Contoh Tulisan Siswa Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

Hari Pertama Masuk Sekolah di Kelas 8

 

Tahun ajaran baru 2017-2018 dimulai pada hari Senin, 10 Juli 2017. Pada hari itu, saya merasa penasaran, karena kita mamasuki kelas baru dengan teman-teman yang berbeda. Saya merasa senang, karena sekelas dengan teman-teman bermain saya, dan ditambah lagi wali kelasnya Pak Amir, saya tambah senang.

Di kelas 8F saya merasa kurang nyaman, karena kebanyakan dari teman sekelas saya adalah teman-teman yang sebelumnya bukan dari kelas saya. Tapi hal itu tidak masalah, karena kita memang harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk hari petama, hanya upacara bendera,  berkenalan dengan wali kelas, dan membentuk pengurus kelas.  Di kelas 8 ini, kami sudah menjadi kakak kelas. Adik-adik kelas 7 sedang melakukan MPLS, yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kami sebagai kakak kelas senang, karena melihat wajah-wajah baru di SMP Labschool Jakarta.

Sejujurnya, saya sedikit khawatir, karena di kelas 8 ini, pelajaran makin sulit, ada pembuatan kartul, dan rekrutmen OSIS. Namun kita semua harus menjalaninya dengan semangat. Saat pembentukan pengurus kelas, saya terpilih menjadi ketua kelas. Siswa pulang tidak seperti biasanya, karena hari Senin adalah hari petama masuk sekolah, jadi kita pulang sekolah jam 10 pagi.

Hari kedua, belajar seperti biasa.  Ekskul Paskibra sudah mulai aktif kembali. Kami yang bergabung dalam ekskul Paskibra sedang mempersiapkan untuk Expo Ekskul. Apa itu Expo Ekskul? Expo Ekskul adalah pengenalan kegiatan ekskul kepada murid kelas 7. Seluruh ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta menampilkan penampilan mereka masing-masing, gunanya agar adik kelas tertarik, dan akan mengikuti ekskul tersebut.

Menurut saya teman-teman di 8F baik-baik dan ramah. Saya cepat untuk beradaptasi dengan mereka. Hal yang saya tidak terlalu suka dari  Kelas 8F adalah, karena terletak dibagian pojok dan agak sempit. Namun  hal tersebut tidak masalah, karena tidak setiap saat kita berada di dalam kelas. Kegiatan di kelas 8 sangat banyak, sebentar lagi kita akan menghadapi rekrutmen dan Invita. Saya sangat tidak sabar dengan Invita. Invita adalah kegiatan kelas 8, yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Rekrutmen OSIS tinggal sebentar lagi, kami para siswa kelas 8 sedang mempersiapkan diri. Semoga kami lolos tahap seleksi OSIS ya teman-teman. Mohon doanya, Aamiin.

Pada acara Expo Ekskul, seluruh siswa-siswi SMP Labschool Jakarta berkumpul di lapangan SMP untuk menyaksikan penampilan-penampilan dari masing-masing ekskul. Semua ekskul menampilkan penampilan terbaiknya, hal itu dilakukan agar para adik kelas 7 yang belum tahu ingin mendaftar ekskul apa, bisa tertarik dan bergabung di dalam ekskul tersebut. Saya sendiri merasa senang, karena saya dan teman-teman ekskul Paskibra lainnya dapat ikut tampil dalam acara tersebut. Kami dari ekskul Paskibra berusaha menampilkan penampilan terbaik kami. Alhamdulillah, untuk sementara ini, adik kelas 7 yang sudah mendaftar di ekskul Praskibra ada 69 siswa. Semoga paskibra SMP Labschool Jakarta lebih berkibar lagi.

Pesan bapak dan ibu guru, kelas 8 adalah tahun untuk mengeksploitasi diri kita. Banyak kegiatan-kegiatan besar yang panitianya adalah kelas 8, seperti pentas seni dan Inlabs. Kegiatan OSIS juga dilakukan oleh kelas 8. Oleh karena itu, kami harus pintar membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan bergaul dengan teman-teman.

Saya berharap di kelas 8 ini, angkatan 25 makin kompak dan kegiatan-kegiatan kesiswaan berjalan dengan sukses. Mungkin ini saja yang saya bisa sampaikan kepada kalian.

Perjalanan kami di di kelas 8 baru dimulai. Untuk itu kami meminta do’anya agar semuanya berjalan dengan baik. Aamiin.

 

 

 

 

Dibuat oleh                                        : Muthia Hayusatari (24) 8A

Diedit oleh                                         : Omjay guru TIK

40 Responses to “Contoh Tulisan Siswa Kelas 8 SMP Labschool Jakarta”

  1. Danish Hawwari / 8D says:

    Hari Pertama di Kelas 8
    Karya: Danish Hawwari
    Editor: Davito Lazuardi

    Hai teman-teman kemaren tepatnya pada hari senin saya resmi menjadi kakak kelas karena saya resmi menjadi anak kelas 8. Pada hari Senin, 10 Juli 2017, saya datang ke sekolah sekitar jam 6.12 dengan mobil yang diantar oleh mama saya. Saya sampai di sekolah pada pukul kurang lebih jam 6.23. Pada saat itu saya belum tahu kelas saya karena belum diberitahu, akhirnya saya menunggu selama kurang lebih 5 menit setelah menunggu langsung ditempelkan daftar kelas di madding. Semua anak langsung berebutan melihat kelas yang baru. Situasi pada saat itu bisa dikatakan sudah tingkat bahaya karena ada sebagian anak jika sudah melihat tidak bias keluar karena terhimpit orang yang ingin masuk. Saya menunggu lagi agar saya tidak menjadi korban selanjutnya. Lama kelamaan siswa yang melihat akan berkunjung berkurang, disaat itulah saya langsung melihat, ternyata saya dikelas 8D. Di kelas saya terdapat 6 siswa yang dari kelas yang sama diantaranya 4 perempuan dan 2 laki-laki. Tak lama kemudian saya disuru untuk mengumpul untuk melaksanakan apel pagi. Apel pagi dimulai sekitar pukul 7.30. Apel pagi tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga puluh menit. Saya masuk ke kelas 8D dan saya duduk bersama Phebio yang sekelas bersama saya pada saat kelas tujuh.
    Pada saat awal masuk kelas saya sudah mengenal semua anak laki-laki yang ada di kelas saya contohnya, Phebio, Davito, Shadiq, Majid dan masih banyak lagi. Menurut saya semua anak laki-laki di kelas saya baik dan enak-enak semua sehingga saya mudah untuk berkawan dengan mereka. Wali kelas saya bernama Alviah Pijri saya memanggilnya Bu Alvial atau Miss Alviah karena beliau adalah seorang guru Bahasa Inggris. Pada saat awal masuk kegiatan yang dilakukan di kelas saya adalah memilih pengurus kelas. Pada saat itu yang mengajukan diri menjadi ketua kelas ada A’la , WD, Phebio, dan tujuh anak lainnya. Saya memilih A’la karena ia adalah orang yang menurut saya ia adalah orang yang lucu. Akhirnya yang saya pilih menang, dan A’la resmi menjadi ketua kalau tidak salah pada pukul 8.06 dan A’la disuruh memilih wakil ketua kelas dan a’la memilih WD, dan WD resmi menjadi wakil ketua kelas kalau tidak salah pada pukul 8.07. Bu Alviah menanyakan hal yang sama yang ada di pikiranku, Siapa rohis kelas ini? Dan yang tertunjuk menjadi rohis kelas 8D adalah Aisyah. Memang Aisyah itu satu-satunya orang yang hapal 2 juz di antara siswa di kelas saya dan saya berikutnya semoga saya bisa hapal 1 juz ya…Saya biasa bermain bersama Phebio, Arsendra, Mulana, dan lain-lain walaupun pada awalnya kita tidak mengenal satu sam alain apalagi Maulana, ia adalah murid pindahan dari sekolah lain yang menjadi sekolah SMP kak saya yaitu Pesantren Darunnajah yang terletak di daerah Jakarta Selatan.
    Pada keesokan harinya Bu Alviah menaruh selembar kertas di meja guru dan berkata bahwa kertas itu adalah susunan piket kelas 8D saya kebagian di hari senin bersama Davito untung saja pada hari senin susunan piket kelas belum terbentuk jadi saya tidak piket. Di labschool saya pulang jam 3.40 karena sholat ashar terlebih dahulu. Sholat ashar berlangsung kurang lebih sekitar lima menit. Setelah selesai sholat ashar saya pulang.

    1. Alya Faiza Saffanah 8A says:

      Hari pertama masuk sekolah pada hari Senin, 10 Juli 2017, saya merasa penasaran, takut dan bersemangat karena akan mamasuki kelas baru dengan teman yang baru pula. Saya senang, karena bisa sekelas lagi dengan sahabat saya, dan kebetulan wali kelas saya Bu Titin yang kebetulan bukan guru killer. Dan kelas sahabat-sahabat saya yang lain pun tidak terlalu jauh.
      Di kelas 8A saya merasa cukup bisa beradaptasi dengan teman yang bukan dari kelas saya serta guru-guru yang baru mengajar saya di kelas 8. Untuk kegiatan hari petama, cuma upacara bendera seperti biasa tetapi setelah upacara ada halal bihalal yaitu salam-salaman dan bermaaf-maafan dengan guru karena masih dalam suasana Idul Fitri. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan dalam kelas seperti perkenalan wali kelas, guru-guru, dan teman sekelas, serta membentuk struktur pengurus kelas yang bisa mengajukan diri ataupun langsung dipilih oleh wali kelas masing-masing. Sedangkan siswa-siswi kelas 7 sedang melakukan MPLS, yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selama kurang lebih seminggu.
      Menurut saya di kelas 8 ini kegiatannya lumayan padat, karena di kelas 8 ini, pelajarannya tentu akan semakin sulit, ada pembuatan karya tulis atau kartul dan siding kartul, rekrutmen OSIS, Invita, dan lain-lain. Hari pertama masuk, siswa-siswi SMP Labschool Jakarta pulang lebih cepat karena kegiatannya cuma sedikit yaitu pada pukul 9.30.
      Hari kedua, kegiatan belajar-mengajar belum efektif, karena memang biasanya minggu pertama pembelajaran belum dimulai ( adaptasi lingkungan atau kelas baru ). Beberapa ekskul juga belum dimulai. Tetapi beberapa ekskul mulai mempersiapkan untuk kegiatan Expo Ekskul. Expo Ekskul adalah acara yang ditujukan sebagai pengenalan kegiatan ekskul kepada murid kelas 7. Seluruh ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta menampilkan penampilan yang menarik agar banyak yang tertarik ikut serta dalam ekskul tersebut.
      Menurut saya teman-teman di 8A seru dan asik-asik sehingga saya cukup mudah untuk beradaptasi . Tetapi terletak dibagian pojok, dan masih banyak fasilitas yang belum tersedia karena merupakan kelas baru ( bekas ruang BK ). Kegiatan yang paling saya tunggu-tunggu adalah Invita. Tempat tujuan invita juga belum pasti karena ada beberapa angkatan yang ke Solo ada juga beberapa angkatan yang ke Yogyakarta.
      Pada acara Expo Ekskul, seluruh siswa-siswi SMP Labschool Jakarta berkumpul di lapangan SMP untuk menyaksikan penampilan-penampilan dari masing-masing ekskul. Semua ekskul menampilkan penampilan terbaiknya, hal itu dilakukan agar para adik kelas 7 yang belum tahu ingin mendaftar ekskul apa, bisa tertarik dan bergabung di dalam ekskul tersebut.
      Pesan bapak dan ibu guru, kelas 8 adalah tahun untuk mengeksplorasi potensi yang ada pada diri kita. Banyak juga kegiatan-kegiatan besar yang panitianya adalah kelas 8, seperti pentas seni dan Inlabs. Karena itu kami juga diajarkan cara untuk bertanggung jawab terhadap tugas dan amanat yang sudah diberikan pada kami. Organisasi OSIS juga dilakukan oleh beberapa siswa-siswi kelas 8 yang terpilih seleksi OSIS atau rekrutmen OSIS. Oleh karena kegiatan yang amat sangat padat, kami harus membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan bergaul dengan teman-teman agar nilai mata pelajaran dan nilai sosialisasi kami juga dapat seimbang.
      Harapan saya kepada angkatan 25 ( Gamanantha Adelacentia atau Gamacentia ) bisa semakin solid, tidak ada indivudualisme dan saling mendukung satu sama lain serta bisa membawa kebanggaan bagi SMP Labschool Jakarta.
      Editor = Syifa Salsabila Eddy

    2. kanaya azzahra 8A says:

      Kisah Hari Pertama di Kelas 8

      SMP Labschool Jakarta adalah rumah keduaku. Tahun 2017 adalah tahun ajaran baru yang kedua bagi angkatan saya, angkatan 25. Senin, 10 Juli 2017 adalah hari pertama kami masuk kelas 8. Nah, saya akan menceritakan hari pertama kami di kelas delapan ini.
      Meskipun belum tahu kelasnya, kami masuk jam 6:50 pagi. Saya datang sekitar jam setengah tujuh,
      Setelah diberi tahu teman saya, saya ternyata kelas 8A. saya baru sempat lihat mading saat bel masuk hampir berbunyi, soalnya ramai sekali. Sebelum bel, saya dan teman teman yang saat kelas tujuh sekelas, duduk duduk di hal masjid karena kabir ramai. Saat bel masuk berbunyi, saya dan semua murid SMP Labschool langsung ke lapangan untuk melaksanakan apel pagi. Walaupun Cuma apel, rasanya seperti lama sekali. Untung cuacanya tidak panas.
      Setelah apel pagi, ada bersalam salaman bersama guru, OSIS, MPK, dan rohis. Karena masih suasana lebaran, jadi kami melaksanakan halal bihalal.
      Setelah melaksanakan apel pagi dan dibubarkan, saya dan teman teman saya lanbgsung mengambil tas dan masuk ke kelas masing masing. Kebetulan seluruh kelas delapam ada di lantai dua. Jadi harus berdesak desakan lewat tangga, dan saya langsung masuk ke dalam kelas yang berada di ujung.
      Kebetulan, saya sekelas lagi dengan teman dekat saya. Jadi kami berdua langsung duduk di kursi kosong bersebelahan. Suasana kelas 8A masih baru karena dulunya itu ruang BK. lantai nya beda dari kelas lain, dan bau cat yang khas walaupun tertutup dengan dingin nya AC kelas. Sayangnya, kelas kami belum ada LCD atau gorden. Jadi kalau ada guru, kakak kelas atau anak kelas delapan lain lewat, mereka bisa melihat dengan jelas.
      Tak berapa lama, bu Ita, guru agama kami masuk. Semua langsung bingung, karena bu Ita bukan wali kelas 8A. ternyata, wali kelas kami ada halangan masuk kelas sebentar, jadi bu Ita masuk menggantikan. Namun, kira kira lima belas menit setelahnya, wali kelas kami, bu Titin masuk. Setelah absen dan perkenalan, kami menentukan struktur kelas. Sayangnya, hari pertama hanya ada halal bihalal. Jadi kami sudah dibolehkan pulang jam sepuluh pagi.
      Selasa, kami sudah mulai pulang jam setengah empat karena sekarang wajib sholat ashar. KBM sudah dilaksanakan, namun karena masih hari pertama KBM, kami belum belajar. kami berkenalan dengan guru guru baru, mengobrol dan lain lain. Namun ada beberapa yang tetap memberikan tugas. Saya dan teman teman yang lain beradaptasi dengan teman baru, kelas baru dan guru baru.
      Pulang sekolah, saya dan teman teman terdekat saya mondar mandir dari lobi labs ke SMP. Akhir akhirnya, kami pergi ke bistro. Jam empat, kami keluar sekolah dan pulang ke rumah masing masing.
      Hari ini, hari rabu. Pelajaran pertama adalah Bahasa inggris, gurunya bernama Bu Wiwit. Naamun beliau dikelas hanya 15 menit, karena beliau mengurus PLS kelas tujuh. Namun bu Wiwit meninggalkan tugas untuk kelas 8A. kami diminta untuk menuliskan ekspetasi kami, target nilai, dan ingin cara belajar yang seperti apa dalam pelajaran Bahasa inggris. Setelah istirahat, kelas 8A langsung ke ruang TIK.
      Di ruang TIK, kami mengetik materi apa saja yang akan kami kerjakan di kelas delapan. Diantaranya membuat buku kartul, blog, dan menulis di blog.

      Nama penulis ; Kanaya Fitri A.
      Editor : Nida Hafiya

    3. Nida Hafiya Syafruddin says:

      Pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017, setelah liburan sekolah yang cukup panjang, aku kembali masuk sekolah. Sejak hari itu, aku memulai semester pertamaku di kelas 8 SMP Labschool Jakarta. Saat aku masuk ke dalam sekolah, keadaan sangat ramai dipenuhi oleh murid-murid baru kelas 7 beserta orangtua murid yang ikut mengantar.
      Setibanya di sekolah aku mencari tahu kelas apa yang aka aku tempati. Ternyata, aku ditempatkan di kelas 8A. Setelah itu, aku bertemu dengan teman-teman dari kelas lamaku, dan mengobrol dengan mereka. Tidak lama kemudian, bel sekolah berbunyi dan semua murid pergi ke lapangan untuk melaksanakan apel pagi bersama-sama. Setelah apel selesai, kami mulai bersalam-salaman dengan guru-guru dan kakak kelas.
      Setelah semua kegiatan di lapangan selesai, kami semua pergi ke kelas masing-masing. Di kelas 8A ada 6 orang yang dulu saat kelas 7 satu kelas denganku, dan ada banyak murid-murid dari kelas lain. Wali kelas ku di kelas 8A adalah Bu Titin yang saat itu sedang sibuk mengurusi pembelian buku pelajaran. Jadi, pagi itu kami dibimbing oleh Bu Ita sebagai pengganti. Di hari pertama itu kami hanya bersalam-salaman dan melakukan penentuan pengurus kelas, mulai dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan lain-lain, sehingga kami sudah diperbolehkan pulang seklah pukul setengah 10.
      Di hari ke dua, hari Selasa, kami sudah mulai pulang seperti biasanya. Di pagi hari, kami mulai dengan tadarus bersama, lalu kami mulai bertemu dan berkenalan dengan guru-guru yang akan mengajari kita selama 1 tahun ke depan. Tetapi, kami belum mulai belajar dengan serius karena masih minggu pertama sekolah dan belum semua anak sudah membeli buku pelajaran. Sebenarnya kami pulang pukul 3, tetapi, karena akan diadakan kegiatan expo ekskul di hari Jum’at, aku latihan tambahan untuk ekskul Paskibra. Latihan Paskibra berlangsung dari sekitar pukul 4 sampai sekitar pukul setengah 6.
      Pada hari ke tiga, yaitu hari Rabu, hampir semua murid sudah memiliki buku pelajaran. Kami memulai pagi hari dengan mengikuti kegiatan Pramuka di hall ma. Di saat Pramuka, kami membentuk regu baru untuk satu tahun ke depan. Reguku beranggotakan 8 orang, dan nama regu kami adalah regu Tulip. Lalu, setelah Pramuka selesai, kami kembali ke kelas masing-masing untuk memulai pelajaran. Pelajaran pertama adalah Bahasa Inggris yang di ajarkan oleh Bu Wiwit. Tetapi Bu Wiwit hanya melakukan perkenalan sebentar, karena ia harus mengurus kegiatan PLS. Setelah waktu pelajaran selesai, kami beristirahat dan makan. Waktu istirahat pertama hanya 20 menit.
      Setelah waktu istirahat selesai, kami pergi ke ruang TIK untuk belajar. Di saat pelajaran TIK kami diberi informasi tentang materi pelajaran TIK selama di kelas 8. Lalu kami diberikan tugas untuk mengetik tentang hari-hari pertama kami di kelas 8 minimal 500 kata. Setelah pelajaran TIK kami istirahat dan makan siang, dan sehabis itu masih ada 1 mata pelajaran lagi, yaitu Bahasa Indonesia. Hari Rabu setelah pulang sekolah, aku juga latihan Paskibra lagi untuk expo ekskul, karena waktu yang tersisa sudah tinggal sedikit.
      Itulah pengalaman hari-hari pertamaku di kelas 8 semester 1. Walaupun murid-muridnya berbeda dengan saat aku di kelas 7, semoga aku bias menjadi lebih akrab dengan mereka. Semoga kelas 8 ku akan menyenangkan.
      Penulis: Nida Hafiya Syafruddin 8A
      Editor: Kanaya Fitri Azzahrah 8A

    4. Kinanti Ayudia 8A says:

      Hari Pertama kelas 8
      Senin, 10 Juli 2017. Hari itu adalah hari pertama kami masuk di masa ajaran kelas 8. Kami datang untuk melihat kelas mana yang kami tempati, dan Saya masuk kelas 8A. Ada 7 orang yang berasal dari kelas tujuh saya dulu. Di kelas itu saya tidak perlu berkenalan dengan setiap orang di kelas, karena sebagian besar dari mereka saya kenal, terutama yang perempuan, Saya sudah lumayan baik mengenal mereka. Saya ingat ada anak baru yang masuk kelas kami, tidak yakin pula perempuan atau laki-laki tapi sepertinya perempuan, bagaimanapun juga saya belum pernah melihatnya sekalipun sejak hari itu hingga sekarang. Kami melaksanakan apel bendera di lapangan sekolah bersama seluruh keluarga besar SMP dan SMA Labschool Jakarta. Termasuk para siswa-siswa kelas tujuh yang baru masuk, saya jadi teringat, tepat setahun yang lalu di hari itu, saya kira-kira sama seperti mereka, gugup, lugu, dan mungkin takut. Setelah apel, kami masuk kelas kami masing-masing untuk menerima pengarahan dari wali kelas kami. Wali kelas saya namanya Bu Titin, tapi Beliau tidak datang-datang setelah sekitar 1 jam kemudian. Saya ingin sekali menceritakan tentang kelas kami. Kelas kami adalah “kelas darurat” karena dulunya ruang kelas yang kami tempati sekarang adalah Ruang konseling sekolah. Saat kami masih di kelas tujuh belum ada kelas itu, dan saat setelah liburan tiba-tiba saya melihat kelas tambahan yang sepertinya tidak pernah saya lihat. Kelas kami memang sangat berkesan baru, ketika saya memasukinya saya bisa mencium aroma cat tembok. Belum ada LCD ataupun papan mading yang biasanya digunakan siswa untuk memajang hasil karya dan poster. Jendela kami juga belum dipasang korden, jadi kami terpaksa harus nyaman dengan orang-orang yang terus melongok ke dalam kelas saat jam pelajaran, seperti akuarium ikan hias. Selain itu tak ada lagi yang baru, meja-mejanya kelihatan habis dipakai, ditandai dengan coret-coretan tip-ex dan guratan pensil yang super keras sehingga menimbulkan permukaan meja yan sangat tak nyaman untuk menulis. Saat guru pengganti wali kelas kami masuk, Beliau segera menyarankan agar segera memilih struktur kelas, awalnya kami ditanyai siapa yang sportif untuk menjadi ketua kelas, tapi tidak ada yang mau. Akhirnya kami voting. Sekitar 15 menit kemudian Bu Titin masuk dan segera memperkenalkan dirinya, dengan itupun guru pengganti kami segera beranjak keluar. Bu Titin memberikan kami nomor beliau yang aktif dipakai untuk informasi bagi wali murid. Lalu beliau berkata jika sistem voting akan berlangsung agak lama karena bel pulang tinggal 10 menit lagi, akhirnya Beliau menunjuk salah satu teman saya untuk menjadi ketua kelas. Ujung-ujungnya saya ditunjuk menjadi salah satu seksi keamanan kelas. Esoknya, kata teman saya proses belajar mengajar sudah dimulai, walaupun tidak efektif. Tapi saya belum ambil buku pelajaran, karena kata teman saya antreannya panjang. Kata orangtua saya pun Saya mengantrenya saat sudah bel pulang. Hari itu tak ada yang menarik, sebagian besar guru tidak masuk kelas kami, karena sibuk membimbing murid kelas tujuh dalam PLS. Sebagian kecil dari guru hanya masuk dan menjelaskan materi apa saja yang akan kami pelajari selama satu semester ke depan. Kurang lebih kata mereka minggu pertama hanya berisi perkenalan dari guru dan pembahasan awal materi saja, baru minggu kedua dan seterusnya pelajaran akan berlanjut efektif. Kurang lebih itulah kesan saya terhadap hari pertama saya kelas 8.
      Nama penulis: Kinanti Ayudia Pangastuti
      Editor: Kanaya Fitri A.

  2. Davito Lazuardi says:

    HARI PERTAMA DI KELAS 8
    Hey Guys, pada hari pertama di kelas 8 ,saya datang dengan supir saya yang bernama Pak Timoti, harinya tidak cerah , tidak mendung , dan saya langsung melihat adik2 kelas berkeliaran di setiap pojok kelas dan didepan kelas masing-masing, saya berjalan dengan Vandra pada hari pertama , Vandra dan saya kebingungan mencari daftar penempatan kelas , ternyata didepan meja piket sangat ramai dengan anak-anak yang ingin mengetahui dimana dia menempati kelas yang baru ,dan dengan siapa dia berteman di kelas 8 yang baru, dan saya sudah bertanya dengan teman saya yang bernama Wicak ,dia bilang bahwa saya sekelas bersama dia, walaupun saya percaya tapi saya terus ingin mengetahui teman-teman baru dikelas 8 , akhirnya saya di 8D, bersama teman-teman baru yang asik juga dan lucu-lucu , ada juga beberapa teman saya dari kelas 7, saya sebangku dengan teman saya yang tadinya satu kelas bersama saya, yang bernamaya Shadiq, Shadiq kadang-kadang pemalu ,kadang-kadang tidak dan malah lucu dan hyperactive, pada hari pertama kelas pulang jam 10 , wali kelas saya cukup baik , yaitu Bu Alfiah Pijri , dan kelas melakukan voting untuk menjadi ketua kelas dan wakil ketua kelas , dan saya menjadi keamanan kelas, kita saling mengetahui satu sama lain walaupun sudah kenal satu sama lain , kita langsung bercanda dan tertawa , dan ada satu anak baru yang bernama Maulana , dan saya lupa satu hal yaitu sebelum masuk kelas , kita bersama adik dan kakak kelas melakukan apel di lapangan , dan juga halal bihalal dengan guru-guru lainnya, menurut saya teman-teman baru saya sangat ramah , asik, lucu dan friendly , Bu Alfiah mengabsen semua anak di kelas , hari pertama ada dua orang yang tidak masuk kelas, karena sakit dan lain-lain, walaupun hari pertama waktunya sebentar sampai jam 10 , teman-teman yang saya suka bermain dengan Raja , Wicak , Iqbal , Vandra , Majid ,dan lain lain , meskipun sudah beda kelas , tetapi saya masih ngumpul dan ngobrol dengan teman-teman saya di kelas 7 yaitu kelas 7C , yang bermaksud Crassavalous, kelas saya sekarang belum ada nama kelasnya, kira-kira apa ya namanya ? , yang bagus dan pantas untuk menjadi nama kelas 8D , saya masih mencari-cari nama yang bagus untuk kelas 8D, yang berawalan huruf D , memilih nama kelas sangat sulit , jangan sampai namanya dalam satu Bahasa artinya baik , dan Bahasa lainnya artinya buruk , dan pelajaran-pelajaran di kelas 8 ada yang susah dan ada yang gampang walaupun ada yang saya tidak sukai mata pelajarannya , saya harus mempelajari dengan baik dan tekun , saya akan berjanji di kelas 8 akan rajin dan tekun belajar tidak seperti di kelas 7 dulu , hasilnya segitu segitu saja , saya akan terus berusaha maksimal di kelas 8 , dan aktif di eskul-eskul yang ada , seperti kata kata mutiara “ bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian “ semoga kelas 8 akan lebih solid pertemanannya dan tidak menyakiti satu sama lain dan jarang masuk ruang bk , AMIN

    Editor : Danish Hawwari

  3. Muhammad Nadhif/ 8D says:

    HARI-HARI AWAL DI KELAS 8
    Kegiatan pembelajaran di tahun ajaran baru dimulai pada tanggal 10 Juli 2017. Kita memulai pembelajaran setelah libur panjang dari tanggal 16 Juni 2017. Waktu liburan kami hampir sampai 1 bulan penuh.
    Hari pertama dimulai. Semua anak sudah mulai meramaikan madding. Mereka melakukan itu untuk mengetahui kelas mana mereka ditempatkan. Setelah saya melihat ternyata saya ditempatkan di kelas 8D. Wali Kelas dari kelasku adalah Ibu Alpiah Pijri, atau yang akrab dipanggil Miss Alfiah yang merupakan guru Bahasa Inggris pada saat saya kelas 7 dan sekarang pada kelas 8. Kegiatan dilanjutkan dengan Apel Pagi yang dilaksanakan di Lapangan SMA Labschool Jakarta. Kita menyanyi lagu-lagu nasional serta menyambut Murid-Murid yang baru masuk SMP Labschool Jakarta atau murid kelas 7 dan kelas 10 yang baru. Murid kelas 7 akan melaksanakan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.
    Setelah itu kami kembali ke kelas masing-masing. Di kelas kita diberikan waktu untuk perkenalan dengan teman teman sekelas dan wali kelas kita yaitu miss Alpiah. Setelah kita berkenalan dengan temen teman sekelas beserta wali kelas kita melakukan voting untuk menentukan ketua kelas dan wakil ketua kelas. Dari voting tersebut terpilih A’la sebagai Ketua Kelas dan Rafi WD sebeagi wakil ketua kelas. Setelah itu kita membaca do’a untuk pulang dan setelah itu kita pulang ke rumah masing-masing.
    Hari dilanjutkan di esok harinya yaitu hari Selasa tanggal 11 Juli. Hari dimulai dengan tadarus di pagi hari. Pembelajaran dilanjutkan dengan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atu IPS yang diajari oleh Ibu Iin. Kita berkenal dengan guru baru kita. Setelah itu kami memulai pelajaran matematika. Pelajaran itu digurui oleh Pak Abdul Fathir Faruqi atau yang biasa dipanggil dengan nama Pak Abdul atau Pa Fathir. Kita memulai pelajaran dengan bertanya tanya kepada Pak Fathir. Pak fathir membicarakan masa masa pendidikannya dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi dan juga beberapa hal lainnya. Hari itu dilanjutkan dengan pelajaran oleh pak Erwin yang mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN tetapi beliau tidak datang karena ada urusan. Alhasil kita diberikan tugas oleh Pak Erwin.
    Di hari rabu kita juga berkenalan dengan guru-guru lainnya tetapi sebelumnya kita melakukan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Di Pramuka kita briefing bersama beberapa guru yang menceritakan tentang Pramuka yang akan datang dan kita membuat regu Pramuka lagi untuk Kelas 8. Setelah kita Pramuka kita belajar Bahasa Inggris bersama Wali Kelas kami miss Alpiah. Kita meriview materi kelas 7 beserta mempreview materi kelas 8. Pembelajaran dilanjutkan dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Guru kita untuk Bahasa Indonesia adalah Pak Gilang. Kita mnembahas tentang berita zaman sekarang dan kita juga mempelajari mengambil topik dari Koran-koran yang terpopuler di Indonesia dan yang terbaru. Setelah itu kita belajar Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA dengan Ibu Ropingah. Kita mempelajari tentang enzim-enzim yang berada di dalam tubuh kita. Kita juga membahas tentang materi-materi yang akan kita hadapi.
    Setelah itu dilanjutkan dengan Hari Kamis, atau hari ini. Pada pagi hari kita belajar Matematika dengan Pak Karman dimana kita mempelajari tentang aljabar. Setelah itu kita berada disaat ini dimana kita sedang menulis ini. Sekian dari saya terima kasih
    Pengedit: Freindra A. S.

  4. Nauval Wahyu Wicaksono says:

    HARI PERTAMA DI KELAS 8

    Nama : nauval whayu wicaksono
    Kelas : 8D
    Pada tanggal 10 juni 2017 ,aku naik kelas 8 ,aku kelas 8D ,saat awal masuk kami ke kelas masing-masing dan menaro tas sehabis itu kami ke lapangan untuk mengikuti APEL ,saat APEL pak Husein berpidato ke seluruh angkatan SMP dan SMA sekaligus menyambut murid-murid baru. sehabis mengikuti apel kami ke kelas untuk berkenalan dengan teman baru dan guru baru.wali kelas ku adalah bu Alpiah Fijri dia adalah guru Bahasa inggris dan sekalius wali kelas 8D.di kelasku terdapat 38 murid dan satu diantaranya ada anak baru yang bernama Maulana ,dia pindah dari pesantren yg bernama pesantren Darunnajah yang terletak di pulau jawa ,Indonesia.aku juga sekelas dengan mohammad aliyyul a’la kholil al musthofa.
    Pertama masuk aku duduk di sebelah Fathi Yakan Majid dia adalah anak dari pak Sarmilih Majid ,di hari pertama kami hanya masuk dari pukul 7.00 sampai pukul 9.30 ,dan di hari ini juga kami memilih ketua kelas ,bendahara kelas ,sekertaris kelas dan seksi kebersihan kelas ,seksi keamanan kelas ,seksi kerohanian kelas da lain-lain. di hari ketiga aku duduk disamping Davito Lazuardi dia anak dari kelas 7C ,di hari ketiga kami mulai bertemu dengan guru bidang pelajaran/mata pelajaran baru dan sekaligus berkenalan ,sebagian guru sudah mulai pembelajaran seperti pak Fathir sudah menerangkan salah satu teori matematika ,dan juga pelajaran PPKN (pendidikan pelajaran kewarganegaraan) yang sudah memberi tugas karena pak Erwin tidak masuk karena sakit ,tugas itu berupa tulisan yang kita tulis di kertas lembar dan yang ita tulis berupa pelajaran PPKN seperti menulis apa hubungannya sila kesatu dengan hari besar agamamu ,karena aku islam aku memilih idul fitri karena itu hari besar agamaku yang baru selesai aku ikuti ,tugas PPKN dikumpulkan kepada ketua kelas yaitu mohammad aliyyul a’la kholil al musthofa dan lalu di menaro di meja pak Erwin yang berada di lantai tiga sekolah Labschool Jakarta.sehabis itu kami melaksanakan sholat ashar berjamaah di masjid smp labschool Jakarta yang dipimpi oleh seorang imam dan di ikuti oleh makmum cowok dan cewek ,sehabis sholat kami diperbolehkan pulang.
    Besoknya kami sudah memulai pembelajaran yang pertama adalah pelajarannya bu Alpiah ,bua Alpiah mengajar Bahasa inggris Bahasa international.saat pelajaran bu Alpiah kami membahas apa yang akan kami bahas seperti present continuous dan lain-lain ,selain itu kami juga disuruh mendeskripsikan rumah kami ,pelajaran bu Alpiah berlangsung sekitar 2 jam-an sehabis pelajaran bu Alpiah kami belajar Bahasa Indonesia dengan guru pak Gilang ,pak Gilang berasal dari Indonesia.lalu sehabis itu kami istirahat dan sholat ,sehabis itu kami lanjut pembelajaran IPA oleh bu Ropingah ,kami membahas tentang biologi seperti organ pencernaan manusia seperi mulut ,kerongkongan ,lambung ,usus ,anus dan lain-lain di lain itu kami uga belajar tentang organ pernafasan seperti hidung ,tenggorokan ,trakea ,broncus ,bronciolus ,alveolus ,paru-paru dan lain-lain sehabis itu kami juga belajar yentang organ gerak hewan ,manusia dan tumbuhan ,seperti otot ,tulang ,kaki dan lain-lain untuk hewan dan manusia,sehabis pelajaran IPA(Ilmu Pengetahuan Alam) kami melaksanakan sholat ashar berjamaah di masjid smp labschool Jakarta dan sehabis itu kami diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.
    Aku senang dengan kelas baru ini karena aku bisa mendapatkan teman baru.

    Editor : Raizan Iqbal resi

  5. Kanya Lathifa 8D says:

    Hari Pertama Masuk Sekolah Kelas 8

    10 Juli 2017, hari dimana aku mulai masuk sekolah lagi dengan kelas, teman, guru yang baru dan hari dimana tahun pelajaran 2017-2018 dimulai. Pada awalnya aku sempat tidak ingin naik kelas hanya karena tidak ingin dipisah dengan teman-temanku di kelas tujuh, tapi setelah melihat keadaan kelas dan teman-temannya cukup mengurangi keinginanku untuk tidak naik kelas. Kelasku yang baru adalah 8D dan wali kelas baruku adalah bu Alfiah, yang sekaligus menjadi guru Bahasa Inggrisku. Walaupun aku tidak sekelas sama sekali dengan sahabat-sahabatku, setidaknya ada lumayan banyak teman-teman lain yang sudah aku kenali dari kelas tujuh.

    Hari pertama berjalan dengan lancar, tidak ada hal buruk yang terjadi, mungkin hanya saat para murid-murid berebut untuk melihat daftar kelas di mading, tapi menurutku itu tidak terlalu buruk tetapi kamu akan kesempitan disana dan apalagi udaranya jadi sumpek sekali. Setelah melihat daftar kelas di mading, aku dan seluruh murid SMP dan SMA Labschool Jakarta diarahkan untuk berkumpul di lapangan untuk melaksanakan apel. Apel berjalan dengan lancar juga dan acara berganti menjadi halal bihalal, sepertinya halal bihalal ini berkaitan dengan selesainya bulan Ramadhan. Bukan hanya bersalam-salaman dengan guru, aku dan yang lainnya juga bersalaman dengan OSIS dan MPK.

    Setelah kedua acara itu telah selesai, aku dan yang lainnya disuruh untuk beranjak ke kelas masing-masing. Ketika itulah aku melihat suasana kelasku yang baru dan berkenalan dengan teman-teman baru. Tidak lama setelah aku masuk ke kelas baru, wali kelasku, wali kelas 8D, masuk ke kelas dan memperkenalkan dirinya sendiri. Sehabis ia selesai memperkenalkan diri, ia mengabsen sekaligus menghapalkan namaku dan teman sekelasku yang lainnya dan membuat struktur pengurus kelas, aku . Waktu tidak terasa hingga perkenalan antara murid dan wali kelas selesai, dan berarti sudah waktunya untuk pulang. Sekitar jam setengah sepuluh aku sudah pulang ke rumah.

    Pada hari kedua, proses belajar dan mengajar seperti biasa telah dimulai. Sebenarnya belum mulai belajar, hanya perkenalan dengan para guru bidang. Bahkan juga sudah ada jamkos, alias jam kosong. Jam pertama diisi oleh bu Iin, yaitu pelajaran IPS. Lalu yang kedua adalah pelajaran matematika yang diajarkan oleh pak Fathir atau bisa dipanggil pak Abdul juga. Ketiga adalah pelajaran prakarya yang dibawakan oleh bu Titin. Setelah itu, yang berarti keempat adalah Bimbingan Konseling yang diajarkan dengan pak Pandu. Pelajaran terakhir, yaitu jam kelima adalah PKn yang diajari oleh pak Erwin.
    Hari ketiga sampai kelima, yaitu hari Rabu sampai Jumat, juga sama seperti hari kedua, hanya perkenalan dengan guru bidang, tetapi terkadang ada satu atau dua guru yang sudah mulai mengajar. Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, BTIK, Seni Budaya berada di ketiga hari itu. Untuk bahasa Indonesia, kelasku diajarkan oleh pak Gilang. Sementara IPA diajarkan oleh bu Nisa dan bu Ropingah, BTIK diajarkan oleh Om Jay, dan Seni Budaya yang diajari oleh pak Murdha dan bu Diah. Beberapa guru ada yang juga telah mengajar di kelas tujuhku dulu, seperti pak Gilang, pak Sukarman, Om Jay, pak Pandu, pak Murdha, bu Nisa, dan bu Ita.

    Editor: Kiara Regina

  6. Siraj Akila Putra says:

    Hari pertama masuk kelas 8
    Nama : Siraj Akila putra
    Kelas : 8D

    Hai teman teman hari senin kemarin aku naik ke kelas 8. Nah pas masuk sekolah banyak orangtua murid kelas 7 yangberdiri di pinggiran. Nah disitu aku baru ingat bahwa tahun ini adalah tahun ajaran baru. Makanya disekolah ku itu ramai. Pada saat aku masuk ke wilayah smp aku bertemu dengan teman teman ku kelas 7 kami kami bercerita tentang pengalaman lebaran. Tidak lama kemudian munculah papan kayu yg berisi daftar kelas 8. Nah aku langsung buru buru melihat dan ternyata aku masuk ke kelas 8d. aku dan teman teman yg sekelas denganku langsung menuju ke kelas 8d. di kelas kita hanya sempat menaruh tas saja karena kita akan apel pagi dengan menyambut siswa baru. Setelah apel kita juga bersalam salaman dengan guru dan kakak osis mpk dan rohis.
    Setelah apel pagi kita menujui ke kelas dan di sambut oleh wali kelas baru yang bernama bu Alpiah Fijri saat itu kita hanya bekenalan dan bercerita cerita.beliau ternyata akan mengajarkan kita khususnya pelajaran Bahasa inggris. Pada saat itu juga kita melaksanakan pemilihan ketua kelas. Setelah itu kita pulang.

    Keesokan harinya kita bertemu dengan guru baruyang bernama bu iin beliau sangat baik dan seru kita bercerita cerita berbagi pengalaman. Kita juga belajar sedikit mengenai ips beliau memang guru ips akan tetapi belajarnya tidak serius beliau mempunyai cara berbeda untuk menyapaikan belajaran dengan cara humoris atau main main. Selanjutnya adalah pelajaran matematika yang diajarkan pak father beliau pernah mengajar saya di kelas 7 tetapi mungkin ada yang belum pernah di ajarkan pak fathir.kita di kasih tau beberapa pengalaman yg di ceritakan oleh pak fathir. Setelah itu kita dijelaskan pelajaran yang akan kita pelajari di kelas 8 nanti. Setelah itu kita istirahat selama 20 mnt . selanjutnya kita melanjutkan pelajaran setelah istirahat. Selanjutnya prakarya akan tetapi karena gurunya tidak dating jadi kita bosen dan hanya tidur tiduran saja.lalu istirahat kedua , setelah istirahat kita belajar ppkn bukan belajar sih tapi diberi tugas karena gurunya tak datang.

    Keesokan harinya pagi pagi kita melaksanakan pramuka . kita di jelaskan arti pramuka pada kehidupan sehari hari. Setelah pramuka kita belajar bhasa inggris dan yang mengajarkan Bahasa inggris adalah wali kelas saya beliau sanagat mahir dalam bidang inggris. Kita disuruh bercerita tentang rumah kita. Setelah belajar Bahasa inggris kita belajar Bahasa Indonesia yang di ajarkan pak Gilang beliau adalah guru humoris yang enak bila membawakan pelajaran. Pada saat belajar Bahasa Indonesia kita masuk ke materi sedikit dan di berikan tugas oleh pak gilang. Setelah istirahat kedua kita belajar ipa khususnya biology. Disitu kita diajarkan oleh guru biology yangf bernama ibu ropingah. Beliau mengajarkan biology dengan sangat lembut dan baik hati . kita tidak belajar melainkan review pelajaran sd kelas 6 beserta ada sesi Tanya jawab.

    Keesokan harinya kita belajar matematika pada sesi pertama yang diajarkan oleh pak karman. Beliau juga mengajar di kelas 7 . dia juga mengajarakan saya di kelas 7D. banyak orang mengatakan beliau adalah guru terjayaus. Akan tetapi beliau sangat ahli di bidang matematika.

    Editor : Satrya AN. (35) 8D

  7. Raddien Amadia 8D says:

    Hari Pertama di Kelas 8

    Pada hari pertama masuk sekolah saya datang pagi karena sengaja untuk melihat kelas. Saya sangat bersemangat untuk melihat kelas tetapi ternyata keadaanya berbalik. Saya kurang suka dengan kelas saya karena saya terpisah kelasnya dengan teman teman dekat kelas 7 saya maupun teman dekat lintas kelas.

    Saya dulunya kelas 7E, temen temen paling deket waktu di 7E ada 13 orang, tetapi tidak ada yang sekelas sama saya. Lalu saya punya teman yang paling deket lagi itu bertiga nah terus yang berdua itu sekelas, saya doang yang di pisah terus mereka kelasnya juga jauh di 8G.

    Saya mendaptkan kelas 8D yang walikelasnya Bu Alpiah, Bu Alpiah mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Saat masuk kelas, saya tidak tahu mau berteman dengan siapa karena kebanyakan anak anaknya yang suka anime sedangkan saya sangat tidak suka anime. Untung saja ada kiki, kanya, fio. Ada dita, marva, sama ashley juga teman kelas 7 tapi tidak terlalu deket.

    Hari pertama saya duduk bersama Kiki, sejak kelas 7 saya sudah kenal sama Kiki. Seberang meja saya ada Kanya dan Fio. Kami berdua duduk dibarisan paling kiri dari pintu atau barisan meja guru dan terpisah dengan cewe cewe lain karena mereka ada di sebelah kanan dari pintu.

    Hari pertama dan kedua hanya perkenalan saja seperti guru masuk untuk sekedar memperkenalkan diri. Lusanya saya gantian duduk sama Kanya, lalu Kiki duduk sama Fio tapi posisi tempat duduknya tidak berubah.

    Pada hari pertama disusun pengurus kelas. Pas ditanyain, tidak ada yang mau menyalonkan diri, jadi dari setiap perwakilan kelas 7 milih satu buat calonnya. Abis itu mereka yang kepilih disuruh kedepan lalu voting masing masing cuman boleh milih satu terus yang kepilih a’la dan wakilnya wd.

    Pada jam istirahat saya lebih sering ada di kelas lain ataupun di luar kelas. Bermain dengan temen temen deket saya. Teman teman yang di 8D menurut saya sangat tidak enak terus kayak bakal freak banget karena kan saya sama sekali tidak suka anime/kpop. Paling bener cuman ber4 doang sementok mentoknya paling ber7. Cowo cowonya juga tidak terlalu seru ada yg freak, alay, suka heboh sendiri, sok pinter, aneh aneh banget deh pokoknya.

    Tapi setelah di pikir pikir ada juga keuntungan di kelas 8D. Kelas 8D letaknya yang paling strategis di tengah tengah semua kelas. Kelas 8D juga paling deket sama ruang guru dan tangga. Kayaknya juga anak anak di 8D ga cepuan.

    Absen saya masih sama kayak kelas 7, absen 31. Uniknya dari absen 28 urutannya sama kayak kelas 7 marva terus phebio terus dita terus saya deh. Di 8D ada 38 anak 20 perempuan dan 18 laki laki. Anak 8D yang dulunya 7E ada 6 orang yaitu saya, marva, dita, ashley, phebio, dan danish. Saya sudah hampir hafal semua nama anak anak 8D.

    Pada hari ketiga baru mulai ada pelajaran karena sudah ada buku tapi walaupun sudah mulai itu tidak terlalu serius seperti hanya membicarakan awal awalnya saja. Bedanya di kelas 8 ini tadarus paginya hari rabu, kalo pas kelas 7 hari kamis. Terus jam pramukanya juga beda kalo kelas 8 sekarang pada pagi hari kalo pas kelas 7 itu jam pelajaran terakhir.

    Editor : Prasdita Putri E. (30)

  8. Alecia Hasna Mahira F. says:

    Pengalaman Masuk Pada Hari Pertama di Kelas 8 D
    Yeyy saya sudah kelas 8. Saya sekarang berada di kelas 8 D. Teman-temanku dari kelas 7f yang sekarang sekelas dengan saya hanya 3 orang yaitu Ifa, Andra dan Vandra .
    Pada hari Senin pagi, sekolah Labschool sangat ramai dan banyak sekali murid-murid kelas 8 yang berada di hallma ternyata mereka semua sedang melihat mading yang menentukan kelas mereka dimana.
    Wali kelas 8D bernama Ms. Alpiah yang merupakan guru bahasa Inggris di Labschool.
    Pada hari senin, tanggal 10 Juli 2017, semua murid kelas 7, 8, 9, 10, 11, 12 mengadakan APEL dengan para guru, Mpk dan osis. Setelah upacara, kami semua bersalaman unutk memiinta maaf dengan para guru, kakak OSIS dan para MPK. Lalu kami semua duduk di kelas 8D.
    Semua murid kelas 8D berkenalan dengan Ms. Alpiah. Ms. Alpiah pun juga menjelaskan kepada kami aturan-aturan kelas 8D. Dan ternyata di kelas 8D terdapat murid baru dari sebuah sekolah pesantren yang bernama Maulana. Pada saat itu saya duduk dengan Ifa karena kami sudah berteman dari kelas 7f. Setelah itu kami menentukan siapa yang menjadi ketua kelas 8D.
    Setelah voting, ternyata yang menjadi ketua kelas 8D adalah A’LA . Lalu kami menentukan siapa yang menjadi pengurus-pengurus kelas yang lain seperti sekretaris, bendahara, seksi kebersihan dan lain-lain. Saya terpilih untuk menjadi seksi kekeluargaan. Setelah berbincang-bincang dengan Ms. Alpiah , sekitar 9.30 , kami pulang karena para guru SMP Labschool Jakarta akan merayakan halal bihalal di ruangan auditorium.
    Pada ke esokan harinya, yaitu hari selasa pada tanggal 11 Juli 2017, saya izin tidak masuk karena terdapat urusan keluarga.
    Pada hari Rabu yaitu tanggal 12 juli, kami semua belajar seperti semula, tentunya, dengan jadwal baru. Seingatku kita belajar Bahasa Inggris yang diajarkan oleh Ms. Alpiah, Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh pak Gilang dan IPA, tapi saya dan Ifa izin melewatkan IPA karena kami harus latihan Paduan Suara karena kami akan tampil di EXPO ekskul yang akan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 14 Juli 2017. O iya , pada pagi harinya , pada pukul 7.30, seluruh siswa kelas 8 melaksanakn pramuka di hallma sekolah .
    Pada pelajaran pramuka, kami membentuk regu baru. Saya seregu dengan Annisa, Ifa, Zahra, Amanda, Alisha dan Amel. Mereka semua adalah teman-teman dekatku dari 7F. Regu kami adalah regu bunga Lily. Regu lily memiliki Ifa sebagai ketua regu dan Annisa sebagai wakil regu.
    Pada hari kamis , kami belajar matematika dengan pak Karman pada 2 jam pertama. Kami diajarkan aljabar dan faktorisasi oleh pak Karman. Lalu kami diajarkan dengan OM Jay pada pelajaran BTIK. Kami diberi tugas untuk menuliskan pengalaman kami pada hari pertama memasuki kelas 8, ituilah tugas yang sedang kukerjai saat ini. Selanjutnya kami akan diajarkan oleh Ms. Alpiah pada pelajaran Bahasa Inggris.
    Itulah pengalamanku saat masuk pertama kali di kelas 8 yaitu pada tanggal 10 juli 2017 hingga saat ini. walaupun masih banyak teman–teman di kelas 8D yang masih aku belum ketahui, aku berharap kami akan menjadi kelas yang solid dan menyenangkan. Makasih telah membaca dan maaf jika membosankan …
    Editor: siti sharifa

  9. Prasdita Putri Elysia says:

    Pengalaman Hari Pertama di Kelas 8

    Hari pertama masuk sekolah saya tidak terlalu senang karena suasana kelas sepi dan saya akan bersama dengan kelas ini selama satu tahun .
    Dihari pertama kita bertemu dengan kelas yang baru, dan wali kelas yang baru dan adik kelas yang baru .sebelum masuk kelas kita menuju lapangan untuk mengadakan apel pembukaan .Suasana hari itu agak mendung. Setelah itu, kita menuju ke kelas yang baru yaitu kelas 8D.Ternyata ada murid baru yang baru masuk kelas 8 ini .Ada beberapa peraturan yang berbeda dari kelas 7.contoh kita dijelaskan untuk memakai Kartu Khusus Keluar Kelas (KASKUS) pada saat kita keluar keluar kelas di jam pelajaran. Dan juga sholat ashar berjamaah sebelum pulang .
    Dihari kedua, saya masih merasa kesepian., karena saya hanya mempunyai 5 teman. Saya mengenal lebih banyak guru baru yang akan mengajar. Saya sangat sedih karena saya akan merindukan guru-guru di kelas 7. Yap, saya sangat merindukan kelas 7E. Saya sebenarnya agak takut karena perbedaan sifat guru yang baru dan dengan yang di kelas 7. Tetapi ada beberapa guru yang tidaK berubah dan membuat saya sangat senang. Seperti pak karman yang mengajar matematika , pak pandu yaitu guru bk kelas 8 dan
    Dihari rabu yaitu di hari ketiga,kita menentukian ketua kelas dan struktur kelas di 8D. dan kita mendapatkan struktur kelas yang baru, Ketua kelas dan wakil telah terpilih dan juga struktur kelas yang lain telah terpilih. Saya juga sudah mendapatkan sebagian buku pelajaran dan sisanya akan dibagikan di kelas. Dan sejak hari selasa yaitu hari kedua sudah pulang normal seperti biasa. Di pelajaran pramuka membuat regu baru yaitu regu anggrek dan saya sebagai ketua regu.

    Dihari kamis yaitu hari keempat saya bangun tidur mulai agak siang daripada hari pertama. Di hari pertama sampai ketiga saya bangun pukul 4:00 tetapi pada hari keempat saya bangun pukul 5:00 karena saya suka ngantuk saat dikelas. Dan juga saya masih merasa bosan dikelas tetapi saya tetap harus meneruskan perjuangan. Sebenarnya saya agak telat pada hari itu

    Dikelas saya duduk dengan marva dan kadang Ashley jadi saya tidak terlalu kesepian tapi masih merasa bosan. Saya selalu berharap perubahan kelas tidak mungkin terjadi. Tetapi saya akan sangat senang jika itu terjadi.

    Pelajaran dimulai dan beberapa pelajran telah dimulai dan pada pelajaran TIK kali ini melupakan istirahat pertama, dan saya sangat lapar. Padahal saya selalu berkumpul dengan teman -teman di kelas 7 pada saat jam istirahat. Saya selalu main ke kelas mereka. Sebenarnya saya agak sedikit mengantuk pada saat jam pelajaran jadi secara tidak sengaja saya tertidur.maaf:)

    Pada hari jumat diadakan larjum dan ekskul expo untuk memperkenalkan ekskul – ekskul yang ada di sekolah untuk adik kelas. Saat itu hanya sisa untuk 1 pelajaran yaitu pelajaran Fisika yang diajarkan oleh Bu Nisa, itu juga hanya sebentar (sekitar 10-15 menit) karena pada saat itu hanya sedikit yang berada di kelas. Saat itu dikelas kita hanya ngobrol , main UNO,dll. Suasana kelas sangat sepi dan kamimenunggu sampai jam 12 (sekitar 1 jam kita menunggu). Dan akhirnya jam pulang telah tiba, semua nya kembali ke rumah masing-masing.

    Editor: Raddien Amadia Putriefna

  10. Mazaya Qaysshadiq Ikhwan says:

    Hari pertama di SMP Labshcool Jakarta pada kelas 8
    Nama : Mazaya Qaysshadiq Ikhwan absen : 20
    Kelas : 8d
    Pada hari senin 10 juli 2017 itulah hari pertama dimana saya masuk ke sekolah dari liburan panjang ke kelas 8. Dipagi hari itu banyak sekali siswa berdatangan ke smp menemui banyak teman baru dan teman yang pindah dari pesantren .Di hari pertama saya duduk disamping teman saya dari kelas 7 yang bernama Davito Lazuardi . Dan berapa menit kemudian wali kelas saya yaitu Bu Alfiah Pijri, pada saat Bu Alfiah Pijri dia hanya memperkenalkan dirinya dan mengabsen siswa sampai jam menyatakan kalau sudah jam 10 saya pulang sekolah dan balik ke rumah masing – masing .
    Pada hari kedua yaitu tepatnya pada hari selasa 11 juli 2017 , saya telat masuk sekolah, karena waktu itu sedang tadarus jadi harus berdiri sebagai hukuman karena telat sekolah bersama teman – teman saya yang telat masuk sekolah juga . setelah itu saya dikasih tugas pkn oleh pak agung hartono ,sebenarnya pak agung hartono bukan guru pkn tapi karena guru pkn yaitu pak Erwin marwiansyah sedang tidak masuk jadi Pak Agung Hartono ditugaskan . Setelah mengerjakan tugas saya shalat dzuhur berjamaah 3 angkatan setelah itu saya belajar IPS sampai jam 3 atau lebih setelah itu saya sampai azan ashar pada hari itu adalah pertama kalinya saya shalat berjamaah 3 angkatan pada shalat ashar setelah itu pulang kerumah masing – masing .
    Pada hari ketiga yaitu tepatnya pada hari rabu 12 juli 2017 saya melaksanakan kegiatan Pramuka pada pertama kali di kelas 8 . Diawal – awal saya melaksanakan apel yang biasa dilakukan setiap pramuka di SMP Labschool jakarta kalau saya benar . Setelah itu ada omongan dari guru – guru dari SMP Labschool jakarta dan setelah itu siswa kelas 8 smp Labschool Jakarta disuruh untuk membuat regu baru di pramuka . Regu saya yang terdiri oleh teman – teman saya diberi nama regu sigung . Selesai Pramuka saya belajar pada pelajaran bahasa Inggris saya disuruh Bu Alpiah Pijri untuk mendeskripsikan rumah masing – masing memakai Bahasa inggris . setelah itu saya belajar bahasa Indonesia bersama guru bahasa Indonesia yaitu Pak Gilang Saputro di pelajaran bahasa Indonesia saya dibuat kelompok oleh Pak Gilang Saputro dan membuat tugas – tugas yang mengenai koran . Selesai sudah pelajaran bahasa indonesia saya dan teman – teman melaksanakan solat dzuhur di musholla SMP Labschool Jakarta .
    Selesai solat dzuhur saya istirahat makan di kantin sampai jam 13.00 kita belajar lagi . Pada jam 13.00 yaitu pada tepatnya belajar ipa sampai ashar . Ashar sudah setelah itu pulang sekolah .
    Pada hari keempat yaitu hari ini tepatnya pada tanggal 13 juli 2017 saya belajar Matematika tentang Aljabar bersama guru Matematika 1 yaitu Pak Karman dimana dipejaran Matematika ditanya jawab oleh Pak Karman 4 jam pelajaran yaitu tepatnya selesai pada jam 09.00 . Selesai sudah pelajaran Matematika saya belajar TIK yang dikerjakan adalah ini .

    – – – – – – – – – – – – – – – tamat – – – – – – – – – — – – – – – – – – — – – – – – – – – – – – – – – – – –

    Editor:Muhammad aliyul a’la

  11. Siti Sharifa 8D says:

    Hari Pertama Sekolah.
    Hari pertama sekolah dimulai pada tanggal senin,10 Juli 2017.Pada saat itu angkatan saya memulai tahun ajaran baru di kelas 8.Jujur ketika saya datang pagi itu sudah cukup ramai dikarenakan anak kelas 7 baru masuk sekolah dan mereka berpencar sedangkan yg kelas 8 sedang menunggu daftar kelas untuk keluar bersama kelas 9.
    Yang saya perhatikan ketika datang pagi itu adalah terdapat banyak siswa yang berkumpul di hallma,bawah masjid,dan dekat meja piket.Tetapi hal-hal seperti itu tidak penting,intinya pagi itu semuanya keringat dingin dan mungkin teggang sambil menunggu daftar kelas keluar.
    Ketika daftar kelas sudah keluar tentunya semuanya menjadi berantakan karena banyak yang ingin tahu masuk ke kelas mana dan sama siapa,tapi wajarlah pasti semua orang juga kayak gitu termasuk adek kelas 7.
    saya masuk ke kelas 8D bersama 4 anak 7F,pagi itu kita bertemu dengan walas baru kita (wali kelas) dan memilih ketua kelas.Kelas 8D mendapat wali kelas bu alpiah dan yang terpilih jadi ketua kelas adalah A’la dari kelas 7C,lalu setelah kita memilih ketua kelas kita segera angkat kursi dan keluar dari kelas.
    Selasa 11-07-2017
    Hari selasa pagi kita tadarus angkatan,banyak yang ngak bawa al-quran tapi wajarlah pada ngak tau,di angkatan kita juga terdapat beberapa murid yang baru masuk di kelas 8,salah satunya terdapat di kelas 8D pindahan dari pesantren.Hari selasa ituhari perkenalan dengan guru baru di kelas 8 beberapa ada yg sudah kenal dan yg tidak,tapi karena ada anak baru di kelas saya semuanya diperkenalkan.
    Rabu 12-07-2017
    Awal rabu pagi kami berbaris di Hallma untuk pramuka,waktu kelas 7 pramuka di sore hari sekarang kita di pagi hari.Pagi itu kita disuruh untuk membentuk regu baru dan menentukan bersama ketua regu,wakil regu,serta nama regunya.Regu saya bernama Regu Bunga Lilly,yang diketuai oleh saya dan wakilnya Annisa Ramadhani.
    Yang pasti pagi itu semua regu berisi teman dekat kami semua,sepertinya setiap regu seperti itu,kasian sih yang kelas 7,ritual regunya aneh dan gadanta.
    Selesai pramuka kami balik ke kelas masing-masing,kalau istirahat saya dan teman-teman menghampiri kelas-kelas kita untuk berkumpul istirahat dibawah,kami sudah terbiasa makan bersama jadi yasud.
    Sore itu saya dan beberapa teman saya yang ekskul padus (paduan suara) izin sehabis sholat dzuhur untuk latihan expo eskul hari jumat,jadi intinya sih kalo kayak gitu bolos kelas aja sampe ashar.
    Sekarang setiap hari (kecuali jumat) siswa-siswi dianjurkan sholat ashar *katanya dan tidak boleh pulang sebelumnya,kasian yg adkel baru masuk udh pulang sore aja.
    Sore itu saya dan kawan-kawan berlatih koreografi dan menentukan lagu yang akan kami nyanyikan pada saat expo ekskul,yang pasti disini gabakal dikasi tau :3 makanya ikut padus trus masuk pas jumat biar tau ;3
    Selesai latihan padus kami bertemu dengan teman-teman yg tadi belajar lalu saya,Annisa,Zahra,Renita pergi ke telor gulung dan saya boke tapi banggain ajalah soalnya dijajanin ini wkwkwwkw *maaf receh

    Kamis 13-07-2017
    Kamis pagi waktu sudah berjalan seperti normal,saya datang ketika pintu kelas sudah dibuka dan lampunya sudah nyala.Kalau pagi hari gitu saya pergi ke kelas lain sambil mencari anak 7F yg biasa datang pagi.
    Diantara kawan-kawan saya,yang datang paling pagi yourstruly :V tapi kadang ada kok yg datang pagi,sepertiiiiii…. Chairmate lah contohnya *asek syp tu.Saya duduk di kursi kedua dari belakang barisan kedua dari pintu :/ kok berima y.Chairmate saya Alecia Hasna Mahira Farliando ! atau biasa dikenal Leci :3
    Jujur kalau dikelas saya itu yg biasa rmaai iut cowonya dan cewe masih pada blom kenal gitu,jadi kalau saya bosan saya ngajak salah satu teman saya (kadang 2 atau 3) untuk pergi ke kelas teman saya yg lain biar g bosen,lagian udh tau akrab bgt dipisahin kelasnya hidihh gadanta *upss
    Ya sepertinya ini udh nyampe 500 kata lebih jadi mau saya akhiri disini aja ya,kurang lebihnya mohon maaf *g juga si g peduli wassallamualaikum WR.WB

    editor:Alecia Hasna

  12. Raisa Imtiyaz says:

    Hari Pertama Masuk Di Kelas Delapan

    Pada tanggal 10 Juli 2017, untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di SMP Labschool Jakarta sebagai murid kelas 8. Saya sangat bersemangat untuk masuk ke kelas delapan. Pada awalnya saya tidak tahu akan mendapatkan kelas yang mana. Saya merasa deg-degan ketika pembagian kelas belum dikasih tahu. Dan ternyata, saya mendapatkan kelas di 8D bersama 3 orang teman yang berasal dari 7C.
    Ketika masuk kelas, saya langsung menuju ke tempat duduk. Saya memilih tempat duduk bersama teman kelas tujuh ku dulu, Nashafa. Tidak lama kemudian, bel berbunyi. Kami semua langsung turun menuju lapangan utama untuk melaksanakan apel. Setelah apel selesai kita balik lagi ke kelas masing-masing.
    Ketika kami masuk kelas, ada jeda sebentar sebelum wali kelas masuk ke kelas. Saya dan Nasha memanfaatkan waktu tersebut untuk ke kantin. Kami membeli minuman karena kami kehausan setelah melaksanan apel. Setelah kami mebeli minuman kami langsung balik ke kelas. Setelah kita sampai di kelas, tak lama kemudian wali kelas kami datang ke kelas. Wali kelas 8D yaitu Bu Alpiah Pijri. Beliau memperkenalkan diri. Dan kami secara bergantian memperkenalkan diri masing-masing. Beliau merupakan salah satu guru Bahasa inggris di SMP Labschool Jakarta.
    Pada hari pertama masuk sekolah, kami dipulangkan jam 09.30. Namun, saya masih harus latihan tari saman. Saya latihan saman karena pada hari Jumat, 14 Juli 2017 akan ada Expo Ekskul. Latihan dimulai sekitar jam 10.00 selama 1,5 jam. Jadi saya baru pulang sekitar jam 11.30.
    Keesokan harinya, tanggal 11 Juli 2017. Untuk kelas 8 kegiatan belajar mengajar sudah dilaksanakan. Untuk sebagian mata pelajaran tidak langsung melaksanakan kegiatan belajar. Namun dengan perkenalan antara murid dengan guru. Perkenalan ini dilakukan karena ada beberapa mata pelajaran yang gurunya mengajar khusus di kelas 8. Jadi belum pernah mengajar di kelas 7.
    Dihari kedua ini, diawali dengan tadarus yang memang sering dilakukan setiap minggunya. Dan tadarus ini merupakan tadarus pertama saya di kelas 8. Pada hari kedua ini, saya juga harus latihan saman. Oleh karena itu, saya izin pada jam pelajaran ke-lima sampai dengan jam pelajaran ke-tujuh. Yaitu setelah istirahat pertama. Di hari yang kedua ini siswa dipulangkan setelah sholat ashar berjamaah.
    Pada tanggal 12 Juli 2017, kegiatan belajar mengajar untuk kelas 8 di SMP Labschool Jakarta dimulai dengan kegiatan kepramukaan. Pada waktu kelas 7 kegiatan Pramuka memang dilaksanakan pada siang hari, namun saat kelas 8 dilaksanakan pada jam pertama.
    Di kegiatan kali ini, siswa dipersilahkan untuk membuat regu baru. Ketika sudah diperbolehkan untuk membuat regu, saya langsung berkumpul dengan teman-teman saya ketika di kelas 7. Kebetulan, teman satu regu saya dulunya berasal dari kelas 7C semua.
    Kamis, 13 Juli 2017, yaitu satu hari sebelum dilaksanannya kegiatan Expo Ekskul. Di hari ini banyak ekskul yang melakukan latihan untuk tampilan yang akan ditampilkan besok pada saat Expo Ekskul. Semua ekskul mempersiapkan untuk tampilan terbaik mereka.
    Termasuk saman, saman juga melakukan latihan untuk tampilan di esok hari. Latihan saman dilaksanakan pada jam pelajaran ke-lima sampai dengan jam pelajaran ke-tujuh, sama seperti hari Selasa. Latihan saman dilaksanakan di laboratorium biologi yang berada di lantai tiga.
    Tidak hanya mempersiapkan tampilan untuk esok , di hari ini setiap ekskul juga menghias standnya masing-masing. Lima siswa per ekskul diperlukan untuk menghias stand. Kegiatan menghias stand ini dilaksanakan setelah istirahat kedua, yaitu pada jam pelajaran ke-tujuh sampai pulang sekolah.
    Editor: Nashafa Kirana J.

  13. Nashafa Kirana says:

    PENGALAMAN HARI PERTAMA DI KELAS 8
    Hari pertama masuk kelas 8 jatuh pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017. Saya merasa senang karena dapat bertemu dengan teman-teman saya tetapi juga sedikit gugup akan melihat kelas baru saya. Saya sampai di sekolah pada pukul 06.30. setelah sampai disekolah hal yang pertama kali saya lakukan adalah menyapa para guru lalu mencari teman teman saya. Setelah itu kami melihat daftar kelas yang baru dan ternyata saya diletakan di kelas 8D bersama dengan salah satu teman dekat saya. setelah itu kami menaru tas dan bersiap siap untuk mengikuti upacara. Setelah upacara selesai kami melaksanakan apel pagi dan lalu diberikan beberapa pemberitahuan oleh beberapa guru. Setelah itu terdapat acara halal bi halal dan lalu kami diprbolehkan kembali ke kelas masing masing.
    Saat dikelas walikelas kami, bu alpiah datang dan memperkenalkan dirinya. Setelah itu kami diabsen dan diberikan beberapa pemberitahuan tentang aturan kelas, membentuk struktur kelas dan lain-lain. Pada pukul 09.30 kami diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing masing.
    Keesokan harinya, hari selasa tanggal 11 juni 2017 kami melaksanakan tadarus dan mulai belajar seperti biasa sedangkan murid kelas 7 melaksanakan mpls. Tetapi karena pengambilan buku pelajaran dimulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 sebagian besar dari kami belum mendapat buku pelajaran. Karena itu saat waktu pelajaran kami hanya saling berkenalan dengan guru. Selain itu pada beberapa jam pelajaran gurunya tidak hadir maka kami hanya diberikan tugas. Setelah pelajaran terakhir kami bersiap untuk melaksanakan solat ashar dan kembali ke rumah masing masing.
    Keesokan harinya terdapat kegiatan pramuka di pagi hari. Pada saat itu kami diperintahkan untuk membuat regu baru. Setelah pramuka selesai terdapat pelajaran Bahasa inggris bersama wali kelas kami, kami disuruh untuk mendeskripsikan rumah kami masing-masing dalam Bahasa inggris. Setelah pelajaran selesai kami beristirahat dan lalu belajar Bahasa Indonesia. Dalam pelajaran tersebut guru memperkenalkan diri, Pada Bahasa Indonesia kami disuruh melaksanakan kegiatan literasi yaitu membaca buku fiksi atau non fiksi selama 15 menit atau bias sampai 1 jam pertama dalam pelajaran tersebut, buku tersebut kemudian akan disumbangkan kepada anak yatim, tetapi karena masih pelajaran pertama kami tidak melaksanakan literasi. Setelah itu kami disuruh melakukan tugas yang dikerjakan berkelompok, kami disuruh untuk mengambil Koran lalu mencari 3 berita yang menarik, 2 berita yg baik dan 3 alasan yang membuat kita tertarik membaca Koran atau melihat berita. Setelah itu terdapat pelajaran bk yang kami hanya diberitahukan beberapa hal mengenai peraturan di kelas 8, kegiatan yang akan dilakukan dan lain-lain. Lalu kami melaksanakan solat dzuhur dan istirahat kedua. Setelah itu terdapat pelajaran ilmu pengetahuan alam. Kami hanya membahas dan mengulang kembali pelajaran yang telah kami pelajari sebelumnya seperti tentang tulang, system pencernaan, system pernafasan dan lain lain. Setelah ipa selesai kami bersiap untuk solat asar dan lalu pulang ke rumah masing-masing. Pada hari ini yaitu hari kamis, kami belajar matematika yang cukup membosankan, lalu kami belajar tik dan setelah itu kami akan ber istirahat lalu belajar Bahasa inggris dan seni budaya. Besok terdpat kegiatan exspo ekskul yaitu dimana kami menyiapkan stand untuk pendaftaran ekskul siswa baru. Pada acara tersebut, setiap ekskul menampilkan sesuatu agar siswa-siswi baru tertarik untuk mengikuti ekskul tersebut.
    Editor : Raisa Imtiyaz

  14. satryaaryandanu says:

    Nama : Satrya Aryandanu Rahmananda
    Absen : 35
    Kelas : 8d
    HARI PERTAMA DI KELAS 8
    Hai teman teman hari ini saya akan menceritakan tentang pengalamanku saat hari pertama kelas 8 smp labschool Jakarta. Aku sudah bersekolah di SMP Labschool Jakarta dari kelas 7 dan setiap tahunnya adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Setelah libur lebaran yang lama dan menyenangkan, akhirnya kami masuk sekolah lagi pada tanggal 10 juli 2017 hari senin menjadi siswa kelas 8 yang baru. Setiap kenaikan kelas pasti ada kelas baru, guru baru, teman teman baru dan masih banyak lagi hal baru yang menyenangkan.
    Hari dimulai dengan upacara bendera. kami menaruh di kelas kita yang baru setelah itu beranjak ke nlapangan utama. Aku sih asal taruh tas dan bersebelahan dengan nabil dari kelas 7G . Upacara dimulai pada jam tujuh pagi hari . Upacara dimulai, seperti biasa setelah melakukan upacara bendera terdapat pidato panjang yang informative dari pak Hussein selaku wakil BPS UNJ dan ditutup dengan doa dari tim ROHIS dari SMA labschool jakarta.
    Setelah itu terdapat acara halal bihalal. Semua murid berbaris dari ujung sampai ujung untuk bersalaman ke guru dan tos ke OSIS,MPK, dan ROHIS. Pada saat aku masuk kelas, ternyata ada beberapa anak yang berasal dari kelasku yaitu Anya, Rafi WD, Nadhif (yang masih jalan jalan), Ara dan Rizky (masih sakit). Setelah menunggu beberapa menit akhirnya wali kelas kita yang baru datang yaitu bu Alpiah Pijri yang sekaligus guru Bahasa inggris kita. Setelah itu miss alpiah langsung memberi beberapa peraturan peraturan dasar dan peratuan baru. Beberapa peraturan baru itu adalah mulai sekarang kami harus menggunakan kartu bernama KASKUS (Kartu Khusus Keluar Kelas) saat kami keluar kelas.
    Terbentuknya juga organisasi kelas terpilihnya Muhammad aliul a’la kholil al musthofa menjadi ketua kelas dan Rafi widya danendra atau WD menjadi wakil ketua kelas. Setelah itu kita disuruh untuk menulis 5 kekurangan dan 5 kelebihan kita oleh miss alpiah. Karena saya sudah selesai, saya dipersilahkan untuk pulang dan istirahat tepatnya 10.00.
    pada keesokan harinya, hari dimulai seperti hari hari sekolah biasa tetapi kami hanya berkenalan dengan guru guru yang belum kita kenali atau ketahui. Seperti bu iin yang mengajar IPS. Pak fathir benar benar mengasih tau semua yang ingin kami ketahui seperti sdnya dimana,ukuran sepatu nya berapa, guru nya saat sd, mengapa dia ingin jadi guru matematika dan masih banyak lagi. Setelah itu kami istrahat dan dilanjuti dengan pelajaran PKN dan Prakarya yang dua duanya gurunya tidak masuk. Tetapi guru PKN kita memberi tugas tentang keterkaitan Antara hari besar agama kita dengan pancasila sila pertama. Oh ya, terdapat jadwal baru untuk shalat ashar terlebih dahulu disekolah sebelum pulang.
    Keesokan harinya pagi kami belajar seperti biasa. Tapi yang membuatnya bebeda adalah kami melakukan kegiatan pramuka pada pagi hari. Menurutku itu lebih efektif karena pulang sekolah bisa jadi lebih cepat. Besoknya seperti kemarin, kami belajar seperti biasa tapi kami melihat orang orang sedang menata meja untuk ekspo ekskul yang berarti besok kami tidak ada pelajaran hehehe. Keesokan harinya, kami melakukan hal rutin yang biasanya dilakukan pada hari jumat yaitu lari jumat. Setelah lari jumat selesai kami duduk dan menyaksikan beberapa penampilan yang mengagumkan dari beberapa peserta eksul untuk mengundang mengikuti eksul tersebut.
    Nah teman teman begitulah cerita ku di hari hari pertama kelas 8, kalau kamu ?

    Editor : siraj (36) 8D

  15. A'l 8D says:

    Hari Pertama Sekolah

    Pada tanggal 10 Juli 2017 adalah tanggal masuknya Smp Labschool Jakarta. Pada tanggal itu juga akhirnya libur panjang yang dimuali dari tanggal 16 juni kayaknya. Ku sekarang Kelas 8 Bukan lagi kelas 7. Pada hari itu kudatang dan melihat kelas ku kelas mana ternyata ku kelas 8D dan wali kelas nya yaitu Bu Alpiah . Setelah melihat di mana kelasnya ku masuk kelasnyadi kelas itu ku duduk dgn raja . Setelah itu saling berkenalan dan datanglah Bu Alpiah. Oh, ya ada siswa baru namanya maulan yaitu pindahan dari pesantren Darun Najar
    Ia pindah karena dibully. Sekarang balik lagi ke datangnya Bu Alpiah. Bu Alpiah karakternya ramah, baik, dll. Saat itu kita di absen terus selesainya absen kita dikasih tau kalau ada kegiatan solat ashar berjamaah. Setelah itu kita pulang itu adalah hari pertama. Hari kedua belum terlalu serius untuk belajar masih perkenalan.
    Pelajaran pertama yaitu ips kita berkenalan dengan Bu Iin. Bu Iin cukup baik.terus kita istirahat dan kita bertemu dengan Pak Fathir Kita berkenalan dan lain lain .Aku sebenarnya sudah kenal dengannya.
    Setelah itu pelajaran prakarya tetapi sayangnya gurunya tdk datang. Habis itu BK, seperti biasa BK yg ngajar Pak Pandu. Kita semua sudah kenal pk pandu jadi tdk usah berkenalan. Pkn juga gurunya tidak dtang tetapi gurunya memberi kita tugas tentang hubunganya pancasila 1 dgn idul fitri. Itu selesainya hari 2
    Pada hari ke tiga dimualai dengan adanya pramuka pagi-pagi. Pramuka pada hari itu hanya di beri info dan pembentukan kelompok. Setelah itu inggris. Inggris yg ngajar yaitu wali kelas kita, di inggris kita diberi tugas utk mendeskripsikan rumah mu dengan bhs inggris saat itu di sebelah ku yaitu majid sedang kesusahan berbahasa inggris jadi kubantu tetapi masih saja kurang bisa bisa sih sedikit.
    Setelah inggris adalah Bahasa Indonesia. Di bahasa Indonesia yg ngajar adalah Pak Gilang saat itu kita berkenalan dan membahas Koran dan novel. Pak gilang berkata “ 80% novel remaja dan anak anak sampah semua”. Kita nanya kenapa katanya masa cerita anak anak ada cerita tentang inses seperti sangkuriang dan juga lain yang kuran baik bagi anak.
    Selesainya Bahasa Indonesia ad IPA oh sebelum itu ku akan kasih tau siapa ketua dan wakil Ketuanya lupa saya tetapi wakilnya adlah M . Rafi Widya Danendra atau singkatnya Rafi W . D Balik lagi, di IPA pengajarnya adalah Bu ropingah. Di IPA kita masih belum serius belajar hanya kenalan dan pengenalan materi. Itu adalah selesai nya hari ke 3. Hari ini sebelum diketahui jadi sampai sini dulu.

    Editor: Mazaya Qaysshadiq Ikhwan

  16. Aisha Inaya 8D (1) says:

    Karya: Aisha Inaya 8D (1)
    Editor: Alecia (2)

    Pengalaman Minggu Pertama Masuk di Kelas 8D

    Saya sudah kelas 8. Saya harus bisa mandiri, apalagi di kelas 8 ini ada LDKS dan Karya Tulis yang wajib dilakukan oleh seluruh siswa. Tapi saya merasa bersyukur karena setidaknya saya dapat naik kelas walaupun nilai saya berantakan.
    Saya sadar saya datang telat lagi pagi ini, kekurangan yang belum bisa saya perbaiki dari kelas 7. Saya langsung turun ke lapangan dan melaksanakan upacara bendera yang lumayan membuat kaki saya merasa pegal. Tetapi saya tetap tahan, sebab ini demi kebaikan Indonesia. Saya sempat melihat adik kelas 7 yang sedang melaksanakan MPLS, yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Mereka pasti lumayan gugup. Setelah upacara pengibaran bendera selesai, kami semua melaksanakan halal bihalal.
    Pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017, tahun pelajaran baru 2017-2018. Saya tidak gugup sewaktu melangkahkan kaki ke dalam kelas 8D. Yang saya liat hanyalah bangku dan teman sekelas saya yang baru, dan teman-teman saya dari kelas 7A. Mereka adalah Rafi WD, Ara, dan Satrya. Karena teman-teman saya sudah mengisi bangku, akhirnya saya duduk di sebelah Intan yang sebelumnya dari kelas 7G.
    Ketika seorang guru masuk, ternyata guru itu adalah Bu Alpiah Pijri, wali kelas kami di kelas 8D. Bu Alpiah memberikan pengarahan termasuk tata tertib di kelas 8. Setelah itu, Bu Alpiah menyuruh kami semua untuk mengusulkan ketua kelas dari masing-masing kelas dari kelas 7. Dan pada akhirnya ketua kelas pun terpilih. Setelah itu, Bu Alpiah menyuruh kami untuk menentukan struktur kelas dengan cara menulis di selembar kertas yang isinya terdapat Seksi Kerohanian, Seksi Kebersihan, Seksi Kekeluargaan, Seksi Kesenian dan Olahraga, dan Seksi Kerapihan. Di selembar kertas itu, kami hanya perlu menulis nama kita di seksi yang kami mau. Saya pun memilih untuk menjadi Seksi Kerohanian di kelas 8D.
    Setelah kami semua menentukan struktur kelas, Bu Alpiah menyuruh kami menuliskan 5 karakter baik atau buruk masing-masing yang kami miliki. Dengan rendah diri, saya menuliskan 10 karakter buruk saya dan menuliskan hanya 5 karakter baik saya di lembar kertas. Setelah itu pun kami mengumpulkannya dan Bu Alpiah membolehkan kami untuk pulang. Akhirnya saya pulang dengan tenang, berjalan kaki dengan tas yang sama sekali tidak berat menuju rumah. Setelah itu, saya langsung membuka komputer saya untuk memeriksa apakah ada undangan grup LINE yang baru atau tidak, ternyata belum ada.
    Hari Selasa tanggal 11 Juli 2017, saya berangkat ke sekolah dan mengalami telat yang kedua kalinya. Saya tidak panik sama sekali dan langsung menuju kelas 8D di lantai 2. Saya langsung duduk di kursi yang saya tempati kemarin. Beberapa menit setelah itu, seorang guru masuk ke dalam kelas kami. Ternyata guru itu adalah Bu Siti Innayatu Sholiha atau biasa dipanggil Bu Iin, guru yang mengajar IPS dari kelas 8A-8D. Bu Iin memperkenalkan dirinya dan mengabsen kami satu persatu dari absen pertama sampai absen yang terakhir. 3 jam pelajaran hanya dihabiskan oleh Bu Iin yang berusaha menghafal muka dan nama kami satu persatu, tetapi itu semua menyenangkan karena kami tidak belajar dan jam istirahat sudah berlangsung. Saya pun ke kantin sendirian dan menghampiri teman-teman saya yang berada di kelas 8F. Mereka menyambutku dengan sangat senang, bahkan sebenarnya saya ingin berada di kelas 8F, karena ada teman-teman dekat saya disana. Mereka adalah Muthia, Mayra, Raisha, Puti, Karla, Gia, dan lainnya. Tetapi karena sudah ketetapan kelas, mau tidak mau saya harus menerima kenyataan bahwa saya ditempatkan di kelas 8D.
    Bel masuk berbunyi, saya masuk ke dalam kelas 8D, tetapi belum ada guru dan teman-teman di kelas masih saja bermain-main dan berbicara satu sama lain. Akhirnya saya memutuskan untuk bermain-main juga seperti yang lainnya. Dan ternyata tidak ada seorang guru pun yang masuk sampai waktu Dzuhur, saya pun segera menemui teman saya yang bernama Shanty dari kelas 8C. Karena saya dan dia sedang cuti solat. Kami pun mengobrol-ngobrol di kelas 8C sampai anak-anak yang lain kembali. Dan ternyata saya baru tahu kalau jam pulang setelah solat Ashar.
    Saya sangat berharap semoga di kelas 8 ini kami semua bisa lebih baik dari angkatan-angkatan sebelumnya, dan semoga bisa menempuh pendidikan dan kepemimpinan yang lebih baik lagi.

    1. Syifa Salsabila 8A says:

      HARI PERTAMA KELAS 8
      Tahun ajaran baru 2017 – 2018, hari Senin tanggal 10 Juli tahun 2017. Pada hari itu, saya berangkat sekitar jam 6 lewat 15 menit, dan sampai di sekolah pukul setengah 7. Hari itu, diadakan upacara yang diikuti oleh siswa siswi SMP dan SMA dan pembukaan MPLS untuk yang kelas 7. Selesai upacara, kami semua dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 beserta guru guru mengadakan acara halal bihalal.
      Di hari itu, saya mulai bersekolah dengan notabe saya kelas 8. Saya berada di kelas 8A dengan wali kelas Ibu Titin. Hari pertama di kelas, baru dilakukan pembuatan struktur kelas dan pengenalan di kelas 8. Belum ada kegiatan belajar. Karena kami juga hari pertama itu pulang pukul 10 pagi. Saya merasa senang dan tentunya merasa sedih juga. Saya senang karena saya sudah naik kelas 8, saya mempunyai teman teman baru lagi, dan kenal dengan guru guru yang baru lagi, yang pastinya beliau mengajar kelas 8. Sedihnya, karena saya berpisah dengan teman teman yang bersama saya semenjak kelas 7. Ya, walaupun masih ada yang satu kelas, tapi paling yang satu kelas dari kelas 7 sampe kelas 8 hanya 4 sampai dengan 6 orang.
      Hari kedua, sudah ada beberapa ekskul yang aktif, dan pembelajaran juga belum semua belajar. Paling hanya perkenalan / introduction saja. Ekskul yang sudah aktif, mereka berlatih untuk tampil di pameran Ekspo Ekskul. Apa itu Ekspo Ekskul? Ekspo Ekskul adalah ajang mempromosikan ekskul bagi kelas 8. Jadi, kami kelas 8 dengan beberapa kelas 9 lainnya, akan mempromosikan ekskul yang kami ikuti agar adik adik kelas 7 berminat untuk mengikuti ekskul kami tersebut. Jika ekskul yang kami ikuti kurang dari 15 orang yang berminat, maka ekskul kami tersebut harus dibubarkan. Sebaliknya, jika ekskul yang kami ikuti lebih dari 15 orang, maka ekskul kami akan tetap dilanjutkan. Saat Ekspo Ekskul, dibuka ekskul baru yaitu Labs Movie.
      Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi kelas 7, ditutup dengan Pentas Seni kelas 7. Kami kelas 8, mempunyai banyak kegiatan yang mungkin akan lebih banyak daripada kelas 7. Bulan Juli ini, kami kelas 8 akan mengikuti kegiatan yang diberi judul LDKS. Yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas 8. Jika yang berminat mengikuti organisasi OSIS, bisa melanjutkan mengikuti rekrutmen OSIS yang diadakan setelah LDKS. Sehabis rekrutmen OSIS, akan ada pelantikan yang diadakan pada tanggal 17 Agustus tepat dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.
      Setelah pelantikan, juga akan diadakan Invita pada bulan Oktober. Invita adalah kepanjangan dari Industri Visit Tafakur Alam. Invita adalah kegiatan kelas 8, yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Hari ketiga, tanggal 12 Juli, sudah diadakan kegiatan kepramukaan untuk kelas 8. Kami kelas 8 mengikuti kegiatan pramuka di pagi hari. Pagi itu, kami membuat regu baru dan Dewan Pengurus Penggalang yang baru. Selain itu, ada juga kartul. Kartul adalah profil kelulusan kelas 8.
      Pesan bapak dan ibu guru, kelas 8 adalah tahun untuk mengeksploitasi diri kita. Banyak kegiatan-kegiatan besar yang panitianya adalah kelas 8, seperti pentas seni dan Inlabs. Kegiatan OSIS juga dilakukan oleh kelas 8. Oleh karena itu, kami harus pintar membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan bergaul dengan teman-teman.

      Saya berharap di kelas 8 ini, angkatan 25 makin kompak dan kegiatan-kegiatan kesiswaan berjalan dengan sukses. Mungkin ini saja yang saya bisa sampaikan kepada kalian.

      Editor : Alya Faiza Saffanah

  17. Ashley anadea p 8d absen 8 says:

    Hari Pertama Sekolah Sebagai murid Kelas 8

    Senin, tanggal 10 Juli 2017 merupakan hari pertamaku sekolah sebagai murid kelas 8. Saya sangat deg-degan pada saat itu karena saya belum tau saya ditempatkan di kelas 8 apa.
    Saya berharap sekelas dengan sahabat-sahabat saya. Sesampai di sekolah saya langsung di serbu oleh sahabat-sahabat saya, mereka memberitahu ke saya bahwa saya sekelas dengan Marva dan Dita, dua dari delapan sahabat terdekatku, di 8D. Saya pun merasa sangat senang.
    Tidak lama kemudian, para murid SMP Labschool Jakarta dipanggil ke lapangan SMA untuk melaksanakan upacara, saya dan teman-teman saya pun berjalan menuju lapangan.
    Saya menaruh tas di dekat lapangan karena tidak sempat ke kelas, saat sedang meletakkan tas, tiba-tiba saya melihat Dita yang baru datang “Kita sekelas!” ucapku senang, Dita mengangguk dan tersenyum senang “Iya! Ama Marva juga!” saat itu kami disuruh berbaris sesuai kelas masing masing oleh Pak Adi, jadi kami berjalan cepat ke barisan. Sejujurnya, kami berdua bingung kelas kita berbaris dimana, tetapi beberapa menit setelah berjalan mencari kelas 8D, kami menemui barisan tersebut. Pada saat Upacara sedang berlangsung, tiba-tiba Marva datang, telat.
    Setelah Upacara usai, kami bersalam-salaman dengan para guru dan kakak OSIS. Saya merasa sangat canggung terhadap para kakak OSIS ketika ber-tos. Setelah beberapa orang, saya kira sudah selesai, tetapi ternyata tidak. Masih banyak lagi, belum menghitung para rohis.
    Lalu, kami disuruh ke kelas masing-masing untuk perkenalan dengan teman dan wali kelas yang baru. Wali kelas 8D adalah Bu Alpiah, beliau merupakan guru Bahasa Inggris kelas 8, beliau belum terlalu lama mengajar di SMP Labschool Jakarta, kalau tidak salah baru sekitar 5 tahun. Ia memberi tahu beberapa informasi pribadi tentangnya dan juga menulis nomor telponnya di papan tulis agar para murid 8E dapat mengontak dirinya. Ia juga memberi tahu kepada kami bahwa di kelasnya, tidak boleh membawa handphone berkamera atau ,obile phone, kalau pun bawa harus dititipkan kepadanya atau jika tidak mau dititip kepadanya dan tetap ngotot membawa handphone berkamera, beliau mengatakan bahwa resiko hilang dan jika hilang sekolah tidak mau bertanggung jawab karena sudah dilarang.
    Setelah berkenalan dengan wali kelas dan teman-teman, Bu Alpiah mengumumkan bahwa hari ini akan diadakan pemilihan ketua kelas, wakil ketua, bendahara, Seksi kesenian, Olahraga, Kebersihan, dll. Ia menyuruh anak-anak yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua kelas agar maju ke depan kelas, anak- anak yang maju adalah ; A’la, Phebio, Anya, Viena, dkk. Kami pun voting sesuai kemauan kita. Pada akhirnya, A’la terpilih sebagai ketua kelas dan Rafi sebagai wakil. Lalu dibagikan kertas untuk mengisi para anggota seksi kelas, saya mengajukan diri sebagai seksi kesenian. Marva dan Dita juga mengajukan diri sebagai seksi kesenian.
    Sebelum pulang, kami disuruh menulis minimal 5 sifat baik dan minimal 5 sifat buruk diri kami. Saya sempat bingung harus menulis apa. Saya duduk diam selama beberapa menit sambil memikirkan apa yang akan kutulis. Seketika otakku blank, kosong. Saya benar benar tidak tahu harus menulis apa, saya mulai menulis di bagian sifat baik ‘suka binatang’ kutulis, lalu ‘baik’ dan seterusnya. Dalam sifat buruk saya hanya menulis 5, sesuai jumlah minimalnya, Marva dan Dita sudah pulang terlebih dahulu karena sudah dijemput. Setelah berpikir sebentar, saya menulis sifat sifat buruk saya. Setelah mengumpulkan, saya pun pulang.
    Hari pertamaku bersekolah sebagai murid kelas 8 ternyata sangat menyenangkan

    editor : Nikadek Marva A.
    Penulis : Ashley Anadea P.

  18. Phebio A. Nurman says:

    Pengalaman Hari Pertama Kelas 8

    Pada saat pertama kali masuk pada hari pertama semester baru ini, saya tidak terlalu senang karena saya tidak suka kelas baru ini. Saya terpisah dari teman-teman dekat saya dan menyadari bahwa saya akan di kelas ini selama 1 tahun. Di hari pertama, sebelum kita masuk ke kelas baru, kita diarahkan ke lapangan SMA untuk melaksanakan apel pagi dengan barisan per kelas yang baru. Setelah itu kita masuk ke kelas baru dan kita diperkenalkan dengan wali kelas kita yang baru. Kita juga diberi tahu tentang peraturan-peraturan baru yang berlaku pada kelas 8. Terdapat peraturan-peraturan baru yang berbeda dengan kelas 7, seperti kartu khusus keluar kelas (kaskus) jika kita ingin keluar kelas ketika jam pelajaran. Terdapat juga peraturan baru yaitu setelah jam pelajaran terakhir selesai, kita harus melaksanakan solat ashar berjama’ah. Saya juga menyadari karena kita sekarang kelas 8, kita harus menjaga image karena terdapat adek kelas yang mengisi kelas 7 sekarang.
    Pada hari kedua, kita mulai belajar seperti biasa, tetapi kita hanya diperkenalkan dengan guru-guru baru yang akan mengajar kita selama kita kelas 8. Pada hari itu saya sudah mulai mengetahui sifat-sifat guru baru yang akan mengajari kelas baru ini. Saya sangat bosan pada hari ini karena saya tidak mempunyai teman dekat di kelas baru ini. Ketika istirahat, saya bergabung dengan teman-teman saya yang lama. Pada hari ini kita melaksanakan solat asar berjama’ah pertama dengan adek kelas baru. Setelah itu kita diperbolehkan pulang dan beristirahat.
    Pada hari ketiga, kita sudah mempunyai buku pelajaran dan sudah mulai belajar seperti biasa, walaupun masih ada beberapa guru yang masih memperkenalkan diri karena tidak semua siswa yang mengenali guru-guru baru ini. Saya masih sangat bosan pada hari itu. Waktu yang membahagiakan saya adalah ketika istirahat, waktu solat, dan waktu pagi karena saya dapat bergabung dengan teman-teman saya yang lama. Pada hari ini kita juga melaksanakan ekskul wajib Pramuka yang pertama saat kelas 8. Pada saat pramuka, saya masih berbaris dengan regu lama, yaitu bersama teman-teman saya dari kelas 7. Saya merasa senang pada saat ini karena saya dapat bermain dengan teman-teman saya yang lama. Walaupun kita diperintahkan untuk membuat regu yang baru, kita masih memilih regu yang sama. Setelah Pramuka, kita kembali ke kelas di mana saat ini merupakan tempat yang saya paling tidak sukai. Walaupun saya sangat bosan, saya masih harus menjalankan perjuangan ini yang akan berlangsung selama 1 tahun.
    Pada hari keempat, saya masih merasa “tidak senang” ketika pergi ke sekolah karena tidak ada hal yang seru di dalam kelas baru ini. Saya selalu berharap bahwa akan ada “reshuffle” kelas lagi. Saya hanya diam di kelas dan mendengarkan percakapan murid-murid yang lain.
    Pada awal-awal masa kelas 8 ini, saya sangat tidak senang, tetapi saya mempunyai pikiran bahwa semua ini akan membaik. Pada kelas 8 ini kita akan belajar tentang kepemimpinan dan organisasi seperti yang ingin menjadi anggota pengurus OSIS dan MPK. Menurut saya ini penting, tetapi dengan kondisi yang saya sedang hadapi, saya tidak mempunyai daya semangat untuk mengikuti acara ini. Semoga kelas 8 menjadi pengalaman yang lebih seru.

    Editor: Rangga Valeandra Bruciano

  19. Maulana Noor Hanifah says:

    HARI PERTAMA DI SMP LABSCHOOL JAKARTA PADA KELAS 8

    Pada hari Senin tanggal 10 juli 2017.Saya mulai masuk ke SMP Labschool,kesan pertama saya di SMP Labschool cukup menyenangkan walaupun pada awalnya saya masih pemalu karena saya adalah murid pindahan yang merupakan kelas 8 baru.Saya pindah dari pondok pesantren darunnajah di Jakarta Selatan Ulujami.Saya pindah karena disana terdapat pembulian oleh kakak kelas sebelas atau biasa disebut dua SMA. tapi saya sangat senang dan sangat bersyukur Karena dapat pindah ke SMP Labschool Jakarta.Disini saya memiliki teman yang baik walau belum banyak murid disini yang saya kenal namun saya sudah akrab dengan beberapa orang,kemudian saya juga senang Karena rumah saya yang dekat dengan smp labschool Jakarta ini kemudian.Saya juga memiliki teman yang rumahnya dekat dengan rumah saya.Jadi pada saat saya pulang sekolah dan saya bisa pulang bersama dengan teman saya.Dia bernama Fathi Yakan majid jadi kami pulang bersama.Saya juga memiliki teman dekat di SMP Labschool Jakarta ia bernama Nanda Vidhirohman dulu kami satu SD dan sekarang kami satu SMP, dialah satu satunya teman saya yang sangat peduli dengan saya,karena ia yang mengenalkan teman teman nya kepada saya sehingga saya pun mulai mengenal satu persatu teman temannya.Disaat hari pertama disini kami hanya melakukan sesi perkenalan jadi pada saat itu kami pulang cepat.Namun pada keesokan harinya kami menjalani hari seperti biasa dengan bertemu para guru dan belajar sesuai jadwal,saya tidak merasa bosan disini karena saya memiliki teman yang selalu menghibur saya namun pada keesokan harinya saya mengikuti MPLS yaitu masa pengenalan lingkungan sekolah.Pada saat itu saya mengikuti kegiatan kelas 7,saya pergi ke teater kecil dan saya diberikan penjelasan tentang sekolah labschool Jakarta ini.Dan saya juga diberikan penjelasan tentang OSIS,ROHIS dan MPK setelah itu para kakak kelas Sembilan memimpin kami untuk melanjutkan kegiatan yaitu kami semua berkeliling SMP Labschool dan kesemua ruangan serta TK.Kami juga ditunjukan tempat beribadah selain agama islam lalu kami ditunjukan tempat hall basket dan pada hari itu saya tidak belajar sama sekali Karena kegiatan MPLS tersebut.Setelah itu pada saat setelah shalat dzuhur kami melakukan pelantikan pramuka di lapangan kami melakukan apel dan kami mengucapkan tri satya serta dasa darma pramuka,tapi kegiatan itu cukup membosankan namun saya tetap senang karena berkat kegiatan tersebut saya dapat mengenal beberapa adik kelas dan saya bertemu adik kelas yang satu SD dengan saya. Dan pada saat pagi,di jadwal pelajaran saya ada pramuka.Saya juga pernah bertanya kepada teman saya apa saja ekskul yang dapat diikuti.Dan dia berkata pada saya bahwa sangat banyak,dan ia menyuruh saya untuk mengikuti ekskul yang dia ikuti,ternyata ekskulnya yaitu adalah bulu tangkis dan bahasa jepang dan dia berkata pada saya bahwa ada sangat banyak perjalanan ke luar negeri di SMP Labschool ini ada ke Jepang ke Amerika dan masih banyak lagi.Namun saya masih bingung apabila disuruh mengikuti itu semua saya akan mengikuti yang mana dan mungkin apabila saya ingin mengikuti acara atau kegiatan tersebut saya harus minta izin pada orang tua saya agar orang tua tahu dan apabila saya telah diperbolehkan maka saya akan mengikuti kegiatan tersebut. Itulah kesan pertama saya di SMP Labschool Jakarta.Kesan tersebut sangat menyenangkan dan dari diri saya sendiri,tiada penyesalan pada saat memasuki SMP Labschool ini

    Editor:Arsendra Satriatama Kesuma Putra

  20. fathiyakanmajid says:

    HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH DI KELAS 8

    Nama: fathiyakanmajid
    Editor: dinda fadhillah

    Hai teman-teman tidak terasa saya sudah kelas 8 dulu kita bermain bersama sekarang kelas 8 kita mulai beda kelas.saya berada di kelas 8D bareng teman-teman lama walaupu cowonya saya sudah mulai mengenal banyak tetapi saya tidak mengenal cewenya hanya yang sekelas kelas 7 saja yang saya kenal.

    Pada hari senin tanggal 10 juli 2017 jam setengan tujuh saya sudah berada disekolah tetapi agak sedikit telat karena ada upucara.disitu saya ngobrol bareng teman lama dan saya belom ngobrol sesame kelas dan saya juga berkenalan dengan anak pindah dengna namanya yaitu maulana dia pindahan dari pesantren darunnaja di pidah kesini karena dia dibully oleh temannya yang ada di pesantren dan setelah selesai upacara kami dari kelas 7 sampai kelas 9 kami halal bihalal dengan guru-guru dan kak osis sama kak MPK setelah halal bihalal selsain kita kekelas masing-masing utuk berkenalan denga walikelas walikelas 8D adalah bu alpiah pijri dan setelah banayak berkenalan kita pulang kerumah.

    Pada hari selas kita pada saat dating kesokolah kami langsung tadarus bersama.setelah tadarus kami naik ke kelas dan kami menunggu guru b.inggris kami disuruh deksiribsiin rumah kalian.setelah itu kami menunggu pelajaran ppkn digurui oleh pak Erwin disuta pak Erwin tidak masuk karena sakit dan kita dikasih tugas olehpak agung disuruh pancasila pertama sama agama setelah selesai kami lanjut menunggu pelajaran selanjutnya yaitu prakarya karena tidak ada gurunya dan juga tidak dikasih tugas jadi kami bermain-main.

    Pada hari rabu saya dateng pukul 6.30 saya menunggu dipanggil kakak Pembina pramuka untuk melaksanakan pramuka kami berbaris sesuai regu dan setelah banayka berbincang kami mebuat regu baru tetapi saya sam hanya ganti nama regu yaitu serigala.setelah selesai kamai naik ke kelas masing-masing untuk melanjutkan belajar kami belajar b.indonesi kami di gurui dengan pak gilang kita disurh menacari berita di Koran yang menarik dan baik kami berdiskusi dikasih waktu selama 40 menit untuk mendapat berita yang menarik dan baik kami dikasih Koran yaitu Koran kompas saya sekelompok dengan nadif,a’ala,saya dan satria. Setelah pelajarn b.indonesia selesai.dan pak gilang juga menyenangkan dalam mengajar dan juga suka ngelawak saat pelajaran berlangsung dan juga pak gilang selalu bercanda sama anak kelas 8d.dan pak gilang juga menceritakan buku fiksi dan nonfiksi dan juga kita juga bias minjem buku fiksi dan nonfik di lemari dekat kelas saya.

    Kelas saya dekat dengan ruang guru jadi kita ridak seluasa berisik sekeras-keras pada saat jam pelajar kita bias berisik keras kersan hanay pada istirahat pada istirahat dulu kita tidak turun tangga tetapi sekarang kita kelas delapan jadi kalau mau ke kantin kita harus turun tangga dulu baru sampe kantin. Seperti biasa istirahatnya 30 menit. Saat jam pulang saya bermain bola lawan kakak kelas 10 saya tidak main tapi hanay menonton pertandingan sampai selesai tetapi cuaca tidak mundukung kita bermain bola sampai kita harus minggir dari lapangan karena hujan karena hujan sudah tidak deras saya balik kerumah.

    Pada hari kamis saya berangkat sekolah pukul 6.15 karena rumah saya tidak jauh jadi saya jalan nya santai tidak telat dan tidak juga kepagian sesampai di sekolah saya langsung mengobrol bareng teman barus saya di kelas delapan.

  21. Aisha Amanda Jasmine says:

    Minggu pertama sekolah di kelas 8
    Dibuat oleh Aisha Amanda Jasmine

    Tahun ajaran baru 2017-2018 dimulai pada hari Senin, 10 Juli 2017. Pagi itu saya sangat penasaran mengenai kelas baru yang akan saya dapatkan. Tidak banyak teman bermain saya yang satu kelas dengan saya. Di kelas baru ini, pak Karman yang mengajar sebagai guru matematika akan menjadi wali kelas 8B untuk satu tahun kedepan.
    Sejujurnya, saya sedikit sedih saat mengetahui kelas baru saya karena tidak sekelas dengan teman teman saya. Tetapi, bagaimana pun juga kita harus beradaptasi dengan sesuatu yang baru, mulai dari lingkungan hingga teman yang baru.
    Di kelas 8 ini, kami harus benar benar mempersiapkan energi serta mental kita, karena kami akan menghadapi pelajaran yang akan semakin sulit, serta kegiatan kegiatan dan tugas lainnya yang akan mengurangi waktu bermain kita.
    Hari pertama sekolah, kami melaksanakan upacara bersama adik kelas 7 dan kaka kelas 9. Setelah upacara kami melaksanakan halal bihalal dengan guru guru, kakak OSIS, MPK, dan ROHIS. Sehabis halalbihalal, kami kembali kekelas untuk mengatur struktur kelas, mulai dari ketua kelas, wakil, hingga seksi seksi lainnya.
    Hari senin ini, ekskul paskibra sudah mulai seperti biasa. Kali ini kami akan mempersiapkan diri untuk tampil saat expo yang akan ditampilkan pada hari jumat nanti. Expo Ekskul adalah pengenalan ekstrakulikuler kepada murid kelas 7. Disana mereka akan memilih ekskul apa yang akan mereka jalani untuk 1 tahun kedepan.
    Pada hari kedua, kami sudah mulai belajar dikelas sampai jam tiga ditambah sholat ashar. Sama halnya untuk hari ketiga dan seterusnya. Ditambah dengan persiapan untuk expo ekskul
    Pada hari jumat, setelah lari pagi, murid kelas 7, 8 dan 9 berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan expo ekskul. Kali ini saya terpilih untuk tampil bersama team expo untuk mewakili ekskul paskibra. Kegiatan expo ekskul berjalan dengan baik sampai selesai, yaitu jam 11.
    Saya berharap di kelas 8 ini angkatan 25 bisa semakin solid dan sukses selalu, sekian yang bisa saya ceritakan kepada kalian.. terimakasih.

  22. Dinda Nabila Mufid says:

    Hari Pertama di Kelas 8
    Penulis : Dinda Nabila Mufid
    Editor : Zhafira Aliyah

    Tanggal 10 Juli, siswa siswi Labschool sudah mulai masuk sekolah, ketika sudah beberapa hari kami libur kenaikan kelas. Saya sudah masuk ke tingkat kelas 8 dan sudah menjadi kakak kelas. Hal yang saya tunggu tunggu dari beberapa kegiatan kelas 8 adalah kegiatan invita. Invita yaitu kegiatan kelas 8 dan akan mengunjungi kota jogja. Jam tujuh ,dari mulai kelas 7 sampai kelas 9 berkumpul di lapangan untuk upacara bendera. Saya senang melihat murid murid baru yang sekarang kelas 7. Selesai upacara, kami di instruksikan untuk masuk ke dalam kelas masing, saya masuk ke kelas 8G, wali kelasnya adalah pak Erwin. Pada hari pertama kami pulang lebih cepat, yaitu jam 10. Di kelas kami memilih pengurus kelas, mulai dari ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara, dan lain lain.
    Di kelas 8, berbeda dari kelas 7. Kata wali kelas saya, kelas 7 merupakan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sedangkan kelas 8 adalah waktu untuk belajar mengenai organisasi dan kepemimpinan.
    Menurut saya, anak kelas 8G ramah ramah, wali kelas nya pun baik. Padahal, saat hari pertama saya kira teman temannya tidak banyak yang dikenal. Tetapi, akhirnya saat melihat jadwal nama yang dipajang di depan kelas, banyak juga yang saya kenal karena sebagian ada yang menjadi teman les saya. Hal yang saya tidak suka dari kelas 8G karena posisi nya berada di lantai atas. Karena saya sering terlambat masuk sekolah jadi harus lari dari lantai bawah ke lantai dua.
    Di labschool, sekarang ada yang namanya kaskus, singkatan dari kartu khusus keluar kelas. Jadi, bagi yang ingin keluar kelas harus mengenakan kaskus.
    Jadwal nya juga sekarang berbeda. Saat kelas saya kelas 7, jadwal pulang masih jam 3. Tetapi sekarang kami sudah mulai pulang sehabis ashar, ini demi kebaikan kami. Karena, ketika kami pulang jam 3 sebelum ashar, belum tentu juga kami shalat ashar di rumah bagi yang muslim, mungkin sebagian ada yang langsung bermain dengan HP nya, atau kesibukan lainnya. Akhirnya, sekolah memutuskan untuk mengganti jadwal pulang menjadi jam setengah 4.
    Pada Hari H acara Expo Ekskul, yang mengikuti kegiatan ekskul menampilkan bakat nya. Expo Ekskul adalah pengenalan ekskul bagi murid murid yang beru masuk ke SMP Labschool, terutama anak anak kelas 7, agar mereka bisa tertarik dengan salah satu ekskul. Ada yang menampilkan pembacaan al quran, bagi yang mengikuti ekskul quran, ada yang menampilakn modern dance dan tradisional dance, ada yang menampilkan paskibra, ada juga yang menampilkan tarisn jepang. Menurut saya penampilannya bagus bagus dan menarik. Tetapi, saya belum menentukan akan mengikuti ekskul apa.
    Minggu depan setelah tanggal 10 juli, kami sudah mulai ada kegiatan belajar mengajar. Hari pertama, kami masih perkenalan tentang materi apa yang akan dipelajari nanti dan mengulang pelajaran pelajaran kelas 7. Namun, ada juga guru yang langsung menjelaskan materi nya. Tetapi semua pelajaran di kelas 8 menurut saya mengasyikan dan mudah dimengerti.
    Saya berharap, ketika dikelas 8 sekarang, nilai saya lebih baik di banding saat kelas 7, lebih mudah berorganisasi, dan semoga angkatan 25 lebih kompak,dan kegiatan kegiatan di kelas 8 ini berjalan dengan baik dan sukses. Aamiin

  23. mahira says:

    Kisah Pertama di Kelas 8
    Tahun ajaran baru dimulai pada tanggal 10 July 2017 dan itu adalah hari pertamaku di kelas 8. Saat datang ke sekolah, aku mencari teman-temanku terlebih dahulu sebelum melihat kelas. Belum mencari lama, aku sudah berkumpul dengan teman temanku. Aku sangat penasaran untuk melihat kelas dan berharap aku bersama dengan teman yang aku kenal. Perasaanku saat itu sangat bercampur aduk karena aku juga memikirkan bahwa satu tahun ini akan ada kartul dan rekrutmen OSIS
    Setelah melihat kelas, ternyata aku berada di kelas 8G dan aku bersama Edna serta Gadis. Hari pertama itu dihabiskan untuk membuat struktur kelas seperti ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara, dan lain sebagainya. Saat itu pelajaran belum dimulai karena baru sebagian kecil siswa yang sudah membeli buku pelajaran.
    Aku pulang sekitar pukul 10 pagi, aku serta Gadis dan Edna mampir ke kelas lain untuk berkumpul dengan teman teman yang lain karena kami beda kelas.
    Keesokan harinya kami sudah mendapat jadwal pelajaran, tapi sebagian besar guru baru berkenalan dan belum memulai pelajaran yang memusingkan
    Untuk hari rabu aku izin karena sakit. Sebenarnya di kelas 8 ini aku berusaha untuk tidak menunda semua tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan, serta meminimalisir jumlah hari aku izin maupun sakit karena aku akan menjadi sangat malas untuk mengejar pelajaran, susulan ulangan dan tugas akan terasa menjadi lebih banyak.
    Untuk hari kamis, aku dan edna izin untuk ke Pasar Sunangiri bersama dua kakak kelas 9 dikarenakan ingin membeli keperluan seperti hiasan untuk menghias booth Bahasa Perancis. Untuk apa aku menghias booth, itu semua untuk expo ekskul. Expo ekskul adalah acara dimana kelas 8 dan kelas 9 memperkenalkan ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta keppada baik anak kelas 7 maupun anak pindahan.
    Kami menghias booth cukup lama karena kami bekerja dengan santai, menurut kami bekerja dengan santai akan membuat yang bekerja lebih tenang dan lebih ikhlas untuk melakukannya, tapi ketika sudah sangat sore, kami buru-buru menyelesaikannya.
    Keesokan harinya, aku dan Edna tidak ikut lari Jumat untuk melanjutkan menghias booth karena kemarin masih banyak bahan-bahan yang kurang sehingga menghias booth tidak bisa dilanjutkan.
    Acara expo ekskul berjalan dengan lancar dari awal hingga selesai dan kami diperbolehkan pulang. Tapi untuk siswa laki laki sholat Jumat terlebih dahulu karena sudah mendekati waktu sholat kecuali jika rumahnya dekat. Dan untuk minggu depannya aku sudah mulai belajar seperti biasa ditambah sholat ashar berjamaah
    Menurutku di kalau kita naik kelas, itu berarti kita akan berada di kelas yang baru, situasi baru, teman sekelas yang baru, guru guru baru, adik kelas baru, dan pelajaran baru juga.
    Dan selama satu tahun kita mau tidak mau, suka tidak suka harus terbiasa dengan itu semua serta harus ikhlas menjalaninya, karena jika terpaksa, maka satu tahun itu akan terasa lebih lama.
    Pesan dari Bapak dan Ibu guru adalah temukan bakat kita dengan banyak mengikuti kegiatan serta organisasi seperti OSIS, MPK, kegiatan kepramukaan, dan organisasi lain yang diminati.
    Harapanku untuk kedepannya adalah semoga angkatan 25 semakin kompak, sukses semua terutama kartul dan rekrutmen OSIS, dan mendapat semua yang diinginkan, tentunya dengan berdoa dan berusaha. Aamiin..

    Mahira 8G
    Editor : Edna Izzani

  24. Carrissa Salsabila M says:

    HARI PERTAMA SEKOLAH
    Nama: Carrissa Salsabila Metriandhana (09)
    Kelas: 8G

    Kami masuk sekolah pada tanggal 10 Juli 2017. Hari pertama aku bertemu lagi dengan teman-temanku. Aku lumayan bosan dirumah. Mereka semua mengerubungi mading untuk mencari tahu kelasku. Aku ternyata berada di kelas 8G bersama teman ku. Astrid, Afrien, dan Fitri. Yah, paling tidak aku mengenal satu-dua wajah. Setelah itu kami bergegas ke lapangan untuk menjalankan apel Penerimaan Siswa Baru. Tak ada hal aneh yang terjadi selama itu. Setelah apel kami melakukan Halal Bihalal dengan seluruh guru Labschool. Juga dengan kakak OSIS dan MPK. Setelah itu kami bergegas ke kelas untuk melihat dan bertemu kelas baru kami, kelas 8G. Aku duduk bersama Astrid dan dibelakangku ada Afrien dan Fitri. Kami bertemu wali kelas kami, Pak Erwin Marwiansyah, yang juga merupakan guru PKN ( Pendidikan Kewarganegaraan) kelas 8. Baru setelah itu kami pulang.
    Minggu pertama tidak terlalu berat. Hanya perkenalan perkenalan biasa. Tidak langsung belajar efektif. Kami masih membiasakan diri dengan ‘menjadi kakak kelas’. Lucu ya, tahun lalu kami yang berada di tempat kelas 7 sekarang dan kami sekarang sudah kelas 8. Waktu cepat sekali berlalu. Rasanya seperti baru kemarin aku tes Penerimaan siswa Baru (PSB) di SMP Labschool. Aku belum terlalu terbiasa dengan suasana 8G yang jauh berbeda dengan kelasku yang dulu. Paling tidak, aku mempunyai teman disini. Aku bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Walaupun aku sering lupa nama nama siswa dikelasku. Maklum saja, aku baru dua minggu di kelas ku yang baru. Hehe.
    Aku awalnya tidak mengetahui beberapa nama guru karna memang mereka tidak mengajar kelas 7 tahun lalu. Tapi ada juga beberapa guru yang kutahu seperti Pak Wahyudi yang mengajar Bahasa Indonesia dan Pak Abdul fathir faruqi yang mengajar matematika. Sebentar lagi kami juga akan ada Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) di sekolah tanggal 28-29 Juli nanti. Nanti tanggal 1 agustus juga akan ada rekrutmen OSIS. Sepertinya LDKS adalah persiapan untuk rekrutmen OSIS dan MPK nanti.
    Hari-hari selanjutnya berjalan normal, ya walaupun banyak teman-teman sekelasku yang ‘menghilang’ karena ada latihan untuk Expo Ekskul. Expo Ekskul itu semacam acara untuk menunjukan ‘keahlian’ setiap ekskul dan mengajak adeik kelas 7 untuk ikut ekskul tersebut. Karna memang kita wajib mengikuti satu ekskul lain selain pramuka di SMP Labschool. Aku memutuskan untuk ikut Acolabs bersama salah satu temanku Puti.
    Pada saat Expo Ekskul, teman-temanku yang ‘menghilang’ kalau tidak Lathan untuk tampil saat Expo Ekskul ya, mereka paling mendekor stand. PAsti stand yang paling menarik akan menarik banyak perhatian adik kelas. Aku yang memang sedang tidakn ada pekerjaan akhirnya memilih membantu stand Acolabs untuk menarik perhatian adik kelas.
    Di kelas 8 ini, kami akan super sibuk. Akan ada rekrutmen OSIS dan MPK, kartul ( Karya Tulis ), pentas seni, dramkel ( Drama Kelas ), INVITA, Inlabs, dan lain-lain. Dan kami harus pintar membagi bagi waktu antara berorganisasi, kartul, prestasi, dan istirahat.
    Pelajaran kelas 8 akan semakin sulit. Waktu yang kita punya juga sangat sempit. Belum lagi UTS ( Ulangan Tengah Semester ) akan di laksanakan bulan September awal. Aku akan lebih rajin lagi belajar dan akan lebih pintar membagi waktu di kelas 8 ini. Karna memang waktu untuk bermain-main dan bermalas-malasan di kelas 8 lebih sedikit daripada waktu kami di kelas 7.
    Semoga angkatan 25 akan semakin baik di kelas 8 ini! Amin!

    Editor: Astrid Maysa Z. 8G

  25. Devin Raul M says:

    HARI PERTAMA KELAS 8

    Hai guys, Pada tanggal 10 Juli 2017 itu hari pertama di kelas 8.saya duduk di kelas 8G. Di hari senin kita ada upacara bendera, setelah upacara bendera kita salam-salam dengan kakak OSIS dan guru-guru, setelah salam-salam kami langsung ke kelas baru kita yaitu diatas atu di lantai 2. Aku mengenal dengan teman-teman baruku, yang jadi ketua kelas adalah Cheryil dan yang jadi wakli ketua adalah Ardaffa dan wali kelas 8G adalah Pak Erwin. Saya menjadi seksi kebersihan. Setelah dah selesai pengurus kelas kita siap siap pulang karena di hari senin cuma sampai jam 10 pagi.

    Hari kedua, belajar seperti biasa. Ekskul Paskibra sudah mulai aktif kembali. Kami yang bergabung dalam ekskul Paskibra sedang mempersiapkan untuk Expo Ekskul. Apa itu Expo Ekskul? Expo Ekskul adalah pengenalan kegiatan ekskul kepada murid kelas 7. Seluruh ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta menampilkan penampilan mereka masing-masing, gunanya agar adik kelas tertarik, dan akan mengikuti ekskul tersebut.Pada acara Expo Ekskul, seluruh siswa-siswi SMP Labschool Jakarta berkumpul di lapangan SMP untuk menyaksikan penampilan-penampilan dari masing-masing ekskul. Semua ekskul menampilkan penampilan terbaiknya, hal itu dilakukan agar para adik kelas 7 yang belum tahu ingin mendaftar ekskul apa, bisa tertarik dan bergabung di dalam ekskul tersebut, saya sudah senang di eksul fotografi karena rata-rata di keluarga saya banyak yang bias fotografi kecuali mama saya.

    Di kelas 8G teman temanya seru seru dan ramah dan anak baru ada di kelas 8G namanya Malik Siregar dari sekolah SMP Garuda di kemang. Tapi kelas kami dipojok yang menghadap lapangan SMP dan agak sempit itu hal yang saya tidak suka di kelas 8G, dan tidak enaknya lag saya gak bareng bareng dengan teman teman saya lama tapi seru. Dan gak enak nya di atas kalau makan soto atau sup atau pun yang berkuah saya harus pelan pelan bawanya karenakan naik tangga, dan kadang juga di tangga rame tambah susah bawanya dan say kadang lupa juga membeli minum sekalian dan karena itu saya harus turun lagi setelah itu naik lagi hadeh capek dah.

    Kegiatan di kelas 8 sangat banyak, sebentar lagi kita akan menghadapi rekrutmen dan Invita. Saya sangat tidak sabar dengan Invita. Invita adalah kegiatan kelas 8, yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Rekrutmen OSIS tinggal sebentar lagi, kami para siswa kelas 8 sedang mempersiapkan diri. Semoga kami lolos tahap seleksi OSIS ya teman-teman, dan maksimal dibawah nilai 80 itu adalah. Makanya mohon doanya ya.

    Saya sekarang harus pintar management waktu saya tidak boleh keseringan main game atau terlalu lama istirahatnya karena kalu terlalu lama saya entar akan menjdai malas dan susah berpikir, saya harus seringin belajar karena mama saya bilang “belajar dikit saja udah pintar atau cerdas devin” oh iya saya lupa nama saya BTW Devin Raul Marciano.
    Saya berharap di kelas 8 ini, angkatan 25 makin kompak dan kegiatan-kegiatan kesiswaan berjalan dengan sukses. Mungkin ini saja yang saya bisa sampaikan kepada kalian.Perjalanan kami di di kelas 8 baru dimulai. Untuk itu kami meminta do’anya agar semuanya berjalan dengan baik. Aamiin.

    Sampai jumpa kawan kawan

    DIBUAT OLEH: Devin Raul M 8G
    EDITOR : Andhika Pramudya Wardana

  26. Ryan Hidayatullah says:

    Editor:Abdul Rafi Radityo Hutomo

    Hari pertama di kelas 8
    Halo semua… hari pertama dimulai pada hari Senin, sepuluh juli dua ribu tujuh belas. Pagi pagi saya datang dan melihat nama saya di papan pembagian kelas. Saat itu saya merasa sedih dan sedikit kecewa karena teman saya yang sebelumnya tidak ada yang sekelas, tapi itulah yang membuat kita semakin berteman dengan siapapun. Lanjut, saat pagi ada upacara bendera, kegiatan kedua yang membosankan dan bikin capek. Hari pertama kita pulang jam sepuluh karena ini baru hari pertama.

    Hari kedua, kita memulai dengan belajar aktif. Karena saya normal jadi saya tidak suka hal itu. Yang membuat saya kesal adalah banyak sekali kegiatan di kelas 8 ini. Ada rekruitmen OSIS, tugas wajib kartul (karya tulis). O iya saya sebangku dengan Dito atau nama panjangnya Abdul Rafi Radityo Hutomo. Ketua kelas di kelas saya adalah Cyril. Karena kami sudah kelas delapan jadi kita tadarus bersama hari selasa, untung saya bukan rohis kelas. Rohis kelas di kelas yang saya tau adalah LTC atau biasa dipanggil Ricky. Di kelas kami juga ada anak baru lho. Namanya adalah Malik Siregar yang biasa dipanggil Malik dari SMP Garuda, walaupun saya tidak tau itu dimana, tapi saya pernah menonton film yang syutingnya di sekolah itu. Kenapa ya dia pindah? Hmm……

    Hari ketiga dimulai dengan Pramuka, hal pertama yang saya tidak suka. Kegiatan di pramuka saat itu dimulai dengan apel pembuka. Setelah itu membuat kelompok pramuka yang baru. Saat itu saya sekelompok dengan Ridha, Axel, Shadiq, Irsan, Haykal, Raja, dan tentunya saya, o iya tambah Darren biar makin seru, hehehehe. Dan kelompok kita adalah… SIGUNG. Sangat aneh bukan, memilih hewan yang dapat mengeluarkan bau untuk melindungi diri.

    Langsung hari kelima aja ya, saat itu ada EXPO Ekskul. Seluruh siswa siswi melihat berbagai persembahan dari semua ekskul. Banyak persembahan yang menarik dari berbagai ekskul. Tempatnya di lapangan depan masjid labschool. Acara ini dibuat agar anak kelas 7 yang baru masuk lebih mengenal tentang ekskul-ekskul di labschool yang melebihi satu. Setiap anak wajib memilih satu ekskul bebas kecuali pramuka, karena itu ekskul wajib. O iya wali kelas saya adalah Pak Erwin Marwiansyah guru pendidikan kewarnegaraan. Saya merasa sedikit kesal, karena adik adik kelas 7 seperti tidak menghormati kakak kelasnya. Ada beberapa adik kelas saya yang dari sekolah saya sebelumnya kira kira yang bisa saya temukan ada empat orang tapi kata ibu saya ada enam orang. Saya masih mencari siapa dua orang ini. Dan salah satu adik kelas saya yang saya tidak tahu namanya ada yang duduk di kelas 7C kelas saya yang dulu saat masih kelas tujuh.

    Pesan guru-guru, kelas delapan merupakan tahun untuk mengeksploitasi diri kita. Tahun ini kita juga bisa masuk OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas), dan ROHIS (Rohani Islam). Kesempatan ini merupakan kesempatan kita untuk mencoba berorganisasi. Jika kita sudah menjadi OSIS kita harus bisa membagi kegiatan dengan OSIS sama halnya dengan MPK. OSIS tugasnya adalah membuat kegiatan dan mengaturnya. Saya berharap angkatan dua puluh lima ini bisa menjadi angkatan yang kompak dan saling menghargai satu sama lain. Itu saja dari saya. Trerima kasih sudah membacanya.

  27. ardhan rhamanov says:

    Pengalaman ku saat masuk kelas 8

    Hari senin tanggal 10 Juli 2017 saya kembali masuk sekolah, labschool ku tercinta. Setelah hampir 1 bulan libur, akhirnya saat yang kutunggu tunggu tiba pada hari ini. Kangen juga rasanya pengen cepat cepat menyantap makanan bu sayang yang begitu bervariasi dan tentunya sangat lezat bagi kami,ada pecel ayam,tahu tempe,fried chicken,ayam gulai,ayam opor dan masih banyak lagi yang lainya. Dsamping menu menu kantin yang saya rindukan, Saya juga sangat senang karena akan bertemu dengan teman baru, tentunya dengan sifat sifat mereka yang berbeda satu dengan yang lainya.
    Jakarta memang macet. dihari pertama, aku tidak mau ambil resiko terlambat sampai sekolah. Pagi-pagi jam 5 saya bangun tidurdan langsung ambil wudhu lemudian melakasanakan salat subuh. Walaupun mata masih ingin terpejam, saya paksakan untuk mandi dengan air dingin agar tubuh lebih segar. Setelah selesai memakai atribut seragam, saya langsung sarapan, spaghetti sudah menunggu di meja makan. Tepat pukul 06.00, saya dan ibu meluncur dari rumah ke sekolah. Saat di perjalanan ternyata kondisi lalu lintas sudah sangat macet, hampir setengah jam lamanya saya terjebak di suatu belokan. Setelah melewati kemacetan itu, supir saya langsung tancap gas agar kami sampai sekolah tepat waktu. Ternyata di putaran sekolah macet sehingga saya harus menaiki jembatan penyebrangan, banyak juga siswa labschool Jakarta yang sama sama menaiki jembatan penyebrangan itu. Lega rasanya karena masih banyak juga teman teman yang baru sampai.
    Sesampainya di lokasi sekolah, saya dan teman teman langsung menuju ke hall ma, untuk melihat daftar kelas, karena saya sangat penasaran siapa teman baru kelas saya . Saat saya ingin melihat daftar kelas baru, ternyata sangat banyak orang yang ingin melihat, akhir nya saya tunggu hingga beberapa menit untuk melihaat daftar nya, akhirnya saya lihat daftarnya dan ternyata saya sekelas dengan teman dekat saya yang dari kelas 7, dan saya sekelas dengan teman dekat saya dari tk sd hingga sekarang. Saya sangat senang karena saya sangat dekat sekali dengan mereka, namanya ridwan dan vietto.
    Setelah melihat daftar kelas, saya menuju ke lapangan SMA untuk apel pagi, kami semua disitu sekitar 45 menitan, karena ada banyak sambutan dari pihak sekolah dan guru guru. Setelah apel saya kembali ke kelas untuk berkenalan dengan teman baru dan berkenalan dengan wali kelas saya. Wali kelas saya Bernama bu Titin. Beliau adalah wali kelas yang baik,tegas,tapi tetap penyabar, disamping sebagai wali kelas beliau sekarang mengajar pelajaran prakarya yaitu pelajaran yang sangat saya sukai karena di dalam pelajaran itu kita membuat banyak kerajinan tangan,memasak dan lain lain. Saya masuk kelas 8A, kelas 8A baru ruanganya, karena kelas 8A bekas ruangan BK jadi kelasnya masih sedikit bau cat.
    Setelah di absen dengan walikelas kita mengadakan pemilihan ketua kelas. Saat itu kita melakukan sistem voting tetapi karena sudah jam pulang maka, wali kelas yang menentukan siapa ketua kelasnya. Saat itu wahyu terpilih menjadi ketua kelas. Saya setuju dengan terpilih nya wahyu untuk menjadi ketua kelas karena wahyu adalah murid yang baik,sportif,pintar,dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Setelah terpilih nya wahyu menjadi ketua kelas, yang pertama kali di lakukan adalah memilih wakil ketua kelas,sekretaris,bendahara,rohis,kekeluargaan,kebersihan,keamanan dan olahraga. Setelah itu, kita semua menaikan kursi ke atas meja. Dan kita berdoa untuk pulang. Itulah cerita hari pertama di kelas 8.

    -Ardhan Rhamanov

  28. raihan filardi malano says:

    Hari-hari awal kelas 8

    Pada tanggal 10 Juli 2017 merupakan hari pertama bagi kami angkatan 25 untuk menginjakan kaki dikelas 8. Saat kita naik ke kelas 8, temen kelas kita bukanlah teman sebangku maupun sekelas saat kelas7, melainkan sudah diacak.Pada pulul 06.00 WIB saya memasuki mobil dan langsung berangkat ke SMP Labschool Rawamangun atau lebih dikenal dengan sebutan Labschool Jakarta. pada pukul 06.30 saya tiba di lobby utama labschool dan langsung kekabir untuk melihat pembagian kelas.Pertama saya melihat kelas 8a dan saya langsung menemui teman saya dan saya satu kelas Bersama:Reggy,Ridhwan,Rafi,Syamil dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya tuliskan satu persatu.Sebelum masuk ke kelas kita ada apel dilapangan utama yang berlangsung kurang lebih selama 45 menit dan kita langsung bergegas masuk ke kelas kita. Kelas kita berada diujung lantai 2 dan merupakan satu satunya ruang kelas yang baru dengan ac yang baru.Ada lantai yang baru dan masih banyak lagi dan wali kelas kita adalah bu titin atau nama panjangnya bu titin setiawati tapi ternyata yang pertama datang adalah bu ita bukan bu titin karena bu titin sedang membantu memberi buku baru .

    Saat Bu Ita masuk kelas kita semua terkejut kemudian Bu Ita bilang dia mengantikan Bu Titin. sementara kemudian masuklah Pak Yuro untuk memberi kartu kaskus dan memberi tahu setiap siswa keluar masuk kelas harus memakai kartu khusus keluar kelas atau disingkatnya kartu kaskus. kemudian saat bu ita masuk kita langsung mengadakan pemilihan pengurus kelas kita yaitu kelas 8A saat kita sedang melaksanakan voting tiba tiba datang Bu Titin dan Bu Titin lagsung menggantikan Bu Ita kemudia kita Melanjutkan melaksanakan musyawarah kemudian kita langsung melanjutkan pemilihan pengurus kelas.
    Kemudian setelah itu Bu Titin memperkenalkan dirinya Bu Titin adalah guru IPS untuk kelas 9 dan guru prakarya untuk kelas 8 kemudian bu titin memberikan biodata singkat dan menentukan uang kas uangg kas kelas kita adalah 10.000 setiap bulan setelh perkenalan bu titin kita dan sesi tanya jawab kemudian kita berusaha mengingat nama nama teman kelas kita kemudian kita kembali ke rumah masing masing dan bersiap untuk esok hari saat hari selasa pada jam pertama kita ada tadarus kemudian masuk ke kelas masing masing untuk memulai pembelajaran efektif banyak guru guru yang beda dengan kelas 7 hanya sedikit guru yang mengajar kita dikelas 7 dan mengajar kita lagi di kelas 8 contohnya seperti Pak Fathir atau nama panjangnya pak abdul father farugi dan pak karman atau nama panjangnya adalah pak sukarman dan om jay atau nama panjangnya pak wijaya kusumah selebihnya sudah tidak mengajar lagi kita dikelas 8 seperti pak agung atau nama panjangnya pak agung hartono pak ntez atau nama panjangnya pak trezadigjaya pak dedi atau nama panjangnya bapak dedi hadi rizki melainkan ada juga guru yang mengajar kita dikelas 7 kini tidak sama sekali lagi mengajar dilabschool alias mengundurkan diri yaitu bu Kris budiyani atau nama akrab sapaan yang kita sering panggil yaitu bu Kris

    Setelah tadarus kita langsung bertemudengan pak gilang saputro atau yang kita sering panggil pak gilang saatmasuk pak gilang langsung memberikan arahan tentang karya tulis ilmiah atau sering disingkat dengan nama kartul dan dramkel itulah pengalaman saya di hari hari awal kelas 8

    Nama:Raihan Filardi Malano
    Kelas:8A
    Absent:28

  29. Raisha Azra says:

    Hari Pertama Masuk di Kelas 8

    Tanggal 10 Juli merupakan hari pertama saya masuk sekolah setelah liburan kenaikan kelas serta libur bulan Ramadhan yang disambung dengan libur hari raya. Saya sangat bersyukur dapat naik kelas, dari kelas 7 ke kelas 8. Namun saya juga sedih Karena harus berpisan dengan teman-teman saya dari kelas 7 E, yang telah menemani saya selama 1 tahun, yang membuat satu tahun di sekolah tidak membosankan. Hari pertama masuk kami angakatan 25 disambut dengan kehadiran baru adik kelas kami, angkatan 26, yang menjadikan kami kakak kelas di SMP untuk pertama kalinya.

    Teman saya dari kelas 7 E tahun lalu yang tetap menemani saya di kelas 8 hanya sekitar 5 orang. Walaupun begitu saya juga harus tetap berteman dengan teman-teman yang belum saya kenal, dan memulai hubungan pertemanan yang lebih luas. Berpisah dengan teman saya di kelas tahun lalu merupakan kesedihan, tetapi saya masih bisa menemui mereka saat waktu istirahat dan pulang sekolah serta saat melaksanakan sholat berjamaah. Selain bertemu dengan teman baru, saya juga bertemu dengan guru-guru baru yang mengajar di kelas 8, yang belum pernah mengajar saya di kelas 7 lalu. Kadang saya suka merasa tidak nyaman dengan kelas saya yang baru, tapi menurut saya ini sepertinya normal, dengan sendirinya saya akan beradaptasi untuk menyesuaikan diri saya di kelas yang baru ini.

    Hari pertama masuk kami pulang lebih awal, tepatnya jam 10 pagi. Dikarenakan di sekolah hanya melakukan acara apel, berkenalan dengan wali kelas yang baru, sera pembentukan pengurus-pengurus untuk di kelas kami masing-masing.

    Saya memiliki beberapa harapan atau mungkin bisa dibilang target saya di kelas 8, karena menurut saya di kelas 8 ini pelajaran akan menjadi lebih sulit maka saya rasa saya harus memiliki target. Diantaranya adalah Mendapat nilai yang lebih baik dari nilai-nilai yang saya dapat sebelumnya, kemudian dapat membuat prestasi yang membanggakan untuk kedua orang tua saya, serta memiliki hubungan yang lebih baik di lingkungan sekolah.

    Sementara itu kelas 7 yang baru sedang dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS, yang memiliki kegiatan hampir serupa dengan yang dialami oleh angkatan saya tahun lalu. Sebagian dari kami ketika melihat seluruh angkatan 26 yang sedang dalam MPLS, membuat kami mengingat dan mengenang kegiatan yang juga pernah kita alami tahun lalu. Masa-masa kami tidak mengenal siapapun karena berbeda asal sekolah, dan mengharuskan kami semua untuk brkrnalan dengan yang lain. Mirip dengan yang saya adalami di awal-awal memasuki kelas 8 A ini, bedanya saya hanya harus berkenalan dengan beberapa temn yang asl kelas 7 nya berbeda, karena beberapa dari kami di kelas 7 bersama lagi di kelas 8.
    Begitulah pengalaman saya di hari pertama masuk di kelas 8, saya harap saya bias mendapatkan pengalama baru yang lebih menyenangkan di kelas 8 dengan adanya beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, walupun kegiatan-kegiatan tersebut tidak sebanyak yang dilaksaksanakan di kelas 7. Semoga kelas 8 ini berjalan dengan menyenangkan serta baik, sehingga kami semua dapat menikmati masa-masa kelas 8 kami dengan senang hati, tanpa rasa bosan atau badmood dll.

    Terima kasih telah membaca, mohon doakan saya dan angkatan saya agar dapat sukses kedepannya, sekian, dan terima kasil lagi.

    Penulis : Raisha Azra
    Editor : Farsya Alifa

    8A

  30. Raden Jachregantravis 8A says:

    HARI PERTAMA SEKOLAH

    Pada hari pertama sekolah, yaitu pada tanggal 10 Juli 2017, saya tidak datang karena saya masih menjalankan liburan saya dari Australia. Namun, saya diberitahukan oleh teman-teman saya dan orang tua saya bahwa saya masuk dalam kelas 8A. Awalnya saya sedikit gugup, karena takut saya akan sekelas dengan orang-orang yang saya tidak nyaman. Tetapi, setelah saya baca daftar hadir, saya lega karena dikelasnya banyak orang yang asik asik.

    Saya baru mulai masuk ke sekolah pada hari ketiga, yaitu hari Rabu 13 Juli 2017. Pada hari itu, jam pembelajaran sudah mulai seperti biasa. Namun, ada banyak hal-hal baru yang saya tidak ketahui saat masuk kelas 8, karena tidak masuk pada hari pertamanya. Salah satunya yang saya tidak ketahui adalah bahwa sekarang, jika ingin keluar atau izin dari kelas, harus menggunakan kartu KASKUS (Kartu Khusus Keluar Kelas). Jika tidak menggunakan kartu Kaskus tersebut, akan dikenakan sanksi, berdiri 15 menit di depan kelas.

    Pada hari rabu itu, pelajaran pertamanya adalah Pramuka. Karena kelas 8, pramuka dimajukan menjadi pagi hari. Kebanyakan dari kita lebih antusias pramuka karena jika pramuka pagi, kemungkinan pulang telat lebih kecil. Karena, pada saat kelas 7, pulang sekolah sering dijadikan telat karena adanya kegiatan yang belum selesai. Lalu, ada pelajaran Bahasa Inggris. Guru Bahasa Inggris adaah bu Wiwit. Tetapi, bu Wiwit hanya dikelas hanya 15 menit karena ia harus mengurusi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kelas 7, karena ia adalah wali kelas 7C. Oleh karena itu, kami dikelas memiliki waktu free-time. Lalu, setelah itu, kita ke ruangan BTIK, karena ada pelajaran Omjay. Kita disuruh untuk membuat artikel tentang hari pertama sekolah. Namun, karena saya tidak masuk pada hari pertama sekolah, saya hanya membuat tentang hari ketiga dan keempat, yaitu ini yang saya buat.

    Setelah pelajaran BTIK, kami balik ke kelas, karena ada pelajaran BK, dengan Pak Pandu. Lalu, setelah itu, ada shalat Dzuhur dan istirahat. Pada saat istirahat itulah, kesempatan saya menemui teman-teman kelas 7 saya yang dulu, dan mengobrol. Saya juga menggunakan momen itu untuk membagikan oleh-oleh kepada teman saya. Walaupun kelas kami berjauh jauhan, kami tetap bisa mengobrol pada jam istirahat karena kami berkumpul. Tapi saya juga bermain dengan teman-teman saya yang dulu.

    Setelah istirahat, saya kembali ke kelas karena ada pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 8 dengan Pak Gilang. Kami ditugaskan untuk membuat koran secara berkelompok. Kebetulan kelompok saya bersama dengan Raihan Filardi Malano, Muhammad Rafi Arrazaqi, Dzaky Purnomo Rifa’I, Muhammad Farrell Altaf, Razi Alvaro Arman, Darren Aqilah A. Nama koran kami BROTOT, dan koran kami menggunakan tema olahraga. Arti dari BROTOT itu sendiri adalah Berita Seputar Olahraga Terkini.

    Pada hari-hari selanjutnya, sekolah sudah mulai lanjut seperti biasa. Hanya saja, ada beberapa guru yang baru mulai mengajar kelas kami dan ada perkenalan terlebih dahulu. Namun, pada Selasa depannya, setelah kami balik ke kelas setelah pelajaran Olahraga, kami diberitahukan bahwa dikelas 8A ada murid yang baru masuk. Namanya Muhammad Arbiansyah, atau dipanggil Arbie. Ia merupakan seseorang pindahan dari Pekanbaru. Ia pindah ke Jakarta, karena orang tuanya bekerja di Kalimantan, dan dari sana lebih dekat ke Jakarta daripada ke Pekanbaru. Ia kelas 7 nya di SMPN 4 Pekanbaru. Ia disini tinggal dengan pamannya. Kami senang bertemu dan berkenal dengannya.

    Kedepannya, akan ada LDKS, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, yang setelah itu akan dilaksanakan rekrutmen untuk OSIS dan MPK.

  31. Herardi Hariprayogo says:

    Pertama masuk kelas 8

    Pertama kali masuk ke kelas 8 SMP adalah tanggal 10 juli 2017. Pada saat saya masuk ada juga anak baru kelas 7 SMP yang baru masuk beberapa hari, mereka juga belum melihat kelas mereka. pada hari pertama itu akan dipajang daftar kelas 7 dan 8 yang baru dan juga daftar teman nya. Saat daftar kelas baru dilihatkan semua teman – teman saya pada berlarian untuk melihat daftar kelas baru mereka. Pada pagi itu dilaksanakan apel pagi di lapangan SMA sehabis itu kami dibubarkan untuk masuk ke kelas masing – masing. Pada pagi itu ada juga adek kelas dari SD saya dulu yang sekarang masuk SMP labschool jakarta. Pada saat saya masuk pertama kali di kelas 8 ada juga anak kelas 7 sedang melaksanakan MPLS atau (masa pengenalan lingkungan sekolah). Pada masa MPLS itu anak kelas 7 diajak berkeliling sekolah supaya tau lingkungan sekolah. Anak kelas 7 juga masih ditemani osis. Pada hari itu di kantin belum banyak yang buka jadi saya tidak bisa jajan banyak hanya ada pedagang minuman dan beberapa pedagang yang lain tapi setelah hari kedua mungkin sudah buka semua Ada juga anak baru di kelas 8 SMP ini. Saya juga sempat berbicara dan bercanda ke adek kelas SD saya yang sekarang masuk SMP labschool jakarta. Anak kelas 7 masih banyak yang ditemani orangtua nya.
    Saat awal masuk kelas saya duduk bersama Nuggy teman saya waktu kelas 7 SMP. Awal nya saya masih agak malu – malu tapi lama – lama saya terbiasa. Teman sekelas saya waktu kelas 7 tetapi yang sekelas sekarang bersama saya hanya ada 4 orang 2 orang laki – laki dan 2 orang perempuan . Pertamanya saya hanya main bersama teman-teman yang saya kenal tapi lama-kelamaan saya main dengan yang lain. Waktu hari pertama wali kelas saya datang agak telat sekitar satu jam baru datang selama wali kelas kita belum datang kami hanya ngobrol dan bercanda setelah wali kelas kami datang kami diminta untuk memperkenalkan diri masing-masing ke wali kelas dan teman – teman saya belum pernah berkenalan dengan wali kelas saya yang baru hanya pernah melihat saja. Setelah itu wali kelas saya meminta kita untuk memilih ketua kelas dan wakil tetapi akhirnya ketua kelas dan wakil dipilih oleh wali kelas karena teman – teman saya tidak ada yang mau menjadi ketua kelas dan wakil. Pada hari itu kami belum belajar karena masih perkenalan diri saja. Wali kelas saya juga memilih struktur kelas kita ada yang ditunjuk oleh wali kelas saya ada juga yang memang mau, kebanyakan teman – teman saya memilih yang gampang dan tidak susah. Wali kelas kami tidak membagikan jadwal mata pelajaran karena belum ada jadi wali kelas kami hanya menuliskan nya di papan tulis itu juga hanya untuk hari selasa dan rabu sisanya belum di beritahu oleh wali kelas kami. Saya juga sekelas bersama teman SD saya dulu salah satunya adalah Rafi Peraturannya juga tidak jauh dari kelas tujuh yang lalu Hari itu pulangnya sekitar jam 9 tapi saya bermain dulu sebentar lalu baru sehabis itu saya pulang ke rumah saya
    Editor : Anugrah Putra Ardi
    penulis : herardi hariprayogo

  32. yasmin nafisah says:

    Kisah pertamaku di kelas 8
    Nama penulis: Yasmin nafisah
    Editor: Maura medina

    Aku bersekolah di SMP Labschool Rawamangun, kami masuk hari Senin tanggal 10 Juli 2017, sekolah lain pada masuk tanggal 17 Juli 2017. Anak kelas 7 masuk hari Sabtu 8 Juli 2017 untuk melaksanakan MPLS. Mereka melaksanakan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah), selama seminggu. Kami masuk hari Senin tanggal 10 Juli 2017 bersama kelas 9.
    Kelas 8 A adalah kelas baru yang terletak di lantai 2, dulu kelas kami adalah ruang BK dan diganti menjadi ruang kelas. Lantai baru ac baru dll. Kami suka kedinginan karena belum ada gorden dan lantainya keramik.
    Kaskus adalah kartu khusus, kartu tersebut harus kami gunakan saat ingin keluar kelas, setiap kelas diberikan masing masing 2. Jika kami ketahuan tidak menggunakan kartu tersebut kami harus berdiri selama 15 menit di depan kelas selama pelajaran berlangsung.
    Hari pertamaku di kelas 8 biasa saja nggak ada yang beda paling yang beda hanya temennya saja dan kelasnya. Aku masuk di kelas 8 A. Awalnya aku tidak melihat papan, aku diberi tahu temanku kalau aku masuk 8 A, tapi aku senang masuk 8 A . Karena ada teman dekat ku yang sekelas lagi. Hari pertama kita tidak langsung full belajar, kami hanya penganalan dan pulang jam 10
    Wali kelas ku adalah Bu Titin, awalnya aku tidak tau Bu Titin siapa, takutnya galak eh ternyata baik. Pada hari pertama kami hanya melaksanakan upacara bendera lalu bersalam salaman dengan osis dan guru guru atau halal bihalal. Setelah itu kami ke kelas masing masing untuk berkenalan dengan wali kelas dan membentuk struktur kelas. Kami sudah menjadi kelas 8 dan mempunyai adik kelas 7.
    Di kelas 8 ini banyak acara yang akan kami laksanakan seperti, membuat kartul, LDKS (latihan dasar kemandirian siswa), rekrutmen OSIS saya paling tidak sabar untuk acara ini, invita ke jogja, drama kelas (untuk pelajaran Bahasa Indonesia),inlabs (ketuanya adalah OSIS OR 1),pensi SMP (kami harus mengundang banyak pihak untuk tampil). Dan ditambah pelajaran yang semakin sulit, tapi kita semua harus mengerjakannya dengan ikhlas dan semangat.
    Hari kedua kami mulai belajar seperti biasa, tapi itupun hanya penganalan guru baru, karena guru di kelas 7 berbeda dengan kelas 8. Hari hari selanjutnya juga sama saja hanya pengenalan guru tapi kadang ada pelajaran juga. Kecuali hari jumat, pada saat hari jumat kami tidak belajar sama sekali karna ada acara expo eskul, apa itu Expo Ekskul? Expo Ekskul adalah pengenalan kegiatan ekskul kepada murid kelas 7. Seluruh ekskul yang ada di SMP Labschool Jakarta menampilkan penampilan mereka masing-masing, gunanya agar adik kelas tertarik, dan akan mengikuti ekskul tersebut.
    Pada acara Expo Ekskul, seluruh siswa-siswi SMP Labschool Rawamangun berkumpul di lapangan SMP atau hallma untuk menyaksikan penampilan-penampilan dari masing-masing ekskul. Semua ekskul menampilkan penampilan terbaiknya, hal itu dilakukan agar para adik kelas 7 yang belum tahu ingin mendaftar ekskul apa, bisa tertarik dan bergabung di dalam ekskul tersebut.
    Saya berharap di kelas 8 ini, angkatan 25 lebih kompak, dan kegiatan lain lainnya berjalan dengan sukses dan sesuai yang diharapkan. Dan mudahan di kelas 9 kami mendapatkan UN terbaik se Jakarta dan menjadi angkatan yang tidak dilupakan baiknya jangan nakalnya.

  33. Athaya Rakasya says:

    Hari pertama di kelas 8
    Senin 10 Juli 2017 kemarin adalah hari pertama masuk sekolah sebagai siswa kelas 8. Saat saya sampai di lobby depan, banyak adik kelas yang diantar oleh orangtuanya sampai ke depan kelas. Saya berkumpul dengan teman-teman kelas 7 saya untuk melihat pembagian kelas. Saya berada di kelas 8A.
    Hari itu diawali dengan apel pagi. Pembina apel menyambut hangat kedatangan siswa-siswi kelas 7 dan 10. Karena masih masa pengenalan lingkungan sekolah untuk adik-adik kelas 7, maka kita akan dipulangkan jam 10 pagi. Setelah selesai apel pagi, saya dan teman-teman sekelas baru saya menuju ke kelas 8A. Kita saling berkenalan satu sama lain dan berkenalan dengan wali kelas baru, Bu Titin. Setelah itu kita membuat pembentukan struktur pengurus kelas lalu pulang.
    Hari Selasa sudah mulai belajar efektif dan pembagian buku pelajaran. Hari Selasa diawali dengan pelajaran Bahasa Indonesia yang diajar oleh Pak Gilang. Di pelajaran Pak Gilang tidak akan banyak PR, hanya ada beberapa tugas yang harus diselesaikan saat jam pelajarannya. Pak Gilang juga menjelaskan beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan di kelas 8, seperti LDKS, rekrutmen OSIS, Invita, pembuatan kartul, dan lain-lain. Biasanya yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa kelas 8 adalah kegiatan Invita, karena kita seangkatan akan pergi ke Yogyakarta untuk beberapa hari.
    Saat jam pulang sekolah, saya dan teman-teman Zelofus berkumpul di ruang kaca untuk latihan persiapan expo ekskul. Expo ekskul adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan ekskul-ekskul yang ada di Labschool kepada adik-adik kelas 7.
    Hari Rabu belajar seperti biasa. Pagi hari, kelas 8 melaksanakan kegiatan pramuka. Di kegiatan pramuka kita melaksanakan apel pramuka dan pembentukan regu pramuka baru. Setelah istirahat pertama, dua kakak OSIS datang ke kelas untuk menempelkan poster LDKS yang akan dilaksanakan pada 28-29 Juli 2017. LDKS adalah singkatan dari latihan dasar kepemimpinan siswa, di kegiatan itu nanti kita di bimbing untuk membangunkan rasa kepemimpinan pada setiap siswa kelas 8.
    Setelah sholat dzuhur di istirahat kedua, saya dan teman-teman zelofus membuat surat izin untuk latihan persiapan expo ekskul. Kami latihan lagi di ruang kaca gedung BPS bersama anak zelofus angkatan 24.
    Hari Kamis juga belajar seperti biasa, di hari Kamis kelas 8A terdapat pelajaran penjaskes. Di pelajaran penjaskes kita hanya disuruh lari keliling lapangan sebanyak 4 kali. Setelah itu pelajaran penjaskes berakhir dan jam istirahat tiba. Saat jam istirahat sudah mau habis, teman zelofus saya datang ke kelas saya untuk memberitahu bahwa latihan zelofus dimajukan jadi jam 10.00. Saya merapikan tas dan membuat surat izin, setelah itu saya dan teman-teman zelofus saya menuju ke ruang kaca lagi untuk latihan sampai sore, karena hari Kamis sudah H-1 untuk penampilan di expo ekskul. Kita tidak sepenuhnya latihan tapi juga mendekor dan menghias stand zelofus.
    Dan saat hari Jumat tiba untuk acara expo ekskul, saya dan teman-teman zelofus datang ke sekolah jam 6 pagi untuk persiapan dan latihan. Kami menampilkan modern dance dengan cukup baik, sayangnya sound system nya agak bermasalah jadi lagunya tidak jelas kedengarannya. Setelah selesai tampil, kami berbagi tugas untuk menjaga stand. Ada 34 orang siswa kelas 7 yang mendaftar untuk mengikuti Zelofus.

    Penulis : Athaya Rakasya Ardaliaputri (8A/08)
    Editor : Shafa Amalia Azzahra (8A/32)

  34. Maura Medina says:

    Pengalaman pertama di kelas 8
    Editor : Yasmin Nafisah
    Penulis : Maura Medina 8A

    Hari pertama masuk sekolah adalah tanggal 10 juli 2017, di kelas 8. Hari pertama saya masuk, saya melihat dimana kelas saya. Dan ternyata kelas saya ada di 8A. Disana teman saya dari kelas 7B ada sekitar 4 orang. Hari pertama saya di 8A, saya duduk bersama Yasmin yang dulu juga sekelas dengan saya di kelas 7B. Hari pertama kami melakukan halal bihalal dengan guru, osis dan semua siswa siswi SMP labschool JAKARTA.
    Berbeda dengan waktu pertama kali masuk kelas 7, dulu waktu kelas 7 masuk kelas belum kenal satu sama lain. Tetapi sekarang kami sudah tau siapa saja teman kelas kami. Tidak tahu semuanya siih.. tapi rata rata sudah saling kenal. Bahkan dulu waktu kelas 7 teman yang saya kenal biasanya hanya teman yang satu sd atau teman yang saya kenal saja. Selain itu dulu waktu kelas 7 kami blm melakukan sholat ashar berjamaah, tetapi sekarang kelas 8 kami melakukan sholat ashar berjamaah di masjid kita ini. Sejujurnya, saya sedikit khawatir karena di kelas 8 ini, pelajaran akan semakin sulit, ada pembuatan kartul, dan rekrutmen OSIS.
    Setelah kami selesai melakukan halal bihalal, kami melakukan perkenalan dengan wali kelas kami yaitu Ibu Titin. Kami juga melakukan perkenalan dengan semua teman – teman di kelas 8A. Tetapi tidak hanya itu yang kami lakukan kami juga melakukan pemilihan ketua kelas, wakil dan organisasi kelas lainya. Pada hari itu juga kami menentukan kas kelas. Pada hari pertama kami pulang sekolah pada pukul 10 pagi. Setelah itu pada hari kedua sebenarnya kami belum melakukan system pembelajaran, tetapi kami sudah pulang seperti biasa.
    Sampai sekitar hari rabu kami baru bisa melakukan pembelajaran, karena kami baru mendapatkan buku. Pada hari rabu itu juga kami melakukan pemilihan jadwal piket kelas. Setelah itu pada hari jumat SMP Labschool Jakarta melaksanakan kegiatan Expo Eskul. Kegiatan itu adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk anak kelas 7. Supaya mereka bisa memilih eskul yang sesuai dengan kesenangan mereka.
    Ada eskul tari, dari tari tradisional hingga tari modern. Selain itu ada juga eskul olahraga seperti basket, futsal, panahan dan eskul yang lainnya lagi. Bahkan SMP Labschool Jakarta memiliki eskul Movie yaitu eskul seperti eskul teater tetapi mereka langsung mengexplore ke youtube.
    Setelah itu pada hari senin kami baru melakukan kegiatan pembelajaran dengan rutin. Selain itu guru – guru kami juga berbeda. Tidak sama seperti di kelas 7. Wali kelas maupun guru mata pelajaran hampir semuanya berbeda, kecuali salah satunya adalah mata pelajaran TIK ini. Gurunya tidak ganti dari kelas 7 hingga sekarang yaitu om Jay. Semua guru berubah seperti guru ipa, bindo, agama dan pelajaran lainnya.
    Pesan pesan bapak dan ibu guru, kelas 8 adalah untuk mengeksploitasi diri kita. Karena akan ada Banyak kegiatan-kegiatan besar yang panitianya adalah kelas 8, seperti pentas seni dan Inlabs. Kegiatan OSIS juga dilakukan oleh kelas 8. Oleh karena itu, kami harus pintar membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan bergaul dengan teman-teman. Di kelas 8 ini, kami sudah menjadi kakak kelas. Adik-adik kelas 7 sedang melakukan MPLS, yaitu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kami sebagai kakak kelas senang, karena melihat wajah-wajah baru di SMP Labschool Jakarta.

  35. Farsya alifa 8a says:

    HARI PERTAMA DI KELAS DELAPAN
    Tanggal 10 Juni 2017 lalu, kami, murid SMP Labschool Jakarta, masuk kembali ke sekolah. Angkatan 25, angkatan saya, naik ke kelas delapan. Di kelas delapan, teman sekelasnya diacak lagi jadi masih banyak yang belum kenal dengan satu sama lain. Gurunya pun juga berbeda. Saya naik kelas ke kelas delapan A. kelas ini memiliki 38 murid. Anak murid nya dari berbagai kelas dari kelas tujuh a sampai tujuh g. Rata-rata anak dari kelasnya ada dua sampai lima anak.
    Pada hari pertama sekolah, saya tidak terlalu bersemangat untuk pergi ke sekolah dikarenakan malas tingkat tinggi. Saat itu, saya belum tahu kelas saya delapan apa karena baru akan diumumkan atau dipajang di sekolah. Saat saya sampai di sekolah, saya langsung ke depan piket untuk melihat daftar murid dan kelas anak kelas delapan di papan. Saat itu, semua orang berebutan untuk melihat kelas apa yang mereka tempati. Sebelum saya berebut melihat saya berdoa dulu agar kelasnya paling tidak ada yang dekat sama saya. Lalu saya melihat papan dan ternyata saya berada di kelas delapan a dan untungnya kelas delapan a banyak teman dekat saya. Akhirnya, setelah selesai melihat kelas masing – masing, kami disuruh untuk apel pembukaan tahun ajaran 2017 / 2018 di lapangan depan. Saya merasa agak bingung dengan barisan saya yaitu barisan kelas delapan a karena tidak biasa. Setelah selesai upacara, kami kembali ke kelas masing – masing. Hari itu, saya duduk di sebelah Salma, yang merupakan salah satu sahabat saya dari kelas tujuh. Kami duduk di kelas sampai jam 10. Lalu kami di beri tahu bermacam hal mengenain kelas 8. Setelah itu kami pulang.
    Hari selasa, rabu, dan kamis kami belajar seperti biasa. Masuk sekolah pada jam 7, kembali lagi pada jam 3. Dan sekarang, di sekolah saya ini wajib untuk salat ashar. Selama kita belajar, adik kelas 7 sedang melaksanakan MPLS yaitu masa pengenalan lingkungan sekolah.
    Hari jumatnya, diadakan ekspo ekskul. Peserta berbagai ekskul sudah menyiapkan stand yang didekor sejak hari rabu. Dan banyak pula yang akan mempersembahkan dengan cara ditampilkan di panggung. Semua anak kelas 8 dan 9 menyiapkan stand masing masing ekskul. Keesokan harinya, ekspo ekskul dimulai dari jam 7 selesai lari pagi. Anak kelas 7 nya lari pagi dahulu dan begitu pula yang selesai mendekor stand. Berbagai ekskul tampil, seperti zelofus, paskibra, Bahasa jepang dan lain – lain. Seharian itu, kami tidak belajar sama sekali. Jadi, full dari jam 6 sampai 12 kami mempromosikan ekskul masing – masing ke adik kelas 7. Setelah itu, kami istirahat dan boleh pulang.
    Minggu kedua sekolah terasa lebih enak karena saya sudah mulai terbiasa dengan lingkungan kelasnya. Biasanya, saya duduk di depan bersama Dinda atau Salma. Udara di kelas biasanya sangat dingin. Minggu kedua jadwal pelajarannya berubah. Minggu kedua berasa seperti biasa saja. Teman – teman sekelas saya juga makin dekat dengan saya.

    Penulis : Farsya alifa 8a
    Editor : Raisha Azra 8a

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi