Liputan Saksi 2016 di Gunung Bunder

Makan Komando

Makan Komando

Senang banget bisa belajar kepemimpinan bareng tentara nasional Indonesia angkatan darat (TNI-AD). Kami bersama mereka dari tanggal 5 sampai 7 Februari 2016. Kegiatan studi dan apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia yang disingkat SAKSI menyatukan hati kami. Selama berada di dodik latpur gunung bunder Bogor jawa barat, kami ditempa untuk menjadi calon pemimpin masa depan. Dengan tema “semarakkan masa mudamu dengan kemandirian dan kedisiplinan guna menggapai masa depan gemilang”, kami menikmati kegiatan saksi dengan kesenangan hati.

Berangkat pagi pukul 07.00 dari SMP Labschool Jakarta, dengan riang gembira. Kami naik truk tronton menuju lokasi. Dari rawamangun sampai gunung bunder ditempuh hanya 2,5 jam karena dikawal polisi. Perjalanan lancar sampai tujuan. Ada 15 truk tronton membawa semua peserta saksi 2016 dan pengurus OSIS SMP Labschool Jakarta. Jumlahnya hampir 300 orang. Kami berangkat dengan pakaian pramuka lengkap. Seneng banget bisa naik truk tronton tentara. Tahun lalu kami naik bus AC, sekarang tidak lagi. Angin cepoi-cepoi mengipasi perjalanan kami menuju gunung bunder.

Sampai di lokasi kami diminta berkumpul untuk menuju barak tentara. Jalannya naik turun dan membuat lelah tubuh kami. Keringat keluar bercucuran sangat deras, karena naik turunnya jalan. Namun karena kami semangat untuk belajar, rintangan dan tantangan di depan mata kami hadapi dengan kegembiraan. Sambil berlari dan menyanyi bersama, tak terasa sampai juga di barak tentara. Posisinya ada di paling bawah. Kalau sudah di bawah, malas ke atas lagi. Pemandangan alamnya sangat indah sekali. Apalagi bila melihatnya di pagi dan sore hari. Mereka yang sudah pernah ke gunung bunder pasti ingin ke sini lagi dalam suasana yang berbeda. Gunung bunder memang tempat yang ngangenin.

Belajar kepemimpinan di barak tentara membuat kami menjadi terlatih. Suka dan duka kami temui. Dimarahi kakak OSIS dan diajari didiplin sama pak Tentara. Tak terasa sudah 3 hari di sini mengikuti saksi 2016. Materi survival dan penanggulangan hewan berbisa kami dapatkan. Materi kepemimpinan dan kedisiplinan sudah tentu kami dapatkan juga. Kami pun menampilkan pentas seni dan parade busana daerah di nusantara. Hal yang tak terlupakan adalah kegiatan outbond dan Hicking ke curug pangeran. Di sana kami menikmati air terjun dan mandi sepuasnya. Asyik euy!

13 Responses to “Liputan Saksi 2016 di Gunung Bunder”

  1. seru deh kayaknya..klo adek2 saya di sekolah mengikuti SAKSI seprti ini..apalagi tempatnya krn banget seprti gunung bunder.

    blajar leadership akan lbih cepat dimngrti dan meresap di hati para calon pemimpin dunia ini…..

    terima kasih atas inspirasinya buat saya cara metode memberikan materi leadership..ya dengan cara seprti ini..istilahnya OUTBOND….

    TERIMA KASIH SEKALI LAGI….

  2. Rasendriya Zandra (33) says:

    SAKSI SMP LABSCHOOL 2016

    SAKSI atau Studi Apresiasi Kepempimpinan Siswa Indonesia adalah sebuah acara dari SMP Labschool untuk membentuk karakter siswa-siswi smp labschool Jakarta menjadi disiplin,berjiwa pemimpin dan berkarakter.
    SAKSI dilakukan pada tanggal 6-8 Februari 2016, pada kegiatan saksi ini siswa- siswi smp labschool akan dilatih kekuatan fisik maupun mentalnya dengan cara makan komando,outbound,dan juga olahraga-olahraga fisik lainnya.
    Sebelum SAKSI dilakukan, siswa-siswi SMP labschool Jakarta telebih dahulu mengikuti pra-SAKSI, dalam acara pra-SAKSI murid-murid dilatih oleh OSIS dan Pembina lainnya agar tidak terlalu kaget pada acara SAKSI,acara pra-SAKSI dilakukan dengan cara latihan PBB,membuat tongkat dan vandel dan latihan latihan lainnya,murid-murid juga diberi materi kepemimpinan oleh pak Arief Rachman.
    Pada hari pertama, murid-murid berangkat ke tempat SAKSI yaitu Dodiklatpur menggunakan tronton dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam.Pada saat sampai di Dodiklatpur siswa- siswi langsung melakukan latihan PBB di lapangan utama Dodiklatpur,setelah selesai siswa laki-laki melakukan sholat dzuhur yang di jamak qashar dengan shalat ashar,setelah sholat siswa-siswi melakukan makan komando selama 10 menit,lalu siswa – siswi pergi menuju aula untuk penjelasan materi hewan melata,pada saat malam siswa –siswi diberi materi kepempimpinan oleh para TNI,siswa-siswi boleh istirahat/tidur pada jam 10 malam sampai jam 4 pagi.
    Pada hari kedua,murid-murid bangun pada jam 4 pagi dan melakukan shalat subuh dan kultum,setelah itu murid-murid melakukan senam pagi dan makan komando , lalu murid-murid melakukan outbound hingga jam 12,setelah outbound murid-murid mengikuti acara pelantikan SAKSI dan diberi lencana bendera Indonesia,setelah itu semuanya mengikuti hiking ke curug pangeran dan boleh berendam.setelah lelah bermain di curug murid-murid boleh kembali ke tempat istirahat dan membersihkan diri,pada malam hari diadakan acara PENSI dengan murid –murid sebagai pengisi acara.
    Pada hari ketiga,SMP labschool mengadakan apel penutupan acara SAKSI, dan pengumuman peserta terbaik SAKSI 2016, murid-murid pulang dengan menaiki tronton pada jam 10, dengan lama perjalanan selama 4 jam karena jalanan macet,murid-murid sampai di SMP Labschool Jakarta pada jam 2 siang.

  3. hmmmm says:

    SAKSI 2016

    SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi & Kepemimpinan siswa merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Labschool Rawamangun untuk melatih kedisiplinan dan sifat kepemimpinan. Saksi tahun ini dilaksanakan di daerah Gunung Bunder, SAKSI tahun lalu dilaksanakan di Sangga Buana, karawang. Saksi tahun ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 Februari 2016.

    Pada tanggal 2-4 Februari 2016 dilakukan kegiatan prasaksi yang ditujukan untuk mempersiapkan acara saksi 2016. Hari pertama prasaksi dilakukan briefing di teater lkecil untuk memberikan gambar design vandal dan tongkat . Ketika diberikan waktu beberapa hitungan untuk mencatat design tongkat dan vandal. Kita juga diajarkan beberapa lagu untuk dinyanyikan pada saat SAKSI.

    Hari kedua prasaksi kita dijadwalkan untuk lari pagi tapi karena kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk lari (hujan) jadi para murid langsung menuju auditorium untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh Prof.DR.Hj Arif Rachman mengenai kepemimpinan. Setelah mendengarkan materi kita menuju lapangan untuk berlatih baris-berbaris/PBB(Peraturan Baris Berbaris). Setelah berlatih kita diberikan waktu untuk istirahat, beberapa menit kemudian terdengar suara pluit yang menandakan waktunya berkumpul di hall masjid. Setelah itu kami mulai membuat vandal di bawah masjid , kami mulai membuat tongkat sekitar pukul 1. Pembuatan vandal dan tongkat cukup memakan waktu karena design dari tongkat dan vandal cukup rumit. Pada hari kedua prasaksi, sebagian besar kelompok belum menyelesaikan tongkat, padahal sudah waktunya pulang.

    Hari ketiga prasaksi kita lari pagi seperti yang sudah dijadwalkan oleh OSIS. Setelah lari kita dikumpulkan dilapangan untuk minum, kita diberikan 3 hitungan untuk meminum air. Setelah minum kita menuju auditorium untuk mendengarkan materi yang disampaikan Bapak Victor dari BNN. Materi yang disampaikan adalah materi tentang jenis jensis narkoba dan bahaya, akibat dari pemakaian narkoba. SMP Labschool mengundang beberapa sekolah disekitar Labschool Rawamangun. Tidak hanya materi BApak Victor menunjukan beberapa atraksi. Seperti biasa acara ini diakhiri dengan sesi foto menngunakan spanduk. Setelah mendengarkan materi kita turun kebawah untuk latihan baris berbaris lagi tetapi hanya sebentar. Kita balik ke hallma untuk menlanjutkan pengecatan tongkat.

    Pada hari jumat tanggal 5 februari 2016 kita berangkat ke gunung bunder menggunakan tronton. Kita juga melewati hutan pinus. Kita sempat mengalami kendala yaitu salah sat utronton mogokkk. Sesampainya disana kita tutun tanjakan untuk melaksanakan apel, saat apel kita disuruh guling-gul;ing setelah itu kita jalan menuju barak salk 2 untuk merapihkan barang barang bawaan setelah itu kita makan komanda pertama. Setelah makan kita yan gperempuan melaksansak nsalat dzuhur sedangkan yang laki laki melakasanakan salat jumat. Setelah itu kita mendapatkan materi dari Sioux mengenai ular. Setelah itu kita menantikan teman teman yang parade busana daerah untuk berganti kostum dan makeup bagi yang perempuan.

  4. anon says:

    Saksi adalah studi apresiasi kepimpinan siswa. Saksi tahun ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 bulan febuari tahun 2016. Kita siswa siswa labschool pulang pergi naik tronton (jadi kaya mobil buat TNI-TNI gitu) ternyata naik tronton itu seru juga lohh ketiup ketiup angin baru sambil nyanyi nyanyi lagu saksi bikin parodi lagu dll. Pokonya seruu dehh.
    Setelah nyampe disana kita harus bawa tas dari atas ke bawah (ke lapangan) tas nya itu berat bangett dan jalan nya tuu curam banget. Setelah nyampe di lapangan kita apel dan kita pertama kali dimarahin sama tentara kita baru nyampe cape cape bawa tas langgsung disuruh tiarapp lari sana lari sini capeek siih tapi seruu. Setelah selesai dibikin capekk kita harus bawa tas ke barrack bistu disuruh ngantri setelah naruh tas kita langgsung siap siap sholat juma’t masjid nya diatas deket pintu masukk jadi sekarang kita naik/hiking

  5. M.Daffa Rahmad says:

    SAKSI SMP LABSCHOOL 2016

    Kepanjangan dari SAKSI adalah STUDI dan APRESIASI KEPEMIMPINAN SISWA INDONESIA acara ini dilakukan oleh sekolah SMP Labschool Jakarta kegiatan saksi dibuat agar murid SMP dapat melatih kedisiplinan,keberanian,tanggung jawab dan kerjasama antar sesama kelompok, pada tahun 2016 ini saksi diadakan di tempat berbeda dan tempat saksi yang tahun lalu adalah Sanggabuana dan sekarang di gunung bunder (dodiklatpur)

    Kegiatan saksi dimulai pada hari senin 3 minggu yang lalu pada hari itu kita diajarkan apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan tersebut seperti harus hati-hati saat mendaki gunung seperti tidak dorong-dorongan dan jangan lari larian karena jalan yang licin semuanya diarahkan oleh pak dedi, kemudian kakak osis mulai mengambil alih danmemimbing kita semua

    Jadi pada hari itu kita disuruh mencatat apa yang harus dibuat tapi harus cepat menulisnya disana kita mencatat pembuatan vandel atau biasa disebut identitas kelompok dan juga disuruh mencatat pembuatan mengecat tongkat dengan ukuran yang sudah di tentukan, setelah itu kita disuruh menghafal kan lagu seperti oto bemo,lagu saksi,halo halo labschool dan yang lainya

    Pada hari selasa kita di beri materi oleh pak arief ranchman sebelum memulai materi kita melakukan olahraga seperti dahulu waktu materi dimulai pada jam 7.30 pagi setelah itu kita mulai membuat vandel dan mengamplas tongkat

    Pada hari rabu kita mulai mengecat tongkat kata kak budiman jika satu tetes cat jatuh ke tanah kita harus push up 1 seri sebelum mengecat kita melakukan PBB (PASUKAN BARIS BERBARIS) yaitu belajar berbaris seperti lencang depan,istirahat di tempat dan lencang kanan dan kiri
    Pada hari kamis kita belajar seperti biasa

    Pada hari jumat kegiatan saksi dimulai kita ke sana naik tronton,waktu sampai kita langsung melakukan apel pembukaan dan saat itu kita menemui tentara pendamping yang bernama pak gatot, pak gatot langsung menyuruh kita tiarap dan berguling di tanah .Disana kita langsung melakukan makan komando/makan terpimpin disana kita harus makan dengan cepat takutnta kalau lambat tentara akan memarahi kita tanpa kecuali disana banyak yang sakit dan tidak bisa melakukan kegitan dengan baik
    Pada hari itu kita melakukan parade busana daerah

    Pada hari sabtu kita melakukan hiking ke curug kondangan dan pada hari itu kita melakukan outbond, outbond disana sangat seru disana

  6. faizaizzati7d says:

    Saksi 2016
    Nama :Faiza izzati amalina
    Kelas :7D
    “ Studi Dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia”
    Susunan Acara:

    Jum’at, 5 Februari 2016
    • Apel Keberangkatan.
    • Perjalanan menuju gunung bunder rmenggunakan tronton.
    • Sampai ke Gunung Bunder.
    • Apel Pembukaan Acara Saksi 2016.
    • Perjalanan dari lapangan ke Barak.
    • Shalat.
    • Makan komando
    • Membereskan barak untuk di taruh sleeping bag.
    • Shalat dan istirahat.
    • Berangkat ke Aula (seminar).
    • Peragaan busana daerah.
    • Kembali ke barak untuk mandi dan beristirahat.
    • Berangkat ke aula
    • Shalat di aula.
    • Seminar tentang kepimimpinan.
    • Kembali ke barak untuk tidur.
    Sabtu, 6 Februari 2016
    • Shalat Shubuh.
    • Senam pagi
    • Makan Komando.
    • Kembali ke barak (mandi dan bersiap-siap outbond).
    • Outbond.
    • Hiking ke curug.
    • Kembali ke barak (mandi dan bersiap-siap untuk pensi)
    • Berangkat ke aula (shalatdanpensi).
    • Pensi.
    • Kembali ke barak.
    Minggu, 7 Februari 2016
    • Shalat shubuh.
    • Makan Komando.
    • Mandi Dan membereskan barang.
    • Menuju Lapangan.
    • Apel penutupan acara saksi 2016.
    • Perjalanan pulang ke labschool.
    • Sampai labschool.

    Cerita SAKSI 2016

    Jum’at, 5 Februari 2016.

    Apel Keberangkatan:
    Saat jam 6.30 semua siswa labschool angkatan 24 serta kakak osis dan kakak MPKuntuk melaksanakan apel keberangkatan menuju Gunung Bunder.Apel Keberangkatan dimulai dengan pidato kepala sekolah yaitu pak ali chudori dilanjutkan dengan pembacaan doa agar selamat dijalan dan sampai tujuan.

    Perjalanan menuju Gunung Bunder:
    Setelah apel keberangkatan selesai, kemudian dibagikan pembagian tronton,kelas 7d putri mendapat tronton nomer 7. Dalam perjalanan menuju Gunung Bunder kami semua bernyanyi dan bercerita untuk mengisi waktu luang.

    Sampai di Gunung Bunder:
    Sampai di Gunung Bunder kami harus menuruni jalan membawa tas2 dan sleeping bag kami .perjalanan dari labschool ke Gunung Bunder memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 3 jam.

    Apel Pembukaan Acara SAKSI 2016:
    Saat baru sampai di tempat saksi kami semua oleh tentara di peritahkan untuk menetapkan pleton kami, dilapangan itu terdapat kelompok A dan B , setiap kelompok memiliki 4 pleton , saya mendapat pleton 4B . pembagian pleton berdasarkan baris di lapangan saat datang. Saat sudah selesai pembagian pleton ,pak Ali Chudori menyampaikan pesan sambutan dan secara resmi membuka acara SAKSI 2016. Setelah itu kami diharuskan segera pergi kebarak,sebelum itu kami semua diminta tiarap dan berguling-guling di lapangan stelah itu langsung mengambil tas ,dalam hitungan 10 semua tas sudah harus diambil dan semua sudah harus berada di luar lapangan, kami semua panik dan kaget .

    Perjalanan dari lapangan ke barak:
    Kami sangat kaget saat menuruni jalan menuju barak, karena jalannya sangat curam dan tinggi selain itu kami membawa tas2 yang banyak dan berat. Setelah sampai kami melihat 2 barak ,yaitu barak untuk putri dan putra. Barak putri dan putra saling bersebelahan. Di dalam barak putri ada tiga bagian yaitu bagian depan, bagian tengah,dan bagian belakang, bagian depan untuk kelompok satu sampai empat putri,bagian tengah untuk kakak osis ,bagian belakang untuk kelompok lima sampai delapan.

    Shalat dan istirahat.

    Berangkat ke aula:
    Saat sampai di aula kami mendapat seminar dari organisasi siouk, kakak2 pembimbing dari siouk menjelaskan kepada kami berbagai jenis ular, bias ular,cara penanganan bisa ular, cara pencegahan ular berada di rumah dll. Setelah seminar dari kakak2 siouk kami melihat peragaan busana dari kelompok masing2.

    Mandi dan istirahat.

    Berangkat ke aula:
    Saat sampai aula kami shalat maghrib dan isya dan dilanjutkan dengan seminar dari pelatih TNI tentang kepemimpinan.

    Kembali ke barak untuk tidur.

    Sabtu ,6 Februari 2016.

    Shalat shubuh.

    Senam pagi.

    Makan komando:
    Setelah senam pagi kami makan komando. Makan komando kali ini sedikit berbeda karena kita makan disuapi oleh orang yang ada di depan kita.

    Kembali ke barak:
    Kami kembali ke barak untuk mengganti pakaian menjadi baju saksi dan mengambil sarung tangan.

    Outbond:
    Outbond memiliki 7 rintangan yaitu: lempar pisau, fying fox,meniti tali,panjat tebing,dll.

    Hiking ke curug:
    Setelah kami selesai outbond kami melanjutkan acara yaitu hiking menuju ke curug. Suasana hiking sangat dingin karena baru selesai turun hujan , sesampainya di sana kami langsung bermain dan loncat ke curug airnya sangat dingin dan segar 20 menit kemudian kami diperintahkan untuk segera naik dan kembali ke barak.

    Kembali ke barak untuk shalat dan mandi.

    Berangkat ke aula:
    Setelah sampai di aula kami melaksanakan shalat maghrib dan isya. Setelah itu kami merayakan pensi saksi 2016. Ada banyak penampilan yang memukau seperti battle dance dan dangdut.

    Kembali ke barak untuk istirahat.

    Minggu, 7 Februari 2016

    Shalat shubuh dan membereskan barang-barang.

    Makan komando.

    Mandi.

    lapangan apel penutupan acara saksi 2016:

    Setelah menjalani 3 hari acara saksi di gunung bunder tibalah saat ini yaitu penutupan acara saksi 2016 yang diresmikan oleh pak Ali Chudori selaku kepala sekolah smp labschool Jakarta. Setelah itu setiap kelas berfoto dengan wali kelasnya saat acara penutupan.

    Menuju tronton:
    Tronton berada jauh dari lapangan apel penutupan sehingga memaksa kami menaiki jalan dengan tas punggung dan barang2 lain yang tidak kalah beratnya tidak cukup sampai situ kami harus mendaki jalan setapak untuk sampai di tronton.

    Perjalanan menuju labschool:
    Kami menggunakan tronton 7 menuju labschool banyak teman2 kami yang terlelap karena sudah lelah 3 hari ini .
    Sampai labschool:
    Kami mengenang kejadian2 yang terjadi selama saksi di gunung bunder banyak kejadian suka dan duka yang dihadapi setiap orang dan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

  7. DAFFA RAHMAD 7D says:

    OM JAY INI RINGKASAN KEGIATAN YANG SUDAH SAYA LENGKAPI

    SAKSI SMP LABSCHOOL 2016
    Kepanjangan dari SAKSI adalah STUDI dan APRESIASI KEPEMIMPINAN SISWA INDONESIA acara ini dilakukan oleh sekolah SMP Labschool Jakarta kegiatan saksi dibuat agar murid SMP dapat melatih kedisiplinan,keberanian,tanggung jawab dan kerjasama antar sesama kelompok, pada tahun 2016 ini saksi diadakan di tempat berbeda dan tempat saksi yang tahun lalu adalah Sanggabuana dan sekarang di gunung bunder (dodiklatpur)
    Kegiatan saksi dimulai pada hari senin 3 minggu yang lalu pada hari itu kita diajarkan apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan tersebut seperti harus hati-hati saat mendaki gunung seperti tidak dorong-dorongan dan jangan lari larian karena jalan yang licin semuanya diarahkan oleh pak dedi, kemudian kakak osis mulai mengambil alih danmemimbing kita semua
    Jadi pada hari itu kita disuruh mencatat apa yang harus dibuat tapi harus cepat menulisnya disana kita mencatat pembuatan vandel atau biasa disebut identitas kelompok dan juga disuruh mencatat pembuatan mengecat tongkat dengan ukuran yang sudah di tentukan, setelah itu kita disuruh menghafal kan lagu seperti oto bemo,lagu saksi,halo halo labschool dan yang lainya
    Pada hari selasa kita di beri materi oleh pak arief ranchman sebelum memulai materi kita melakukan olahraga seperti dahulu waktu materi dimulai pada jam 7.30 pagi setelah itu kita mulai membuat vandel dan mengamplas tongkat
    Pada hari rabu kita mulai mengecat tongkat kata kak budiman jika satu tetes cat jatuh ke tanah kita harus push up 1 seri sebelum mengecat kita melakukan PBB (PASUKAN BARIS BERBARIS) yaitu belajar berbaris seperti lencang depan,istirahat di tempat dan lencang kanan dan kiri
    Pada hari kamis kita belajar seperti biasa
    Pada hari jumat kegiatan saksi dimulai kita ke sana naik tronton,waktu sampai kita langsung melakukan apel pembukaan dan saat itu kita menemui tentara pendamping yang bernama pak gatot, pak gatot langsung menyuruh kita tiarap dan berguling di tanah .Disana kita langsung melakukan makan komando/makan terpimpin disana kita harus makan dengan cepat takutnta kalau lambat tentara akan memarahi kita tanpa kecuali disana banyak yang sakit dan tidak bisa melakukan kegitan dengan baik
    Pada hari itu kita melakukan parade busana daerah
    Makan komando/makan terpimpin adalah kegiatan yang kita lakukan setiap waktu makan tiba pada pertama kali makan komando kita melakukan makan di dalam barak karena di luar sedang hujan
    Pada hari sabtu pagi kami melakukan sholat subuh di barak di karenakan aula tempat kita sering sholat jauh dan cukup melelahkan karena bentuk jalan yang menanjak habis sholat subuh kami melakukan senam pagi yang dibimbing pak gatot senam dilakukan di jalanan depan barak tempatnya sama seperti saat makan komando setelah itu kami disuruh ganti baju loreng dan celana olahraga, kita melakukan hiking ke curug kondangan dan pada hari itu kita melakukan outbond, outbond disana sangat seru ,contohnya merangkak di satu tali,melempar bisau dan berjalan di atas tali
    Hari jumat adalah hari terakhir kegiatan saksi 2016 ,tapi kami tetap melakukan makan komando di pagi hari setelah makan komando kami disuruh membereskan barang- barang dan mandi kemudian kami disuruh pakai baju angkatan dan celana biru kemudian kami pergi ke lapangan dan melakukan apel penutupan setelah apel tiap kelas melakukan foto kelas dengan masing masing wali kelas
    Saat apel terpilih dua ketua angkatan yaitu zam zam (7c) dan aalia(7d)

  8. Tamvan men(rafi madani) 7b says:

    Saksi 2016

    Pada tanggal 5 Februari 2016,kami menjalankan saksi di Gunung Bunder.Pada hari pertama kami diharuskan sampai di labschool jam 6 pagi.Disana kami melakukan APEL pemberangkatan.Setelah itu kjami berangkat jam 7.00.Kami sampai di gunung bunder jam 10.30.Disana kami harus turun dari tronton dari ujung barat wilayah kostrad.Saat sampai lapangan utama,kami melakukan APEL.Saat APEL,kami dibagi menjadi beberapa kompi.

    Setelah Apel,kita menuju ke Barak.Di barak,kami disuruh menata barang.Setelah menata barang,kaum laki laki(muslim) berangkat menuju masjid untuk melaksanankan shalat jumat.Setelah Shalat jumat,kami diberi Penyuluhan tentang ular Berbisa.Setelah penyuluhan,kami melihat parade busana.Setelah itu kami sholat maghgrib sholat isya.setelah itu kami mendapat materi tentang kepimpinan.

    Pada hari kedua,kami melaksanakan outbond,outbondnya terbilang sangat susah. setelah outbound murid-murid mengikuti acara pelantikan SAKSI dan diberi lencana bendera Indonesia,setelah itu semuanya mengikuti hiking ke curug pangeran dan boleh berendam.setelah lelah bermain di curug murid-murid boleh kembali ke tempat istirahat dan membersihkan diri,pada malam hari diadakan acara PENSI dengan murid –murid sebagai pengisi acara.
    Pada hari ketiga,SMP labschool mengadakan apel penutupan acara SAKSI, dan pengumuman peserta terbaik SAKSI 2016, murid-murid pulang dengan menaiki tronton pada jam 10, dengan lama perjalanan selama 4 jam karena jalanan macet,murid-murid sampai di SMP Labschool Jakarta pada jam 2 siang.

  9. Naufal Yudha says:

    SAKSI 2016

    Saksi singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Pada tahun ini Saksi diadakan di Gunung Bunder yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di Karawang. Kegiatan Saksi diikuti oleh anak kelas 7 dan anak kelas 8 yang tidak mengikuti kegiatan Saksi tahun lalu.
    Kegiatan Saksi dimulai dengan pra-saksi selama 3 hari sebelum saksi. Pra-saksi bertujuan untuk mempersiapkan peserta saksi untuk kegiatan saksi. Pada hari pertama pra-saksi, peserta akan dikumpulkan di Teater Kecil untuk diberitahukan oleh kakak OSIS apa saja yang harus dibawa, peraturan/sanksi, dan sketsa vandal serta tongkat. Pada hari kedua pra-saksi, peserta Saksi akan melakukan lari pagi tetapi dikarenakan cuaca yang tidak mendukung kegiatan lari pagi dibatalkan, dan dilanjutkan oleh kegiatan ceramah tentang narkoba, serta diikuti dengan latihan PBB dan pengecatan serta pembuatan vandel. Pada hari ketiga pra-saksi dimulai dengan lari pagi, serta latihan PBB, dan melanjutkan kegiatan mengecat.
    Setelah kegiatan pra-saksi selesai, peserta akan memulai kegiatan saksi. Saksi baru dimulai pada hari Jumat, 5 Februari 2016. Pada Saksi hari pertama, peserta dikumpulkan pada jam 6 pagi untuk memulain Apel pemberangkatkan, setelah Apel peserta mengumpulkan di di Lapangan SMA untuk memasuki tronton dan memulai perjalanan ke Gunug Bunder.
    Sesampainya di Gunung Bunder peserta diturunkan di pintu masuk dan berjalan menuju lapangan. Di lapangan peserta dibagi menjadi beberapa Kompi. Setelah dibagi menjadi beberapa Kompi peserta akan berkenalan dengan pelatih TNI dan mempelajari dasar-dasar survival, setelah selesai peserta Saksi menuju barak masing-masing dan memulai persiapan salat Dzuhur/Jumat dan Ashar (Jama) serta Keputrian/Ibadah lain bagi yang non muslim.
    Selesainya kegiatan tersebut peserta akan memulai makan siang biasanya pada kegiatan Saksi peserta akan makan komando tetapi dikarenakan hujan makan komando dibatalkan dan diganti makan biasa. Setalah makan siang peserta akan berjalan ke Hall untuk mendapatkan materi tentang hewan melata dan penaggulangan ular oleh Tim Sioux. Setelah pembelajaran peserta akan memulai parade busana daerah dan setelah selesai peserta akan memulai persiapan salat Maghrib/Isya (Jama), Kultum, dan Kebaktian lainnya. Dan disusul dengan makan malam, serta materi pembelajaran Teori kepemimpinan Kedisiplinan, dilanjutkan dengan tidur.
    Pada hari berikutnya kegiatan pertama adalah Sholat Subuh, Kebaktian, dan Ibadah lainnya, serta senam pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan mandi dan keperluan pribai, Dan para peserta melakukan sarapan terpimpin, serta persiapan Outbound. Pada jam 08.00 kegiatan Outbound. Setelah beberapa jam acara Outbound selesai dan dilanjutkan dengan istirahat serta makan siang. Dan setelah ini adalah kegiatan yang paling-paling ditunggu oleh peserta saksi yaitu Hicking Curug Pangeran. Setelah selesai bermain di Curug Pangeran peserta saksi akan melakukan Sholat Maghrib dan Isya (Jama) dilanjutkan kultum/ibadah lainnya yang dilakukan oleh peserta SAKSI. Selesainya ibadah peserta akan makan malam, dilanjutkan dengan pentas seni, dan selesainya pentas seni peserta saksi akan menuju barak masing-masing dan tidur.
    Pada hari ketiga saksi peserta saksi akan melakukan persiapan pulang. Kegiatan tersebut dimulai di pagi hari dengan dilakukannya Sholat Subuh/Kebaktian, dilanjutkan dengan berkemas-kemas. Setelah selesai peserta saksi akan mandi/keperluan pribadi dan sarapan pagi. Pada jam 07.30 peserta saksi dipanggil menuju lapangan untuk kegiatan santai (Ramah tamah dengan instruktur dan foto bersama), dan selanjutnya pada jam 09.00 peserta diminta menuju tronton masing-masing dan bersiap-siap menuju Labschool. Kira-kira pada jam 17.00 peserta sampai di Labschool. Para peserta pulang ke rumah masing-masing menggunakan kendaraan pribadi.

    sekiaan.

  10. albani 7b says:

    Studi Apresiasi dan Kepempiminan Siswa Indonesia
    Pada hari pertama kegiatan SAKSI, kami semua datang ke sekolah pada pukul 6 pagi untuk mempersiapkan keberangkatan. Pada pagi hari, kami semua dibariskan di hallma untuk menerima pengarahan dari kakak OSIS dan guru. Setelah dirasa siap, kami diberangkatkan menuju tronton per kelas. Perjalanan dari SMP Labschool Jakarta menuju Gunung Bunder cukup memakan waktu yang lama karena memang lokasinya yang jauh dan macet. Selama perjalanan, kami mengobrol dan bercanda sehingga perjalanan terasa tidak terlalu melelahkan.
    Ketika sampai di gerbang dodiklatpur, kami semua melihat tempatnya yang penuh dengan pohon yang tinggi. Tetapi ternyata, dari gerbang itu kita masih harus melanjutkan perjalanan kedalam pohon-pohon itu yang lumayan jauh. Setelah tiba di lokasi, kita harus membaw tas kita untuk turun ke lapangan kegiatan. Jalanan menuju lapangan kegiatan sangat jauh dan terjal dengan turunan yang tajam. Di lapangan itu kami semua dibariskan dan melakukan upacara penyerahan kepada pihak TNI dari pihak sekolah.
    Setelah upacara selesai, kami kembali melanjutkan perjalanan melewati jalanan menurun menuju barak untuk beristirahat. Saat di barak, kami semua melaksanakan ibadah dan merapihkan barang bawaan. Setelah selesai,kami makan komando dilaksanakan di dalam barak. Namun, setelah makan komando selesai dan hujan reda, kami semua kembali menuju aula serbaguna yang berada di atas untuk melaksanakan materi tentang hewan berbisa yang melata, yaitu ular.
    Materi ini diberikan oleh Sioux, yaitu sebuah organisasi pecinta hewan melata ular ini. Materi ini sangat menarik karena kita dapat melihat langsung ular yang berbisa maupun tidak berbisa. Kami juga diajarkan cara mengobati orang yang digigit oleh ular. Serta belajar untuk mengendalikan diri saat ada ular yang mendekati kita. Beberapa dari kami juga diberikan kesempatan langsung untuk merasakan rasanya digigit ular yang tidak berbisa, jadi tidak berbahaya. Setelah diberi kesempatan digigit ular, kami diobati sehingga lukanya tidak menjadi infeksi. Materi ini sangat menyenangkan dan sama sekali tidak membosankan, jadi kami semua antusias dalam mendengarkan materi ini.
    Setelah mendengarkan materi tentang ular, kami akan melaksanakan parade busana daerah yang diikuti perwakilan dari setiap kelompok. Parade busana berlangsung meriah dan menyenangkan. Setiap perwakilan kelompok maju membawakan busana daerahnya, ada satu lagi perwakilan kelompok yang ditugaskan sebagai narrator, unutk menjelaskan baju apa yang digunakan saat parade busana ini.Besoknya kita melakukan outbond dan pelantikkan bahwa kita telah melewati kegiatan saksi 2016.Setelah pelantikkan kita melakukan perjalanan ke curug.Malamnya kita ada kegiatan pensi.Esok harinya kita melakukan pejalanan pulang kebali ke smp Labschool Jakarta dan pulang ke rumah masing-masing.

  11. YUMNA says:

    5 Januari – 7 Januari 2016 siswa siswi angkatan 24 melaksanakan Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia atau yang biasa disebut SAKSI. Saksi sudah menjadi acara yang dilakukan pada setiap angkatan di SMP Labschool Jakarta. Tempat SAKSI kali ini berada di Gunung Bunder Jawa Barat. Selama 3 hari 2 malam menginap di barak tentara dan langsung dibina oleh tentara disana.
    Pada saat pemberangkatan hari Jumat, 5 januari 2016, kami memakai seragam pramuka. Kami menggunakan tronton sebagai transformasi menuju ke sana. Kami membawa perlengkapan dengan menggunakan tas gunung. kami tidur di barak menggunakan alas berupa sleeping bag. Ada 9 kelompok putri dan 9 kelompok putra.
    Pemberangkatan menggunakan tronton dari Jakarta menuju Jawa Barat yang menghabiskan waktu kira- kira 2 jam. Dari pukul 7.00 – 09.00. sesampainya dia Gunung Bunder, kita langsung turun dari tronton dan menuju ke lapangan rumput yang sangat luas. Jalan yang kita lalui pun cukup menantang. Dengan membawa semua perlengkapan dan tas yang ada di punggung, kami berjalan kaki menuju lapangan rumput.
    Kita memulai dengan apel pembukaan. Ada guru dan kakak OSIS, MPK yang ikut serta pada kegiatan SAKSI 2016. Setelah apel pembukaan, kami disuruh menuju ke barak sesuai kelompok maisng-masing. Ada 2 barak putrid an 2 barak putra. Setelah sampai dibarak, kami merapihkan barang bawaan kami. Setelah itu, adalah waktu makan siang.\
    Di SAKSI, saat makan siang ataupun pagi atau sore dilaksanakan dengan cara MAKOM. MAKOM adalah kepanjangan dari Makan Komando. Saat kita makan, kita diberi waktu untuk menghabiskan makanan tersebut. Kita dididik untuk disiplin waktu. Tadinya makan siang di luar barak tapi, karena hujan makan siang dipindah jadi di dalam barak masing-masing.

    Setelah makan siang, kami menuju ke aula yang berbentuk seperti saung. Disana ada materi tentang hewan berbisa. Ya, ular. Kita diberitahu apa saja jenis ular berbisa dan jenis ular tidak berbisa, bagaimana cara mengobati luka gigitan ular, dan cara mengantisipasi jika melihat ular. Sehabis itu, kita ada peragaan busana daerah.
    Hari sudah sore, kita hendak melaksanakan/menyaksikan peragaan busana daerah. Beberapa teman perwakilan dari kelompok maisng-masing, putra putri berpaangan dan menampilkan/memperagakan busana yang mereka pakai dari berbagai macam daerah di nusantara. Seru sekali, mereka tampil sangat bagus dan anggun.
    Setelah acara itu, bagi yang muslim dipersilahkan untuk sholat maghrib berjamaan, bagi tyang non muslim dipersilahkan untuk ibadah bersama kakak OSIS yang sama. Setelah itu, kami akan diberikan materi lagi tentang kepemimpinan. Tetapi, materi itu disampaikan langsung oleh tentara. Sampai larut malam sekitar jam 22.00. lalu, kita kembali ke barak untuk tidur. Dan melanjutkan besok hari kedua.
    Besok pagi nya, sudah hari kedua SAKSI 2016. Pagi-pagi kita dibangunkan jam 05.00 subuh. Lalu, melaksanakan sholat subuh dan mendengarkan kultum. Setelah itu, kita ada olahraga pagi diluar barak. Di atas aspal kami melaksanakan olahraga pagi dipimpin tentara. Lalu, mulai kita disuruh untuk berguling-guling di atas aspal. Setelah olahraga pagi, kita makan pagi/sarapan. Sama seperti hari pertama, makan dilaksanakan dengan cara MAKOM.
    Dengan berhadap-hadapan dengan teman kita putra dan putri saling berhadapan. Kita MAKOM dengan cara suap-suapan. Setelah makan, kita disuruh berganti pakaian menggunakan pakaian abri SAKSI 2016 dan celana trainer olahraga sekolah. Kita hendak melaksanakan outbond.
    Sebelum outbond, kita dikumpulkan di lapangan rumput seperti apel di hari pertama. Kita disuruh merayap, merangkak, dan berguling. Setelah itu, kita mulai pemanasan dipimpin tentara. Lalu, mulailah outbond. Ada banyak outbond disana. Kita merasakan outbond itu satu persatu. Dengan kelompok masing-masing.

    Setelah outbond, kita aka nada penyematan tanda peserta SAKSI. Sebelum itu kita ada renungan terhadap orang tua, guru, dan kakak OSIS, MPK. Lalu, ada makan siang lagi. Tapi makan siang kali ini, kita disaksikan oleh orang tua yang datang menjenguk. lalu kita pergi ke Curuk Pangeran. Curug semacam air terjum didekat tempat SAKSI itu. Kita terjun kedalam air terjun dan membasahi diri kita.
    Setelah itu, kita kembali kebarak untuk bersih diri. Lalu, sholat dan mendengarkan kultum. Sehabis acara outbond itu, ada acara PENSI. PENSI adalah Pentas Seni. Setiap kelompok menampilkan suatu pertunjukan. PENSI berlangsung kira-kira dari jam 20.00-22.00. setelah itu, kita ke barak untuk tidur pada malam terakhir SAKSI 2016.
    Pagi hari, kita membereskan barang-barang kita. Karena hari ini adalah hari terakhir SAKSI 2016. Lalu, kita makan pagi lagi dengan cara MAKOM. Setelah itu, kita berganti pakaian menggunakan baju angkatan dan rok biru. Dengan menggunakan lencana SAKSI 2016. Lalu, kita menju lapangan rumput untuk apel penutupan dan pengumuman peserta terbaik SAKSI 2016.
    Sehabis apel penutupan, ada foto kelas dengan wali kelas maisng-masing. Setelah foto kelas, kita sudah diperbolehkan menuju tronton dengan membawa tas dan barang bawaan lainnya. Jika sudah di tronton semuanta, kita mulai perjalanan pulang ke sekolah. Dan SAKSI 2016 pun sudah diselesaikan oleh angkatan 24. Perjalanan kira-kira dari jam 09.00-13.30. agak lama karena macet saat keluar dari Gunung Bunder.

    YUMNA LAKSMITA HANUN – 7B (34)

  12. M RAIHAN KUSUMA says:

    SAKSI SMP LABSCHOOL 2016

    SAKSI adalah kepanjangan dari STUDI dan APRESIASI KEPEMIMPINAN SISWA INDONESIA yang diselenggarakan oleh Labschool Rawamangun pada tanggal 2-7 Februari 2016 untuk melatih para siswa-siswi labschool agar memiliki jiwa kepemimpinan siswa dan kerjasama siswa agar menjalin ikatan yang kuat karena satu angkatan harus solid. SAKSI juga melatih keberanian,kedisiplinan,dan tanggung jawab siswa.

    SAKSI dimulai pada tanggal 2 Februari dengan kegiatan PRASAKSI. Pada kegiatan PRASAKSI hari pertama kita disuruh untuk mencatat keperluan dan detail untuk membuat vandal kelompok dan tongkat saksi serta daftar kegiatan yang akan dilakukan saat prasaksi. Kita juga diajarkan berbagai lagu-lagu saksi seoerti Oto Bemo,ditempa di saksi labschool, iman ilmu amal..kita juga diberikan materi oleh pak dedi agar kita kita tahu apa saja yang harus diperhatikan saat saksi nanti. Kita juga disuruh berkumpul dengan kelomnpok SAKSI kita untuk membicarakan apa saja yang diperlukan untuk membuat tongkat saksi dan vandal kelompok.

    Pada hari kedua, hari dimulai dengan kita diajarkannya materi-materi kepemimpinan oleh Prof.DR.Hj.Arif Rachman di auditorium labschool Jakarta lalu dilanjutkan dengan latihan PBB atau Peraturan Baris Berbaris di lapangan labschool yang dipandu oloeh OSIS smp Labschool Jakarta hingga selesai. Lalu dilanjutkan dengan membuat vandal bersama kelompok di sekitar daerah hallma pertam aperrtama kita membuat sketsa vandal dengan penggaris sedangkan anggota kelompok lain menyiapkian bagian isi vandelnya seperti menggambar lambing Labschool dan karena saya sebagai ketua kelompok empat saya mendapat tanggung jawab. Saya mendapat daerah DKI JAKARTA sehingga saya harus menggambar monas dan menulis kalimat tentang DKI JAKARTA dan salah satu bagian tersulit adalah menggambar lambing saksi 2016. Setelah selesai kami membuat tongkat hingga selesai.

    Hari ketiga,dimulai dengan materi dari BNN tentang penyuluhan narkoba.lalu dilanjutkan dengan melanjutkan tongkat yang belum selesai.

    Saat SAKSInya kami berangkat pukul 7 menggunakan tronton perkelas dan tronton kls kita ada Pak Way dan Pak Asdi. Sesampainya di Gunung Bunder peserta diturunkan di pintu masuk dan berjalan menuju lapangan. Di lapangan peserta dibagi menjadi beberapa Kompi. Setelah dibagi menjadi beberapa Kompi peserta akan berkenalan dengan pelatih TNI dan mempelajari dasar-dasar survival, setelah selesai peserta Saksi menuju barak masing-masing dan memulai persiapan salat Dzuhur/Jumat dan Ashar (Jama) serta Keputrian/Ibadah lain bagi yang non muslim.
    Selesainya kegiatan tersebut peserta akan memulai makan siang biasanya pada kegiatan Saksi peserta akan makan komando tetapi dikarenakan hujan makan komando dibatalkan dan diganti makan biasa. Setalah makan siang peserta akan berjalan ke Hall untuk mendapatkan materi tentang hewan melata dan penaggulangan ular oleh Tim Sioux. Setelah pembelajaran peserta akan memulai parade busana daerah dan setelah selesai peserta akan memulai persiapan salat Maghrib/Isya (Jama), Kultum, dan Kebaktian lainnya. Dan disusul dengan makan malam, serta materi pembelajaran Teori kepemimpinan Kedisiplinan, dilanjutkan dengan tidur.
    Pada hari berikutnya kegiatan pertama adalah Sholat Subuh, Kebaktian, dan Ibadah lainnya, serta senam pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan mandi dan keperluan pribai, Dan para peserta melakukan sarapan terpimpin, serta persiapan Outbound. Pada jam 08.00 kegiatan Outbound. Setelah beberapa jam acara Outbound selesai dan dilanjutkan dengan istirahat serta makan siang. Dan setelah ini adalah kegiatan yang paling-paling ditunggu oleh peserta saksi yaitu Hicking Curug Pangeran. Setelah selesai bermain di Curug Pangeran peserta saksi akan melakukan Sholat Maghrib dan Isya (Jama) dilanjutkan kultum/ibadah lainnya yang dilakukan oleh peserta SAKSI. Selesainya ibadah peserta akan makan malam, dilanjutkan dengan pentas seni, dan selesainya pentas seni peserta saksi akan menuju barak masing-masing dan tidur.
    Pada hari ketiga saksi peserta saksi akan melakukan persiapan pulang. Kegiatan tersebut dimulai di pagi hari dengan dilakukannya Sholat Subuh/Kebaktian, dilanjutkan dengan berkemas-kemas. Setelah selesai peserta saksi akan mandi/keperluan pribadi dan sarapan pagi. Pada jam 07.30 peserta saksi dipanggil menuju lapangan untuk kegiatan santai (Ramah tamah dengan instruktur dan foto bersama), dan selanjutnya pada jam 09.00 peserta diminta menuju tronton masing-masing dan bersiap-siap menuju Labschool. Kira-kira pada jam 17.00 peserta sampai di Labschool. Para peserta pulang ke rumah masing-masing menggunakan kendaraan masing-masing.

  13. M Baguz 7B says:

    SAKSI 2016
    Oleh:M.Bagus Agung R.W.
    SAKSI merupakan singkatan Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia.SAKSI merupakan kegiatan tahunan yang diadakan SMP Labschool.Kegiatan ini diadakan dengan tujuan dapat melatih kedisiplinan dan kepemimpinan siswa.
    Pada tahun-tahun sebelumnya,SAKSI diadakan di Sanggabuana,Jawa Tengah.Namun,khusus angkatan kami ,SAKSI diadakan di Dodiklatpur,Gunung Bunder,Jawa Barat.Biasanya kegiatan ini dilakukan di awal bulan Februari.SAKSI tahun ini dilakukan pada tanggal 5-7 Februari.Namun sebelum itu diadakan PRA-SAKSI sebagai bentuk persiapan terhadap kegiatan SAKSI.
    Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat tanggal 5 Februari.Kegiatan dimulai dengan apel pembukaan,pengarahan-pengarahan dan pembagian tronton.Setelah Apel,kami dipersilahkan untuk memasuki tronton kami masing masing.Perjalanan dilakukan sekitar 3 jam-an.Setelah kami sampai,kami membawa barang barang kami dan melakukan perjalanan sekitar3 km dengan menuruni jalan yang sangat curam.Salah satu teman kami terjatuh di jalanan yang curam karena ia malah bermain kejar-kejaran dengan temannya di jalanan yang curam.Setelah beberapa lama kami menyusuri jalan yang curam kami menemukan lapangan dengan beberapa teman kami yang sudah berbaris terlebih dahulu.Kamipun mulai berbaris.Setelah itu kami dibagi menjadi beberapa peleton.Selanjutnya kami menuju ke barak.Kami diberi waktu beberapa menit.Lalu bersiap Salat Jumat.Setelah Salat kami kembali ke barak untuk makan komando.Kemudian kami berangkat ke aula untuk mendengarkan seminar,lalu menyaksikan peragaan busana.Setelah itu kami Salat berjamaah lagi .Setelah itu kami diberi waktu istirahat,dan kemudian melanjutkan slat berjamaah lagi.Setelah itu kami ada seminar lagi,dan kemudian kami tidur di barak.
    Hari Kedua
    Kami dibangunkan pada pukul 4 pagi.Jadi kami memiliki waktu bagi yang ingin melaksanakan Salat Tahajud,setelah itu Salat Subuh.Kami melakukan senam pagi dan dilanjutkan makan komando.Makan kali ini berbeda karena kita tidak boleh makan sendiri melainkan harus menyuapi pasangan yang ada di depan kita.Setelah itu kami melakukan berbagai kegiatan mulai dari out bound,Hiking ke curug pangeran dan kegiatan lainnya.Kami melakukan Makan komando di tengah teriknya matahari setelah melakukan outbound.Pada saat itu tubuh saya yang gemuk ini sudah merasa lemas ditambah panasnya terik matahari membuat badan saya menjadi sempoyongan.Saya merasa bahwa saya akan pingsan.Karena itu,saya tidak bisa mengikuti kegiatan hiking ke Curug Pangeran.Saya memilik waktu 2 jam an untuk istirahat di Pondok.Setelah itu kami diberi waktu beberapa menit untuk ganti baju dan mandi.Kemudian melaksanakan Salat berjamaah.Kemudian kami mulai berangkat ke aula untuk melaksanakan pentas seni.Kelompok saya mendapat giliran pertama untuk melaksanakan pentas seni,yaitu Battle Dance.Masing-masing kelompok pun menampilkan kebolehannya dalam acara pentas seni tersebut.Setelah acara pentas seni selesai,kami pun dipersilahkan untuk kembali ke barak masing masing.Kami diberi waktu apabila ingin makan malam terlebih dahulu,kemudian kami diharuskan untuk tidur.
    Hari Ketiga,Hari terakhir kami di Gunung Bunder
    Sama halnya seperti hari kedua,kami dibangunkan pukul 4 untuk melaksanakan Ibadah Salat atau ibadah lainnya.Setelah itu,kami diberi waktu sampai jam 7 untuk mandi,berkmas, dan istirahat.Setelah selesai berkemas kami disuruh untuk menata barang barang kami dijalan raya.Setelah beberapa menit,kami disuruh membwa barang barang kami sambil menanjaki tanjakan yang sangat curam.Kamipun sampai di tempat pertemuan awal.Kamipun melakukan makan kmando dilanjutkan dengan apel penutupan.Kemudian kami mendengarkan pengumuman mengenai peserta-peserta terbaik di Saksi.Peserta SAKSi terbaik otomatis akan menjadi Ketua Angkatan masing-masing angkatan.Setelah itu kami diperslahkan untuk membawa barang barang kami menuju tronton masing masing.Kamipun melakukan perjalanan pulang ke Labschool.Dikarenakan kami terkena macet,kami berada di tronton sekitar 4 jam.Setelah itu,kamipun kmbali ke rumah masing-masing.

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi