says:

    sungguh menginspirasi dan mengharukan. Selamat ya Omjay sebagai juara ketiga membaca kisah menulis membuatku menangis.Lanjutkan Pak!!!!!

  134. Fazra Abyaz says:

    Saya juga terharu saat membacanya OmJay,Selamat atas kemenangan nya dan teruslah berkarya OmJay

  135. Dinda Yuviarrahmah says:

    Menulis membuatku menangis. Perjuangan guru memang hebat. Rela berjuang untuk murid-muridnya. Semoga para guru lebih dimudahkan untuk mengajar.
    Selamat Pak Jay atas prestasinya. Semoga bisa lebih berkarya lagi

  136. Yoem says:

    Selamat pak atas kemenangan bapak. Tulisan bapak sangat menginspirasi dan mengharukan, bagus sekali. Tetapi sayangnya ada typo.. -w-

  137. Arisha Shaista Aurelya says:

    Selamat Omjay atas kemenangannya,Sangat menginspirasi bagi saya dan teman-teman. Sehat selalu dan pantang menyerah ya omjay!Saya menjadi semangat untuk belajar dan menulis sekali lagi selamat ya omjay
    -ars

  138. safina 7f says:

    selamat om jay saya jadi terinspirasi dan terharu . . . (O v O)/

  139. Alicia 7F says:

    Selamat ya Omjay atas kemenangan yang diraih yaitu juara 3. Cerita yang bapak tulis membuatku terharu sekali. Semoga bapak tetap mempertahankan prestasinya! 😀

  140. Shanaya Raisya Tanjung says:

    cerita ini sangat mengharukan tetapi membuat hati saya senag dengan cerita ini 🙂 selamat juga y atas kemenangannya Omjay

  141. Alya Taqiyya Safi says:

    selamat pak wijaya! ceritanya sangat menginspirasi. dan telah membuatku terharu, selamat pakk karena telah menginspirasi banyak orang dengan karya karya bapak!

  142. Tabina Zahira says:

    Selamat OmJay atas kemenangannya. Sangat menginspirasi pak! lanjutkan.

  143. Raisa Fadilla says:

    Selamat omjay atas kemenangannya! Menulis membuatku menangis ini sangat menginspirasikan saya.. Tetap semangat omjay dan sukses terus!

  144. nazhira shakila says:

    selamat omjay atas kemenangannya!
    sungguh memotifasi kita semua
    semangat omjay

  145. Haura Hafizha Harryson says:

    Selamat Om Jay atas kemenanganya!semoga dapat menginspirasikan orang-orang.Sukses terus ya Pak dan teruslah berkarya.

  146. Alyaubirahaman Labschoo 7F says:

    Halo pak saya Albi saya ingin menyaimpaikan bapak jangan pernah berhenti jadi bloger karena bapak adalah inspirasi untuk para kalangan bloger baru terima kasih bapak atas mendengar komen saya semoga bapak mendapat penghargaan yang banyak amin.

    -Albi

  147. Argi Putra Sadewa 7F says:

    Keren banget pak! Terus semangat berkarya dan berbagi ilmu di seluruh Indonesia! Mantap banget pak, semangat terus ya. O ya saya belom bilang, selamat ya atas kemenangannya, KEREN!

  148. Tania Adinda W 7F says:

    Selamat pak atas kemenangannya! sukses terus dan tetap semangat pak. Tulisan Menulis Membuatku Menangis menginspirasi saya untuk menulis lebih. Terima Kasih

  149. sandrea heidi elisia 7f says:

    cerita ini membuat saya terharu dan menginspirasi saya.selamat atas kemenangan bapak.Semoga tambah semgangat lagi ya….

  150. Sheraya Diva Kumala says:

    Selamat omjay atas kemenangannya. Tulisan bapak sangat menginspirasi banyak orang. Sukses terus ya pak!

  151. Shanaya Raisya Tanjung says:

    Cerita ini sangat mengharukan tetapi juga membuat hati saya senang.Selamat Om Jay atas kemenangannya dan telah menginspirasi banyak org 🙂

  152. nada khalillah labschool says:

    selamat pak omjay aatas kemenanganya

    tulisan sangat menginspirasi kita semua

    hebat pak, terma kasih pak semangat pakkk

  153. Darel Arsa Aradin 7F says:

    Selamat yaaaa Omjay atas kemenangan bapak. atas bapak, saya juga merasa terharu saat menulis.

  154. Fatih Akramin M. says:

    Ceritanya membuatku terharu dan ceritanya sangat bagus
    Dan selamat untuk omjay atas kemenagnanya.Terima kasih

  155. Alisha husna M says:

    Selamat om jayyyy! cerita ini sejujurnya membuat saya terharu dan saya menjadi ter-inspirasi. Terima kasih.

  156. Anggi fathma s. 7C says:

    Selamat bapak!!!Selamat Om Jay atas kemenangannya dan telah menginspirasi banyak orang.

  157. M.Yahya.Ayyash says:

    ceritanya bagus membuat saya terharu om jay

  158. Thalissa Permata L. says:

    Sangatlah menyentuh hati dan inspiratif. Selamat Omjay atas kemenangannya, semua berkat kerja keras dan doa. Ini juga dapat menjadi sumber motivasi. Sekian, termia kasih.

  159. BillNye says:

    Selamat omjay dan semoga lain kali dapat meraih juara I.

  160. fitri satwiko says:

    ceritanya bagus banget pak , sangat membuat saya terharu. atas semua perjuangan bapak , selamat ya pak atas kejuaraan bapak . sukses selalu pak , terimakasih

  161. Qonita Azzahra 7C says:

    Ceritanya sungguh menginspirasi saya unutk terus berkarya. Saya ucapkan selamat atas kemenangan bapak, dan semoga bapak bisa terus berprestasi dan terus semangat untuk menghasilkan karya-karyanya. Bapak keren banget! Terima kasih dan semangat terus ya, Omjay~

  162. SELAMAT ATAS KEMENANGANNYA OMJAY
    SMOGA BISA TERUS BERKARYA DAN MENGINSPIRASI SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL DAN SMP LAINNYA XD

  163. selamat atas juara 3 ya omjayyyy. tetap terus berkarya. dan jujur cerita ini sangat inspiratif!

  164. Rafi Arantha F says:

    Saya sejujurnya saya sangat bangga karena mempunyai guru seperti bapak, selamat atas prestasinya ya pakkk!

  165. Pido says:

    Selamat om jay atas kemenangannya. Cerita nya sangat menginspirasi, terimakasih~

  166. Kayla Shafa says:

    Selamat pak!!! semoga bapak bisa terus berkarya, menjadi yang terbaik diantara yang terbaik dan bisa menjadi inspirasi lebih banyak orang lagi.Usaha bapak akan terus saya kenang dan saya jadikan sebagai inspirasi untuk saya kedepannya.

  167. Kesya maulida K says:

    Selamat pak atas kemenangan nya , tulisan nya membuat saya dan teman teman semakin termotivasi untuk terus menulis dan berkarya.terus berkarya ya pak

  168. Diandra hana m labschool says:

    selamat omjay… semoga kedepannya sukses terus… sangat mengharukan dan menginspirasi…semangat terus om

  169. Najwa Alifia labschool says:

    ceritanya membuat saya dan teman-teman terharu dan mengispirasi, selamat Omjay atas keberhasillannya. terima kasih

  170. Muyassar Huda labschool says:

    Wah hebat sekali pak! semangat bapak sangat kuat dan bapak sangat bekerja keras. Saya jadi terinspirasi pak. lanjutkan terus karyanya ya pak!.

  171. SELAMAT OMJAY ATAS KEMENANGANNYA!!!
    SEMOGA BISA TERUS BERKARYA DAN MENGINSPIRASI KAMI, SISWA-SISWI SMP LABSCHOOL DAN SMP-SMP LAINNYA XD
    Dyota 7C

  172. manusia says:

    Ayo semangat terus omjay dan selamat berlibur nanti ya

  173. Gema Nissa Ayu says:

    Selamat Omjay atas kemenangannya. semoga mimpi Omjay terwujudkan. next time bisa jadi juara 1!
    cheer up!

  174. Aliya Rizki 8E says:

    Selamat Om Jay dapat meraih juara 3!
    semoga om jay tetap berbakat dalam menulis ini agar bisa menjadi juara yang lebih tinggi!
    tingkatkan terus prestasinya Om!
    Om pasti bisa meraih yang lebih tinggi, kalau berusaha sebaik mungkin.
    Menginspirasi!

  175. Harry Maulana Hafidz says:

    om jay selamat yah aku ikut terharu

    1. Ridwan 8E says:

      gitu doang masa

    2. Nandana says:

      selamat omjay jadi juara ketiga

  176. Eldwinpradipta8e says:

    selamat ya omjay semangat selalu, dan selamat berlibur

  177. haykal 8e says:

    Selamat atas pencapainannya dan selalu sukses selalau dalam membangun dan mencetak siwa siswi yang cerdas

  178. Yaya 8E says:

    selamat omjay menang, walaupun juara 3 tapi omjay tetap membanggakan nama labschool!!

    tingkatkan terus om jay!

  179. Aniqa Faiza S says:

    Selamat pak atas kemenangan bapak, semoga kedepannya bapak dapat terus berkarya dan berprestasi.

  180. Bapage Labschool says:

    Saya berharap Pak Wijaya bisa meraih prestasi lainnya

  181. Thifalina z a says:

    Selamat Omjay mudah-mudahan bisa selalu berkarya dan bisa membuat kita terinspirasi menjadi lebih baik

  182. Salma Kanzu says:

    Selamat ya Om Jay!
    Tetap semangat menulis ya pak untuk selanjutnyaa. Semoga Om Jay bisa meraih lebih banyak prestasi dari menulis. Saya terharu ketika mendapat kabar bahwa guru saya yaitu om Jay meraih juara. Sangat menginspirasi kami khususnya saya untuk lebih sering menulis

  183. Ridwan 8E says:

    Waah selamat atas kemenangannya saya ikut terharu dan bangga atas keberhasilannya semoga seterusnya tetap mendapat lebih banyak prestasi. YAY ^_^

  184. Natasha Anindia Putri says:

    Selamat om jay dapat menjadi juara!
    tetap semangat yaa!

  185. SELAMAT & SEMANGAT TERUS OMJAY !!! Jangan berhenti menulis agar bangsa Indonesia bisa maju !

  186. Nandana says:

    selamat omjay
    kerjanya sudah membuahkan hasil
    tetapkan prestasinya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    semoga mendapat prestasinya lebih banyak terus berkarya
    saya terharu membacanya……..

  187. selamat om atas meraih juara 3, tetap semangat

  188. Dewangga Kurnia Putra labschool 8E says:

    Selamat Om Jay atas kemenangannya! semoga Om Jay makin meningkatkan bakat menulis agar bisa menjadi juara 1.
    Tetaplah semangat dan menginspirasi Om Jay. Yay

  189. Dewangga Haryono Putra labschool 8e says:

    selamat om jay atas kejuaraannya. semoga om jay dapat meraih lebih banyak prestasi dan meningkatkan blognya dan semoga bapak diramhmati allah.

  190. Fabian Arie says:

    selamat omjay atas prestasinya, semoga omjay terus berkembang

  191. Raden Muhammad Abimanyu says:

    selamat ya

  192. Naufal Abrar says:

    Selamat atas pencapaiannya om Jay!!!
    Saya terharu membacanya dan saya juga sangat bangga memiliki guru seperti om Jay. semoga om Jay bisa meraih yang lebih tinggi. Om Jay menginspirasi saya.Lanjutkan terus karya nya.

  193. fariz says:

    terus berkarya omjay, selamat atas penghargaan yang didapat omjay

  194. selamat om atas prestasinya..
    semoga berfaedah bagi nusa bangsa dan agama

  195. rafansyah elkiano says:

    ceritanya sangat menginspirasi terus berkarya omjay

  196. rivanya says:

    hehehe, terima kasih omjay atas ilmunya

  197. Nandana Aryancas says:

    selamat atas prestasinya omjay! teruslah berkarya omjay!

  198. vietto yusuf says:

    selamat om jay untuk juara 3 nya

  199. raihan filardi malano says:

    selamat om jay ayo bkita balikan TIK KE KURIKULUM 2013
    SUKSES TERUS

  200. M.A.SYAAMIL says:

    SELAMAT OMJAY TERUS BERKARYA YA : )

  201. herardi hariprayogo says:

    selamat om jay terus berkaya lagi om

  202. Maura says:

    SELAMAT OM JAY!!! semoga bisa terus berkarya

  203. Vannia Saphira says:

    selamat om jay! semoga semakin berbakat dalam menulis

  204. Selamat pak…saya ikut senang dan termotivasi untuk menulis

  205. Danish Maheswari says:

    Selamat Om Jay! Sukses selalu ya pak..

  206. C. aiko syaila says:

    selamat omjay! ceritanya sangat menginspirasi dan terus berkarya, sukses terus yaa pak..

  207. Halifa Al Fitri says:

    Wah,selamat ya Pak,semoga bisa terus berkarya dan menginspirasi anak muda. Sukses selalu ya Pak!!!

    1. Halifa Al Fitri says:

      Selamat ya Om Jay, atas kemenangannya pada perlombaan tersebut, saya merasa bangga menjadi anak muridnya Om Jay, semoga Om Jay terus berkarya dan mengajar kami disini. Artikel ini membuat saya tahu bahwa susahnya perjuangan guru di luar sana yang sekali ingin mengajar muridnya sampai pintar meskipun tidak ada sarana dan prasarana yang mendukung dan memungkinkan. Saya merasa bersyukur karena bisa bersekolah di sini, di Jakarta. Semoga OM Jay bisa terus berkarya dan mengabdi kepada bangsa. Terus berkarya ya Om Jay, bangkitkan semangat muda Indonesia, beritahu mereka bahwa Gadget tidak hanya digunakan untuk bermain game, bermain SOSMED, dan streaming di Youtube

  208. Bariq 7E says:

    Selamat atas kemenangannya OmJay!! artikel ini sangat membuatku merasa sedih buat anak anak di daerah terpencil tanpa TIK.Tetap semangat menulis ya pak untuk selamanya. Semoga Om Jay bisa meraih lebih banyak prestasi dari menulis di blog dan lain lain. Artikel ini membuat aku untuk terinspirasi buat mereka dan membuat saya untuk lebih pintar menulis. Semoga Omjay mendapat prestasi yang terbaik ya!

  209. Farrel Rasyid Ibrahim says:

    Kisah diatas sangat membuat saya terharu karena yang tidak mungkin bisa menjadi bisa, bahkan dengan keadaan finansial di raja ampat tepatnya di Papua. Mereka mengusahakan sebisa mungkin untuk membuat murid muridnya dari yang tidak mengerti menjadi sangat mengerti, dari yang belum bisa menjadi ahli dalam suatu bidang. Saya saja yang hidup di jakarta dengan finansial yang cukup tidak memaksimalkan bakat saya di suatu bidang, karena sibuk dengan alat elektronik seperti handphone, laptop, dll. Selamat kepada Bapak Wijaya Kusumah atas kemenangan dalam menulis sampai sampai harus berjuang ke Kut Bali. Tapi perjuangan itu tidak sia sia kan pak, Bapak Wijaya Kusumah telah membalas perjuangan bapak dengan kemenangan yaitu Pemenang juara 3.

  210. alia julia puteri 7E says:

    selamat atas penghargaannya pak Wijaya Kusuma !!! saya sangat setuju dan ikut terharu mendegar kata kata Omjay. Saya sangat setuju karena menulis memang bisa mewakili perasaan kita dan bila kita menulis dengan sepenuh hati makan tulisan itu bisa bermanfaat bagi orang lain seperti yang Omjay lakukan. Tulisan tulisan Omjay sangat menginspirasi bagi saya . tulisan Omjay kali ini membuat hati saya sangat tersentuh karena membuat kita sadar bahwa kita seharusnya bersyukur dengan kemudahan yang sudah ada di depan kita dengan melihat nasib anak -anak yang kurang beruntung di luar sana . dan tulisan kali ini membuat kita sadar betapa kerasnya perjuangan para guru untuk mengajar kita di sekolah dan betapa mudahnya hidup kita dibanding anak anak lain di luar sana . Omjay teruslah berkarya dan bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi. Saya sangat senang melihat tulisan tulisan pada blog anda yang membuat saya sanagat terinspirasi. Terima kasih banyak Omjay .

  211. Dinara Dariska A 7E Labsco says:

    Selamat Omjay atas penghargaan nya. saya ikut terharu dan bangga atas keberhasilannya semoga seterusnya tetap mendapat lebih banyak prestasi ya pak. tetap menulis ya pak jadilah penulis yang menginspirasi banyak orang dan tetaplah berusaha menjadi yang terbaik pak. Karya Omjay sangat mengharukan dan menginspirasi saya untuk menjadi penulis. Semangat terus Omjay SUKSES TERUS YA OMJAYY HEBAT.Mudah mudahan dapat meraih lebih banyak prestasi dan meningkatkan blognya . Saya terharu membacanya dan saya juga sangat bangga memiliki guru seperti om Jay.Labschool pasti bangga mempunyai guru yang berprestasi seperti bapak. Tidak rugi bapak menulias tengah malam karna sekarang bapak sudah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Ditingkatkan lagi ya Omjay agar nantinya bias menjadi juara pertama. Teruslah mengikuti lomba lomba seperti ini agar kemampuan bapak terasah lagi dan bapak bisa mendapatkan pelajaran dari Guru guru lain. Jangan behenti menulis ya pak tetap berkarya SEMANGAT TERUS OMJAY LANJUTKAN YA PAK BAPAK HEBAT

  212. Ashley 7E says:

    Selamat atas kejuaraannya omjay! Omjay memang pasntas mendapatkan kejuaraan tersebut.
    Omjay memang sangat terlatih dalam menulis blog dan juga membuat orang orang tertertarik dengan apa yang omjay tulis. Omjay juga telah menginspirasi siswa-siswi diindonesia untuk belajar menulis blog. Bapak juga telah memotivasi saya untuk belajar membuat kata kata. Karya karya yang bapak buat termasuk karya yang mengubah dunia. Siswa siswi juga dapat mendalami mata pelajaran Bahasa Indonesia. Keep blogging pak

  213. Ikbar M. Irsan says:

    Selamat atas Kemenangannya ya pakkk. “Menulis Membuatku Menangis” sangat menginspirasi sekali. Dengan tulisan itu saya terharu dan perjuangan guru terhadap muridnya sangatlah besar.

  214. Astari Putri 7E says:

    Selamat atas kemenagan nya om jay.. bapak memang pantas mendapatkan penghargaaan tersebut setelah kerja keras bapak selama ini saya ikut senang atas kemenangan bapak semoga bapak bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi walaupun bapak mendapat peringkat ketiga semoga di lain kesempatan bapak bisa mendapat prestasi yang lebih tinggi lagi dan menjadi peringkat pertama semoga prestasi bapak juga bisa menginspirasi dan memotivasi masyrakat Indonesia juga memotivasi kita semua tulisan bapak juga membuat saya terharu snagat menginspirasi dan memotivasi saya pak, dan saya doakan semoga bapak bisa terus berkarya dan terus memberikan semangat kepada kita semua saya pun ikut bangga dengan prestasi bapak sukses selalu ya bapak dan terus berkarya ya pak saya doakan .

  215. Azriel Alfareza says:

    Selamat Om Jay, atas kerja kerasnya menjadi juara ke 3 dan telah mendapatkan penghargaan yang layak didapatkan oleh Om Jay, walaupun belum menjadi juara 1, saya yakin kesempatan masih terbuka lebar untuk om jay di lain waktu, tulisannya sangat menyentuh hati membuat saya ingin mulai menulis, membuat saya benar benar terharu dan ingin menangis, terimakasih telah mengharumkan nama SMP Labschool Jakarta, jangan menyerah ya pak untuk terus menulis dan menginspirasi banyak orang.

  216. Annisa Zahra Ariesti says:

    Selamat atas pencapaiannya om Jay!!!
    semoga om Jay bisa meraih yang lebih tinggi. Om Jay meng inspirasi saya. Lanjut kan terus karya nya. semoga lanjut ber kembang. Saya ikut terharu membaca nya. Saya bangga me miliki guru TIK seperti omjay. Semoga selalu men dapat kan peng hargaan dari ber bagai macam ajang per lombaan. Semoga pelajaran TIK dapat ber kembang pesat karena omjay, semoga murid murid di masa yang akan ber langsung dan di masa depan dapat menjadi murid murid yang cerdas karena per kembangan TIK yang sudah di kembangkan oleh Om Jay, semoga apa pun yang om jay ingin kan dapat ter capai, semoga nama nya om jay dapat di ukir di ber bagai papan nama yang ada di ber bagai tempat. Lanjut ber karya ya om jay agar karya nya dapat di publisikan ke ber bagai tempat yang mem buat om jay makin ter kenal. Semangat om jay!!!

  217. Aleska Fayza C. Labschool says:

    Selamat atas penghargaan tersebut ya Om Jay!
    saya doa kan agar bapak akan selalu sukses yaaa!
    semoga karya bapak dapat dimanfaatkan untuk kebaikan bagi semua orang yaaa!
    Bagus juga blog nya pak!
    blognya memotivasikan saya untuk menulis cerita!
    yaaa cerita fantasi XP

    memang benar , banyak guru guru yang bergadang hanya untuk menulis karya karya mereka pada saat orang lain telah tidur nyeyak!

    sekali lagi, selamat yaaa Om Jay!!!

  218. Chrisant A Lena S says:

    Selamat ya om jay atas kemenangannya meskipun juara 3 tetap semangat dan terus berkarya, jangan bosen – bosen ngajar kita yang suka bandel.kita berharap om jay bisa ikut lomba lagi terus juara 1.tapi kalo udah juara jangan cepet puas ya om jay.terus berkarya biar kita bisa menyebut nama guru btik kita dengan bangga.jika om jay terus berkarya keluarga,labschool,murid-murid,guru-guru bakal bangga sama om jay jadi jangan berhenti berkarya ya omjay.om jay juga terus semangat menjadi lebih baik,dan lebih baik mengajar kita,terima kasih ya om jay mau ngajar kita dengan semangat.om jay juga sangat menginspirasi saya agar terus semangat dan menjadi juara seperti om jay.saya akan terus berusaha agar se-hebat om jay.bagi saya om jay adalah yang terhebat.saya akan menjadikan om jay sebagai panutan agar btik saya dan karangan saya lebih baik dan sebagus om jay.om jay semangat ya dan terus berkarya.terima kasih om jay

  219. Fadhly Fuad 7E SMP Labschool Jakarta says:

    Assalamu’alaikum

    Sekali lagi tepuk tangan yang meriah untuk KARYA Om Jay yang sangat menginspirasi dan membuat kita bangga menjadi murid orang yang sangat hebat , berprestasi , dan selalu membuat nama Labschool baik . Karya tulis Om Jay selalu membuat ku terinspirasi dan membantuku menjadi orang yang lebih baik dan produktif untuk nusa dan bangsa kita , yaitu INDONESIA . Semoga Indonesia menjadi bangsa yang membanggakan selamanya . Kembali ke karya OM Jay , Sangat bagus dan pasti akan masuk ke llubuk hati kita dan menerangkan kegelapan dari kita dan melepaskan imajinasi , kreasi , dan karya dari kandang yang terkurung terlalu lama . Terima kasih kepada Om jay yang telah membagi ilmu , karya , dan pengetahuan btiknya , dalam blog yang dapat dibuka oleh semua orang tanpa harus bersusah payah . Semoga pahala mengalir ke diri Om Jay selama – lamanya , AMIN . . . . . . Terus semangat Om Jay dan selamat dengan penghargaan yang didapatkan

    Wassalamu’alaikum

  220. Arshya Khalfani Putrawibowo/06/7E says:

    Subhanallah Pak!
    Saya terharu sekali membacanya, terus berkarya OmJay agar menginspirasi anak-anak muda. Anak-anak muda jaman sekarang memang harus membaca Blog seperti ini agar mereka mengetahui dan merasakan betapa susah hidup suswa-siswa sekolah lain di daerah terpencil. Tidak juga lupa guru-guru mereka yang rela berkorban dan bersabar mendidik murid-muridnya yang kurang mampu. Tidak hanya guru-guru di daerah terpencil, tapi guru-guru yang berada di perkotaan pun mengorbankan waktu bersama buahati, waktu bersama keluarga, dan waktu luangnya untuk mendidik murid-muridnya yang ia sayangi, cintai, dan banggakan agar menjadi pemuda yang berguna bagi nusa-bangsa dan diri sendiri, sekaligusuntuk masyarakat luas dan keluarganya. Seperti yang dikatakan tadi di blog, guru-guru dari Papua memenangkan lomba TIK. Tidak semua guru-guru di perkotaan bias memenangkan itu, tetapi karena mereka mempunyai kemauan dan niat yang kuat, mereka dapat memenangkan lomba TIK di Jakarta, Ibukota Negara Indonesia (Republik Indonesia). Saya ingatkan lagi, TERUS BERKARYA OMJAY!!!

  221. Arshya Khalfani Putrawibowo/06/7E says:

    + Selamat Atas Penghargaannya OMJAY!!!!!!!!!!!!

  222. dhafin putra nugraha 7E says:

    Om Jay karya bapak sangat mengharukan karena hal yang tidak mungkin bias menjadi bias, dengan keadaan seperti itu di Raja Ampat Papua Barat yang tidak ada meja pingpog dan bola pingpong tapi guru tersebut bias membuat murid muridnya menjadi mahir dan hebat bermain tenis meja. Saya saja yang hidup di jakarta dengan finansial yang cukup tidak memaksimalkan bakat saya di suatu bidang, karena sibuk dengan alat elektronik seperti handphone, laptop, dll. Selamat kepada Bapak Wijaya Kusumah atas kemenangan dalam menulis sampai sampai harus berjuang ke Kut Bali. Tapi perjuangan itu tidak sia sia kan pak, Bapak Wijaya Kusumah telah membalas perjuangan bapak dengan kemenangan yaitu Pemenang juara 3. Teruslah berkarya Om jay agar bias membuat menulis jadi hobi semua orang, dan terima kiasigh Om Jay telah mengharumkan nama SMP Labschool Jakarta . Semoga di perlomaban yag lain Om Jay selalu meraih juara 1. Terima Kasihhh.

  223. Alodya Keiko says:

    Selamat, Om Jay!!!telah mendapat juara 3……
    Usaha dan jerih payah bapak akhirnya tebayarkan dengan prestasi ini. Teruslah berkarya Om Jay…buat kami terpukau dengan karya-karya Om Jay selanjutnya….
    Saya sangat terharu membaca tulisan “Menulis Membuatku Menangis” karangan Om Jay….Begitu hebatnya para guru yang berjuang untuk murid muridnya….
    Tak kenal lelah membuat karangan yang menginspirasi bayak orang di dunia ini… Termasuk Om Jay… Saya sangat bangga memiliki guru seperti Om Jay…. Bergadang semalaman,berkutat dngan tulisan yang ingin Om Jay sampaikan kepada dunia,kepada orang – orang, yang ingin Om Jay buat terinspirasi. Sehingga tergerak hatinya untuk menulis karangan yang menginspirasi bayak orang……..
    Saya paling terharu saat membaca karangan Om Jay pada bagian ini:
    Di sana kutemui guru guru yang mau belajar sepanjang hayat.
    Mereka menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Mereka terlihat bahagia dengan karyanya.
    Tak kenal lelah membuat karya. Inovasi pembelajaran dibuatnya dari pengalamannya mempersiapkan anak bangsa.
    Di saat orang lain tertidur lelap, mereka terjaga dan menuliskan hasil karyanya.
    Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Om Jay dan terimakasih

  224. Fitzal Haidar Rahman says:

    Selamat Omjay atas penghargaannya. Saya juga ikut terharu membaca artikel Omjay diatas. Menulis memang sangat penting karena menulis bisa membuat kita lebih kreatif, mengisi waktu luang, memberi info ke orang lain dan kita juga bisa menceritakan pengalaman kita. Tulisan Omjay kali ini membuat anak anak bangsa sadar betapa kerasnya perjuangan guru untuk mengajar. Teruslah berkarya Omjay, semoga Omjay bisa memajukan pendidikan BTIK di Indonesia.

  225. Raissa Nadhifa A. 7E says:

    selamat atas prestasi yang dicapai om Jay! Saya sangat bangga melihat prestasi yang om Jay capai. Tulisan om Jay benar benar bisa membuat orang ingin menulis. Semoga omjay dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dan lebih banyak, dapat berkarya lebih banyak dan lebih bagus, dan dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk menulis. Terus berkarya lah om Jay! Perjuangan tak akan menjadi sia sia pasti kita akan mendapat hasilnya, kalaupun sudah mendapat hasilnya kita masih harus berusaha untuk meraih yang lebih bagus lagi. Artikel om Jay tentang “Menulis membuatku menangis” juga membuat saya sedih, isinya benar – benar bagus, mengharukan, dan menginspirasi. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan terima kasih telah menginspirasi saya untuk menulis. Sekian dari saya terima kasih.

  226. dinda nabila 8g says:

    selamat omjay, semoga makin terus berkarya ya pak, semangat!

  227. Breyvia shanata p.s says:

    selamat atas kemenangannya om jay, saya jadi ikut terharu membaca artikel di atas. menulis sangat penting bagi siapa saja, apalagi bagi remaja saat ini..

  228. Carrissa Salsabila says:

    selamat om jay atas kemenangannya!!! semoga bisa lebih menginspirasi lagi

  229. mahira says:

    selamat atas kemenangannyan om jay

  230. Breyvia shanata p.s says:

    selamat atas kemenangannya om jay… semoga om jay bisa menginspirasi remaja-remaja jaman sekarang

  231. Haris Pratama Wibowo says:

    Selamat om jay atas kemenangannya, semoga om jay dapat memenangkan lomba lomba yang akan diikuti selanjutnya.

  232. Ratu Maharani 8G says:

    Selamat atas kemenangannya Om Jay!. Sangat menginspirasi!

  233. Ryan Hidayatullah says:

    selamat yaa om Jay atas kemenangannya!!!!! jujur pak saya juga ikut terharu membacanya. saya menjadi terinspirasi untuk menulis dan ingin menjadi seperti bapak

  234. nana 8g says:

    selamat ya pak! semoga terus sukses dan sehat ^_^

  235. daniya sekarning ayu says:

    selamat yaa om Jay atas kemenangannya!!!!! saya menjadi terinspirasi untuk menulis dan ingin menjadi seperti bapak

  236. Zhafira Aliyah says:

    Selamat ya Om Jay! terima kasih sudah membanggakan labschool..ceritanya sangat menginspirasi kita semua, tetap semangat ya

  237. Rendy says:

    selamat om jay atas pencapaiannya

  238. Bagus Omjay Tulisanya terus menulis dan menang lagi dong!!!

  239. HufaRavino says:

    Selamat atas kemenangannya om jay!, semoga bisa memenangkan lomba lagi

  240. ardaffa says:

    congrats paaaak, lebih banyak bawa piala paaak.

  241. M Andriev says:

    Selamat om jay atas kemenagannya, tambag semangat ya om

  242. hamba allah says:

    kemenangan bukan lah kekalahan
    jika anda menang
    anda tidak kalah

  243. Rae 8D says:

    selamat om jay, sukses terus

  244. Raisa Imtiyaz says:

    sangat menginspirasi. terus semangat om jay!

  245. Maulana Noor Hanifah says:

    Selamat yah om jay!semoga bisa menang lagi kalo ada lomba

  246. Siraj Akila Putra says:

    SEMANGAT PAK TERUS BERKARYA

  247. danika rainandini nimpuno says:

    waww! keren sekali omjay! sungguh menginspirasikan! selamat ya bapa!

  248. Shadiq Ikhwan says:

    selamat kepada omjay atas kemenangannya ,terus berakarya!

  249. M. Rafi W. D. says:

    Selamat atas kemenangan pada lomba sebelumnya Om Jay! Tetap semangat dalam berkarya dengan cara menulis dan tulisannya bagus Om.

  250. Nabil says:

    sangat menginspirasi. terus semangat om jay!. Selamat atas kemenangannya om jay!, semoga bisa memenangkan lomba lagi

  251. Nabil says:

    sangat menginspirasi

  252. Nabil says:

    selamat ya om jay menang gak kalah

  253. nashafa kirana says:

    sangat menginspirasi. terus semangat om jay!

  254. M Nadhif says:

    Cerita guru tersebut sangat meninspirasi. Saya berharap salah satu muridnya bisa menjadi petenis meja profesional untuk menunjukann keberhasilan guru tersebuyt. Selamat juga kepada omjay akan prestasinya yang telah diraih!

  255. Arsendra says:

    Selamat ya om jay.Mungkin dengan kerja keras dan semangat lebih lagi,lain kali om bisa juara 1.Semangat ya Om (:

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi