5 Cara Mudah Membangkitkan Gairah Menulis

Buku karya Omjay

Buku karya Omjay

Tahukah anda cara mudah membangkitkan semangat menulis? Saya sudah mendapatkannya. Setidaknya saya bisa berbagi dari apa yang saya temukan hari ini. Saya akan bagikan kepada anda secara cuma-cuma di blog ini.

Langkah-langkah yang saya lakukan ada 5 cara yaitu:

  1. Saya rajin pergi ke perpustakaan sekolah. Di perpustakaan sekolah, saya banyak membaca buku yang menginspirasi dan mencerahkan. Saya temani siswa-siswi saya membaca buku. Mereka saya minta memilih satu buah buku yang disukainya lalu menceritakan kembali apa yang dibacanya dalam bentuk tulisan. Di perpustakaan sekolah banyak sekali ide menulis. Salah satunya membuat review buku. Kita ajak murid-murid kita untuk membaca dan menulis.
  2. Saya rajin bersilahturahim. Bertemu teman-teman lama, serta teman-teman baru, dan akhirnya jadi bahan cerita untuk dituliskan. Pengalaman bertemu orang lain seringkali menjadi inspirasi kita dalam menulis. Dari bertemu orang lain itulah terkadang kita bertemu dengan pengetahuan dan pengalaman baru dari orang tersebut. Seringkali saya mendapatkan hal-hal baru yang menjadi bahan tulisan saya.
  3. Saya rajin pergi ke toko buku untuk melihat buku-buku terbitan terbaru. Dari buku-buku baru langsung mendapatkan vitamin tambahan untuk memacu dan memicu saya membuat buku baru lagi. Impian menjadi seorang penulis harus diwujudkan, dan itu akan terjadi kalau ada usaha dan kerja keras dari diri sendiri. Mimpi menjadi penulis terkenal harus diwujudkan dengan belajar dari tulisan mereka yang sudah membuat karya nyata. Di atas langit pasti ada langit. Jangan cepat puas dengan karya kita sendiri.
  4. Saya suka makan dan minum. Dari makan dan minum itulah saya seringkali mendapatkan ide untuk menulis. Makanan yang disantap bisa menjadi ide dalam menulis dan minuman yang diteguk menjadi pelengkap dahaga menulis yang seringkali datang menggebu-gebu. Minimal membuat status di facebook dengan makanan dan minuman yang hendak kita lahab. Dari makanan dan minuman itu bisa menjadi tulisan kuliner yang membuat selera pembaca menjadi lapar untuk mencobanya.
  5. Belajar dari orang lain yang pandai menulis. Dengan belajar bersama penulis terkenal terkadang membuat kita menjadi semangat dalam menulis. Dia bisa, maka seharusnya kita pun bisa. Berlatih menulis adalah tindakan nyata. Lahap membaca akan membuatmu gemuk menulis. Pastikan anda adalah pribadi yang memiliki hobi membaca.  Rabun membaca lumpuh menulis!

Itulah lima cara mudah membangkitkan semangat menulis yang sudah saya tuliskan dalam buku ‘Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi”. Semoga bermanfaat!

29 Responses to “5 Cara Mudah Membangkitkan Gairah Menulis”

  1. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Saya sendiri sangat suka membaca dan menulis, terutama menulis puisi atau lagu. Saya pun ingin suatu hari nanti menjadi penulis novel terkenal, maka dari itu saya sering membaca buku-buku karangan penulis-penulis terkenal dengan berbagai jenis genre. Saya mendapat inspirasi untuk menulis dari novel-novel dan cerpen-cerpen yang saya baca, dan personally dari momen-momen menarik di kehidupan saya. Saya bahkan membuat blog khusus (personal) untuk menulis beberapa event-event menarik yang terjadi di kehidupan saya. Artikel ini sangat membantu saya, karena artikel ini menambah inspirasi saya untuk menulis suatu karangan cerita, dan menunjukan bahwa siapapun dapat menulis suatu cerita, dan dapat menceritakan tema apapun.

  2. Gita Marcia 7g says:

    Menurut saya, betul kita harus rajin membaca untuk mencari inspirasi untuk menulis suatu karya yang baik. Tapi, kita harus mencari inspirasi yang baru dan tidak hanya mengulang apa yang telah dibuat oleh penulis lain, para pembaca ingin sesuatu yang unuk dan baru, bukan sesuatu yang telah diulang-ulang. Di cara ke empat, bapak menyinggung inspirasi dari makanan, itu adalah cara yang bagus dan kreatif untuk mencari inspirasi. Tapi mungkin jika tulisan tersebut dalam bentuk cerita, akan terjadi kesusahan. Saran ke tiga adalah suatu hal yang saya suka, dan mungkin akan susah untuk dilakukan dengan jadwal yang padat apalagi ulangan-ulangan di SMP sangat mendadak dan banyak. Yah, secara keseluruhan ini adalah artikel yang singkat dan jelas.

  3. feliza aisyah putri 7G says:

    artikel ini sangat bermanfaat karena membuat kita menjadi semangat ntuk menulis, dan jika kita rajin menulis kita bisa menajdi penulis yanhg hebat. walau kadang-kadang kita suka malas menulis karena tidak “mood” atau karena tangan egal. jika kita ingin menulis dan tidak ada halangan untuk menulis, kita bisa mengikuti 5 cara diatas (di artikel ini). Jika kita mengikuti 5 cara diatas, pasti kita bisa semangat untuk menulis. Karena banyak karya seni yang dikerjakan dengan cara menulis, seperti pantun, puisi, cerpen, novel, komik (tapi ada gambarnya juga), dan lain-lain. Menulis membuat kita menjadi kreatif karena kita bisa membuat sebuah seni / karya

  4. Azka Nadia Azahra says:

    Saya sangat setuju dengan artikel ini. Menurut saya 5 cara mudah untuk menulis buku yang ada di atas sangat membantu dan memotivasi kita untuk lebih rajin membaca dan menulis. Disitu juga dituliskan beberapa pengalaman yang dapat kita bisa ambil untuk jadi bahan cerita. Dimana saja kita bisa mengembangkan suatu suasana menjadi cerita yang sangat menarik dan dapat menjadi inspirasi orang lain. Kita juga bisa melihat dari pengalaman orang lain yang menarik dengan cara bersilaturahmi dan bertukar cerita. saya sendiri tidak terlalu suka membaca tetapi dengan cara berbagi cerita dengan orang lain saya bisa mengembangkan cerita itu agar menjadi cerita yang baik dan lebih bagus.

  5. shabrina nur amalina 7G says:

    Saya setuju dengan cara cara untuk meningkatkan semangat gairah menulis ini .
    Dari semua kegiatan yang kita lakukan dimanapun dan kapanpun dapat menjadikan inspirasi untuk menulis dan mengarang buku atau pun cerita. Kita dapat menulis cerita dengan pengalaman pengalaman yang kita lakukan atau mungkin bisa juga dengan kebiasaan kebiasaan kita dalam kehidupan . Menurut saya, gairah menulis harus sangat ditingkatkan karena dengan menulis kita dapat mendapatkan banyak keuntungan seperti , kita bisa menjadi penulis professional bisa menjadi penulis novel , fabel , cerpen dan lain sebagainya
    Sekarang anak anak malas sekali untuk menulis karena hanya tergantung dengan gadget yang mereka miliki. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat anak anak semangat untuk menulis lagi

  6. alifah eria 7g says:

    asalamualaikum saya alifah dari kelas 7G.menurut saya artikel om jay ini sangatlah menarik selain memotifasi guru agar menjadi lebih baik artikel ini juga memberikan solusi kepada guru supaya siswa dan siswi nya dapat bangkit dari malas membaca dan menulis. dan menurut saya semua buku yang ditulis oleh om jay sangatlah menarik ,kedua buku yang di tunjukan di artikel ini merupakan buku yang bermanfaat bagi guru maupun siswa- siswi nya .membagun karakter itulah yang membuat saya tertarik dengan artike dan buku yang dibuat oleh om jay, selain itu yang membuat saja setuju juga karena menurut saya indonesia sangat membutuhkan generasi penulis yang membanggakan karena saya yakin hanya 3/7 bankan kurang dari itu orang yang gemar menulis sekian komentar dari saya bila ada kata yang kurang berkenan saya memohon maaf sebanyak- banyak nya asalamualaikum.Wr.Wb

  7. Vipassati Varra (7G) says:

    Bagi saya artikel ini sangatlah bermanfaat. Saya sendiri termasuk orang yang suka kesusahan mencari inspirasi untuk menulis/menggambar. Artikel ini membangkitkat semangat saya untuk kembali menulis dan mencari inspirasi di sekitar saya. Saya juga baru sadarkan diri bahwa inspirasi merupakan sesuatu yang benar-benar ada dimana-mana kita berada. Mulai dari makanan yang kita makan sampai ke pengalaman orang lain pun bias menjadi sebuah inspirasi, dan jika ide itu dikembangkan, bisa menjadi sebuah bahan baku cerita yang penuh dengan hal yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Saya tidak ingin hanya membangkit semangat menulis saya sendiri, tetapi juga ingin mengajak teman-teman saya untuk menulis dan memikirkan ide-ide yang fantastis.

  8. artikel ini sangat bagus,menginspirasi pemabaca dan juga ide ide yang kreatif melalui banyak cara dan juga tidak membosankan karena menulis adalah kegiatan yang berguna melalui menulis kita bisa lebih cepat hafal daripada membaca(menurut saya) selain itu menulis juga bisa membuat kita menjadi kreatif. karena banyak karya seni yang berdasarkan tulisan contohnya pantun,puisi,cerpen,dll.menulis adalah hal yang tidak susah hanya perlu inspirasiselain itu menulis sangat berguna bagi hidup contohnya tugas sekolah,pekerjaan,karya,surat,dll karena itu marilah kita sering sering menulis di waktu senggang agar lebih pintar cerdas dan juga kreatif selain itu kita juga bisa menjadi lebih berbakat di menulis contohnya menjadi penulis kreatif

  9. Menurut saya artikel ” 5 Cara Mudah Membangkitkan Gairah Menulis “ ini sangat bagus , karena artikel “ 5 Cara Mudah Membangkitkan Gairah Menulis “ membuat semangat menulis saya bangkit kembali. Artikel ini memberikan atau memberitahu beberapa cara agar menulis lebih mudah seperti, dengan cara sering pergi ke perpustakaan, rajin bersilaturahmi, pergi ke toko buku, dengan cara menulis sambil makan dan minum, dan belajar dari orang yang pandai menulis. Pergi ke perpustakaan untuk mencari inspirasi lebih. Rajin bersilaturahmi bertemu dengan teman teman menjadi bahan cerita. Pergi ke toko buku membuat kita ingin menjadi seorang penulis. Makan dan minum membuat kita mendapatkan ide menulis. Belajar dengan orang lain membuat kita semangat menulis. Artikel ini membuat saya menjadi mengerti bagaimana cara menulis yang baik.

  10. Vitto Ananto Dwiputra 7G says:

    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan benar benar membuat kita dapat membangkitkan gairah menulis. Cara membuat kita dapat menambah gairah menulis sebagai berikut, yang pertama adalah rajin ke perpustkaan,disana kita dapat menemukan buku buku yang dapat membuat kita semangat dalam membaca dan buku yang mencerahkan pandangan kita terhadap sesuatu. Kedua kita menjadi mendapatkan teman baru dan dapat membuat kita melakukan silaturahmi terhadap sesama pembaca buku dan terhadap teman lama sesama pembaca buku. Ketiga adalah rajin mengunjungi toko buku karena kita dapat mendapatkan buku terbitan terbaru dan ini dapat menjadi pemicu kita untuk semangat membaca. Nah keempat, kita dapat makan dan minum,karena makanan dan minuan dapat membuat bahan penulisan dari kita. Terakhir adalah belajar kepada orang yang pandai menulis,karena kita dapat menambah ilmu untuk menulis dengan sangat handal dan dapat mencoba memikirkan tulisan sendiri dengan baik dan benar.
    Pokonya ini bagus deh ,benar benar bias membuat kita membangkitkan gairah menulis
    Artikelnya K|E|R|E|N.

  11. Nathania Elirica Aliyah 7G says:

    Assalamualaikum Om Jay,

    Menurut saya, artikel ini sangatlah menarik dan bermanfaat. Orang-orang harus membaca artikel ini karena sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menulis. Selain itu, orang-orang juga dapat mengikuti langkah-langkah ini karena langkah-langkah ini cukup mudah untuk dilakukan setiap hari. Artikel ini juga memotivasi orang lain agar mereka semangat untuk menulis buku, cerpen, dan lain-lain. Siswa-siswi yang tidak suka menulis harus membaca artikel ini. Bisa saja mereka menyukai menulis karena langkah-langkah yang cukup mudah dan menurut mereka tidak repot dilakukan. Semua orang yang membaca artikel ini, semangat menulisnya akan meningkat, mulai mencoba menulis, dan akhirnya akan melahirkan karya-karya yang membanggakan.

  12. Kirana Dewi Hanafy 7g says:

    Saya setuju dengan om Jay karena inspirasi ada dimana mana. Menulis mungkin susah kalau kita tidak berimijinasi yang pernah kita lakuin atau yang belom. Agar kita bisa membikin buku yang bagus, kita harus mengalami dulu supaya perasaannya dan deskripsinya lebih menonjol.

    1. Dengan banyak membaca buku kita memang bisa melatih bahasa dan struktur cerita dengan baik agar tidak berantakan.
    2. Teman baru pasti ada banyak inspirasi karena mereka mempunyai kelebihan atau kekurangan yang berbeda dengan kita dan ceritanya akan menarik.
    3. Sama dengan poin nomor satu, kita bisa belajar struktur dan bahasa dengan baik.
    4. Pasti orang mempunyai ide dari makan dan minum karena kita bisa mebedakan makanan atau minuman yang kita coba dan bisa membikin cerita deskriptif.
    5. Belajar dengan orang pandai menulis bikin kita juga pandai karena materi yang di kasih orang itu akan ngalir ke kita.

  13. Shafira Keila 7G says:

    Saya setuju dengan langkah-langkah tersebut. Menurut saya, kelima langkah tersebut akan sangat membantu membangkitkan gairah menulis kita. Di perpustakaan sekolah, banyak buku bagus yang dapat menginspirasi kita. Dari buku-buku tersebut kita juga dapat belajar. Bersilahturahim, sejujurnya saya kurang mengerti apakah silahturahim cocok untuk membangkitkan gairah menulis. Tetapi, sekarang menurut saya bersilahturahim cocok karena dari bersilahturahim kita dapat belajar dari orang lain. Rajin pergi ke toko buku tentu sangat bermanfaat, dari sana kita dapat mendapatkan inspirasi untuk membuat buku baru. Makan dan minum, sangat bermanfaat dan dari makan dan minum kita dapat mendapatkan ide. Yang terakhir, belajar menulis dari yang profesional, wah… itu tentu sudah pasti. Karena yang pro tentu lebih berwawasan dan dapat membantu kita. Sekian komentar dari saya^^

  14. shafira rahmania says:

    Betul sekali om. Saya setuju dengan langkah – langkah yang om berikan. Karena akan menginspirasi orang banyak apalagi dizaman sekarang banyak yang malas membaca dan menulis padahal kalau kita baca sangat banyak cerita-cerita yang menarik dan tidak membosankan. Seperti di perpustakaan sekolah saja sudah banyak cerita menarik dari anak bangsa belum lagi dari karya-karya penulis terkenal dan buku pelajaran yang dirancang menjadi komik dan masih banyak lagi. Walaupun ceritanya bukan tentang pendidikan, tapi saya yakin pasti setiap cerita mempunyai pesan moral yang berarti dan penting dan menambah wawasan kita tentang kehidupan dan bisa dijadikan bahan untuk menulis cerita. Lalu, kita juga bisa menulis cerita bedasarkan pengalaman . tetapi yang paling penting itu silaturahmi karena dengan silaturahmi, kita bisa berbagi cerita dengan teman kita dan bisa dijadikan referensi untuk cerita yang akan kita tulis nantinya. Makan dan minum juga merupakan cara unik karena pada saat kita makan dan minum kita dapat berpikir dengan santai sehingga kita dapat inspirasi yang banyak un tuk menulis. Tapi yang terpenting lagi, jangan lupa belajar dari orang lain yang lebih professional sehingga kita dapat menjadi penulis yang handal .

  15. Rava Maulana 7G says:

    Assalamualikum Wr Wb
    Menurut saya cara – cara yang ada didalam artikel 5 Cara Mudah Membangkitkan Gairah Menulis sangat membantu dan sangat mudah untuk membangkitkan semangat menulis. Menurut saya langkah keempat adalah langkah yang paling mudah karena hanya dengan membuat status di Facebook atau di media social lainnya kita dapat mengubah makanan dan minuman menjadi suatu tulisan kuliner yang akan dibaca orang lain. Langkah ketiga juga sangat mudah karena dengan membaca buku yang dibuat oleh penulis terkenal kita dapat mengambil inspirasi dari penulis itu, karena kita juga bisa menjadi penulis terkenal asalkan ada usaha, kerja keras, dan tidak menyerah.
    Wassalamualikum Wr Wb

  16. Reihana Lathifunnisa 7G says:

    Assalamualaikum Om Jay,
    Menurut saya, artikel yang om buat sangat bagus. Cara-cara itu sangat bermanfaat karena semua siswa siswi Indonesia memang perlu memiliki semangat untuk menulis. Cara-carnya juga sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Artikel ini juga bias membangkitkan semangat para pembaca terutama anak-anak untuk mulai menulis karena dengan menulis, kita bisa menambah pengetahuan, juga bisa menghindari perbuataan yang tidak diinginkan dengan mencari kesibukan, dan mungkin juga bisa menghasilkan. Dengan cara-cara yang mudah, para pembaca juga bias lebih semangat dan bias menciptakan karya-karya yang bagus dan bisa menjadi buku yang menghasilkan. Jadi, menurut saya artikel ini sangat berguna bagi para siswa-siswa Indonesia.

  17. Rangga Aribawa 7G says:

    iAssalamualaikum wr.wb

    Menurut saya artikel yang berjudul “5 cara mudah membangkitkan gairah menulis”sangat lah membantu karana bisa membangkitkan gairah menulis jadi akan menjadi gampang bila ada yang ingin menulis buku sendi atau juga yang ingin mereview buku.dan bagi saya iitu juga membantu karena dijelasin tahap-tahap untuk membangkitkan gairah dan semangat untuk menulis kembali.untuk meningkatkangairah membaca kita bisa melihat di artikel ini dan jika ingin mereview buku yang diinginkan kita juga bisa melihat di artikel ini.1.kita harus rajin ke perpustakan sekolah 2.kita harus rajin bersilaturohmi agar bisa mendapatkan inspirasi jika ingin membuat buku sndiri 3.kita harus rajin ke took buku 4.kita harus sering makan dan minum supaya bisa mencari inspirasi5. Kita harus belajar dari yang sudah jago menulis agar kita bisa lebih bagus kedepanya.

  18. Talulla 7G says:

    Saya setuju dengan artikel ini. Banyak orang yang mengira menulis itu gampang tetapi sebenarnya itu sangat susah. Pilihan kata, plot yang menarik, dan karakter-karakter yang unik. Itu adalah ciri-ciri cerita yang bagus. Tanpa itu, cerita akan menjadi tidak menarik dan tidak bagus. Untuk mencapai itu, haruslah mengetahui cara menulis yang baik. Artikel ini menurut saya berguna untuk penulis-penulis amatur yang menginginkan ceritanya menjadi bestseller. Tetapi, saya kurang setuju dengan orang yang senang membaca bisa menulis yang baik karena beberapa teman saya sangat senang membaca tidak bisa menulis cerita yang baik. Menurut saya, bagian itu tidak bisa menyeluruh dan harus dibenarkan agar orang-orang bisa mengerti.

  19. shafiyah auryn kirana 7G says:

    Ya,saya sangat setuju dengan artikel bapak. Zaman sekarang banyak orang yang malas membaca dan menulis padahal membaca dan menulis itu banyak manfaatnya seperti untuk menambah pengetahuan, mnambah wawasan kita, dan bias juga menginspirasi dan memotivasi kita agar jadi lebih baik, Apalagi sekarang zaman sudah semakin canggih, dan teknologi sekarang sudah semakin berkembang. Orang-orang pasti sudah banyak yang malas menulis dan membaca, dengan langkah-langkah ini mungkin pembaca bias termotivasi untuk lebih sering membaca dan menulis, dan mungkin mereka akan melakukan cara-cara bapak untuk membangkitkan gairah menulis. Seperti yang bapak tulis di artikel ini, buku-buku orang lain juga bias menginspirasi kita dan memotivasi kita, dan mungkin dengan makan dan minum juga bias membuat kita ingin menuliskan tentang makanan dan minuman yang kita minum, bersilatuhrahim juga sangan penting, karena dengan bersilahtuhrahim kita bias mendapatkan wawasan untuk kita tulis. Banyak hal yang kita bisa dapatkan dari membaca dan lalu mereka menuliskannya ke buku, buku harian, dll. Semoga artikel bapak bisa memotivasi dan mengispirasa orang-orang terutama pembaca.

  20. Nisrina Hanun M says:

    Assalamualaikum Om Jay,

    Menurut saya artikel ini sangatlah berguna bagi pembacanya, karena bagi saya artikel yg berjudul “5 cara mudah untuk membangkitkan gairah menulis” ini dapat memberikan solusi kepada orang orang agar lebih bersemangat dalam menulis. Semangat menulis dapat muncul jika kita memiliki keinginan sendiri, tapi jika dengan membaca artikel ini kita kita menjadi termotivasi agar lebih bersemangat. Di artikel ini juga solusinya sangat mudah karena saran-sarannya dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari. Jadi seorang penulis itu tidak harus orang dewasa, karena Siswa siswi Indonesia jika mempunyai semangat dalam menulis, maka mereka juga bias menjadi penulis. Berikut pendapat saya tentang artikel ini.

  21. Raditya Sutan Syahban 7G says:

    Assalamualaikum wr. wb Om Jay,

    Menurut saya artikel di website ini yang berjudul ’’5 cara mudah untuk membangkitkan gairah menulis” sangatlah baik karena dapat membantu siswa-siswa dan orang-orang yang tidak suka membaca jadi suka membaca. Serta, penjelasan tahap-tahap di artikel ini sangatlah baik dan dapat meningkatkan gairah dan semangat untuk membaca. Untuk dapat meningkatkan gairah membaca kita dapat melakukannya sesuai artikel ini. Pertama, kita harus rajin ke perpustakaan dan memilih buku kesukaan kalian untuk membaca. Kedua harus menjalin tali silahturami dengan teman lama maupun baru untuk dapat menuliskan berbagai pengalaman.Ketiga rajin-rajinlah ke toko buku untuk menigkatakan semangat untuk menulis dan memperbaiki kata perkata dari hasil karya novelmu. Keempat berwisata kuliner untuk mendapatkan inspirasi untuk menulis tulisan kuliner sehingga membuat pembaca menarik dan lapar untuk membacanya. Kelima, belajar dari orang yang pandai menulis agar kita lebih baik kedepannya.

  22. Nashwa Tazkia says:

    Assalamualaikum Om Jay.
    Saya sangat setuju dengan dengan artikel ini. Semua siswa siswi Indonesia sebaiknya mempraktekan hal ini karena ini sangat bermanfaat. Semua langkah langkah nya cukup mudah dan bisa dilakukan setiap hari. Siswa siswi Indonesia juga mendapat motivasi dari menulis dan membaca, tapi siswa-siswi Indonesia harus mendapat motivasi dan semangat tambahan dari orang tua dan orang orang sekitarnya. Sekarang, orang tua siswa siswi Indonesa sebaiknya membeli buku buku yang disukai oleh anaknya, dari pada buku yang tidak disukai oleh anaknya. Menurut saya buku Om Jay sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk semua orang, dari anak anak berumur 7 tahun sampai orang tua.

  23. Valerie 7G says:

    Assalamualaikum
    Saya setuju dengan bapak, saya sebelumnya juga suka melakukan hal hal seperti ini juga. Buku itu sangat penting bagi kehidupan untuk membuka pikiran dan melepaskan imajinasi. Tanpa itu kita tidak bisa menambah ilmu. Memang penting untuk menyemangatkan kita agar dapat menulis buku yang menambah ilmu dan yang kita sukai. Menulis, meskipun banyak orang tidak suka menulis tapi itu memang menambah pengalaman kita untuk menjelajah, mencari bahan menulis yang menarik. Kita juga harus belajar dengan orang yang lebih ‘pro’ untuk balajar cara menulis yang baik dan benar. Mendengar cerita dari orang lain menambah pengetahuan tentang orang tersebut dan dapat manjadi bahan menarik untuk menulis

  24. fazza 7g says:

    Assalamualikum omjay saya fazza dari kelas 7g .
    saya setuju dengan artikel ini. Menurut saya artikel 5 cara mudah membangkitkan gairah menulis perlu dibaca semua orang karena bermanfaat untuk menulis buku atau novel dan membangkitkan semangat menulis buku. Juga sangat berguna untuki tugas. Artikel ini megajarkan saya beberapa cara menulis seperti,sering pergi ke perpustakaan , rajin bersilaturahmi bertemu dengan teman teman , pergi ke took buku ,memikirkan ide sambil makan dan minum , belajar dengan orang lain . Itu semua mengajarkan cara meningkatkan gairah menulis kita . artikel ini juga harus di share ke blog lain

  25. Muhammad fahreza azka arafat 7g says:

    Menurut saya artikel ini sangat baik untuk menuntun generasi bangsa ke masa depan yang cerah dengan menulis . karya anak bangsa bisa dikenal dengan menulis di seluruh dunia . masalah indonesia adalah para generasi tua tidak menghargai karya anak bangsa sehingga anak indonesia jarang tampil di muka dunia . dengan artikel ini kita bisa memercikan api berkarya anak bangsa.

  26. Iskandar 7G says:

    Assalamualaikum om jay
    Artikel ini sangat bagus untuk menginspirasi orang yang ingin menjadi penulis pandai dan terkenal dengan cara :
    Rajin ke perpustakaan sekolah untuk membaca dan mencari inspirasi dari buku yang kita baca , rajin bersilahturahim sama temen lama / reunian karena bisa dijadikan cerita , rajin ke toko buku untuk melihat lihat buku terbitan terbaru yang bagus untuk dijadikan inspirasi atau ide menulis , juga yang memberi inspirasi bagus untuk menulis adalah makanan karena makanan kita bisa menulis status facebook , dan menurut saya yang paling ampuh untuk menjadi penulis terkenal dan pandai adalah belajar dari penulis pandai karena kita juga bisa menjadi penulis pandai.

  27. shafyra 7G says:

    Saya sangat setuju dengan artikel bapak,artikel ini dapat memotivasi kita untuk membaca dan menulis sesuatu hal yang baru.Artikel ini juga dapat menjadi inspirasi kita untuk menulis suatu hal yang baru,bukan hanya itu saya juga suka bagaimana cara bapak membangkitkan semangat untuk menulis.apalagi untuk zaman yang semakin modern ini ,cara-cara bapak sangat cocok untuk menambah semangat membaca dan menulis anak-anak zaman sekarang.Menurut saya,cara-cara bapak juga tergolong unik karena dari apa saja yang bapak lihat dan temui bias saja menjadi inspirasi tersendiri bagi bapak.saya juga terinspirasi untuk tidak bermalasan untuk menulis dan membaca,mungkin bukan hanya saya yang terinspirasi untuk membaca teyapi orang lain yang membaca artikel bapak ,juga dapat terinspirasi untuk memiliki gairah untuk membaca dan menulis

  28. Amanda 7G says:

    Menurut saya, artikel ini sangatlah membantu untuk para penulis. Dengan tips and tricks yang sangat membantu, para penulis yang tidak memiliki semangat dalam menulis dapat kembali menulis lagi setelah membaca artikel ini. Mereka juga dapat mencari inspirasi untuk menulis cerita setelah melakukan beberapa cara yang sudah dituliskan disini. Selain para penulis itu, saya juga menjadi terinspirasi untuk membuat sebuah cerita. Terkadang saya tidak dapat mendapatkan ide semudah itu. Saya mengerti seberapa tidak mudahnya untuk mendapatkan ide, maka artikel ini bermanfaat untuk saya. Saya akan pastikan untuk mencoba salah satu cara yang tercantum disini. Sekian dari saya, kalau ada yang salah, mohon dimaafkan.

  29. Faizi M. Belva 7G says:

    Keren banget artikelnya om, karena dapat membantu saya mencari inspirasi cerita karangan atau artikel dalam pelajaran bahasa indonesia. Contohnya ketika saya membuat artikel untuk majalah gema. Kalau mendengar kata “menulis”, mungkin ada yang kepikiran “capek, tangan pegal, mendingan ‘copas’ saja”. Menurut saya sih, kalau sering menulis, lama-lama juga tidak gampang pegal, dan kalau hanya ‘copas’ sih, itu namanya tidak kreatif alias terbatas imajinasinya. Supaya tidak terbatas imajinasinya, kita gunakan cara omjay untuk mencari inspirasi. Kalau boleh ditambahkan, terkadang kalau tidak ada kerjaan, kita bisa iseng-iseng mencari sesuatu di internet. Yang pasti, positif dan bermanfaat. Teman-teman yang lain juga harus semangat menulis yaa.

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi