Labschool

Sekolah labschool terus berkembang. Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di Labschool. Sebagai lembaga pendidikan yang sudah kenyang dengan pengalaman, tentu labschool akan terus berbenah. Perubahan itu pasti dan labschool terus membenahi dengan inovasi dan kreativitasnya. Sistem yang kuat dibangun dan rasa kebersamaan serta solidaritas terus terjadi. Labschool menjadi rumah kedua bagi kami.

Pedoman Kartul Siswa

Pedoman Kartul Siswa

Saya tersenyum membaca tulisan siswa baru kelas 7 SMP Labschool Jakarta, saya salinkan tulisannya:

——————————————

Labschool Rumah Keduaku
Oleh: Kanya Lathifa Wijayanti

Sekolah Labschool sudah berdiri semenjak 12 April 1968 dan sudah mempunyai dua cabang, yaitu Labschool Kebayoran yang sering di sebut dengan sebutan “Labsky” dan Labschool Cibubur yang baru berdiri pada tahun 2011. Selain itu juga Labschool pusat yaitu Labschool Rawamangun yang sering disebut dengan singkatan “Labsraw” yang sekarang menjadi sekolah saya.

Siswa Labschool telah meraih banyak sekali prestasi yang dapat membawa nama baik Labschool. Sekolah ini mempunyai motto yaitu Iman, Ilmu, Amal yang selalu diterapkan setiap harinya.

Setiap pagi anak – anak selalu membaca doa pembuka saat pelajaran mau dimulai, dan lalu menyebutkan 10 Labschool characters. Tetapi 10 Labschool characters hanya ada di Labschool Rawamangun serta Labschool Kebayoran, dan sementara hanya ada 7 Labschool characters di Labschool Cibubur.

Program – program Labschool sangat menarik sehingga membuat saya ingin masuk di Labschool. Program pertama adalah SAKSI yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun depan di sekolah saya yaitu SMP Labschool Rawamangun. Oh ya, setahu saya program ini wajib diikuti oleh seluruh siswa dan jika ada yang ingin menjadi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) benar – benar wajib. Bagi siswa yang tidak ikut, tidak akan bisa menjadi OSIS maupun calon OSIS.

Selain itu ada program Homestay yang dapat diikuti oleh kelas 7, 8 dan 9. Program ini terbagi menjadi 3, yang pertama adalah program homestay ke UK (inggris). Program homestay ini lebih bersifat jalan – jalan atau “having fun”, seperti jalan ke University of Oxford dan juga Harry Potter studios dan yang pastinya transit ke berbagai kota.

Program homestay kedua adalah ke Australia, disana kita benar – benar tinggal di rumah penduduk di sana bersama keluarganya selama beberapa hari (sekitar 10 hari) atau seminggu dan disana kita bisa berkuda, dan lain – lain yang pastinya seru dan menarik.

Program ketiga adalah homestay ke Jepang, disana kita akan menginap dirumah penduduk, Tetapi hanya 2 atau 3 hari dan pindah ke hotel karena biasanya banyak peminatnya, lalu disana kita akan pergi ke Disney Sea dan menghabiskan waktu dari pagi hingga malam dan yang pastinya juga ada tempat yang lain yang akan dikunjungi disana. Kita juga berkunjung ke sekolah dan universitas yang ada di Jepang.

Program selanjutnya adalah SALAM (Pesantren Alam) yang dilaksanakan di sekolah, setiap siswa membawa sleeping bag dan akan tidur di kelas dan yang pastinya siswa putra akan dipisah dengan siswi putri.

Organisasi – organisasi yang terdapat di Labschool yang dapat siswa – siswi Labschool ikuti adalah MPK dan OSIS. OSIS yang memiliki singkatan Organisasi Siswa Intra Sekolah, dapat diikuti siswa yang berakhlak baik, sopan terhadap semua dan tidak berperilaku semena – mena dan juga telah mengikuti program SAKSI yang seperti tadi saya sampaikan. OSIS SMP (Sekolah Menengah Pertama) akan menggunakan jas biru tua sesuai warna rok SMP dan OSIS SMA (Sekolah Menengah Atas) akan menggunakan jas abu – abu kebiru – biruan sesuai dengan rok SMA. Selanjutnya adalah organisasi kedua adalah MPK yang memiliki singkatan Majelis Perwakilan Kelas. Tugas MPK adalah mengamati kerja OSIS dan mereka menggunakan jas hijau maupun SMP dan SMA sama. Masing – masing dari dua organisasi ini pasti akan selalu ada barisan tersendiri saat upacara.

Labschool tidak hanya mementingkan akademi tetapi bakat juga diperhatikan. Disini banyak Ekskul dan totalnya adalah 27. Mulai dari paskibra, teater dan yang lain – lain.

Tulisan siswa kelas 7
SMP Labschool Jakarta,
Kanya Lathifa Wijayanti

————————————–

Senang membaca tulisan siswa baru labschool dan sebagai hadiahnya saya posting di blog omjay ini. Sebenanrnya masih banyak tulisan lain yang bagus. Nanti omjay posting lagi!

33 Responses to “Labschool”

    1. Shafira Amanda Hermawan 7C says:

      SMP LABSCHOOL JAKARTA
      Oleh Shafira Amanda Hermawan 7C

      SMP Labschool Jakarta terletak di Jl. Pemuda, RT.7/ RW.14, Rawamangun, komplek UNJ, Jakarta Timur. Labschool termasuk sekolah swasta yang beryayasan UNJ (Universitas Negeri Jakarta). SMP Labschool Jakarta juga pernah masuk ke peringkat 5 tertinggi UN SMP di DKI Jakarta, dengan nilai rata-rata UN 364.12. SMP Labschool Jakarta juga memiliki kantin, perpustakaan, kelas, lobby, lapangan, ruang tata usaha, dll seperti layaknya sekolah pada umumnya. Labschool Jakarta mendapat peringkat pertama perpustakaan terbaik di DKI Jakarta..
      SMP Labschool Jakarta dipimpin oleh kepala sekolah yaitu Drs. H Asdi Wiharto. SMP Labschool Jakarta memiliki 19 kelas. Kelas 7 ada 7 kelas, kelas 8 ada 6 kelas, dan kelas 9 ada 6 kelas. Kurikulum SMP Labschool Jakarta adalah kurikulum 2013. Akreditasi Labschool adalah A (Tertinggi se-DKI pada tahun 2014). Jumlah siswa per-angkatan ada 250-an anak. Labschool adalah rintisan sekolah berstandar internasional.
      Dahulu, Labschool adalah sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium UNJ (Ikip Jakarta) yang didirikan pada tahu 1968. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.
      Labschool Jakarta juga memiliki ekstrakulikuler. Jumlah ekskul yang dimiliki oleh Labschool Jakarta ada 26. Ekskul yang dimiliki oleh SMP Labschool Jakarta seperti Tari Saman, Tari Modern (Zelofus), Panahan, Pramuka, Paskibra, Band, Futsal Putra, Futsal Putri, Acolabs, KIR, Basket, dan masih banyak lagi
      Labschool juga memiliki beberapa program unggulan seperti homestay, SALAM, LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), SAKSI (Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia), PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional), LALINJU (lari lintas juang), LabsCare, LabsCreativity, dll. Jika ingin lebih mengenal dan mengetahui tentang SMP Labschool bisa berkunjung di situs web nya labschool-unj.sch.id/smpjkt. Labschool juga memiliki Moto yaitu IMAN,ILMU, AMAL.

      Diperiksa ; Nada

    2. Davito Lazuardi says:

      SMP LABSCHOOL JAKARTA
      Davito Lazuardi 7C

      SMP Labschool Jakarta terletak di Rawamangun , dan salah satu smp terfavorit di Jakarta, Smp Labschool merupakan Ekskul terbanyak di Jakarta , jadi sekolah di SMP Labschool sangat asyik sekali , kakak kelasnya sangat ramah dan menghargai bahwa adik-adik kelasnya yang baru masuk ke Smp Labschool tidak dijaili dan di caci maki , saya sangat senang masuk Smp Labschool yang keren dan kece , orang tua saya bangga dengan masuknya saya ke Smp TerFavorit di Jakarta , dan tidak akan mengecewakan orang tua saya lagi , dan saya akan berprestasi dengan baik di Smp Labschool , Smp Labschool terdiri dari 3 Smp yaitu Labsky , LabsRaw , LabsCib , dan waktu di terima di Smp Labschool , saya mempunyai kata-kata bijak/ Mutiara yaitu “Jika ada orang yang membenci , janganlah balas dengan kebencian , balaslah dengan Prestasi” .
      Dan saya suka dengan fasilitas di Smp Labschool Jakarta , tempatnya bersih dan rapi , meskipun masih ada sedikit sampah yang berserakan ,Smp Labschool didirikan pada tahun 1968 , jumlah kelas di Smp Labschool , kelas VII ada 7 , kelas VIII ada 6 , IX ada 6 , Moto Smp Labschool adalah IMAN , ILMU , AMAL.
      Alamat Smp Labschool adalah Jl. Pemuda Kompleks UNJ , Rawamangun, 13220 , Jakarta Timur , DKI Jakarta , Status Smp Labschool adalah Swasta- Rintisan Sekolah BerStandar Internasional . jumlah siswa 250-an per angkatan , dan Jenis Smp Labchool adalah Swasta , dan tempat / wilayah kesukaan saya adalah Perpustakaan , tempatnya sangat nyaman dan bias buat mengobrol dengan teman , walaupun tidak boleh berisik , kalau ada yang sakit , di Labschool menyediakan PoliKlinik , dan kalau lapar , Labschool menyediakan Kantin yang 99% sehat .
      Di Labschool mempunyai CCTV di setiap sudut maupun ruang kelasnya tidak ada , saya yakin sehat . sekian dari saya tentang SMP LABSCHOOL , Do Your Think and stay positive .

  1. wijaya labs says:

    Astrid maysa zafira 7g
    labschool rumah keduaku

    Assalamualaikum wr, wb
    labschool adalah salah satu incaran sekolah yang para orang tua ingin sekali anaknya masuk labschool.saya adalah salah satu anak yang beruntung, tapi masih ada ratusan anak yang lain ,yang beruntung menjadi saya .
    setelah saya masuk labschool,saya baru mengerti mengapa labschool itu salah satu incaran sekolah para orang tua. Disini fasilitasnya terjangkau ada laboratorium [komputer,biologi,kimia,dan bahasa] ruang kelas ber-ac, ruang seni rupa, seni tari, seni musik, perpustakaan, multi media center, green house, masjid dan kapel, poliklinik, kantin, auditorium, ruang teater, kolam renang [tk], playground, lapangan olahraga indoor maupun outdoor, cibi, dan terakhir yang paling menyenangkan adalah wifi [yeeee].[btw tempat fav nya author di perpus sama cibi]

    disini nyaman seperti rumah sendiri, guru gurunya mengajar seperti orang tua kedua yang menasehati anaknya, guru gurunya memberi kasih sayang seperti orang tua kedua yang sedang memeluk anaknya.disini guru gurunya baik, lucu, tegas, dll.disini pelajarannya adalah ipa, penjas, ips, pkn, bahasa indonesia, prakarya, matematika, bahasa inggris, seni budaya, dan btik.

    disini teman temanya beraneka ragam ada yang baik, lucu, ramah, seru, galak, dll.saya kelas 7g, jika di kelas lain ada 38 orang, di kelas kami hanya ada 37 orang.di kelas 7g saya sudah mempunyai teman.dikelas 7g ketua kelasnya adalah wahyu.ada banyak anak perempuan yang tidak setuju wahyu menjadi ketua kelas,termasuk saya[kita mah sabar aja]

    prestasi prestasi di labschool juga banyak banget , setiap tahun labschool selalu mengirimkan murid muridnya dan meraih medali dalam berbagai bidang seperti olimpiade sains nasional [osn] , olimpiade olahraga nasional [o2sn] , festival lomba seni siswa nasional [fls2n], dll.

    setiap sekolah pasti punya visi misi karena labschool sekolah jadi pasti punya visi misi. Visi labschool adalah labschool merupakan sekolah yang mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang bertakwa, berintregritas tinggi, berdaya juang kuat, berkepribadian utuh, berbudi pekerti luhur,mandiri, serta mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi.

    misi labschool adalah [ sebenarnya misi labschool ada 6 tapi author lagi males nulis jadi cuma tiga,maaf ya author telah membuat kalian kecewa] 1.menciptakan lingkungan belajar yang menantang, menyenangkan dan bermakna. 2.melakukan proses pembelajaran inklusi yang humanistik dan holistik. 3.menghasilkan lulusan yang bermutu berkarakter positif .

    Selain visi dan misi labschool yang keren itu kita labschool juga punya motto yaitu iman, ilmu, dan amal.

    di labschool ini banyak banget ekstra kulikuler ada jurnalistik, english club, aco labs, merpati putih, futsal, basket, aikido, kir dan masih banyak lagi.pastinya di labschool banyak ekstra kulikuler karena labschool ingin mengasah bakat murid murid,dan jika telah diasah pasti labschool bisa mendapatkan lebih banyak prestasi lagi.

    di labschool juga punya buku tata tertib, di dalam buku tata tertib banyak sekali pasalnya contoh pasal 4 berisi tentang kebersihan ,pasal 5 berisi tentang penghargaan, dll .di labschool juga ada buku agenda ibadah hariandan panduan salam , jadi isi bukunya itu tentang mengisi ibadah yang telah kita kerjakan .

    dan yang terakhir yang paling saya suka adalah nyanyian labschool, kelas saya sudah membuat yel yel kelas ini dia
    7g 7g 7g 7g memang yabg paling ok nggak ada yang bisa ngalahin 7g 7g 7g paling ok
    Ya mungkin sekian dari saya [author] tentang labschool sang rumah kedua ini,kalau ada salah mohon di maafkan . Wassalamualaikum wr.wb [bubye dari author]

    editor; astrid maysa zafira

  2. Annisa says:

    Keren!! Terus kembangkan bakat menulisnya ya Kanya :*

  3. eldwin pradipta says:

    Labschool Jakarta

    SMP Labsschool Jakarta adalah sekolah yang memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Labschool Jakarta terletak di jl. Pemuda kompleks UNJ Rawamangun Jatim, karena terletak di rawamangun Labschool Jakarta juga disebut Labsraw. Smp labsraw memliki 7 kelas untuk kelas 7 ( a, b, c, d, e, f, g ), 6 kelas untuk kelas 8 ( a, b, c, d, e, f), dan 6 kelas untuk kelas 9 ( a, b, c, d, e, f)
    Sejarah Sekolah yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.
    Labschool memlilika banyak fasilitas seperti lab. Ipa (fisika biologi dan kimia), lab. Bahasa, green house, ruang musik, perpustakaan, Ruang Media Resource Center (MRC), poliklinik, Koperasi, Gedung berlantai 3, Hallma ( Hall Masjid ), Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Teater Kecil, Auditorium, Korridor Kabir ( Kantin Biru ), Laboratorium Komputer, Lapangan Semen, Hall Basket Indoor, Tempak Parkir, Masjid Baitul Ilmi, Ruang Bimbingan Konseling, Sekretariat OSIS/MPK ( Sekos ), CCTV, Toilet, Kantin, Labs Bistro, Ruang Seni, Rupa dan Prakarya, Ruang Cibi, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Fotokopi, Tempat Wudhu ( Pria dan Wanita ) , Tennis Meja
    Labschool punya program unggulan diantaranya, 1. program pengembangan karakter siswa contoh, Pesantren Ramadhan/SALAM, Homestay, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS, dll. 2. Program budaya sekolah contoh, LabsCreativity, labscare, hafal juz 30, dll, 3. program unggulan akademik contoh, basic math, basic English japan club, dll.
    Ekstrakurikuler labschool adalah, 1. bidang keilmuan, kir, Bahasa jepang, English club, Bahasa perancis, labsscreen, BT2Q, jurnalistik,dan robotik. 2.bidang kesenian, zelofus, ansembel, paduan suara, seni rupa, karawitan, band, fotografi, acolabs, teater. 3.bidang olahraga, basket, sepak bola, futsal, bulu tangkis, sliat, tae kwon do, tenis lapangan, panahan, paskibra, soft ball

    1. Melvara Zafirah R says:

      SMP Labschool Jakarta

      Oleh: Melvara Zafirah R 7C

      Labschool Jakarta yang berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri

      Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur. Labschool (Laboratory School). Labschool Jakarta

      populer di kalangan masyarakat dengan sebutan Labsraw. Memasuki labschool dengan cara tes

      yang di berikan oleh labschool. SMP Labschool masuk pada pukul 06.50 pada hari selasa, rabu,

      dan kamis. Pada hari senin, dan jumat masuk pada pukul 06.30. Karena hari senin biasanya akan

      diadakan upacara. Pada hari jumat biasanya diadakan lari pagi.

      SMP Labshool Jakarta mempunyai kelas yang sangat banyak yaitu tujuh kelas setiap

      angkatannya. Ada 21 kelas yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9. Rata-rata satu kelas terdiri dari 38

      murid. Satu angkatan terdiri dari 266 murid. Ada beberapa mata pelajaran yang gurunya lebih

      dari satu sehingga guru-guru nya menjadi banyak.

      Di labschool ada banyak sekali ekskul yang menarik, yaitu panahan, basket, saman,

      bahasa jepang, futsal, band, paskibra, Tari tradisional dan Modern Dance ( Zelofus ), fotografi, Teater

      ( Labs Theatre ) , soft ball, robotik, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), English club, Bahasa perancis,

      computer, Pembimbingan Baca Tulis Qur'an (BT2Q), jurnalistik, Paduan Suara ( Labs Choir ) , karawitan,

      bulu tangkis, silat, Tae Kwon Do, ansembel, computer, seni rupa, Pembuatan Komik/Animasi ( Acolabs ).

      Ada satu ekskul yang wajib yaitu pramuka. Ekskul-ekskul tersebut juga bukan hanya berlatih

      saja tapi juga berprestasi.

      Perpustakaan merupakan salah satu tempat favorit bagi siswa SMP Labschool Jakarta,

      selain dilengkapi dengan buku bacaan yang sangat lengkap, perpustaakn juga dilengkapi dengan

      ruang multimedia, beberapa komputer dengan akses internet, serta desin perpustakaan yang unik,

      modern, dan nyaman. Labschool mempunyai teater kecil untuk pertunjukan drama yang

      ditampilkan oleh siswa-siswa. Selain teater, labschool juga mempunyai 2 lapangan, hall masjid,

      labs bistro, koperasi, ruang tata usaha, ruang guru, hall basket indoor, lab komputer, toilet, ruang

      guru, ruang osis, kantin, auditorium, masjid, tempat wudhu, labotarium ipa, ruang music,

      poliklinik, ruang fotokopi.

  4. Ega Anggita 7c says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Oleh : Ega Anggita Verlyputri
    SMP Labschool Jakarta adalah SMP yang terletak di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negri Jakarta ( UNJ ). SMP Labschool Jakarta dikenal dengan sebutan “ LABSRAW “. Labschool bermula sebagai sekolah teladan yang didirikan tanggal 12 Februari 1968, yaitu sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah Laboratorium IKIP Jakarta.
    Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1999 Sekolah ini beganti nama menjadi TK , SMP , SMU Labschool. Sekolah ini merupakan sekolah swasta yang terakreditas A, dengan jumlah murid sekitar 200-an per angkatan.
    SMP Labchool memiliki banyak program unggulan. Yaitu, program pengembangan karakter siswa, program budaya sekolah, dan program unggulan akademik dengan disertai fasilitas yg sangat bermacam.
    Program pengembangan karakter siswa teraplikasi dalam berbagai macam kegiatan, contohnya pesantren Ramadhan, homestay, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ), renungan malam, Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia/SAKSI, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa/LKMS untuk OSIS & MPK, Rekrutmen dan Pelantikan OSIS/MPK dan lari lintas juang (lalinju), serta lainnya. Ada juga program budaya sekolah atau biasa disebut “ school culture “ contohnya, Tadarus Al-Qur’an di kelas dan bersama-sama di Hall Masjid Baitul Ilmi SMP Labschool Jakarta, shalat dzuhur berjamaah, English day, Kuliah tujuh menit setelah shalat dzuhur, Keputrian saat shalat jumat, budaya bersih, dan lainnya. Yang terakhir, terdapat program unggulan akademik, contohnya basic math, basic English, japan club, dan sebagainya.
    SMP Labschool Jakarta juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Di sekolah ini terdapat Laboratorium, terdiri atas laboratorium fisika, laboratorium biologi, dan laboratorium kimia yang memungkinkan siswa dapat melaksanakan tugas – tugas praktikum dari guru. Ada juga Laboratorium Bahasa yg dapat menampung sekitar 48 siswa. Ruang lab Bahasa ini, dilengkapi dengan macam – macam perangkat elektronik, seperti 48 set elmorenik, televise, radio, dll. Selain itu, Labschool juga memiliki Green House. Tempat ini dipergunakan untuk berbagai penelitian yang berhubungan dengan materi Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan ini terutama dilakukan oleh siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). KIR SMP Labschool Jakarta selalu mengedakan kegiatan di luar sekolah setiap tahunnya.
    Kegiatan tambahan atau ekstakurikuler juga sangat beragam di sekolah ini. Ekstrakurikuler terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu keilmuan & keterampilan, kesenian, dan olahraga. Dalam keilmuan & keterampilan, kita bisa memilih program ekstrakurikuler yang kita ingini. Semisal, Bahasa jepang, English club, Bahasa perancis, computer / labscreen, jurnalistik, robotic, serta lainnya. Dalam kesenian, kita bisa mengikuti paduan suara, menari, seni rupa, fotografi, band, dll. Dan pada bidang olahraga, kita dapat memilih macam – macam ekstrakurikuler yang kita minat. Contohnya, basket, sepakbola, bulutangkis, panahan, paskibra, dan lainnya.

  5. Avila Axel Mulyadi says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    SMP Labschool Jakarta terletak di sebelah\area UNJ (UniversitasNegeri Jakarta). Di dalam gedung Labschool terdapat area TK (taman kanak-kanak) Area SMP (sekolah menengah pertama) dan area SMA (sekolah menengah atas). Area TK terdapat dibagian depan gedung (dekat lobby) sedangkan area SMP dan SMA terdapat di bagian belakang gedung. Tempat masjid juga berada di bagian belakang gedung.
    Di area SMP terdapat 21ruang kelas, kelasnya dibagi menjadi 3 yaitu kelas 7, kelas 8 dan kelas 9, masing-masing kelas mempunyai 7 ruang (a, b, c, d, e, f, dan g). Kelas 7A-7E terdapat di lantai 1, Sedangkan 7E dan 7G terdapat di lantai 2 bersama dengan kelas 8, dan yg ada di lantai 3 yaitu kelas 9. Masing masing ruang kelas dapat mencapai 40 siswa jadi 1 kelas dapat mencapai 280 Siswa. Letak kantin di gedung Labschool berada di sebelah kelas 7C dan dibelakang kelas 7C-7E.

    Pelajaran yg ada di Labschool Jakarta meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, AIS (agama islam), prakarya, seni budaya, native, BTIK (computer), olahraga, dan Bahasa Inggris. Ekskul di Labschool ada banyak yaitu Paskibra, Taekwondo, Merpati putih, Band, Labscreen, panahan, softball/baseball, basket, futsal, robotic, chef, jurnalistik, komikus, BT2Q, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, English club padus, tari tradisional dan modern, dan tari Saman. Di lantai 2 lobby Labschool terdapat Perpustakaan, Ruang computer SMP, dan Ruang computer SMA. Di lantai 3 terdapat lapangan basket indoor atau dalam ruangan.

    Di Labschool banyak kegiatan yang akan dilakukan seperti setiap hari Jumat diadakn lari pagi mengelilingi kompleks UNJ pemilihan MPK kelas, pemilihan OSIS SMP, kegiatan saksi, homestay ke luar negeri seperti negeri Jepang, Australia, New Zealand, InggrisDLL. Kita juga mengadakan labscare yaitu kita membantu guru bersih bersih atau merapikan kelas. Di dekat parkiran ada tempat makan bistro tetapi kalo mau makan di situ harus bawa banyak uang karena makanan makanan di bistro mahal mahal.
    -AVILA AXEL MULYADI 7C

  6. Natassa Y. Puteri says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Oleh: Natassa Yuniarto Puteri 7C/27

    SMP Labschool Jakarta didirikan pada tahun 1968 oleh Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (yang dulu bernama IKIP). Sebelumnya, TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta bernama IKIP. Tetapi, karena perluasan dan digantinya nama IKIP menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta pada tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta.
    Sekarang, Labschool yang beralamat di Jalan Pemuda Komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur disingkat dengan nama Labschool Rawamangun (LabsRaw). Dan sekarang SMP Labschool Jakarta dipimpin oleh Pak Asdi Wiharto. Ternyata, sudah 25 tahun Labschool didirikan dan masih dijadikan sekolah favorit di Jakarta Timur.
    Visi dari Labschool Jakarta adalah menjadi sekolah yang bermartabat dengan didukung pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas berlandaskan iman dan takwa. Sedangkan misi dari Labschool Jakarta adalah menjadikan keimanan dan ketakwaan sebagai pijakan dalam melakukan aktivitas pendidikan dan mewujudkan sekolah yang mampu melayani kebutuhan sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan.
    Labschool juga memiliki banyak kegiatan unggulan, misalnya Pesantren Ramadhan/SALAM, Homestay, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS, Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia/SAKSI, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional), Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa/LKMS untuk OSIS & MPK, dan Rekrutmen serta Pelantikan OSIS/MPK dan lari lintas juang (lalinju).
    Labschool memiliki banyak fasilitas yang terdiri dari Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Green House, Ruang Musik, Perpustakaan, Ruang Media Resource Center (MRC), Poliklinik, Hallma ( Hall Masjid ), Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Teater Kecil, Koperasi, Gedung berlantai 3, Korridor Kabir ( Kantin Biru ), Laboratorium Komputer, Lapangan Semen, Hall Basket Indoor, Tempat Parkir, Masjid Baitul Ilmi, Ruang Bimbingan Konseling, Sekretariat OSIS/MPK ( Sekos ), CCTV, Toilet, Kantin, Labs Bistro, Ruang Seni Rupa dan Prakarya, Ruang Cibi, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Fotokopi, Tempat Wudhu ( Pria dan Wanita ), Tennis Meja, dan Auditorium. Dan, Perpustakaan Labschool Jakarta menjadi Perpustakaan Terbaik se-Jakarta Timur karena fasilitasnya yang lengkap. Ekstrakulikuler di Labschool juga banyak, baik yang akademik, maupun yang non-akademik, contohnya adalah Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Bahasa Jepang, Tari tradisional dan Modern Dance (Zelofus), Ansembel, Sepak bola, dan Futsal/Mini Soccer.

    Diperiksa : Navella Kevalindra Z

  7. dinda nabila 7c says:

    Smp labschool Jakarta berlokasi di jalan pemuda kompleks UNJ. Smp labschool pertama didirikan pada tahun 1968. Nama sekolah Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta .sekolah labschool juga memiliki sejarah yang unik.
    Dulu labschool digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan (laboratorium IKIPJakarta).
    Tahun berganti tahun, sekolah ini berganti nama menjadi Proyek TPK. Sekolah ini mengembangkan tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK). Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama.
    Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional.
    Tahun 1986 proyek PPSP ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SD, SMP, dan SMA eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SD Negeri Komplek IKIP Jakarta, SMP Negeri 236, dan SMA Negeri 81.
    Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung. Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta.
    Berdasarkan tulisan diatas TK,SMP,SMA Labschool bukanlah sekolah yang baru. Melainkan kelanjutan dari sekolah yang berdiri dari tahun ke tahun.
    TK,SMP,SMA Labschool juga mempunyai program diantara nya: Program pengembangan karakter siswa .Program budaya sekolah dan Program Unggulan Akademik.
    Fasilitas TK,SMP,SMA labschool diantaranya laboratorium ipa, laboratorium Bahasa,Green house,Ruang musik,MRC,POliknik,Perpustakaan,koperasi,Gedung berlantai 3,Hallma ( Hall Masjid ),Ruang Tata Usaha,Ruang Guru,Teater Kecil, Auditorium,Korridor Kabir ( Kantin Biru ),Laboratorium Komputer,Lapangan Semen.Hall Basket Indoor
    Tempak Parkir.Masjid Baitul Ilmi.Ruang Bimbingan Konseling.Sekretariat OSIS/MPK ( Sekos ) CCTV,Toilet,Kantin,Labs Bistro,Ruang Seni Rupa dan Prakarya,Ruang Cibi,Ruang Kepala Sekolah,Ruang Fotokopi,Tempat Wudhu ( Pria dan Wanita ),dan Tennis Meja
    dan Ekstakulikuler labschool berjumlah 28. saya senang di smp labschool.
    sekian( dinda nabila 7c)

  8. faryl rashne aydin 7c says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA

    SMP Labschool Jakarta didirikan di Rawamangun pada tahun 1968. Labschool dimaksud kan sebagai sekolah laboratorium IKIP. SMP Labschool Jakarta terdiri dari beberapa kelas, kelas 7 dan kelas 8 memiliki 7 kelas, sedangkan kelas 9 memiliki 6 kelas. Sebelum anak –anak yang mencalonkan diri menjadi siswa di Labschool, anak-anak harus bias melewati tes yang berupa tes psikologi dan tes akademik. Tes akademik menggunakan beberapa pelajaran, yaitu Matematika, IPA, IPA, Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. SMP Labschool memiliki fasilitas yang memadai, yaitu Laboratorium IPA, laboratorium Bahasa, Green house, ruang musik, MRC, poliklinik, perpustakaan dan teater kecil. Labschool mempunyai motto yaitu IMAN, ILMU, AMAL. Labschool Jakarta mempunyai 2 cabang, yaitu di Kebayoran dan di Cibubur. Labschool yang pertama di bangun berada di Rawamangun, yang kedua berada di Kebayoran dan yang terakhir berada di Cibubur. Labschool adalah sekolah swasta yang mempunyai ekskul yang lebih dari 20 ekskul, yaitu Bahasa perncis, BT2Q, acolabs, basket, futsal, band, KIR, dll.
    Di dalam SMP Labschool Jakarta tidak hanya ada SMP nya saja, tetapi ada TK dan SMA. Pelajaran yang ada di SMP Labschool Jakarta terdiri dari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, seni budaya, seni rupa, BTIK, agama islam dll, dan di tambah Native (percakapan). SMP Labschool mempunyai program unggulan, Antara lain program pengembangan karakter siswa, program budaya sekolah, program unggulan akdemik.
    SMP labschool Jakarta di fasilitasi dengan koperasi, Gedung berlantai 3, Hallma ( Hall Masjid ), Ruang Tata Usaha, ruang guru, CCTV, WIFI, tenis meja, ruang fotokopi, ruang seni rupa dll. Masjid di SMP Labschool Jakarta bernama Baitul Ilmi, masjid itu digunakan untuk kegiatan ibadah nya siswa dan guru yang beragama muslim, tetapi saat hari jumat tidak hanya siswa dan guru saja yang beribadah di masjid Baitul Ilmi, tetapi semua orang beribadah di masjid Baitul Ilmi. SMP Labschool selalu mempunyai prestasi di setiap angkatannya, jadi terbukti jika SMP Labschool adalah sekolah unggulan.

  9. Dian Syah Pakpahan says:

    SMP Labschool Jakarta

    SMP Labschool Jakarta terletak di Jalan Pemuda kompleks UNJ.

    SMP Labschool Jakarta merupakan SMP favorit di Jakarta. SMP Labschool ter-akreditasi

    A (tertinggi se-Jakarta). SMP Labschool bersebelahan dengan SMA Labschool. SMP dan SMA

    Labschool berdekatan dengan UNJ. SMP Labschool merupakan sekolah yang memiliki fasilitas

    yang sangat baik.

    SMP Labschool terdapat Perpustakaan, Hall Basket, Masjid, Cafetaria dan lain-lain…

    Labschool memiliki Ekskul yang menarik Antara lain: Tari Saman, Panah, Chef, Fotografi,

    Zelofus, Teater, dan lain-lain… Saya mengikuti 2 Ekskul pilihan yaitu Fotografi dan Basket…

    Satu lagi yang diwajib diikuti seluruh siswa kelas 7 yaitu Pramuka…

    Anak-anak Labschool semuanya harus disiplin, peraturan dan tata tertib juga harus di

    patuhi kalau tidak di patuhi akan mendapatkan sanksi. SMP Labschool menjadi rumah ke-dua

    karena di SMP Labschool nyaman, bersih dan jarang ada perkelahian…

    Labschool membiasakan Tadarus di Hall Masjid. Dan mewajibkan Sholat Dzuhur

    berjamaah untuk yang Muslim… Untuk yang perempuan diadakan keputrian saat sholat Jum’at

    secara bergilir.

    Berikut Ekstrakulikuler yang ada di SMP Labschool:

     Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

     Bahasa Jepang

     English Club

     Bahasa Prancis

     Komputer

     Pembimbingan Baca Tulis Qur'an (BT2Q)

     Jurnalistik

     Robotik

     Tari tradisional dan Modern Dance ( Zelofus )

     Ansembel

     Paduan Suara ( Labs Choir )

     Seni Rupa

     Karawitan

     Band

     Fotografi ( Labs Focus )

     Pembuatan Komik/Animasi ( Acolabs )

     Teater ( Labs Theatre )

    Labschool juga berasal dari “Laboratory School” dan karna itu SMP ini dinamakan

    Labschool… Di SMP Labschool Jakarta, bangunan ini bersamaan dengan SMA dan juga TK

    Labschool…

    Banyak anak-anak yang ingin sekali bersekolah di SMP Labschool Jakarta. Tidak hanya

    karna bagus, SMP Labschool Jakarta juga merupakan SMP terbaik dan ter-tinggi se- Jakarta

    Masuk ke SMP Labschool melewati tes, teks soal tes tersebut dibagi menjadi 2, kode A

    dan kode B. Dengan cara tersebut kita tidak bisa mencotek.

    Dalam waktu tertentu anak-anak di minta untuk membawa laptop untuk mengurangi

    penggunaan kertas dan tinta untuk menghemat, oleh karna itu anak-anak diminta untuk

    membawa laptop…

    Seragam yang dipakai hari Senin dan Selasa sama yaitu atas Putih bawah Biru, dan selain

    itu, anak-anak diminta untuk memakai dasi berwarna biru dan berlogo SMP Labschool. Setiap

    hari Jumat SMP Labschool kelas 7 diharuskan lari pagi. Dari rumah memakai baju Olah Raga,

    setelah selesai lari pagi, kita di absen untuk mengetahui kehadiran… Lalu kita diminta untuk

    ganti baju. Untuk seragam hari Jum’at yang perempuan memakai kerudung atau jilbab.

    Untuk sepatu, boleh apa saja yang penting bertali dan nyaman untuk berjalan, berlari, dan

    naik-turun tangga…

    -SekianTerimaKasih-

    Pemeriksa: Dinda Nabila Mufid

    Oleh: Dian Syahfitri Pakpahan

  10. Niswah Nur Sabrina says:

    Smp Labschool Jakarta
    Niswah Nur Sabrina
    Labschool Rumah keduaku . labschool dibangun pada tahun 1968 .Labschool berlokasi di jalan pemuda kompleks universitas negeri Jakarta ,rawamangun Jakarta timur .labschool mempunyai motto yaitu iman ,ilmu , amal .labschool mempunyai ten labschool character yaitu 1.religious 2.responsible 3.discipline 4.honest 5.polite 6.care 7. Hard working 8.good attitude 9.creative 10.respect . labschool rawamangun atau yang sering di singkat labsraw itu terdiri dari tk ,sd,smp dan sma . labschool mempunyai fasilitas lengkap ,seperti lab.komputer ,perpustakaan, teater kecil , lab.biologi ,lab.fisika ,ruang music ,lab Bahasa,poliklinik ,green house ,auditorium dan lain lain .di labschool tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi kita di ajak bereksperimen tentang dunia luar . dengan fasilitas yang lengkap semua eksperimen dapat kita lakukan . misalkan laboratorium kita dapat melakukan praktikum dan ruang music untuk pembelajaran music atau persiapan pementasan .

    Bukan hanya fasilitas yang lengkap. Tapi prestasi anak anak labschool sangat membanggakan Siswa labscool sering mendapatkan medali dalam berbagai bidang seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN, Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN), Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dll. Di Tingkat Internasional berbagai prestasi telah diraih seperti International Mathematic Competition (IMC)di Singapore, IMO di Hongkong, Taiwan, Turki, IWYMIC di Afsel, dan lain-lain. Pada tahun 2010 Labschool (SMP Labschool Jakarta) ditetapkan sebagai Sekolah yang Merintis, Menerapkan, dan Melaksanakan Pendidikan Karakter dan memperoleh Pengghargaan dari Presiden RI.bukannya prestasi akademik prestasi non akademik pun bisa dikembangkan di labschool rawamangun Jakarta.

    Di labschool Jakarta mempunyai ekstra kurikuler yang banyak . ada 28 ekstra kurikuler seperti Bahasa perancis , BT2Q ,Bahasa jepang , Acolabs ,Fotografi ,Menulis kreatif ,Jurnalistik ,Basket,Paskibra ,labscreen,robotic,softball,baseball,merpati putih ,paduan suara , KIR, zelofus,tari saman ,dan lain lain . semua siswa di wajibkan mengikuti ekstra kurikuler {ekskul} boleh memilih ekstra kurikuler maximal 3 ekstra kurikuler sesuai hari dan jam masing masing. Di labschool setiap hari rabu wajib mengikuti ekstra kurikuler pramuka dan wajib mengikuti lari jumat
    Di periksa oleh Putri Alifa Zahra

  11. Dinda Naeva 7C says:

    Labschool Jakarta pertama kali didirikan pada 12 Februari 1968, yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Pada tahun 1972, Sekolah Teladan berganti nama menjadi “Comprehensive School” atau Sekolah Proyek TPK. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan

    Pada tahun 1999, seiring bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka mulai dari tahun tersebut, sekolah TK, SLTP, SMU IKIP Jakarta berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMU Labschool.

    TK Labschool berdiri sejak tahun 1968, seiring dengan perkembangan sekolah-sekolah yang berada dalam naungan IKIP Jakarta. Seiring berjalannya dinamika dan pengetahuan yang terus berkembang, sejak awal berdirinya seperti Laboratory school, Comprehensive school, PPSP dan akhirnya menemukan nama sejatinya TK Labschool Jakarta.

    Labschool juga memiliki banyak program pengembangan karakter siswa, seperti Pesantren Ramadhan, Homestay, Latihan Dasar Kepemimimpinan Siswa (LDKS), Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI), Rekrutmen dan Pelantikan OSIS dan MPK, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), dan lain-lain.
    Labschool mempunyai beberapa program unggulan akademik. Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu Tadarus Al-Qur’an di kelas dan bersama-sama di Hall Masjid Baitul Ilmi SMP Labschool Jakarta, Shalat dzuhur berjamaah, Kuliah tujuh menit setelah shalat dzuhur, Keputrian saat shalat jumat, English day, Budaya jabat tangan ketika bertemu Guru Budaya salam/sapa terutama kepada guru dan OSIS/MPK, Budaya bersih, Budaya tertib, disiplin dan rapih, Penegakkan tata tertib Sekolah, Pementasan drama atau bermain peran, Hapal Juz 30, LabsCare dan LabsCreativity
    Fasilitas di SMP Labschool pun juga banyak. Ada Koperasi, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Green House, Ruang Musik, Poliklinik, Perpustakaan, Auditorium, Teater Kecil, Laboratorium Komputer, Lapangan Semen, Hall Basket Indoor, Tempak Parkir, Masjid Baitul Ilmi, Kantin Labs Bistro, Ruang Seni Rupa, Ruang Cibi, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Fotokopi, Tempat Wudhu (Laki-Laki dan Perempuan), Tennis Meja, dan masih banyak.

    Kegiatan tambahan atau ekstrakulikuler yang ada di SMP Labschool juga tidak kalah banyak. Dari keilmuan dan keterampilan, kesenian dan olahraga. Ada English Club, Bahasa Jepang, Komputer, Bahasa Perancis, Robotik, Jurnalistik, Tari Tradisional serta Modern (Zelofus), Paduan Suara, Ansembel, Seni Rupa, Band, Fotografi, Teater, Basket dan Sepak Bola.

  12. M Ridha pratama 7C says:

    SMP Labschool Jakarta

    Oleh Muhammad Ridha Pratama Mokoginta kelas VII C

    Pemeriksa : Riyan hidayatullah kelas VII C

    SMP Labschool Jakarta adalah SMP dimana saya bersekolah. Tempatnya berada di Jalan

    Pemuda kompleks UNJ, Rawamangun 13220 , Jakarta timur DKI Jakarta, Indonesia. Sekolah

    Inyg didirikan pada tanggal 12 Februari 1968 ini awalnya dimadsudkan sebagai sekolah

    laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan.

    Sebagai gantinya sekolah ini berganti nama menjadi TPK (comprehensive school) dari

    departemen pendidikan dan kebudayaan. Proyek ini bertujuan mencoba ide ide baru dalam

    bidang pendidikan.

    Proyek TPK termyata tak berlangsung lama.Pada tahun 1974, sekolah ini telah memiliki nama

    dan fungsi yg baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP (Proyek

    Perintis Sekolah pembangunan). Pada tahun 1986 proyek ini berakhir.lalu yayasan IKIP

    membuka SMP & SMA IKIp dan lalu berganti nama menjadi TK, SMP, SMA labschool Jakarta.

    Keadaan sekolah bersih, besar, parkiran cukup luas dan ada lapangan yg besar.Lapangannya

    bisa dipergunakan untuk bermain sepak bola, bermain basket serta berlari. Biasanya setelah

    pulang sekolah saya bermain atau menonton teman teman bermain sepak bola .Sekolah juga

    mempunyai ruang perpustakaan. Perpustakaan keadaanya cukup besar, dingin, bukunya cukup

    lengkap serta hotspot(sayangnya tidak bisa dipakai karena tidak boleh bawa hp, kalau SMA bisa

    karena mereka boleh membawa hp),serta ruang multimedia yg berkomputer dan bisa dipakai

    untuk main game, berinternet, nonton youtube, dll. Lalu ada ruanagn lab. Komputer yg

    digunakan untuk belajar pada saat pelajaran BTIK. Labschool memiliki bistro yg berisi makanan

    makanan berat seperti nasi goring, ayam, dll. Ada juga kantin ygt menjual makanan makanan

    ringan. SMP labschool mempunyai 19 kelas (kalau tidak salah,di Wikipedia bilangnya gitu) yaitu

    VII:7, VIII:6, IX:6, Aksel:1. Labschool mempunyai masjid sendiri bernama Baitul ilmi yg

    digunakan untuk shalat dhuzur atau shalat jum’at.Keadaan masjid bersih dan besar.Labschool

    mempunyai banyak ekskul seperti KIR (Karya Imiah Remaja), Futsal, Basket, Paskibra,

    Panahan, dan masih banyak lagi.

  13. Ryan Hidayatullah 7C says:

    LABSCHOOL RUMAH KEDUAKU

    Saya bersekolah di Labschool jakarta, yang adalah pusatnya sekolah Labschool. Labschool sudah mempunyai dua cabang yaitu Labschool Kebayoran dan Labschool Cibubur.

    Labschool mempunyai motto yaitu, Iman, Ilmu, dan Amal. Setiap pagi di Labschool, kami selalu berdoa dan membaca 10 Labschool Character.

    Di masing-masing kelas juga ada mading yang diisi oleh siswa-siswa kelasnya.

    Di Labschool banyak program-program menarik. Seperti SALAM yaitu, Studi Amaliah Islam, yang wajib diikuti oleh siswa – siswi yang beragama Islam.

    Selain itu juga ada kegiatan PLS atau dulu disebut MOS. Kegiatan ini dilaksanakan pada seminggu pertama awal pelajaran. Disini kami dikenalkan kepada sekolah, dan OSIS dan MPK. Selain itu ada juga program SAKSI yang wajib diikuti, apalagi kalau ingin menjadi OSIS.

    Ada juga program Homestay yang boleh diikuti oleh siswa kelas 7, 8, dan 9. Program Homestay ini ada tiga. Salah satunya adalah Homestay ke UK (Inggris), Australia dan Japan (Jepang). Homestay ini tidak wajib diikuti tetapi kegiatan ini sangat menyenangkan. Disana kita akan jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat tertentu.

    Organisasi yang ada di sekolah Labschool adalah MPK dan OSIS. MPK adalah singkatan dari Majelis Perwakilan Kelas, yang diwakili oleh dua orang dari setiap kelas. OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Tugas MPK adalah mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh OSIS.

    Labschool juga mempunyai banyak ekskul yang menarik, yang memiliki toal 27 ekskul. Seperti Fotografi, Jurnalistik, Teater, Basket dan masih banyak lagi. Bagi yang mengikuti ekskul Fotografi, disetiap ekskulnya kami memotret foto-foto yang nantinya akan dinilai. Di ekskul Jurnalistik ini diajari mewawancara orang dengan benar, dan dapat mengetahui cara membuat majalah dengan benar dengan membuat mading dan Majalah GEMA. Di ekskul teater kita tidak hanya diajari berakting, tapi kita juga diajari semua bagian dalam teater seperti menjadi Aktor maupun Direktur. Ada juga ekskul Acolabs ( Asosiasi Komik Labschool ). Disini kita tidak hanya diajari membuat komik, kita juga bisa meningkatkan kemampuan menggambar.

    Di Labschool juga ada kegiatan seperti “Teman Asuh” yaitu kegiatan mengumpulkan uang untuk membantu teman – teman di sekolah lain.

  14. Adra Almeira Zakianto, 7C says:

    SMP Labschool Jakarta

    SMP Labschool Jakarta terletak di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. SMP Labschool Jakarta terletak di dekat Universitas Negeri Jakarta dan SD Rawamangun 12. Untuk masuk ke kawasan SMP, anda harus melewati kawasan TK dan SMA terlebih dahulu. Begitu anda masuk melewati lobby Labschool Jakarta, anda akan melewati koridor Labschool. Jika anda melihat ke kiri, anda dapat melihat lapangan besar Labschool Jakarta. Lapangan tersebut biasa digunakan untuk pelajaran olah raga dan upacara.

    Jika anda berjalan lurus pada koridor Labschool Jakarta, anda akan memasuki kawasan SMA Labschool Jakarta. Di daerah SMA disediakan tempat untuk duduk yang ditutupi oleh payung di atasnya. Jika anda melanjutkan jalan di koridor Labschool Jakarta, anda akan melewati Ruang Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta di sebelah kanan anda. Jika anda melanjutkan berjalan lurus, anda akan segera memasuki kawasan SMP Labschool Jakarta. Begitu anda memasuki kawasan SMP, di sana terdapat lapangan tertutup yang biasa digunakan untuk kegiatan kepramukaan. Ruang Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta berada di dekat Ruang Tata Usaha di Lantai Dasar.

    Di kawasan SMP Labschool Jakarta terdapat kantin yang biasanya ramai dikunjungi oleh para siswa SMA dan SMP Labschool Jakarta. Bahkan, pada hari Jumat para siswa dari SD Rawamangun 12 sering mengunjungi kantin Labschool Jakarta. Di kantin tersedia banyak sekali makanan seperti sate padang, batagor, siomay, dan berbagai makanan lainnya. Di SMP Labschool Jakarta, sebagian para siswa kelas 7 memiliki kelas di lantai 1. Ada juga sebagian dari kelas 7 yang memiliki kelas di lantai 2. Para siswa SMP biasanya pulang pada pukul 15.00.
    Di sebelah kanan lapangan SMP Labschool Jakarta juga terdapat Masjid di lantai 2 yang biasanya digunakan oleh para siswa SMP dan SMA Labschool Jakarta untuk sholat zuhur berjamaah ataupun untuk sholat jumat. Bagi para pria sholatnya di lantai 2 Masjid. Sedangkan, para wanita sholat di lantai 3 Masjid. Sedangkan, tempat wudhunya terletak di lantai 1.

    Di Labschool Jakarta juga terdapat ekstrakurikuler yang tidak kalah asyiknya seperti zelofus (tari modern dan tari tradisional), tari saman, menulis kreatif, futsal, basket, paskibra, dan lain sebagainya. Para ekstrakurikuler biasanya juga dipakai untuk berbagai macam lomba.

    Pemeriksa: Asya
    Oleh : Adra Almeira Zakianto, 7C, 1

  15. Fariska Fedira A 7C says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA

    SMP Labschool Jakarta terletak di jalan pemuda kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur Labschool dianggap sebagai rumah kedua bagi siswa yang sekolah disana. Labschool Jakarta terdiri dari TK, SMP, dan SMA. Labschool Jakarta terkenal di kalangan masyarakat dengan sebutan Labsraw. Labschool didirikan tahun 1968, sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta.
    Banyak program yang ada di SMP Labschool Jakarta, seperti study tour ke luar negeri, saksi, labscare, SALAM, LDKS, dan lain – lain. Di SMP Labschool Jakarta tentunya ada OSIS (organisasi siswa intrasekolah) dan MPK(Majelis Perwakilan Kelas).
    SMP Labshool Jakarta memiliki fasilitas/tempat yang banyak, seperti laboratorium IPA, laboratorium bahasa, ruang musik, teater kecil, poliklinik, perpustakaan, labs bistro dan masih banyak lagi tempat yang tersedia di SMP Labshool Jakarta. Perpustakaan adalah tempat favorit bagi siswa SMP Labschool Jakarta, selain buku – bukunya yang lengkap, perpustakan juga dilengkapi dengan ruang multimedia, beberapa komputer dengan akses internet.
    Di SMP Labschool Jakarta juga tersedia banyak ekstakurikuler. Semua ekskul yang ada di sini berjumlah 27. Contohnya seperti KIR, merpati putih, bola basket, futsal, softball, teater, acolabs, menghafal quran, labs screen, bahasa jepang, English club, bahasa perancis, panahan, jurnalistik, robotik, tari tradisional dan modern dance, karawitan, fotografi, acolabs, bulu tangkis, paskibra, band, karawitan dan masih ada ekskul yang lain.
    Siswa baru yang mengikuti kelas tujuh pada tahun 2016/2017 mengikuti praPLS pada tanggal 16 Juli 2016. Siswa yang baru masuk adalah siswa angkatan 25. Pada hari senin 18 Juli 2016 siswa SMP Labschool Jakarta hanya mengikuti halal bihalal dan pulang setelah selesai halal bihalal. Pada hari selasanya adalah hari pertama PLS (pengenalan lingkungan sekolah), PLS diadakan sampai hari kamis. Pada hari senin 25 Juli 2016 siswa baru SMP Labschool mulai belajar. Tapi banyak guru yang pada hari pertama belajar hanya melakukan pengenalan pada siswanya, tetapi ada juga guru yang hanya mengabsen setelah itu langsung belajar.
    Fariska 7C

  16. Muhammad Naufal J.7C.22 says:

    Smp labschool

    Oleh:Muhammad Naufal Jabbarullah/7C/22

    SMP Labschool (Laboratory School) adalah sekolah yang di bimbing oleh Universitas Negri

    Jakarta (UNJ).Labschool adalah termasuk sekolah swasta tetapi umum.Sekolah ini terletak di

    Rawamangun,Jakarta Timur.Motto Labshool adalah IMAN,ILMU,AMAL.

    Sekolah ini di dirikan pada tahun 1968.Sekolah ini dimaksud sebagai sekolah labotorium IKIP

    Jakarta.Sekolah ini di gunakan untuk praktik ajar,penelitian pendidikan, dan inovasi

    pendidikan.Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan dari Departemen

    Pendidikan dan Kebudayaan.

    Pada tahun 1974, Sekolah telah memeliki nama dan fungsi yang baru.Di tahun

    tersebut,Sekolah ini dikenal sebagai PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan).Proyek ini

    berfungsi untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan berguna memberi ide bagi pembaruan

    pendidikan nasional.Sekolah PPSP berlangsung selama 12 tahun.

    Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang berlokasi di komplek Universitas

    Negri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur, Menunjukan bahwa TK,SMP,dan SMA

    Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru , tetapi melanjutkan dari sekolah-

    sekolah yang telah mempunyai tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan

    membanggakan.

    Visi SMP Labschool adalah Menjadikan SMP Labschool Kebayoran sebagai sekolah bertaraf

    internasional yang unggul dalam karakter dan berprestasi tinggi.Misi SMP Labschool adalah

    1. Menciptakan lingkungan belajar yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

    2. Melakukan proses pembelajaran inklusi yang humansitik dan holistik.

    3. Menghasilkan lulusan yang bermutu, berkarakter positif, dan mempunyai daya saing yang kuat.

    4. Melakukan upaya untuk memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan

    agar memiliki inisiatif dan kemandirian dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan

    bertanggung jawab.

    5. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang dapat memberikan teladan dan melakukan

    tugasnya sesuai tuntutan profesi.

    6. Memiliki pimpinan yang berwawasan luas, berorientasi ke masa depan dan terampil melakukan

    manajemen yang profesional.

    SMP Labschool mempunyai banyak ekskul seperti futsal,basket,tari shaman,panahan,dan

    pramuka.Umur pramuka di SMP Labschool masih sangat muda tetapi sudah mendapat prestasi

    tergiat.Prestasi di ekskul lain juga banyak seperti basket,futsal,shaman,DLL.Prestasi di akademik juga

    banyak di dapatkan oleh Siswa dan Siswi Labschool Rawamangun.

    SMP Labschool Jakarta juga mempunyai tradisi berganti Kepala Sekolah.Pergantian ini dilakukan

    6 tahun sekali.Jabatan Kepala Sekolah di SMP Labschool Jakarta adalah di sebut sebagai pekerjaan

    tambahan atau jabatan tambahan.Kepala sekolah 6 tahun kedepan sekarang adalah Bapak Drs.

    H.Asdi Wiharto.Pak Asdi juga dulu menjabat sebagai Wakil Bidang Kesiswaan.6 Tahun yang lalu

    Kepala Sekolah SMP Labschool adalah Bapak H. Ali Chudori,S.Pd., M.M.

    PEMERIKSA

    Muhammad Nawaf Ghibran

  17. SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Oleh: Raisa Imtiyaz Danisy Ara

    SMP Labschool Jakarta merupakan sebuah sekolah yang berada di Rawamangun. Labschool Jakarta sering disebut dengan nama LabsRaw. Moto Labschool Jkarta yaitu IMAN,ILMU AMAL. SMP Labschool Jakarta ini didirikan pada tahun 1968. SMP Labschool Jakarta merupak sekolah yang terkenal. SMP Labschool Jakarta berada di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur. Nama Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya.
    Di SMP Labschool Jakarta ini, kelas 7-nya dibagi menjadi 7 kelas yaitu, kelas 7A, kelas 7B , kelas 7C, kelas 7D, kelas 7E, kelas 7F, dan juga kelas 7G. Saya berada di kelas 7c. Wali kelas 7c bernama ibu Linda Gumantri. Di kelas 7C muridnya ada 38 siswa. Yaitu 18 murid laki-laki dan 20 murid perempuan. Kelas 7C berada di antara kelas 7D dan kantin.
    Di SMP Labschool Jakarta terdapat banyak sekali pilihan ekskul, salah satunya ekskul tari saman. Ekstrakulikuler di SMP Labschool Jakarta ini dibagi mejadi tiga bagian yaitu, keilmuan dan keterampilan, kesenian, dan juga olahraga. Di SMP Labschool Jakarta ini setiap siswa wajib memilih minimal satu ekskul dan maksimal tiga ekskul selain ekskul pramuka, karena ekskul pramuka merupakan ekskul wajib di SMP Labschool Jakarta ini. Saya memilih ekskul tari saman dan juga ekskul panahan.
    Di SMP Labschool Jakarta ini diwajibkan memakai sepatu bertali. Dan di SMP Labschool Jakarta ini boleh membawa handphone, tetapi tidak boleh membawa handphone yang berkamera. Di SMP Labschool Jakarta ini terdapat berbagai fasilitas seperti perpustakan, lab computer, lab IPA, lab bahasa, ruang musik, poliklinik, dan lain-lain.
    Pada hari Senin –Kamis, siswa- siswi pulang jam 15.00. Tetapi pada hari Jumat siswa- siswi pulang sehabis sholat jumat. Pada hari Jumat juga setiap siswa melakukan lari pagi pada jam 06.30. Siswa- siswi berlari mengelilingi kompleks UNJ.

    Pemeriksa: Rafansyah Elkiano

  18. Khayrani Shaffah 7C says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Oleh : Khayrani Shaffah Rachmansa

    SMP Labschool Jakarta merupakan sekolah menengah pertama swasta yang berada di jalan pemuda komplek UNJ Rawamangun Jakarta Timur. SMP Labscool Jakarta bernaung di bawah yayasan UNJ. SMP Labscool berdiri pada 1968. Selain SMP Labscool Jakarta ada juga SMP Labscool Cibubur, SMP Labschool Kebayoran. Di SMP Labschool Jakarta terdapat fasilitas – fasilitas yang memadai seperti ruang kelas, ruang guru, toilet, Masjid, lapangan, laboraturium, kantin, teater kecil, sekertariat OSIS, dll. SMP Labschool memiliki prestasi – prestasi yang baik karena memiliki banyak tenaga kerja yang baik dan berkualitas dan cara pengajarannya.
    SMP Labscool Jakarta memiliki lebih dari 25 ekstrakulikuler yaitu, ada keilmuan: Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Bahasa Jepang, English Club, Bahasa Prancis, Labscreen, BT2Q, Jurnalistik, dan Robotik. Ada Kesenian: Tari tadisional dan Modern Dance, Paduan Suara, Karawitan, Band, Fotografi, Pembuatan Komik/Animasi, dan Teater. Ada Olahraga: basket, Sepak bola, Futsal, Bulu tangkis, Silat/Merpati Putih, Tae Kwon Do, Tenis lapangan, tenis Meja, Renang, Paskibra, Base Ball. Ekstrakulikuler ini yang membuat prestasi yang baik di SMP Labschool karena siswa yang mengikuti ekstrakulikuler dapat mengikuti lomba nasional maupun internasional.
    SMP Labscool Jakarta sangat mementingkan keimanan dan ketakwaan selain akademik di setiap pembelajarannya. Adanya pesantren ramadhan atau SALAM pun menjadi salah satu program unggulan disini karena bertujuan mempertebal keimanan siswa. SMP Labschool menyajikan program – program lainnya yang tidak kalah bagusnya , contoh homestay di beberapa Negara seperti Jepang, New Zealand, Inggris, dan Australia. Ada juga program lainnya seperti SAKSI, LDKS, PHBI, PHBN, labscare, labsmozaik, lari lintas juang, dll.
    Di SMP Labscool Jakarta terdapat syarat wajib kelulusan. Syarat wajib kelulusannya Antara lain hafal juz 30, melakukan labscare minimal 20 jam. Di SMP Labscool Jakarta terdapat organisasi – organisasi yang tidak kalah menarik seperti, OSIS dan MPK. OSIS di SMP Labschool Jakarta hanya dapat direkrut setelah seorang siswa duduk di kelas 8. Banyak bidang – bidang seperti bidang bela Negara, pendidikan, dana usaha, BPYL, dan olahraga. Untuk MPK, dapat direkrut dari kelas 7.

  19. fariz arsaputra 7c says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Smp labschool Jakarta terletak di rawamangun. Smp ini smp ini adalah smp swasta yang bisa dibilang smp favorit, karena itu masuk smp ini tentu tidak mudah. Smp labschool mempunyai tiga sekolah, yaitu, labschool rawamangun (labsraw), labschool kebayoran (labsky), dan, labschool cibubur (labscib).
    Labschool juga mempunyai fasilitas-fasilitas yang banyak, contoh, hall basket, lab ipa, teater kecil, lab computer, lab Bahasa, ruang music, poliklinik, dan masih banyak lagi. Labshool juga mempunyai kegiatan-kegiatan yang menarik seperti saksi, study tour, ldks, pesantren ramadhan\salam, . Labschool juga dikenal mempunyai banyak ekskul yang berjumlah 27, diantaranya, basket, futsal, merpati putih, bulu tangkis, paskibra, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu juga labschool dikenal dengan cara belajar yang tidak hanya di kelas, kita juga belajar keluar kelas maupun keluar sekolah.
    Tentu juga kita diajarkan ilmu agama. Kita diajarkan membaca dan menghafal ayat suci al quran, kita juga diajarkan salat lima waktu, shadaqah, zakat, dan lain lain
    Dan tentu saja ada sejarah di balik nama labschool. Sekolah ini adalah sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium ikip Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik mengajar mahasiswa ikip. Namun itu tidak berlangsung lama, setelah itu, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP (proyek perintis sekolah pembangunan) Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional. Namun sekolah ini berganti menjadi sekolah negeri. Namun sekolah nya pun pindah lalu berganti lagi menjadi labschool
    Angkatan terbaru di smp labschool rawamangun yaitu angkatan 25 (angkatan saya). Di angkatan ini, kita tidak ada mos, tetapi “mos” di tahun ini dikenal sebagai pls yaitu singkatan dari pengenalan lingkungan sekolah. Disini kita tidak boleh saling mencela atau membuli sesame teman atau adik/kakak kelas.
    Di sekolah ini tentu juga terdapat osis (organisasi siswa). Tetapi kita hanya bias menjadi anggota osis (organisasi siswa) saat kita mencapai kelas delapan sampai kelas sembilan. Osis juga merupakan organisasi yang menarik, di osis ada banyak kegiatan yang bias kita lakukan.

    FARIZ ARSAPUTRA 7C

  20. Razi Alvaro Arman 7C says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA

    SMP Labschool Jakarta adalah sekolah swasta yang terletak di Komplek UNJ, Jl. Pemuda, RT.7/RW.14, Rawamangun, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sekolah tersebut adalah salah satu SMP/SMA yang paling diminati oleh warga DKI Jakarta, Karena Akhlak dan Pengetahuan anak-anak yang telah sekolah disitu.SMP Labschool Jakarta Meraih Nilai UN tertinggi ke-5 di DKI Jakarta dengan Nilai Rata-Rata 364,12.
    Sekolah ini sangat mengutamakan akhlak (keagamaan) dan pengetahuan maka sebab itu anak-anak Labschool Alim/Religius dan cerdas.SMP Labschool Jakarta memiliki sekitar 20 ekskul yaitu Paskibra, KIR (Karya Ilmiah Remaja), Panahan , Basket, Bahasa Jepang dan Perancis , menulis kreatif dan lain-lain,serta fasilitas sekolah yang meliputi perpustakaan, lab biologi, lab fisika, lab computer , green house, ruang musik , Ruang Media Resource Center , Poliklinikdan lain-lain. Di sebelah SMP Labschool juga terdapat SMA Labschool dan UNJ yang merupakan di perusahaan yang sama. SMP Labschool Mengadakan Upacara setiap senin maka siswa harus datang termasuk anak-anak yang mengikuti ekstrakulikuler Paskibra. SMP Labschool Jakarta juga mengadakan lari jumat setiap hari jumat agar anak-anak sehat jasmani.
    SMP Labschool Jakarta memiliki banyak yel-yel yang meliputi Halo-Halo Labschoolku,Masuk Labschool yang terkeren. Yel-yel tersebut biasanya sering dinyanyikan oleh OSIS SMP Labschool Jakarta juga memiliki program OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah).SMP Labschool memiliki 7 kelas setiap tingkat, 2 kelas akselerasi
    PROGRAM-PROGRAM UNGGULAN YANG DITETAPKAN:
    1. PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (Character Building)
    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:
    A.Pesantren Ramadhan/SALAM
    B.Homestay
    C.Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS
    D.Renungan malam (Muhasabah) pada beberapa kegiatan
    E.Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia/SAKSI
    F.PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
    G.PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional)
    H.Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa/LKMS untuk OSIS & MPK
    I.Rekrutmen dan Pelantikan OSIS/MPK dan lari lintas juang (lalinju)
    2. PROGRAM BUDAYA SEKOLAH (School Culture)
    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:
    A.Tadarus Al-Qur’an di kelas dan bersama-sama di Hall Masjid Baitul Ilmi SMP Labschool Jakarta
    B.Shalat dzuhur berjamaah
    C.Kuliah tujuh menit setelah shalat dzuhur
    D.Keputrian saat shalat jumat
    E.English day/English Conversation
    G.Budaya jabat tangan ketika bertemu Guru
    H.Budaya salam/sapa terutama kepada guru dan OSIS/MPK
    I.Budaya bersih
    J.Budaya tertib, disiplin dan rapih
    K.Penegakkan tata tertib Sekolah
    L.Pementasan drama atau bermain peran
    M.Hapal Juz 30
    N.LabsCare
    O.LabsCreativity
    3. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK (Academic Program)
    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:
    Basic Math
    Basic English
    Japan Club
    Tentor Teman Sebaya
    Pengayaan Olimpiade Sains dan Matematika
    Pengayaan Olimpiade Bahasa Inggris
    Pengayaan Olimpiade IPS
    Pembinaan Kemampuan membua Karya Tulis (kartul) Ilmiah (Bahasa Indonesia)
    Pendalaman materi/Bimbingan belajar intensif Ujian Nasional ( FOCUS UN)

  21. HufaRavino says:

    SMP Labschool Jakarta
    Thufail Ravino

    SMP Labschool Jakarta adalah sekolah menengah ke atas yang terletak di Jl.Pemuda,Rawamangun,komplek UNJ,Jakarta Timur. Labschool adalah sekolah terbaik ke 5. Labschool adalah sekolah yang ingin membuta siswa dan siswinya menjadi berprestasi. Labchool juga menjadi sebutan/symbol Rumah Keduaku. La yang banyak seperti kelas,ada 7. Labschool juga memiliki 27 ekskul yaitu ada yang wajib(pramuka),yang tidak wajib ada futsal,panahan,basket,acolabs,Bahasa Perancis,Bahasa Jepang,dan masih banyak lagi.

    Lingkungan Labschool cukup besar,ada parkiran didepan . Labschool mempunyai Motto Yaitu,Iman,Ilmu,dan Amal. Labschool mempunyai teater kecil yang berfungsi untuk acara seperti,drama,pentas seni, dan lain lain. Labschool mempunyai MPK kelas dan Osis,MPK kelas bertujuan untuk mengawasi dan menilai kerja Osis,Osing bertujuan untuk mengatur acara sekolah seperti PLS(Pengenalan Lingkungan Sekolah),Pensi,dan lain lain. Yang ingin menjadi MPK kelas/Osis harus mendaftar,setiap kelas mewakili 2 murid,untuk MPK kelas bisa mendaftar untuk kelas 7,8,9,sedangkan Osis kelas 8 dan 9. Kepala sekolah SMP Labschool adalah Asdi wiharto. Labschool mempunyai kegiatan yaitu home stay keluar negeri,bisa ke Australia,United kingdome,jepang dan lain lain. Gaya belajar labschool cukup nyaman dan menyenangkan,karena gurunya yang lucu,pelajarannya lebih banyak dari SD. Kita bisa bermain computer di lab computer jika tidak ada pelajaran. Labschool mempunyai Fasilitas yang banyak seperti:

    -Perpustakaan
    -Kantin
    -Masjid
    -Poliklinik
    -Toilet
    -Lapangan indoor dan outdoor
    -Wifi
    -Ruang guru

    Perpustakaan Labschlool adalah perpustakaan terbaik se DKI Jakarta. Disana bukunya lengkap dan ada rumput sintetis,meja,bangku,karpet,dan lain lain.

    Kantin Labschool banyak pilihan makanan dan minuman. Kantin juga mempunyai bangku yang cukup banyak.

    Masjid Labschool adalah tempat untuk beribadah agama islam. Orang yang sholat juga banyak apalagi saat shalat jumat.

    Toilet Labschool ada banyak . Toiletnya cukup bersih dan nyaman untuk BAB,dan pipis

    Poliklinik labschool berada didekat TK labschool. Tempatnya bertujuan untuk test urine dan perawatan jika ada yang sakit.

    Lapangan labschool mempunyai 2 lapangn yaitu indoor dan outdoor. Indoor berada di belakang gedung labschool,dan outdoor berada diatas gedung labschool.
    Labschool mempunyai wifi yang cepat

    Yudha Prawira
    Pemeriksa

  22. Mazaya qaysshadiq ikhwan 7c says:

    SMP Labschool Jakarta adalah SMP yang terletak di jalan pemuda Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta timur . Di SMP Labschool Jakarta memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama Labschool yang melekat pada TK,SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya. Labschool (Laboratory School). Labschool Jakarta populer di kalangan masyarakat dengan sebutan Labsraw.

    Di sana Mempunyai 21 kelas yang terdiri dai kelas 7 , 8, dan 9.Dalam satu kelas 38 siswa yang berada di kelas itu. Jumlah siswa perangkatan 250 – an. SMP Labschool Jakarta didirikan pada tahun 1968. Jenis SMP Labschool Jakarta adalah sekolah swasta. SMP Labschool jakarta
    Pernah meraih akreditasi tertinggi se-DKI Jakarta pada saat tahun 2014.
    Program unggulan
    1.program pengembangan karakter siswa (character building)
    • Pesantren Ramadhan/SALAM
    • Homestay
    • Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS
    • Renungan malam (Muhasabah) pada beberapa kegiatan
    • Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia/SAKSI
    • PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
    • PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional)
    • Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa/LKMS untuk OSIS & MPK
    • Rekrutmen dan Pelantikan OSIS/MPK dan lari lintas juang (lalinju)
    2.program budaya sekolah (school culture)
    • Tadarus Al-Qur’an di kelas dan bersama-sama di Hall Masjid Baitul Ilmi SMP Labschool Jakarta
    • Shalat dzuhur berjamaah
    • Kuliah tujuh menit setelah shalat dzuhur
    • Keputrian saat shalat jumat
    • English day/English Conversation
    • Budaya jabat tangan ketika bertemu Guru
    • Budaya salam/sapa terutama kepada guru dan OSIS/MPK
    • Budaya bersih
    • Budaya tertib, disiplin dan rapih
    • Penegakkan tata tertib Sekolah
    • Pementasan drama atau bermain peran
    • Hapal Juz 30
    • LabsCare
    • LabsCreativity
    3.program unggulan akademik (academic program)
    • Basic Math
    • Basic English
    • Japan Club
    • Tentor Teman Sebaya
    • Pengayaan Olimpiade Sains dan Matematika
    • Pengayaan Olimpiade Bahasa Inggris
    • Pengayaan Olimpiade IPS
    • Pembinaan Kemampuan membua Karya Tulis (kartul) Ilmiah (Bahasa Indonesia)
    • Pendalaman materi/Bimbingan belajar intensif Ujian Nasional ( FOCUS UN)

    Ekstrakulikuler
    Keilmuan dan keterampilan
    • Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
    • Bahasa Jepang
    • English Club
    • Bahasa Prancis
    • Komputer
    • Pembimbingan Baca Tulis Qur’an (BT2Q)
    • Jurnalistik
    • Robotik
    Kesenian
    • Tari tradisional dan Modern Dance ( Zelofus )
    • Ansembel
    • Paduan Suara ( Labs Choir )
    • Seni Rupa
    • Karawitan
    • Band
    • Fotografi ( Labs Focus )
    • Pembuatan Komik/Animasi ( Acolabs )
    • Teater ( Labs Theatre )
    Olahraga
    • Basket
    • Sepak bola
    • Futsal/Mini Soccer
    • Bulu tangkis
    • Silat/Merpati Putih
    • Tae Kwon Do
    • Tenis lapangan
    • Panahan
    • Paskibra
    • Soft Ball/Base Ball

  23. HufaRavino says:

    SMP Labschool Jakarta
    Thufail Ravino

    SMP Labschool Jakarta adalah sekolah menengah ke atas yang terletak di Jl.Pemuda,Rawamangun,komplek UNJ,Jakarta Timur. Labschool adalah sekolah terbaik ke 5. Labschool adalah sekolah yang ingin membuta siswa dan siswinya menjadi berprestasi. Labchool juga menjadi sebutan/symbol Rumah Keduaku. La yang banyak seperti kelas,ada 7. Labschool juga memiliki 27 ekskul yaitu ada yang wajib(pramuka),yang tidak wajib ada futsal,panahan,basket,acolabs,Bahasa Perancis,Bahasa Jepang,dan masih banyak lagi.

    Lingkungan Labschool cukup besar,ada parkiran didepan . Labschool mempunyai Motto Yaitu,Iman,Ilmu,dan Amal. Labschool mempunyai teater kecil yang berfungsi untuk acara seperti,drama,pentas seni, dan lain lain. Labschool mempunyai MPK kelas dan Osis,MPK kelas bertujuan untuk mengawasi dan menilai kerja Osis,Osing bertujuan untuk mengatur acara sekolah seperti PLS(Pengenalan Lingkungan Sekolah),Pensi,dan lain lain. Yang ingin menjadi MPK kelas/Osis harus mendaftar,setiap kelas mewakili 2 murid,untuk MPK kelas bisa mendaftar untuk kelas 7,8,9,sedangkan Osis kelas 8 dan 9. Kepala sekolah SMP Labschool adalah Asdi wiharto. Labschool mempunyai kegiatan yaitu home stay keluar negeri,bisa ke Australia,United kingdome,jepang dan lain lain. Gaya belajar labschool cukup nyaman dan menyenangkan,karena gurunya yang lucu,pelajarannya lebih banyak dari SD. Kita bisa bermain computer di lab computer jika tidak ada pelajaran. Labschool mempunyai Fasilitas yang banyak seperti:

    -Perpustakaan
    -Kantin
    -Masjid
    -Poliklinik
    -Toilet
    -Lapangan indoor dan outdoor
    -Wifi
    -Ruang guru

    Perpustakaan Labschlool adalah perpustakaan terbaik se DKI Jakarta. Disana bukunya lengkap dan ada rumput sintetis,meja,bangku,karpet,dan lain lain.

    Kantin Labschool banyak pilihan makanan dan minuman. Kantin juga mempunyai bangku yang cukup banyak.

    Masjid Labschool adalah tempat untuk beribadah agama islam. Orang yang sholat juga banyak apalagi saat shalat jumat.

    Toilet Labschool ada banyak . Toiletnya cukup bersih dan nyaman untuk BAB,dan pipis

    Poliklinik labschool berada didekat TK labschool. Tempatnya bertujuan untuk test urine dan perawatan jika ada yang sakit.

    Lapangan labschool mempunyai 2 lapangn yaitu indoor dan outdoor. Indoor berada di belakang gedung labschool,dan outdoor berada diatas gedung labschool.
    Labschool mempunyai wifi yang cepat

  24. lintang tri kusumo el rasyid 7c says:

    SMP Labschool Jakarta adalah sekolah smp swasta yang terletak di Jakarta timur, rawamangun , di jalan pemuda komplek UNJ . Di smp labschool jakarta ada 21 kls yang terdiri dari kelas 7 sampai kelas 9 yang kira kira 250 an anak setiap angkatan.

    Di smp labschool Jakarta terdapat program unggulan yang mengembangkan karakter siswa (character building )
    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:

    Pesantren Ramadhan/SALAM
    Homestay
    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS
    Renungan malam (Muhasabah) pada beberapa kegiatan
    Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia/SAKSI
    PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
    PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional)
    Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa/LKMS untuk OSIS & MPK
    Rekrutmen dan Pelantikan OSIS/MPK dan lari lintas juang (lalinju)

    2. PROGRAM BUDAYA SEKOLAH (School Culture)

    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:

    Tadarus Al-Qur’an di kelas dan bersama-sama di Hall Masjid Baitul Ilmi SMP Labschool Jakarta
    Shalat dzuhur berjamaah
    Kuliah tujuh menit setelah shalat dzuhur
    Keputrian saat shalat jumat
    English day/English Conversation
    Budaya jabat tangan ketika bertemu Guru
    Budaya salam/sapa terutama kepada guru dan OSIS/MPK
    Budaya bersih
    Budaya tertib, disiplin dan rapih
    Penegakkan tata tertib Sekolah
    Pementasan drama atau bermain peran
    Hapal Juz 30
    LabsCare
    LabsCreativity
    3. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK (Academic Program)

    Program ini teraplikasi dalam beberapa kegiatan, yaitu:

    Basic Math
    Basic English
    Japan Club
    Tentor Teman Sebaya
    Pengayaan Olimpiade Sains dan Matematika
    Pengayaan Olimpiade Bahasa Inggris
    Pengayaan Olimpiade IPS
    Pembinaan Kemampuan membua Karya Tulis (kartul) Ilmiah (Bahasa Indonesia)
    Pendalaman materi/Bimbingan belajar intensif Ujian Nasional ( FOCUS UN)

    Eskul yang ada di labschool ada banyak dari yang akademik atau non akademik
    Ada eskul :
    Bahasa jepang
    Bahasa prancis
    BT2Q
    Acolabs
    Labscreen
    Tari tradisional dan modern dance (zelofus)
    English club
    Kelompok ilmiah remaja
    Jurnalistik
    Robotic
    Ansembel
    Paduan suara
    Seni rupa
    Karawitan
    Band
    Fotografi
    Teater
    Basket
    Futsal
    Bulu tangkis
    Merpati putih
    Tae kwon do
    Panahan
    Paskibra
    Soft ball/base ball
    Fasilitas yang ada di labscool terdiri dari
    Labrotarium ipa
    Labrotarium Bahasa
    Ruang music
    Poliklinik
    Perpustakaan
    Koperasi
    Masjid
    Auditorium
    Lapangan outdoor
    Lapangan basket indoor
    Toilet
    Kantin
    Ruang kepala sekolah
    Ruang bimbingan konseling
    Tempat parkir
    Laboratarium komputer

  25. bryan 7C says:

    Labschool Jakarta yang berlokasi di Jalan Pemuda Komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya. Labschool (Laboratory School).
    Sekolah yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.
    Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional.Sekolah PPSP berlangsung selama dua belas tahun
    Sebagai gantinya, atas permintaan masyarakat, mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta.
    Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta timur di atas, menunjukkan bahwa TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru, melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan.

  26. YUDHAPRAWIRA says:

    YUDHA PRAWIRA MARTHAMELVIN SYAHPUTRA 7C
    Sekolah Labschool sudah berdiri semenjak 12 April 1968 dan sudah mempunyai dua cabang, yaitu Labschool Kebayoran yang sering di sebut dengan sebutan “Labsky” dan Labschool Cibubur yang baru berdiri pada tahun 2011. Selain itu juga Labschool pusat yaitu Labschool Rawamangun yang sering disebut dengan singkatan “Labsraw” yang sekarang menjadi sekolah saya.
    Ungkapan yang terpajang hampir di seluruh Labschool ini rasanya memang menjadi sebuah kenyataan yang luar biasa dirasakan oleh seluruh siswa SMP LABSCHOOL RAWAMANGUN.
    Labschool mempunyai 10 labschool Character yaitu,religious(keagamaan),responsible(tanggung jawab),discipline(disiplin),honest(jujur),hard working(kerja keras),good attitude(prilaku yg baik),creative(kreatif),
    Labschool mempunyai banyak sekali progam yaitu,Homestay,labsproject,cravier,SALAM,SAKSI,Teman asuh,Dan masih banyak lagi.
    Program homestay itu kita pergi ke luar negri dengan tujuan untuk menambahkan ilMU.

  27. nada nabila putri 7C says:

    Sekolah yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan. Comprehensive School atau Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional. Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung. Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. Sebagai gantinya, atas permintaan masyarakat, mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
    Bahasa Jepang
    English Club
    Bahasa Prancis
    Komputer
    Pembimbingan Baca Tulis Qur’an (BT2Q)
    Jurnalistik
    Robotik
    Tari tradisional dan Modern Dance ( Zelofus )
    Ansembel
    Paduan Suara ( Labs Choir )
    Seni Rupa
    Karawitan
    Band
    Fotografi ( Labs Focus )
    Pembuatan Komik/Animasi ( Acolabs )
    Teater ( Labs Theatre )
    Basket
    Sepak bola
    Futsal/Mini Soccer
    Bulu tangkis
    Silat/Merpati Putih
    Tae Kwon Do
    Tenis lapangan
    Panahan
    Paskibra
    Soft Ball/Base Ball

  28. Navella Kevalindra Z 7C says:

    SMP LABSCHOOL JAKARTA
    Labschool Jakarta yang berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya. Labschool (Laboratory School). Labschool Jakarta populer di kalangan masyarakat dengan sebutan Labsraw.
    Sejarah
    Sekolah yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan.[butuh rujukan]
    Comprehensive School atau Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional.
    Sekolah PPSP berlangsung selama dua belas tahun. Tahun 1986 proyek ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SD, SMP, dan SMA eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SD Negeri Komplek IKIP Jakarta, SMP Negeri 236, dan SMA Negeri 81. Adapun TK-nya masih tetap berstatus swasta dengan nama TK IKIP Jakarta.
    Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung. Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. Sebagai gantinya, atas permintaan masyarakat, mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta.
    Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta timur di atas, menunjukkan bahwa TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru, melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan.

  29. Nashafa Kirana 7C says:

    Sejarah labschool Jakarta
    Labschool Jakarta yang berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur memiliki sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri JakSekolah yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik ajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan.arta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Comprehensive School atau Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Pada tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional.pada tahun 1986 proyek ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SD, SMP, dan SMA eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SD Negeri Komplek IKIP Jakarta, SMP Negeri 236, dan SMA Negeri 81. Adapun TK-nya masih tetap berstatus swasta dengan nama TK IKIP Jakarta.
    Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung. Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. Sebagai gantinya, atas permintaan masyarakat, mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Kep. 854 P/I01.a1/1/93 dan No. Kep 853 A/I01.a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. Berikutnya, seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta, maka TK, SLTP, dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta.
    Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta timur di atas, menunjukkan bahwa TK, SMP, dan SMA Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru, melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan.

  30. Avila Axel Mulyadi says:

    Labschool Rumah Keduaku
    Labschool adalah salah satu sekolah yg diincar oleh orangtua maupun siswa. Saya adalah salah satu anak yg beruntung karena dapat diterima di labschool. Kegiatan di labschool banyak, kegiatan pertama yg dilakukan oleh anak kelas 7 adalah PLS ( masa pengenalan lingkukngan sekolah ) lalu ada pemilihan OSIS dan MPK untuk kelas 7 dan 8. Setelah itu ada kegiatan SALAM, SALAM itu mirip dengan pesantren kilat, kegiatan SALAM ada menghafal doa doa, praktik sholat dan wudhu, pemberian ilmu agama, ada fun games dan ada muhasabah.
    Sebelum salam juga ada pelantikan pramuka untuk kelas 7 dan pemilihan ketum OSIS. Saat 17 agustus ada upacara sekaligus pelantikan OSIS dan MPK, yg OSIS dan MPK harus lari dari SMP 236 sampai ke Labschool. Ekskul di Labschool ada 27 yg dibagi 3 yaitu 1. bidang keilmuan: kir, Bahasa jepang, English club, Bahasa perancis, labsscreen, BT2Q, jurnalistik,dan robotik. 2. bidang kesenian: zelofus, ansembel, paduan suara, seni rupa, karawitan, band, fotografi, acolabs, teater. 3. bidang olahraga: basket, sepak bola, futsal, bulu tangkis, sliat, tae kwon do, tenis lapangan, panahan, paskibra, soft ball. Pada Bulan Februari yg akan datang akan ada kegiatan SAKSI.
    Pelajaran di Labschool Antara lain adalah: IPA biologi, IPA fisika, dan IPA kimia, IPS, PKN, Matematika, Bahasa Inggris, Native, Seni Budaya, Prakarya, AIS, Olahraga, BTIK DLL. Guru guru di labschool baik baik dan ada beberapa yg lucu. Labschool juga punya program budaya dan akademik yaitu labsCreativity, labscare, hafal juz 30, dll, dan yg di bidang akademik: math, English, japan club, dll. Labschool memliliki banyak fasilitas seperti lab. Ipa (fisika biologi dan kimia), lab. Bahasa, ruang musik, perpustakaan, Ruang Media Resource Center (MRC), poliklinik, Koperasi, Gedung berlantai 3, Hallma ( Hall Masjid ), Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Teater Kecil, Auditorium, Korridor Kabir ( Kantin Biru ), Laboratorium Komputer, Lapangan Semen, Hall Basket Indoor, Tempat Parkir, Masjid Baitul Ilmi, Ruang Bimbingan Konseling, Sekretariat OSIS/MPK ( Sekos ), CCTV, Toilet, Kantin, Labs Bistro, Ruang Seni, Rupa dan Prakarya, Ruang Cibi, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Fotokopi, Tempat Wudhu ( Pria dan Wanita ), ruang kelas semunya ber-AC jika ada tugas juga bisa menggunakan free WI-FI yg disediakan.
    Labschool juga ada TK dan SMA nya, area TK dekat dengan Lobby labschool dan area SMA ada di area sebelah lapangan. Setiap tahun Labschool selalu mengirimkan siswa siswi untuk ikut lomba olimpiade sains nasional (osn) , olimpiade olahraga nasional (o2sn) , festival lomba seni siswa nasional (fls2n), dll. Ruang favoritku di Labschool adalah perpustakaan.
    -AVILA AXEL MULYADI 7C

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi