Pelantikan Pramuka di SMP Labschool Jakarta


Pramuka SMP Labschool Jakarta

Pramuka SMP Labschool Jakarta

Nama Penulis: Nabilah Putri Damayanti

Kelas : 7E

Pelantikan Pramuka

Pada hari Sabtu pagi pukul 06.30 WIB, tanggal 27 Februari 2016, siswa siswi kelas 7 SMP Labschool Jakarta sudah siap melaksanakan apel. Kami dilumpulkan di depan halma sebelum berangkat menuju Studio Alam TVRI, Depok untuk dilantik menjadi anggota pasukan pramuka. Berbagai macam benda sudah disiapkan oleh kami. Mulai dari tongkat, tali tambang, dan lain-lain. Setelah melaksanakan apel, kami berangkat dengan menaiki tronton sesuai pembagian yang sudah diberitahukan saat apel. Perjalanan menggunakan tronton sangat berbeda dengan menaiki mobil atau bus. Kita dapat terjatuh jika sedang berdiri di tronton, karena sangat berguncang. Meskipun demikian, beberapa murid dapat tidur dalam kondisi tersebut.

Pramuka SMP Labschool Jakarta

Pramuka SMP Labschool Jakarta

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, akhirnya kami tiba di tujuan. Ada beberapa tronton yang lebih besar, sehingga beberapa murid harus berjalan dari pintu masuk menuju lapangan. Pemandangan disana sangat unik karena banyak binatang seperti kuda berkeliaran bebas. Jadi janganlah heran jika melihat kotoran hewan di sekitar lokasi. Saat di lapangan, kami melakukan apel dan setelah kami dipersilahkan untuk duduk sementara menunggu ketua regu masing-masing. Ketua regu balik lalu menyuruh kita untuk meletakkan tas di tenda dan hanya mengambil barang-barang yang di butuhkan. Kami di berikan soal di kertas dan menjawabnya per regu, jika sudah selesai, akan diberikan izin untuk melanjutkan perjalanan menuju pos yang sudah disiapkan.

Saat tiba di pos pertama, kami diuji kehafalan dan pemahaman dasadarma dan trisatya. Pertama-tama kami harus menyebutkan dasadarma dan trisatya, lalu menjelaskan cara mengamalkannya. Setelah dapat menjawabnya kami berjalan terus menuju pos 2. Setibanya di pos 2, kami harus mengantri sebentar karena agak ramai. Tes di pos 2 adalah semaphore, kami dilatih dua kali oleh kakak pelatih sebelum menjawab pertanyaan dari kakaknya, akhirnya kakak pelatih memberikan soal dan reguku sempat bingung sebentar namun kami dapat menjawabnya, jawabannya adalah “lanjutkanlah”.

Tugas di pos 3 lumayan susah, karena kami harus membuat tandu dari dua tongkat dan dua tali tambang, kami sempat kebingungan saat membuat simpul tali sampai mengulangnya berkali-kali, untung kakak pelatih mengajarkan kita cara membuatnya dan akhirnya berhasil. Kami membawa tandu yang sudah kami buat menuju pos 4 yang terletak tidak terlalu jauh. Tugas di pos 4 sangatlah sulit dan melelahkan karena kami harus mengangkat salah satu anggota di atas tandu yang sudah jadi dan membawanya sambil melewati rintangan.

Rintangan pertama kami harus jalan berjongkok tetapi orang yang di tandu tidak boleh terjatuh. Kami saat itu kelelahan namun belum selesai, selanjutnya berjalan tanpa mengenai bamboo yang tergeletak di tanah, di lanjutkan dengan mengangkat orang yang di tandu melewati hula hoop dan yang terakhir adalah berjalan namun hanya boleh menginjak huruf-huruf yang berada di tanah. Kami melewati semua rintangan dengan selamat dan kembali ke lapangan.

Setibanya di lapangan, kami diuji gerakan baris-berbaris dan mendapatkan soal sandi-sandi seperti morse, setelahnya kami sholat dan makan siang. Setelah beristirahat, kami berbaris sesuai regu dan melaksanakan upacara pelantikan, namun sebelumnya kita berlatih terlebih dahulu. Kami diberikan nomor gudep lalu melaksanakan upacara yang sesungguhnya. Setelah beberapa menit, akhirnya upacara pelantikan selesai dan kami sudah menjadi anggota pasukan pramuka. Kami membersihkan lingkungan sekitar jika ada sampah lalu berkemas pulang. Di karenakan beberapa tronton yang besar, kami berjalan lebih jauh dan balik menuju Labschool Rawamangun.

Pemeriksa: Tiara Salsabila C.


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

March 2016
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi