Saksi Labschool 2017

86 Responses to “Saksi Labschool 2017”

    1. Aritya A.N 7B says:

      SAKSI 2017

      Hari Jum’at sampai hari Minggu tanggal 3-5 Februari, Labschool mengadakan Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa, atau disebut juga SAKSI. Saksi bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan leadership siswa. Lokasi saksi berada di Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Siswa saksi akan dilatih oleh para kostrad di Sanggabuana.
      Hari Jum’at pagi, kami sudah berbaris di hallma dengan nametag, tongkat, vandel, dan perlengkapan lain siap. Kami disambut oleh sambutan banyak orang. Setelah sambutan dan doa, kami langsung menuju ke bus. Kelompokku berada di bus nomor 4. Kami lalu menempuh perjalanan sekitar 3 jam.
      Sesampainya di Sanggabuana, kami langsung disuruh baris-berbaris. Setelah beberapa sambutan dari kostard, laki-laki langsung diarahkan untuk shalat Jum’at di mushalla terdekat. Yang perempuan shalat Dzuhur berjama’ah di barak terdekat. Setelah shalat, kami disuruh untuk berkumpul kembali.
      Saat semuanya sudah berkumpul, yang sakit asma, maag, dll. disuruh untuk memisahkan diri, karena kita akan menaiki tangga sebanyak sekitar 220 anak tangga. Untuk yang tidak kuat akan menempuh jalan yang lebih mudah. Setelah yang tidak mampu dipisahkan, kami langsung menaiki anak tangga, dan disuruh menghitung jumlah anak tangganya. Banyak yang capek, tapi kita tidak menyerah.
      Sesampainya di atas, kami langsung beristirahat di sebuah tenda yang telah disiapkan. Setelah istirahat, kami diberikan materi tentang ular dan reptile oleh SIOUX Indonesia. Kami diajarkan bermacam-macam jenis ular, serta jenis taring mereka, bisa mereka, dan organ mereka. Ada juga yang bahkan menjadi sukarelawan untuk digigit ular, untuk menunjukkan kepada yang lain bagaimana luka hasil gigitan ular.
      Setelah materi, kita melakukan banyak kegiatan lain, seperti makan komando, dan materi lain. Makan komando adalah makan ala tentara. Kami harus menghabiskan makanan kami dalam waktu yang pendek. Kami juga diajarkan aba-aba tentara, dan bagaimana caranya mencintai tanah air dari Kostrad. Ada juga pelantikan pramuka rakit. Setelah semuanya selesai, kami istirahat di barak masing-masing.
      Hari kedua adalah hari dimana kami melaksanakan outbond. Paginya kami shalat tahajud dan shubuh terlebih dahulu, lalu mandi dan bersih-bersih, makan komando, lalu baru mulailah kegiatan outbond kami. Kami dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok satu akan melaksanakan turun tebing terlebih dahulu. Kelompok dua jembatan tali dua, dan kelompok tiga flying fox. Lalu kami dipotong istirahat makan dan hujan lebat. Setelah itu, kami melanjutkan kegiatan outbond kami, seperti melintasi jembatan air dan melewati kolam air dengan tali tambang. Tak lama kemudian, kami dipanggil untuk kebawah, turun ke sungai. Kami melewati kolam lumpur terlebih dahulu, lalu menceburkan diri ke sungai. Siswa yang sudah selesai di sungai langsung keatas lagi dan disuruh untuk tiduran di rumput oleh kakak OSIS. Outbond ditutup dengan lomba merayap.
      Malamnya ada peragaan busana dan pentas seni. Setiap perwakilan kelompok akan maju untuk peragaan busana dan pentas seni. Penampilan yang dibawa oleh para siswa bervariasi, mulai dari menyanyi sampai pertunjukan sulap. Pentas seni ditutup dengan penampilan special dari para kakak OSIS. Setelah semua itu, kami langsung istirahat, capek karena banyaknya kegiatan pada hari kedua.
      Hari ketiga hari dimana kami bisa bersantai. Bahkan makan komando pun kami bisa bersantai. Acara saksi ditutup dengan apel penutupan dan nominasi siswa-siswi terbaik serta vandel dan tongkat terbaik. Kami lalu turun kebawah untuk menunggu bus. Sayangnya bus datangnya lama, sehingga kami terpaksa menunggu dibawah. Tidak sedikit yang bahkan sampai tertidur di atas tanah. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bus datang dan kami pulang ke SMP Labschool Jakarta, lalu pulang ke rumah masing-masing

    2. Andira7B says:

      SAKSI 2017
      Adalah singkatan dari kegiatan ‘Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia.’ Sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Labschool secara tahunan. Ini sudah yang ke 15 kalinya, yang dilaksanakan di Sangga Buana, Karawang. Kegiatan ini berlagsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 3, 4, dan 5 Februari 2017. Tujuan dari kegiatan ini adalah mambina siswa agar lebih disiplin dan mandiri, serta bertanggung jawab dan cekatan.
      Kami diberangkatkan pada tanggal 3 Februari di hari jum’at, dan segera menuju Sangga Buana tanpa berhenti terlebih dahulu di rest area menaiki bus. Hujan melanda selama perjalanan, dan bahkan ketika sampai di lokasi hujan berhenti sebentar dan kembali mengguyur saat kami memulai Apel kedatangan. Sebelum menaiki tangga menuju bukit tinggi, kami melaksanakan sholat dzuhur dan laki – laki melaksanakan sholat jum’ at. Setelah itu kami pun naik ke atas, aku kurang tahu ada berapa anak tangga karena aku memisahkan diri mengikuti rombongan yang mempunyai riwayat penyakit dalam yang dipisahkan menuju jalan lain. Yang pasti begitu sampai di atas bukit, kami berbaris sebentar dan duduk di aula, mendengarkan arahan dari para tentara yang menjadi pelatih. Segera setelah itu kampun disuruh menuju ke barak, ( tempat tidur dan kamar untuk tentara) barak perempuan dan laki – laki berjumlah tiga, sedangkan satu dipakai untuk UKS. Setelah mendapatkan materi pertama dan kedua untuk satu hari itu. Dan diselang materi tersebut kami makan siang dan malam sambil komando. Yaitu kami harus berbaris mengambil makan dan tidak boleh makan sampai disuruh. Lalu sorenya ada pelantikkan pramuka rakit. Kami melaksanakan Apel pelantikan dan pemberian lambing secara simbolis. Kami pun pergi tidur pada kurang lebih jam 10.
      Keesokanya, pada hari sabtu, tanggal 4 februari 2017, kami dibangunkan pada jam 4 untuk melaksanakan sholat tahajud dan subuh berjamaah. Setelah itu pada jam 5 pagi kami kembali ke barak untuk merapihkan diri dan persiapan outbond dan sarapan komando. Sayangnya hujan deras mengguyur dan outbond pun ditunda beberapa puluh menit. Outbond pun akhirnya dimulai saat hujan reda, dan pos pertama yang kukunjungi adalah turun tebing. Setelah itu saat aku ingin bermain flying fox, hujan pun mengguyur kembali dan kami harus berkumpul kembail. Setelah hujan reda kembali aku pun ikut outbond yang berhubungan dengan air. Yaitu jembatan air dan tambang air. Aku jatuh tercebur di tambang air, loh. Setelah itu aku ke jembatan tali dua, dimana tali satu untuk pegangan dan yang kedua untuk pijakan. Sayangnya, bukanya jatuh terpeleset di jembatan tali dua (Walau bawahnya jurang kecil) aku malah jatuh di tangga. Kakiku memar membiru tapi aku tetap paksakan jalan.
      Aku dan kedua temanku menjadi yang terakhir pergi menuju sungai. Kami harus turun tangga ke bawah bukit dan akhirnya sampai di sawah. DI sawah itu kami disuruh merayap di dalam lumpur berwarna abu-abu (Entah apa itu) hingga bajunya kotor semua. Aku tidak peduli dengan badan kotor, tapi kakiku yang memar sakitnya luar biasa. Akhirnya di sungai yang dingin itu kami berendam dan membersihkan badan. Sangat susah rasanya untuk pergi keluar sungai. Walau akhirnya aku pun keluar juga. Saat diatas kami disuruh merayap dan sebagainya yang berhubungan dengan fisik.Setelah itu kami mandi dan siap – siap, makom (Makan Komando)dan akhirnya kami pun parade busana dari berbagai daerah.
      Acara sangat heboh diakhir karena peraga busana laki – laki harus berpasangan dengan peraga busana perempuan. Akhirnya pun dimulailah pentas seni. Ada musikalisasi puisi, dangdut, menari, menyanyi dan bahkan drama singkat. Acara pensi diakhiri dengan pentas dari para kakak OSIS, yaitu nyanyian. Kami pun akhirnya pergi tidur pada jam dua belas malam.
      Keesokanya adalah hari terakhir. Kami bangun untuk sholat subuh pada jam 4 dan bersiap – siap untukl rapih – rapih pulang. Banyak acara penutupan dan akhirnya kami pun sarapan dengan santai, tanpa hitungan. Pada jam sembilan ketika acara selesai, kami pun turn kebawah bukit menunggu bis datang. Sayangnya, busku tersesat dan perlu waktu lagi. Akhirnya bus pun datang dan dan kami pun kembali pulang ke SMP LABSCHOOL JAKARTA.
      DONE!!!
      By: ANDIRA AULIA G.
      Class: 7B

  1. Arsendra360 says:

    SAKSI 2017 By 360
    Saksi adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia dan melatih kemandirian siswa yang di lakukan di SMP Labschool yang menggunakan cara ala militer.Pada tahun ini,2017,Saksi dilakukan di Sangga Buana,Karawang.Kami berangkat pada hari Jumat 3 Februari 2017.Kami berbaris sesuai dengan kelompknya masing-masing di lapangan dalam atau disebut lapangan masjid.Kita melakukan pembukaan yang dipimpin oleh Pak Viktor yang telah membawa acara Saksi di SMP labschool selama 23 kali.Lalu kami semua di absen sebelum naik dan saat naik bis.Karena saya masuk kelompok 1,saya ikut bis 1 yang diperuntukkan kelompok 1 sampai 3 siswa.Tapi beberapa OSIS ikut menumpang di bis 1.Sebagian dari siswa yang berada di bis 1 agak takut melakukan sesuatu yang mencurigakan para OSIS yang duduk di belakang,Apalagi setelah prasaksi yang meraka mulai tegas saat melakukannya.Menurut beberapa anak kelas 7 para anggota OSIS tegas karena meraka ingin balas dendam sebab dulu mereka ditindak seperti itu dengan OSIS sebelum mereka.

    Kami sampai di Sangga Buana,Karawang.Kami diperintahkan untuk mendaki dan menghitung anak tangga yang kita naiki.Lalu kami diberikan beberapa tanda bila terjadi sesuata.Lalu kami makan komando,yang jelas jarang dilakukan sebagian besar anak kelas 7.Makan komando adalah maka yang dibatasi dengan waktu yang cukup singkat..Lalu kami Beres-beres barang di barrack putra yang pertama.Lalu kami melakukan pelantikan untuk kenaikan menjadi pramuka penggala rakit.Kami harus mengucapkan tanda kehormatan seorang pramuka penggalang, yakni Dasadarma dan Trisatrya.Jujur Saja,aku tidak hapal satu pun Dasadarma.Tapi OSIS yang kami pilih untuk jadi pengetes kami sangat takut akan habisnya waktu.Jadi mereka nekat memberi kami semua betnya langsung,tanpa TES.
    Huuh,rasanya lega.Rasanya sangat berutung.

    Keesokan harinya,pagi-pagi hari kami sholat tahajun 2 rokaat 2 kali lalu sholat shubuh berjamaah.Setelah itu kami ganti baju loreng khusus saksi dan celana training.Sebelum kita melakukan kegiatan outbond,yang paling dinantikan di SAKSI(setidaknya yang paling saya nantikan) seperti biasa harus makan komando LAGI(: .Setelah itu kami melakukan outbond.Kami melakukan suatu jenis kegiatan yang menggunakan tali untuk turun dari ketinggian 30 meter dari permukaan tanah(kalo nggak salah).Lalu kami melakukan kegiatan dimana kita harus melewati suatu jembatan yang hanya bertali 2.Dan yang sulit bukan lah melewatinya,melainkan cara mendapatkan HELM DAN TALINYA.Cowok-cowok berbaris menunggu orang yang sudah melewati jembatan Tali dua,Tapi cewek-cewek malah sudah order ke temannya itu,sungguh saat yang menyulitkan.Belum sempat menaiki fliying fox semua anak sudah dipanggil ke sungai.Sebelum naik ke sungai semua anak wajib merangkak di lumpur.Tujuan kita terjun kesungai adalah menghilangkan sisa lumpur yang masih menempel pada pakaian dan tubuh kita.Sungguh rugi bagi orang yang tidak mau ikut mandi atau berenang di sungai.Setelah naik dari sungai kami mandi dan ganti baju malam.Lalu sholat,makan dan tidur.

    Besoknya PULANG….
    THE END?

  2. Aqilah nur A says:

    Saksi adalah acara yang diadakan untuk melatih anak menjadi lebih mandiri dan lain-lain. Saksi saat ini diadakan pada hari jumat sampai sabtu tanggal 3 sampai 5 februari 2017 di sangga buana karawang. Saksi adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia.
    Sebelumnya kami mngadakan Prasaksi di sekolah. Prasaksi itu kami melakukan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum saksi nanti, seperti membuat vandel, tongkat dan mencatat perlengkapan yang harus dibawa ke sangga buana.
    Sebelum keberangkatan, kami melakukan apel di hallma atau hall masjid. Disana ada pembukaan dari kepala sekolah dan jajarannya. Setelah itu kami berangkat menuju bis masing-masing. Di bus 5 terdapat kelompok 4 sampai 6 , beberapa osis dan ada juga pa way.
    Perjalanan kesana cukup lama namun di bus ini, kami menonton film sehingga terasa cepat. Sesampainya disana kami melaksanakan apel lagi di lapangan bawah. Setelah itu kami naik ke atas.Ketika yang lain naik tangga, bagi orang yang memiliki penyakit dalam seperti asma melewati jalan biasa dan akupun juga melewati jalan biasa namun tetap saja cape.
    Satu hal yang cukup mengerikan adalah saat makan komando. Kami harus menghabiskan dalam waktu yang cepat. Apalagi saat makan terdengar bunyi entah itu meriam atau apa, kami harus tiarap dan baru boleh bangun ketika sudah ditiupkan pluit sebanyak 1 kali. Itu sangat menjengkelkan namu untungnya makananku habis meskipun aku sempat ingin muntah.
    Disana acaranya banyak sekali seperti penyuluhan tentang ular dari Sioux,pensi,peragaan naju daerah, dan lain-lain. Namun bagian yang paling seru adalah ketika outbond. Meskipun aku sedikit takut dengan ketinggian namun aku bisa melewati jembatan tali dua. Sebenarnya ada beberapa games seperti flying fox, jembatan tali tiga dan lain-lain.Namun aku hanya memainkan yang jembatan tali dua. Setelah itu muncul lagi hal yang aku tidak suka yaitu merangkak di lumpur dan ke sungai.Sebenarnya saat didalam sungai itu aku merasa asma ku kambuh dan apalahi aku alergi dingin sehingga saat perjalanan balik ke atas aku pusing sekali.Aku males sekali berbicara ke osis karena entah mengapa aku cukup dendam dengan mereka :v. Dalam hati aku sempat berkata juga ‘ga guna banget sih’. Namun pada malam harinya akucukup senang karena acaranya hanya pensi dan peragaan busana.
    Hari terakhir kami apel penutupan dan foto sekelas. Dan ternyata juga tongkat kelompokku menang.Yee..Setelah itu kami pergi kelapangan bawah untuk menunggu bus. Dan setelah itu kami pulang deh ke sekolah.

  3. alecia 7F says:

    SAKSI 2017
    Pada tanggal 3,4,5 Februari 2017, SMP Labschool Jakarta mengadakan SAKSI ; Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa . Di mana siswa-siswi Labschool dilatih oleh para Kostrad di Sangga Buana untuk melatih kedisiplinan siswa-siswi Labschool Jakarta . Dan SAKSI ini merupakan acara yang wajib diikuti oleh para siswa –siswi SMP Labschool Jakarta .
    Nah , teman – teman , sebelum aku dan siswa – siswi SMP Labschool Jakarta lainnya pergi ke Sangga Buana untuk menjalankan SAKSI , kami mengalami PRA-SAKSI terlebih dahulu . PRA-SAKSI tahun ini berjalan selama 3 hari . O iya kami juga dibagi – bagi menjadi beberapa kelompok dan kelompok – kelompok tersebut mempunyai nama – nama yang merupakan nama – nama daerah – daerah di Indonesia dan setiap kelompok juga memiliki 2 Kakak Pembina (KP) .
    Pada tanggal 27 Januari 2017 , kami diberi tahu oleh Kakak Osis dan Kakak MPK kami tentang vandel , tongkat dan yel-yel yang harus kami siapkan dan hafalkan untuk SAKSI .
    Pada tanggal 30 Januari 2017, kami dilatih oleh para kostrad dalam latihan PBB , lalu kami mengecat tongkat dan membuat vandel perkelompok dengan para KP kita pada saat itu KP ku adalah Kak Anya dan Kak Siti, aku bertugas dalam mengecat tongkat pada saat ini. Menurutku ini merupakan hal yang paling seru selain dapat bekerja sama dengan kelompok dan kakak Pembina , kami juga dapat lebih mengenal para KP Kita..
    Pada tanggal 31 Januari 2017 , kami lari pagi bersama , mempelajari yel – yel.
    Pada tanggal 3 Februari , kami semua pergi ke Sangga Buana , Karawang , pada pukul 07.30 dengan menggunakan bus . Kami sampai disana pukul 11.30 , lalu kami melaksanakan makan komando bersama para Osis dan Kostrad . Setelah itu kami diberikan materi oleh SIOUX tentang ular . Mereka memberi tahu kami tentang jenis – jenis ular ; berdasarkan bisa, tempat tinggalnya , cara penanganannya jika di gigit ular dan masih banyak lagi . Setelah itu , kami menjalankan pelantikan pramuka dan makan komando lagi. Pada malam harinya materi oleh para Kostrad tentang Mencintai Tanah Air melalui pengalaman Kostrad.
    Keesokan harinya kami makan komando dan dilanjutkan dengan outbound . Kami dengan para kostrad dan KP . Di outbound tersebut terdapat flying fox , rafflijng dan masih banyak lagi . Dan pada malam harinya per kelompok menampilkan pentas seni dan peragaan busana mereka .
    Pada tanggal 5 Februari 2017 , kami semua mengepak barang barang kami kembali , dan menaiki bus dan sampai di Labschool sekitar jam 14.00 .
    Dalam SAKSI ini aku melatih kedisiplinan , keberanian , keaktifan ku dalam berkerja dalam suatu kelompok dan kepercayaan diriku.
    Karya : Alecia Hasna Mahira Farliando 7F Labs 25

  4. Alisha Nismaranjani 7F says:

    SAKSI 2017
    Pada tanggal 3,4,5 Februari 2017, kelas 7 dari SMP Labschool Jakarta akan melaksanakan kegiatan SAKSI (Studi Dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa). Tetapi sebelumnya, kami melaksanakan kegiatan PRA-SAKSI.
    Pada hari Jumat, 27 Januari 2017, kami dikumpulkan di teater kecil untuk mencatat keperluan pribadi, kelompok, lagu-lagu seperti Iman Ilmu Amal, Oto Bemo dan SAKSI Labschool, keperluan untuk membuat tongkat dan vandel kelompok. Dan kami juga diberi waktu untuk bergabung dengan kelompok kita masing-masing sekaligus menentukan ketua, wakil, persiapan pensi, dll. Kakak Pembina kita adalah Kak Tasya dan Kak Kaila. Ketua kelompok kita adalah Ara dan wakilnya adalah Alya dari 7A.
    Pada awalnya kami ditugaskan untuk berfoto membentuk nomor romawi kelompok kita masing-masing. Tapi karena satu dan lain hal, rencananya dibubarkan.
    Nah, hari Senin kami mencatat lagi di teater kecil karena catatan kami belum lengkap. Selanjutnya kami latihan PBB (Peraturan Baris-Baris) bersama TNI Kostrad. Dan dilanjutkan oleh pembuatan tongkat dan vandel. Saya membuat tongkat bersama 7 teman lainnya ditemani oleh Kak Tasya.. Seru!! Tetapi kita tidak mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikannya.
    Pada hari Selasa, kami berlari pagi seperti track lari Jumat. Dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok, menghafalkan yel-yel dan lagu-lagu. Pada hari Rabu,tidak ada kegiatan PRA-SAKSI dan kakak-kakak OSIS dan MPK pergi LKMS.
    Pukul 6.30 hari Jumat kami bekumpul dan siap berangkat ke Sangga Buana, Karawang!!! Di bus saya duduk bersama Leci dan Mimin. Kami menghabiskan waktu untuk beristirahat. Tetapi teman saya Leci lupa membawa baju SAKSInya. Kemudian Ia meminta bantu Bu Pur.
    Sesampainya disana, yaitu pukul 11.30 kami langsung dibariskan sesuai kelompok dan yang laki-laki bersiap untuk sholat Jumat dan yang perempuan sholat berjamaah di Barak.
    Setelah itu kami menaiki 225 anak tangga.. Dan disana kami melaksanakan makan komando pertama kita. Setelah itu kami diberikan materi tentang ular dari SIOUX Indonesia. Kami dijelaskan tentang fakta Biologis, tipe-tipe ular dan cara penanganannya. Dua teman kami pun digigit oleh ular yang tidak berbisa. Dan pada pukul 4.30 kami bersiap untuk melaksanakan pelantikan pramuka penggalang Rakit. Tetapi sebelum itu kami harus diuji oleh dua kakak OSIS ataupun MPK. Regu kami diuji oleh Kak Tasya dan Kak Azka Nadia. Jika kami tidak hafal kami harus push up 1 seri. Dan kami pun makan komando malam dan diberi materi tentang Mencintai tanah air melalui pengalaman TNI KOSTRAD… dan setelah itu kami kembali ke barak dan tidurr! Pada malam hari, saya terbangun karena ada yang berbicara saat tidur, hahaha!
    Keesokan harinya kami sarapan makan komando dan dilanjutkan dengan outbound. Ada sekitar 6 tantangan yaitu raffling, flying fox, jembatan tali dua, dll. Setelah itu kami bersiap untuk peragaan busana dari perwakilan setiap kelompok dan dilanjutkan oleh Pentas Seni dari setiap kelompok. Kelompok kami menari dan menyanyi lagu Goyang Duyu, ada yang melakukan drama, dll dan akhirnya tidur!!
    Pada hari terakhir kami kemas-kemas dan makan santai!! Kami pun foto per kelas dan menaiki bus dan sampai di Labschool pada pukul 14.00.. 
    Walaupun SAKSI menguji mental dan fisik kami, menurut saya SAKSI sangat seru dan melatih kerjasama!!

  5. DARU 7F says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa. Dan Labschool mengadakannya pada tanggal 3-5 Februari. SAKSI diadakan agar kita memiliki sifat mandiri dan disiplin. Disana kita melakukan banyak hal, Dan kita mulai dengan pemberangkatan dengan bus dari labschool ke sangga buana. Perjalanannya membutuhkan sekitar 3 jam. Ketika sampai kita langsung baris saat hujan. Setelah itu kita melaksanakan shalat jumat. Setelah itu kita langsung pergi keatas menggunakan 225 anak tangga. Disana kita langsung duduk untuk informasi, setelah itu kita belajar tentang tanda peluit, Yang paling sesuatu itu ketika ada suara bom, suara embakan dan peluit terus menerus, itu menandakan bahaya dan kita harus tiarap. Setelah itu kita makan. Tapi bukan biasa tetapi makan komando. Jadi makanan kita harus habis dalam waktu yang lumayan singkat. Dan setelah selesai kita membersihkan nampannya.
    Setelah itu kita duduk dan mendengarkan materi tentang ular. Malam harinya kita makan komando lagi, lalu kita ada materi lagi tentang kostrad yang memiliki squad yang kuat dan hebat. Setelah itu kita ke barrack untuk tidur, Dan kita tidur jam 10 dan bangun jam 4. Jam 4 kita shalat thahajud dan subuh. Setelah itu kita istirahat dan makan komando, setelah itu kita melakukan banyak rintangan yaitu turun tebing, basah basahan, jembatan 2 tali dan flyng fox. Setelah itu kita mandi di sungai, setelah itu kita merayap di lapangan rumputDan pada malam harinya per kelompok menampilkan pentas seni dan peragaan busana mereka masing masing dan sangat ramai . Setelah itu kita tidur. Setelah itu kita shalat subuh.
    Hari terakhir kami apel penutupan dan foto sekelas dan kami semua mengepak barang barang kami kembali. Setelah itu kami pergi kelapangan bawah untuk menunggu bus. Dan setelah itu kami pulang ke labschool dan pergi ke rumah masing masing. Dalam SAKSI ini aku melatih kedisiplinan , keberanian , keaktifan ku dalam berkerja dalam suatu kelompok dan kepercayaan diriku.

  6. Aisha.a.jasmine says:

    SAKSI 2017
    Karya: Aisha Amanda Jasmine kelas 7f
    SAKSI 2017 kami laksanakan pada tanggal 3-5 februari, banyak orang bertanya-tanya ‘Apasi itu SAKSI?’.SAKSI merupakan singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa.Dilihat dari namanya,acara ini memiliki tujuan untuk menjadikan siswa-siswi yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi.siswa dan siswi dididik oleh kostrad di Sangga buana, tempat dimana para kostrad berlatih.Dari penjelasan diatas,kalian pastinya sudah tau apa itu SAKSI.Sekarang mari kita baca cerita dibawah ini.
    (jumat, 27 januari)
    Hari jumat adalah prasaksi pertama.kami diberikan slide untuk mecatat tentang model vandel dan tongkat,kami juga diberikan waktu untuk memilih ketua dan wakil ketua,serta diberikan data kesehatan untuk diisi dirumah
    (senin, 30 januari)
    Hari senin kami melaksanakan prasaksi ke-2.Saat prasaksi,kami diajarkan tentang PBB (Peraturan baris berbaris) oleh kostrad.Setelah itu kami semua harus membuat vandel serta tongkat yang akan dipakai saat SAKSI nanti.
    (selasa, 31 januari)
    Hari selasa, kami melaksanakan prasaksi ke-3.Hari Selasa jadwal kami sangat penuh yaitu lari pagi bersama serta menghafalkan yel-yel yang dibuat OSIS.
    Selesailah acara prasaksi,sekarang saya akan bercerita tentang saksi yang diadakan selama 3 hari 2 malam.
    (Jum’at 3 februari)
    Jam 7 pagi kami semua berjalan menuju bus yang sudah menunggu sejak pagi hari.kami semua meninggalkan sekolah, rumah serta ibukota kami.Perjalanan menuju Sangga buana memakan waktu yang cukup lama,Sesampai di sangga buana, kami semua berlari kearah lapangan.Disana kami diberikan sambutan-sambutan serta tata tertib di Sangga buana.Setelah itu,kami semua diberikan waktu untuk melaksanakan sholat dzuhur.setelah beberapa menit melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, kami semua langsung diarahkan untuk pergi keatas melalui tangga berbatu.Kami menghabiskan banyak waktu ditempat tersebut.
    Kegiatan yang pertama adalah makan komando dilapangan.kami semua diajarkan untuk makan dengan cepat serta menghargai makanan yang telah diberikan.Setelah makan komando, kami mendapatkan materi oleh SIOUX tentang ular.mulai dari jenis-jenis ular,cara penanganan, dll.selanjutnya,kami semua menjalankan pelantikan pramuka dilapangan.
    Malam harinya, kami semua mendapatkan materi tentang mencintai tanah air melalui bagaimana para TNI kostrad bekerja untuk membela Negara Indonesia.
    (Sabtu, 4 februari)
    Pada hari sabtu kami memiliki acara yang cukup melelahkan,kami semua harus menjalankan outbond,Salah satunya yaitu Raffling.Kami juga harus mandi di sungai karena baju kami semuanya terkena lumpur.Hari tersebut memang melelahkan tetapi karena kerjasama semuanya terasa ringan.
    (minggu, 5 februari)
    Hari minggu adalah hari terakhir di sangga buana,kami semua memiliki acara bebas.Pada hari minggu kami juga foto kelas bersama sama serta pemberitahuan peserta terbaik saksi.

    Selesai,terimakasih telah membaca.

  7. M.Hasan.Kamal 7B says:

    SAKSI 2017
    SAKSI atau Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia adalah acara yang dilakukan setiap tahun untuk kelas 7 oleh SMP Labschool Jakarta, kami dilatih bersama TNI agar kami lebih disiplin tahun lalu SAKSI dijalankan di Gunung Bunder sedangkan tahun-tahun sebelumnya dilakukan di Sangga Buana sama seperti sekarang, yang dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2017.Kami menjalankan Pra Saksi dari tanggal 27 sampai 31 Januari
    Jumat 27 Februari adalah Pra SAKSI pertama kami, hari itu kami diperintahkan oleh kakak-kakak OSIS untuk menulis bermacam-macam hal, kami diperintahkan untuk membuat gambar tongkat yang sudah ditampilkan di slide yang kakak OSIS tunjukkan.Kami diberi waktu 5 detik untuk menghafalkan urutan warna dan ukuran di tongkat lalu 10 detik untuk membuat gambar tongkat, aku tidak membuat semua bagian dari tongkat karena waktu yang diberikan sangat singkat.Selanjutnya kami disuruh untuk membuat gambar vandel, sama seperti sebelumnya kami diberi waktu 5 detik untuk menghafal vandel dan waktu 10 detik untuk menggambar atau membuat ulang di buku tulis.
    Senin 30 Januari, kami berkumpul di Teater Kecil untuk diberitahukan beberapa hal yang belum diberitahukan saat hari Jumat.Setelah diberitahukan beberapa hal yang baru, kami membuat Tongkat dan Vandel.Aku berada di kelompok 4, kami dibagi menjadi dua kelompok satu untuk membuat tongkat dan satu untuk membuat vandel.Setelah kami selesai kami ke Teater Kecil untuk diberitahu yel-yel.Hari Rabu sudah belajar seperti biasa dan kamis kami mengumpulkan koper atau ransel
    Jumat 3 Februari, kami berangkat dari sekolah jam 6:30 dan sampai di sana sekitar jam 11 kurang lalu kami bersiap-siap shalat jumat untuk yang lelaki, setelah itu kami makan siang, disana kami harus makan komando dimana kami makan dengan cara yang lebih tertib dan disiplin.Lalu kami berganti pakaian Pramuka untuk melakukan Apel Pelantikan Penggalang Rakit, lalu kami makan malam dan tidur
    Sabtu 4 Februari, kami bangun pagi dan shalat tahajud dan shalat subuh, setelah itu kami makan, lalu outbond, saat outbond rintangan pertama yang kulakukan adalah jembatan bertali dua, kami diarahkan untuk menyeberang jembatan bertali dua, kami disuruh untuk teriak SAKSI! setiap langkah, rintangan kedua yang kulakukan adalah Raffling yaitu turun tebing, yang ketiga yang akan kulakukan adalah flying fox, akan tetapi saat itu kami semua diperintah untuk pergi ke sungai.Sebelum ke sungai kami diperintah untuk tiarap di lumpur.Saat di sungai kacamataku terbawa arus, dan aku pun menyerah mencarinya.Setelah dari sungai kami kembali ke barak untuk bersih-bersih.Setelah dari barak ada yang mengatakan kacamataku ditemukan, lalu aku mengambil kacamataku dan aku sangat senang.Setelah itu kami makan malam lalu tidur.
    Minggu 5 Februari, kami packing dan disuruh membersihkan barak.Setelah kami membersihkan barak kami baris per kelas lalu foto kelas, setelah itu kami jalan ke lapangan bawah Sangga Buana dan menunggu bis.Bisnya pun datang lalu kami bergegas naik bus dan kembali ke Labschool.

  8. yasmin nafisah 7b says:

    Saksi
    Saksi atau singkatan dari Studi apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia adalah acara dari Smp labschool Jakarta yang diadakan pada hari jumat,3,4,5 februari 2017.sebelum saksi kami mengadakan pra-saksi yang diadakan sekolah pada tanggal 27,30,31,2 januari-februari 2017.saksi dilakukan di sangga buana,karawang,bekasi.di sana adalah tempat para kostrad ditempa.
    (jumat, 27 januari)
    Hari jumat adalah prasaksi pertama.kami diberikan slide untuk mecatat tentang model vandel dan tongkat,kami juga diberikan waktu untuk memilih ketua dan wakil ketua,serta diberikan data kesehatan untuk diisi dirumah

    (senin, 30 januari)
    Hari senin kami melaksanakan prasaksi ke-2.Saat prasaksi,kami diajarkan tentang PBB (Peraturan baris berbaris) oleh kostrad.Setelah itu kami semua harus membuat vandel serta tongkat yang akan dipakai saat SAKSI nanti untuk ketua dan wakil.untuk wakil hanya memakai tongkat.

    (selasa, 31 januari)
    Hari selasa, kami melaksanakan prasaksi ke-3.Hari Selasa jadwal kami sangat penuh yaitu lari pagi bersama serta menghafalkan yel-yel yang dibuat OSIS.

    (rabu,1 februari)
    Hari rabu kami belajar seperti biasa

    (kamis,2 februari)
    Saat pagi kami mengumpulkan tas untuk dibawa duluan ke sangga buana,karawang,bekasi
    Pra saksi selesai sekarang kami saksi di sangga buana,karawang selama 3 hari 2 malam.
    (jumat,3 februari)
    Jam 7 pagi kami apel di hallma.setelah itu ke bis masing-masing.dan perjalanan menuju karawang sekitar 4 jam.sampai sana kami dibariskan di lapangan.setelah itu kami diberi waktu untuk solat zuhur dan solat jumat di jama’ dengan solat asar.setelah itu kami disuruh ke atas melewati tangga.sampai diatas kami makom (makan komando).lalu saat sore kami mendapatkan materi oleh SIOUX tentang ular.mulai dari jenis-jenis ular,cara penanganan, dll.selanjutnya,kami semua menjalankan pelantikan pramuka dilapangan.
    Malam harinya, kami semua mendapatkan materi tentang mencintai tanah air melalui bagaimana para TNI kostrad bekerja untuk membela Negara Indonesia. Lalu kami tidur
    (sabtu,4 februari)
    Pada hari sabtu kami memiliki acara yang cukup melelahkan,kami semua harus menjalankan outbond,Salah satunya yaitu Raffling.Kami juga harus mandi di sungai karena baju kami semuanya terkena lumpur.Hari tersebut memang melelahkan tetapi karena kerjasama semuanya terasa ringan.
    (minggu, 5 februari)
    Hari minggu adalah hari terakhir di sangga buana,kami semua memiliki acara bebas.Pada hari minggu kami juga foto kelas bersama sama serta pemberitahuan peserta terbaik saksi yaitu juan dan dinda fad.lalu kami pulang.

  9. M Ridwan Bagindo 7B says:

    Saksi 2017

    Pada tanggal 3-5 Februari anak-anak SMP Labschool Jakarta melaksanakan kegiatan SAKSI. SAKSI adalah singkatan dari ‘Studi Apresiasi Kedisiplinan Siswa Indonesia”. SAKSI adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh anak-anak kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Jika siswa tidak mengikuti SAKSI, mereka diwajibkan untuk mengikuti SAKSI tahun berikutnya. Anak-anak yang dipulangkan pada saat SAKSI juga diwajibkan mengikuti SAKSI di tahun berikutnya. Acara ini melatih kedisiplinan siswa ala militer. Kegiatan ini dilaksanakan di Sangga Buana dan dilatih oleh kostrad.

    Sebelum melaksanakan SAKSI siswa-siswi SMP Labschool Jakarta diwajibkan mengikuti PRA-SAKSI. Contoh kegiatan yang terdapat pada saat PRA-SAKSI adalah membuat vandal, mengecat tongkat, belajar yel-yel, mempersiapkan PENSI, belajar lagu, belajar tentang narkoba, dll. Siswa-siwi wajib mengikuti PRA-SAKSI. PRA-SAKSI dilaksanakan beberapa hari sebelum SAKSI.

    Pada tanggal 3 Februari 2017 siswa-siswi SMP Labschool Jakarta berangkat menuju Sangga Buana. Sebelum berangkat siswa-siswi SMP Labschool Jakarta melaksanakan sebuah apel. Perjalanannya kira-kira 5 jam. Sesampai di sana siswa-siswi melaksanakan sebuah apel. Setelah melaksanakan apel siswa-siswi melaksanakan solat Jumat bagi putra dan solat dzuhur bagi putri. Setelah solat siswa-siswi diperintahkan menaiki tangga untuk menuju lapangan yang terletak di atas. Saat mereka sampai mereka beristirahat, lalu melaksanakan makan komando. Makan komando adalah kegiatan makan di mana kita tidak boleh memilih-milih makanan, semuanya harus habis, dan harus habis dalam waktu tertentu. Setelah itu mereka diberi materi tentang ular. Lalu mereka pergi menuju tempat di mana mereka akan tidur dan menaruh tas mereka. Setelah mereka menaruh tas mereka mengganti baju. Setelah mereka mengganti baju, mereka melaksanakan pelantikan pramuka. Setelah itu mereka mandi, lalu makan komando lagi. Setelah itu mereka mendapat meteri tentang kostrad. Stelah itu mereka tidur.

    Keesokan harinya mereka bangun dan melakukan hal yang mirip dengan hari sebelumnya. Pada hari itu mereka melaksanakan outbond. Pada saat outbond ada kegiatan seperti flying fox, turun dari tebing, jembatan tali, dan jembatan air. Sorenya ada peraga busana dan malamnya ada PENSI. Lalu mereka tidur.

    Keesokan harinya mereka kembali ke sekolah. Tapi sebelum berangkat mereka melaksanakan apel. Mereka lalu kembali ke sekolah dan pulang ke rumah masing-masing.

  10. Amargia Alathea Swarnaputri 7B says:

    Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa 2017

    SAKSI, Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa tahu 2017. SAKSI diadakan oleh SMP LABSCHOOL JAKARTA dan tahun ini adalah SAKSI yang ke-15. Kegiatan SAKSI yang ke-15 ini didakan di MAKODIKLAT DENHARRAHLAT KOSTRAD SANGGA BUANA, Karawang pada tanggal 3 sampai 5 Februaru tahun 2017.
    Kami berangkat dari SMP Labschool pada tanggal 3 Februari dengan mengenakan Baju Takwa pada pukul sekitar 07.00 sampai 08.00. aku sendiri berada di bis bernomor 4 dengan anak-anak perempuan yang lain, dengan guru pendamping Bu Purwanti. Perjalanan Dari SMP Labschool Jakarta ke Sangga Buana memakan waktu kurang lebih 4 Jam dikarenakan Bus tidak bisa masuk gara-gara Gapura yang membuat bis tidak masuk kedalam wilayah Sangga Buana. Selama di perjalanan, kami menyanyikan yel-yel, lagu saksi, dan lainnya.
    Sesampainya di Sangga Buana, kami disuruh untuk berlari supaya tidak terlambat untuk melaksanakan APEL Pembukaan. Karena kita sampai disana pada pukul 12.00, maka hampir seluruh orang akan shalat, tetapi tidak denganku. Aku sedang berhalangan sehingga aku tidak shalat. Bagi anak-anak yang sedang berhalangan, kami dibimbing ke sebuah ruangan dimana anak yang beragama Kristen dan hindu sedang diberi semacam materi.
    Ruangan itu penuh semut yang pasti akan membuat kaki kita gatal. Kami disuruh berbaris dan berada dalam pose siap selama waktu yang lama. Beberapa diantara kami ditanyakan tentang yel-yel saksi dan lagu-lagu saksi. Kami juga dicek kaus kakinya dibawah mata kaki atau tidak. Tadinya aku sempat keringat dingin karena kukira kaus kakiku dibawah mata kaki, tapi ternyata tidak, aku aman.
    Kami terus berdiri sampai yang sedang shalat selesai. Setelah itu kami ada apel (lagi) sebelum menaiki tangga menuju tempat pelatihan yang jumlah tangganya ada sekita 235 buah anak tangga. Setelah sampai diatas, kami menaruh tas di tempat yang disuruh lalu makan siang. Makan siang di sini tidak seperti makan siang biasa. Kami makan Komando. Jika kita mendengar suara ledakan atau pluit yang berbunyi, kami harus tiarap sambil berteriak darurat darurat. Sedangkan, makanan saja harus habis dalam 10 hitungan.
    Setelah makan siang, kami menuju barak dan mencari tas kami masing-masing, lalu kembali untuk mendapat materi tentang ular dari SIOUX. Setelah itu, kami mengganti baju kami menjadi baju pramuka untuk pelantikan penggalang rakit. Setelah pelantikan, kami shalat (aku tidak). Aku menunggu di tempat di dekat tiang bendera. Setelah itu kami makan komando (lagi) dengan 10 hitungan. Setelah itu ada materi dari KOSTRAD sampai malam. Pada pukul 11.00 malam kami tidur untuk mengumpulkan energy untuk kegiatan besok.
    Keesokan harinya, kami bangun untuk shalat shubuh (kecuali aku dan yang lain yang sedang berhalangan). Lalu kita makan pagi komando dengan menu nasi goreng. Setelah itu ada outbond. Outbond berjalan sangat lama. Ketika hari sudah sore, kami pergi untuk membasahi diri di sebuah sungai. Aku membuat sarung tanganku hilang saat aku di sungai. Setelah dari sungai, kami disuruh berbaring di rerumputan sejenak. Setelah itu kami ada perlombaan merangkak dengan satu kelompok. Kelompok kami kalah. Setelah itu kami madi dan makan komando. Setelah makan, ada pentas seni. Semua kelompok wajib tampil di pentas seni. Pentas seni ditutup oleh penampilan dari osis dan mpk. Setelah itu kami tidur.
    Pada hari terakhir, pada pagi harinya kami memakai baju angkatan. Pada saat itu juga kami diumumkan peserta terbaik, vandal terbaik, tongkat terbaik, dan lainnya. Kami berfoto perkelas dan satu angkatan. Setelah itu kami turun kebawah menuju tempat bis terparkir. Tetapi, bis kami belum datang sampai sekitar pukul 10 pagi. Kami menunggu deng n kepanasan dan kelelahan. Tapi akhirnya bispun datang. Kami pulang dengan bi situ, aku tertidur di bis. Kami sampai di sekolah pada jam 1 siang. Sungguh seru SAKSI 2017

  11. Kenaisha A.K.R. 7B says:

    Pengalaman Saksiku
    Saski atau Studi dan Apresiasi Kepimpinan Siswa dilaksanakan pada tanggal 3-5 Februari 2017. Dilaksanakan di Sangga Buana. Disana kita dilatih layaknya militer. Sebelum Saksi kita melaksanakan 3 hari prasaksi. Prasaksi adalah semacam latihan untuk benar-benar melatih mental dan fisik kita sebelum saksi. Saat Prasaski kita mengecat tongkat,membuat vandel,melatih gerak-gerakan dan menghafal yel-yel. Lalu kami juga dibagi kelompok-kelompok. Setiap kelompok mengambil 2 atau 3 orang dari setiap kelas. Aku menjadi wakil kelompok.
    Saat saksi,keadaan cuaca sedang buruk. Kadang gerimis dan kadang panas sekali. Hari pertama kita apel di lapangan sebentar dengan bimbingan tentara Kostrad. Lalu kita menaiki anak tangga banyak sekali. Sampai kakiku nyut-nyutan. Saat sampai diatas kita ke barak masing-masing. Setiap barak berisi 3 kelompok dan aku ada di barak terakhir karena aku kelompok 7. Di hari pertama kita hanya mendengarkan materi-materi saja. Tentang reptil,tentara kostrad dan lain-lain. Menurutku yang pastinya paling diingat dari saksi adalah Makan Komando. Kita hanya diberi waktu 10 menit untuk menghabiskan makanan. Tidak boleh ada sisa sama sekali. Jika ada suara tembakan kita harus tiarap dan berteriak “Darurat ! Darurat!” sampai ada suara peluit dan kita berteriak “Aman!”.
    Menurutku hari kedua adalah pasti hari yang paling melelahkan. Kita disuruh memakai baju loreng dan celana olahraga. Lalu kita outbond. Kelompokku pertama kali menaiki Flying fox. Tapi karena perlengkapan yang terbatas dan orang yang banyak aku menunggu lama sekali. Apalagi aku berada di barisan belakang. Aku menunggu selama 2 jam penuh. Karena akhirnya kami menunggu terlalu lama kami disuruh menaiki yang lain. Akhirnya aku menaiki jembatan 2 tali. Yaitu jembatan yang hanya tali untuk memijakkan kaki dan 1 lagi untuk pegangan dan harus berteriak “Saksi!” sepanjang perjalanan. Aku juga turun dari tebing dengan hanya menggunakan tali dan itu seru sekali. Ternyata banyak permainan yang melibatkan lumpur. Aku dan temanku ingin mencobanya tapi kita terlalu jijik. Akhirnya kita tidak jadi dan langsung menuju ke sungai yang ada dibawah bersama rombongan. Sebelum masuk sungai ternyata kita harus merangkak di lumpur. Karena terpaksa,aku merangkak di air lumpur yang lumayan dalam itu. Separuh mukaku bisa saja tenggelam kalau aku tidak mengangkatnya tinggi-tinggi. Setelah itu aku langsung ke sungai untuk membersihkan badan dan bermain air. Ternyata sungainya cukup bersih dan airnya dingin. Tapi banyak batu dan beberapa tempat punya arus yang lumayan deras. Aku dan teman-temanku bermain air sampai puas. Setelah selesai kita balik keatas lalu kita disuruh tiduran di atas rumput untuk bersantai,setelah itu kami disuruh merangkak di atas rumput dan memegang kaki teman kita di depan dan tidak boleh putus. Setelah itu kita bersih-bersih dan mandi.
    Di hari ketiga kita bersiap-siap untuk pulang. Kita bersantai-santai dan kita tidak makan komando lagi. Lalu kita apel pulang sebentar dan pemilihan perserta terbaik,vandel terbaik dan lain-lain. Setelah foto angkatan kita turun tangga dan naik bis untuk balik ke Labschool. Dan itulah pengalaman saksi saya yang seru dan membuat kulit item.

  12. Nasywa siti nisrina 7b says:

    Nama : Nasywa Siti Nisrina Chairunnisa
    Kelas : 7b
    Absen : 30

    SAKSI 2017
    Saksi adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Tahun ini adalah ke15 kalinya smp Labschool Rawamangun mengadakan saksi. Tahun pertama sampai tahun ini, saksi diadakan di Sangga buana kecuali Saksi 2016. Saksi 2016 diadakan di Gunung bundar. Kakak Kakak angkatan 24 melaksanakan saksi di Gunung bundar dan sepertinya di sangga buana lebih nyaman.
    Angkatan 25 melaksanakan pra saksi dahlu sebelum melaksanakan Saksi. Pra saksi di mulai pada hari jumat tanggal 27 januari 2017. Pada tanggal 27 kita dikumpulkan di teater kecil setelah sholat jumat. Disana kita diminta untuk mencatat perlengkapan untuk mebuat vandel dan tongkat untuk kelompok. Kita juga meusyawarahkan siapa yang jadi ketua kelompok, peraga busana, dan mc pensi. Kita menyetujui semua itu di bina dengan kp kita yaitu ka ayumi dan ka bunga.
    Prasaksi hari kedua yaitu hari senin tanggal 30 january 2017. Hari senin kita belajar PBB dengan pelatih kostrad dari sangga buana dan ditemani kaka osis mpk juga. Prasaksi Hari ketiga pada hari selasa tanggal 31 januari 2017. Pada hari selasa kita melaksanakan lari pagi bersama peserta saksi tanpa didampingi kakak osis mpk karena kakak osis mpk sedang melaksanakan LKMS. Karena tidak didampingi kaka osis, kita didampingi pa gilang, pa way dan guru lainnya. Rute Lari pagi kita yaitu rute biasa seperti larjum.
    Pada keesokan harinya kita belajar seperti biasa dikelas. Dan pada hari kamis tanggal 2 februari 2017 pagi paginya kita mengumpulkan barang barang di gedung BPS. PAda hari jumat kita melaksanakan saksi dimulai dari apel pembukaan lalu kita naik ke bus untuk melaksanakan perjalanan. Saya di bus duduk bersama yaya, wina, raddie, kiani dan najla. Selama perjalanan ke sangga buana, kami ber5 hanya tidur dan nyemil. Setelah sampai di sangga buana, kita diminta untuk berbaris. Setelah itu kita naik ke atas melalui tangga dan tangga itu sangatlah tinggi. Setelah sampai di atas, kita diminta untuk berganti baju pramuka lengkap untuk melaksanakan pelantikan pramuka penggalang rakit. Setelah pelantikan, kami diminta untuk bersih bersih dan membersihkan barang barang kita.
    Selama di sanggabuana kami melakukan makan komando kecuali sarapan terakhir. Setelah kami makan, kita mendengarkan cerita yang di ceritakan oleh salah satu pelatih kostrad. Setelah itu kita tidur di barak. Pagi paginya kita dibangunkan untuk sholat subuh. Badanku terasa segra walaupun tidur sangat malam dan bangun sangat pagi. Kita pada hari itu full bermain dengan alam seperti bermain flying fox, panjat tebing dll. Yang paling menyenangkan yaitu kita main disun gai dan tiarap disungai. Setelah kita pulang dari sungai, kita diminta untuk berbaring direrumputan dan setelah itu bertiarap perkelompok untung mengambil tongkat. Malamnya, kita melksanakan peragaan busana dan pensi. Kaka osis dan mpk pun ikut menampilkan suatu penampilan. Keesokan harinya kita pulang ke Jakarta.

  13. SAKSI 2017
    Pada tanggal 3-5 Februari 2017, SMP Labschool Jakarta mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan SAKSI 2017. SAKSI, adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepimimpinan Siswa Indonesia. Acara ini berguna untuk melatih siswa secara fisik dan mental. Disana Siswa ada beberapa acara-acara ala militer, seperti makan komando, flying fox, turun dari sebuah tebing, merayap di rumput, materi-materi yang beragam, dan lain-lain. Disana siswa dan siswi akan dilatih oleh kostrad dan OSIS-OSIS SMP Labschool Jakarta. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh Siswa kelas 7, dan bila tidak dapat mengikuti atau dipulangkan maka harus mengikuti SAKSI pada tahun selanjutnya.
    Sebelum diadakan SAKSI, terdapat Pra SAKSI yang pertama kali diadakan pada tanggal 27 Januari 2017. Pertama seluruh siswa kelas 7 berkumpul di Teater Kecil untuk mendapatkan Briefing awal, pengajaran Lagu-lagu SAKSI, diberitahu juga apa saja yang harus dibawa untuk Pra SAKSI selanjutnya pada hari Senin atau pada tanggal 30 Januari dan kedepan pada saat SAKSI. Kemudian pada hari Senin kami berlatih PBB dan yel-yel dengan OSIS dan juga dengan Kostrad. Kemudian kami mengecat tongkat dan membuat Vandel untuk ketua kelompok. Kemudian kami mengalami briefing kembali di Teater Kecil dan kemudian pulang. Kemudian pada tanggal 31 Januari, ada lari pagi, kemudian kami menghafalkan yel yel.
    Akhirnya pada hari Jumat kamipun berangkat ke lokasi SAKSI, atau Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Kami berangkat pada sekitaran pukul 7.30, dan sampai pada pukul 11.30, atau kira-kira 4 jam perjalanan. Saat sampai, kami disuruh untuk apel dahulu, kemudian yang laki-laki disuruh Shalat Jumat dahulu. Setelah itu kami berbaris sesuai kelompok kami kemudian pun naik ke Gunung Sanggabuana dengan menaiki tangga. Dan kami disuruh menghitung tangga-tangga tersebut karena saat sudah sampai diatas akan ditanyakan oleh kostrad tersebut. Saya hitung sih ada 227 anak tangga. Kemudian kami mendapatkan materi terlebih dahulu tentang arti dari beberapa suara peluit. Dan ada juga suara peluit berantai atau suara sebuah ledakan, yang berarti kita harus tiarap kemudian kita berteriak “DARURAT DARURAT” berulangan sampai terdengar sebuah suara peluit, kemudian kamipun dapat berdiri kembali. Setelah itu kami Makan KOmando. KEmudian kamipun diberi materi tentang penanggulangan bisa ular oleh SIOUX. Kemudian kami disuruh untuk berganti ke pakaian pramuka untuk pelantikan menjadi penggalang rakit. KEmudian kami berganti pakaian ke pakaian malam bebas sopan kemudian kami kembali ke lapangan untuk Shalat Maghrib jama ISya kemudian kami diberi materi oleh kostrad tentang KOstrad dan Sikap cinta tanah air. Kemudian kami istirahat malam pada pukul 22.30
    Pada hari Sabtu, kami dibangunkan pada pukul 4.00 untuk Shalat tahajud dahulu kemudian Shalat Shubuh. KEmudian kita kembali ke barak untuk ganti baju atau bersih-bersih kemudian kita kembali ke lapangan untuk makan komando. Setelah itu kami bersiap untuk kegiatan outbond yang beragam, dari flying fox, jatuh dari tebing, dan lain-lain. Setelah itu kami bersantai, kemudian kami makan komando lagi. Setelah itu kegiatan outbond berlanjut. Setelah itu kami pergi ke sungai untuk bersih-bersih, setelah itu kami merayap dengan kelompok, kemudian kami bersih-bersih dan berganti pakaian malam sopan bebas, kemudian kami Shalat maghrib jama Isya lagi kemudian bersiap untuk makan komando lagi. KEmudian kami ada peragaan busana yang ditampilkan oleh perwakilan setiap kelompok. Setelah itu kami ada pentas seni yang wajib ditampilkan oleh setiap kelompok, kemudian ada penampilan terakhir dari OSIS, kemudian kami tidur.
    Pada hari Minggu, kami bangun pada pukul 4.00 seperti biasa dan Shalat Tahajud dan Shubuh, kemudian kami bersih-bersih kemudian kami makan Komando. Setelah itu kami foto kelas dan foto angkatan kemudian kamipun pulang.

  14. Rayhan Fathurrahman Zata Amani says:

    Nama: Rayhan Fathurrahman Zata Amani
    Kelas:7B
    Absen:34
    SAKSI 2017
    SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia dan di acara ini kami di bina untuk menjadi siswa yang mandiri dan disiplin, sebelum saksi ada yang mendahului yaitu pra saksi, inilah cerita kami yang baru menyelesaikan SAKSI.
    Di tanggal 30 januari 2017 kami melaksanakan pra saksi di sekolah, kami semua disuruh datang pagi ke sekoalh seperti biasa lalu jam 7 kami dikumpulkan di hallma untuk diperkenalkan ke tentara dan melakukan latihan PBB (Pelatihan Baris Berbaris) dan setelah itu kami ke hall basket untuk melakukan latihan nya lebih lanjut, dan setelah itu kami diberikan istirahat sekitar 20 menit untuk makan, minum dan melakukan kegiatan lainnya, setelah itu kami dipanggil lagi oleh OSIS ke hallma untuk melakukan pengecatan tongkat dan pembuatan vandel, kami mengecat tongkat dan membuat vandel dari jam 10 sampai jam 12 setelah itu kami meninggalkan pekerjaan kami sejenak dan bergegas untuk wudhu dan sholat zuhur, setelah kami selesai sholat zuhur kami pun kembali bekerja menyelesaikan vandel dan tongkat, saat semuanya selesai kami dipanggil lagi ke hallma untuk berkumpul dan setelah itu kegiatan hari senin pun selesai dan kami pulang ke rumah masih-masing
    Di hari kedua tanggal 31 januari 2017 kami melaksanakan lari pagi dan setelah itu kami berhenti di dekat UNJ dan menyanyikan yel yel di dan setelah itu kami melanjutkan lari pagi ke sekolah, setelah selesai lari pagi kami istirahat sebentar dan kami dipanggil lagi ke teater kecil untuk menghafalkan yel yel sampai sore, setelah pra saksi selesai kami mengumpulkan barang-barang hari kamis tanggal 2 februari 2017 di sekolah supaya saat kami berangkat pada tanggal 3 februari 2017 kami tidak repot membawa bawa barang yang kami bawa, dan pada tanggal 3 Februari 2017 kami pun berangkat ke Sangga Buana di karawang untuk melaksanakan sesuatu yang sudah kita persiapkan sejak seminggu lalu yaitu SAKSI.
    Perjalanan menuju Sangga Buana membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan kami berangkat dari sekolah sekitar jam 7, perjalanan menuju sangga buana menggunakan bus dan perjalanannya cukup menyenangkan disaat kami di bus dan kami diperkirakan sampai disana sekitar jam 10, kami pun sampai di Sangga Buana dan disaat kami sampai kami langsung disuruh turun dari bus untuk berbaris di lapangan sebentar untuk perkenalan den disaat itu hujan gerimis sedang turun, setelah itu kami diberi waktu sedikit untuk ke toilet bagi yang ingin ke toilet, lalu setelah itu bagi siswa laki-laki disuruh bergegas mengambil wudhu untuk Sholat Jumat dan, setelah kami menyelesaikan Sholat jumat kami disuruh langsung memakai sepatu kembali dan kami dipandu OSIS dan tentara untuk menaiki 225 anak tangga untuk naik ke atas, saat kami di atas kami disuruh berkumpul di tenda dan setelah itu kami disuruh makan komando dan setelah itu kami dipandu oleh OSIS ke barak.
    Setelah kami sampai di barak kami disuruh membersihkan diri dan persiapan untuk Sholat Ashar dan kami disuruh berganti pakaian pramuka untuk melaksanakan pelantikan Penggalang pramuka rakit setelah itu kami kembali ke barak dan bersiap siap untuk Sholat maghrib lalu kami makan komando di malam-malam lalu kami sholat isya setelah itu kami kembali ke barak dan beristirahat.
    Di hari kedua kami bangun pagi sekitar jam 4 untuk melaksanakan sholat subuh setelah itu kami disuruh kembali ke barak dan bersih bersih, lalu kami kembali ke bawah untuk melaksanakan outbond, outbond berlangsung sampai jam 12, ada flying fox dll, lalu kami melaksanakan outbond lagki sampai jam 3 , sekitar jam 3 kami ke sungai untuk bermain di air sebentar setelah itu kami kembali ke atas.
    Keesokan harinya kami bangun lagi jam 4 untuk melaksanakan sholat subuh, setelah itu kami makan santai pagi-pagi lalu kami pun kembali ke barak dan beres beres barang kami lalu kembali ke bawah, setelah itu ada penutupan acara,pengambilan foto angkatan, dan pengumuman peserta terbaik, dan setelah itu kami kembali turun ke lapangan bawah dan menunggu bus datang, setelah bus datang kami pun pulang ke Labschool dan kembali ke rumah masing-masing.

  15. Nanda Vidhirohman says:

    Nanda Vidhirohman
    Kelas :7b
    Absen :29

    Saksi 2017
    Pada tanggal 3-5 Februari. Berawal dari tanggal 27,30,31 Februari kami melaksanakan pra saksi. Sebelum pra saksi Kami di bentuk kelompok. Setiap kelompok berisi 9-13 anak. Ada 9 kelompok putra dan 9 kelompok putri. Di pra sakis, kami di berikan pengarahan dan dilatih tata cara pbb, mengecat tongkat dan membuat vandel. Setelah pra sakis kami melakuakan saksi 2017
    Labschool telah melaksanakan 15 saksi sampai saat ini. Semuanya di Sanga buana kecuali saksi 2016 , yaitu di Gunung Bunder. Kami melakukan apel pemberangkatan hari Jumat sekitar pukul 6:30 lalu kami berangkat menaiki bus. waktu perjalanan sekitar 4 jam. Sampai di sana kami langsung melakukan Shalat Jumat dijamaa kosor dengan asyar. Di sana kami akan dilatih dengan TNI AD Kostrad denga didampingi osis,mpk dan rohis. Setelah shalat,selesai kami naik dan pergi ke barak masing-masing. Lalu kami merapikan barang-barang dan makan siang. Makannya adalah makan komando. Ada banyak peraturan dalam makan komando, contohnya duduk harus tegap dan piring harus rapi. Kami makan bersama sama dengan satu komando. Setelah makan siang kami mendengarkan materi dari Syiogs tentang ular yang ada di Indonesia. Setelah itu kami berganti pakaian di barak masing masing dengan pekaian pramuka lengkap. Setelah itu kami melakakan pelantikan penggalang rakit dengan beberapa test. Setelah itu kami bersih-bersih dan berganti pakaian dengan pakaian bebas. Setelah itu kami shalat maghrib di jamaa isya dengan dilanjutklan kultum. Setelah itu kami makan malam komando. Setelah itu kami mendapatkan materi dari Kostrad. Yaitu rasa cinta tanah air. Kami diberikan video dan beberapa slide oleh Kostrad. Setelah itu kami kembali ke barak dan istirahat.
    Saat paginya, kami dibangunkan jam 4:30 pagi. Setelah itu kami shalat subuh. Setelah itu kami makan pagi komando. Setelah itu kami melakukan outbond sampai waktu makan siang. Setelah makan siang kami melakukan ououtbond lagi dan di lanjutkan dengan pergi di sungai. Kami masuk ke dalam sungai untutk membersihkan kotoran setelah outbond lalu kami di suruh naik kembali dan berkumpul di lapangan atas. Detelah itu kami di suruh merangkak di rumput dan mengambil tongkat. Setelah itu kami di suruh bersih-bersih dan berganti pakaian bebas dan baju busana daerah. Kami melakukan makan malam dan shalat isya di jamaa kosor.Setelah itu kami melakukan pensi. Setiap kelompok membuat penampilan dalam pensi. Diakhir pensi juga ada penampilan dari osis. Setelah itu kami tidur dan di bangunkan seperti kemarin.
    Saat paginya kami shalat subuh dan persiapan pulang. Setelah itu kami melakukan perjalanan pulang dengan bus dan sampai sekitar pu

  16. raihan malano 7b says:

    SAKSI adalah singkatan dari studi dan apresiasi kepempinan siswa Indonesia .yang diadakan pada tanggal 3-5 februari 2017 tapi seminggu sebelum saksi diadakan yang namaya PRA SAKSI diawali di hari jumat dengan sosialisasi saksi di hari jumat kita diberitahu apa itu SAKSI kita diberi video tentang SAKSI sebelumnya dan pertemuan pertama per kelompok SAKSI .

    Pada hari Senin kita mulai pra SAKSI dengan melanjutkan catatan tongkat dan vandel yang sudah sebagian besar dicatat di hari jumat kemudian kita berganti pakaian dan bersiap latihan baris berbaris kemudian dilanjutkan pembuatan vandel dan tongkat kemudian setelah itu kita selesai da kemudian berlanjut seperti itu

    Pada tanggal 3 februari kita memulai saksi dengan ada sedikit pengarahan kemudian setelah itu kita langsung naik bus untuk ke sangga buana perjalanan dari labschool ke sangga buana memakan banyak waktu yaitu 3 jam yang awal dijadwalkan hanya 2 jam kemudian kita langsung baris dan langsung sholat jumat setelah sholat jumat kita dapat sedikit pengarahan kemudian kita menaiki tangga yang berjumlah kurang lebih 200 anak tangga kemudian setelah itu kita baris dan langsungke barak untuk berapi rapi kemudian kita langsung kembali untuk mendapat pengarah tentang ular kemudian setelah itu kita ada makan komando dan setelah itu kita langsung mengadakan pelantikan pramuka penggalang rakit dan setelah itu makan komando dan mendapatkan presentasi tentang tni dan kemudian kita beristirahat

    Di hari kedua kita langsung dibangunkan dan langsung di arahkan oleh kakak OSIS untuk langsung sholat shubuh setelah sholat subuh kita langsung kembali ke barak untuk siap siap outbound kemudian kita keluar tepat jam 8 untuk makan komando kemudian kita outbound outbound berlangsung seru walaupun diguyur

    raihan filardi malano 7b/33

  17. Rendy Akbar maulana 7B says:

    Nama : Rendy Akbar Maulana (35)
    Kelas : 7B

    Saksi 2017

    Pada tanggal 28 januari kita dikumpulkan untuk persiapan pra saksi dan saksi di teater kecil labschool Jakarta. Pada senin harinya kita melaksanakan pra saksi dengan diawali berkumpul di teater kecil. kita berlatih PBB dengan bapak pelatih dari kostrad jaya. Lalu di lanjutkan dengan pengacatan tongkat dan pembuatan vandel.
    Pada hari selasa kita lari pagi lagi dan menghafal yel-yel lalu istirahat dan menghafal yel-yel kembali sampa pulang. Pada hari rabu tidak ada pra saksi dan hari kamis juga tidak ada tapi pengumpulan barang yg dibawa ke sangga buana
    Pada hari jumat kita berkumpul pada pukul 6.30 pagi di sekolah untuk jalan ke sangga buana menaiki bus. Perjalanan cukup jauh dan lama salah satunya di karenakan macet. perjalanan di tempuh selama 3 jam dari sekolah menuju sangga buana.
    Saat sampai disana kita melaksanakan sholat jumat di masjid bawah dan di jama dengan sholat ashar setelah itu kita menuju keatas dengan menaiki trangga sebanyak 225 anak tangga sampai di atas kami berkumpul dan makan komando. Setelah itu kami bersih bersih dan kembali ke tempat berkumpul untuk pelantikan pramuka penggalang rakit dan ada pengarahan pada malam harinya.
    Pada hari kedua kita bersiap untuk sholat subuh dan kembali ke barak. Saksi adalah studi apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia. Setelah itu kita bersiap untuk menjalani outbond. Outbond dan ada beberapa orangtua yang datang pada hari kedua untuk menjenguk putra putri nya. Beberapa contoh outbondnya adalah flying fox dan turun tebing. Setelah itu kita diajak merayap di kubangan air yang sudah disiapkan lalu turun kebawah menuju sungai.
    Pada hari terakhir kita sholat subuh pada pagi hari dan bersiap untuk pulang dan makan pagi atau sarapan lalu kita berfoto perkelas dan menuju kebawah lagi untuk menunggu bus yang belum datang. Setelah bus datang kita kembali ke sekolah dan mengambil tas yang duluan sampai di sekolah.

  18. Safira Azzahra P. says:

    SAKSI 2017
    Saksi adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa. Saksi adalah kegiatan yang wajib diikuti seluruh siswa SMP Labschool Jakarta. Saksi diadakan pada tanggal 3-5 Februari 2017 di Sangga Buana. Sebelum melaksanakan saksi kami melakukan kegiatan prasaksi. Kegiatan prasaksi dilaksanakan pada tanggal 27,30,31 Januari 2017. Kegiatan yang kami lakukan selama prasaksi adalah membuat vandel dan tongkat. Selain itu kami juga latihan PBB bersama tentara dari Sangga Buana dan melakukan kegiatan fisik seperti berlari.
    Pada hari Jumat, 3 Februari 2017 kami berangkat menuju lokasi saksi menggunakan bus. Sebelum kami berangkat, kami melakasanakan apel pemberangkatan. Setelah melaksanakan apel, kami pun masuk ke bus masing-masing. Dan kami berangkat sekitar pukul 7.00. Perjalanan menuju ke Sangga Buana memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam. Namun karena terdapat kendala kami baru bisa sampai ke tempat tujuan sekitar pukul 11.00.
    Dan karena hal tersebut kami pun akhirnya menuggu waktu shalat. Setelah shalat, kami pun melaksanakan makan komando. Setelah selesai makan komando, kami mendapatkan materi dari SIOUX tentang ular. Kami mendapatkan materi tentang jenis – jenis ular, seperti yang memiliki bisa yang beracun dan yang tidak memiliki bisa beracun, selain itu kami juga mendapat materi cara memegang ular yang benar dan cara – cara ular memakan mangsanya. Setelah itu kami melaksanakan pelantikan pramuka (penggalang rakit) di lapangan utama, sebelum dilantik menjadi penggalang rakit kami pun melaksanakan tes yaitu, menghafalkan Trisatya dan Dasadarma. Dan pada malam harinya kami pun mendapatkan materi tentang Cinta Tanah Air.
    Pada hari kedua di Sangga Buana kami melaksanakan berbagai macam outbond salah satunya adalah bermain flying fox dan Bakti Sosial yang diadakan orang tua murid. Karena hujan akhirnya kegiatan outbond pun mundur menjadi pukul 08.00. Dan pada pukul 12.00 pun kami selesai melakukan outbond. Setelah selesai bermain outbond kami pun mandi di sungai karena pakaian kami semuanya penuh lumpur. Setelah selesai mandi di sungai kami pun dilatih kerja sama kelompok dengan cara merayap di rumput dan kami harus memegang kaki teman kami yang berada di depan. Pada malam harinya kami pun melaksanakan pergaan busana dan pentas seni.
    Pada hari terakhir kami di Sangga Buana kami pun packing. Dan setelah itu kami melaksanakan apel penutupan dan foto kelas. Setelah itu kami pun menuju ke bus dan berangkat kembali ke Labschool, dan kembali ke rumah masing – masing.

  19. Maura Medina 7B says:

    SAKSI
    Pada tanggal 3 – 5 februari 2017 SMP LABSCHOOL JAKARTA akan melaksanakan Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa atau SAKSI. Sebelum kami pergi Saksi kami melaksanakan pra saksi yaitu pada tanggal 27 januari sampai 2 februari 2017.
    Pada prasaksi tanggal 27 dari hari itu kami diajarkan apa itu disiplin. Kami diajarkan untuk lebih disiplin berfikir dengan cepat dan menjadi anak yang disiplin. Kami diberi tahu apa saja yang harus kami bawa dengan mencatat dengan cepat, jika kita diberi waktu hanya 10 hitungan maka kita harus menyelesaikannya dalam 10 hitungan itu.
    Yang membina kami selama kami pra saksi adalah osis dan mpk SMP LABSCHOOL JAKARTA yaitu Osis Nadracantya dan Mpk Hagradista. Kami juga dibina oleh kostrad atau tni yang bernama Pa Bambang. Kami juga diberitahu siapa kp kami sesuai kelompok yang telah diberikan. Kami juga diajarkan beberapa yel – yel dari kostrad dan sekolah kami.
    Pada tanggal 30 Januari 2017, kami dilatih oleh para kostrad dalam latihan PBB , lalu kami mengecat tongkat dan membuat vandel perkelompok dengan para KP kita pada saat itu KP saya adalah Kak Ayumi dan Kak Bunga, aku bertugas untuk membuat Vandel. Menurutku ini merupakan hal yang paling seru selain dapat bekerja sama dengan kelompok dan kakak Pembina , kami juga dapat lebih kreatif dalam berkarya. Pada hari selanjutnya kami lari pagi dan menghafal yel yel.
    Dan tibalah saatnya kami untuk pergi ke sangga buana. Pada tanggal 3 februari kamipun berangkat ke sangga buana dengan perjalanan kira kira 3 jam. Saat kami sampai disana kami apel pembukaan dan pergi ke barak dengan menaiki sekitar 250 anak tangga. Setelah kami sampai di atas, kami mendapatkan beberapa materi tentang ular. Kami juga mulai diperkenalkan dengan makan komando. Kami juga melakukan pelantikan pramuka.
    Pada tanggal 4 Februari kami bermain outbond. Kami merayap di lumpur, bermain air, panjat tebing, flying fox dan permainan seru lainnya. Setelah badan kami benar benar kotor kami diajak ke sungai dan kami harus menuruni 250 anak tangga lagi. Sesampainya di bawah kami masih harus merangkak melewati lumpur dulu baru bisa sampai di sungai.
    Pada tanggal 5 Februari kami hanya melakukan apel penutupan dan menentukan peserta saksi terbaik. Setelah itu sekitar jam 9 kami pulang ke SMP LABSCHOOL JAKARTA.

  20. Aditya Luhung 7B (2) says:

    Latihan Ala Militer SAKSI 2017
    SAKSI atau Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia Labschool 2017 adalah kegiatan atau acara yang dilakukan kelas 7 setiap tahunnya, SAKSI juga adalah syarat lulus Labschool jika saat kelas 7 kita tidak ikut SAKSI maka kelas 8 kita harus mengikuti SAKSI. Sebelum SAKSI kita menjalani PRASAKSI terlebih dahulu saat itu kami menjalani PRASAKSI pada saat hari Jumat, Senin, Selasa seminggu sebelum SAKSI itu sendiri. Sebelumnya juga dibuat kelompok untuk SAKSI.
    Pengalaman PRASAKSI pada hari Jumat tanggal 27 Januari . Kami Angkatan 25 kelas 7 setelah shalt jumat harus pergi ke Tecil atau Teater Kecil untuk Briefing tentang SAKSI. Pertamanya kami diberitahu link yang harus di check untuk mempelajari lagi tentang SAKSI, lalu kami diberitahu jadwal kegiatan SAKSI, Lagu SAKSI, barang bawaan setelah itu kami berkumpul bersama kelompok masing – masing untuk membicarakan tentang PENSI yaitu pentas seni dan kami disuruh membuat grup line kelompok SAKSI masing – masing. Kami juga briefing tentang tongkat dan Vandel untuk dibuat pada hari seninnya.
    Pada hari Senin PRASAKSI tanggal 30 Januari. Pada pertamanya kami belajar PBB atau Peraturan baris- berbaris bersama tentara kostrad yang datang ke Labschool pada saat itu kami belajar di lapangan hallma dan setelah itu berjalan menuju lapangan basket. Setelah itu ada istirahat untuk makan mengisi energi. Setelah istirahat ada bel berbunyi artinya berkumpul untuk mewarnai tongkat dan membvuat Vandel. Pada saat jam 12 kami shalat terlebih dahulu setelah itu melanjutkan membuat tongkat dan Vandel setelah itu 10 menit seblum pulang kami ke TECIL atau Teater Kecil untuk belajar yel yel SAKSI yang diajarkan oleh kakak OSIS dan pada jam 3 kami pulang ke rumah masing – masing.
    Pada hari selasanya tanggal 31 Januari, kami pada pagi harinya lari pagi setelah lari pagi kami beristirahat untuk berganti baju dan sarapan. Kami mempersiapkan diri untuk SAKSI pada. Dan latihan yel yel SAKSI di TECIL. Selesai jam 3 kami pulang kerumah masing masing.
    Pada hari jumat tanggal 3 Februari. Kami berangkat ketempat SAKSI yaitu di Sangga Buana menginap selama 3 ahri 2 malam. Kami berangkat ke sana dengan bus. Pertamnya yang cowok shalat jumat di masjid Sangga Buana lalu naik 225 tangga ke atas dan kami MAKOM atau makan komando lalu setelah itu kami belajar tentang reptile ular dan cara penanggulangan bisa ular bersama XIOX lalu setelah itu kami mengecek barang bawaan diatas dang anti baju pramuka untuk pelantikan pramuka. Setelah itu kami bersih – bersih ganti baju bebas yang sopan persiapan shalat maghrib. Setelah itu kami MAKOM dan setelah MAKOM kami shalat isya dan setelah shalat kami belajar tentang KOSTRAD dan tentara Indonesia setelah itu kami kembali ke barack masing – masing untuk tidur istirahat.
    Pada hari Sabtu tanggal 4 Februari kami bangun pagi untuk shalat Tahajud dan subuh setelah itu kami mempersiapkan diri untuk outbound tapi karena hujan outbound di tunda dan menunggu di barack supaya hujan reda lalu, kami menggunakan baju loreng dan celana training Labschool untuk outbound ada flying fox 1, flying fox 2, turun tebing , jembatan dua tali dan rafting setelah itu diselang MAKOM kami melakukan basah – basahan di sungai lalu setelah itu kami disuruh tiarap di rumput dan setelah itu kami harus bersih – bersih dan shalat jama ashar dan zhuhur di barack masing – masing lalu. Sebelum shalat maghrib kami mempersiapkan PENSI kelompok masing – masing dan peraga busana masing – masing setelah MAKOM kami melakukan peraga busana dan PENSI lalu kakak OSIS juga menyanyikan lagu untuk kami.
    Pada hari minggu tanggal 5 Februari kami bangun jam 3 untuk shalat tahjud dan shubuh lalu beres – beres untuk pulang setelah itu kami MAKOM dan ada jam santai. Lalu ada foto SAKSI dan foto kelas bersama lalu kami berbaris rapih untuk menuju bus. Tapi sayangnya busnya datang telat Karen salah informasi lalu kami masuk bus dan berangkat pulang ke Labschool Jakarta Ranwamangun.

  21. Fayyaza Armatullah says:

    SAKSI 2016 SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Saksi adalah salah satu program dari SMP Labschool Jakarta yang bertujuan untuk menambah kedisiplinan, melatih kemandirian dan sebagainya. Kepanjangan SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. SMP Labschool Jakarta telah melaksanakan SAKSI selama 15 tahun berturut – turut dan saksi selalu diselenggarakan di Sangga Buana, Karawang tapi tahun lalu atau angkatan 24 saksinya diselenggarakan di Gunung Bunder. Saksi SMP Labschool Jakarta akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 Februari 2017 tapi, sebelum kita melaksanakan saksi kita akan mengikuti PRA SAKSI terlebih dahulu.
    Pada Jumat, 27 Januari 2017 kita dikumpulkan di tecil (teater kecil) untuk mencatat kebutuhan pribadi, lagu – lagu, vandel, tongkat, kelompok. Kita juga diberi waktu untuk berkumpul dengan kelompok masing – masing dan kakak pembina untuk menentukan ketua kelompok, wakil kelompok, persiapan pensi dan sebagainya. Kakak Pembina kelompok saya yaitu kak Zalma dan kak Nabilah. Setelah selang beberapa jam kita dibolehin pulang.
    Hari Senin, 30 Januari 2017 kita dikumpulkan lagi di tecil untuk melanjutkan mencatat vandel yang kemarin sempat tertunda. Kegiatan hari ini adalah mengecet tongkat, membikin vandel dan latihan awal dengan anggota kostrad yang nanti akan membina kami selama di Sangga Buana, Karawang. Sehabis kita mencatat vandel lalu kita disuruh mengganti baju menjadi baju olahraga dan diwajibkan memakai name tag yang sudah di print. Lalu kita kenalan dengan anggota kostrad dan melaksanakan latihan awal. Sehabis latihan awal dengan kostrad, kita mengecet tongkat sekaligus membuat vandel.
    Hari Selasa, 31 Januari 2017 kita melaksanakan lari pagi untuk menguatkan stamina kita. Setelah lari pagi kita diberikan waktu untuk istirahat dan mengganti baju. Dilanjutkan dengan kegiatan diskusi kelompok, menghafalkan yel-yel dan lagu-lagu. Pada hari Rabu,tidak ada kegiatan PRA-SAKSI.
    Hari Jumat, 3 Februari 2017 adalah hari yang ditunggu – tunggu karena hari ini adalah hari dimana kita akan mengikuti kegiatan SAKSI. Pagi sekitar jam setengah tujuh kami berkumpul di hall masjid melaksanakan apel keberangkatan dan setelah itu berangkat juga ke Sangga Buana, Karawangg. Sesampainya disana, yaitu pukul 11.30 kami langsung dibariskan sesuai kelompok dan yang laki-laki bersiap untuk sholat Jumat dan yang perempuan sholat berjamaah di Barak sekaligus melaksanakan keputrian. Setelah itu kami menaiki 225 anak tangga dan disana kami melaksanakan makan komando pertama kita. Setelah itu kami diberikan materi tentang ular dari SIOUX Indonesia. Kami dijelaskan tentang fakta biologis, tipe-tipe ular dan cara penanganannya. Dua teman kami pun digigit oleh ular yang tidak berbisa. Sehabis SIOUX kita dibolehkan mengambil barang dan mengganti pakaian di barak masing – masing. Lalu pada pukul 4.30 kami bersiap untuk melaksanakan pelantikan pramuka penggalang Rakit. Tetapi sebelum itu kami harus diuji oleh dua kakak OSIS ataupun MPK. Regu kami diuji oleh Kak Zege dan Kak Ocha. Ada beberapa teman regu saya yang tidak hafal lalu disuruh joget dan divideoin oleh Kak Ocha. Sehabis dilantik pramuka penggalang rakit kita melaksanakan makan komando malam dan diberi materi tentang Mencintai tanah air melalui pengalaman TNI KOSTRAD dan sehabis itu kita sholat maghrib dan isya. Setelah mengikuti beberapa kegiatan hari ini akhirnya kita dibolehin tidur.
    Sabtu, 4 Februari 2017 kita bangun jam 4 kita shalat tahajud dan subuh. Setelah itu kita diberi waktu untuk bersiap – siap untuk outbond hari ini dan makan komando pagi. Saat outbond banyak rintangan yaitu turun tebing, basah basahan, jembatan 2 tali dan flyng fox. Setelah itu kita mandi di sungai lalu kita merayap di rumput per kelompok dan bersiap – siap untuk menampilkan pentas seni dan peragaan busana namun sebelum melaksanakan 2 acara itu pada malam ini, kita makan komando malam seperti biasanya. Setelah itu kita tidur.
    Hari terakhir yaitu Minggu, 5 Februari 2017 kami apel penutupan, makom pagi dan foto sekelas dan kami semua mengepak barang barang kami kembali. Setelah itu kami pergi kelapangan bawah untuk menunggu bus. Dan setelah itu kami pulang ke labschool dan pergi ke rumah masing masing.

  22. mahira says:

    SAKSI 2017
    SAKSI merupakan salah satu kegiatan yang ada di SMP Labschool Jakarta. Hampir sebagian besar angkatan aku merasa excited dengan kegiatan ini. Kenapa sih kegiatan ini bisa membuat anak 25 excited gini..
    Jadi, tanggal 27, 30 dan 31 Januari 2017, anak 25 mengikuti kegiatan pra-saksi. Pada saat tanggal 27, kami diarahkan oleh para kakak OSIS tentang segala hal mengenai SAKSI. Mulai dari lagu yang ada di SAKSI, perlengkapan yang harus dibawa, kelompok dan tongkat SAKSI, vandel, yel-yel SAKSI dll.
    Menurutku sebelum mengikuti SAKSI, aku berpikir bahwa saksi itu menyeramkan, membosankan dan penyiksaan. Oke berlebihan, tapi ya aku mikirnya emang gitu.
    Next tanggal 30, kami dilatih PBB dari pelatih kostrad. Pada hari itu kami ya diajari cara periksa kerapihan, duduk, berdiri, jongkok dll. Pokoknya hari itu bener-bener focus sama PBB, tongkat, dan vandal. Aku gabisa ngejelasin pas hari Selasanya karena aku gamasuk waktu itu.
    Lanjut ke SAKSI..
    Jadi aku SAKSI pada tanggal 3-5 Februari 2017. Kami pergi ke Sangga Buana menggunakan bus sesuai keompok yang telah ditentukan. Perjalanan Labs-Sangga Buana cukup memakan waktu yang lama. Saat kami sampai, kami diarahkan lagi oleh pelatih kostrad lalu kami sholat dulu dan setelah itu deperbolehkan naik ke atas melalui sekitar 200+ anak tangga.
    Sampai di atas kami diperbolehkan beristirahat sebentar lalu kami makan komando. Makanan pada makan komando pertama aku kurang suka karena ada jeruk. Setelah makan komando, kami diperbolehkan masuk ke barak tempat kami tidur. Setelah beres-beres tas dan segala peralatan SAKSI, kami berkumpul di tenda.
    Saat di tenda, kami diberikan materi tentang ular. Pemberian materi kali ini cukup lama. Setelah pemberian materi, kami diberikan waktu untuk berganti baju pramuka. Kami melaksanakan pelantikan penggalang rakit pramuka.

    Setelah itu kami berganti baju dan melaksanakan sholat magrib digabung isya. Lalu kami makan komando dilanjutkan dengan pemberian materi tentang kostrad dan beristirahat. Keesokan hariya kami bangun sekitar pukul 4 dini hari untuk melaksanakan sholat tahajud dilanjut dengan sholat subuh berjamaah.
    Selanjutnya kami berganti baju saksi dan makan komando. Kami dibentuk grup yang terdiri dari 2-3 kelompok untuk melaksanakan outbond. Aku merasa bosen banget pas itu karena udah 2 jam nunggu dan akhirnya main flying foxnya di pending. Setelah itu kami melaksanakan makan komando lagi untuk makan siang dan beristirahat sebentar. Saat beristirahat, aku mengobrol dengan mamaku yang datang waktu itu.
    Setelah beristirahat kami melanjutkan outbond yang tertunda. Setelah itu kami bermain lumpur di suatu daerah seperti sawah. Selanjutnya adalah part ter-favorit aku, yaitu bermain di sungai. Setelah itu kami kembali ka atas dan disuruh telentang di lapangan. Setelah itu kami merayap dan kami diperbolehkan bersih-bersih dan sholat dzuhur serta ashar(digabung). Setelah itu kami sholat magrib digabung isya dan makan komando. Selanjutnya kami melaksanakan peragaan busana dan pentas seni.
    Setelah pentas seni, kami diperbolehkan istirahat untuk besok pagi. Keesokan harinya kami berkemas pulang dan makan komando. Selanjutnya agenda kami adalah kegiatan bebas, kami diberi tahu peserta SAKSI terbaik 2017 dan sebagainya. Kami juga berfoto kelas, angkatan serta beramah-tamah dengan para pelatih kostrad.
    Jadwal kami pulang adalah pukul 09.30 , tapi kepulangan kami ditunda karena baru ada 2 bus. Setelah menunggu cukup lama akhirnya semua bus sudah datang dan kami kembali ke labschool di mana orangtua kami telah menunggu.
    Menurut aku SAKSI itu gaseburuk yang aku pertama kali bayangkan. Saksi itu seru, awalnya memang aku berpikir bahwa itu menyeramkan. Namun dugaaanku salah banget. Selesai!

    Mahira 7B

  23. Hamdion Bismo N - 7B/16 says:

    SAKSI 2017

    Tanggal 3 Februari 2017, siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta melaksanakan SAKSI di KOSTRAD, Sangga Buana, Karawang. SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa, disana kita dilatih langsung dengan tentara. Disana kita dilatih dengan penuh ketegasan, kedisiplinan, serta tanggung jawab, dan disana terdapat kegiatan yang sangat seru, seperti Outbond, mandi di sungai. Selain itu disana kita malaksanakan pelantikan Pramuka di lapangan utama KOSTRAD, disaat itu kita dilantik menjadi Penggalang Rakit, Lalu ada pengenalan reptile dari organisasi SIOUX disaat itu kita dijelaskan detil tentang hewan reptile yaitu ular dijelaskan dari bagian tubuh sampai bisa dan racun yang terdapat dalam ular.

    Sebelum melaksanakan SAKSI, kita melaksnakan pelatihan terlebih dahulu yaitu PRASAKSI, disitu kita dilatih PBB yaitu Pelaihan Baris Berbaris, mengecat tongkat, membuat vandel dan Lari Pagi selama 3 hari, selalu dilatih seperti itu selama 3 hari. Kita berangkat dari Labschool jam 6.30, kita berangkat naik bus, kami menempuh jarak yang sedikit jauh kita terkena macet sehingga kita terlambat sampai d KOSTRAD, sampai d KOSTRAD kita langsung sholat jum’at dan langsung menuju ke lapangan atas dan disana langsung Makan Komando, Makan Koman diajarkan untuk makan dengan cepat serta menghargai makanan yang telah diberikan.Setelah makan komando, kami mendapatkan materi oleh SIOUX tentang ular.mulai dari jenis-jenis ular,cara penanganan, dll.selanjutnya,kami semua menjalankan pelantikan pramuka dilapangan.
    Malam harinya, kami semua mendapatkan materi tentang mencintai tanah air melalui bagaimana para TNI kostrad bekerja untuk membela Negara Indonesia.

    Pada hari esoknya kita melaksanakan Outbond dan mandi di sungai, Outbond disana sangat menantang seperti Raffling (Turun Tebing), Jembatan Dua Tali, Flying Fox, kita melaksanakannya dengan lancar dan tidak ada yang terluka parah, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat seru di antara kegiatan lain di SAKSI, setelah Outbond kita langsung menuju sungai untuk mandi, disitu kita bermain air dan terbawa arus, diantara kitra ada yang kacamatanya terbawa arus atau hanyut dibawa arus, lalu kita langsung merayap, dan kita langsung bersih bersih dan persiapan PENSI dan Peragam Busana

    Hari Esoknya adalah perpisahan yaitu penyampaian pesan kesan Foto, dan setelah itu kita langsung menuju ke lapangan bawah dan persiapan pulang, setelah itu kita langsung menuju Labschool

  24. abdul malik says:

    SAKSI 2017

    SAKSI adalah salah satu kegiatan rutin setiap tahun di SMP Labschool Jakarta. SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepempimpinan Siswa Indonesia. SAKSI adalah kegiatan dimana siswa kelas 7 dilatih oleh kostrad. SAKSI dilaksanakan tanggal 3-5 Februari. SAKSI dilaksanakan di Sanggabuana Karawang. Sebelum melaksanakan SAKSI, kelas 7 melakukan praSAKSI. PraSAKSI dilaksanakan pada hari Jumat, Senin dan Selasa minggu sebelum SAKSI.
    Pada kegiatan praSAKSI, kelas 7 membuat vandel dan tongkat. Tongkat di bawa oleh wakil dan ketua, sedangkan vandel hanya dipakai oleh ketua kelompok saja. Kelas 7 berangkat menggunakan bis. Ada guru dan OSIS MPK yang ikut juga.
    pada saat kelas 7 baru sampai, kami melakukan sebuah apel. Setelah apel, kita solat Jumat. Kami naik 200 anak tangga untuk ke barak. Setelah kami naik, kami makom atau makan komando. Makan komando adalah makan dengan teratur, cepat, bersih, dan dengan komando kapan mulai dan kapan selesai makan. Setelah makan komando, kami mendapat materi dari Sioux. Materi dari Sioux adalah materi tentang ular. Kami belajar cara menanggulangi gigitan ular, cara mengobati dan jenis-jenis ular yang berbaya. Kami pun belajar cara membedakan ular yang berbisa dengan yang tidak. Setelah mendapat materi dari Sioux, kami ke barak untuk menaruh tas dan mengganti baju pramuka karena kami akan melaksanakan pelantikan pramuka. Setelah itu kami melaksanakan pelantikan pramuka. Kami dilantik dari pramuka penggalang ramu menjadi pramuka penggalang rakit. Setelah dilantik kami ke barak untuk mandi dan mengganti baju bebas untuk kegiatan di malam hari. Setelah itu, kami solat maghrib dan menjama solat isya. Setelah solat, kami makom lagi. Setelah makom, kami mendapat materi tentang cinta tanah air. Dan kami setelah itu tidur.
    Pada hari kedua, kami solat subuh terlebih dahulu, setelah solat subuh, kami siap-siap untuk outbond. Dan kami melakukan outbond. Ada turun tebing, flying fox, jembatan tali 2, dan lain-lain. Setelah outbond, kami mandi ke sungai. Setelah outbond, kami mandi dan mengganti baju bebas untuk solat dan menonton peragaan busana daerah. Setelah melihat peragaan busana daerah, kami melakukan kegiatan pensi.
    Pada hari ke 3 kami hanya acara bebas dan berangkat ke Labschool.

  25. Hamdion Bismo N - 7B/16 says:

    SAKSI 2017

    Tanggal 3 Februari 2017, siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta melaksanakan SAKSI di KOSTRAD, Sangga Buana, Karawang. SAKSI adalah Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa, disana kita dilatih langsung dengan tentara. Disana kita dilatih dengan penuh ketegasan, kedisiplinan, serta tanggung jawab, dan disana terdapat kegiatan yang sangat seru, seperti Outbond, mandi di sungai. Selain itu disana kita malaksanakan pelantikan Pramuka di lapangan utama KOSTRAD, disaat itu kita dilantik menjadi Penggalang Rakit, Lalu ada pengenalan reptile dari organisasi SIOUX disaat itu kita dijelaskan detil tentang hewan reptile yaitu ular dijelaskan dari bagian tubuh sampai bisa dan racun yang terdapat dalam ular.

    Sebelum melaksanakan SAKSI, kita melaksnakan pelatihan terlebih dahulu yaitu PRASAKSI, disitu kita dilatih PBB yaitu Pelaihan Baris Berbaris, mengecat tongkat, membuat vandel dan Lari Pagi selama 3 hari, selalu dilatih seperti itu selama 3 hari. Kita berangkat dari Labschool jam 6.30, kita berangkat naik bus, kami menempuh jarak yang sedikit jauh kita terkena macet sehingga kita terlambat sampai d KOSTRAD, sampai d KOSTRAD kita langsung sholat jum’at dan langsung menuju ke lapangan atas dan
    Malam harinya, kami semua mendapatkan materi tentang mencintai tanah air melalui bagaimana para TNI kostrad bekerja untuk membela Negara Indonesia.

    Pada hari esoknya kita melaksanakan Outbond dan mandi di sungai, Outbond disana sangat menantang seperti Raffling (Turun Tebing), Jembatan Dua Tali, Flying Fox, kita melaksanakannya dengan lancar dan tidak ada yang terluka parah, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat seru di antara kegiatan lain di SAKSI, setelah Outbond kita langsung menuju sungai untuk mandi, disitu kita bermain air dan terbawa arus, diantara kitra ada yang kacamatanya terbawa arus atau hanyut dibawa arus, lalu kita langsung merayap, dan kita langsung bersih bersih dan persiapan PENSI dan Peragam Busana

    Hari Esoknya adalah perpisahan yaitu penyampaian pesan kesan Foto, dan setelah itu kita langsung menuju ke lapangan bawah dan persiapan pulang, setelah itu kita langsung menuju Labschool

  26. Najla Fairuz Riszy 7B says:

    Nama: Najla Fairuz Riszy
    Kelas: 7B
    Absen:28
    SAKSI 2017
    Saksi adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia, tahun ini adalah tahun ke-15 SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan SAKSI. Tahun ini saksi diselenggarakan di Sangga Buana berbeda dengan tahun lalu yang diadakan di Gunung Bundar. Hanya tahun lalu Saksi diadakan dilain tempat. Sebelum kita mengikuti Saksi kita harus melewati masa Pra Saksi.
    Pada tanggal 27 Januari 2017 kami melakukan Pra Saksi hari pertama, hari pertama kami berkumpul di Teater Kecil setelah sholat jumat, disana kita hanya mencatat untuk membuat vandal tongkat dan barang-barang yang harus di bawa Saksi nantinya. Kita juga berkumpul dengan kelompok untuk memilih ketua kelompok, wakil ketua kelompok, peragaan busan, dan mc pensi. Kita juga tidak lupa untuk menentukan apa yang akan kita tampilkan saat pensi nanti, kita memusywarahkan semua itu dibantu juga oleh kp kita yaitu Ka Ayumi dan Ka Bunga.
    Pada tanggal 30 Januari 2017 kami melakukan Pra Saksi hari kedua, Pra Saksi hari kedua kita pagi-pagi berkumpul lagi di Teater Kecil karena waktu Pra Saksi Hari Pertama kita belum selesai mencatat, setelah selesai mencatat kami turun lalu ganti baju olaharaga karena kita akan melakukan kegiatan latihan pbb di hall basket, setelah selesai ganti baju kita langsung pergi menuju hall basket, setelah selesai latihan pbb kita turun dan langsung ke hall-ma karena kita akan membuat vandel dan tongkat. Karena 1 kelompok ada sekitar 16-17 orang kita dibagi 2 ada yang membuat vandel da nada juga yang membuat tongkat.
    Pada tanggal 31 Januari kami melakukan Pra Saksi hari ketiga, Pra Saksi hari ketiga kita melakukan Lari pagi tetapi kami lari pagi tanpa dibimbing oleh Kakak OSIS dan MPK, karena mereka harus melakukan LKMS.
    Pada tanggal 3 Februari 2017 kami melakukan SAKSI hari pertama, kami sampai di sekolah harus sebelum jam setengah tujuh karena kami akan melaksanakan apel pembukaan, setelah selesai apel pembukaan kami langsung menuju bus masing-masing untuk pergi ke Sangga Buana, perjalanan ke Sangga Buana menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan, selama di perjalanan kami melakukak berbagai kegiatan ada yang tidur, makan, ngobrol, dan lain-lain. Setelah sampai kami langsung berkumpul di lapangannya, dan setelah itu yang laki-laki langsung sholat jumat sedangkan yang perempuan sholat dzuhur. Setelah selesai sholat kami langsung naik ke atas untuk makan siang komando dan setelah itu kita mendapat materi yaitu tentang ular, setelah selesai materi kami ganti baju pramuka karena kami akan dilantik menjadi penggalng rakit, setelah selesai pelantikan kami membersihkan diri lalu sholat maghrib dan isya di jamak, setelah itu kami mendapat materi lalgi lau kami istirahat malam.
    Pada tanggal 4 Februaru 2017 kami melakukan SAKSI hari kedua kami bangun pagi lau sholat subuh dan setelah itu kami membersihkan diri baru setelah itu kami makan pagi komado lalu kami langsung outbond sampai siang lalu makan siang komando dan lanjut outbond lagi sampai sore dan setealh itu kami membersihkan diri dan sholat ashar jamak dengan dzuhur sehabis itu kami sholat isya dan maghrib jamak dan lanjut dengan kegiatan pensi, lalu kami istirahat malam
    Pada tanggal 5 Februari kami bangun pagi lalu sholat subuh dan dilanjutkan dengan membersihkan diri lalu makan sarapan komando lalu pengumuman peserta terbaik dan lain lain, setelah itu kami pulang menuju sekolah kami dan baru pulang ke rumah masing-masing.

  27. Alviena Azzahra 7B says:

    SAKSI 2017
    Saksi, saksi dan saksi, hampir dua minggu ini aku selalu memikirkan saksi. Dari mulai persiapan mental, fisik dan yang paling susah packing. Dari tanggal 27-31 januari aku dan kelompok ku menjalankan pra-saksi. Lelah, capek dan pegal, itu semua kita rasakan bersama. Tetapi selain hal tersebut masih banyak lagi momen berharga dari acara ini, seperti yel-yel bersama, membuat tongkat dan vandal d.l.l, pokoknya saksi bitu hebat karena bisa membuat 275 anak 25 semangat membara.
    Aku kaget sekali saat mendengar pengalaman kakak ku saat ikut saksi! Dari saat itu aku takut mengikuti saksi. Sampai akhirnya aku mengikuti pra-saksi. Ternyata saksi tidak terlalu seram, malah aku merasa senang dan bahagia. Selain kelompok ku yang seru, hal favorit ku adalah yel-yel saksi. Katanya tahun ini adalah pertama kalinya kita menggunakan yel-yel, dan yel-yelnya itu Mantabs abiss.
    Setelah mengikuti pra-saksi kami semua yakin sudah siap, tetapi datanglah saat yang sangat susah yaitu packing. packing, menurutku memang yang paling susah dari semua, tetapi yang paling aneh hampir semua barang ku masuk ke dalam travel bag yang ukuranya juga tak terlalu besar, bahkan masih ada sisa tempat! Yaa, mungkin itu hari keberuntungan ku (hehehe). Akhirnya name tag, travel bag, ransel sudah ku siapkan.
    Hari jumat, 3 februari aku berangkat ke sekolah untuk persiapan berangkat ke saksi. Saat aku sedang berbaris dengan kelompok ku, aku teringat bahwa mukena ku tertinggal di kelas! Saat menyadari itu aku panik berat dan langsung ijin ke pak yuro untuk pergi ke kelas, tetapi saat aku membuka pintu ternyata kelasku terkunci! Aku lari pergi mencari pramubakti dan setelah sekian lama aku akhirnya bertemu dengannya dan langsung mengambil mukena ku.
    Jam 10, kita langsung naik bis dan ke sanggar buana. Sampai disana kita berbaris dan solat zuhur di jamma dengan ashar. Untuk whudu saja antrianya sangat panjang, karena hanya ada 4 kamarmandi (kalau gak salah) selesai sholat aku kultum kelompok 1 putri. Dan aku sangat malu dan kultum ku juga tidak terlalu jelas. Selesai itu semua. Kita harus naik tangga, tetapi karewna aku memiliki penyakit khusus aku tidak menaiki tangga, melainkan jalan besar dan panjang menanjak! Sampai disana baris berbaris dan diajarkan makan komando.
    Makan komando sebenarnya biasa saja menurutku, tapi yang membuat seram itu kakak osis. Selesai makan komando kita masuk bara dan merapihkan barang. Setelah semua barang rapih kita diberi istirahat sebentar. Oh ya! Kita juga diajarkan peluit 1,2,3 yang paling kusuka nomor 3 karena itu artinya tiarap. Habis istirahat kita belajar tentang ulat dari Sioux, waktu itu aku sangat ingat ada 2 anak kiki sama hafiz (rada lupa gitu) digigit, tapi langsung diobatin kok. Dan ada ular pipis dan poop di tenda, itu sangat lucu!
    Di hari itu kami melakukan pelantikan pramuka juga, agar menjadi penggalang rakit. Setelah kami melakukan itu kami bersih-bersih, sholat maghrib dan isya, menyaksikan kultum dan makan komado. Di saat malam kami diajarkan cara mencintai tanah air melalu pelatihan kostrad. Karena aku terlalu ngantuk aku mengobrol dengan gadis dan melawak agar tidak ngantuk. Selesai itu kita tidur..
    Hari kedua, isinya hanya out bond seperti turun tebing, flying fox, jembatan getar, d.l.l awalnya aku sangat kesal karena aku tidak mendapat giliran turun tebing, tapi akhir-akhrnya juga turun. Dan paling kesal saat flying fox karena sepatu ku berlumpur dan celana ku kotor. Permainan ke tiga kita main jembatan getar dan tali di atas air gituu. Selesai itu kita main sungai! Di kesempatan itu aku mencuci cuci sepatu d.l.l, bekas dari sungai itu banyak benjol-benjol di lutut. Habis main sungai kita naik ke atas lagi dan di suruh tiduran, ternyata kita difoto melalui drone. Habis di foto kita disuruh lomba merangakak. Banyak kelompok yang putus, tetapi alhamdullilah kelompok ku tidak terputus dan menjadi pemenang lomba itu! Pokoknya habis semua itu kita bersih-bersih lalu sholat, makan komando dan peragaan busana. Aku sangat bosan menunggu pensi. Saat giliran kelompok ku maju, kita menampilkan sebisanya dan yaa gitu hasilnya. Dan malam-malamnya kami ada acara memorial dari osis agar momen ini teringat selalu dan kita tidur!
    Hari ketiga kita santai-santai, hanya solat dan packing selesai itu kita turun dan menunggu bus datang. Waktu saat kita menunggu sangat lama hampir sejam. Ketika bus dating kita langsung naik dan pulang ke Jakarta.
    Jadi itu pengalaman ku, saksi sangat melatih karakterku dan akan ku ingat selamanya-lamanya. Bagi yang sdang membaca ini, maaf jika ada kesalahan kata dan typo mohon maaf dan semoga kalian mengambil hal positif dari pengalaman ini.

    Jadi ini saja dari saya dan Salam SAKSI !

    Penulis:
    Alviena Azzahra 7B (04)

  28. Syifa Naila P 7D says:

    Saksi 2017 SMP Labschool Jakarta
    Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan SAKSI adalah kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta sebagai syarat wajib kelulusan. Saksi diikuti oleh siswa kelas 7 atau 1 SMP,tetapi jika pada kelas 1 SMP tidak dapat mengikuti saksi maka sebagai gantinya pada saat kelas 2 SMP nanti mengikuti saksi bersama kelas 1 SMP.
    Pada tahun ini saksi diselenggarakan di Sangga Buana yang terletak di Karawang. Disana kita diajari untuk lebih disiplin dan juga tepat waktu, contohnya kita dibangunkan jam 4 pagi untuk shalat dan juga diajari untuk tidak mebuang buang makanan dan banyak lagi.
    Sebelum kita melaksanakan saksi,kita diberikan pelatihan atau yang biasa disebut Pra Saksi sebagai persiapan untuk melakasanakan saksi seperti persiapan PBB dan banyak lagi. Hari pertama Pra Saksi dilaksanakan pada hari jumat 1 minggu sebelum saksi berlangsung. Pada hari jumat kita ditampilkan slide dan diberi waktu untuk menulis perlengkapan pada saat saksi dan juga barang barang untuk membuat vandel dan tongkat. Pada hari kedua Pra Saksi yaitu hari Senin,kita diajarkan PBB oleh tentara yang dikirim dari Sangga Buana. Pada saat selesai latihan PBB kita membuat vandel dan tongkat di hall masjid atau yang biasa disebut hallma. Pada saat membuat vandel dang tongkat dibagi menjadi 2 grup yaitu grup vandel dan grup tongkat. Pada saat itu aku masuk ke grup yang membuat tongkat. Pada saat pengecatan tongkat cukup seru,kita bermain cat pada saat sudah selesai.
    Pada hari ketiga Pra Saksi (Terakhir) yaitu hari Selasa kita melaksanakan lari pagi setelah itu berlatih yel yel. Pada hari Rbu dan Kamis kita belajar seperti biasa dan pada hari Jumatnya kita berangkat ke Sangga Buana tempat dilaksanakannya saksi. Pada saat tiba di Sangga Buana kita dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan bagian bawah. Untuk mencapai ke barak tempat kita tidur kita perlu menaiki kurang lebih 200 an anak tangga. Setelah sampai di atas kita istirahat terlebih dahulu di tenda berkumpul. Setelah ber istirahat dan minum, kita pergi mengambil makan dan makan komando. Karena ini pertama kali makan komando di Sangga Buana maka kita dijelaskan terlebih dahulu dimana tempat meletakkan nasi, dimana tempat meletakkan lauk,sayur dan yang lainnya. Kita juga diberi tahu terlebih dahulu tata cara dan peraturan untuk makan komando.
    Setelah makan komando, kita mendapatkan materi tentang ular. Seperti biologinya ular, fisik ular dan banyak lagi. Setelah materi tentang ular kita diberi waktu untuk istirahat dan membereskan tas didalam barak. Setelah itu kita shalat Maghrib dan makan malam komando. Disana setiap kita makan selalu makan komando dan pada saat makan komando terdapat sayur dan wajib dihabiskan. Setelah itu kita diberikan materi berupa video tentang TNI di Indonesia. Dan juga ada beberapa murid yang bertanya dan tentunya para tentara juga memberi beberapa pertanyaan untuk murid murid. Setelah video selesai maka kita diberi waktu untuk tidur dan dibangunkan pada jam 4 pagi.
    Pada hari kedua saksi yaitu hari Sabtu. Kita makan pagi komando dan melakukan outbond. Ada banyak permainan pada saat outbond seperti jembatan tali dua, flying fix dan banyak lagi. Setelah itu kita diwajibkan untuk merayap di lumpur dan setelah itu berjalan menuruni tangga ke sungai. Sebelum kita sampai ke sungai kita harus melewati air yang kotor dan kita harus melewatinya dengan cara merayap, tetapi karena bagian perempuan airnya cukup tinggi jadi diberi tangga dibagian atasnya. Setelah sampai di sungai kita membersihkan baju yang terkena lumpur dan sungai yang penuh kerikil. Setelah dari sungai kita kembali menaiki anak tangga untuk sampai ke atas dan pada saat diatas kita lomba merangkak per kelompok. Setelah itu kita makan, pentas seni, fashion show busana daerah. Setelah itu kita tidur dibarak masing masing.
    Pada hari terakhir kita diperbolehkan berfoto foto dan juga istirahat di barak mempersiapkan barang barang sebelum pulang. Lalu sebelum pulang kita apel penutupan, pengumuman peserta terbaik saksi, tongkat dan vandel terbaik, dan penghargaan yang lainnya. Dan kita sampai di SMP Labschool sekitar jam 12 an dan diperbolehkan untuk pulang kerumah masing masing.

  29. Haykal Fajri R says:

    SAKSI 2017
    SMP LABSCHOOL JAKARTA ANGKATAN 25
    By : Haykal Fajri Rabbani

    Pada hari Jumat 3 Februari 2017, Angkatan 25 SMP Labschool Jakarta mengadakan acara SAKSI yaitu Studi dan Apresiasi Kepeminpinan Siswa. Acara ini diselenggarakan agar siswa sisiwi SMP Labschool bisa menjadi murid murid yangt mandiri.
    Di pagi harinya , tepatnya tanggal 3 Februari 2017 kita melaksanakan apel keberangkatan. Setelah melaksanakan apel keberangkatan kami langsung menuju tempat SAKSI 2017 tepatnya di Denharrahlat Kostrad Sangga Buana denga menggunakan bus, perjalanan di tempuh sekitar 4 jam.
    Setelah sampai di sana kita langsung berbaris sdan menaruhkan tas, lalu kami langsung melaksanakan sholat jumat berjamaah. Setelah selesai melaksanakan sholat jumat berjamaah kami langsung segera pergi ketempat istirahat yang berupa barak yang kurang lebih menaiki 250 tangga untuk putri dan sekitar 280 tangga untuk putra.
    Setelah di barak dan meletakan tas kami langsung kembali ke lapangan utama untuk makan siang. Seperti yang sudah disetujui oleh para guru kami langsung melaksanakan makan komando. Makan komando di laksanakan untuk melatih kedisiplinan karena di makan komando waktu amakannya sudah di tentukan hayna sebentar dan kami harus segera menhabisi semua.
    Setelah makan komando selesai kami langsung pergi ke tenda untuk mendengarkan penjelasan tentang ular dari SIOUX, atau komunitas pecinta ular. Dan mereka juga memberitahukan tentang bahaya ular jenis jenis ular.
    Lalu kami dipersilahkan untuk bersih bersih diri dan segera meapikan barak. Setelah itu kami langsung langsung menuju tenmda untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah yang di jama dengan isya.
    Lalu kami kembali langsung melaksanakan makan malam (makan komando). Setelah selesai kami langsung pergi ke menuju tenda dan mendengarkan cerita dan beberapa kisah tenmtang pengorbanan TNI untuk NKRI. Setelah selesai kami dipersilahkan untuk tidur.
    Esok paginya, kami langsung melaksanakan baris berbaris dan di beritahu tentang beberapa informasi. Setelah itu kami dipersilahkan untuk mandi. Lalukami kembali menuju lapangan dan segera melakukan outbound.setelah itu kami dipersilahkan unmtuyk m,andi dang anti baju Pramuka.
    Setelah berganti baju kami langsung menuju lapangan untuk melaksanakan pembagian tanda kecakapan umum Pramuka.setelah baris berbaris kami di persilahkan mengganti baju tidur yang sopan danbersih.
    Lalu setelah itu kami langsung menuju tenda kembali dan melaksanakan sholat maghrib berjamaah setelah itu kami melaksanakan acara peragaan busana dan Pensi. Setelah selesai kami dipersilahkan untuk tidur dan beristirahat.
    Esok paginya kami langsung membereskan barang barang bawaan untuk di masukan ke tronton pembawa barang . setelahitu kami langsung pergi kelapangan dan di suruh menuju ke sungai untuk bermain lumpur dan air. Setelah itu kami langsung menuju lapangan utama di atas dan segera bertiduran di rumput.
    Setelah itun kami dipersilahkan untuk mandi dan bersih bersih. Lalau setelah selesai kami segera makan pagi (makan komando). Setelah selesai kami langsung turun kebawah tempat bus diparkirkan.
    Lalu kami segera pulang menggunakan bus. Perjalanan yang di tempouh tyidak selama perjalanan yang di tempuh saat berangkat yakni han ya 2 jam perjalanan. Setelah samapai dari perjalanan yang cukup jauh kami segera mencari cari koper atau tas masing masing yang telah di beri Label nama oloeh para perserta sakasi dan kami lamgsung di persilahkan untuk pulang dan beristirahat di rumah, errata rata mereka di jemput orang tuannya saat pulang.

  30. Vannia Saphira 7D says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah Studi Apresiasi & Kepemimpinan Siswa Indonesia. Saksi 2017 kali ini dilaksanakan di Gunung Sangga Buana, Karawang. Peserta Saksi 2017 adalah siswa – siswi kelas 7 serta kelas 8 dan 9 yang belum mengikuti Saksi pada tahun sebelumnya. Kami semua dibagi menjadi 9 kelompok putra serta 9 kelompok putri.
    Saksi kali ini diadakan pada hari Jum’at – Minggu, 3 – 5 Februari 2017. Sebelum Saksi, diadakan Pra Saksi. Pra Saksi adalah kegiatan – kegiatan sebelum saksi seperti pengecatan tongkat, pembuatan vandel, dan latihan PBB. Kami berangkat ke Sangga Buana pada hari Jumat sekitar pukul 7 setelah apel. Kami berangkat naik bus. Setiap bus berisi 3 kelompok saksi dengan masing – masing KP OSIS. Perjalanan dari Labschool ke Sangga Buana memakan waktu sekitar 3 jam.
    Tiba di sana, kami berbaris sesuai kelompok kemudian melaksanakan sholat jumat berjamaah bagi putra dan sholat dzuhur bagi putri. Setelah selesai sholat, kami berbaris kembali lalu bersiap – siap menaiki 200 anak tangga untuk sampai ke lapangan atas Sangga Buana. Selama berada di Sangga Buana, kami dibina oleh para tentara dari KOSTRAD. Sampai di lapangan atas, kami berkumpul di tenda lalu diberikan sedikit pengarahan. Kemudian kami menaruh bawaan kami di tenda dan berbaris di lapangan. Kami mengambil makan siang. Kemudian kami duduk berhadap – hadapan untuk melaksanakan makan komando. Kami semua harus menghabiskan makanan dengan cepat, dan dengan posisi badan yang tegak. Kami tidak diperbolehkan berbicara selama makan.
    Setelah selesai makan komando, kami kembali ke tenda untuk mendapatkan materi tentang pengenalan ular. Kami dijelaskan tentang berbagai jenis ular di Indonesia, jenis – jenis ular berbisa, jenis – jenis bisa ular, dll. Kami juga diberi penjelasan tentang bagaimana mengobati bagian tubuh yang terkena bisa ular. Setelah materi pengenalan ular, kami mengambil kembali bawaan kami kemudian menuju barak. Barak adalah tempat istirahat kami yang alasnya terbuat dari kayu. 1 barak berisi 3 kelompok. Sampai di barak, kami mencari tas yang sudah kami kumpulkan di hari sebelumnya untuk langsung dibawa ke barak kami masing – masing. Tas ini yang berisi baju – baju kami untuk 3 hari. Setelah menemukan tas kami, kami mengenakan pakaian pramuka dan bersiap – siap untuk pelantikan. Setelah selesai pelantikan, kami bersih – bersih lalu sholat berjamaah. Setelah sholat kami istirahat.
    Kami kembali melaksanakan makan komado setelah sholat isya. Setelah makan komando, kami berkumpul di tenda dan mendapatkan materi dari tentara KOSTRAD. Saat waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam, kami menuju barak untuk tidur.
    Kami dibangunkan pada pukul 4 pagi untuk melaksanakan ibadah sholat tahajud dan sholat subuh. Setelah sholat subuh dan mendengarkan kultum, kami sarapan. Kemudian, kami menuju barak dan mengganti pakaian menjadi baju saksi. Lalu kami berkumpul di lapangan. Kami mengikuti outbond hingga siang hari. Kemudian kami istirahat sebentar dan melaksanakan makan komado. Setelah itu, kami melanjutkan outbond. Saat hari sudah mulai sore, kami bersih – bersih dan bersiap melaksanakan sholat. Setelah itu, diadakan parade busana daerah yang diwakili oleh satu orang dari setiap kelompok putra maupun putri. Setelah parade busana daerah selesai, dilanjutkan dengan pensi. Pensi ini ditampilkan oleh setiap kelompok putra dan putri. Ada yang menyanyi, drama, band, dll. Selama pensi kami diberi snack dan minuman. Setelah semua kelompok tampil, kakak- kakak OSIS menyanyikan lagu yang berjudul “Sahabat Kecil” dan “Fix You”. Kemudian setelah acara pensi selesai, semua peserta menuju barak dan tidur.
    Besoknya kami dibangunkan pukul 4 untuk melaksanakan ibadah sholat. Setelah sholat, kami sarapan. Sarapan kali ini tidak dilaksanakan dengan makan komando. Kami sarapan dengan santai, tapi makanannya tetap harus habis. Setelah sarapan, semua peserta bersih –bersih dan berganti pakaian menjadi baju angkatan. Kemudian kami semua kembali ke lapangan untuk apel. Saat itu juga diumumkan peserta terbaik SAKSI. Setelah foto kelas & ramah tamah dengan para tentara, kami semua berjalan menuju bis dan pulang kembali menuju Jakarta.

  31. danika rainandini nimpuno says:

    SAKSI 2017
    Di saksi 2017 aku pertama kali berangkat menuju sangga buana tanggal 3 februari 2017 dengan menggunakan bus yang tidak sesuai kelas tetapi kelompok jadi selama di bus kita bisa berinteraksi dengan teman-teman berbeda kelas dengan kita. Saat di jalan kami melihat pemandangan bahwa banyak rumah-rumah kumuh dan itu mengajarkan aku bahwa kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki. Saat sampai kami apel pembukaan dan diberi waktu istirahat sekitar sepuluh menit lalu kami sholat berjamaah sedangkan yang laki melaksanakan sholat jumat. Setelah itu kami melanjutkan kegiatan yaitu menaiki 225 injakan tangga.
    Saat tiba diatas kami diberi tahu peraturan pluit dll. lalu diberi penjelasan tentang dimana kami harus meletakkan makanan kami yang berjenis apa dan di bagian mana nampan dan dilanjutkan makan siang komando pertama. Kami mengantre untuk mengambil makanan lalu kembali ke lapangan untuk baris dan persiapan untuk makan. Setelah kami duduk kami makan dengan cepat dan membantu teman kami kalau mereka belum menyelesaikan makanan mereka sedangkan makanan kami sudah habis. Lalu ditengah makan ada terdengar suara ledakan dan kami bertiarap sambil teriak “darurat” berkali kali. Setelah selesai makan kami memasuki tenda dan mendengarkan penjelasan tentang ular dari kakak kakak sioux. Disana kami mempelajari ular dari mulai biologinya, jenisnya, jenis taringnya, cara menangani gigitan ular, cara memengang ular, dan masih banyak lagi.
    Setelah selesai mendengarkan penjelasan dari sioux kami melanjutkan kegiatan yaitu pelantikan pramuka penggalang rakit. Setelah itu kami makan malam komando dan mendengarkan materi yang dijelaskan oleh salah satu tentara kostrad. Lalu setelah itu kami tidur.
    Besok paginya kita bangun dan melaksanakan sholat sunah tahajud dan sholat subuh juga mendengarkan kultum dari beberapa kelompok. Pada hari itu tanggal 4 februari 2017 kami melaksanakan outbond. Ada flying fox, jembatan tali 2, tali tarzan, turun tebing, dan berjalan diatas papan yang berposisi diatas lumpur. Sambil kiat melaksanakan outbond orangtua murid melaksanakan baksos saksi dan dapat melihat kami melaksanakan outbond dan makan komando. Setelah itu kami menghentikan kegiatan sebentar untuk melaksanakan makan komando dan setelah itu kami melanjutkan outbound. Aku tuidak diperbolehkan ikut outbond dikarenakan riwayat patah tulang jadi aku hanya melihat teman-teman yang sedang bermain dan beraktivitas. Setelah itu kami bermain ke sungai tetapi lagi-lagi dikarenakan riwayat patah tulangku aku tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan tersebut. Lalu malam hai kami melaksanakan dan menonton peragaan busana dan pentas seni dan kira-kira selesai jam 11.30 malam lalu kami langsung bergegas tidur. Keesokan paginya kami bangun agak lebih siang daripada hari kemarin karena malam ini kami tidur lebih larut. Kami bangun dan sholat subuh dan setelah itu kami bebersihan dan dilanjutkan makan pagi santai karena kali ini kami tidak harus buru-buru menghabiskan makanan. Setelah itu kami merapihkan barak dan berkemas setelah itu melaksanakan apel penutupan sekaligus diumumkan peserta terbaik dll. Setelah itu kami foto perkelas dan menuruni 225 tangga dan memasuki bus per 3 kelompok. Kami menuju labschool dan disitulah selesainya kegiatan saksi 2017 pada tanggal 5 februari 2017.

  32. Thifalina zavi adwani 7D says:

    SAKSI SMP Labschool 2017
    Pengalaman SAKSIku di mulai dengan pra SAKSI yang dilaksanakan pada hari Jumat,senin,dan selasa. Pada pra SAKSI di hari jumat kami hanya di ada briffing tentang apa itu SAKSI,Perlengkapan apa saja yang perlu di bawa, perkumpulan dengan kelompok, dan yel-yel atau lagu apa saja yang perlu kita hafalkan. Di hari jumat kita juga diberi tahu apa saja perlengkapan yang perlu di bawa untuk membuat vandel dan tongkat untuk ketua dan wakil ketua pada hari jumat setiap kelompok wakil dan ketuanya sudah di pilih oleh masing-masing KP.
    Pada hari senin kita melaksanakan latihan dibantu dengan tentara (pelatih) dari sangga buana, seperti latihan PBB yang dilaksanakan di hall basket. Latihannya cukup lama sehingga kami tidak ada jam pelajaran pada hari itu. Latihan PBB yang diajarkan adalah seperti tata cara balik kanan/kiri,hadap kanan,persiapan duduk,persiapan berdiri,lencang depan,dan masih banyak lagi.Dan pada hari senin kami juga mengecat tongkat dan membuat vandal. Masing-masing kelompok wajib memiliki 1 buah vandel dan 2 buah tongkat untuk ketua dan wakil setiap kelompok,juga terdapat lomba vandal dan tongkat terbaik bagi putra –putri yang diberi tahu hasilnya pada hari akhir SAKSI.
    Pada hari selasa yaitu hari terakhir pra SAKSI Kami mengadakan lari pagi seperti lari jumata untuk memulai hari. Setelah itu kami diberi istirahat sebenter di kelas masing-masing selama kurang lebih 15 menit. Dan sehabis itu kami kembali kumpul di tecil untuk ada pengarahan tentang bahaya narkoba. Setelah materi selesai kami terdapat pengarahan dari tentara lagi tentang yel-yel dan masih banyak lagi. Pada hari Rabu dan Kamis kami belajar seperti biasa. Dan pada hari kamis barang-bawaan kita sudah haru berada di dekolah untuk dibawa terlebih dahulu agar memper mudah kita.
    Dan hari jumat puntelah tiba yaitu hari dimana SAKSI di mulai.Kami wajib harus datang di sekolah sebelum jam 06:30, sebelum berangkat kami melaksanakan acara apel pembukaan terlebih dahulu seperti penyambutan dari kepala sekolah,ketua panitia SAKSI, dan masih banyak lagi. Apel dilaksanakan sekitar 30 menit kemudian kami langsung menuju bus sesuai dengan kelompok masing-masing. Perjalanan menuju Sangga Buana kurang lebih 4 jam. Jalanannya cukup lancar walaupun terdapat sedikit kemacetan sehingga kami datang tidak sesuai dengan kemungkinan pertama.
    Setelah sampai di Sangga Buana kami langsung berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing. Setelah berbaris kami langsung memulai apel pembukaan dengan tentara (pelatih) yang ada di sana. Selesai apel kami langsung beristirahat d sebuah tenda sementara yang laki-laki melaksanakan shalat jumat. Kami juga melaksanakan shalat dzhuhur di tenda bersama-sama. Setelah itu kami kembali berkumpul di lapangan dan diberi tahu beberapa peraturan yang harus di taati di Sangga Buana ,Kamipun langsung menaiki tangga yang terdapat untuk menuju ke barak kita diberi tahu untuk mnghitung tangga yang terdapat atau tidak kami harus menaiki ulang tangga tersebut. Barak perempuan terdapat di tepat atas tangga tetapi barak laki-laki terdapat di atas barak perempuan. Pertama kami menaru tas di lapangan utama terlebih dahulu dan langsung melakasanakan makan komando yaitu makan yang harus diawali bersama dan diakhiri bersamaan juga,Makan komando biasanya hanya selesai dalam hitungan beberapa menit seperti 10 atau 15 menit. Setelah makan komando terdapat materi tentang ular seperti apa yang hrus dilakukan jika kita digigit oleh ular dan apa saja jenis-jenis ular yang harus di hindari, Ada juga dua perwakilan dari setiap angkatan yang digigit ular. Materi dilaksnakan selama 30 menit dan setelah itu kami langsung diperbolehkan untuk kebarak masing-masing dan membereskan barang masing-masing dan mengganti pakaian pramuka. Setelah itu kami langsung menuju lapangan utama dan melaksanakan pelantikan pramuka. Saat pelantikan pramuka kami berkumpul dengan kelompok pramuka masing-masing dan langsung melaksanakan apel. Setelah apel kami dites apakah kami layak menjadi penggalang ramu seperti tes membaca dasadarma dll. Lalu kami mengadakan makan malam komando dan setelah itu langsung menuju audit untuk pencerahan oleh para tentang tempat ini , sampai jam sepuluh malam dan menuju barak masing-masing untuk tidur.
    Keesokan harinya kami bangun sekitar jam 04;00 dan langsung menuju audit dan melaksanakan shalat tahajud dan shubuh. Lalu kami pergi ke barak masing-masing untuk persiapan diri seperti mandi dan lainnya. Setelah itu kami pergi ke lapangan utama untuk memakan sarapan bersama. Sehabis itu kami langsung bersiap-siap untuk senam pagi bersama. Setelah itu kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan bersiap melaksanakan outbound. Out bound di sini dibagi menjadi beberapa wahana, Wahana yang pertamakali kelompokku mainkan adalah jembatan tali dua dimana kami menaiki sebuah tali dan tangan kami memegang tali yang berada diatasnya sambil berjalan kami di wajibkan berkata SAKSI dengan lantang. Wahana berikutnya adalah dimana kita menuruni sebuah tebing dengan menggunakan sebuah tali . Setelah itu kami mengadakan makan siang terlebih dahulu. Lalu kami menaiki wahana berikutnya seperti fly fox yang berada di tengah tengah sawah dan hutan dan lainnya. Sehabis itu kami langsung berjalan kebawah menuju sungai , sebelu menuju ke sungai kami berjalan menuju lumpur terlebih dahulu. Sesudah itu kami tiba di sebuah sungai dan langsung bermai di sungai bersama-sama. Sesampainya di ujung sungai kami langsung kembali ke lapangan untukfoto bersama dan satu wahana terakhir yaitu melewati bawah jarring-jaring sambil berpegangan kaki dengan teman di depan hal ini membutuhkan kerja sama yang kuat. Lalu kami kembali ke barak untuk mempersiapkan diri untuk pensi dan juga membersihkan diri.
    Pada malam harinya kami pertama melaksanakan makan siang komando dan langsung melaksanakan tampil busana. SEtelah tampil busana selesai kami langsung melaksanakan pensi yaitu penampilan dari masing-masing kelompok adayang menyanyi,sulap, dan bahkan ada yang membaca asmaul husna. Selesai itu kami melihat penampilan dari kakak OSIS dan langsung menuju barak masing-masing untuk tidur kembali.
    Keesokan harinya kami hanya melaksanakan sarapan komando dan mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah. Setelah itu kami langsung menuju bus,perjalanannya sekitar 4 jaman.

  33. Ratu Maharani Al - Amin says:

    SAKSI ( Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia ) 2017

    Pada tanggal 3 – 5 Februari 2017 kami melaksanakan kegiatan SAKSI di Sangga Buana, kerawang, Jawa Barat . Yang melaksanakan kegiatan ini adalah angkatan 25 ( dua puluh lima ) atau kelas 7. dan beberapa kakak kelas yang belum mengikuti SAKSI pada tahun sebelum – sebelumnya, yaitu kelas 8 dan kelas 9 ( sembilan ) .
    Sebelum kami melaksanakan SAKSI ( Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia ) yang sesungguhnya , kami melakukan terlebih dahulu yang namanya PRASAKSI . Yaitu melakukan kegiatan sebelum mengikuti SAKSI ( Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia ) seperti pengecatan tongkat , pembuatan vandel , pemberitahuan tentang barang – barang apa saja yang harus di bawa saat kegiatan SAKSI ( Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia ) , pakaian apa saja yang di pakai pada hari pertama ; kadua ; ketiga di Sangga Buana , pemberitahuan tentang desain tongkat dan vandel bagian depan dan belakang , lari pagi , latihan yel – yel , latihan baris – berbaris bersama tentara AD ( Angkatan Darat ) , dan berbagai latihan lainnya. Yang melatih kami pada saat PRASAKSI adalah kakak osis dan tentara AD ( Angkatan Darat ).
    PRASAKSI diadakan selama 3 ( tiga ) hari, yaitu 27 ( dua puluh tujuh ) , 30 ( tiga puluh) , dan 31 ( tiga puluh satu ) Januari 2017 . Peserta tahun ini sebanyak 275 ( dua ratus tujuh puluh lima ) siswa, tahun ini para siswa SMP ( Sekolah Menengah Pertama ) Labschool Jakarta yaitu angkatan 25 ( Dua Puluh Lima ) ikut kegiatan SAKSI ( Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia ) semua.
    Pada jam 06.30 ada kata – kata sambutan dari kepala sekolah, ketua pelaksana saksi, ketua POMG, guru – guru, dan lain – lain. Dan sekitar jam 08.30 kamipun berangkat dengan menggunakan bus. Dari sekolah sudah disiapkan 6 bus. Perjalannya dari sekolah ke sangga buana itu sekitar 3 jam. Kamipun di bus di kasih roti dan aqua gelas. Dan bisa makan snack yang di bawa sendiri – sendiri sambil menunggu sampai sangga buana. Pemandangannya sangat indah karena kami sempat melewati semacam pedesaan yang banyak tanaman hijaunya. Sangga buana itu tempatnya sangak terpelosok dan jauh ke dalam.
    Saat sampai di sana kamipun langsung turun dari bus dan membawa barang bawaannya sendiri. Saat tiba di sana kami langsung baris sesuai kelompok masing – masing, dan mulai apel pembukaan. Dan setelah itu yang laki – laki di suruh sholat jumat terlebih dahulu dan yang cewek di suruk sholat dzuhur di jama sholat ashar di dalam barak yang ada di dekat situ.
    Setelah itu kami di suruh naik ke atas dengan 221 anak tangga. Itu sangat melelahkan, tapi untungnya barang bawaan kami ringan – ringan, karena yang berat sudah di bawa oleh tronton hari kemarinnya.
    Saat sampai di atas kami langsung makan siang dengan makan komando. Setelah makan kami ada materi tentang reptile. Dan setelah itu kami ganti baju pramuka untuk melakukan pelantikan pramuka penggalang rakit. Pada hari kedua kami seharian melakukan outbond. Dan pada hari ketiga kami hanya berkemas – kemas untuk pulang.

  34. Siraj Akila Putra 7D says:

    SAKSI 2017
    Nama : Siraj Akila Putra
    Kelas : 7D

    Pada tanggal 3 – 5 februari 2017, Angkatan 25 SMP Labschool Jakarta mengadakan acara SAKSI yaitu Studi dan Apresiasi Kepeminpinan Siswa. Acara ini di adakan sudah sejak lama. Acara ini demi kebaikan siswa yaitu untuk membangun kepemimpinan dan kedisiplinan siswa SMP Labschool Jakarta
    Di pagi hari , tanggal 3 Februari 2017 kita melaksanakan apel keberangkatan sebelum berangkat menuju lokasi. Setelah melaksanakan apel keberangkatan kami langsung menuju lokasi yaitu di Sangga Buana mungkin di daerah karawang kalo gk salah… . Kita menuju kesana menggunakan bus, perjalanan sekitar 4 jam.Setelah sampai di sana kita tidak boleh istirahat , kita harus lari menuju lapangan utama lalu langsung berbaris di pimpin oleh kostrad setelah itu kita menaruh tas di barak lalu melangsanakan shalat jumat di musholla kecil, Setelah selesai melaksanakan sholat jumat kita lanng sung menaiki tangga sekitar 250 tangga untuk makan komando. Setelah makan komando kita langsung masuk materi belajar tentang ular oleh sioux
    Setelah masuk materi. Kita langsung menuju barak untuk berganti baju pramukan karena kita akan melakukan pelantikan pramuka
    Setelah pelantikan kita diberi waktu 30 menit oleh kostrad untuk mandi dan bersih bersih untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah.dan di jamak untuk shalat isya
    Setelah itu kita langsung makan komando. Setelah makan komando kita langsung di suruh kumpul di tenda untuk mendengar pelajaran dari kostrad tentang pengalamannya.
    Besok paginya, di bariskan untuk melaksanakan kegiatan outbond. Setelah itu kita di kumpulkan di tenda karena hujan. Setelah itu kita langsung makan komando. Setelah itu kita langsung melaksanakan outbond lagi. Setelah outbond baju kita sangat kotor lalu kita pergi ke sungai lalu kembali ke barak. Sebelum ke barak kita harus tengkurep lalu kita harus merayap ke tujuan
    Lalu setelah itu kami langsung menuju tenda kembali dan melaksanakan sholat maghrib berjamaah setelah itu kami melaksanakan acara peragaan busana dan Pensi. Setelah selesai kita di berikan nyanyian oleh osis sebagai tanda terima kasih ke pada kita yang telah melaksanakan acara saksi dengan baik
    Besok paginya kita lansung melaksanakan shalat subuh setelah itu kita melaksanakan makan komando. Lalu kita kembali ke barak untuk mandi dan bersih bersih. Setelah itu kita di suruh baris di lapangan utama untuk apel pulang. Sebelum pulang kita melaksanakan foto kelas baru pulang. Akan tetapi bisnya telat jadi kita menunggu sekitar 2 jam sambil menunggu bis kita jajan dulu lalu kita pulang. Di bis sangat seru kita makan sambil bercanda. Setelah sampai kita di jemput oleh orangtua masing masing.

  35. Abigail Salma Maeshanti 7D says:

    SAKSI 2017

    Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia atau yang biasa disebut SAKSI, adalah tiket untuk lulus dari SMP Labschool Jakarata. SAKSI 2017 kali ini bertempat di DENHARRALAT Sangga Buana,Karawang,Jawa Barat. SAKSI 2017 kali ini dilaksanakan dari tanggal 3-5 Februari 2017. Sebelum SAKSI kami melakukan PRA-SAKSI pada tanggal 27,30,31 Januari 2017, dan Tas kami sudah sampai terlebih dahulu, karena kami mengumpulkannya pada hari Kamis.
    Hari Jumat, Angkatan 25 bersama beberapa kakak kelas 8 dan 9, didampingi Kakak OSIS, MPK, ROHIS serta beberapa pengurus pramuka berkumpul di Lapangan Labschool untuk melaksanakan Apel, Kami dibariskan berdasarkan kelompok, Apel berjalan dengan lancar. Lalu kami bersiap berangkat menuju lokasi, dan langsung menuju Bus masing-masing. Di Bus kami diberikan roti untuk bekal selama perjalanan.
    Sesampainya di Sangga Buana, kami langsung melaksanakan Apel kedatangan di Lapangan Bawah, setelah Apel kedatangan kami menunggu Adzan di barak dan menaruh peralatan-peralatannya disana. Sambil menunggu anak laki-laki berwudhu. Setelah adzan berkumandang barulah anak perempuan berwudhu dan langsung menuju ke barak untuk melaksanakan Shalat Jama’ Dzuhur dan Ashar berjamaah, dan ibadah lain. Sedangkan anak laki-laki Shalat di Mushola. Setelah Shalat kami menuju Lapangan Atas dan mendengarkan pelatih menjalaskan tata tertib selama SAKSI dan tata cara makan komado, karena setelah ini kami akan melaksanakan makan komando. Setelah mendengarkan pelatih kami langsung mengantri sesuai kelompok untuk mengambil makanan. Makan Komando itu seperti makan biasa, tetapi terkadang ada tembakan atau suara pluit yang menandakan kita harus tiarap, kami juga makan dengan cepat hanya dengan hitungan detik, kami juga harus makan dengan tegak dan makanan kita harus habis. Setelah selesai Makan Komando kami menaruh alat makan dan membuang sisa makanan. Lalu kami mendengarkan penjelasan tentang pengenalan hewan reptil oleh SIOUX. Setelah itu kami diberi waktu 5 menit untuk bersih-bersih diri dan mengganti pakaian dengan, pakaian Pramuka. Setelah 5 menit kami langsung menuju Lapangan dan melaksankan Pelantikan Penggalang Rakit. Setelah Pelantikan kami bersiap untuk Shalat Jama’ Maghrib dan Isya, dan ibadah lain. Selesai shalat kami berbaris perkelompok dan langsung mengantri untuk makan komando. Selesai makan komando kami menyimak materi tentang “Pembentukan Rasa Cinta Tanah Air melalui berbagi Pengalaman TNI”. Hingga jam 10 malam tiba kami disuruh tidur di barak.
    Hari Sabtu, kami dibangunkan jam 4 pagi untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah, dan ibadah lain. Setelah Shalat kami disuruh ke barak untuk merapihkan sleeping bag, mengganti baju dengan menggunakan baju loreng kami juga disuruh madi. Ketika kami ingin berbaris di lapangan untuk melaksanakan MaKom (Makan Komando) Hujan turun sehingga kami harus menunggu sampai hujannya reda di barak. Setelah hujan reda kami menuju ke lapangan untuk melaksanakan MaKom. Setelah MaKom selesai kami langsung mempersiapkan diri untuk Outbound, setelah itu kami langsung menuju tempat kami Outbound. Saat kami Outbound hujan turun deras, dan kami pun langsung mencari tempat berteduh. Setelah hujan reda kami Melaksanakan MaKom, lalu kembali melaksanakan Outbound. Di sangga Buana terdapat wahana outbound yang kita naiki, diantaranya jembatan tali dua, Flying Fox, turun tebing, melewati kolam kecil dengan bergelantungan, melewati jembatan tanpa berpegangan, tiarap di lumpur dan berenang di sungai. Setelah berenang di sungai kami kembali baris di lapangan atas sesuai kelompok, berjemur dibawah sinar matahari dan kembali bertiarap sambil berpengangan kaki teman yang ada di depan kita. Lalu kami disuruh bersih-bersih diri, mempersiapkan diri untuk pensi dan Shalat Jama’ Dzuhur dan Ashar di Barak. Setelah itu kami berkumpul dan mempersiapkan untuk Shalat Jama’ Maghrib dan Isya, ibadah lain. Setelah selesai Shalat kami MaKom. Setelah Makom kami Pentas Seni hingga jam 10 malam. Setelah pensi kami langsung menuju malam dan tidur.
    Seperti kemarin, Kami dibangunkan jam 4 Pagi untuk Shalat Subuh dan ibadah lain. Setelah Shalat Shubuh kami kembali ke barak untuk berkemas-kemas, karena hari Minggu adalah hari terakhir kami SAKSI, kami juga mebersihkan diri. Setelah itu kami MaKom santai, setelah itu kami kembali ke barak untuk mengecek barang bawaaan kami. Setelah itu kami kembali ke lapangan, melaksanakan Apel Penutupan, dan mendengarkan Siapa yang menjadi peserta terbaik putra putri , Fashion Show busana daerah putra putri , Vandel dan Tongkat terbaik putra dan putri. Lalu kami menuju lapangan bawah untuk berfoto-foto dan bersiap menuju ke Labschool. Setibanya di Labschool kami langsung mengambil tas dan Pulang ke rumah. Sekian cerita dari saya, Terima Kasih.

  36. Emir Budisani says:

    SAKSI 2017

    Hari Jum’at sampai hari Minggu tanggal 3-5 Februari, Labschool mengadakan Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa, atau disebut juga SAKSI. Saksi bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan leadership siswa. Lokasi saksi berada di Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Siswa saksi akan dilatih oleh para kostrad di Sanggabuana.
    Hari Jum’at pagi, kami sudah berbaris di hallma dengan nametag, tongkat, vandel, dan perlengkapan lain siap. Kami disambut oleh sambutan banyak orang. Setelah sambutan dan doa, kami langsung menuju ke bus. Kelompokku berada di bus nomor 4. Kami lalu menempuh perjalanan sekitar 3 jam.
    Sesampainya di Sanggabuana, kami langsung disuruh baris-berbaris. Setelah beberapa sambutan dari kostard, laki-laki langsung diarahkan untuk shalat Jum’at di mushalla terdekat. Yang perempuan shalat Dzuhur berjama’ah di barak terdekat. Setelah shalat, kami disuruh untuk berkumpul kembali.
    Saat semuanya sudah berkumpul, yang sakit asma, maag, dll. disuruh untuk memisahkan diri, karena kita akan menaiki tangga sebanyak sekitar 220 anak tangga. Untuk yang tidak kuat akan menempuh jalan yang lebih mudah. Setelah yang tidak mampu dipisahkan, kami langsung menaiki anak tangga, dan disuruh menghitung jumlah anak tangganya. Banyak yang capek, tapi kita tidak menyerah.
    Sesampainya di atas, kami langsung beristirahat di sebuah tenda yang telah disiapkan. Setelah istirahat, kami diberikan materi tentang ular dan reptile oleh SIOUX Indonesia. Kami diajarkan bermacam-macam jenis ular, serta jenis taring mereka, bisa mereka, dan organ mereka. Ada juga yang bahkan menjadi sukarelawan untuk digigit ular, untuk menunjukkan kepada yang lain bagaimana luka hasil gigitan ular.
    Setelah materi, kita melakukan banyak kegiatan lain, seperti makan komando, dan materi lain. Makan komando adalah makan ala tentara. Kami harus menghabiskan makanan kami dalam waktu yang pendek. Kami juga diajarkan aba-aba tentara, dan bagaimana caranya mencintai tanah air dari Kostrad. Ada juga pelantikan pramuka rakit. Setelah semuanya selesai, kami istirahat di barak masing-masing.
    Hari kedua adalah hari dimana kami melaksanakan outbond. Paginya kami shalat tahajud dan shubuh terlebih dahulu, lalu mandi dan bersih-bersih, makan komando, lalu baru mulailah kegiatan outbond kami. Kami dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok satu akan melaksanakan turun tebing terlebih dahulu. Kelompok dua jembatan tali dua, dan kelompok tiga flying fox. Lalu kami dipotong istirahat makan dan hujan lebat. Setelah itu, kami melanjutkan kegiatan outbond kami, seperti melintasi jembatan air dan melewati kolam air dengan tali tambang. Tak lama kemudian, kami dipanggil untuk kebawah, turun ke sungai. Kami melewati kolam lumpur terlebih dahulu, lalu menceburkan diri ke sungai. Siswa yang sudah selesai di sungai langsung keatas lagi dan disuruh untuk tiduran di rumput oleh kakak OSIS. Outbond ditutup dengan lomba merayap.
    Malamnya ada peragaan busana dan pentas seni. Setiap perwakilan kelompok akan maju untuk peragaan busana dan pentas seni. Penampilan yang dibawa oleh para siswa bervariasi, mulai dari menyanyi sampai pertunjukan sulap. Pentas seni ditutup dengan penampilan special dari para kakak OSIS. Setelah semua itu, kami langsung istirahat, capek karena banyaknya kegiatan pada hari kedua.
    Hari ketiga hari dimana kami bisa bersantai. Bahkan makan komando pun kami bisa bersantai. Acara saksi ditutup dengan apel penutupan dan nominasi siswa-siswi terbaik serta vandel dan tongkat terbaik. Kami lalu turun kebawah untuk menunggu bus. Sayangnya bus datangnya lama, sehingga kami terpaksa menunggu dibawah. Tidak sedikit yang bahkan sampai tertidur di atas tanah. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bus datang dan kami pulang ke SMP Labschool Jakarta, lalu pulang ke rumah masing-masing

  37. Emir Budisani says:

    SAKSI 2017

    Saksi singkatan dari “STUDI DAN APRESIASI KEPEMPIMPINAN SISWA INDONESIA” Hari Jum’at sampai hari Minggu tanggal 3-5 Februari, Labschool mengadakan Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa, atau disebut juga SAKSI. Saksi bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan leadership siswa. Lokasi saksi berada di Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Siswa saksi akan dilatih oleh para kostrad di Sanggabuana.
    Hari Jum’at pagi, kami sudah berbaris di hallma dengan nametag, tongkat, vandel, dan perlengkapan lain siap. Kami disambut oleh sambutan banyak orang. Setelah sambutan dan doa, kami langsung menuju ke bus. Kelompokku berada di bus nomor 4. Kami lalu menempuh perjalanan sekitar 3 jam.
    Sesampainya di Sanggabuana, kami langsung disuruh baris-berbaris. Setelah beberapa sambutan dari kostard, laki-laki langsung diarahkan untuk shalat Jum’at di mushalla terdekat. Yang perempuan shalat Dzuhur berjama’ah di barak terdekat. Setelah shalat, kami disuruh untuk berkumpul kembali.
    Saat semuanya sudah berkumpul, yang sakit asma, maag, dll. disuruh untuk memisahkan diri, karena kita akan menaiki tangga sebanyak sekitar 220 anak tangga. Untuk yang tidak kuat akan menempuh jalan yang lebih mudah. Setelah yang tidak mampu dipisahkan, kami langsung menaiki anak tangga, dan disuruh menghitung jumlah anak tangganya. Banyak yang capek, tapi kita tidak menyerah.
    Sesampainya di atas, kami langsung beristirahat di sebuah tenda yang telah disiapkan. Setelah istirahat, kami diberikan materi tentang ular dan reptile oleh SIOUX Indonesia. Kami diajarkan bermacam-macam jenis ular, serta jenis taring mereka, bisa mereka, dan organ mereka. Ada juga yang bahkan menjadi sukarelawan untuk digigit ular, untuk menunjukkan kepada yang lain bagaimana luka hasil gigitan ular.
    Setelah materi, kita melakukan banyak kegiatan lain, seperti makan komando, dan materi lain. Makan komando adalah makan ala tentara. Kami harus menghabiskan makanan kami dalam waktu yang pendek. Kami juga diajarkan aba-aba tentara, dan bagaimana caranya mencintai tanah air dari Kostrad. Ada juga pelantikan pramuka rakit. Setelah semuanya selesai, kami istirahat di barak masing-masing.
    Hari kedua adalah hari dimana kami melaksanakan outbond. Paginya kami shalat tahajud dan shubuh terlebih dahulu, lalu mandi dan bersih-bersih, makan komando, lalu baru mulailah kegiatan outbond kami. Kami dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok satu akan melaksanakan turun tebing terlebih dahulu. Kelompok dua jembatan tali dua, dan kelompok tiga flying fox. Lalu kami dipotong istirahat makan dan hujan lebat. Setelah itu, kami melanjutkan kegiatan outbond kami, seperti melintasi jembatan air dan melewati kolam air dengan tali tambang. Tak lama kemudian, kami dipanggil untuk kebawah, turun ke sungai. Kami melewati kolam lumpur terlebih dahulu, lalu menceburkan diri ke sungai. Siswa yang sudah selesai di sungai langsung keatas lagi dan disuruh untuk tiduran di rumput oleh kakak OSIS. Outbond ditutup dengan lomba merayap.
    Malamnya ada peragaan busana dan pentas seni. Setiap perwakilan kelompok akan maju untuk peragaan busana dan pentas seni. Penampilan yang dibawa oleh para siswa bervariasi, mulai dari menyanyi sampai pertunjukan sulap. Pentas seni ditutup dengan penampilan special dari para kakak OSIS. Setelah semua itu, kami langsung istirahat, capek karena banyaknya kegiatan pada hari kedua.
    Hari ketiga hari dimana kami bisa bersantai. Bahkan makan komando pun kami bisa bersantai. Acara saksi ditutup dengan apel penutupan dan nominasi siswa-siswi terbaik serta vandel dan tongkat terbaik. Kami lalu turun kebawah untuk menunggu bus. Sayangnya bus datangnya lama, sehingga kami terpaksa menunggu dibawah. Tidak sedikit yang bahkan sampai tertidur di atas tanah. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bus datang dan kami pulang ke SMP Labschool Jakarta, lalu pulang ke rumah masing-masing

  38. Emir Budisani says:

    SAKSI 2017
    EMIR BUDISANI
    Saksi singkatan dari “STUDI DAN APRESIASI KEPEMPIMPINAN SISWA INDONESIA” Hari Jum’at sampai hari Minggu tanggal 3-5 Februari, Labschool mengadakan Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa, atau disebut juga SAKSI. Saksi bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan leadership siswa. Lokasi saksi berada di Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Siswa saksi akan dilatih oleh para kostrad di Sanggabuana.
    Hari Jum’at pagi, kami sudah berbaris di hallma dengan nametag, tongkat, vandel, dan perlengkapan lain siap. Kami disambut oleh sambutan banyak orang. Setelah sambutan dan doa, kami langsung menuju ke bus. Kelompokku berada di bus nomor 1. Kami lalu menempuh perjalanan sekitar 3 jam.
    Sesampainya di Sanggabuana, kami langsung disuruh baris-berbaris. Setelah beberapa sambutan dari kostard, laki-laki langsung diarahkan untuk shalat Jum’at di mushalla terdekat. Yang perempuan shalat Dzuhur berjama’ah di barak terdekat. Setelah shalat, kami disuruh untuk berkumpul kembali.
    Saat semuanya sudah berkumpul, yang sakit asma, maag, dll. disuruh untuk memisahkan diri, karena kita akan menaiki tangga sebanyak sekitar 220 anak tangga. Untuk yang tidak kuat akan menempuh jalan yang lebih mudah. Setelah yang tidak mampu dipisahkan, kami langsung menaiki anak tangga, dan disuruh menghitung jumlah anak tangganya. Banyak yang capek, tapi kita tidak menyerah.
    Sesampainya di atas, kami langsung beristirahat di sebuah tenda yang telah disiapkan. Setelah istirahat, kami diberikan materi tentang ular dan reptile oleh SIOUX Indonesia. Kami diajarkan bermacam-macam jenis ular, serta jenis taring mereka, bisa mereka, dan organ mereka. Ada juga yang bahkan menjadi sukarelawan untuk digigit ular, untuk menunjukkan kepada yang lain bagaimana luka hasil gigitan ular.
    Setelah materi, kita melakukan banyak kegiatan lain, seperti makan komando, dan materi lain. Makan komando adalah makan ala tentara. Kami harus menghabiskan makanan kami dalam waktu yang pendek. Kami juga diajarkan aba-aba tentara, dan

    bagaimana caranya mencintai tanah air dari Kostrad. Ada juga pelantikan pramuka rakit. Setelah semuanya selesai, kami istirahat di barak masing-masing.
    Hari kedua adalah hari dimana kami melaksanakan outbond. Paginya kami shalat tahajud dan shubuh terlebih dahulu, lalu mandi dan bersih-bersih, makan komando, lalu baru mulailah kegiatan outbond kami. Kami dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok satu akan melaksanakan turun tebing terlebih dahulu. Kelompok dua jembatan tali dua, dan kelompok tiga flying fox. Lalu kami dipotong istirahat makan dan hujan lebat. Setelah itu, kami melanjutkan kegiatan outbond kami, seperti melintasi jembatan air dan melewati kolam air dengan tali tambang. Tak lama kemudian, kami dipanggil untuk kebawah, turun ke sungai. Kami melewati kolam lumpur terlebih dahulu, lalu menceburkan diri ke sungai. Siswa yang sudah selesai di sungai langsung keatas lagi dan disuruh untuk tiduran di rumput oleh kakak OSIS. Outbond ditutup dengan lomba merayap.
    Malamnya ada peragaan busana dan pentas seni. Setiap perwakilan kelompok akan maju untuk peragaan busana dan pentas seni. Penampilan yang dibawa oleh para siswa bervariasi, mulai dari menyanyi sampai pertunjukan sulap. Pentas seni ditutup dengan penampilan special dari para kakak OSIS. Setelah semua itu, kami langsung istirahat, capek karena banyaknya kegiatan pada hari kedua.
    Hari ketiga hari dimana kami bisa bersantai. Bahkan makan komando pun kami bisa bersantai. Acara saksi ditutup dengan apel penutupan dan nominasi siswa-siswi terbaik serta vandel dan tongkat terbaik. Kami lalu turun kebawah untuk menunggu bus. Sayangnya bus datangnya lama, sehingga kami terpaksa menunggu dibawah. Tidak sedikit yang bahkan sampai tertidur di atas tanah. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bus datang dan kami pulang ke SMP Labschool Jakarta, lalu pulang ke rumah masing-masing

  39. Ara 7A says:

    Pengalaman Saksi 2017
    SAKSI atau yang biasa disebut dengan Studi Apresiasi dan Kepimpinan Siswa kali ini diadakan pada tanggal 3-5 bulan Februari 2017. Tempatnya berada di tempat militer Sangga Buana, Karawang, Jawab Barat.
    Disana, kami diajarkan untuk berlatih dan hidup sebagai militer di Sangga Buana. Disana, kami melakukan banyak kegiatan, diantaranya, outbond, dan kegiatan dan juga materi lainnya.
    Saat makan, kami juga tidak memakai cara makan yang seperti biasa dilakukan di rumah maupun sekolah. Cara makan kami di sana disebut makan komando atau makom. Yaitu cara makan yang hanya dibataskan waktunya ( 5-10 menit ).
    Outbond nya juga seru, karena kelompokku yaitu kelompok no 2, Sumatra Utara, kami mendapat giliran pertama outbond yaitu turun tebing. Menganti turun tebing menurutku lumayan lama, kemungkinan karena banyaknya peserta yang mau main dan terutama karena banyak yang takut dan lama saat memasang perlengkapannya.
    Lalu, kami main flying fox. Tetapi, di sana, tidak semua dari kami bermain flying fox. Bahkan, ada beberapa kelompok yang mengantri selama 3 jam tetapi tidak dapat bermain permainan outbond tersebut.
    Bagi mereka yang sudah turun tebing, setelah istirahat, kami melanjutkan dengan bermain / menaiki outbond yang tentang air ( jembatan air & apalah itu namanya yang nge-swing diatas air )
    Lalu setelah itu kami menaiki jembatan 2 tali ( atau apalah ). Namun banyak kelompokku yang tidak kebagian menaiki outbond tersebut. Lalu kami melanjutkan outbond ke area sawah dan sungai yang terletak berada di samping / belakang Sangga Buana.
    Di sawah, kami disuruh untuk bergerak / merangkak di lumpur sawah. Lalu kami disuruh / diperbolehkan untuk masuk kedalam air sungai.
    Di sungai, banyak kelompok yang hanya bermain-main. Salah satu pengalaman saat di sungai yaitu saat aku ( semacam ) nge-slide di batu trus pas selesai kulihat buku saksiku yang ternyata sudah terbelah dan robek dan terbagi menjadi 2 bagian.
    Malamnya juga ada pensi dan busanadaerah. Busana daerahku yaitu Mia dari kelas 7D. dan pensi kelompok kami yaitu menyanyikan lagu Ayo Goyang Duyu.
    Sebelum pulang juga kami melaksanakan APEL penutupan, dll. Serta pengumuman peserta SAKSI terbaik. Saksi terbaik dari laki-laki yaitu Juan dari 7D dan saksi terbaik perempuan yaitu Dinda 7D. setelah itu kami mulai perjalanan pulang kami ke SMP Labschool Jakarta.
    -Alifia A

  40. propolis melia

    Saksi Labschool 2017

  41. renaldy arief susanto says:

    Saksi 2017

    Nama: Renaldy Arief S.
    Kelas : 7A
    Absen : 29

    Pada tanggal 3 – 5 Februari, kami seluruh kelas 7 SMP Labschool Jakarta mengikuti kegiatan SAKSI yaitu Studi Apresiasi Kepemimpinan Sisawa Indonesia, dimana kita dilatih untuk disiplin, bertanggung jawab, rajin, dan jiwa kepimimpinan. Mulai dari hari Jumat, 3 Februari 2017.
    Kegiatannya di sangga buana, kakak osis, mpk, rohis, juga ikut. Sebelumnya kami ada Pra Saksi, dimana kita diajarin PBB, membuat vandel, mengecat tongkat, dan lainnya. Sebelumnya saya khawatir tidak akan kembali dari kegiatan SAKSI ini, tapi saya melaluinya dengan cukup cepat.
    Pada hari pertama, kita berangkat dengan bis. Harusnya kita sampai jam 10.30, eh malah sampai jam 11.30. Seharusnya pada saat kita sampai kita diberi materi cinta tanah air, tapoi karena telat, jadi ditunda sampai malam. Kami pun tiba di sangga buana kostrad jaya, dimana kedatangan kami dimulai dengan PBB. Lalu kami sholat jumat dan makan siang.
    Makan siangnya merupakan kegiatan yang sangat horror. Kami disuruh menghabiskan makanan dalam waktu 5 menit, dengan diiringi suara teriakan tentara, suara meriam, dan suara kak OSIS. Lalu kalo sebelahnya belum selesai, kita harus bantuin, dan kegiatan makan ini diulangi sampai selesai kegiatan.
    Hari itu juga kami diberi materi tentang bisa ular. Lalu pelantikan pramuka ramu rakit. Hari berikutnya, kami outbond. Outbondnya sih, lumayan lah. Kami naik flying fox, turun tebing, basah-basahan, dan lainnya. Kami pun selesai dan mandi. Bagian mengerikannya, ada yang tidak mandi, dan itu tidak baik.
    Lanjut, malam hari kita ada peragaan busana dan pentas seni. Kelompok saya penampilan pentas seninya sulap. Lalu kita selesainya baru jam 11, yang harusnya jam 10. Ada yang tampil menari, drama, nyanyi lagu,dan asmaul husna. Lalu akhirnya ada kak osis yang tampil.
    Hari terakhir, kami pulang naik bis, namun sangat lama menunggu bisnya, hingga kita semua beli pop mie legend dari pedagang – pedagang. Lalu kami pulang, saya tidur seluruh perjalanan. Ya, abis gatau mau ngapain 🙂

  42. Aisha Inaya 7A (2) says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah kependekan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa, SAKSI wajib diikuti oleh semua siswa di Labschool per angkatannya. Kegiatan SAKSI dilaksanakan di tempat militer Sangga Buana, Karawang, Jawa Barat pada hari Jum’at – Minggu, tanggal 3-5 Februari 2017. Sebelum SAKSI, kami disuruh melakukan prasaksi yang dilaksanakan pada hari Jum’at – Selasa tanggal 27-31 Januari 2017, kami dibagi menjadi 9 kelompok putri dan 9 kelompok putra. Tiap kelompok mempunyai nama daerahnya masing-masing, saya terbagi di kelompok 1 yaitu Nanggroe Aceh Darussalam.
    Pada hari Jum’at tanggal 3 Februari 2017, kami diberangkatkan dari SMP Labschool Jakarta dan sebelum berangkat, kita disuruh mengikuti apel pembukaan. Setelah apel pembukaan, kita disuruh masuk ke bis masing-masing yang sudah ditentukan.
    Setelah sampai ke Sangga Buana, kami disuruh makan komando dengan kondisi gerimis, alhasil makanan kita penuh dengan air hujan. Setelah makan komando, kami disuruh ke barak masing-masing dan mengambil apa yang kami perlukan.
    Pada hari Sabtu tanggal 4 Februari 2017, kami bermain yang namanya outbond untuk penilaian SAKSI kita, pertama-tama kami menaiki panjat tebing, flying fox, jembatan, dan yang lainnya. Setelah itu kami disuruh untuk mandi dan keperluan lainnya.
    Lalu malamnya, ada peragaan busana daerah, peragaan busana daerah kami adalah Asya dari kelas 7C, dan saya yang menjadi MC nya. Saya tidak dapat membacakan seluruh teks MC saya karena penampilan peragaannya sangat cepat.
    Setelah peragaan busana, kami menampilkan Pentas Seni atau yang bisa disebut PENSI. Kelompok kami menampilkan lagu “Live Were We Young” dari One Direction, dan suatu koreografi yang ditampilkan oleh keempat teman kami yaitu Lala 7D, Tasha 7D, Adra 7C, dan salah satu teman kita.
    Pada hari Minggu tanggal 5 Februari 2017, kami siap siap untuk pulang, sebelum pulang, seperti biasa kami mengikuti apel penutupan. Setelah itu, kami berfoto-foto bersama per kelas dan per angkatan. Setelah itu, kami memasuki bis masing-masing yang sudah ditentukan sebelumnya dan pulang ke rumah masing-masing.
    Besoknya, tanggal 6 Februari 2017, kami semua tidak pergi sekolah, karena harus beristirahat dirumah.

  43. Nandana Aryancas says:

    SAKSI 2017
    Nama: Nandana Aryancas
    Kelas: 7A
    Absen: 25

    Pada tanggal 3-5 Februari tahun 2017, semua murid kelas 7 dan murid kakak kelas yang belum sempat mengikuti SAKSI yang bertempat di Sanggabuana Kostrad Jaya. SAKSI adalah sebuah program yang mendidik murid untuk menjadi pribadi yang disiplin dan melatih kita agar bertanggung jawab, rajin, dan sifat kepemimpinan siswa. SAKSI adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa. Kami berangkat kesana menaiki bus. Seharusnya, pukul 10.30 kita mendapatkan materi tentang cinta tanah air Indonesia.
    Pertama-tama, kami diberi pelajaran tentang PBB. Setelah itu kami baru menuju masjid untuk sholat jumat. Setelah itu, kami menuju tangga yang anak tangganya berjumlah 225. Kami disuruh mengingatnya untuk berjaga-jaga jika ditanya oleh salah satu pelatih kostrad. Diatas, kami mengistirahatkan kaki dengan cara duduk dan selonjorkan kaki. Setelah itu, kami diajarkan untuk makan komando. Kita diberi tahu dimana tempat makanan di nampan tersebut. setelah itu, kami diajarkan untuk tiarap jika mendengar suara meriam dan juga suara tembakan atau peluit bertubi-tubi.
    Setelah itu, kami makan dengan cara komando yaitu makan dengan cepat dan jika disebelah kita ada yang belum selesai, kita harus menolong mereka untuk menghabiskannya. Jika ada yang ingin muntah, disebelahnya juga harus menolongnya. Setelah itu, juga dianjurkan tidak brebelan karena jika satu butir nasi, kita akan mendapat 1 seri yang setiap serinya terdiri dari 10 hitungan.
    Setelah makan, kami mendapat informasi dari Sioux yang mengarjarkan ilmu tentang ular dan cara menangani gigitan ular tidak berbisa. Setelah itu, kami menuju ke barak untuk mengganti pakaian menjadi pramuka untuk melaksanakan pelantikan. Setelah itu, kita menonton film persembahan dari Kostrad untuk menginspirasi kita menjadi murid yang lebih semangat.
    Setelah itu, kami istirahat di barak sendiri-sendiri. Setelah bangun, kami sarapan dan kembali ke barak untuk berganti pakaian menjadi pakaian SAKSI untuk melaksanakan Outbond yang menyenangkan bagiku. Setelah melaksanakan Outbond yang sangat-sangat menyenangkan setelah itu, kami mandi dan bersih-bersih diri untuk melihat pentas seni yang ada peragaan busananya juga. setelah itu, kami tidur dan istirahat. Setelah bangun, kami siap-siap untuk pulang dan menaiki bus yang datangnya terlambat. Setelah itu kami pulang.

  44. Naila Nadhira Harryson (VII A) says:

    SAKSI 2017
    Pada tanggal 3-5 Februari, SMP Labschool Jakarta mengadakan SAKSI (Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa). Di mana siswa – siswi dilatih oleh Kostrad di Sangga Buana untuk melatih kepemimpinan, disiplin, dan tepat waktu. SAKSI ini wajib dilakukan di Labaschool karena ini merupakan salah satu untuk lulus dari Labschool.
    Sebelum kita SAKSI, kita mengadakan PRA SAKSI yang berjalan selama 3 hari. Di acaranya kita diajarin yel yel, membuat vandel dan tongkat, belajar tentang PBB, diajarkan bagaimana bertanggung jawab dengan barang kalian, membagikan KP kita (Kakak Pembina). Setelah 3 hari itu kita hari Jumatnya pergi ke Sangga Buana untuk melaksanakan SAKSI.
    Hari Jumat saat kita sampai di Sangga Buana, kita langsung disuruh baris dengan rapih bersama kelompok kelompok kita. Setelah itu kita diberikan arahan oleh tentara yang ada disana. Selesainya yang cowok sholat Jumat dan yang perempuan sholat di Barack (tempat nanti kita tidur). Setelah sholat kita menaiki 200an tangga untuk menuju ke Barack kita masing masing. Sesampai diatas kita langsung diberi arahan untuk ke Barack. Selesai dari Barack kita langsung disuruh Makan Komando (Makan yang diberi hanya sekitar 5 menit dan kita kalau makan harus tiarap lalu duduk lagi). Setelah makan kita langsung ke Barack untuk ganti baju bebas. Selesainya kita sholat maghrib dan isya.
    Hari Sabtu kami makan komando dan dilanjutkan dengan outbound . Kami dengan para kostrad dan KP. Di outbound tersebut terdapat flying fox , rafflijng dan masih banyak lagi. Dan pada malam harinya per kelompok menampilkan pentas seni dan peragaan busana mereka.
    Pada tanggal 5 Februari 2017 , kami semua mengepak barang barang kami kembali ,dan menaiki bus dan sampai di Labschool sekitar jam 14.00. Dalam SAKSI ini aku melatih kedisiplinan , keberanian , keaktifan ku dalam berkerja dalam suatu kelompok dan kepercayaan diriku.
    Nama: Naila Nadhira H
    Kelas: VII A

  45. Muhammad Rafi Widya Danendra says:

    SAKSI 2017
    NAMA : MUHAMMAD RAFI WIDYA DANENDRA
    KELAS : 7A

    Pada tanggal 3-5 Februari 2017, Labschool Jakarta mengadakan kegiatan Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI) di Sangga Buana, Karawang, Jawa Barat. Saksi bertujuan untuk meningkatkan sikap kemandirian, kedisiplinan, kepemimpinan pada siswa di Labschool Jakarta. Setiap murid di Labschool Jakarta wajib untuk mengikuti kegiatan SAKSI.
    Sebelum dilaksanakannya SAKSI, ada namanya PRASAKSI yang dilaksanakan pada tanggal 27, 30, dan 31 Januari. Pada hari pertama PRASAKSI, masing-masing kelompok briefing untuk kegiatan saat SAKSI. Hari kedua kegiatan pertama briefing, lalu pembuatan vandal dan pengecatan tongkat. Hari ketiga kita lari pagi mengelilingi komplek UNJ, kemudian latihan yel-yel di Teater Kecil.
    Pada hari pertama murid Labschool Jakarta di wajibkan untuk datang pada pukul 6.30. pada pukul 6.30 kita menyanyikan yel-yel sebelum apel pemberangkatan. Kita berangkat pada jam 7 pagi dengan bus menuju lokasi SAKSI. Sesampainya di Sangga Buana, dilaksanakan apel pembukaan. Setelah itu, murid laki-laki melaksanakan Sholat Jumat di Masjid, lalu di Khasar. Sehabis melaksanakan Sholat Jumat, murid-murid naik ke tempat pelaksanaan dengan naik tangga lalu berkumpul di aula untuk berkumpul dan kemudian kita makan dengan cara TNI atau makan komando. Saat makan komando, kita harus duduk dengan tegap, makanan tidak boleh berserakan, dan harus cepat. Setelah makan komando kita pengenalan tentang ular dan bisanya. Habis itu kita ke barak masing-masing untuk membereskan barang-barang dan berganti baju untuk pelantikan pramuka.
    Hari kedua kita bangun untuk Sholat Tahajud dan Shubuh di aula. Kita melaksanakan outbond seperti flying fox, turun tebing, rope swing. Habis itu kita turun ketempat pertama datang ke Sangga Buana untuk ke sungai. Sebelum ke sungai kita merayap di sawah baru membersihkan badan di sungai. Lalu kita ke lapangan dekat aula untuk merayap lagi di tanah baru kembali ke barak untuk membersihkan diri dang anti baju untuk melihat fashion show dan pentas seni. Kita kembali ke barak kemudian.
    Hari ketiga kita kemas-kemas lalu kita ada pengumuman tentang siswa terbaik SAKSI, vandel terbaik, dan tongkat terbaik. Setelah itu kita foto-foto dan kembali ke tempat pertama kali kita datang untuk pulang tetapi kita harus menunggu lama hingga busnya datang baru kita pulang.

  46. M.raqi 7a says:

    SAKSI 2017
    Nama : M. Raqi Fadhlillah
    Kelas :7A/22
    Pada hari Jumat sampai hari Minggu tanggal 3-5 Februari 2017, SMP Labschool Jakarta Mengadakan acara Saksi yaitu Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia. Acara Saksi tahun 2017 adalah acara penyelenggaraan yang ke-15. Acara saksi diselenggarakan di Sangga Buana, Karawang, Jawa barat, yaitu markas Kostrad TNI AD. Saksi bertujuan untuk meningkatkan sikap kemandirian, kedislipinan, dan sikap kepemimpinan pada siswa maupun siswi Labschool Jakarta. Mengikuti acara Saksi hukumnya wajib bagi murid SMP Labschool Jakarta, jika pada kelas 7 tidak mengikuti Saksi, tahun depannya harus mengikuti Saksi bersama Kelas 7 angkatan setelahnya.
    Kegiatan Saksi dimulai dengan Pra-Saksi pada tanggal 27,30,dan 31 Januari 2017. Kegiatan Pra-Saksi ada mengecat tongkat & Vandel, penyuluhan narkoba, dilatih PBB,lari pagi, dan diajarkan yel-yel Saksi. Hari pertama murid dikumpulkan disekolah pada jam 6.30 untuk Apel pemberangkatan, lalu kami berangkat ke Sangga Buana dengan Bus. Sesaat sampai di Sangga Buana dilaksanakan Apel kedatangan dari kepala sekolah. Setelah kegiatan itu, bagi murid laki-laki melaksanakan sholat jumat terlebih dahulu, lalu melaksanakan Makan komando. Makan komando adalah makan khas TNI yang dilakukan dengan cara dislipin, badan harus tegak, makan tidak boleh berantakan, dan makan harus selesai saat Pelatih mengatakan Makan Berhenti. Pada siang hari dilaksanakan pengenalan tentang ular dan bisanya.lalu murid-murid ke barak masing-masing untuk merapikan barang-barang dan tempat tidurnya. Pada sore hari, ada acara pelantikan pramuka penggalang rakit dengan mengetes tanda kehormatan yang terdiri dari dasa darma dan trisatya. Malamnya kami dikenalkan Profil tentara kostrad.
    Hari kedua, kami melaksanakan kegiatan outbond, ada outbond flying fox, jembatan dua tali, turun tebing, rope swing di atas air, dan jembatan keseimbangan. Setelah outbond, murid diarahkan ke sungai untuk mandi sungai. Setelah itu kami semua bilas mandi, dan siap-siap untuk acara fashion show dan pentas seni malam. Pentas seni malam dilaksanakan oleh semua kelompok putra putri, walapun banyak yang mengantuk, tapi acara pentas seni malam itu seru dan asik. Setelah itu, kami semua istirahat di barak dan berkemas kemas untuk berpulang.
    Hari terakhir di saksi, kami melaksanakan foto-foto bersama pelatih dan guru-guru dan pemberitahuan pemenang peserta terbaik saksi, dan yang lainnya. Setelah itu kami kembali ke SMP Labschool Jakarta dengan selamat.

  47. M Ardaffa DS 7A says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh SMP Labschool Jakarta. SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. SAKSI tahun ini dilaksanakan di Sanggabuana, Karawang. SAKSI merupakan kegiatan dimana siswa kelas 7 dilatih oleh sebuah pasukan elit yaitu KOSTRAD. SAKSI dilaksanakan pada tanggal 3-5 Februari. Sebelum melaksanakan SAKSI, kelas 7 melakukan PRASAKSI. PRASAKSI dilaksanakan seminggu sebelum SAKSI dilaksanakan.
    Di acara PRASAKSI, kelas 7 membuat tongkat dan vandel. Tongkat dibawa oleh ketua dan wakil sedangkan vandal dikenakan oleh ketua. Semua tongkat dan vandel harus dibuat sendiri tanpa bantuan guru ataupun OSIS. SAKSI ini tidak hanya diikuti oleh siswa, tetapi gurus, OSIS, MPK dan ROHIS juga ikut serta melaksanakannya. Di jumat pagi seluruh peserta berkumpul di sekolah untuk persiapan berangkat.
    Setibanya disana kami melaksanakan apel kedatangan. Sehabis apel, yang putra solat jumat. Kami naik sekitar 250 anak tangga untuk ke barak. Saat sampai kami langsung melaksanakan makom atau makan komando. Makan komando adalah makan dengan cepat bersih dan teratur. Tidak ada makanan yang tersisa dan waktu makan dibatasi oleh para pelatih. Setelah makan kita mendapat materi dari SIOUX. Materinya adalah materi tentang cara mengidentifikasi ular, menanggulangi gigitan ular dan jenis jenis ular. Setelah mendapat materi SIOUX, kita menuju barak untuk berganti baju pramuka dan menaruh tas. Kita berganti baju karena akan melaksanakan pelantikan pramuka. Kami dilantik dari penggalang ramu menjadi penggalang rakit. Setelah di lantik kita kembali ke barak untuk bersuh bersih dan mengganti baju bebas. Setelah itu kita melaksanakan solat magrib dan menjama isya. Sehabis solat kita melaksanakan makom. Setelah makom kita mendapatkan materi tentang cinta tanah air. Setelahnya kita tidur.
    Keesokan harinya kami dibangunkan pagi untuk melaksanakan solat subuh. Setelah solat subuh kami kembali ke barak untuk bersih bersih dan mengganti baju untuk outbond. Ada banyak kegiatan outbond. Ada turun tebing, flying fox, jembatan tali 2, rope swing dan masih banyk lagi. Setelah outbong kita pergi berenang di sungai. Sehabis itu kita kembali ke barak untuk mengganti baju dan mandi. Malamnya kita makom , melaksanakan pentas seni dan peragaan busana. Lalu kita pergi tidur.
    Pada hari ketiga kita melaksanakan acara bebas dan kembali ke labschool.

  48. Aniqa Faiza Shaliha 7A says:

    SAKSI 2017
    SAKSI merupakan singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. SAKSI tahun 2017 berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 Februari 2017. SAKSI tahun 2017 ini dilakukan di Sangga Buana, Jawa Barat. Pada hari Kamis, 2 Februari 2017 kami sudah membawa tas untuk langsung diangkut menuju barak di Sangga Buana. Pagi – pagi ketika datang ke sekolah, semua anak kelas 7 dan peserta SAKSI kelas 8 maupun 9 menaruh tas di Gedung BPS. Hari Jum’at dimulai dengan datang ke sekolah dengan menggunakan baju seragam taqwa. Para peserta, yang merupakan kelas 7 dan beberapa kelas 8 dan 9 yang belum sempat ikut SAKSI mulai berkumpul pukul 06.30 WIB di sekolah untuk melakukan apel pemberangkatan. Setelah berbagai sambutan diucapkan, para peserta mulai bersiap – siap untuk memasuki bis. Aku mendapat tempat duduk di bis 5 bersama dengan kelompok 4, 5 dan 6. Kami berangkat sekitar jam 7 sampai jam 8. Guru pendamping di bis kami adalah Pak Wahyudi, guru Bahasa Indonesia.
    Pemberangkatan menuju Sangga Buana sampai tidak sesuai dengan jadwal. Di jadwal, kami seharusnya sudah sampai Sangga Buana pukul 10.30 WIB, tetapi pada hari Jum’at itu kami baru sampai pukul 11.30 WIB. Sesampainya di Sangga Buana, kami langsung diperintahkan untuk baris per kelompok untuk melakukan apel terlebih dahulu. Setelah mendapat beberapa kalimat dari Kostrad, kami menuju barak kecil untuk salat terlebih dahulu. Setelah melakukan salat berjamaah, kami menaiki sekitar 221 anak tangga menuju ke atas Sangga Buana. Di atas, kami disampaikan beberapa arti tanda peluit. Kami juga melaksanakan makan siang dengan makan komando. Badan kami harus tegak, sendok yang menyampiri mulut, tidak boleh berantakan dan sebagainya. Hari pertama kami mendapat beberapa materi, seperti materi tentang reptil (ular) dari Sioux, pelantikan Pramuka Penggalang rakit, dan yang terakhir pengalaman oleh TNI Kostrad. Hari pertama berjalan dengan baik.
    Hari kedua ketika pagi hari, kami diguyur hujan. Sehingga kami terlambat sarapan. Setelah sarapan, kami pemanasan untuk melakukan outbond. Outbond berlangsung dari jam 8 sampai dengan jam 3 sore. Tersedia berbagai jenis outbond, seperti flying fox, turun tebing, jembatan tali 2 dan latihan keseimbangan serta lompat dengan tali seperti tarzan. Setelah melakukan outbond, kami pergi ke sungai. Sebelum mandi di sungai, kami harus merayap di lumpur dahulu. Setelah merayap, kami langsung menuju sungai. Kemudian setelah selesai mandi di sungai, kami kembali ke lapangan atas dan disuruh untuk berbaring di lapangan. Kemudian kami pun harus merayap di rumput dengan memegang kaki teman sekelompok. Hari kedua diakhiri dengan peragaan busana, pentas seni, dan penampilan dari kakak OSIS.
    Hari ketiga, kami salat dan sarapan, setelah itu ada apel. Di apel tersebut, disebutkan peserta SAKSI terbaik, tongkat dan vandel terbaik. Kelompok kami memenangkan tongkat putri terbaik dengan bantuan kakak pembina kami, yaitu kak Azka dan kak Audrey. Kami pun bersiap – siap pulang kembali ke rumah, walupun sempat tertunda karena bis datang terlambat. Kami, peserta SAKSI, kakak OSIS, kakak Rohis dan guru sampai dengan selamat di sekolah sekitar jam 1 atau 2 siang.

  49. Dewangga H.P says:

    SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia. Kegiatan itu dilakukan untuk melatih kedisiplinan siswa Labschool. Saksi kegiatannya terdapat pada tanggal 3-5 Febuary 2017. Walaupun kegiatannya pada tanggal 3-5, sebelumnyapun kami melakukan prasaksi. Prasaksi terdapat kegiatan seperti mengecat tongkat dan membikin vandel sebagai tanda kelompok. Kelompokpun disimbolkan dengan daerah yang berada di Indonesia.
    Pada pagi hari tanggal 3 Febuary kami berangkat dengan bis menuju sangga buana. Perjalannya memerlukan waktu sekitar 4 Jam. Bisnya pun disertai 3 kelompok dan beberapa kakak OSIS. Ketika sampai disana kami disuruh baris berbaris dan menaruh tas. Setelah itu kami melaksanakan sholat jumat. Setelah itupun kami siap-siap untuk kebarak dan persiapan makan siang. Makannyapun juga bukan sekedar makan makannya harus cepat dan habis sesuai takar yang diambil oleh kakak OSIS. Abis makan kami mendapat materi dari SIOUX tentang bahaya dan fakta tentang ular. Setelah kegiatan itu ditanya siapa yang ingin digigit ular dan hanya boleh 1 perempuan dan 1 laki-laki. Setelah itu terdapat pelantikan pramuka penggalang rakit yang didapatkan dengan argumentasi dengan 2 kakak OSIS. Setelah itu mai diberi TKU atau tanda kecakapan umum. Setelah makan makan malam kami diberi materi tentang kostrad. Di materi ada beberapa pertanyaan dan apabila dijawab dengan tepat akan diber teh kotak setelah materi kami tidur dibarak walaupun lantainya keras saya usahakan tidur.
    Dihari kedua kami dibangunkan untuk melaksanakan sholat shubuh padaa jam 4 pagi. Setelah sholat kami bersih-bersih dan bersiap untuk makan komando pagi setelah makan kami melaksanakan outbond. Out bondpun tidak semua kelompok ikut semua kegiatannya ada rappling, flying fox, dan jembatan tali 2. Setelah outbond kami tiarap di lumpur dan bermain di dalam sungai. Setelah berenang kita tiarap di rumput dan bersih-bersih untuk persiapan busana daerah dan PENSI untuk malam.
    Keesokan hari tetap makan pagi akan tetapi tidak secepat hari sebelumnya. Setelah makan kami foto-foto packing untuk pulang. Setelah itu kamipun pulang ke sekolah
    -end

  50. harga susu kambing etawa

    Saksi Labschool 2017

  51. aghnia dewi 7a says:

    SAKSI 2017
    pada tanggal 3-5 Februari kita melaksanakan program sekolah yang disebut saksi. Kita melaksanakan saksi di Denharrahlat Kostrad Sangga Buana Karawang. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh anak kelas 7. Sebelum kitra berangkat, kita melaksanakan apel keberangkatan terlebih dahulu. Kita mulai berangkat pada pukul 07.00 dan sampai pada pukul 11.30
    Sesampainya disana, kita langsung melaksanakan apel. Setelah itu, kita sholat zuhur dan menaiki bukit yang terdiri dari 220 anak tangga. Sesampainya di bukit, kita mendapat materi dari SIOUX tentang hewan reptile dan makan koamando. Makan komando dilakukan secara cepat dan tidak boleh berisik, Cara mengambil makanannya juga harus tertib. Sorenya, kita menuju baraknya masing-masing dang anti baju pramuka, karena kita akan melaksanakan pelantikan pramuka penggalang rakit. Kita harus mengucapkan dasa darma dan tri satya untuk mendapatkan TKU penggalang rakit. Setelah pelantikan, kita sholat ashar di barak masing-masing
    Setelah pelantikan pramuka, kita sholat maghrib dan isya. Sehabis itu, kita makan komando lagi. Lalu, kita mendapat materi dari koastrad tentang prajuritnya. Setelah mendapat materi, kita tidur pada jam 23.00. Selama saksi kita tidur di barak. Kita tidur dibarak sekitar 60-an orang.
    Hari kedua, kita bangun pada jam 04.00, melaksanakan sholat tahajud dan sholat subuh. Setelah sholat subuh, kita bersih-bersih dan makan komando. Setelah makan komando,kita melaksanakan outbong dari jam 08.00 sampai jam 01.00 dipotong dengan makan komando dan berlanjut outbond sampai jam 15.00. Saat outbond, saya hanya main satu permainan, yaitu jembatan tali dua. Kita harus menyebrangi tali sambal berteriak “saksi”.
    Setelah outbond kita langsung pergi ke bawah untuk mandi di sungai. Sebelum mandi di sungai, kita melewati lumpur terlebih dahulu, sehingga badan kita penuh dengan lumpur. Kita membersihkan lumpur dengan berenang di sungai. Setelah mandi di sungai kita langsung naik ke atas bukit. Setelah sampai diatas, kita langsung tiduran di rumput yang banyak terdapat capung beterbangan, lalu kita harus merayap untuk mendapatkan tongkat kelompok, dan akhirnya kelompok saya yang menang, lalu kita membersihkan diri dan sholat di barak masing-masing.
    Setelah sholat ashar, kita menuju aula untuk persiapan sholat maghrib dan isya, setelah sholat kita langsung baris pekelompok dan melaksanakan fashion show busana daerah. Kelompok saya meragakan busana daerah dari aceh. Setelah fashion show, langsung dilanjut dengan pentas seni dari setiap kelompok. Kelompok saya hanya menyanyi. Kita melaksanakan pentar seni sampai jam 23.00 dan langsung menuju barak masing-masing dan tidur.
    Besoknya, kita sholat subuh seperti biasa dan makan komando. Setelah makan komando, kita ganti baju dan melaksanakan apel penutupan dan foto-foto perkelas. Setelah itu, kita langsung menuju ke bawah untuk menaiki bus. Teteapi, kita menunggu bus kira-kira 1 jam. Setelah busnya sampai, kita langsung menaiki bus dan menuju sekolah pada jam 10.00. kita sampai sekolah pada jam 14.00 dan langsung pulang menuju rumahnya masing-masing.

  52. virna aprilia says:

    PENGALAMAN MENGIKUTI SAKSI
    SAKSI adalah kependekan dari studi apresiasi kepemimpinan siswa . Setiap tahunya labschool melaksanakan kegiatan tersebut . Sebelum melaksanakan SAKSI kita melakasanakan pra-saksi . Pra-saksi dilakukan selama tiga hari . Selama pra-saksi kita dilatih dengan keras oleh kakak-kakak dari OSIS & MPK untuk mempersiapkan mental & fisik sebelum melakukan SAKSI . Tahun ini SAKSI dilaksanakn di Sangga buana , karawang .
    Kita berangkat pada hari Juma’t , 3 februari 2017 . Sebelum masuk ke bis kita mengikuti apel keberangkatan . Sekitar jam 7 kita semua masuk ke bis lalu berangkat . Selama di perjalanan para murid mengobrol dengan temannya dan memakan snack yang dibawa nya . Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam . Setelah sampai disana kita melakukan apel pembukaan dan melaksanakan salat juma’t . Setelah sudah melaksanakan salat juma’t kita menaiki tangga yang berjumlah sekitar 225 anak tangga menuju tempat kegiatan SAKSI dan tempat peristirahatan kami yang disebut ‘Barak’ . Lalu kita makan siang , makan siang dilaksanakan dengan ‘makan komando’ . Di makan komando kita diarahkan untuk makan secara disiplin dan cepat . setelah makan komando kita melihat presntasi tentang reptile ular . Kita diberitahu tentang bentuk gigi ular , spesies ular dan lain-lain .Sorenya kami kami mengikuti apel pelantikan pramuka rakit ke pramuka terap Pada malam harinya kami di presentasikan tentang cinta dan bangga kepada tanah air . Lalu kita bersiap-siap untuk beristirahat .
    Kita bangun jam 4 untuk melakukan salat subuh . Lalu kita makan komando ladi untuk mempersiapkan energy untuk melakukan outbond . Kami dikumpulkan per kelompok untuk melaksanakan outbond . Kita berjalan ke tempat flying fox . karena banyak siswa yang mengantri jadi berjam-jam kita menunggu . Setelah kurang lebih 4 jam saya menunggu kita sudah dipanggil untuk kembali . Saya pun merasa kecewa karena 4 jam tersebut terbuang sia-sia . Lalu saya menaiki jembatan 2 tali . Setelah itu kita turun untuk merayap di sawah lalu membilas diri di sawah lalu kita mandi . Pada malam harinya kami melihat peragaan busana daerah dari perwakilan masing-masing kelompok . Dilanjut dengan pertunjukan pentas seni dari setiap kelompok .
    Keesokan harinya kami merapihkan barang bawaan kembali untuk dibawa . Sehabis itu kami mengikuti apel kepulangan dan foto bersama
    Oleh : virna Aprilia / 7A / 36

  53. mayra sava charity says:

    PENGALAMAN SAKSI 2017
    Pada tanggal 3 february sampai 5 february tahun 2017 ,semua siswa kelas 7 smp labschool Jakarta mengikuti kegiatan yangt bernama SAKSI .SAKSI adalah Studi Aparesiasi Kepemimpinan Siswa.sebelum kita pergi ke sanggabuana , karawang kita harus mengikuti pra saksi .
    Pada hari pertama prasaksi aktivitas nya adalah mencatat tentang tongkat ,keperluan SAKSI ,dan vandel .dan pada hari kedua itu tepatnya di hari senin kitapun belajar kita belajar tentang PBB dan mengecat tongkat serta membuat vandel hari itu adalah dimana kita semua serba kotor karena cat .dan dihari ketiga prasaksi kami belajar tentang “narkoba no prestasi yes”.oleh pak Victor pundjadi .acara ini sangat seru karena ilustrasi ia ditemani oleh pemain phantomim yang sangat lucu .

    Pada tanggal 3 feb 2017 kita semua apel pagi di hallma disana kami hanya disuruh bawa name tag karena tas dan barang barang nya sudah pda di angkut ke kerawang duluan .pada hari pertama itu kami belajar tentang ular yang diajari oleh tim Sioux mereka sangat sangat mengerti tentang ulah dari perbedaan dan cara menangani nya .dan habis itu kami ada kegiatan pramuka,da nada pengenalan dari kostrad.

    Pada tanggal 4 itu kita ada kegiatan outbond banyak banget dan seru dan sehabis outbond kami juga mandi disungai yang arus nya lumayan deras sangt seru

    Dan pada hari terakhir kami semua hanya packing packing saja dan inilah pengalaman singkat tentang SAKSI yang bisa saya sampaikan terimakasih

  54. Azka Abimanyu says:

    Saksi 2017
    Tanggal 3-5 februari 2017 SMP Labschool Jakarta melaksanakan SAKSI. SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinam Siswa Indonesia. SMP Labschool Jakarta melaksanakan SAKSI di Sangga buana dan dilatih oleh TNI. Sebelum SAKSI para siswa mengadakan Pra- SAKSI terlebih dahulu untuk persiapan saksi nanti.
    Hari Jumat tanggal 3 Februari 2017 Seluruh siswa mempersiapkan pemberangkatan ke Sangga buana. Seluruh siswa mengadakan apel lalu pemberangkatan tepatnya jam 7 siswa menaiki bus dan berangkat ke Sangga buana. Pukul 11.30 seluruh siswa sampai di Sangga buana setelah itu melaksanakan apel pembukaan dan Siswa laki-laki mempersiapkan diri untuk sholat jum’at. Adapun kegiatan pada hari jum at yaitu pelajaran tentang ular, pelantikan, perkenalan tentang costrad, dan makan siang dan malam untuk makan seluruh siswa diwajibkan untuk makan dengan cepat. Saat malamnya seluruh siswa tidur di barak dan saya merasa terganggu karena adanya nyamuk jadi saat bangun saya sedikit mengantuk
    Hari Sabtu tanggal 4 Februari 2017 Seluruh siwa bangun jam 4 untuk shalat tahajud bagi yang beragama Islam dan shalat subuh. Setelah shalat subuh seluruh siswa makan pagi lalu setelah itu persiapan untuk outbound lalu outbound. Outbound disana cukup menantang karena ada beberapa yang belum pernah coba. Lalu setelah Outbond seluruh siswa mandi di sungai lalu kembali ke barrak lalu mempersiapkan diri untuk sholat maghrib dan isya lalu mempersiapkan diri untuk peragaan busana dan PENSI.
    Hari Minggunya Seluruh siswa melaksanakan apel penutupan. setelah apel penutupan seluruh siwa bersiap siap menaiki bus untuk pulang. tetapi beberapa bus belum datang jadi kami menunggu sampai bus tersebut datang. Setelah bus datang kami pun pulang.
    Banyak pelajaran berharga saat saksi menurut saya SAKSI cukup menyenangkan karena adanya outbound dan Pembina yang baik-baik. SAKSI mengajarkan saya bagaimana cara hidup disiplin dan madiri saya merasa beruntung karena saya mengikuti SAKSI. Adapun beberapa kegiatan yang menurut saya tidak mengenakan yaitu makan dengan cepat.

  55. rosalinda 28 7a says:

    SAKSI 2017

    Saksi kali ini dimulai pada tanggal 3 dan berakhir pada 5 Februari 2017. Sebelum saksi dimulai diadakan kegiatan pra saksi. Pra saksi dimulai pada hari jumat tanggal 27 Januari 2017. Pada hari itu kami diberi arahan tentang saksi, mencatat perlengkapan yang harus dibawa, mencatat desain vandal dan tongkat beserta perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Kami juga diberikan link untuk membuat name tag dan id tas untuk siswa dan siswi. Pada saat mencatat kami diberikan batasan waktu yang sangat terbatas, seperti 10 detik, 5 detik dan sebagainya.
    Hari kedua pra saksi diadakan pada hari Senin tanggal 30 Januari 2017. Kami diberikan materi oleh TNI tentang cara benar melakukan persiapan berdiri, jongkok, duduk, berbaris, cek kerapihan dan masih banyak lagi. Setelah itu kami membuat vandal dan mengecat tongkat sesuai dengan catatan yang kami catat pada hari pertama pra saksi. Keesokan harinya tanggal 31 Januari diadakan pra saksi hari ketiga. Pada pagi harinya diadakan lari pagi dan setelah itu kami menghafalkan yel-yel dan mempersiapkan untuk pensi kelompok masing-masing. Kamijuga diberikan arahan oleh prof. Viktor.
    Pada tanggal 3 Februari 2017 kami berangkat ke sangga buana. Sesampai disana kami dibariskan dan lalu sholat zuhur dan ashar. Setelah itu kami menaiki tangga sebanyak 225 anak tangga. Sesampai diatas kami disuruh menunggu dan setelah itu kami diberi arahan tentang cara makan komando. Kami juga diberitahui tentang signal untuk tiarap dan lain lain. setelah itu kami melakukan makan komando. Selesai makan komando kami diberikan materi tentang cara menangani ular oleh Sioux. Kami diperkenalkan kepada berbagai macam jenis ular dari yang tidak berbisa, berbisa rendah dan berbisa tinggi. Kami juga diberitahukan ciri ciri ular, tempat tinggal mereka, cara memegangnya dan cara menangani bila digigit oleh ular.
    Setelah materi dari Sioux kami mengganti baju pramuka lenkap dan melaksanakan pelantikan. Sebelum pelantikan, masing-masing regu di tes oleh osis dan mpk agar dapat dilantik menjadi penggalang rakit. Setelah pelantikan kami membersih kan diri dan mengganti baju menjadi baju bebas dan sholat maghrib dan isya. Setelah itu kami bersiap untuk makan komando. Setelah makan komando kita diberikan materi oleh salah satu TNI/Kostrad. Di saat itu kami diberi tayangan tentang kostrad dan lain-lain. setelah materi kami dipersiapkan untuk tidur dalam barak masing masing.
    Keesokan harinya kami dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajud dan sholat subuh. Setelah itu kami beres-beres dan sarapan atau makan komando. Setelah makan kami melakukan pemanasan dan bersiap siap untuk melakukan outbond. Kami dibagi menjadi 4 kelompok yaitu yang pertama memanjat tebing, yang kedua adalah jembatan tali dua dan yang ketiga dan keempat yaitu flying fox 1 dan flying fox 2. Setelah kami outbond, kami sholat zuhur dan ashar. Setelah itu kami makan siang atau makan komando. Selesai makan komando kami diperbolehkan melanjutkan outbond. Ada turun tebing, tali tarzan dan masih banyak lagi.
    Setelah itu kami diarahkan untuk pergi ke sungai. Sesampai dekat sungai terdapat sawah, kami disuruh merayap saat disawah tersebut. Kami semua terselimuti oleh lumpur. Setelah kami merayap kamidisuruh membersihkan diri di sungai. Setelah itu kami disuruh ke lapangan rumput. Disana kami bertidur dan setelah itu kami merayap di rumput. Setelah itu kami membersihkan diri dan sholat magrib dan isya. Sehabis sholat kami makan komando dan setelah itu diadakan pensi. Sesudah pensi kami tidur. Keesokan harinya kami bersiap siap untuk kembali ke labschool dan kerumah masing masing.

  56. Muthia 7A says:

    SAKSI 2017
    Tanggal 3 Februari 2017, Kami angkatan 25 melaksakan kegiatan SAKSI. SAKSI adalah program sekolah untuk melatih siswa siswi tentang kedisiplinan dan kepemimpinan. Sebelum kegiatan SAKSI, kami melakukan kegiatan PRASAKSI pada hari Jum’at, Senin, dan Selasa. Kami mengecat tongkat dan membuat vandel kelompok. Selain mengerjakan keperluan kelompok, kami berlatih yel-yel dan dilatih PBB oleh tentara. Harin terakhir PRASAKSI, kami mendapatkan materi tentang “ Bahaya Narkoba” yang dibawakan oleh Dr.Victor.
    Kegiatan SAKSI tiba. Kami harus kumpul di sekolah pada pukul 6.00 pagi, karena akan segera dilaksanakan kegiatan apel. Setelah apel kami menaiki bus masing-masing dan menuju tempat dimana SAKSI dilaksanakan, yaitu di Denharrahlat, Kostrad, Sangga Buana, Karawang. Sampai disana, kami melasanakan sholat jum’at dan sholat zuhur berjama’ah. Setelah sholat, kami menaiki anak tanggal yang jumlahnya sekitar 220 anak tangga.
    Hal yang dilakukan di hari pertama adalah materi tentang pengenalan ular dan plantikan ramuka. Disana kami mendapatkan materi yang sangat berharga, yaitu cara mengenali ular, letak geografis ular, dan cara menangani gigitan ular. Materi pengenalan ular dibawakan oleh komunitas SIOUX, yaitu komunitas pencinta ular. Jam 4 sore kami melaksanakan plantikan penggalang ramu menjadi penggalan rakit. Sebelum dilantik, kami harus menghadapi pertanyaan dai kakak OSIS tentang Dasar Darma dan Trisatya. Jika kami lulus dari ujian, kami bisa dilantik. Pelantikan berlangsung hikmat. Setelah pelantikan kami berganti pakaian dan bersiap-siap untuk sholat magrib berjamaah. Makan malam pada hari itu adalah makom, yaitu makan komando. Kita harus menghabiskan makanan dalam waktu yang sangat cepat. Sehabis makan komando, kami mendapatkan materi dari KOSTRAD tentang sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan KOSTRAD. Kegitan itu berlangsung hingga jam 11 malam.
    Keesokan harinya, kami melaksanakan kegiatan outbond. Disana saya mencoba flyin’ fox, rapling, dan merayap di lumpur. Semua wahana sangat seru. Diakhir outbond, kami mandi di sungai. Namun ternyata, mandi di sungai membuatku masuk angin. Tahap akhir dari kegiatan pada hari itu adalah merayap bersama-sama untuk mendapatkan tongkat. Kami dilatih untuk berkerja sama. Kegiatan tersebut membuat tubuh saya tidak berdaya, karena terlalu lelah. Selesai outbond, saya harus dirawat di ruang P3K hingga menjelang pagi. Saya sangat sedih karena tidak bisa ikut peragaan busana dan pensi.
    Hari terakhir tiba. Waktunya untuk berkemas dan apel penutupan. Sebelum apel penutupan, kami melakasanakan sarapan pagi, namun sudah tidak makan komando lagi. Setelah sarapan kami melaksanakan apel dan pengumuman peserta terbaik SAKSI. Jam 10 pagi waktunya kami kembali ke sekolah.
    Menurutku kegiatan SAKSI membawa dampak positif bagi saya. Para tentara telah melatih kami untuk menerapkan sikap disiplin dikehidupan sehari-hari. Walaupun semua kegiatan melelahkan, namun tidak ada satupun kegiatan yang membosankan, apalagi outbondnya. Demikian pengalamanku saat melaksanakan kegiatan SAKSI. Mohon maaf apabila ada kesalahan pengetikan dan lain-lain.

    Di buat oleh: Muthia Hayusatari (23)

  57. althaf dafariandra 7A says:

    Saksi 2017
    Pada tanggal 3-5 februari, kami mengadakan sebuah kegiatan yang melatih kepemimpinan yang disebut dengan saksi, saksi berada di sangga buana karawang jawa barat , barang kami berangkat satu hari sebelum kami, kenapa barang tersebut jalan duluan agar tidak menyusahkan saat kita akan berangkat besoknya.

    Besoknya kami berangkat dengan menggunakan bus, kira-kira perjalanan itu sekitar 2 jam, saat berangkat saya duduk di sebelah bim-bim atau yang bisa di sebut dengan aska, tiba sangga buana sekitar jam 11.30 tiba disana kami langsung menuju lapangan untuk pidato penyambutan oleh kostradnya langsung, setelah itu saya lansung melakukan sholad jum’at karena sudah mendekati waktu sholad jum’at setelah itu kami langsung di sambut dengan makan komando yang menurut saya itu merupakan bagian terseram saat saksi karena disana saya harus menghabiskan makanan dalam waktu yang di tentukan, sehabis itu diberi sebuah penjelasan tentang ular oleh shoks ya saya kira begitu.

    Sehabis itu kita melakukan upacara pelantikan ya dan tidak lupa dengan makan komando yang sangat seram, sehabis itu saya disambut dengan acara pengenalan kostrad disana saya melihat sebuah video yang menurut saya video seperti itu yang dapat yang membuat rasa cinta tanah air meningkat yak video tentara-tentaran yang membuat saya menjadi lebih berani sedikit, video yang membuat orang ingin masuk kostrat, setelah itu saya masuk ke dalam gubug tempat tidur saya disana adalah saat yang menegangkan karena saya berpikir barang saya akan hilang dan ternyata benar barang saya ada yang hilang tapi menurut saya itu bukan barang yang terlalu penting yak jas hujan, jas hujan saya hilang yang menurut saya tidak akan hujan dan ternyata saya salah.

    Keesokan harinya saya di sambut dengan sholad shubuh bersama dan kultum, sehabis itu saya melakukan outbond outbondnya rumayan seru tapi tidak se seru karena menunggunya yang terlalu lama, sehabis itu ada makan komando dan melakukan sholad berjamaah, keesokan harinya kita packing, dan pulang.

  58. shanty amanda says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Saksi yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Labschool Jakarta ini, dilaksanakan di Karawang. Di tempat ini,para siswa dan siswi SMP Labschool Jakarta dilatih oleh kostrad.Latihan ini menyangkut latihan fisik dan mental. Di hari pertama Saksi,Kami mengadakan apel pemberangkatan di Hallma SMP Labschool Jakarta. Setelah itu,kami menempuh perjalanan menuju Karawang. Sesampai nya di Karawang,kami mengadakan apel kedatangan dan Shalat Jumat (Bagi putra) Dan Shalat Dzuhur (Bagi Putri).setelah itu,kami mengadakan Makan Komando.Makan Komando adalah Makan yang makannya dihitung oleh Kostrad sehingga kita harus makan secara cepat.Setelah Makan komando,kami mendengarkan presentasi tentang reptile (Ular). Ular terbagi menjadi dua,ada yang berbisa dan tidak berbisa.Bisa ular juga ada yang berbisa tinggi dan berbisa namun tidak berbahaya. Setelah itu,kita melaksanakan Pelantikan pramuka.Kami dan kakak-kakak osis bertanya jawab tentang Dasadarma dan Trisatya.Selepas pelantikan pramuka Penggalang selesai,Kami solat maghrib dan makan Komando lagi. Setelah Makan komando,kami kembali mendengarkan presentasi tentang bagaimana Kostrad dilatih dan Bagaimana Kami harus menghargai Bangsa Indonesia.Selepas presentasi berlangsung,Kami kembali ke Barak masing-masing.Barak adalah bilik untuk kami tidur.Dan Hari pertama berakhir disini.

    Hari Kedua di Sangga Buana,Karawang,Kami melakukan Outbond.Outbond yang dilakukan berupa flying fox,Turun tebing, Papan Titian dan masih banyak lagi.Kelompokku adalah kelompok pertama yang mencoba Flying fox.Namun,beberapa orang termasuk aku tidak ikut main flying fox dikarenakan waktu yang tidak cukup. Selepas itu,Aku mengantre permainan turun tebing dan Papan titian serta meloncati Kolam dengan Tali. Outbond tersebut berakhir dengan kami semua disuruh merayap di Sawah.Hal terakhir yang kami lakukan adalah Berenang di Sungai.Hal ini Sangat menyenangkan dan Seru!.Pada malam harinya,Kami melakukan acara pentas Seni yang berupa Fahion Show dan Pentas Seni itu sendiri.Pentas seni berlangsung menyenangkan dan Saat Fashion Show,Terjadi hal yang sangat seru!.Selepas Fashion show selesai, kami kembali ke Barak masing-masing dan bergegas untuk tidur.

    Di Hari ketiga,kami melakukan apel pemulangan dan bersiap untuk kembali ke Jakarta.Kami juga melakukan foto bersama dan Makan komando untuk terakhir kalinya.Kami beramah-tamah dengan sang pelatih Kostrad.Setelah itu,kami menuju ke Bus untuk melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.DI perjalanan,Anak-anak tertidur karena capek:). Setelah sampai di SMP Labschool Jakarta,Kami mengambil koper masing-masing dan pulang ke rumah!.
    Saksi!!!

  59. zabrina drupadi 7A says:

    SAKSI 2017

    Saksi adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membangun kedisiplinan siswa bersama TNI-AD kostrad yang berada di Sangga Buana. Pada hari jum’at 27 januari sampai selasa 31 januari kami melakukan prasaksi yaitu dimana kami mempersiapkan untuk saksi.kami dibagi menjadi perkelompok. Pada saat itu saya di kelompok 9 dan kelompoknya hampir sama dengan kelompok salam. Saat itu kami saat prasaksi mengecat tongkat, membuat fabel, menyanyikan yel-yel, dan mendapat materi dari Dr. Victor.
    Pada hari jum’at 3 februari 2017 kami mulai melakukan saksi pada pagi hari saya sampai sekolah padi pukul 06.00. kami diawali dengan apel pagi dan kami pun menuju ke bus. Di bus saya bersama natri dan selama perjalanan saya tidur dan pada pukul 11.00 kami sampai dan melakukan apel lagi. Saat itu kami pun menunggu para lelaki sholat jum’at dan saya pun sholat jamak berjamaah bersama teman-teman. Kami pun setelah itu berbaris dan naik tangga yang ada 225 anak tangga. Setelah itu, kami makan komando yang dipimpin oleh para TNI. Setelah itu, kami pun diberi materi tentang ular dari Sioux.
    Pada sore hari kami melakukan pelantikan penggalang rakit dan bisa dibilang saya lama… sehabis itu kami makan komando malam dan syangnya saya muntah jadinya saya harus ada di ruang P3K. setelah materi mereka selesai saya pun pindah ke barak untuk tidur sayangnya karena saya sudah tidur tadi jadinya di barak susah tidur  . saat pagi-pagi kami sholat subuh dan makan komando yaitu NASI GORENG (makanan kesukaanku selain sushi…..). setelah kita makan kami ganti baju menjadi baju saksi dan kami pun outbond. Saat itu kami berada di tempat yang bisa dibilang paling jauh karena kita harus menyusuri sawah dan saat saya sudah menunggu selama 4 jam untuk flying foxdan saat itu pun saya sedang menunggu giliran saya dimana saya sudah pakai pengaman. Ternyata sayangnya para kakak OSIS sudah memanggil kita dan saya jadinya gak flying fox dan kami makan komando.
    Setelah makan komando kami melanjutkakn outbond dan sayangnya saat itu outbond yang saya lakukan hanya turun tebing karena banyak sekali yang mengantri. Setelah kami menyelesaikan outbind kami pergi untuk merayap di lumpur dan kulit saya sekarang bruntusan. Setelah itu kami pergi ke sawah untuk merayap lagi dengan banyak campuran air yang tidak enak. Setelah itu kami mandi di sungai saya dan teman-teman bermain bersama walaupun hanya sebentar karena sudah sore. Setelah itu dengan menutup saksi kami harus merayap bersama dengan berpegangan dan ketua harus memegang tongkat. Kami pun baris dan melakukan apel untuk menyelesaikan saksi. Pada malam hari kami melakukan peraga busana dan pentas seni sampai jam 11 malam.
    Pada hari minggu kami pun makan dan foto-foto. Setelah itu kami kebawah untuk ke bus namun yang baru datang hanya 2 bus yang salah satunya bus saya. Sembari menunggu saya tidur dan saat kebangun ternyata sudah jalan saat kami pulang kami diberi makanan ayam goreng dan nasi. Sesampainya di labschool saya bertemu dengan mama saya dan pulang.

    Zabrina drupadi 7A

  60. Alya PF says:

    SAKSI 2017
    SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Yang diadakan oleh SMP Labschool Jakarta, SMP Labschool Jakarta telah mengadakan SAKSI sebanyak 15 kali dan tahun ini yang ke15. SAKSI 2017 diikuti oleh anak – anak angkatan 25 dan beberap murid angkatan 24 karena alasan yang berbeda – bedaTahun ini SAKSI diadakan di Sangga Buana sama seperti tahun sebelum – sebelumnya. Terkecuali tahun kemarin (2016), tahun lalu SAKSI diadakan di gunung bunder, SAKSI 2016 diikuti oleh angkatan 24.
    Sebelum SAKSI 2017 angkatan 25 harus mengikuti Pra – SAKSI terlebih dahulu, yaitu dari tanggal 27, 30, dan tanggal 31 januari. Pada tanggal 27 januari kita dikumpulkan di teater kecil setelah solat jum’at. Disana kita diminta untuk mencatat perlengkapan untuk mebuat vandel dan tongkat untuk kelompok. Kita juga memusyawarahkan siapa yang jadi ketua kelompok, peraga busana, dan mc pensi. Kita menyetujui semua itu di bina dengan kp (kakak pembina) kita yaitu kak Tasya dan kak Kaila.
    Prasaksi hari kedua yaitu hari senin tanggal 30 januari 2017. Pada hari itu kita belajar PBB dengan pelatih dari kostrad dari sangga buana dan ditemani kaka osis mpk juga. Dan juga kita di beri tahu cara berdiri, jongkok, dan duduk ala SAKSI. Saat hari senin itu kita menggunakan baju olah raga, setelah belajar PBB, acara selanjutnya adalah mengecat tongkat (2 tongkat) dan membuat vandal. Untuk membuat keduanya 1 kelompok dibagi menjadi 2 tim, tim pertama mengecat tongkat, dan tim yang kedua membuat vandel.
    Pada hari selasa kita melaksanakan lari pagi bersama peserta saksi tanpa didampingi kakak osis mpk karena kakak osis mpk sedang melaksanakan LKMS. Karena tidak didampingi kaka osis, kita didampingi pa gilang, pa way dan guru lainnya. Rute Lari pagi kita yaitu rute biasa seperti larjum. Setelah itu kita berganti baju menjadi seragam put-bir. Lalu kita disuruh berkumpul sesuai kelompok di teater kecil. Disana kita menghafalkan yel – yel saksi, setelah itu penutupan pra saksi 2017
    Keesokan harinya kita belajar seperti biasa dikelas. Dan pada hari kamis tanggal 2 februari 2017 paginya kita mengumpulkan barang – barang yang mau dibawa ke sangga buana di gedung BPS. Pada hari jumat kita melaksanakan saksi dimulai dari apel pembukaan lalu kita naik ke bus untuk melaksanakan perjalanan. Saat pergi ke sangga buana saya duduk bersama Nia. Selama perjalanan ke sangga buana, kita hanya diam maksudnya tidak terlalu banyak ngobrol karena saat saya tidur nianya sedang memakan snek yang dibawa dan saat saya sedang menyemil makanan yang saya bawa Nianya tertidur.
    Setelah sampai di sangga buana, kita diminta untuk berbaris berdasarkan kelompoknya. Setelah itu kita naik ke atas melalui tangga, anak tangganya itu sekitar 221 atau 225. Setelah sampai di atas, kita diminta untuk berganti baju pramuka lengkap di barak untuk melaksanakan pelantikan pramuka penggalang rakit. Setelah pelantikan, kami diminta untuk bersih bersih dan merapikan barang barang yang kita bawa.
    Selama di sangga buana kita melakukan makan komando kecuali sarapan terakhir. Setelah kami makan, kita mendengarkan cerita yang di ceritakan oleh salah satu pelatih kostrad. Setelah itu kita tidur di barak. Pagi paginya kita dibangunkan untuk sholat subuh, tetapi bagi yang non islam mereka bisa berjalan jalan atau sekedar duduk dilapangan bersama anak – anak yang sedang berhalangan untuk sholat.
    Pada hari itu (sabtu) kita melaksanakan kegiatan outbond, di outbond ada 4 kegiatan yaitu kegiatan rappling atau turun tebing, kegiatan aksi air , jenbatan dua tali, dan flying fox. Saya mencoba semuanya kecuali yang flying fox karena tidak sempat. Setelah itu kita disuruh kesungai dekat situ, tetapi sebelum kita menyebur ke sungai kita karus tiduran di lumpur dekat sawah ytang berada disamping sungai setelah baju kita kotor semua kita langsung turun kesungai tujuan kita nyebur ke sungai adalah untuk membersihkan baju kita yang terkena lumpur tadi dan sekalian bermain air.
    Setelah kita pergi dari sungai, kita diminta untuk berbaring direrumputan dan setelah itu bertiarap perkelompok untung mengambil tongkat. Malamnya, kita melaksanakan peragaan busana dan pensi. Kaka osis dan mpk pun ikut menampilkan suatu penampilan. Keesokan harinya kita pulang ke Jakarta.

  61. Risjad Nukman 7A says:

    SAKSI 2017
    Nama : Risjad Nukman
    Kelas : 7A
    SAKSI adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia yang kami laksanakan pada tanggal 3-5 Febuari 2017 memberikan kami (murid angkatan 25 Sekolah Menengah Pertama Labschool Jakarta) pengalaman baru bersama Kostrad Jaya di DENHARRAHLAT Sangga Buana, Desa Mekar Buana Kecamatan Pangkalan, Jawa Barat. Pada Hari Jum’at, Senin dan Selasa tanggal 27, 30 dan 31 Januari kami melaksanakan prasaksi, pada hari Jum’at kami hanaya briefing yang dilaksanakan di teater kecil. Senin 30 Januari kami melaksanakan prasaksi yang diisi dengan mengecat tongkat dan membuat vandel untuk kelompok masing masing. Selasa 31 Januari kami kembali melaksanakan prasaksi yang diawali dengan lari pagi seperti biasa dan dilanjutkan dengan materi dari BNN (Badan Narkotika Nasional) dan menghafal yel-yel SAKSI 2017. Kami tidak membawa tas pada Hari Jum’at, 3 Febuari 2017 karena sudah dikumpulkan pada Hari Kamis, 2 Febuari 2017

    Kami melaksanakan APEL pembukaan dari jam 07.00 WIB pagi dan berangkat ke Sangga Buana, Karawang pada pukul 07.30 WIB dalam perjalanan kami mengalami beberapa hambatan yang cukup memakan waktu sampai akhirnya kami sampai di markas Kostrad Jaya di Sangga Buana, Karawang kurang lebih pada pukul 11.00 WIB dan langsung melaksanakan APEL pembukaan di Sangga Buana setelah APEL pembukaan kami menuju barrack untuk menaruh tas dan peralatan lainnya dan langsung bersiap siap untuk melaksanakan sholat Jum’at bagi yang muslim. Setelah melaksanakan sholat jum’at kami naik ke lapangan atas dan melaksanakan makan siang setelah itu dilanjutkan dengan materi dari Sioux tentang Ular, Setelah itu kami kembali ke barrack masing masing untuk istirahat dan berganti pakaian pramuka karena akan dilaskanakan pelantikan penggalang ramu. Pada Hari kedua kami melaksanakan outbond setelah mandi dan istirahat kami melaksanakan Busana Daerah dan Pentas Seni. Hari Ketiga, Kami hanya berfoto bersama dan persiapan untuk kembali ke SMP Labschool Jakarta. Kami berangkat pukul 10.00 WIB dan sampai ditujuan pada 13.00 WIB, Kelompok saya adalah kelompok Sulawesi Selatan yang menampilkan sulap pada saat pentas seni.

  62. Rizky 7A says:

    Saksi 2017
    Saksi atau studi apresiasi kepemimpinan siswa saksi ini dilakukan setiap tahun dan diikuti oleh kelas 7 dan kelas 8 bagi yang belum mengikuti saksi tahun sebelumnya kami dilatih oleh TNI Kostrad agar kami lebih mandiri tidak manja tahun lalu saksi ini dilakukan di gunung bunder sedangkan angkatan saya dilakukan di sangga buana yang dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 februari 2017 sebelum saksi kami juga melaksanakan prasaksi dari tanggal 27 sampai 31 januari
    Pada hari jumat 27 januari adalah prasaksi pertama kami hari jumat kam dikasih pengarahan oleh kakak osis dan kami juga diperintahkan untuk menulis barang bawaan saat saksi dan juga diberitahu cara mengecat tongkat dan membuat vandel saat disuruh menulis kami hanya dikasih waktu 5 detik untuk menghafalkan urutan warna dan ukuran di tongkat lalu kami dikasih waktu 10 detik untuk menggambar tongkat, aku tidak membuat semua tongkat karna waktu yang diberikan sangat singkat. Kemudian kami disuruh menggambar vandel, dan kami hanya dikasih waktu 5 detik untuk menghafal vandel dan 10 detik membuat vandel.
    Senin 30 januari, kami dikumpulkan di teater kecil untuk diberitahukan di hari jumat sebelumnya ada beberapa yang belum dikasih tau sama kakak osis, selanjutnya kami langsung disuruh membuat tongkat, saya berada di kelompok 4 dikelompok kami dibagi menjadi 2 kelompok ada yang membuat tongkat dan ada yang membuat vandel setelah membuat vandel dan tongkat kami dikumpulkan di holma diberi pengarahan dan hari selanjutnya kami dikasih tau yel yel sama kakak osis, hari rabu belajar seperti biasa dan kamisnya disuruh mengumpulkan koper dan ransel
    Jumat 3 februari, kami berangkat dari sekolah jam 06.30 menggunakan bis dan sampai disana sekitar jam 11 kurang kami meletakkan tas dan bersiap siap sholat jumat bagi laki laki, setelah sholat kami makan siang, kita makan tidak seperti dirumah dan harus makan komando dan harus makan lebih disiplin tidak tupah tumpahan nasinya, setelah makan kami diberitau materi tentang ular, setelah materi kami disuruh meletakkan tas dibarak dan berganti baju pramuka untuk melakukan apel pelantikan rakit, lalu kami berganti baju untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan kultum yang diberikan tiap kelompok, stelah itu kami diberi materi tentang kostrad, kemudian kami sebelum tidur diberi snack agar kami tetap sehat dan menuju ke barak, saat saya tidur saya mendengar suara tokek suasana pun mulai menakutkan saya pun tidak bisa tidur karna ada suara itu
    Sabtu 4 februari, kami bangun pagi dan sholat tahajud dan sholat shubuh, setelah itu kami kembali kebarak untuk ganti baju loreng, kemudian kami makan komando saat kami makan kami mendengar suara meriam dan harus tiarap dan kami lanjutkan makan, setelah itu kami outbound, rintangan pertama yang saya lakukan jembatan bertali dua, saya harus berteriak SAKSI! Setiap langkah,rintangan kedua yang saya lakukan adalah Reffling yaitu turun tebing, ketiga flying fox, keempat gelantungan melewati air, dan kami pun disuruh untuk tiarap dilumpur dan lanjut kesungai untuk bersih bersih, saat di perjalanan sungai kami juga disuruh tiara ditengah tengah sawah, lalu kami kesungai untuk bersihkan badan dan itu kami kembali ketempat sebelumnya, disitu kami harus disuruh tiarap dan harus memegang kaki temannya disitu sikut saya sampai merah dan perih setelah itu kami menuju ke barak untuk mandi dan dibarak kami disuruh sholat dzuhur dan ashar, lalu kami melaksanakan sholat maghrib berjamaah, kemudian kami makan , dan langsung melaksanakan peragaan busana dan pensi, setela itu kami tidur
    Minggu 5 februari kami packing dan disuruh membersihkan barak kami disuruh kelapangan untuk makan , setelah itu kami foto perkelas, setelah itu kami jalan kelapangan pertama kami datang dan menunggu bisnya datang, bisnya pun datang kami langsung bergegas naik bus dan kembali ke bus

  63. satrya aryandanu rahmananda 7a says:

    SAKSI 2017
    Nama : Satrya Aryandanu Rahmananda
    Kelas : 7a (32)
    Pada tanggal 3-5 Februari, Sekolah Menengah Pertama Labschool Jakarta memiliki program untuk kelas 7. SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepempimpinan Siswa Indonesia. Angkatan kita melaksanakan SAKSI di DENHARRAHLAT, Sangga buana, desa mekar buana, kecamatan pangkalan, Jawa barat. Sebelum kita melaksanakan SAKSI, kita harus melaksanakan pra-saksi. Pra-saksi membutuhkan waktu 2 hari. pada hari pertama (hari senin) setiap kelompok dibagi menjadi kelompok untuk membuat vandel atau name tag kelompok dan kelompok untuk mengecat tongkat. Pekerjaan itu selesai pada sekitar jam 12.00, setelah itu, kita salat dzuhur dan belajar seperti biasa. Pada keesokan harinya, kita lari pagi. Setelah itu osis pergi ke acara LKMS. Kita dijelaskan materi tentang narkoba dari Badan Narkotika Nasional. Setelah itu kita mengahalkan yel yel yang telah dibuat oleh kakak kakak osis.
    Pada tanggal 3 februari, kita berangkat ke Sangga buana, Karawang, Jawa barat. Setelah sampai sana, para laki laki yang beragama islam melakukan shalat jumat berjamaah. Setelah itu kami beristirahat di barrack masing masing. Setelah itu kami makan komando. Setelah makan komando kami menadapatkan materi tentang ular dari SIOUX. Setelah materi dari SIOUX kita istirahat dan mandi. Setelah itu kita melakukan pelantikan Ramu. Kita di test oleh kakak kakak osis tentang trisatya dan dasadharma pramuka. Setelah itu bagi siswa siswi muslim melaksanakan shalat maghrib. Setelah itu kami makan komando lagi. Setelah makan komando kita mendapat materi pembentukan rasa nasionalisme dari KOSTRAD. Setelah itu kita tidur pada jam 22.00 dan bangun jam 4.00. setelah bangun para siswa siswi muslim akan melaksanakan shalat shubuh. Setelah melaksanakan shalat shubuh kita melaksanakan makan komando dan melakukan outbond setelah outbond kita menuruni 225 anak tangga untuk pergi ke sungai dan bersih bersih diri. Pada malam harinya, kita melakukan fashion show daerah dan pentas seni. Kelompokku mewakili daerah Nusa Tenggara Timur atau yang kita biasa dengar dengan NTT dan kelompokku mempersembahkan stand up comedy dari Gibran. Setelah acara tersebut bselesai, kita tidur jam 22.00. pada keesokan harinya, seperti biasa kita bangun jam 4.00 pagi dan yang muslim melaksanakan shalat shubuh berjamaah. Setelah shalat shubuh kita packing barang barang dan disiapkan untuk dibawa ke Labschool. Setelah itu kami berfoto foto dan balik ke Labschool dengan selamat sentosa

  64. Nadhif 7A says:

    Pengalaman Saksi 2017
    Nama : Muhammad Nadhif Haryadipta Putra Ridha
    Kelas : 7A
    Absen : 20
    SMP Labschool Jakarta mengadakan acara SAKSI untuk murid kelas 7. Program berlangsung dari 3 sampai 5 Februari 2017. Tetapi sebelumnya terdapat kegiatan Pra-Saksi yang berlangsung tanggal 27, 30, 31 dan 1 Februari. Padas pra saksi terdapat kegiatan seperti mengecat tongkat kelompok, membuat vandel untuk ketua masing masing kelompok. Kedua kegiatan tersebut dilaksananakan pada hari Senin di Lapangan depan masjid atau holma. Pada hari Senin kami juga latihan Peraturan Baris Berbaris. Hari Selasa dimulai dengan Lari Pagi seperti Larjum. Selanjutnya kita mendengar semacam seminar oleh Dr. Victor tentang bahaya narkoba. Sisa dari hari itu hanya Apel. Hari Rabu dan Kamis tidak ada Pra SAKSI dan hari Kamis hanya mengumpulkan koper untuk dikirm ke DENHARRAHLAT KOSTRAD JAYA di Sanggabuana.
    SAKSI dimulai pada hari Jum’at. Paginya dilaksanakan Apel Pagi. Setelah itu kami berangkat ke Sanggabuana naik bis. Saat sampai kita apel pembukaan lalu yamg muslim Sholat Jum’at. Setelah itu kita menaiki tangga yang berjumlah 225 anak tangga. Setelah itu kami makan siang. Setelah itu kami diajari tentang ular oleh SIOUX. Setelah itu kami beristrahat. Sore hari kami pelantikan penggalang Pramuka. Setelah itu kami Sholat Maghrib dan Isya. Kami makan malam setelah Sholat. Malamnya kami mendengarkan materi Pembentukan Rasa Cinta Tanah Air melalui berbagai Pengalaman TNI dan hari diakhiri dengan tidur.
    Hari Sabtu dimulai dengan Sholat Subuh dilanjutkan dengan Mandi lalu Kita Sarapan. SAKSI dilanjutkan dengan kegiatan Outbond. Setelah itu kami bermain lumpur dan mandi di sungai. Kegiatan dilanjutkan dengan semacam “Pelantikan”. Selanjutnya kami Mandi dan Bersih-bersih. Fast forward kita ke malam hari dimana dilaksanakan Pensi dan peragaan busana daerah. Kelompok saya merupakan kelompok Jateng atau Jawa Tengah. Kelompokku juga tampil menyanyikan lagu Cinta dan Rahasia. Kegiatan dilanjutkan dengan tidur
    Hari terakhir ada apel penutupan dan foto bersama. Pada akhirnya kami pulang ke Rumah Keduaku atau Labschool Jakarta.

  65. amira maritza rama 7a says:

    SAKSI 2017
    -ANGKATAN 25-
    By: amira Maritza rama

    Pengalaman menyenangkan, mengharukan, dan menegangkan dalam waktu yang singkat dalam hidup kita. Hanya dengan 3 hari 2 malam kita dapat belajar banyak hal dapat dipelajari, kita semua dapat mengenal lebih baik, lebih dekat dengan kakak-kakak OSIS juga guru-guru, dan belajar solidaritas. SAKSI merupakan kegiatan yang sudah dilakukan oleh para siswa-siswi SMP Labschool Jakarta sejak lama. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena kegiataan ini mengajari bagaimana bersikap disiplin selama kegiatan.
    Sebelum melakukan SAKSI di sangga buana, karawang kami semua melakukan pra-saksi. Pra-saksi adalah kegiatan sebelum saksi untuk sosialisasi. Kegiatan yang dilakukan adalah mencat tongkat kelompok, membuat vandel kelompok, belajar yel-yel, dan lari pagi /berolahraga bersama. Pra-saksi ini memberi kita semua kesempatan untuk berkenalan dengan teman satu kelompok dan berkenalan dengan kakak penanggung jawab maisng-masing kelompok.
    Sehari sebelum keberangkatan ke sangga buana , kami harus mengumpulkan tas yang berisi pakaian untuk 3 hari 2 malam. Kami harus mengumpulannya duluan karena tas akan dikirim terlebih ke sangga buana agar tidak terlalu banyak bawaan saat hari keberangkatan. Kami mengumpulkannya di gedung depan dekat pintu masuk dan dekat lapangan SMA. Tas harus sudah diberi nametag/tanda pengenal agar memudahkan guru-guru. Tas-tas juga harus dikumpulkan sesuai kelompok masing-masing, nanti para petugas membawa dan menaruh tas di barak siswa yang telah ditentukan di sangga buana, karawang.
    Pada hari keberangkatan di depan gerbang ada beberapa murid yang terlihat khawatir, ternyata murid-murid tersebut lupa membawa nametag siswa (termasuk diriku). Merekam semua menunggu di depan pintu gerbang sampai orang tua masing-masing murid mengantar nametag. Setelah mendapat name tag masing-masing, merekam langsung mengikuti upacara pembukaan di lapangan belakang.
    Perjalanan dari sekolah ke sasngga buana membutuhkan waktu 3 jam lebih. Di perjalanan kami mendapat cemilan berupa roti dan air putih. Sesampai di sangga buana kami langsung melakukan apel sambutan dari para kostrad yang nanti akan melatih kami. Kami akan melakukan salat dzuhur berjamaah sebelum menuju barak.
    Setelah merapika barang-barang di barak kami harus berkumpul kembali untuk mendapat materi mengenai ular. Materi ini disampaikan oleh SIOUX. Kita diajarkan untuk membedakan ular berbisa dan mana yang tidak berbisa. Kami juga diajarkan bagaimana menghindar dari ular berbisa. Diantara kami juga ada yang diberi kesempatan untuk digigit ular.
    Di hari kedua disana kami seharian melakukan kegiatan outbond. Tapi diantara kegiatan ada waktu unutk makan siang. Kami makan siang harus makan komando atau bisa disebut makan cepat. Setelah makan siang kami melanjutkan kegiatan outbond seperti flying fox.
    Pada malam hari nya kami melakukan peraga busana daerah dan pentas seni kecil. Jadi setiap kelompok harus ada perwakilan untuk menampilkan pentas seni, seperti menarik, menyanyi, puisi, dan lain-lain sesuai kreativitas setiap kelompok.
    Di hari terakhir kami harus mengucapkan salam perpisahan kepada kostrad karena kita kan pyulang kembali ke rumah masing-masing.

  66. Karla Adnina says:

    SAKSI 2017
    Saksi adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Tahun ini, SAKSI akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Februari. Dan pesertanya adalah kami, angkatan 25 SMP Labschool Jakarta. Tempatnya terdapat di Sangga Buana.
    Pada hari pertama, kami dipersiapkan untuk apel pemberangkatan. Setelah apel, kami pergi menuju bus masing-masing. Di lapangan, sudah terdapat 6 bus. Bus 1 untuk kelompok 1,2,3 Putra, bus 2 untuk kelompok 4,5,6 Putra, bus 3 untuk kelompok 7,8,9 Putra, bus 4 untuk kelompok 1,2,3 Putri, bus 5 untuk kelompok 4,5,6 Putri, dan bus 6 untuk kelompok 7,8,9 Putri.
    Saat sampai di Sangga Buana, kami segera berlari menuju lapangan apel. Setelah sampai, kami ditanyakan oleh salah satu kostrad, “Apa ada dari kalian yang ingin ke toilet?”. Lalu, sebagian besar dari kami semua berlari ke atas yang terdapat toilet. Setelah semua kembali dari toilet dan melaksanakan apel, yang putra dipersiapkan untuk sholat jumat di masjid. Sedangkan, yang putri dipersiapkan untuk keputrian di salah satu barak (bukan di barak yang akan kami tiduri).
    Setelah keputrian dan sholat jumat, kami menaiki ratusan tangga yang amat panjang untuk dinaiki. Sedangkan yang mempunyai riwayat penyakit dalam menaiki jalan yang tidak memakai tangga. Saat kami sampai, kami semua langsung beristirahat di aula dan mempersiapkan diri untuk makan siang. Makan disini bukan hanya makan biasa, tapi kami makan komando. Yaitu, kami akan memulai makannya bersama-sama dan mengakhirinya bersama-sama.
    Setelah makan, kami kumpul lagi di aula untuk pembahasan tentang reptile, terutama ular. Kami diajarkan cara apa yang harus dilakukan saat ada ular, saat digigit ular, dan lain-lain. Bahkan, ada yang mau jadi relawan untuk digigit oleh ular, yang tidak berbisa tentunya. Setelah pembahasan tentang ular, kami pergi ke barak masing-masing untuk ganti baju pramuka.
    Kami pun melaksanakan pelantikan untuk menjadi penggalang rakit dengan menghafal trisatya dan dasa darma. Setelah pelantikan, kami diberi waktu untuk istirahat dan bersih-bersih alias mengganti baju/mandi dan memakai baju bebas. Setelah itu, kami mempersiapkan diri untuk untuk sholat maghrib dan isya. Setiap setelah sholat dan berdoa, akan ada kultum dari setiap perwakilan kelompok.
    Setelah sholat, kami pun makan komando untuk kedua kalinya. Setelah makan, kami mendengarkan pembahasan tentang “Cinta Tanah Air”. Setelah pembahasan, kami mendapat snack sebelum tidur. Setelah makan/minum snack dan membuka sleeping bag, kami pun tidur.
    Kami dibangunkan pukul 4 pagi untuk sholat tahajud dan sholat subuh. Setelah sholat, kami bersantai di barak masing-masing saat hujan tiba-tiba turun. Setelah hujan agak mereda, kami pun mempersiapkan diri untuk makan komando. Setelah makan, kami mengganti baju loreng dan mempersiapkan diri untuk outbound. Saat pertengahan outbound, kami menghentikan kegiatan untuk sholat dzuhur. Setelah sholat, kami pun melanjutkan outbound.
    Saat outbound selesai, kami turun ke bawah untuk main di sungai. Setelah mandi di sungai yang cukup menyenangkan, kami balik lagi ke atas untuk mandi dan memakai baju bebas. Setelah mandi, kami pun sholat lalu makan. Setelah makan, kami pun melaksanakan pentas seni. Setelah pentas seni, kakak-kakak OSIS mengatakan beberapa hal. Setelah itu, kami mengambil snack dan tidur.
    Kami dibangunkan pada pukul 4 lagi. Lalu sholat. Setelah itu, kami berganti baju memakai baju angkatan dan makan komando. Tapi, makan komando kali ini kami melakukannya dengan santai. Setelah makan, kami balik ke barak untuk beres-beres. Lalu, kami disuruh berbaris di lapangan untuk diberi hadiah bagi siswa-siswi terbaik, vandel terbaik putra-putri, tongkat terbaik putra-putri, dan kultum terbaik putra-putri.
    Kami pun turun kebawah untuk ke bus. Dan ternyata, hanya terdapat bus 5 dan bus 6. Alhasil, kami harus menunggu untuk bus yang lain datang. Setelah menunggu beberapa lama, bus yang lain pun datang. Dan kami balik lagi ke Labschool dengan selamat.
    SAKSI 2017, DONE!

    By : Karla Adnina Waworuntu 7A/16

  67. Edna Izzani says:

    Pengalaman Saksi 2017
    Saksi (Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia) adalah suatu program untuk menumbuhkan dan melatih jiwa kepemimpinan siswa Labschool. SAKSI diikuti oleh siswa kelas 7. Pra-Saksi 2017 dilakukan pada tanggal 27, 30 dan 31 Januari, sedangkan acara itu sendiri dilakukan pada tanggal 3-5 Februari. Saksi 2017 dilakukan di Sangga Buana, tempat pelatihan KOSTRAD. Kami juga akan dibina dengan KOSTRAD.
    Pada saat pra-saksi, kami membuat tongkat dan vandel, serta dijelaskan tentang bahaya narkoba. Hari Kamis, tanggal 2 Februari pagi kami mengumpulkan koper/tas yang akan dibawa saat saksi. Tetapi saya tidak masuk, karena saya sakit.
    Jumat, tanggal 3 Februari, kami melakukan apel pemberangkatan sekitar jam 07.00, lalu berangkat ke Sangga Buana dengan bus sesuai kelompok masing-masing. Saya dari kelompok 4, menaiki bus 5, bersama kelompok 3 dan 5. Perjalanannya memakan waktu sekitar 2,5 jam. Selama perjalanan, saya menonton film ‘Single’ di bus saya.
    Setelah sampai di Sangga Buana, kami melakukan apel kedatangan. Setelah itu, kami menaruh tas dan setelah itu yang perempuan shalat dzuhur dan asar di jama’ berjama’ah, dan laki-laki sholat Jumat. Setelah itu kami menaiki sekitar 225 anak tangga untuk sampai ke tempat dimana kegiatan acara saksi akan dilakukan. Kami istirahat sebentar setalah sampai di atas, kemudian kami makan komando (makan dengan cepat, diberi waktu dan harus dihabiskan). Setelah makan komando, kami mendengarkan materi dari organisasi ular, yang bernama Sioux. Setelah itu, saya istirahat, kemudian mengganti baju dengan baju pramuka. Setelah itu kami dilantik menjadi Pramuka Penggalang Rakit. Lalu, kami bersiap-siap shalat magrib dan isya di jama’. Selanjutnya, kami makan komando, setelah itu kami mendengarkan materi dari salah satu KOSTRAD, tentang KOSTRAD, dan pengalamannya. Setelah itu, kami semua tidur di barak masing – masing.
    Besoknya, kami dibangunkan sekitar jam 4 pagi, dan untuk yang muslim wudhu, lalu sholat tahajud berjamaah. Setelah shalat berjamaah, kami sholat subuh. Setelah itu, kami makan komando. Setelah kenyang, kami mengganti baju kami dengan baju saksi, setelah itu kami outbond. Selama outbond, saya sempat menaiki jembatan tali 2, flying fox, rafling, dan terakhir tiarap di lumpur. Setelah itu, saya bersama teman-teman yang lain bilas dengan berendam dan bermain air di sungai. Rasanya sangat menyegarkan, juga menyenangkan! Setelah itu, kami rebahan di lapangan rumput, lalu kami berbaris sambil tiarap bersama kelompok masing-masing dan tiarap dengan maju secepat mungkin.
    Setelah itu, saya mandi dan shalat dzuhur dan ashar di jama’, lalu shalat magrib dan isya di jama’ berjamaah bersama teman-teman yang lain. Setelah itu, kami makan komando, dan kemudian ada acara yang paling ditunggu-tunggu, pensi dan parade busana daerah! Kami balik ke barak masing-masing untuk tidur sekitar jam 11, jadi saya lebih mengantuk dari hari sebelumnya.
    Esoknya, kami dibangunkan jam 5 untuk shalat subuh, lalu kami makan komando tetapi dengan cara yang lebih santai. Setelah itu kami berbaris perkelas untuk foto, dan juga pengumuman pemenang-pemenang untuk kategori masing-masing. Setelah itu, kami pergi ke bus, dan Alhamdulillah, sampai sekolah dengan selamat. Setelah itu saya dijemput ibu.

  68. Fathan 7E says:

    SAKSI SMP LABSCHOOL JAKARTA 2017

    Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI) merupakan salah satu kegiatan dari SMP Labschool Jakarta untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan siswa. Saya Fathan Alfahmi adalah anggota kelompok 6 putra. Selama kegiatan SAKSI kami dilatih oleh Kostrad di daerah Sanggabuana, Karawang, Jawa barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at – minggu tanggal 3-5 februari 2017.
    Hari kamis tanggal 2 Februari 2017 semua perlengkapan seperti tas, koper, dan segala barang bawaan yang berisikan baju, makanan ringan dan lain-lain terlebih dahulu sudah diangkut ke lokasi menggunakan truk. Tas kami dilengkapi dengan nametag tas, untuk putra berwarna biru, sedangkan yang putri berwarna merah. Setelah mengumpulkan tas di aula kami kembali melanjutkan pelajaran seperti biasa.
    Hari jum’at tanggal 3 Februari 2017 kami melaksanakan keberangkatan ke Sanggabuana Karawang. Keberangkatan diawali dengan apel pagi (beserta do’a), menyanyikan yel-yel dan masuk ke bus masing-masing. Khusus setiap ketua kelompok dan wakil ketua kelompok mengenakan vandel dan membawa tongkat sedangkan yang menjadi anggota Cuma memakai baju takwa, memakai nametag dan membawa tas kecil. Selama dalam perjalanan yang melewati tol, kami melakukan berbagai aktivitas seperti bercanda, mengobrol dan lain-lain. Tempat yang kami tuju adalah Karawang,dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam. Setelah kami keluar gerbang tol Karawang kami di kawal petugas kepolisian melanjutkan perjalanan melewati perkampungan penduduk yang indah dan asri dengan pemandangan alam pedesaan. Perjalanan dipedesaan lumayan jauh dengan jalan yang cukup kecil.
    Setelah menunggu cukup lama akhirnya kami sampai di Denrrahlat Kostrad Sanggabuana Karawang. Saat sampai kami di perintahkan untuk berbaris dengan cepat, ketika kami berbaris hujan gerimis turun tetapi hawanya panas. Setelah berbaris beberapa menit yang putra melaksanakan salat jum’at sedangkan yang putri sholat berjama’ah ditempat terpisah. Kegiatan ini khusus bagi yang muslim. Yang memberikan khotbah jum’at saat itu adalah anggota Kostrad sedangkan adzan dan iqamat dikumandangkan adalah kelompok yang bertugas saat itu. Setelah kami salat jum’at kami menaiki anak-anak tangga yang jumlahnya 200 lebih, Setelah kami sampai diatas perbukitan yang merupakan tempat kegiatan dan barak tempat menginap kami disuruh istirahat karena sudah lelah. Setelah istirahat beberapa menit kami makan siang. Pada saat makan siang badan kami harus tetap tegak dan disiplin. Setelah makan siang kami mendapatkan materi tentang reptil dari Sioux. Sioux menjelaskan tentang apa saja jenis ular. Ada ular yang tidak berbisa, berbisa sedang, sampai yang berbisa tinggi, Selain itu kami juga diajarkan bagaimana cara penanganan gigitan ular dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Setelah penjelasan materi dari Sioux, kami menuju barak masing-masing. Barak putra lebih jauh dibandingkan barak putri. Setelah berkemas-kemas di barak kami kembali ke tenda untuk melaksanakan shalat ashar. Setelah salat ashar kami kembali ke barak untuk mengganti pakaian dengan pakaian pramuka untuk persiapan pelantikan penggalang rakit. Setelah kami sampai di lapangan kak Tris memberikan sedikit pengarahan selanjutnya kami dites Dasadarma Pramuka, Trisatya Pramuka, dan juga hafalan yel-yel. Setelah semua tes selesai kami mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU) penggalang rakit. Kami kemudian berbaris kembali di lapangan untuk acara pelantikan penggalang rakit pramuka. Setelah pelantikan kami kembali ke barak untuk mengganti pakaian dan bersiap siap untuk shalat maghrib. Setelah shalat maghrib berjamaah dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan komando g badan harus tetap tegak dan makanan harus habis meskipun cahaya lampu lapangan tidak terlalu terang. Setelah makan malam kami shalat isya di tenda acara secara berjamaah. Setelah shalat isya kami mendapatkan materi tentang Kostrad dari salah satu anggota TNI Kostrad. Materi tersebut menjelaskan tentang perjuangan Kostrad dan sejarahnya. Selain itu kami juga dijelaskan tentang pasukan-pasukan khusus yang ada di Kostrad. Setelah acara selesai kami kembali ke barak masing-masing untuk tidur.
    Sabtu tanggal 4 februari kami melaksanakan kegiatan outbond seperti flying fox, turun tebing, merayap di sawah, dan naik jembatan tali dua. Kegiatan saya yang pertama adalah menaiki flying fox yang bagian bawahnya terdapat jurang. Setelah turu dan sampai di bawah saya kembali ke atas menaiki tangga dan bersiap siap untuk menaiki jembatan tali dua. Tapi karena cuaca hujan akhirnya kami kembali ke tenda sambil menunggu hujan reda. Setelah hujan reda saya melakukan kegiatan turun tebing yang dibawahnya sudah ada anggota Kostrad yang menunggu. Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan kami lakukan dalam rangka mengasah keberanian, ketelitian dan ketangkasan. Selesai outbond kami mandi dan mengganti pakaian untuk shalat maghrib berjamaah. Setelah shalat maghrib makan malam dengan komando yang dilanjutkandengan pentas seni SAKSI. Setelah semua kegiatan pentas seni selesai kami dipersilahkan untuk tidur.
    Hari terakhir tanggal 5 Februari kami melaksanakan olahraga pagi dilanjutkan sarapan pagi komando dan persiapan kepulangan. Setelah persiapan selesai kami melaksanakan apel kepulangan dilapangan. Setelah apel penutupan selesai kami naik ke bus masing – masing dengan tertib. Kami kembali ke SMP Labschool Jakarta dengan bekal pengalaman yang berharga yang didapatkan selama mengikuti kegiatan SAKSI dari Kostrad di Sanggabuana Karawang,jawa Barat.

  69. ariz says:

    Pengalaman SAKSI 2017
    Oleh : Ariz Fadhilah
    Saksi adalah kepanjangan dari studi aspresiasi kemimpinan sisawa . saksi dilaksanakan pada 3 februari 2017 . pada hari pertama atau hari jumat saya di suruh kumpul di sekolah jam 6 karena kita berangkat ke kerrawang di Jakarta barat . kita ke sana perjalanan sekitar kurang lebih 3 jam. Saat samapai di sana kita langgsung baris sesuai kelompok . saat hari senin sampai kamis kita ada prasaksi . saat prasaksi kita di umumin kelompok , bikit tongkat dan bikin vandel . sama saat prasaksi kita latihan berbaris , cek kerapihan dll. Saat di kerwang kita langgsung disuruh baris dalam hitungan . saat di sana kita setalah kita baris kita langgsung taruh tas , buka sepatu dan jalan menuju masjid untuk laki laki sholat jumat .

    Setelah sholat jumat kita pakai sepatu , ambil tas dan berbaris lagi . kita di sana suka berbaris saat hujan . setelah baris kita mendapat intruksi dan kita jalna ke atas untuk melaksanakan saksi . tapi untuk orang yang asma jalanya di bedakan mereka tidak naik tangga tapi naik jalan yang beaspal karena tidak terlalu capek lewat sana . saat sampai di atas sana kita baris dan kita makan komando . makan komando adalah makan yang kita disuruh suruh sama tentara di sana . setelah makan kita mendengar tentang materi ular . setelah materi tentang ular kita ke barak untuk bersih bersih ambil koper dan lain lain. Setelah dari barak kita ganti baju pramuka untuk mengambil tanda rakit . kita di tes dasardarma dan lain lain . setelah pramuka kita mandi ke barak dang anti baju menjadi baju malam . setelah ganti baju kita makan malam . setelah makan malam kita mendengarkan materi tentang awalya kostrad . saat setelah materi kita langgsung ke barak tidur .

    Besok kita sholat shubuh dan setelah sholat shubuh kita ganti baju untuk melaksanakan out bound . saat out bound ada berbeda beda jenisnya . ada flying fox , turun tebing , jembatan buaya dan melewati air dengan tali . stelah out bound kita makan dan bisa bertemu dengan orang tua . setelah makn kita maleaksanakan out bound lagi dan kita merangkak di lumpur . setelah itu kita turun untuk ke sungai untuk bersih bersih . stelah dari kali kita ke atas lagi dan kita di suruh merangkat satu kelompok dengan tangan yang tidak boleh putus dengan temanya . setelah itu kita mandi dan kita ganti baju malam lagi . setelah itu kita makan malam st5elah makan malam kita mengadakan pensi samapi jam 11 . abis itu kiita besoknya sholat shubuh dang anti baju untuk pulang .

  70. Dewa 7E says:

    Pengalaman SAKSI 2017

    SAKSI adalah kepanjangan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. SAKSI merupakan sebuah kegiatan wajib yang diadakan oleh Labschool. Saat bulan Februari tanggal 3, kelas 7 SMP Labschool mengadakan SAKSI.
    Sebelum SAKSI semua kelas 7 mengikuti pra – saksi untuk melatih fisik dan mental untuk kegiatan SAKSI. Saat pra – saksi hari Jumat kami diperkenalkan lokasi SAKSI yaitu Sangga Buana. Sangga Buana adalah tempat dimana KOSTRAD dilatih. Saat pra – saksi kami disuruh untuk menghafal bentuk vandel dan tongkat untuk dicat saat hari Senin. Keesokan harinya kami kelas 7 diberi materi tentang berbahayanya narkoba. Materinya sangatlah menyenangkan karena kita juga diberi atraksi seperti sulap dan banyak lagi. Pada hari rabu, barang bawaan kita dibawa ke lokasi SAKSI yaitu Sangga Buana.
    Kemudian acara SAKSI dimulai. Kami berangkat dari Labschool pada jam 7 dan kita sampai ke Sangga Buana pada jam 12. Saat kami sampai, kami ke lapangan sangga buana untuk apel pagi dan senam sedikit. Setelah apel kami disuruh untuk solat dzuhur. Setelah solat jumat kami menaiki tangga. Tangga itu banyak sekali dan medannya cukup terjal. Anak tangga itu berjumlah sekitar 225. Setelah sampai ke atas kami disuruh untuk beristirahat di bawah tenda. Setelah itu kami dibariskan ke depan lapangan. Kami diajarkan cara makan komando oleh tentara – tentaranya. Setelah diajrkan kami mengambil nampan dan mengambil makan untuk makan komando. Saat makan komando terdengar suara meriam dan kami kemua disuruh tiarap. Kemudian kami belajar materi ular yang disediakan oleh Sioux. Setelah materi kami upacara pramuka untuk naik pangkat dari penggalang ramu menjadi penggalang rakit lain. Kami tidur dari jam 11 malam sampai jam 5.
    Keesokan harinya kami melakukan kegiatan outbond yang seru banget ada flying fox, jembatan dua tali, turun tebing, dan masih banyak lagi. Setelah acara outbond ada acara mandi di sungai.
    Pas hari ketiga kami apel penutupan dan pulang. SAKSI itu seru banget dan mungkin tak akan aku lupakan.

  71. Andriev 7E says:

    Pengalaman Saksi
    Pertama-tama, kami melakukan Prasaksi pada hari senin. Kami disuruh untuk menghafal dan mencatat pakaian, barang-barang, membuat tongkat dan vandel. Setelah itu, kami melakukan latihan PPB untuk saksi dengan TNI AD untuk mengetahui gerak-gerakan untuk saksi nanti. Setiap kelompok membuat tongkat dan vandel. Setiap kelompok tersebut dibagi menjadi dua. Yaitu sebagian membuat tongkat dan sebagian membuat vandel. Pada hari selasa kami belajar yelyel untuk saksi nanti. Setiap kelompok disuruh untuk menghafalnya. Hari rabu belajar seperti biasa dan hari kamis membawa barang-barang setiap orang untuk dibawa ke sangga buana dan belajar seperti biasa.
    Pada hari jumat tiba, kami membuat apel pemberangkatan lalu berangkat menuju sangga buana. Saat sampai di sangga buana, kami membuat apel untuk buang air kecil dan mempersiapkan untuk shalat jumat. Lalu, kami shalat jumat dan setelah itu kami menaiki tangga yang sangat panjang untuk makan siang dan menuju barrack. Kami meletakkan semua barang-barang kami di barrack dan menuju ke tenda untuk makan siang Setelah selesai makan siang komando, kami menuju tenda untuk melihat dan mempelajari tentang ular-ular berbisa tinggi, sedang, dan tidak berbisa. Setelah mengamati tentang ular,kami menuju barrack untuk mengganti pakaian taqwa ke pakaian pramuka dan menuju lapangan untuk dilantik menjadi penggalang rakit.
    Setelah kami dilantikan, kami bersih-bersih di barrack dan shalat maghrib di tenda. Setelah selesai shalat maghrib, kami melaksanakan makan malam komando bersama. Setelah selesai makan, kami menonton video kostrad jaya pada tahun 90an dan setelah selesai kami balik ke barrack untuk beristirahat pada jam 10:00 malam. Keesokan harinya hari sabtu, kami melaksanakan shalat tahajut dan shalat shubuh dari jam 4:00 sampai jam 5:30. Setelah itu kami pergi menuju barrack untuk membereskan barang-barang kami lalu menuju ke lapangan utnuk melakukan pemanasan dan setelah itu, kami melaksanakan makan pagi komando.
    Setelah makan pagi komando, kami menuju barrack untuk mengganti pakaian ke kaos loreng dan celana training labschool. Kami melaksakan outbound dari pagi hingga sore. Lalu, kami menuju kebawah mandi di lumpur dan setelah itu mandi di sungai. Setelah itu, kami naik lagi menuju keatas untuk bertiduran di rumput dan setelah itu, kami lomba merayap setiap kelompok. Lalu kami menuju ke barrack untuk bersih-bersih lalu menuju tenda untuk shalat, makan komando, lalu pensi setiap kelompok. Setelah selesai pensi kami beristirahat pada jam 10:30. Pada besoknya hari minggu kami melasanakan shalatshubuh pada jam 5:00 dan makan pagi komando. Setelah selesai makan pagi komando kami bersih-bershi dan kemas semua barang untuk persiapan pergi dan berangkat dari jam 12:00 dan makan siang didalam bus dan sampai pada jam 3:00. Acara saksi sangat seru dan berpengalaman.
    The End

  72. Abdul Rafi Radityo H. 7E says:

    Pengalaman SAKSI 2017
    Bulan Februari kemarin angkatan 25 SMP Labschool Jakarta baru saja mengikuti kegiatan SAKSI. SAKSI adalah studi apresiasi kepemimpinan siswa. Saat SAKSI kemarin kami semua dilatih kedisiplinanya. Disana sangatlah seru, cape, dan senang.
    Sebelum kegiatan SAKSI dimulai kami semua melakukan kegiatan pra-SAKSI pada hari jum’at dahulu dimana kita di perkenalkan ke lokasi SAKSI yaitu Sangga Buana. Kita juga dibagi perkelompok terlebih dahulu. Setelah dibagi kelompok kita disuruh membuat Vandel dan mengecat tongkat pada hari seninya. Kemudian pada hari Selasa kita di beri materi tentang bahayanya narkoba. Materinya sangatlah menyenangkan karena kita juga diberi atraksi seperti sulap dan banyak lagi. Pada hari rabu barang bawaan kita dibawa ke Sangga Buana dan kegiatan pra-SAKSI telah selesaI.
    Akhirnya kegiatan SAKSI dimulai dan kami semua berangkat ke Sangga Buana pada pukul 07.00 pada tanggal 3 Februari. Tetapi sebelum berangkat kita semua mengadakan apel pagi terlebih dahulu. Kami pergi ke Sangga Buana naik bus. Setiap bus terdiri dari 3 kelompok. Dan aku masuk ke bus 3 bersama kelompokku dan 2 kelompok lain.
    Setelah sampai kesana kita mengadakan apel dan pengenalan lingkungan oleh kostrad. Dimana kami di bariskan dan kami diberi tahu aturan aturan tempat barak dan lain lain. Setelah itu kami shalat jum’at dijama’ Ashar bersama tentara, OSIS dan MPK. Setelah itu kami semua ke barak masing-masing. Kemudian kami semua pergi makan komando di dekat lapangan. Makan komando adalah cara makan dimana kita semua harus mengahabiskan makan dalam waktu yang relatif cepat dan badan kita harus tetap tegap. Setelah makan komando kami semua diberi materi oleh organisasi yang bernama SIOUX. Materinya membahas tentang jenis-jenis ular yang ada di Indonesia. Setelah itu kami semua makan dan pergi shalat Maghrib dijama’ Isha dan kami diberi materi oleh pihak kostrad.
    Pada hari kedua yaitu tanggal 4 Februari kami mengikuti outbond yang sangat menyenangkan seperti jembatan dua tali, turun tebing dan Flying Fox. Setelah itu kami semua tiarap di tanah yang diberi air. Dan setelah itu kami semua pergi sungai tetapi sebelumnya kami merayap dulu di sawah dan setelah itu kami balik penttas seni.
    Hari ketiga kami sudah bebas tidak perlu makan komando lagi. Dan akhirnya kami bisa pulang. Meskipub busnya lama tapi kami semua senang karena bisa pulang.

  73. Danish Hawwari (7E) says:

    PENGALAMAN SAKSI
    KARYA: DANISH HAWWARI

    Pada waktu itu saya melaksanakan SAKSI pada tanggal 3 Februari hingga 5 Februari. Sebelum SAKSI saya melaksanakan kegiatan yang bernama Pra-SAKSI. Pra-SAKSI adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum SAKSI. Kegiatan Pra-SAKSI itu sendiri ada latihan dan persiapan sebelum mengikuti kegiatan SAKSI. Kegiatan Pra-SAKSI dilaksanakan pada tanggal 27 Januari hingga 31 Januari.

    PRA-SAKSI
    Pada hari pertama kegiatan Pra-SAKSI saya disuruh untuk mencatat hal-hal yang penting untuk kegiatan SAKSI dan Pra-SAKSI. Bedanya dari mencatat biasa yang bisa bebas mencatat, kalau di sini kita disuruh menghafal terlebih dahulu dan menghafalnya diberi wakti kurang dari 10 (sepuluh) detik. Dan yang kita catat harus benar tidak boleh ada yang salah, kalau salah tidak akan diberi pengulangan kembali.
    Setelah mengikuti Pra-SAKSI yang pertama, saya mengikuti Pra-SAKSI yang kedua. Agenda dari kegitan Pra-SAKSI yang kedua adalah latihan PBB (peraturan baris berbaris). Kita bukan dilatih oleh guru atau kakak OSIS melainkan diajarkan oleh KOSTRAD. Menurut saya latihan dengan KOSTRAD sangat mengasyikan. Kita dilatih bukan dengan cara lemah lembut melainkan dengan keras. Pernah pada saat latihan ada satu orang dari kelompok laki-laki yang bercanda dan yang dihukum semua laki-laki bukan satu orang itu saja. Hukumannya ialah tiarap di lapangan basket. Jika tiarapnya tidak benar maka akan lebih lama lagi tiarapnya.
    Setelah melakukan Pra-SAKSI yang kedua agenda Pra-SAKSI hari ketiga adalah pembuatan vandel dan pengecatan tongkat. Pada pengecatan tongkat tidak ada satupun dari kelompok saya yang membawa ampelas. Akhirnya kami meminjam dari kelompok lain dan ternyata tidak ada kelompok yang membawa ampelas. Karena tidak ada kelompok yang membawa ampelas lebih saya dan kawan-kawan mencari ampelas di sekitar Labschool. Setelah lama mencari ternyata ada ampelas di sekitar Labschool. Kami pun menghaluskan tongkat yang terbuat dari bambu tersebut dengan ampelas yang kami temukan. Setelah dihaluskan kami mengecat tongkat tersebut dengan warna yang sudah disesuaikan. Pada jam istirahat kedua kakak OSIS sengaja mengambil nametag kami untuk menguji rasa bertanggung jawab kami terhadap nametag yang kami buat. Nametag tersebut tidak akan dikembalikan selama-lamanya. Cara mengambil nametag itu kembali dengan cara beradu argumentasi dengan kakak OSIS.
    SAKSI
    Kegiatan SAKSI dilaksanakan pada hari jumat. Pada hari pertama kegiatan SAKSI saya mengenakan pakaian taqwa. Saya berangkat ke sangga buana tidak membawa koper atau tas, melainkan dengan membawa tas kecil yang isisnya hanya buku catatan. Tas dan koper sudah dibawa satu hari sebelum kegiatan SAKSI. Tas dan koper dibawa menggunakan tronton (kendaraan yang digunakan tentara untuk berpergian). Saya pergi ke sangga buana tidak menggunakan tronton karena ada suatu hal yang menyebabkan kita tidak naik tronton, melainkan saya pergi menggunakan bus pariwisata. Perjalanan memakan waktu selama kurang lebih 5 (lima) jam. Saya berangkat jam setengah tujuh pagi jadi saya sampai di sangga buana jam setengah dua belas.
    Sesampai di sangga buana saya langsung mengadakan apel kedatangan. Pada saat itu keadaan cuacanya sedang hujan. Apel kedatangan berdurasi kurang lebih selama lima belas menit dua puluh detik. Setelah apel kedatangan saya langsung sholat jumat di mushola sekitar lokasi apel kedatangan. Selesai sholat jumat saya disuruh baris untuk berdoa bersama. Setelah itu saya menaiki anak tangga yang berjumlah kurang lebih dua ratus lima puluh tujuh (257). Sampailah saya di puncak, saya langsung duduk di tenda dengan rapi dan sesuai dengan barisan kelompoknya. Disitu saya diberi tahu peraturan jika memasuki wilayah tentara (KOSTRAD). Pada jam 14.00 saya mendapatkan materi syoux. Syoux adalah pawang ular. Kita belajar tentang ular, bisa ular, dan cara penanganan jika tergigit ular. Setelah materi dari syoux saya kembali ke barak masing-masing. Pada adzan maghrib saya langsung keluar barak dengan mengenakan pakaian bebas tetapi sopan dan langsung mengambil air wudhu.
    Pada hari kedua saya ada kegiatan outbond. Dalam kegiatan outbond terdapat permainan-permainan diantaranya flying fox, jembatan tali dua, ropeling, hanging, dan lain-lain. Pada kegiatan outbong kami diliput media mnc group. Salah satu dari teman kami ada yang diwawancarai. Yang paling mengasyikan adalah pada saat tiarap di sawah dan pada saat di tempat yang rendah tetapi atasnya besi yang tajam. Setelah tiarap di lumpur baju saya menjadi kotor dan saya dan kawan-kawan disuruh mandi di sungai bagian hilir. Sungai itu sangat deras sehingga ada kacamata teman saya yang hanyut terbawa arus. Pada malam hari ada kegiatan PENSI. Kelompok saya menyanyikan lagu cinta dan rahasia yang dinyanyikan oleh Rakha dan gitaris Irsan. Pada hari ketiga saya packing untuk pulang dari sangga buana menuju Labschool Jakarta. Dan saya mengadakan apel kepulangan. Waktu perjalanan selama kurang lebih tiga jam.

    Menurut saya SAKSI itu sangat seru walaupun capek dan lelah, sarannya saya ingin SAKSI lagi #SAKSI2017

  74. Ardhan rhamanov 7D says:

    SAKSI 2017

    Pada tanggal 3 Februari ,smp labschool jakarta mengadakan kegiatan yang bernama SAKSI yaitu

    studi apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia kegiatan ini setiap tahun diadakan oleh smp

    labschool Jakarta. Kegiatan ini selalu ditunggu tunnggu oleh siswa .karena kegiatan ini sangat

    seru.pada pagi hari tanggal 3 Februari semuasiswa berkumpul di hall masjid dengan kelompok

    masing-masing. Pertama ada sambutan dari kepala sekolah smp labschool Jakarta . setelah itu

    ada doa yang dibacakan oleh wakil kepala sekolah, setelah itu ketua dan wakil mengambil

    tongkat masing-masing jadi,sebelum kegiatan SAKSI ini dimulai ada yang nama nya praSAKSI itu

    adalah persiapan untuk kegiatan ini . seperti membuat tongkat,membuat vandal,latihan

    fisik,latihan pbb. Kegiatan saksi ini diadakan di Karawang sangga buana di kostrad. Kita disana

    dibimbing dengan kakak osis,mpk,tentara dan organisasi sekolah lainya. Kembali ke

    pemberangkatan setelah mengambil tongkat semua siswa ber pamit kepada orangtua masing

    masing dan langsung menuju ke bus masing masing kelompok. Setiap bus ada kakak osis,mpk

    dan guru. Sebelum bus jalan semua anak dibagikan roti dan air putih. Setelah itu bus berangkat

    . kira kira perjalan dari smp labschool Jakarta yang berada di rawamangun menuju karawang

    sekitar 3 jam . setelah sampai kita di kostrad kita langsung berbaris di lapangan dan persiapan

    salat jumat . setelah salat jumat . kita makan komando. Makan komando adalah makan ala

    militer yang sangat disiplin dan harus cepat. Setelah makan komando kita dibimbing oleh bapak

    tentara dan diberi tahu apa saja tata tertib disana, jika kita mendengar pluit berkali kali atau

    suara ledakan kita semua harus tiarap sambal mengatakan darurat jika kita mendengar pluit

    sekali kita mengatakan aman atau melanjutkan aktivitas yang sedang kita jalani. Setelah itu ada

    acara pembelajaran reptile kita semua berkumpul. Disana belajar tentang ular dan diakhir acara

    ada 2 orang yang dipilih untuk digigit dengan ular idak berbisa. Setelah itu kita belajar dan

    makan dan kegiatan lain dan kita tidur. Tidur disana yang putri tidur nya hanya di papan yang

    tidak ada Kasur nya kalau yang cowo dilantai dilapisi karpet dan sleeping bed. Disana kita susah

    tidur karena banyak nyamuk dan sering terdengar suara tokek yang suaranya sangat besar.

    Dihari kedua saksi adalah yang sangat ditunggu tunggu karena hari kedua kegiatanya outbound.

    Pos pertama kita turun tebing yang tinggi nya kurang lebih 30 meter. Cukup seru disitu. Pos

    kedua kita ke jembatan yang bawah nya air kita semua harus menyebrang melalui jembatan

    yang kira kira lebar nya 40 cm dan jauh nya 2 meter. Dirintangan itu kita harus mempunyai

    keseimbangan yang bagus dan jangan tegang. Setelah melewati itu kita berlanjut ke rintangan

    bergelantung melewati air. Kita haru melewati kolam dengan cara lompat dan bergelantung di

    tali itu. Setelah dari rintagan itu semua menuju ke kali sebelum nyemplung ke kali kita semua

    harus tiarap di lumpur baru kita boleh nyempung ke kali dikali adalah hal yang paling seru

    karena kita semua bisa membersihkan baju dan celana serta sepatu kita yang terendam lumpur.

    Dikali banyak yang kaca mata nya terbawa arus. Dan setelah itu kita semua bersih diri. Lalu ada

    praga busana yaitu dari masing masing kelompok berjalan dengan baju adat. Setelah itu ada

    kegiatan yang namanya PENSI pentas seni yaitu dari masing masing kelompok menampilkan

    sebuah pertunjukan ada yang menari,membaca asmaul husna,bernyanyi dan lainya dan diakhir

    pensi kaka osis mempersembahkan 2 lagu. Setelah itu kita tidur dan keesokan harinya kita pagi

    berkemas,mandi lalu makan komando dan dihari terakhir makan komando yang makanya

    paling enak yaitu nasi uduk. Setelah itu kita dari barak turun ke lapangan bawah untuk naik bus.

    Kita dari tempat bus turun kita untuk ke barak harus menaiki 225 anak tangga. Setelah kumpul

    di bawah semua menunggu bus datang. Semua pada jajan karena haus dan sebagainya.akhirnya

    bus sampai dan kita kembali ke sekolah untuk pulang kerumah masing masing. Dan saat pulang

    satu bus anak kelas 7 semua tidur tidak ada yang tidak tidur. Setelah dekat sekolah semua

    merapikan barang barang di bus membuang sampah bekas minum dan tibaah kita di smp

    labschool Jakarta. Dan semua murid langsung pulang karena sudah pada lelah. Pengalaman ini

    sangat seru. Dan pengalaman ini tidak akan terlupakan. Dan semua acara ini sangat berjalan

    lancar. Kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan sekolah ain Karena sekolah labschool sangat

    banyak kegiatan nya. Untuk saya ini kegiatan terseru yang saya pernah lakukan dengan sekolah.

    Ini cerita singkat dari kegiatan SAKSI 2017

    Ardhan Rhamanov 7D

  75. Nauval wahyu wibisono 7D says:

    SAKSI 2017
    Nauval Wahyu Wibisono 7D

    Sebelum SAKSI kita kelas 7 mengadakan prasaksi sebelum kegiatan SAKSI.Prasaksi diadakan tanggal 24 ,27 dan 28 Januari,prasaksi adalah kegiatan persiapan sebelum SAKSI.
    Pada hari pertama prasaksi,kita sehabis shalat jum’atdam keputrian disuruh kumpul di Tecil(Teater kecil),kita disana dikasih tau saksi itu apa,trs pengalaman saksi dari kakak kelas yg lalu,trs kita juga diuruh nyatet keperluan pribadi dan kelompok saksi,link name tag,id tas,buku saksi,keperluan vandal dan tongkat.
    Pada hari kedua prasaksi,kami disuruh membawa name tag dan alat tulis ke Tecil,nah disitu kami ditanya yang g bawa name tag siapa,kalau ada yg g bawa disuruh berdiri dan ditanya kenapa g make .Lalu kami dipersilahkan untuk mencatet kebutuhan vandal dan tongkat.Sehabis kita di Tecil,kita dikasih waktu untuk ganti baju olahraga dan sarapan pagi.Sehabis kita ganti baju dan sarapan,kita disuruh kumpul di lapangan belakang nah disana sudah ada tentara dari KOSTRAD DENHARRAHLAT SANGGABUANA.Kami di kasih tau cara PBB yang benar dan kami dites juga dan segala pergerakan di PBB kami disuruh teriak SAKSI dan juga kata pak tentara kalo misalkan ketemu kakak OSIS dan MPK,guru,dan tentara kami disuruh hormat dan bilang SAKSI .Dan kami juga membuat vandal dan tongkat.Lalu kita disuruh ke Tecil untuk menyaksikan yel yel SAKSI.
    Pada hari ketiga kita disuruh ke Tecil untuk menghafal yel yel SAKSIdan sehabis itu kita disuruh ke Auditorium untuk menyaksikan pengarahan tentang bahayanya narkoba bersama Dr.Victor dan kawan kawannya,lalu sehabis itu kami disuruh ke Tecil lagi untuk menghafal yel yel dan kita mempraktikannya.
    Lalu,pada hari Jum’at kita berangkat menuju Sanggabuana untuk melaksanakan SAKSI.Tapi sebelum SAKSI kami APEL pemberangkatan terlebih dahulu,Pada saat kita di sanggabuana kita sampai kita langsung melaksanakan apel di Lapangan Bawah,lalu sehabis itu kita menuju ke atas dengan menaiki 225 anak tangga,sehabis itu kita makan siang,tapi makan siang nya bukan makan siang biasa,kita disini memulai makan siang bersama dan mengakhirinya secara bersama juga,dan juga dikasih waktu untuk makan agar makan tidak terlalu lama .Dan juga kami dikasih tau jika mendengar suara tembakan kita harus tiarap dan mengatakan darurat dan jika mendengar priwitan pluwit sebanyak 1 kita duduk lagi atau berdiri sambil mengatakan aman.Lalu sehabis makan kami langsung kembali ke tenda kumpul dan melihat pembelajaran tentang ular dari SIOUX,disitu kami dijelaskan tentang ular yang berbisa sama yang tidak berbisa.Lalu,kami disuruh ke barrak untuk menaruh tas dan mengganti pakaian pramuka untuk persiapan pelantikan menjadi Penggalang Rakit.Dan juga kita melaksanakan saksi pada tanggal 3,4,5
    Keesokan harinya kami outbond sampai jam sore,lalu kami mandi dan setelah itu kami mandi dan melanjutkan kegiatan selanjutnya dan juga pada malam harinya kami mengadakan parade busana dan pentas seni,.
    Pada hari terakhir kami sepeti biasanya sholat shubuh dan habis itu kami membereskan diri dan packing,sehabis packing kami menaruh tas atau koper di depan barrak.Lalu kami menuju lapangan untuk melaksanakan sarapan pagi,lalu kami melaksanakan apel penutupan dan mendengarkan pemberitahuan tentang siswa terbaik saksi,peraga busana terbaik dan foto kelas dan juga foto saksi.Lalu kami menuju bus masing masing.Perjalanan dari Sanggabuana Kostrad Jaya lebih dari 45 menit.
    Sesampainya di sekolah kami menuju rumah masing masing.

  76. fiorenza celesta says:

    SAKSI atau Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia adalah acara yang dilakukan setiap tahun untuk kelas 7 oleh SMP Labschool Jakarta, kami dilatih bersama TNI agar kami lebih disiplin tahun lalu SAKSI dijalankan di Gunung Bunder sedangkan tahun-tahun sebelumnya dilakukan di Sangga Buana sama seperti sekarang, yang dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2017.Kami menjalankan Pra Saksi dari tanggal 27 sampai 31 Januari.
    Sebelum melaksanakan SAKSI siswa-siswi SMP Labschool Jakarta diwajibkan mengikuti PRA-SAKSI. Contoh kegiatan yang terdapat pada saat PRA-SAKSI adalah membuat vandal, mengecat tongkat, belajar yel-yel, mempersiapkan PENSI, belajar lagu, belajar tentang narkoba, dll. Siswa-siwi wajib mengikuti PRA-SAKSI. PRA-SAKSI dilaksanakan beberapa hari sebelum SAKSI.
    (jumat, 27 januari)
    Hari jumat adalah prasaksi pertama.kami diberikan slide untuk mecatat tentang model vandel dan tongkat,kami juga diberikan waktu untuk memilih ketua dan wakil ketua,serta diberikan data kesehatan untuk diisi dirumah
    Kami berangkat dari SMP Labschool pada tanggal 3 Februari dengan mengenakan Baju Takwa pada pukul sekitar 07.00 sampai 08.00. aku sendiri berada di bis bernomor 4 dengan anak-anak perempuan yang lain, dengan guru pendamping Bu Purwanti. Perjalanan Dari SMP Labschool Jakarta ke Sangga Buana memakan waktu kurang lebih 4 Jam dikarenakan Bus tidak bisa masuk gara-gara Gapura yang membuat bis tidak masuk kedalam wilayah Sangga Buana. Selama di perjalanan, kami menyanyikan yel-yel, lagu saksi, dan lainnya. Lalu kita gegaskan untuk shalat. Setelah shalat kita harus ke barak. Barak kita berada diatas jadi kita ahrus menaikki ratusan anak tangga. Setelah sampai kita harus mencari tas-tas kita. Lalu, kita disuruh berganti baju pramuka. Kemudian kita akan melaksanakan pelantikan pramuka. Setelah itu kita disurh buru-buru dan menjalankan shalat isya.
    4 Febuari 2016
    Hari kedua kita melaksanakan outbound. Sebelum outbound kita senam pagi berdahulu. Pertama-tama kita melaksanakan outbound bernama “Jembatan Bertali Dua’ lalu kita ber outbound dengan nama “Flying fox” setelah flying fox kita disurh bersih bersih dan bermandi kita berhenti juga karna hujan.
    Setelah itu malamnya kita menyaksikan pentas seni dan peraga busana. Saya menjadi salah satu peraga busana. Setelah peraga busana dan pentas seni selesai kita bergegas tidur

    5 febuari 2017
    Setelah semua selesai ini hari terakhir kita. Dan di umumkan ketua angkatan,Peraga busana terbaik. Dsb lalu setelah foto kelas kita semua bergegas pulang menggunakan bisa

  77. IGB Di Dayananda says:

    SAKSI 2017
    Pada tanggal 3,4,5 Februari 2017, SMP Labschool Jakarta mengadakan SAKSI ; Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa . Di mana siswa-siswi Labschool dilatih oleh para Kostrad di Sangga Buana untuk melatih kedisiplinan siswa-siswi Labschool Jakarta. Tetapi sebelumnya, kami melaksanakan kegiatan PRA-SAKSI. Pada hari Jumat, 27 Januari 2017, kami dikumpulkan di teater kecil untuk mencatat keperluan pribadi, kelompok, lagu-lagu seperti Iman Ilmu Amal, Oto Bemo dan SAKSI Labschool, keperluan untuk membuat tongkat dan vandel kelompok. Dan kami juga diberi waktu untuk bergabung dengan kelompok kita masing-masing sekaligus menentukan ketua, wakil, persiapan pensi, dll. Disana ( Sangga Buana ) kita melakukan banyak hal,
    Dan kita mulai dengan pemberangkatan dengan bus dari labschool ke sangga buana. Perjalanannya membutuhkan sekitar 3 jam. Ketika sampai kita langsung baris saat hujan. Setelah itu kita langsung pergi keatas menggunakan 225 anak tangga. Disana kita langsung duduk untuk informasi, setelah itu kita belajar tentang tanda peluit, Yang paling sesuatu itu ketika ada suara bom, suara embakan dan peluit terus menerus, itu menandakan bahaya dan kita harus tiarap. .lalu saat sore kami mendapatkan materi oleh SIOUX tentang ular.mulai dari jenis-jenis ular,cara penanganan, dll.selanjutnya,kami semua menjalankan pelantikan pramuka lapangan.
    Malam harinya, kami semua mendapatkan materi tentang mencintai tanah air melalui bagaimana para TNI kostrad bekerja untuk membela Negara Indonesia. Lalu kami tidur.
    Keesokan harinya Saya bangun dan melakukan hal yang mirip dengan hari sebelumnya. Pada hari itu mereka melaksanakan outbond. Pada saat outbond ada kegiatan seperti flying fox, turun dari tebing, jembatan tali, dan jembatan air. Sorenya ada peraga busana dan malamnya ada PENSI. Lalu mereka tidur. Keesokan harinya mereka kembali ke sekolah. Tapi sebelum berangkat mereka melaksanakan apel. Mereka lalu kembali ke sekolah dan pulang ke rumah masing-masing. Outbond berjalan sangat lama. Ketika hari sudah sore, kami pergi untuk membasahi diri di sebuah sungai. Aku membuat sarung tanganku hilang saat aku di sungai. Setelah dari sungai, kami disuruh berbaring di rerumputan sejenak. Setelah itu kami ada perlombaan merangkak dengan satu kelompok. Kelompok kami kalah. Setelah itu kami madi dan makan komando. Setelah makan, ada pentas seni. Semua kelompok wajib tampil di pentas seni. Pentas seni ditutup oleh penampilan dari osis dan mpk. Setelah itu kami tidur. Pada hari ketiga saya packing untuk pulang dari sangga buana menuju Labschool Jakarta. Dan saya mengadakan apel kepulangan. Waktu perjalanan selama kurang lebih tiga jam.

  78. Raka Raykhal Rayndi Patiara says:

    Saksi 2017
    SMP LABSCHOOL JAKARTA mengadakan SAKSI:studi Apresiasi Kepimpinan Siswa tanggal 3,4,5 hari pertama kita mengadakan apel keberangkatan dan kita berangkat dengan bus perjalanan di perkirakan 2 jam tetapi karena macet jadi 3jam abis itu kita sampai di sangga buana.

    kita mengadakan apel kedatangan disana cuaca nya hujan kita basah lalu kami menuju barak dan mengadakan sholat jum’at absi itu kita lansung ke atas menaiki 225 anak tangga dan apel disana kami abis itu makan siang dan kalau ada suara pluit bertubi tubi kita harus tiarap dan suara bom atau tnt kami makn dan banyak sekali suara bom dan kami di suruh tiarap sambil teriak darurat darurat darurat darurat kalu sudah bunyi pluit panjang kita teriak aman .

    dan abis itu kita selesai makan dan membuang kulit jeruk dan sisa sisa makanan abis itu kami ke barak untuk istirahat barak nya sangat menyeramkan dan banyak nyamuk abis itu kita menyaksiakan cara menaklukan ular dan kami mengadakan sholat maghrib dan abis itu kami mengadakan sholat isya dan apel sampai jam 9 kita disuruh tidur dan kami tidur di malam malam aku kebangun karena suara nyamuk aku sangat tergangu karena nyamuk suara nya sangat berisik dan aku tidur lagi dan kebangun lagi sekitar jam 1 kirain aku sudah subuh ternyata kata kak azka ini baru jam 1 malam.

    jadi aku tidur lagi kebangun jam4 dan kita langsung sholat subuh dan kita di suruh siap siap untuk outbond kami siap saiap untuk outbound dan hujan kami menunggu dan hujan reda dan kami make jas hujan ke lapangan sampai disana hujan tiba dengan deras kami sangat tidak senang abis itu kami balik lagi ke barak abis itu hujan reda dan kami melaksanakan outbond aku Cuma naik flying fox dank e sungai di sungai sangat lah seru abis itu kita balik lagi ke lapangan dan disuruh tidur di rumput disana sangat gatel dan banyak sekali kutu abis itu kita di suruh tiarap dan merangka sampai tongat abis itu kita sholat berjamaah di jama di barak.
    abis itu kita persiapan sholat maghrib dan isya di jama abis itu kami mergakan busana dan pensi abis itu kita tidur dan bangun lagi jam 4 dan kami mealksanakan sholat subuh dan kita makan komando abis itu kita pulang sampai di LABSCHOOL JAKARTA

  79. Aliya 7D says:

    Pengalaman SAKSI

    SAKSI, bisa disebut juga dengan Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa adalah kegiatan yang berguna untuk mendidik kita agar menjadi lebih mandiri dan disiplin. SAKSI yang kita laksanakan dilakukan pada tanggal 3 – 5 Februari 2017. Tempat kita melaksanakan SAKSI yaitu berada di Gunung SanggaBuana yang terletak di Karawang. Sebelum kegiatan SAKSI kami melakukan kegiatan Pra – SAKSI untuk melatih mental kita saat di sana. Sehari sebelum kita berangkat, kita menaruh tas-tas yang akan di bawa ke sana, tasnya akan dibawa menaiki truk tronton.
    Keesokan harinya kita berangkat ke SanggaBuana menaiki bus, sepanjang perjalanan kami di beri snack dan menonton film. Saat sampai di SanggaBuana, kita berkumpul di lapangan kedatangan di sambut oleh para tentara, dan aturan yang harus dilakukan di sana. Kemudian kita melaksanaan shalat Dzuhur di jamak qashar takdim dengan shalat Ashar, kemudian kultum setelah shalat. Setelah melaksanakan ibadah, kita berkumpul di lapangan kedatangan untuk berbaris dan segera menuju ke barak kita masing – masing. Putri terdapat 3 barak dan putra juga sama, satu barak itu memuat tiga kelompok. Tapi sebelum kita pergi ke barak, kita harus menaiki tangga yang anak tangga nya terdapat sekitar 200 lebih. Setelah kita menaiki tangga tersebut, kita beristirahat di sebuah tenda yang telah disiapkan di sana. Lalu, setelah istirahat kami ada jadwal makan komando, setelah makan komando kita langsung kembali ke tenda kemudian kita kedatangan orang –orang yang ber asal dari grup SIOUX yaitu grup yang membahas tentang reptil yaitu ular, kita di beri pengarahan agar bisa membedakan ular, jenis – jenis ular, bahaya ular berbisa, tingkatan bisa ular, dan cara untuk mengatasi bisa ular. Setelah di beri pengarahan kita langsung menuju barak masing – masing. Kemudian, pada sore harinya kami berganti pakaian menjadi seragam pramuka, lalu kita melaksanakan pelantikan penggalang rakit. Sebelum kita menjadi penggalang rakit, kita harus dapat membacakan Dasa Dharma dan Trisatya, setelah itu kita melakukan pelantikan.
    Setelah kita melakukan pelantikan, kita bersih-bersih lalu melaksanakan shalat Maghrib di jamak qashar dengan shalat isya. Setelah kita shalat, kita melakukan makan komando, lalu segera ke barak untuk tidur. Pada keesokan harinya kami bangun lalu melaksanakan shalat tahajud dan shalat shubuh. Kemudian kita kembali ke barak untuk berganti baju lalu kita menunggu untuk makan komando. Saat waktu makan komando telah tiba, kita langsung makan, setelah itu kita mengadakan outbound diantara lain panjat tebing sampai flying fox. Pada malam harinya ada acara peragaan busana dan pentas seni, penampilan yang ditampilkan bervariasi. Setelah acara acara selesai, kita menuju ke barak untuk bersih-bersih kemudian kita tidur.
    Keesokan harinya kita melaksanakan shalat tahajud dan shubuh kemudian packing untuk persiapan kembali ke Labschool. Kita menaiki bus dan mulai perjalanan menuju ke Labschool. Setelah sampai di Labschool kita mengambil barang bawaan yang dibawa oleh tronton kemudian menunggu di jemput.

    Pengalaman SAKSI sangat menyenangkan.

  80. raizan iqbal eesi 7D says:

    SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan SAKSI atau Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia. kegiatan SAKSI dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa serta melatih kepemimpinan dan kedisiplinan. SAKSI dilaksanakan di DENHARRAHLAT, Sangga buana, desa mekar buana, kecamatan pangkalan, Jawa barat. SAKSI dipandu oleh kakak OSIS dan MPK serta para pelatih dari DENHARRAHLAT. Kegiatan tersebut membutuhkan tiga hari dan dua malam.
    Pada hari Jumat tanggal 3 Februari 2017, Siswa SMP Labschool Jakarta melaksanakan kegiatan SAKSI di Sangga Buana , kerawang Jawa Barat. Kami berangkat jam tujuh pagi. Sebelum berangkat kami mendengar sambutan dari Kepala sekolah Bpk. Asdi Wiharto dan ketua POMG. Lalu kami menuju ke Bus masing – masing. Perjalanan dari SMP Labschool Jakarta hingga Sangga Buana membutuhkan sekitar tiga jam.
    Sesampainya disana kami disuruh berbaris dan melakukan Salat jum’at. Setelah melaksanakan Shalat jum’at kami menuju keatas. Untuk menuju keatas kami harus menaiki tangga yang memiliki 250 anak tangga. Sesampainya diatas kami diajari kode kode keselamatan seperti harus tiarap jika ada suara tembakan dan lain lain. Kami juga diajari cara makan cepat atau yang dikenal dengan istilah Makan Komando. Lalu kami melaksanakn makan komando dengan waktu hanya sepuluh menit untuk menghabiskan makanan kita. Setelah selesai kami menaruh tempat makan serta sendok dan garpu di tempatnya. Setelah melaksanakan makan komado kami pergi ke tenda untuk mendengarkan segala hal yang berhubungan tentang ular dari sebuah organisasi yang bernama SIOUX. Kami diajari tentang ular yang tidak berbisa hingga ular yang mematikan. Kami juga dilihatkan jenis jenis ularnya.
    Lalu pada sore hari kami berkumpul di lapangan untuk melaksanakan pelantikan pramuka. Dan pada malam harinya kami mendengarkan tentang KOSTRAD dengan menonton video video yang ditayangkan. Pada esoknya kami bangun jam 4 pagi untuk melakukan shalat shubuh berjamaah. Pada pagi harinya kami melaksanakan OUTBOND. Ada banyak kegiatan outbond yang bisa kita lakukan, seperti flying fox, panjat tebing dan lain lain.
    Pada hari terakhir SAKSI kami berfoto satu angatan serta kelas dan kami mendengarkan siapa yang terpilih sebagai ketua angkatan.

  81. Cyril Pramudya Akhtar 7D says:

    SAKSI 2017

    Pada tanggal 3-5 Februari 2017 , kami , 1 angkatan penuh labs 25 mengikuti kegiatan SAKSI di Sangga Buana , Karawang , Jawa Barat.Di hari pertama yaitu hari Jumat 3 Februari 2017 , kami berkumpul di sekolah untuk melaksanakan apel dan penerimaan simbol.Kami berangkat menggunakan bus yang kurang lebihnya berjumlah 6 bus.Jam 7 kami berangkat dari sekolah.Perjalanan memakan waktu sekitar 2-3 jam.Jarak dari Jakarta ke Karawang sekitar 60km an.Ketika sudah dekat Gunung Bunder , bus kami ada sedikit masalah yaitu jalan yang sempit.Karena jalannya sempit , bus kami macet berhenti sekitar 20 menitan. Sekitar jam 11 kami tiba disana.Disana , kami langsung melaksanakan apel.Setelah apel selesai , kami (yang cowo) shalat Jumat berjamaah di mushola yang ada dibawah.Lalu , kami naik tangga ke tempat saksi yang ada diatas yang berjumlah sekitar 200 anak tangga. Tiba diatas , kami menaruh perlengkapan kami lalu berkumpul disebuah tenda/aula . Lalu kami diarahkan untuk ketenda sebentar lalu kembali ke aula untuk memelajari tentang ular oleh organisasi ular bernama Sioux . Mereka mengajari tentang jenis jenis ular , taring ular , kulit ular , mana yang berbahaya dan tidak , dan lainnya . Setelah memelajari tentang ular , kami kembali ke barak masing masing untuk berganti baju pramuka untuk melaksankan pelantikan pramuka. Setelah pelantikan , kamishalat maghrib dan jama’ isya lalu dilanjutkan dengan makan komando yang berdurasi sekitar 10 menit . Setelah makan komando (sekitar pukul 8 malam), kami dilanjutkan dengan mengikuti materi tentang bagaimana kostrad itu di aula utama.Lalu kami tidur.

    Dihari kedua , kami bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah dimana kondisi kami masih sangat mengantuk . Setelah itu , kami balik ke barak untuk membereskan kamar dan mandi serta bersih bersih . Sampai hujan reda yang sangat lama , kami baru ke lapangan utama dan area area tertentu untuk melaksanakan outbond yang berlangsung sampai sore hari .Outbondnya adalah seperti flyingfox , terjun dengan tali dari atas , lompat pake tali dibawahnya ada air , dan lainnya. Setelah outbond , kami kebawah untuk ke sungai dan tiarap jalan di lumpur . Setelah itu , kami kembali keatas untuk bersalin dan berdandan bagi peraga busana. Setelah mandi beres beres bersih bersih , kami ke aula untuk mengadakan peragaan busana dan sebuah pentas seni . Acara yang satu ini berlangsung sampai pukul 22.00 WIB . Kelompok saya yaitu nkelompok 3 pentas seninya pertama kali yang pernah ada yaitu asmaul husna . Sedangkan kelompok lainnya seperti bernyanyi , drama dan lainnya. Bahkan ada yang sulap dan stand up comedy yang bisa dibilang sangat jayus . Setelah itu , kami teertidur sangat pulas karena kami sangat kelelahan menjalankan hari yang sangat panjang .

    Dihari ketiga , kami bangun pagi untuk shalat subuh dan acara bebas untuk beristirahat . Lalu , kami beres beres dan packing , makan santai , dan acara bebas lainnya . Lalu sekitar jam 10 kami kelapangan utama dengan membawa perlengkapan masing masing. Acara ini berisi apel penutupan , pengumuman peserta terbaik , vandel terbaik , peraga busana terbaik , dan sesi sesi foto . Lalu kami menunggu bus sangat lama lalu kami pulang dan tiba disekolah dengan selamat jam 2an.

  82. bintang ER says:

    SAKSI
    Pada tanggal 3-5 februari 2017 diadakan Saksi atau studi apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia.sebelum saksi diadakan prasaksi.prasaksi itu digunakan untuk persiapan siswa sebelum saksi dan pembagian kelompok setiap kelompok akan dapat 2 kaka penghubung.prasaksi dilakukan selama 3 hari.selama prasaksi kita melakukan kegiatan seperti membuat vandel,mengacat tongkat,dan latihan PBB.dari mulai prasaksi sampai saksi perserta saksi dibimbing oleh OSIS,MPK,dan ROHIS.dan saat saksi akan ada pelantikan pramuka.

    saat tanggal 3 atau hari pertama saksi diadakan pembukaan saksi.setelah pembukkan seluruh peserta saksi menuju ke bus untuk menuju ke sangga buana.perjalanan dari sekolah sampai ke sangga buana selama 3jam.saat saya sampai sangga buana peserta saksi baris dan persiapan sholat jumat.setelah sholat jumat kita semua menuju ke lokasi kegiatan da barrack sesampainya kita di lokasi kita makan komando.setelah makan komando Sioux datang untuk mengajarkan kita tentang reptil.sioux akan menawarkan perserta saksi untuk digigit ular.setelah materi dari Sioux selsai saya ke barrack untuk menaruh tas dang anti baju pramuka untuk pelatinkan pramuka.setelah pelatikan pramuka saya kembali ke barrack untuk menggati pakaian dan persiapamn sholat.saat sholat akan seperti biasa ada yang baca asmaul husna,baca doa setelah sholat dan kultum.setelah selesai sholat akan makan komando.setelah makan komando saya menonton film tentang KOSTRAD.selesai menonton tentang kostrad saya ke barrack untuk istirahat.kita dibangunkan jam 4 untuk sholat subuh.setelah sholat subuh kembali ke barrack dan mempersiapkan barang barang untuk outbond.saaat outbond ada banyak kegiatan seperti rappling,flying fox,jembatan goyang,dan jembatan 2 tali.setelah outbond saya melanjutkan kegiatan ke kali.setelah dari kali saya kembali ke lokasi kegiatan untuk mengambil tongkat dengan cara merangkak 1 kelompok haru memegang kaki teman depanya dan tidak boleh putus.setelah kegiatan menggambil tongkat seksai kita mengambil snack.setelah menggambil snack saya ke barrack untuk mandi.setelah mandi persiapan sholat magrib setelah sholat magrib ada pensi dan praga busana.setelah kegiatan itu berakhir kita tidur dan sholat subuh selesai sholat subuh hari terakhir ada makan tapi tidak makan komando karena sudah ingin pulang setelah makan selesai di umumkan peserta terbaik dan penutupan selsai penutupan kita kembali ke tempat awal kita sampai dan menggu bus dan pulang.

  83. Pengalaman saksi 2017
    Saksi adalah Studi Apresisasi kepemimpinan Siswa Indonesia . Saya adalah Muhammad Ihsan Permana , saya bersekolah kelas 7 di SMP Labschool Jakarta . Ini pengalaman saya pada saat saya mengikuti kegiatan saksi , sebelum kegiatan saksi diadakan kegiatan pra-saksi untuk mempersiapkan kegiatan saksi yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 February 2017 . saat pra-saksi hari jumat saya mencatat alat dan bahan apa saja yang harus dibawa pada saat kegiatan saksi nanti . kami hanya diberi waktu 10 detik untuk menghafal lalu 10 detik untuk menulis . Pada hari selasa saya kembali melanjutkan kegiatan pra-saksi yaitu PBB , latihan makan komando , bagaimana caranya untuk bergerak cepat . keesokan harinya hari selasa kami mebuat vandal , tongkat untuk ketua dan wakil pembuatan Vandel berakhir usai sholat dzuhur . Lalu kami semua pergi ke theater kecil untuk mengadakan briefing . Pada Hari Rabu dan Kamis kami semua belajar seperti biasa di sekolah . pada hari kamis kami semua mengantarkan tas yang berisi keperluan untuk saksi selama 3 hari di sangga Buana. Hari jumat kemudian kami semua berangkat ke sangga buana menggunakan BIS . Dalam Perjalanan aku berfikir “apakah akan sulit unutk berlatih dengan tentara” Selama di perjalanan aku tidur sebentar , kemudaian saat sampai di Sangga Buana kami semua melaksanakan Shalat Jumat . Lalu kami diarahkan dengan aturan aturan yang ada saat kami di sangga buana . Kami menaiki tangga menuju ke lapangan Utama , toatal tangga disana ada 225 tangga . “hari pertama aja udah capek apalagi hari berikutnya” kataku . saat berada di lapangan utama aku melakukan makan komando yang dikomandokan oleh para pelatih kostrad yang ada di lapangan. Pertama kali aku makan komando aku merasa mual Karena hanya diberi waktu 5 menit untuk menghabiskan makanan yang sangat banyak. Kemudian kami melakukan materi selanjutnya, yaitu pengenalan hewan reptile oleh SIOUX . Saya dan teman – teman seangkatan diajarkan bagaimana cara menanggulangi bisa ular dan cara menangkap ular dengan baik dan benar , serta mempelajari jenis – jenis ular dari yang berbisa hingga tidak berbisa . Lalu kami semua istirahat dan berganti dengan baju pramuka . Kami mealakukan pelantikan pramuka penggalang di lapangan utama sangga buana . Lalu kami semua bersiap Shalat MAgrhib dan isya secara di jama , setelah shalat saya makan malam komando . kemudian saya tidur di barak saya. Keesokan harinya saya Shalat Subuh sambil agak ngantuk dan membaca asmaul husnah dan mendengarkan kultum yang sangat lama. Kemudian saya mandi dan istirahat selama 2 jam . Kemudian membuat mie instan dan berbincang dengan rekanku , “eh gimana saksi takut gak?” tanya temanku . “ah B aja” jawabku . Lama – lama aku terbiasa dengan makan komando . Kemudian aku melihat teman – teman ku melakukan kegiatan outbond , aku tidak bisa ikut naik outbound Karena aku memiliki riwayat patah tulang . “sangat membosankan tidak bisa ikut outbound” aku hanya jalan jalan gabut saja sembaring melatih skill free running ku di sekitar Sangga Buana . lama kemudian hujan pun turun aku ke barak untuk berteduh , hujan turun sangat lama kami semua kemudian turun ke sawah , dan bertiarap di lumpur . Saat bajuku kotor dengan lumpur aku turun ke sungai Kemudian mencuci badan dan bajuku . Hingga aku Lelah dan disuruh kembali ke barrack dan mengganti baju . kemudian bersiap untuk shalat maghrib dan di jama dengan Shalat Isya . Kemudian aku beristirahat , esoknya aku hanya makan seperti biasa (Tidak makan komando) Karena hari terakhir dan aku harus pulang . Kemudian aku pulang ke sekolah dengan damai.

  84. Arsendra360 7F says:

    SAKSI 2017 By Arsendra360
    Saksi adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia dan melatih kemandirian siswa yang di lakukan di SMP Labschool yang menggunakan cara ala militer.Pada tahun ini,2017,Saksi dilakukan di Sangga Buana,Karawang.Kami berangkat pada hari Jumat 3 Februari 2017.Kami berbaris sesuai dengan kelompknya masing-masing di lapangan dalam atau disebut lapangan masjid.Kita melakukan pembukaan yang dipimpin oleh Pak Viktor yang telah membawa acara Saksi di SMP labschool selama 23 kali.Lalu kami semua di absen sebelum naik dan saat naik bis.Karena saya masuk kelompok 1,saya ikut bis 1 yang diperuntukkan kelompok 1 sampai 3 siswa.Tapi beberapa OSIS ikut menumpang di bis 1.Sebagian dari siswa yang berada di bis 1 agak takut melakukan sesuatu yang mencurigakan para OSIS yang duduk di belakang,Apalagi setelah prasaksi yang meraka mulai tegas saat melakukannya.Menurut beberapa anak kelas 7 para anggota OSIS tegas karena meraka ingin balas dendam sebab dulu mereka ditindak seperti itu dengan OSIS sebelum mereka.

    Kami sampai di Sangga Buana,Karawang.Kami diperintahkan untuk mendaki dan menghitung anak tangga yang kita naiki.Lalu kami diberikan beberapa tanda bila terjadi sesuata.Lalu kami makan komando,yang jelas jarang dilakukan sebagian besar anak kelas 7.Makan komando adalah maka yang dibatasi dengan waktu yang cukup singkat..Lalu kami Beres-beres barang di barrack putra yang pertama.Lalu kami melakukan pelantikan untuk kenaikan menjadi pramuka penggala rakit.Kami harus mengucapkan tanda kehormatan seorang pramuka penggalang, yakni Dasadarma dan Trisatrya.Jujur Saja,aku tidak hapal satu pun Dasadarma.Tapi OSIS yang kami pilih untuk jadi pengetes kami sangat takut akan habisnya waktu.Jadi mereka nekat memberi kami semua betnya langsung,tanpa TES.
    Huuh,rasanya lega.Rasanya sangat berutung.

    Keesokan harinya,pagi-pagi hari kami sholat tahajun 2 rokaat 2 kali lalu sholat shubuh berjamaah.Setelah itu kami ganti baju loreng khusus saksi dan celana training.Sebelum kita melakukan kegiatan outbond,yang paling dinantikan di SAKSI(setidaknya yang paling saya nantikan) seperti biasa harus makan komando LAGI(: .Setelah itu kami melakukan outbond.Kami melakukan suatu jenis kegiatan yang menggunakan tali untuk turun dari ketinggian 30 meter dari permukaan tanah(kalo nggak salah).Lalu kami melakukan kegiatan dimana kita harus melewati suatu jembatan yang hanya bertali 2.Dan yang sulit bukan lah melewatinya,melainkan cara mendapatkan HELM DAN TALINYA.Cowok-cowok berbaris menunggu orang yang sudah melewati jembatan Tali dua,Tapi cewek-cewek malah sudah order ke temannya itu,sungguh saat yang menyulitkan.Belum sempat menaiki fliying fox semua anak sudah dipanggil ke sungai.Sebelum naik ke sungai semua anak wajib merangkak di lumpur.Tujuan kita terjun kesungai adalah menghilangkan sisa lumpur yang masih menempel pada pakaian dan tubuh kita.Sungguh rugi bagi orang yang tidak mau ikut mandi atau berenang di sungai.Setelah naik dari sungai kami mandi dan ganti baju malam.Lalu sholat,makan dan tidur.

    Besoknya PULANG….
    THE END?

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi