Mengapa Menulis itu Sulit?

menulis konten kreatif

menulis konten kreatif

Pernahkah anda merasakan sulitnya menulis? Pasti pernah. Terutama menulis yang serius dan ilmiah. Kalau hanya menulis kisah nyata atau cerita alamiah biasanya malah lebih mengalir. Tapi kalau menulisnya diminta harus tegas dan serius, ini yang rada susah. Akhirnya kita mengalami kesulitan menulis. Tidak menulis menjadi salah satu pilihan hati.

Motivasi menulis memang tidak bisa langsung didapatkan saat kita kesulitan menulis. Kita perlu melawan dan menaklukan diri sendiri. Sebab kesulitan menulis itu berasal dari diri sendiri yang kurang percaya diri. Sudah takut duluan kalau tulisannya tidak banyak dibaca orang lain. Padahal tujuan menulis adalah menyampaikan isi hati lalu mengajak otak untuk berpikir mengkomunikasikannya dengan orang lain. Tidak mudah memang, tapi bisa dilakukan.

Menulis menjadi terasa sulit ketika dalam alam pikiran memang terasa sulit. Menulis menjadi mudah ketika pikiran terbuka dan langsung praktik menuliskan apa-apa yang ada di pikiran. Tuliskan saja dulu, edit kemudian. Lama-lama akhirnya akan kau terabas kesulitan itu. Sebab menulis pada dasarnya adalah pekerjaan semua orang. Panjang dan pendeknya tergantung kita. Tiga alinea cukuplah. Semoga bisa menjadi obat mengatasi kesulitan dalam menulis.

4 Responses to “Mengapa Menulis itu Sulit?”

  1. Tulisan bapak ini sangat benar dan sesuai kenyataan, saya mengalami masa seperti ini, saya merasa menulis itu sangat sulit, tapi saat ini saya mulai mencoba berlatih menulis walaupun susunan kata nya belum bagus. Bapak sangat menginspirasi saya.SAlam kenal Saya Nurul Hidayah guru dari Bojonegoro pak.

  2. salam kenal kembali bunda

  3. SANGAT INFORMATIF ARTIKELNYA… Sangat membantu..

  4. Wiko says:

    Kata orang menulis itu perlu bakat. Kata saya menulis itu perlu latihan. Menulis ibarat orang belajar naik sepeda. Pada awalnya mengerikan kalau dibayangkan, sebab takut jatuh, susah, nabrak, dan lain sebagainya, tetapi begitu sudah lancar, begitu mudah dan menyenangkan. Begitu juga menulis, pada awalnya susah keluar kata-kata, tidak tahu harus memulai dari mana.Tetapi kalau sudah terbiasa akan iengan mudah dan menyenangkan

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi