Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang

Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang
INGKI RINALDI
Kompas Siang | 10 November 2015 16:01 WIB

11998896_10206536212218787_9169865998409021174_n
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dihilangkan sejak Kurikulum 2013 diterapkan. Sejak saat itu, sekolah yang mengacu pada Kurikulum 2013 mengalihkan guru TIK/KKPI sebagai guru prakarya ataupun guru layanan TIK selayaknya guru Bimbingan Konseling.

12235075_10206536213618822_1815974167435184909_n

KOMPAS/INGKI RINALDI
Salah satu aktivitas dalam kegiatan Train the Trainer bagi orang dewasa yang belum mengerti computer coding di Clevio Coder Camp, Jalan Lamandau, Jakarta, Sabtu (7/11). Kegiatan tersebut sebagai bagian dari program Hour of Code yang akan dilangsungkan secara serentak di seluruh dunia pada Desember.

Ada pula sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dengan konsekuensi pengakuan atas keberadaan guru TIK/KKPI. Akan tetapi, penghilangan mata pelajaran TIK dan KKPI sebagai acuan sekolah-sekolah sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut jelas merupakan langkah mundur di tengah keniscayaan peradaban masyarakat informasi yang makin berderap di masa ini.

Bertepatan dengan fakta tersebut, pada akhir tahun ini bakal dilangsungkan sebuah gerakan kolaboratif dengan tajuk “Hour of Code Indonesia”. Ini merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.

Hour of Code Indonesia mulai ditetapkan sejak 14 Oktober 2015. Sebuah lembaga nonprofit code.org yang berasal dari Amerika Serikat dan telah memulai gerakan Hour of Code pada Desember 2013 menunjuk pendiri Clevio Coder Camp, Aranggi Soemardjan, sebagai Country Leader Hour of Code Indonesia.

Fokus gerakan ini tidak untuk menghasilkan jago-jago computer coding, tetapi lebih pada pemahaman mengenai logika atau computational thinking dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding. Gerakan Hour of Code adalah satu jam perkenalan mengenai ilmu komputer yang didesain untuk melawan mitos tentang kode dan menunjukkan kepada siapa pun bisa belajar dasar-dasarnya.

Sejak saat Oktober lalu itulah, sejumlah sukarelawan yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti guru, kaum profesional, orangtua, pekerja di berbagai perusahaan, yayasan, dan sejumlah institusi bisnis, telah menyatakan komitmen mereka. Komitmen untuk menyelenggarakan Hour of Code pada 12-20 Desember 2015, dengan puncaknya pada 20 Desember, dan target utama di sejumlah sekolah.

Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia. Akan tetapi, ambisi hanyalah sebagian motivasi penggerak gerakan tersebut karena menurut Aranggi yang terpenting adalah mengejar ketertinggalan atau bahkan membalik arah perhatian agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global di abad ke-21.

Our first new ‪#‎HourOfCode‬ tutorial is here, featuring Star Wars: The Force Awakens! https://t.co/IwahwduQ1t pic.twitter.com/zNGQR1GktI

  • Code.org (@codeorg) November 9, 2015
    https://t.co/b2LDnT3YrG hour of code Indonesia 12-20 Des 2015 baca2https://t.co/RfWgS5Kvpt
  • Onno W. Purbo (@onnowpurbo) November 8, 2015
    Over 100M students have tried #HourofCode! Here’s how yours can join the movement: https://t.co/Fr5QOXdrzI pic.twitter.com/xcz7wdNui8
  • DonorsChoose (@DonorsChoose) November 5, 2015
    Last year, @POTUS learned to code. What do you want to see for this year’s #HourOfCode? https://t.co/hoGoSs92zd
  • Code.org (@codeorg) November 5, 2015Konteks membalik kesadaran peradaban inilah yang menjadi penting bagi kondisi Indonesia saat ini tatkala Kurikulim 2013 yang menghela aktivitas pendidikan cenderung menjauhi teknologi informasi sebagai penghela utamanya.

Dalam kerangka tujuan itulah, pada Sabtu (7/11) diselenggarakan Train the Trainer (TTT) bagi sejumlah orang dewasa guna menjadi sukarelawan pelatih Hour of Code bagi anak-anak pada Desember kelak. TTT yang dilangsungkan di salah satu lokasi Clevio Coder Camp di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, pada Sabtu pagi hingga siang itu dihadiri sejumlah guru dan orangtua yang sebagian di antaranya juga belum mengerti tentang computer coding.

Hal itu bukan menjadi masalah. Sebab, dalam pelaksanaan kegiatan Hour of Code, materi bahkan bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputer. Materi bisa disampaikan secara analog-manual, misalnya dengan cangkir-cangkir yang disusun dan kode-kode tertentu yang ditulis untuk menghasilkan pola gerakan dalam membentuk susunan cangkir-cangkir tadi.

Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan sejumlah bahasa kode tertentu untuk melakukan sejumlah gerakan dengan perintah akhir mengambil sebuah obyek tertentu. Melatih logika berpikir orang-orang dengan algoritma dan komputasi tertentu dengan cara yang menyenangkan.

Di antara orang-orang dewasa yang Sabtu itu mengikuti pelatihan tersebut adalah Muhammad Imamuddin, Arif Heriyanto, Achmad Fathullah, Wiwit Wiharto, Lanie Ananto, Anna Meilanny, Muhamad Yunus, dan Tegar SB.

 

Celotehan, tak jarang perang urat saraf, dilontarkan di antara sesama mereka. Lewat pelantar yang disediakan laman code.org, mereka mencoba menggerakkan subyek tertentu dalam antarmuka gim Angry Birds lewat kode-kode tertentu sesuai dengan logika komputer.

KOMPAS/INGKI RINALDI
Salah satu aktivitas dalam kegiatan Train the Trainer bagi orang dewasa yang belum mengerti computer coding di Clevio Coder Camp, Jalan Lamandau, Jakarta, Sabtu (7/11).

Keriuhan makin menjadi tatkala materi coding dilakukan secara luring atau offline. Saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain sebagai penulis coding berisikan perintah-perintah agar “robot” itu bergerak sesuai yang diinginkan.

 

Relatif sederhananya metode yang dipergunakan untuk membuka mata publik dalam gerakan bertarget 200 juta peserta di seluruh dunia itu, atau lebih besar dibandingkan 100 juta peserta di tahun sebelumnya, karena beragamnya tingkat pemahaman masyarakat yang dihadapi.

Pemahaman mengenai industri dengan basis pengetahuan seperti inilah yang menjadi penggerak di era ekonomi digital dengan titik berat pada tiga hal, yakni industri komputer, komunikasi, dan konten. Irisan ketiganya akan menghasilkan produk media interaktif yang akan menjadi motor peradaban di era masyarakat informasi.

Aranggi menyebutkan, tingkat pemahaman itu ilustrasinya seperti pengertian tentang istilah programming dan coding yang relatif masih asing bahkan bagi sebagian orang dewasa dengan latar belakang pendidikan teknologi informasi. Karena itulah, apalagi dengan penetrasi gawai berkemampuan komputasi seperti laptop beberapa tahun lalu, saat ini menjadi penting untuk semakin menyebarkan “virus” mengenai coding.

Hingga tulisan ini disusun, ratusan lembaga dan pihak-pihak terkait telah menyatakan sejumlah kegiatan. Semua kegiatan Hour of Code-Indonesia bisa dicek di laman hourofcode.com.

Di laman hourofcode.com/id disebutkan: Hour of Code adalah gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Setiap orang, di mana saja, dapat mengadakan acara Hour of Code. Tersedia tutorial-tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa. Tak perlu pengalaman. Usia 4 tahun sampai 104 tahun.

Inilah gerakan inklusif yang didesain bukan hanya untuk anak-anak, melainkan ditujukan pula bagi setiap anak-anak yang pernah ada dan terus ada di dalam setiap orang dewasa.

134 Responses to “Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang”

  1. Vryzha Dutchka 7A says:

    saya sangat mendukung profram “HOUR OF CODE” yaitu gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Setiap orang, di mana saja, dapat mengadakan acara Hour of Code. Tersedia tutorial-tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa. Tak perlu pengalaman. Usia 4 tahun sampai 104 tahun.Karena ini adalah gerakan inklusif yang didesain bukan untuk anak-anak saja , tetapi terus ada didalam tiap orang dewasa.

    1. Willandra 7D (36) says:

      saya setuju sengan artikel ini. saya sangat mendukung program hour of code menurut saya adalah gerakan yang sangat bermanfaat. kita semua bisa belajar dimana saja, kapan saja, dan juga membawa pengalaman yang tak terlupakan. program ini membuat banyak orang mengetahui lebih dalam tentang tik. ilmu tik sangatlah penting di zaman modern ini.

  2. Abraham Al Qurano 7A says:

    wow!
    materi yg omjay sampaikan sangat bermanfaat.
    materi yg berjudul Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang karena menjelaskan tentang HOUR OF CODE.
    Bapak juga menjelaskan tentang coding,programing dan lain2
    btw waktu 1 jam lama juga ya pak bagi bapak
    saya mau nanya siapa aja yg ikut belajar

  3. junendyan.haryo says:

    Ya bagus tuh hour to code karena mungkin akan menghasilkan panyak pengkode dan bisa membuat orang di indonesia dan di dunia agar mengikuti perkembangan jaman,dan begitu pula dengan TTT agar orang bisa berlogika dengan algoritma dan komputasi.
    dengan semua ini akan menghasilkan progaming dan coding yang masih asing di telinga banyak orang khususnya di indonesia karena banyak orang mengira itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan apalagi targetnya 200 juta orang termasuk anak-anak

  4. Abraham Al Qurano 7A says:

    saya sangat mendukung program “HOUR OF CODE” yaitu gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. karena hal ini baik dilakukan
    Pemahaman mengenai industri dengan basis pengetahuan seperti inilah yang menjadi penggerak di era ekonomi digital dengan titik berat pada tiga hal, yakni industri komputer, komunikasi, dan konten. Irisan ketiganya akan menghasilkan produk media interaktif yang akan menjadi motor peradaban di era masyarakat informasi

  5. muhammad iqbal says:

    bagus omjay karena pelajaran tik itu sangat penting karena siswa-siswi agar bisa tahu tentang tegnologi bukan hanya menggunakannya saja dan juga tahu agar bagaimana cara menghilangkan virus dan juga tahu downloder penghilang virus dan juga sebaiknya para orangtua juga ikut belajar agar dapat lebih paham tentang tik dan juga agar bisa mengikuti perkembangan zaman

  6. Rieke Jasmine 7A says:

    Assalamualaikum Omjay
    Nama saya Rieke dari 7A. Saya setuju banget pak sama program Hour of code karena program ini memberikan solusi bagi kehidupan manusian dan pemahaman mengenai logika. Materi Hour of COde bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputern dan bisa disampaikan secara analog-manual, jadi gampang gitu. Semoga programnya ada di Labschool amin

  7. Fayaza A. Rahma 7A says:

    Bagus kegiatannya. Kegiatan hour of code sangat membantu bahkan ada kalimat “materi bahkan bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputer.” sangat mencerminkan bahwa teknologi Indonesia sudah maju karena adanya dorongan dari perkembangan teknologi di dunia ini. Dan kegiatan TTT (Train the Trainer)untuk menjadi pelatih Hour of Code sangat membantu bagi anak-anak yang belum tau apa itu Hour of Code. Saya sangat suka Hour of Code karena ada tutorial-tutorial berdurasi satu jam lebih dari 40 bahasa dan tidak perlu pengalaman dan saya bangga karena ada lebih dari 200 juta mempelajari ilmu kompuuter. Sebelumnya tentang pelajaran TIK yang hilang sebenarnya tidak baik karena anak-anak butuh pelajaran TIK untuk meningkatkan keterampilan dan mempelajari teknologi dan juga mengetahui kegunaan teknologi dan cara pemakaiannya. Tingkatkan teknologi Indonesia agar lebih baik

  8. Rayhan Rizqy Ramadhan 7A says:

    Gerakan kolaboratif dengan tajuk “hour of code Indonesia” sangat bagus karena dapat membuat anak anak indonesia Bukan hanya bisa menggunakan komputer saja tetapi juga bisa membuat aplikasi untuk memudahkan pekerjaan Manusia.juga dapat mengasah kemampuan mengenai logika atau computational thinking . saya juga ingin memberi apresiasi kepada sukarelawan karena mau mengorbankan waktu agar anak anak di tempat tertentu bisa memahami komputer agar Indonesia menjadi negara yang maju

  9. AYYUBIE (8) 7A says:

    ya bagus,HOUR OF CODE karena mungkin akan menghasilkan banyak pengkode dan bisa membuat orang di INDONESIA dan di DUNIA agar dapat mengikuti perkembangan zaman,dan begitu pula dengan TTT(Train the Trainer) agar orang bisa berlogika dengan sign in dan komputansi.Dengan semua ini semua orang dapat menghasilkan dan progaming dan coding yang masih asing di telinga orang khususnya diINDONESIA,progam ini bertargetkan 200 orang atau lebih besar dibandingkan tahun lalu

  10. Mohammad Irvine 7A says:

    menurut saya hour of code ini sangat berguna bagi masyarakat karena dapat mempermudah dan memberikan solusi bagi masyarakat. untuk sekolah yang tetap memakai KTSP sebenernya tidak diperlukan, menurut saya seharusnya memakai kurikulum 2013 tetapi pelajaran tik dikembalikan. untuk program TTT menurut saya sangat bermanfaat karena membuat para sukarelawan bisa mengajarkan hour of code untuk masyarakat. saya sendiri juga sudah melihat website hourofcode.com disana banyak sekali metode pembelajaran dengan berbagai bahasa yang pastinya sangat lengkap. hour of code juga berguna bukan hanya untuk pelajar, tetapi bagi orang dewasa pun bisa bermanfaat juga

  11. Naabil says:

    hour of code adalah gerakan yang sangat bagus untuk dunia ini serta penghuninya yang pasti akan berpengaruh terhadap berjuta-juta orang yang menghuni dunia ini, saya pun turut mendukungnya. Semoga semua orang bisa belajar coding atau pun TIK. Dan semoga agar seluruh orang mendukung gerakan inklusif ini.

  12. Zhafran Nazhifa Defa 7A says:

    Ya,saya sangat setuju karena membuat pelajar mengetahui dan mengenal komputer dan dapat menggunakan komputer dengan baik ,
    juga bila kita ingin mempelajari komputer tinggal ikut kegiatan ini. “Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia”.Itu adalah target indonesia menjadi yang terbaik.
    Tidak hanya anak anak yang dapat mengikuti kegiatan ini bahkan orangtua juga dapat mengikuti kegiatan ini.
    dengan kegiatan ini mungkin negara indonesia akan menjadi negara yang maju .Semoga indonesia menjadi negara yang hebat.

  13. Shafira Asya M. 7A says:

    Saya sangat setuju dengan gerakan Hour Of Code ini, sebuah gerakan yang mengajak orang-orang untuk lebih memahami tentang komputer dan coding, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan kita semua memang sebaiknya mengikuti program ini. Seharusnya, dengan kurikulum 2013 ini pelajaran TIK ini memang jangan dihilangkan, karena pelajaran TIK ini sangat berguna untuk kita semua, baik murid, kalangan orang tua, dll. Dan saya sudah membuka website Hour Of Code, dan melihat banyak sekali sekolah-sekolah yang menerapkan gerakan ini, baik dari sekolah yang memang belum mengerti, maupun sudah. Dengan gerakan Hour Of Code yang hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dan dengan caranya yang (sepertinya) mudah dipahami dan tidak sulit dari website yang sudah saya buka tadi, dapat melatih kembali logika-logika dan dapat memahami pelajarn TIK ini, yang pastinya akan sangat berguna bagi kehidupan, dan dapat membawa suatu kemajuan.

  14. Abbigail Hidayat 7A says:

    Hour of Code harus diselenggarakan untuk menunjukkan bahwa siapapun dapat belajar code. Serta Hour of Code juga berfokus pada pemahaman logika dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding. Ddi acara tersebut materi tidak hanya disampaikan dengan komputer, tetapi juga disampaikan secara analog-manual, misalnya dengan kode-kode,dan demonstrasi robot yang diperankan oleh manusia yang digerakkan dengan bahasa kode tertentu. tersedia turtorial berdurasi sekitar 1 jam dan lrbih dari 40 bahasa, sehingga semua orang di dunia dapat menyelenggarakan “Hour of Code”,

  15. Nabila Zahra Putri Awangga (18) 7A says:

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan bagus kita dapat mengetahui program yang akan dilangsukan akhir tahun ini. Saya khawatir tentang pelajaran TIK yang di hapus sejak kurikulum 2013 karena jika tidak ada pelajaran TIK pasti para generasi muda akan ketinggalan zaman dan tidak mengerti apapun tentang TIK tetapi saya juga merasa lega karena terdapat program hour of code yang bertujuan untuk mengajak masyarakat dalam mempelajari TIK seperti membuat aplikasi dan lain-lain. Jadi , para pelajar yang di sekolahnya tidak ada pelajaran TIK, mereka bisa mengetahui pelajaran TIK dan tidak ketinggalan zaman jika mengikuti program ini. Saya sangat mendukung program ini karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.Semoga program ini dapat terlaksana dengan lancar

  16. Nayla Talitha Wardhani 7A says:

    Kegiatan Hour Of Code sangat bermanfaat, ini adalah kegiatan yang dapat membuat kemampuan TIK orang-orang Indonesia semakin maju. Saya setuju dengan diadakannya kegiatan ini. Para seukarelawan yang diltih pada saat TTT akan mempermudah perluasan materi coding yang akan diajarkan kepada siswa-siswi sekolah. Jika kegiatan ini benar-benar sukses dan bahkan menjadi yang terbesar di dunia, saya yakin teknologi komputer Indonesia akan semakin maju. Sehingga nantinya, anak-anak Indonesia akan dapat dengan mudah menghadapi kehidupan digital pada jaman sekarang. Materi coding ini pastilah sangat menyenangkan. Para murid pasti senang belajar materi ini, bahkan kita juga dapat bermain game menggunakan materi coding ini. Saya sangat amat mendukung kegiatan ini, semoga kegiatan ini benar-benar sukses terselenggara pada bulan Desember, agar kita dapat memajukan teknologi komputer di Indonesia bersama-sama.

  17. Diandra Maharani says:

    saya sangat mendukung kegiatang ini, karenakan kegiatan ini mendukung seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer. orang-orang juga tidak perlu memiliki komputer untuk mempelajari computer coding tersebut. computer codng jugaa bermanfaat ntuk membuat berbagai aplikasi guna mempermudah kehidupan manusia. kegiatan hour of code ini juga bisa dikuti oleh orang dengan berbagai usia dari 4 sampai 104 tahun. hour of code ini sangat bermanfaat untuk masyarakat indonesia dikarenakan masyarakat indonesia masih asing dengan istilah progamming ataupun computer coding. kegiatan ini juga diaadkan serentak di berbagai negara di dunia pada akhir desember 12-20 esember 2015.

  18. soni kesuma 7a says:

    saya sangat mendukung gerakan hour of code ini, dengan adanya gerakan hour of code ini para guru guru dan kami(siswa siswi) dapat mengejar ketinggalan atau bahkan membalik arah perhatian agar kami kompetitif di tengah pasar global di abad ke-21.dan tutorial yung dibagikan menurut saya sangat bagus karena kami dapat belajar tentang kode kode dasar dengan mudah dan menyenangkan, contohnya seperti menggerakan seorang karakter denag berbagai jenis kode. semoga gerakan ini dapat menjadi lebih besar, dan lebih besar lagi sehingga semua orang mengikuti ini. sekian terima kasih

  19. Tanaya Daniswari 7A 34 says:

    Penghilangan pelajaran TIK tentu membuat kemunduran di bidang teknologi komputer.seharusnya, pada kurikulum 2013 pelajaran TIK tidak dihapuskan agar murid-murid dapat memahami TIK, TIK juga tidak hanya berguna bagi murid-murid tapi juga bisa berguna bagi orang tua,pekerja,dll. saya setuju dengan program HOUR OF CODE. Karena hour of code bertujuan untuk mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding).Dan mungkin dari program Hour of code ini menghasilkan orang-orang yang dapat memprogram komputer dalam waktu satu jam saja.Hour of code memang sebab program yang sangat berguna dan kita semua harus mengikutinya agar dapat memahami komputer dan juga dapat memprogram komputer dengan baik.Hour of code adalah gerakkan yang mendunia yang diikuti oleh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Dan baiknya, hour of code dapat diadakan dimana saja, telah tersedia tutorial yang berlangsung selama satu jam dalam berbagai bahasa.Gerakan hour of code didesain bukan hanya untuk anak-anak saja tapi ditujukan juga bagi setiap anak-anak yang pernah ada dan terus ada di dalam setiap orang dewasa

  20. Ramadito Rizki Findiantoro says:

    Saya sangat mendukung penuh program
    “Hour of Code Indonesia”

    Hour of Code Indonesia dapat mengembangkan pengetahuan tentang coding yang megikuti perkembangan zaman serta menambah pengetahuan Komputer bagi anak – anak muda untuk memajukan ilmu bangsa tentang. Hebatnya Hour of Code Indonesia ini yakin dapat menyelamatkan pengetahuan logika komputer dan coding sebanyak 180 negara yang tepatnya menargetkan 200 juta orang.

    Hour of Code Indonesia mengajarkan Materi bisa disampaikan secara analog-manual Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebut. Melatih berpikir orang dengan algoritma dan komputasi dengan cara yang menyenangkan dan membawa pengalaman tak terlupakan merupakan satu alasan hebatnya gerakan ini.

    Sangat tidak rugi saat mengikuti gerakan ini, sudah bisa mengembangkan ilmu pengetahuan tentang coding dan pematerian yang disampaikan secara menyenangkan

    bagaimana,
    Tertarik untuk mengikuti Gerakan Hour of Code Indonesia?

  21. M.Rafi Faadilah says:

    semua kegiatan Hour of Code-indonesia bisa di cek di laman HOUROFCODE. Saya sangat khawatir karena mata pelajaran TIK akan dihapus pada kurikulum 2013. Meskipun begitu beberapa sekolah masih menggunakan matapelajaran TIK. Di laman HOUROFCODE disebutkan: HOUR OF CODE adalah gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Tersedia kreterial berdurasi 1 jam dengan lebih dari 40 bahasa . Tak perlu pengalaman , usia 4 tahun sampai 104 tahun. Belajar komputer bukan untuk jago-jago-an tetapi untuk mencari pengalaman yang luas dan untuk mencari ilmu untuk mencariwawasan yang luas.

  22. Putri Fadhila 7A says:

    Menurut saya, program Hour of Code ini sangat bagus untuk diikuti semua orang, program ini juga sangat efektif karena siapa saja dapat diadakan di mana saja dan hanya membutuhkan waktu satu jam. Selain mendapat ilmu tentang coding kita juga dapat menambah teman baru, karena program ini diikuti oleh jutaan pelajar yang tersebar di 180 negara. Metode yang digunakan juga relatif sederhana yang hebatnya dapat membuka mata publik. Tersedia juga banyak video tutorial yang tersedia dalam empat puluh bahasa yang juga sangat bermanfaat.

  23. Nadira Shareen 7A says:

    saya mendukung kegiatan hour of code ini, karena kita bisa lebih mengenal, memahami,dan bisa mengaplikasikan bahasa pemograman komputer atau computer coding. Dan karena program ini lebih memfokuskan kita dalam pemahaman mengenai logika, sehingga kita bisa belajar tentang dasar-dasar mitos tentang kode. sejumlah sukarelawan yang berasal dari beberapa kalangan seperti guru, kaum profesional, orangtua, pekerja di berbagai perusahaan, yayasan, dan sejumlah institusi bisnis untuk membantu penyelenggaraan program Hour Of Code ini. mengenai demonstrasi robot pun juga di digerakkan dengan sejumlah kode tertentu. dengan program Hour Of Code sejumlah anak-anak juga bisa berpatisipasi dan lebih aktif mengenai computer coding ini.

  24. Oktariandi Nurrahman says:

    saya setuju dengan artikel yang dibuat Ingki Rinaldi ini karena pada akhir tahun ini akan dilangsungkan sebuah gerakan atau program “Hour of Code Indonesia”. Gerakan Hour of Code adalah satu jam perkenalan mengenai ilmu komputer yang didesain untuk melawan mitos tentang kode dan menunjukkan kepada siapa pun bisa belajar dasar-dasarnya. salah satu tujuan ini adalah agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global di abad ke-21. gerakan ini tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun boleh mengikutinya.Salah satu kegiatan bagi orang dewasa yang belum mengerti computer coding adalah kegiatan train the trainer.

  25. Nathania Augustine 7A says:

    Wah,saya sangat mendukung kegiatan Hour of Code ini karena sangat bermanfaat sebagai penambah pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi anak-anak. Saya juga sangat mengapresisasi orang-orang yang telah rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk menjadi pelatih dalam acara Hour of Code pada Desember nanti. Program pengajaran dalam acara ini juga sangat unik dan menarik karena tidak dilakukan memakai komputer,tetapi secara analog-manual. Semoga acara ini terselenggarakan dan berjalan dengan sukses agar anak-anak dapat menyerap ilmu & manfaat yang diberikan. Acara ini sungguh bermanfaat dalam zaman seperti ini,yaitu zaman digital/globalisasi agar anak-anak mampu mengatasinya dan memilah mana yang baik & yang buruk.

  26. Rania Sabrina says:

    saya mendukung program gerakan “Hour of Code Indonesia”. karena dengan program ini orang-orang terutama yang masih anak-anak dapat mengenal berbagai ilmu tentang komputer, kode-kode dan juga melatih logika sebagai salah satu cara agar negara Indonesia tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang sangat cepat.selain itu, anak-anak yang mengikuti program ini dapat berkenalan dengan orang lain dari berbagai sekolah. bukan hanya anak-anak saja, tetapi orang dewasa yang belum mengenal coding dapat ikut belajar bersama dan mengajarkan anak-anak yang belum tahu. saya sangat berharap agar banyak anak-anak yang ikut program ini agar saat besar nanti anak-anak indonesia kompetitif di tengah-tengah perkembangan zaman yang sangat pesat di area globalisasi ini.

  27. Ridwan Alim.M says:

    Saya sangat mendukung kegiatan “HOUR OF CODE”. karena dalam kegiatan ini kita bisa belajar menggunakan komputer dengan baik dan benar. bukan hanya itu, dalam kegiatan ini anda juga belajar cara coding. dan anda akan disampaikan secara analog manual, seperti demonstrasi robot yang diperankan oleh manusia yang digerakkan dengan bahasa kode tertentu, Tersedia tutorial-tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa. agar semua orang di dunia ini dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini dari penjuru dunia maupun anak kecil hingga anak dewasa.

  28. Sabrina Fitria R. 7A says:

    Saya setuju karena sejak diadakan program Hour of Code ini sangat bermanfaat untuk mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.Saya juga setuju untuk program Train the Trainer (TTT)karena program ini juga bermanfaat bagi sejumlah orang dewasa guna menjadi sukarelawan pelatih Hour of Code bagi anak-anak, jadi intinya program Hour of code adalah gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Setiap orang, di mana saja, dapat mengadakan acara Hour of Code. Tersedia tutorial-tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa. Tak perlu pengalaman. Usia 4 tahun sampai 104 tahun.

  29. Darel Rabbani H 7A says:

    Hilangnya TIK itu merupakan hal yang tidak baik karena TIK penting untuk murid lebih mengetahui perkembangan teknologi komputer dari masa ke masa dan gerakan Hour Of Code sangat bermanfaat dan berguna untuk orang mengetahui progam komputer dari generasi ke generasi selanjutnya.Hebatnya lagi para guru,kaum profesional,pekerja,di berbagai perusahaan, yayasan, dan sejumlah institusi bisnis sudah menjadi sukarelawan dan menyatakan komitmen mereka untuk menyelenggarakan Komitmen untuk menyelenggarakan Hour of Code pada 12-20 Desember 2015, dengan puncaknya pada 20 Desember.Dan saat TTT dilaksanakan itu bukan hanya para murid yang hadir guru dan orangtua juga yang belum mengerti computer coding menghadiri acara tersebut dengan ini makin banyak orang yang akan mengerti apa yang dimaksud computer coding dan cara kerjanya.Kemudian bagusnya lagi kegiatan Hour Of Code,materi bisa disampaikan tanpa menggunakan komputer.Itu saja komentar dari saya Terima Kasih…

  30. Alysha Zahroh M. 7A says:

    Saya sangat mendukung program “Hour Of Code Indonesia” lembaga ini mulai ditetapkan pada tanggal 14 oktober baru baru ini,apalagi program ini diikuti oleh 200 juta peserta di seluruh dunia,bisa dibilang itu jumlah peserta yang lumayan banyak. bagaimana tidak?selain belajar “computer coding” mereka juga menyediakan tutorial berdurasi satu jam yang terdiri dari 40 bahasa,agar siapa saja bisa menikmati tutorial ini. mulai dari anak anak maupun dewasa.mereka juga tidak perlu khawatir karena takut tidak akan mengerti,karena materi materinya tidak hanya menggunakan komputer saja,melainkan bisa disampaikan secara analog-manual.wah,sepertinya banyak anak indonesia yang tertarik mengikuti program ini setelah mengetahui manfaat,tujuan,dan keseruan “Hour Code Of Indonesia” semoga program ini dapat terus berjalan!

  31. reyza putra prasetya 71 says:

    gerakan kolaboratif bertajuk “hour of code” sangat baik dan berfungsi bagi masyarakat karena kita diajari tentang mengenal,memhami dan mengaplikasikan bahasa pemograman computer (komputer coding).kegiatan yang dilakukan oleh jutaan orang ini sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari hari.kegiatan ini tidak untuk menghasilkan jago jago komputer code tapi untuk pemahamn logika/komputational thinking.dan menurut saya pelajaran tik harus dipertahankan karena teknologi terus meningkat.Saya sangat senang masih bisa belajar tik saat ini

  32. Laraszahra 7A says:

    saya tidak setuju dengan menghilangkan pelajaran TIK, pelajaran ini tidak berhak dihilangkan karena sangat bermanfaat tetapi saya setuju dan mendukung program Hour Of Code karena program ini bermanfaat bagi semua orang; dewasa dan juga anak-anak. bagusnya, program ini tidak hanya melatih cara ber-coding tetapi juga melatih logika otak. TTT atau Train the Trainer juga berguna untuk orang orang yang belum terlalu mengenal tentang Hour of Code. website code.org juga sangat membantu karena tidak hanya memudahkan tapi juga menarik hati anak-anak kecil lainnya. di website hourofcode.com juga sangat membantu karena terdiri dari 40 bahasa, sehingga banyak orang dari negara lain juga dapat menggunakannya.

  33. anisa says:

    Saya anisa absen 4 kelas 7A. Saya sangat setuju dengan artikel ini yang mengenai tentang “Hour of Code Indonesia” untuk lebih mengenal dan memahami tentang bahasa pemrograman komputer. Program ini juga bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Orang yang dapat mengikuti program ini pun tidak harus orang dewasa. Dalam satu jam, anak anak maupun orang dewasa dengan target 200 orang. Program ini di Indonesia juga dimulai pada tanggal 14 Oktober 2015, dengan jumlah peserta yang bisa dibilang cukup banyak. Pada hari Sabtu tanggal 7 bulan 11 akan diadakan Train the Trainer (TTT) bagi sebagian orang dewasa dari berbagai kalangan. Tujuan TTT untuk menjadi sukarelawan pelatih bagi anak anak pada Desember nanti. Sebagian peserta TTT yang belum mengerti tentang computer coding pun bukan masalah, karena materi materi yang dijelaskan tidak hanya menggunakan komputer. Penjelasan nya dapat menggunakan analog-manual seperti cangkir atau kode kode tertentu yang ditulis di cangkir cangkir tertentu. Tutorial tutorial dapat menggunakan 40 bahasa, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja darimana saja.

  34. Salwaa Malik 7A says:

    Menurut saya gerakan ‘Hour of Code’ ini sangat bagus.1 jam perkenalan tentang ilmu komputer agar dapat menunjukkan bahwa siapapun bisa belajar dasar-dasarnya yg dilakukan bukan bertujuan membuat org-org menjadi jago computer coding, tapi lebi ke computational thinking. poin lain yg membuat gerakan ini bagus adalah gerakan ini bisa diikuti siapa saja. Baik yg berpengalaman atau tidak, baik yg sudah tua maupun anak”, usis 4-104 tahun

  35. Chika Callista says:

    Assalamualaikum Omjay,
    Dalam artikel kali ini saya sangat setuju dengan adanya hOUR Of cODE INI, YAITU gerakan yang mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180+ negara. Pesertanya pun tidak harus mahir dalam pelajaran TIK, Usia 4 tahun sampai 104 tahun sudah diperbolehkan ikut.Dalam mengikuti hour of kode ini, kita dapat menambah ilmu dan pengalaman. Dalam mengikuti hour of kode ini kita dapat memahami pemrograman komputerlebih dalam. Hal itu sangat baik karena kita dapat membuat berbagai program aplikasi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Dan mengikuti Hour of Kode ini tidak ada salahnya. Semoga program ini semakin lancar.

  36. Menurut saya gerakan hour of code itu sangatlah bagus dan baik lalu hour of code itu juga penting bagi yang pemula dan di selenggarakan oleh Train The Trainer dan Hour Of Code juga berpatisipasi aktif dalam mengenal memahami dan mengaplikasikan program

    dan artikel ini sangat saya dukung sekali sebab karena artikel ini sangat penting bagi yang ingin TAHU TENTANG hOUR oF Code

  37. Muhammad Axel ( 7.A ) says:

    Artikel ini sangat saya dukung.Gerakan “Hour Of Code” ini berdampak besar pada seluruh masyarakat dunia.Setiap orang,di mana saja dapat mengikuti “Hour Of Code”.Dikutip dari KOMPAS/INGKI RINALDI
    “Salah satu aktivitas dalam kegiatan Train the Trainer bagi orang dewasa yang belum mengerti computer coding di Clevio Coder Camp, Jalan Lamandau, Jakarta, Sabtu (7/11)”.Pokoknya saya sangat mendukung !!!!!!!!!!!!!!!!! : )

  38. Alysha Zahroh M. says:

    saya sangat setuju dengan program HOUR OF CODE INDONESIA yang mulai diselenggarakan tanggal 14 oktober 2015 baru-baru ini,program ini mengajari banyak ilmu komputer,seperti computer coding, tak perlu takut jika anda tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual,program ini pun sudah disetting agar semua orang bisa mengikuti program ini,bahkan ditargetkan mencapai 200 juta peserta di seluruh dunia.bagaimana tidak?selalin itu program ini juga menyediakan tutorial yang terdiri dari 40 bahasa agar siapapun,negara apapun,dan kapan pun kita dapat menikmati tutorial yang satu ini,mulai dari anak anak hingga dewasa.nah ayo mulai sekarang kita berantisipasi atau mendukung program ini demi memajukan kehidupan bangsa Indonesia

  39. ibumercy says:

    Salam kenal.
    buat para Guru IT yang bisa coding lengkap, ayo kita mandiri,
    Buat usaha untuk membuat anak Indonesia melek coding dan bisa punya keterampilan yang langsung layak jual.

    FYI, kemarin saya ketemu CEO Tokopedia, CEO Bukalapak, CEO Crazyhackerz, CEO Mataharimall,
    mereka mencari lulusan SMA (bukan lulusan universitas) untuk jadi calon karyawan alias internship, dan digaji.

    Yang minat langsung sms ke 0817 004 6767 (ibumercy)

  40. ulilvano7c says:

    saya mendukung program gerakan “Hour of Code Indonesia”. karena dengan program ini orang-orang terutama yang masih anak-anak dapat mengenal berbagai ilmu tentang komputer, kode-kode dan juga melatih logika sebagai salah satu cara agar negara Indonesia tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang sangat cepat.selain itu, anak-anak yang mengikuti program ini dapat berkenalan dengan orang lain dari berbagai sekolah. bukan hanya anak-anak saja, tetapi orang dewasa yang belum mengenal coding dapat ikut belajar bersama dan mengajarkan anak-anak yang belum tahu. saya sangat berharap agar banyak anak-anak yang ikut program ini agar saat besar nanti anak-anak indonesia kompetitif di tengah-tengah perkembangan zaman yang sangat pesat di area globalisasi ini.

  41. Danisha Safia 7c says:

    Assalamualaikum,
    Saya setuju soal dicabutnya pembelajaran TIK adalah kemunduran dalam teknologi, oleh karena itu bagus sekali ada acara Hour Of Code yang bisa mengajarkan kita cara coding di komputer, karena saya pernah membaca bahwa coding di komputer itu sulit, tapi ternyata relatif mudah. saya juga setuju bahwa acara ini bukan agar kita dapat mengerti tentang coding, tapi untuk menanamkan pemahaman bahwa coding di komputer sebenarnya mudah. saya sangat bangga karena di Indonesia juga diadakan Hour Of Code seperti di negara megara lain. saya juga takjub bahwa ternyata coding dapat memberi perintah perintah. Semoga, dengan ini pemerintah dapat sadar bahwa kita membutuhkan pelajaran TIK. Maju terus TIK!

  42. hugo mohamad(7c) says:

    Artikel ini sangat saya dukung.Gerakan “Hour Of Code” ini berdampak besar pada seluruh masyarakat dunia.Setiap orang,di mana saja dapat mengikuti “Hour Of Code”. tak perlu takut jika anda tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual,program ini pun sudah disetting agar semua orang bisa mengikuti program ini,bahkan ditargetkan mencapai 200 juta peserta di seluruh dunia.mulai dari anak anak hingga dewasa.nah ayo mulai sekarang kita berantisipasi atau mendukung program ini demi memajukan kehidupan bangsa Indonesia.saya sangat memdukung kegiatan ini.

  43. Hafiz Prazos 7C says:

    Saya sangat setuju karena membuat pelajar mengetahui dan mengenal komputer dan dapat menggunakan komputer dengan sangat baik.
    Juga bila kita ingin mempelajari banyak hal tentang komputer tinggal ikut kegiatan hour of code ini. Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia.Itu adalah target indonesia menjadi yang mungkin salah satu yang terbaik dari kegiatan lainya. Tidak hanya anak anak yang dapat mengikuti kegiatan ini bahkan orangtua juga dapat mengikuti kegiatan ini.
    kegiatan ini sangat bagus higly recomended for TIK. Dengan kegiatan ini mungkin negara indonesia akan menjadi negara yang sangat maju dalam bidang teknologi dan informasi.Semoga indonesia dapat menjadi negara yang maju dalam bidang teknologi dan informasi, semoga kegiatan ini dapat menjadi lebih sukses dari yang dulu. Walaupun kita sudah bisa mempelajari TIK dari program ini jangan stop saja latih lah kemampuan TIK kalian di komputer, tetapi program TIK ini menurut saya sudah sangat bagus alangkah lebih baik jika program ini terus menerus digunakan indonesia dan negara negara lain di luar negara. Maju Indonesia!!!

  44. aditya kurnianto7c says:

    wow
    saya sangat kagum dengan HOUR OF CODE INDONESIIA dengan acara ini kita dapat memajukan teknologi kepada anak anak dan orang dewasa yang belum mengerti dengan acara ini juga berdampak besar dalam kehidupan kita kegiatan komputer coding juga contoh yang menarik untuk kita lihat karena kita bisa tau cara agar kita dapat membuat game sendiri disana pun ada training untuk memudahkan kita mengcodding suatu situs / game materi marterinya pun mudah untuk dipelajari dan kali ini ada 200 juta peserta saya kagum dengan masyarakat yang mau mencoba untuk sesuatu kegiatan yang penting agar dapat berguna kelak bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini
    saya mendukung acara ini sepenuhnya

  45. i komang pandu darmawan 7c 15 says:

    saya sangat setuju dengan program HOUR OF CODE INDONESIA yang mulai diselenggarakan tanggal 14 oktober 2015 baru-baru ini,program ini mengajari banyak ilmu komputer,seperti computer coding, tak perlu takut jika anda tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual,program ini pun sudah disetting agar semua orang bisa mengikuti program ini,awal nya saya juga buta komputer tetapi setelah belajar di hour of code saya menjadi bisa menggunakan komputer terima kasih hour of code

  46. Syauqia Syifa Sajida 7C says:

    Assalamualaikum Omjay,
    Saya Syifa, murid SMP Labschool Jakarta.
    Saya sangat setuju dengan gerakan kolaboratif “Hour of Code”, tujuan untuk mengajak banyak orang mengenal computer coding akan sangat bermanfaat. Di dunia yang semakin modern ini, kita harus tahu tentang computer coding. Karena kita pasti membutuhkan aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah kehidupan atau pekerjaan kita. DI jaman sekaerang, kita sudah menggunakan berbagai macam aplikassi yang dapat membantu tugas sekolah maupun tugas kerja, dengan adanya program ini, aka nada lebih banyak aplikasi. Saya senang karena ada banyak sukarelawan dan banyak pendukung untuk program yang sangat berguna ini. Pelajaran TIK dibutuhkan oleh banyak siswa siswi Indonesia.

  47. Rayhan Zamzam Fadilla 7C says:

    Saya sangat mendukung kegiatan ” Hour of Code ” ini karena menurut saya pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting bagi kehidupan kita di zaman yang sangat modern ini.Kegiatan ini juga bagus untuk semua kalangan karena dengan kegiatan Hour of Code ini semua kalangan akan belajar mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.Bila kaum dewasa dapat mengerti ini, maka ilmu mereka dapat ditularkan kepada anak anak yang masih muda sehingga ilmu ini bermanfaat.Kegiatan ini juga merupakan gagasan yang bagus bagi mereka yang ingin belajar TIK.Tentunya kegiatan Hour of Code Indonesia ini patut diikuti bagi semua yang ingin memahami dan mempelajari ilmu komputer seperti computer coding,dll.

  48. priyanka najwa p. 7c says:

    progam “Hour of Code Indonesia” yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.sangatlah bagus dan bermanfaat karena dapat memberikan ilmu agar dapat menggunakan komputer dengan logika atau computational thingking.pelajaran TIK memang sangat penting untuk zaman sekarang yang sudah mulai bekerja,belajar melalui computer. Di dalam progam “Hour of Code Indonesia” terdapat tutorial-tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa yang sangat singkat,sederhana dan bermanfaat. progam “Hour of Code Indonesia” juga sangat ramah dan bermanfaat bagi 200 juta orang yang ikut belajar ilmu computer.

  49. savero 7c says:

    Sangat bagus pak post nya menurut saya HOUR OF CODE sangat bagus agar orang orang dapat membantu orang untuk mempelajari ilmu TIK, seperti computer coding. Program ini juga bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Orang yang dapat mengikuti program ini pun tidak harus orang dewasa. Dalam satu jam, anak anak maupun orang dewasa dengan target 200 orang dengan ini orang dewasa dan bahkan anak anak mampu memanfaatkan komputer dan ilmunya dengan sebaiknya serta dapat membantu kehidupan mereka, selain itu program ini juga menyediakan tutorial yang terdiri dari 40 bahasa agar siapapun,negara apapun,dan kapan pun kita dapat menikmati tutorial yang satu ini dengan mudah semoga article ini dapat membuat kemendikbud menyadari bahwa TIK harus dikembalikan agar anak anak tidak ketinggalan jaman dengan anak anak negara lain dalam ilmu komputer.

  50. Danisha Rahma 7C says:

    Assalamualaikum,
    Menurut saya ilmu TIK memang harus dipelajari sejak dini.Maka dari itu saya sangat setuju dengan program HOUR OF CODE.Karena program tersebut sangat kreatif dan ditargetkan sebanyak 200 juta peserta dari seluruh dunia.Keren sekali!!!!! dan juga kita diajarkan berbagai macam tutorial 40 bahasa.baru-baru ini,program ini mengajari banyak ilmu komputer,seperti computer coding.Kita tidak perlu malu jika tidak mengerti materi yang disampaikan karena, materi disampaikan oleh komputer dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak kecil maupun yang sudah lanjut usia.Maka dari itu, marilah mulai sekarang kita bersama-sama mempelajari ilmu komputer demi masa depan bangsa ini.Terima kasih saya sudah diberi kesempatan untuk berkomentar.

  51. Anandha Rizqi f. (7C) says:

    Saya setuju dengan gerakan Hour Of Code ini.

    selain bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.tetapi lebih pada pemahaman mengenai logika atau computational thinking dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding.
    Trainer (TTT) bagi sejumlah orang dewasa guna menjadi sukarelawan pelatih Hour of Code bagi anak-anak pada Desember kelak. TTT yang dilangsungkan di salah satu lokasi Clevio Coder Camp di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, pada Sabtu pagi hingga siang itu sangat bermanfaat bagi yang tidak tahu tentang coding.
    Inilah gerakan inklusif yang didesain bukan hanya untuk anak-anak, melainkan ditujukan pula bagi setiap anak-anak yang pernah ada dan terus ada di dalam setiap orang dewasa.

  52. valda 7c says:

    saya sangat setuju dengan “Hour Of Code” yang di selenggarakan pada 14 oktober 2015.gerakan ini sangat bagus untuk membantu masyarakat,khususnya negara indonesia.orang yang mau ikut ini tidak harus orang dewasa tetapi anak kecil juga bisasalah satu tujuan ini adalah agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global di abad ke-21..Salah satu kegiatan bagi orang dewasa yang belum mengerti computer coding adalah kegiatan train the trainer.kegiatan ini mendukung seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa program komputer.saat TTT dilaksanakan itu bukan hanya para murid yang hadir tapi guru dan orangtua juga yang belum mengerti computer coding menghadiri acara tersebut dengan ini makin banyak orang yang akan mengerti apa yang dimaksud computer coding dan cara kerjanya. Tutorial tutorial dapat menggunakan 40 bahasa. kita bisa belajar tentang dasar-dasar mitos tentang kode.

  53. Nashwa Anggitia 7C (23) says:

    Kita harus mengembalikan pelajaran TIK ke sekolah karena sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Kita harus mendukung program yang mendukung TIK, seperti program “HOUR OF CODE”. Saya sangat mendukung program “HOUR OF CODE INDONESIA”, karena setiap orang di dunia ini dapat ikut program ini. Bahkan anak-anak yang tidak mengerti TIK juga boleh ikut. Program ini sangat bagus. Banyak negara yang ikut sejumlah 180 negara lebih. Peserta yang ditargetkan bahkan 200 juta orang. Program ini dapat mengajari anak-anak informasi tentang TIK yang sangat banyak, seperti Computer coding. Pelaksanaan “Train The Trainer” atau disebut juga TTT juga sangat baik, karena TTT itu melatih pengajar untuk anak-anak yang mengikuti program “HOUR OF CODE” di seluruh negara yang mengikuti. Ini adalah program-program yang harus kita dukung, karena dapat memajukan teknologi TIK di Indonesia.

  54. nadia raissa 7c says:

    saya sangat setuju dengan gerakan hour of code ini pak, karena gerakan ini berdampak besar pada seluruh masyarakat di dunia. gerakan ini dapat dijadikan solusi atas hilangnya ilmu TIK di masyarakat. Gerakan ini mengajarkan banyak sekali ilmu computer yang mungkin tidak di ketahui orang orang. Gerakan ini di setting dengan berbagai macam bahasa agar semua orang dari Negara manapun dapat mengikuti gerakan ini. Ilmu TIK sudah banyak hilang di masyarakat, dan ada baiknya kita membawanya kembali dengan cara mengikuti gerakan ini. Dan lebih bagusnya lagi, gerakan ini tidak memerlukan waktu lama- hanya satu jam! Semoga gerakan ini dapat berjalan lancar.

  55. shafinca marshanda 7C says:

    saya sangat setuju dengan gerakan HOUR OF CODE INDONESIA. karena, harus ada satu even yang bisa mengembalikan manfaat dan kegunaan TIK bagi anak-anak. terutama untuk pelajaran di sekolah. kurikulum 2013, pasti akan lebih banyak menggunakan fungsi TIK. contohnya, saat ingin membuat tugas berkelompok. cara pintas yang dapat ditempuh itu adalah dengan menggunakan internet. gerakan HOUR OF CODE INDONESIA ini sangat baik, agar pemerintah dapat mengembalikan pelajaran TIK ke lingkungan sekolah terutama dalam pelajaran. gerakan ini bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk untuk membuat berbagai aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. dan bagusnya lagi, HOUR OF CODE INDONESIA ini, bisa dilakukan di mana saja, kapanpun. untuk tetap membuat ambisi sebagai motivasi penggerak . karena kita harus mengejar ketertinggalan atau bahkan membalik arah perhatian agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global di abad ke-21.

  56. alfin 7c says:

    saya sangat setuju dengan program HOUR OF CODE INDONESIA yang mulai diselenggarakan tanggal 14 oktober 2015 baru-baru ini,program ini mengajari banyak ilmu komputer,seperti computer coding, tak perlu takut jika anda tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual,program ini pun sudah disetting agar semua orang bisa mengikuti program ini,bahkan ditargetkan mencapai 200 juta peserta di seluruh dunia.bagaimana tidak?selalin itu program ini juga menyediakan tutorial yang terdiri dari 40 bahasa agar siapapun,negara apapun,dan kapan pun kita dapat menikmati tutorial yang satu ini,mulai dari anak anak hingga dewasa.nah ayo mulai sekarang kita berantisipasi atau mendukung program ini demi memajukan kehidupan bangsa Indonesia

  57. anisyah tasya ridzaldi 7c says:

    Program “hour of code” sangatlah bermanfaat untuk memajukan pengetahuan akan programming dan coding dalam teknologi computer. Seharusnya dalam Kurikulum 2013 pelajaran TIK lebih ditingkatkan dan difokuskan bukannya dihilangkan, dengan hal ini seharusnya anak bangsa Indonesia lebih aktif dalam mempelajarinya. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program ini yang menitik beratkan pada pandangan untuk lebih mendalami teknologi ,yang menurut saya hal penting mada masa yang sudah tidak asing dengan internet dan gadget. Tentunya bukan hanya anak muda yang membutuhkan materi ini melainkan banyak orang dewasa juga, disinilah program (TTT) menjadi bermanfaat akan masa depan. Saya harap semoga program ini mempunyai banyak peminat dan seluruh acara dapat berjalan dengan sukses dan tidak ada halangan.

  58. widhiyaffa akbariaza says:

    materi yg omjay sampaikan sangat bagus.
    materi yg diberi judul Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang menjelaskan tentang HOUR OF CODE. saya sangat setuju dengan program ini karena ini membuat masyarakat indonesia berpendidikan tinggi tentang tik,sehingga indonesia tidak dianggap rendah oleh negara lain
    Tidak hanya anak anak yang dapat mengikuti kegiatan ini bahkan orang tua juga dapat mengikuti kegiatan ini.
    dengan kegiatan ini mungkin negara indonesia akan menjadi negara yang maju .Semoga indonesia menjadi negara yang hebat. Sekarang kita tak perlu takut jika tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual,

  59. Regita Shakila says:

    saya sangat setuju dan sangat mendukung program HOUR OF CODE INDONESIA ini. karena TIK itu sebenarnya sangat penting untuk orang berbagai usia. jumlah peserta yang mengikuti 200 anak jumlah ini meningkat dari jumlah yang mengikuti sebelumnya.. karena disini kita bisa belajar banyak ilmu komputer,seperti computer coding dan masih banyak lagi. kita tidak perlu takut jika tidak mengerti tentang komputer karena materi materi yang disampaikan tidak hanya melalui komputer melainkan dengan cara analog-manual yang pasti mudah untuk dapat dimengerti. selain itu program ini juga menyediakan tutorial yang terdiri dari 40 bahasa agar siapapun,negara apapun,dan kapan pun kita dapat menikmati tutorial yang satu ini,mulai dari anak anak hingga dewasa.. saya juga setuju untuk program Train the Trainer (TTT)karena program ini juga bermanfaat bagi sejumlah orang dewasa guna menjadi sukarelawan pelatih Hour of Code bagi anak-anak. nah sekarang adalah saatnya kita untuk berpartisipasi dalam program ini demi kemajuan bangsa kita ini.

  60. kalyana maharani 7c says:

    Saya sangat mendukung gerakan “Hour of Code” yaitu gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara. Program ini sudah ada di Indonesia bukan hanya di luar negeri saja. Apalagi sejak pelajaran TIK dihilangkan dari Kurikulum 2013. Program ini tidak hanya dikhususkan kepada orang dewasa atau anak kecil saja, melainkan dua-duanya. Untuk mengikuti program ini kita tidak perlu ‘jago’ karena program ini mengajari kita untuk belajar mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer / computer coding untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia di masa kini dan kegiatan ini bisa dilakukan tanpa menggunakan computer, misalkan dengan cangkir. Semoga program ini sukses untuk kedepan-nya aminn.

  61. Rosa 7C says:

    saya setuju dengan program HOUR OF CODE yang diadakan di Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 14 oktober 2015 baru-baru ini. Dengan program ini kita dapat mengetahui banyak ilmu computer.Materi –materi yang disampaikan melalui komputer dan analog –manual. Program ini memberikan pemahaman tentang logika. Ada tutorial-tutorial berdurasi satu jam lebih dari 40 bahasa dan tidak perlu pengalaman dan ada lebih dari 200 juta mempelajari ilmu computer. Tak perlu pengalaman. Usia 4 tahun sampai 104 tahun. Ini sangat berguna bagi anak –anak maupun para dewasa. Tujuan TTT untuk menjadi sukarelawan pelatih bagi anak anak pada Desember nanti. TTT dilaksanakan itu bukan hanya para murid, tetapi para guru dan para orangtua juga bisa menghadiri agar bisa mengetahui cara computer coding.

  62. Indira 7C says:

    saya sangat mendukung hour of code, karena menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat. hour of code tidak harus menyampaikan materi dengan komputer, tetapi juga dapat disampaikan dengan cara analog-manual. program ini juga mengajarkan banyak hal, salah satunya adalah computer coding. program ini memiliki target untuk mencapai 200 juta peserta di seluruh dunia. selain itu, terdapat tutorial tutorial berdurasi satu jam yang terdiri dari empat puluh jam , sehingga banyak orang dapat menikmati program ini. pesertanya tidak hanya anak kecil, tetapi juga orang dewasa dalam jangka 4 sampai 104 tahun dan tidak diperlukan pengalaman. maka dari itu, program ini dapat dinikmati oleh orang banyak. semoga program hour of code dapat berjalan lancar dan bermanfaat di masa depan.

  63. Khaliza Azzahra 7c says:

    Saya setuju dengan program “Hour Of Code Indonesia” karena program ini bisa bisa membuat kita lebih mengerti dengan coding belajar mengcoding dan memprogram coding.selain itu program ini tidak hanya menargetkan anak-anak tetapi orang dewasa dan remaja juga bisa ikut. Selain itu saya mengapresiasikan orang-orang yang rela menjadi sukarelawan walaupun mereka sudah kerja di yayasan,perusahaan,sekolah,dan menjadi wirausahawan tetapi mereka masi rela mengarjakan orang-orang yang tidak mengerti TIK.Semoga program “Hour Of Code” bisa bermanfaat untuk kita semua termasuk anak-anak,remaja,dan orang dewasa. Saya berharap materi yang diajarkan di “Hour Of Code” bisa berguna untuk kehidupan kita sehari-hari dan kehidupan kita di masa depan amin..

  64. Nadia Azzahra Putri Arvi 7C says:

    Mata pelajaran TIK seharusnya tidak dihilangkan karena kita masih membutuhkan TIK agar kita bisa mengetahui teknologi. Bukan hanya mengetahui, tetapi juga menggunakannya. Dengan acara “Hour of Code”, kita bisa mengenal memhami, dan mengaplikasikan bahasa computer atau disebut juga computer coding sehingga kita bisa membuat aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membantu keperluan kita ataupun memberikan solusi bagi masalah kita. Acara ini bukan hanya untuk mengerti apa itu coding, tetapi kita bisa kita juga mengenal bagaimana coding dengan logika atau computational thinking. Durasinya pun hanya 1 jam, durasi yang pas dan tidak akan membuat pendengar mjerasa bosan ditambah dengan materi yang menarik. Gerakan ini membuktikan bahwa siapa pun bisa belajar coding. Dengan banyaknya yang bersukarelawan, seperti guru, kaum profesional, orangtua, pekerja di berbagai perusahaan, yayasan, dan sejumlah institusi bisnis membuktikan bahwa kegiatan ini bagus untuk semua kalangan. Puncak gerakan ini dilaksanakan pada waktu yang pas, yaitu tanggal 20 desember, dimana anak-anak dan para pekerja sudah libur.

  65. muhammad rizky 7c (20) says:

    Saya setuju dengan kegiatan “Hour Of Code”karena Mata pelajaran tik seharusnya tidak dihilangkan dengan alasan seperti penggantian kurikulum dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013.karena sangat dibutuhkan untuk menghasilkan orang orang yang jago computer coding, Pemahaman mengenai industri dengan basis pengetahuan seperti industri komputer, komunikasi, dan konten. Irisan ketiganya akan menghasilkan produk media interaktif yang akan menjadi motor peradaban di era masyarakat informasi.selain itu keguiatan tersebut juga dipergunakan untuk membuka mata public dengan target 200 juta orang.ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat yang bukan hanya didesain untuk anak anak saja tetapi orang dewasa karena sangat bermanfaat bagi masa depan bangsa Indonesia.

  66. Hanif Rayhan Hakim says:

    Sebelumnya , saya belum pernah mendengar tentang gerakan Hour Of Code .Sesuai yang saya baca , gerakan ini akan berpengaruh besar terhadap persaingan kita dengan negara lain. gerakan ini dapat membuat indonesia lebih maju dalam bidang tik khususnya dalam bidang coding .Saya sangat setuju kalau gerakan ini dilakukan setiap tahun .Saya benar benar ingin semua orang di Indonesia dapat Mengerti coding , agar mereka semua dapat membantu negara ini . saya juga ingin TIK dikembalikan ke dalam Kurikulum 2013 . Agar Indonesia tidak terlalu kudet dalam bidang tik .Saya Benar-benar berharap Mendikbud dapat mengaatasi masalah ini.YANG JELAS , SEMANGAT TIK ! Kita tidak akan menyerah pada ketertinggalan , kita harus mengejarnya.

  67. Alifan saskhia heranda p says:

    Gerakan “hour code of indonesia” sangat bagus karena bisa untuk lebih mengenal pemrograman komputer.program ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.program ini tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa bisa juga bermanfaat untuk semua umur.Program ini di Indonesia dimulai pada tanggal 14 Oktober 2015.Pada hari Sabtu tanggal 7 bulan 11 akan diadakannya Train the Trainer (TTT) bagi sebagian orang dewasa dari berbagai kalangan. Dalam satu jam, anak anak atau orang dewasa dengan target 200 orang. Hour of Code Indonesia mengajarkan Materi bisa disampaikan secara analog-manual Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebut. Tutorial tutorial dapat menggunakan 40 bahasa, sehingga dapat digunakan oleh semua orang dari berbagai negara.

  68. muhammad rizky 7c (20) says:

    Saya setuju dengan kegiatan “Hour Of Code”karena Mata pelajaran tik seharusnya tidak dihilangkan dengan alasan seperti penggantian kurikulum dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013.karena sangat dibutuhkan untuk menghasilkan orang orang yang jago computer coding, pemahaman mengenai industry dengan basis pengetahuan seperti industry computer komunikasi dan konten . irisan ketiganya akan menghasilkan produk media interaktif yang akan menjadi motor penggerak perubahan di masa depan .selain itu keguiatan tersebut juga dipergunakan untuk membuka mata public dengan target 200 juta orang.ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat yang bukan hanya didesain untuk anak anak saja tetapi orang dewasa karena sangat bermanfaat bagi masa depan bangsa Indonesia.

  69. cahya pratama 7c says:

    Assalamualaikum Omjay
    Menurut saya program “Hour Of Code” sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat membuat masyarakat belajar mengenal,memahami,dan mengaplikasikan bahasa pemrogaman computer untuk mempermudah kerja manusia.Menurut saya kurikulum 2013 salah karena seharusnya pelajaran TIK harus dikembangkan bukan dihilangkan.Dengan program ‘Hour Of Code” ini kalangan anak kecil sampai kalangan yang tua dapat belajar computer.Program TTT (Train The Trainer ) juga sangat berguna karena orang dewasa yang telah mengikuti program TTT dapat membantu masyarakat dalam program “Hour Of Code”. Orang – orang yang tidak mengikuti program dengan tajuk “Hour Of Code” ini akan sangat rugi karena tidak ikut dalam pembelajaran untuk Computer Coding.Saya sangat setuju dengan materi OmJay ini karena sangat bermanfaat.

  70. shabrina 7c says:

    assalamualaiku pak omjay
    nama saya shabrina dari kelas 7c absen 29
    saya sangat setuju dengan dengan hour of code ini karena kita bisa tahu mengenai komputer lebih dalam lagi. hour of code sangat berguna bagi kalangan anak anak maupun dewasa yang belum mengerti tentang coding. program ini memiliki target untuk mencapai 200 juta peserta di seluruh dunia. selain itu, terdapat tutorial tutorial berdurasi satu jam yang terdiri dari 40 bahasa sehingga semua orang dari seluruh penjuru dunia bisa mengerti. saya sangat senang karena di labschool masih ada mata pelajaran tik sehingga kita bisa mengetahui beberapa informasi yang baru tentang tik atau komputer

  71. cahya pratama 7c says:

    Assalamualaikum Omjay
    Menurut saya program “Hour Of Code” sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat membuat masyarakat belajar mengenal,memahami,dan mengaplikasikan bahasa pemrogaman computer untuk mempermudah kerja manusia.Menurut saya kurikulum 2013 salah karena seharusnya pelajaran TIK harus dikembangkan bukan dihilangkan.Dengan program ‘Hour Of Code” ini kalangan anak kecil sampai kalangan yang tua dapat belajar computer.Program TTT (Train The Trainer ) juga sangat berguna karena orang dewasa yang telah mengikuti program TTT dapat membantu masyarakat dalam program “Hour Of Code”. Orang – orang yang tidak mengikuti program dengan tajuk “Hour Of Code” ini akan sangat rugi karena tidak ikut dalam pembelajaran untuk Computer Coding.Saya sangat setuju dengan materi OmJay ini karena sangat bermanfaat. Maju Indonesia

  72. andrew ahmad nabiha 7c says:

    bagus om jay,karena dengan belajar coding walau tidak mendalam insya allah kita bisa lebih menguasai komputer kita dengan baik karena sekarang banayak orang yg memiliki computer yg super canggih akan tetapi mereka hampir tidak tahu apa apa tentang computer mereka hanya tahu tentang ram dan hal mendasar lainnya saya sendiri juga mengakui bahwa saya sendiri kurang mengerti tentang hal tersebut tetapi saya sedang belajar secara perlahan tentang hal tersebut [yah jadi sesi curhat deh ini].dengan belajar coding kita dapat melakukan modifikasi pada motherboard atau ram dan lain lain pada komputer kita agar menjadi lebih cepat dan lebih kuat serta dapat belajar membuat aplikasi atau game sendiri dengan mudah dan dengan grafis yang tinggi dengan begitu kita juga dapat menjadikan ini sebagai peluang usaha yg dapat menghasilkan keuntungan yg sangat besar hingga miliaran rupiah namun semua itu tidak dapat di capai dengan mudah,kita harus berusaha dengan sungguh sungguh agar dapat mencapai itu

  73. almira varshya adityani says:

    assalamualaikum om jay
    saya sangat setuju dengan artikel ini dengan dilangsungkannya kegiatan satu jam belajar ilmu komputer bersama 200 juta orang karena penghilanganya mata pelajaran TIK dan KKPI menjadi acuan sekolah baik sd smp dan sma sesuai dengan Kurikulum 2013 merupakan langkah mundur keniscayaan peradaban masyarakat informasi yang makin berderap di masa ini.sejak kurikilum 2013 diadakan guru mata pelajaran TIK dialihkan ke mata pelajaran yang lain seperti prkarya saya juga sangat setuju dengan gerakan “Hour of Code Indonesia”. Yang mulai ditetapkan pada tanggal 14 oktober 2015, dengan adanya program Hour Of Cade Indonesia bisa membuat orang di Indonesia dan didunia agar mengikuti perkembangan jaman. dan begitu pula dengan TTT agar orang bisa berlogika dengan algoritma dan komputasi. semua ini akan menghasilkan progaming dan coding yang masih asing di beberapa orang khususnya di indonesia karena banyak orang mengira itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan apalagi targetnya 200 juta orang termasuk anak-anak.

  74. marcia 7G says:

    hour of coding adalah program yang menarik dan memikat dalam lebih dari satu cara. perkembangan teknologi dan kegunaan coding di dunia teknologi sekarang sudah mendunia. jika Indonesia dapat menghasilkan ahli teknologi dengan mempelajari teknik awal dan mengembangkannya. Indonesia tidak akan kehilangan jejak dalam perkembangan jaman. dengan itu, hour of coding dapat menjadi peluang Indonesia untuk masuk taraf internasional.
    Tidak membedakan latar belakang, hour of code juga menjadi program yang baik dan tidak pilih kasih dalam hal pengajaran. Program yang dapat menghasilkan, menanam dan menumbuhkan percaya diri di bidan computer dan coding. Ilmu yang didapatkan bukan hanya ilmu coding, tapi juga ilmu computational thinking dan pengertian ihwal mudahnya coding. Program yang hebat.

  75. shafira rahmania 7g says:

    saya setuju om apalagi sekarang lagi era globalisasi dengan semua alat digital seharusnya Indonesia gak boleh ketinggalan jaman mulu semoga progam ini cepat menyebar dan dapat diterapkan pada semua orang terutama kaum anak-anak yang akan memimpin di masa yang akan datang

  76. M.FADLIRAFIQ.H. 7G says:

    saya sangat mendukung profram “HOUR OF CODE” yaitu gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara.Menurut saya program “Hour Of Code” sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat membuat masyarakat belajar mengenal,memahami,dan mengaplikasikan bahasa pemrogaman computer untuk mempermudah kerja manusia.Program TTT (Train The Trainer ) juga sangat berguna karena orang dewasa yang telah mengikuti program TTT dapat membantu masyarakat dalam program “Hour Of Code”. Orang – orang yang tidak mengikuti program dengan tajuk “Hour Of Code” ini akan sangat rugi karena tidak ikut dalam pembelajaran untuk Computer Coding.

  77. shabrina nur amalina says:

    saya shabrina nur amalina dari kelas 7G. Saya sangat mendukung program ” Hour of Code” karena pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan bagi anak anak.Jangan sampai kurikulum 2013 menghambat pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Pada saat ini teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran sangat besar dalam kehidupan. saat ini kita dapat memperoleh ilmu,informasi dan berbagainya dari internet yang merupakan teknologi canggih.Bahkan, banyak orang tua yang kesulitan dengan penggunaan teknologi padahal, teknologi sangat diperlukan sehingga kita harus melatih komputer sejak dini. Banyak orang tua yang ingin belajar teknologi juga . 200 juta bukan angka yang mudah cukup sulit menghadiri 200 juta anak.Semoga pembelajaran TIK tidak dihapuskan karena itu sangat penting bagi masa depan . Pasti program ini sangat bermanfaat bagi anak anak dan program ini merupakan pengalaman yang hebat bagi pendidikan teknologi informasi dan komunikasi

  78. M. Razzanda Khaelfanno says:

    Assalamualaikum Om Jay

    Saya sangat mendukung program Hour of Code karena sangat berguna untuk pemahaman mengenai logika atau computational thinking dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding. Hour of Code juga didesain untuk melawan mitos tentang kode dan menunjukkan kepada siapa pun bisa belajar dasar-dasarnya. Guru, kaum profesional, orangtua, pekerja di berbagai perusahaan, yayasan, dan sejumlah institusi bisnis, telah menyatakan komitmen mereka. Komitmen untuk menyelenggarakan Hour of Code. Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia. Akan tetapi, ambisi hanyalah sebagian motivasi penggerak gerakan tersebut yang terpenting adalah mengejar ketertinggalan atau bahkan membalik arah perhatian agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global.

  79. Azka A, 7G says:

    Menurut saya , TIK adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan di indonesia untuk generasi kedepan karena , masyarakat indonesia belum terlalu mengenal istilah istilah komputer seperti coding . saya sangat mendukung program Hour of code karena sambil bermain puzzle kode kode seru kita juga belajar dasar programming . TIK Membuat anak anak indonesia maju dalam bidang teknologi jadi saya merekomendasikan membuka code.org . itu saja dari saya

  80. daffa zainal 7g says:

    assalamualaikum wr.wb
    saya sangat kagum dengan gerakan “Hour of Code Indonesia”. karna gerakan Ini merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.Dengan adanya program Hour Of Code Indonesia bisa membuat orang di Indonesia mengikuti perkembangan zaman. Hour of Code Indonesia mengajarkan Materi bisa disampaikan secara analog-manual Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebu. Menurut saya kurikulum 2013 salah karena seharusnya pelajaran TIK harus dikembangkan bukan dihilangkan. Dengan adanya gerakan ini kalangan anak kecil hingga kalangan yang tua dapat mempelajari computer.

  81. Nathania Elirica Aliyah 7G says:

    Assalamualaikum Om Jay. Saya Alya dari kelas 7G.

    Seharusnya, mata pelajaran TIK tidak dihapus dari kurikulum 2013. Karena , saya rasa anak-anak Indonesia harus mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi agar Bangsa Indonesia dapat maju, dapat memahami TIK, dan dapat mengikuti perkembangan teknologi. TIK juga sangat membantu dalam pembelajaran. Anak-anak tidak hanya mendapat informasi dari buku tetapi juga dari teknologi. Saya setuju dengan program “Hour of Code”. Karena gerakan ini bermanfaat untuk mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia. Gerakan ini bukan untuk menghasilkan jago-jago computer coding, tetapi untuk mengenal ilmu computer yang didesain untuk melawan mitos tentang kode. Dan bagusnya, materi ini tidak harus disampaikan melalui computer. Gerakan Hour of Code juga didesain untuk usia 4 tahun-104 tahun dan juga untuk yang tidak berpengalaman. Dan, gerakan Hour of Code dapat dilaksanakan dimana saja.

  82. Nashwa Tazkia 7G says:

    Assalamualaikum Omjay.
    Saya Nashwa Tazkia dari 7G. Saya setuju dengan program “HOUR OF CODE” ini. Seharusnya mata pelajaran TIK tidak dihapuskan dari kurikulum 2013 karena saya merasa bahwa sekarang adalah zaman globalisasi dan anak-anak Indonesia harus bisa beradaptasi di zaman globalisasi dengan mengenal, memahami dan mengaplikasikan bahasa pemrograman computer atau juga disebut computer coding. TIK juga membantu saya di bidang sekolah karena bisa mengakses internet dan itu sangat membatu saya. Saya juga setuju dengan program Train the Trainer atau juga disebut TTT. Kegiatan ini untuk menjadi pelatih Hour Of Code sangat membantu bagi anak-anak diseluruh dunia yang tidak tau apa yang dimaksud Hour Of Code.

  83. Kirana Dewi Hanafy 7G says:

    Article ini sangat bermanfaat buat kita karena saya sempat kaget kalo Kurikulum 2013 TIK akan dihilangkan karena dengan tiada TIK kita tidak tau perkembangan saat ini. Dengan adanya “Hour of Code Indonesia” kita bisa mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia. dalam pelaksanaan kegiatan Hour of Code, materi bahkan bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputer. Materi bisa disampaikan secara analog-manual, misalnya dengan cangkir-cangkir yang disusun dan kode-kode tertentu yang ditulis untuk menghasilkan pola gerakan dalam membentuk susunan cangkir-cangkir tadi.

    Saya setuju dengan article ini karena Hour of Code sudah merenguh puluhan juta pelajar dari 180 lebih Negara.

  84. Vipassati Varra 7G says:

    Informasinya menarik! ^.^
    Menurut saya, program “Hour of code” ini sangatlah berguna bagi orang dewasa maupun siswa yang belum menguasai ilmu computer. Saya sangat setuju dengan prinsip dimana para pelatih ingin para peserta gerakan ini untuk memahami system coding , bukan ingin para peserta menjadi sekedar “jago”. Sejujurnya, saya tidak setuju dengan pelajaran TIK dihapus dari kurikulum 2013. Jika kurikulum ini tidak menganut pelajaran TIK, bagaimana caranya para siswa bisa menguasai TIK jika tidak diajarkan di sekolahnya? Inilah dimana gerakan “Hour of code” mengambil aksi, mereka mengumpulkan sukarelawan untuk melatih siswa dalam ilmu TIK/Coding. Komentar akhir saya adalah, semoga pelajaran TIK akan dikembalikan di kurikulum 2013. Semoga gerakan “Hour of code” ini menjadi sukses dan menjadi landasan gerakan ilmu TIK lainya.

  85. Safina A 7G says:

    Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Nama saya Safina dari kelas 7G. Saya sangat setuju dengan program Hour of Code ini. Dan saya tentu akan mendukung. Karena program ini dapat memajukan Negara yang sedang mundur karena materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dihilangkan di Kurikulum 2013. Menurut saya, hilangnya pelajaran TIK merupakan kemunduran. Dan dengan adanya program Hour of Code ini, 200 juta anak dapat belajar mengenai coding. Gerakan ini sangat diperlukan untuk memajukan Negara. Dan lebih baik lagi, materi ini dapat disampaikan tidak hanya melewati jaringan online, tapi juga dapat disampaikan secara analog-manual. Saya harap dengan adanya gerakan ini, anak-anak, remaja bahkan orang dewasa di Indonesia dapat lebih mengerti mengenai coding, TIK, dsb.

  86. feliza aisyah7g says:

    assalamualaikum…dihapusnya pelajaran TIK di kurikulum 2013 sebenarnya membawa dampak buruk, karena siswa/siswi jadi tidak bisa belajar tentang komputer, dan tidak bisa mengenal lebih dekat tentang komputer. Karena komputer sangat bermanfaat bagi semua manusia. tetapi, semenjak ada gerakan ‘Hour of Code’, semuanya tidak lagi menjadi beban.Saya setuju dengan adanya gerakan ‘Hour of Code’. Karena gerakan ini mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding). Kita dapat belajar tentang computer selama satu jam dengan banyak orang menggunakan gerakan ‘Hour of Code’. Di gerakan ‘Hour of Code’ kita dapat mengenal dasar-dasar tentang kode, dan mengenal mitos tentang kode. Dengan adanya gerakan ini semua orang dapat mengadakan gerakan ‘Hour of Code’ dimana saja. Karena, dalam pelaksanaanya, materi bisa disampaikan tanpa menggunakan komputer. Gerakan ini juga tidak di desain untuk anak-anak saja, orang tua juga dapat menggunakan gerakan ini

  87. Valerie Vanilla Desian 7G says:

    Assalamualaikum Om Jay
    sebelum membaca artikel ini saya belum pernah tahu Teknologi informasi dan Komunikasi dihilangkan dalam kurikulum 2013. Dengam majunya teknologi di dinia, seharusnya kita belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi secara mendalam agar kita tidak ketinggalan zaman. Jadi, Tik benar benar diperlukan dlam pelajaran sekolah bukannya menghilangkannya. Bimbingan Teknologi dan Komunikasi seharusnya dihilangkan kata Bimbingannya karena inin perlu untuk kehidupan sehari hari . Saya sangat mendukung Hor of Code, karena sangat berguna untuk orang dewasa maupun saya untuk belajar coding dalam satu jam. dengan diajarkannya coding kita bisa mengetahui algoritma dan lain lain. Jad buat apa kita menghapus TIK. Semoga dengan adanya artikel ini Mendikbud bisa sadar bahwa kita perlu TIK untuk kehidupan. Sekian dari saya, terima kasih.

  88. Kaela Meivirisya 7G says:

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saya sangat setuju dengan artikel “Satu Jam Belajar Ilmu Komputer Bersama 200 Juta Orang” karya Ingki Rinaldi. Dengan penghapusan pembelajaran TIK dapat memicu sebagai acuan sekolah-sekolah sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut jelas merupakan langkah mundur di tengah keniscayaan peradaban masyarakat informasi yang makin berderap di masa ini. Selain itu, saya setuju dengan sebuah gerakan kolaboratif dengan tajuk “Hour of Code Indonesia”. Hour of Code Indonesia merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.Dengan adanya Hour of Code Indonesia kita bisa mengikuti perkembangan jaman di era globalisasi ini.Itulah komentar saya sekian terimakasih

  89. VITTO ANANTO 7G says:

    Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat untuk Perkembangan TIK,seharusnya TIK jangan hanya dijadikan seperti Bimbingan,namun harus di jadikan Salah satu pelajaran Penting agar para pelajar tidak tertinggal ilmu Komputer . Saya sangat setuju dengan Gerakan Hour of Code yg ditetapkan pada 14 Oktober 2015 ini , karena gerakan ini tidak mementingkan orang orang yang jago Computer namun, lebih mementingkan pemahaman terhadap computer.Namun banyak juga orang orang yang belum mengerti apa itu Komputer Coding Disebutkan pada suatu website bahwa gerakan hour of code ini tidak hanya dilakukan oleh Indonesia,namun dari berbagai Negara juga melakukan gerakan ini. pelajaran TIK yang hilang sebenarnya tidak baik karena anak-anak butuh pelajaran TIK untuk meningkatkan keterampilan dan mempelajari teknologi dan juga mengetahui kegunaan teknologi dan cara pemakaiannya. Tingkatkan teknologi Indonesia agar lebih baik

  90. Sebelumnya, saya tidak mengetahui apa itu “Hour of code”. Tapi setelah saya baca,saya mengetahui apa itu “Hour of Code”. Saya sangat mendukung program “Hour of Code” yang terdiri dari 180 negara karena sangat berguna untuk mengembangkan ilmu komputer dan mengenal, memahami serta mengaplikasikan bahasa pemograman komputer (computer coding) guna mempermudah kehidupan manusia. Program ini dapat membantu semua orang mempelajari ilmu computer dari dasar-dasar hingga menjad professional. Saya juga mendukung program TTT (Train The Trainer) yang berguana agar kita dapat berlogika dengan komputer dan sign in. Saya juga sudah melihat website hourofcode.com.disana banyak tutorial – tutorial yang berdurasi 1 jam yang menjelaskan tentang 40 bahasa. Oleh karana itu program ini berguna untuk mepelajari ilmu komputer sera bahasa – bahasa. Semangat Belajar Tik………!!!

  91. Azka A, 7G says:

    Menurut saya , TIK adalah pelajaran yang sangat dibutuhkan di indonesia untuk generasi kedepan karena , masyarakat indonesia belum terlalu mengenal istilah istilah komputer seperti coding . saya sangat mendukung program Hour of code karena sambil bermain puzzle kode kode seru kita juga belajar dasar programming . TIK Membuat anak anak indonesia maju dalam bidang teknologi jadi saya merekomendasikan membuka code.org , disana ada game coding yang basic , jadi anda tidak akan bingung . Tidak hanya membuat senang tapi juga mengajarkan kita dasar kode komputer yang kita pakai sekarang . TTT juga program yang bagus untuk orang dewasa yang belum mengenal hal-hal kompleks seperti coding . Menurut saya TIK tidak boleh dihilangkan dari Kurikulum indonesia karena masih mengajarkan anak2 untuk memakai teknologi sehingga tidak ketinggalan jaman.

  92. Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
    Saya Ananda Dewayani dari 7G. Saya sangat setuju dengan adanya gerakan Hour Of Code ini. Dalam kurtilas, TIK hanya menjadi bimbingan tidak diprioritaskan lagi. Hour of Code sangat membantu dalam kekurangan ilmu TIK di Kurtilas. Hour of Code sangat membantu karena siapapun dapat berpartisipasi, dari umur 4-104 tahun, bahkan orang-orang yang tidak mengerti koding namun ingin berpartisipasi pun bisa ikut menyelenggarakan Hour of Code. Dengan Hour of Code, kita dapat belajar dan menambah wawasan tentang TIK, belajar dan atau mengajarkan kode-kode computer –suatu materi yang tidak kita dapatkan di sekolah. Yang hebatnya lagi, kita tidak perlu menjadi seorang pro dalam TIK untuk mengajarkan tentang Hour of Code. Bahkan Hour of Code sendiri dapat diajarkan tanpa computer, yaitu dengan robot manusia yang hanya dapat digerakkan dengan kode-kode computer. Dengan begini, anak-anak dapat lebih mudah menghafal dan mempelajari kode-kode computer. Dapat juga diajarkan menggunakan “unplugged computer science”. Hour of Code merupakan gerakan yang sangat berguna, dengan berbagai cara belajar dan mengajarkan Hour of Code, akan lebih mudah menyebarluaskan gerakan Hour of Code ini.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  93. M.FADLIRAFIQ.H. 7G says:

    saya sangat mendukung profram “HOUR OF CODE” yaitu gerakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih negara.Menurut saya program “Hour Of Code” sangat bermanfaat untuk masyarakat karena dapat membuat masyarakat belajar mengenal,memahami,dan mengaplikasikan bahasa pemrogaman computer untuk mempermudah kerja manusia. Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia. Akan tetapi, ambisi hanyalah sebagian motivasi penggerak gerakan tersebut yang terpenting adalah mengejar ketertinggalan atau bahkan membalik arah perhatian agar anak-anak Indonesia kompetitif di tengah pasar global.Program TTT (Train The Trainer ) juga sangat berguna karena orang dewasa yang telah mengikuti program TTT dapat membantu masyarakat dalam program “Hour Of Code”. Orang – orang yang tidak mengikuti program dengan tajuk “Hour Of Code” ini akan sangat rugi karena tidak ikut dalam pembelajaran untuk Computer Coding.

  94. Shafira Keila 7G says:

    Hilangnya pelajaran TIK memang menjadi masalah. Sekarang pelajaran TIK menjadi bimbingan. Seharusnya tidak begitu, karena menurut saya pelajaran TIK sangat berguna sekarang karena sekarang lagi era globalisasi. Saya sangat setuju dengan gerakan “Hour of Code Indonesia”, karena gerakan ini mengajak semua masyarakat Indonesia berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami dan mengaplikasikan bahasa pemograman komputer untuk membuat berbagai aplikasi. Saya juga sangat senang karena jumlah masyarakat yang berpartisipasi di “Hour of Code Indonesia” relatif lebih besar dari pada negara-negara lain. Saya juga setuju dengan diselenggarakannya Train the Trainer (TTT), seharusnya program TTT tidak diselenggarakan hanya 1 hari. Karena mungkin, sebagian orang pada saat itu belum terlalu mengenal program tersebut. Semoga target 200 juta orang peserta tercapai. “Hour of Code” adalah gerakan yang sudah dikenal semua negara, tetapi mungkin saja ada beberapa orang yang tidak mengenal gerakan ini. Semoga gerakan ini lebih mendunia…

  95. Nisrina Hanun M 7G says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebelumnya, saya kurang setuju dengan dihapusnya pelajaran TIK karena pada saat ini anak anak jaman sekarang sudah mulai menggunakan teknologi untuk kegiatan apapun jadi menurut saya TIK sangat berguna untuk proses pembelajaran masa kini, dan dengan adanya pelajaran TIK anak-anak menjadi lebih mangerti penggunaan computer, dll. Setelah itu, saya sangat setuju dengan adanya program “Hour Of Code” karena dengan adanya program ini kita semua dapat berpatisipasi aktif dalam mengenal , memahami , dan mengaplikasikan bahasa pemograman computer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia. Dengan program ini kita dapat belajar dengan waktu yang cukup singkat yaitu hanya satu jam. Gerakan ini juga tidak menghasilkan orang yang jago-jago dalam computer coding, melainkan pada pemahaman mengenai logika atau computational thinking. Jadi intinya saya setuju dengan program ini karena menurut saya program ini adalah program yang baik.

  96. Talulla Pradian says:

    Saya tentu tidak setuju dengan ketidakadaannya pelajaran TIK di Kurtilas. Ketidakadaan TIK bisa membuat murid-murid ketinggalan jaman atau yang sering kita bilang sekarang “kudet”. Saya sendiri akan lebih menyukai kalau ada TIK di kurikulum yang akan datang.

    Tetapi, saya mendukung kegiatan “Hour Of Code” yang dapat di kenal sebagai grakan mendunia yang merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih Negara. Dengan adanya “ Hour Of Code” di Indonesia, bisa menghasilkan banyak pengkode dan membuat Indonesia mengikuti perkembangan jaman dan begitu pula dengan TTT atu “Train The Trainer” untuk pelatih “Hour Of Code” sangat berguna karena bisa membantu anak-anak yang belum tahu apa itu “Hour Of Code”. Juga ada kalimat materi “bahkan bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputer.” sangat mencerminkan bahwa teknologi Indonesia sudah maju karena adanya dorongan dari perkembangan teknologi di dunia. Dengan ini semua akan menghasilkan programming dan coding yang mungkin masih asing di telinga untuk di dengar. Banyak orang di Indonesia lebih tepatnya coding dan programming adalah hal yang sulit dilakukan untuk semua orang terutama anak-anak. Saya yakin dangan program “Hour Of Code” akn mengubah pikiran semua orang mengenai programming dan coding.

  97. Faizi M. Belva 7G says:

    Assalamu’alaikum,
    Lumayan Nih Artikel Tentang “ HOUR OF CODE INDONESIA ”. Soalnya Bagi Yang Belum Ngerti Tentang TIK Kayak Saya Gitu Bisa Sangat Bermanfaat. Contohnya Kayak Semacam Coding Dan Robot – Robot Gitu Dan Cara Melampiaskan Kode Kode Pake Cangkir Atau Semacamnya Gitu Yang Menurut Saya Gak Jelas. Menurut Saya Juga Sih Lebih Baik Di Masukkin Berita Gitu. Supaya Masyarakat Bisa Tahu Dan Berpatisipasi Dalam Acara Ini. Kira – Kira 1 Jam Mungkin Lumayan Lah Buat Belajar TIK Seperti Acara HOUR OF CODE INDONESIA. Saya Berbicara Dalam Hati Ketika Melihat Pesertanya Ada Jutaan Dari Puluhan Negara DIDUNIA !!! Itu Artinya Acara Kayak Ginian Sangat Laku. Sekian Terima Kasih, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

  98. ameera nadhifa says:

    saya sangat setuju dengan program ‘Hour Of Code Indonesia’ yaitu gerakan yang merengkuh puluhan juta pelajar dari lebih dari 180 negara. Gerakan ini bertujuan untuk mengajak seluruh kalangan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mengenal , memahami , dan mengaplikasikan bahasa pemrogrman computer (computer coding). Gerakan ini bisa dipelajari siapapun , dari anak – anak,sampai dewasa dan tidak memerlukan pengalaman apapun, bisa dari usia 4 tahun sampai 104 tahun .gerakan ini menyediakan tutorial – tutorial berdurasi satu jam dalam lebih dari 40 bahasa. Gerakan ini juga sangat membantu karena tidak hanya dapat digunakan oleh kalangan pelajar – pelajar saja, semua orang dari anak kecil sampai dewasa juga bisa mempelajari ini.

  99. shafiyah auryn kirana 7G says:

    Saya sangat setuju dengan gerakan “HOUR OF CODE” karena jika mata pelajaran TIK dihapus dan diganti ke pelajaran prakarya, anak-anak terutama para penerus Negara akan kesusahan untuk menghadaapi era gglobalisasi yang akan datang. Saya juga sangat setuju dengan dilangsukannya kegiatan 1 jam belajar TIK dengan 200 jutaorang, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Indonesia terutama orang-orang yang tidak begitu mengerti dengan teknologi. Dan dengan ketidakadanya pelajaran TIK itu sangan berbengaruh besar terhadap masyarakat Indonesia, terutama para penerus yaitu anak-anak Indonesia. Jika masyarakat Indonesia tidak mengikuti perkembangan zaman maka Negara kiita akan ketinggalan zaman . seharusnya kita menyontoh Negara-negara maju diluar sana seperti amerika, jepang, inggris, dll agar Negara kita bisa seperti mereka.

  100. Rifqi Putra A 7G says:

    Saya setuju dengan program Hour of Code Indonesia karena hour of code betujuan untuk mengahak seluruh kalangan agar aktif dalam mengenal,memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman computer (computer coding). Hour of code Indonesia juga mengenalkan kita ilmu computer dan dasar dasarnya. Komunitas Hour of code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelengara Hour of code terbesar di dunia.Hour of code Indonesia merengkuh puluhan juta pelajar dari 180 lebih Negara dan juga ada tutorial-tutorial berdurasi 1 jam lebih dari 40 bahasa semua orang bisa mengikuti ini dari anak-anak yang berusia 4 tahun sampai lanjut usia yang berusia 104 tahun gerakan ini bukan hanya untuk anak-anak tetapi semua orang dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, dan lanjut usia.

  101. shafyra mahdyah putri 7G says:

    Saya sangat setuju dengan gerakan ini,karena gerakan HOUR OF CODE ini sangat mundukung/menyesuaikan anak-anak masa kini untuk mengenal computer lebih rinci lagi.Bukan hanya anak-anak saja yang berpartisipasi dengan gerakan ini tetapi orang dewasa juga sangat mendukung kegiatan ini.Dengan kegiatan ini juga kita dapat menyesuaikan diri kita di era globalisasi ini.Dan dengan peryataan ingin dihapusnya mata pelajaran TIKdan diganti dengan mata pelajaran lain ,gerakan ini sangat membantu untuk mengajari anak-anak yang disekolahnya mata pelajaran TIK dihapus. Jika tidak ada gerakan HOUR OF CODE ini anak-ank pada era ini tidak dapat menyesuaikan diri dalam bidang teknologi,informasi,dan komunikasi.Dengan karena itu sya sangat mendukung gerakan ini,semoga selalu sukses dalam menerapkan gerakan HOUR OF CODE ini.

  102. Iskandar 7G says:

    Saya sangat setuju dengan “ Hour Of Code Indonesia “ karena bagus untuk anak anak indonesia. Agar anak anak Indonesia bukan hanya bisa menggunakan computer untuk bermain game saja tapi juga bisa membuat aplikasi aplikasi berguna untuk memberikan solusi untuk kehidupan manusia, Atau anak anak Indonesia banyak yang bisa Mengkode . Dan juga ( TTT ) Train TheTrainer bisa melatih logika berpikir orang orang dengan algoritma dan komputasi . Dengan Hour Of Code dan Train The Trainer akan banyak orang Indonesia yang bisa programming dan coding. Program ini bertargetkan 200 orang peserta atau yang lebih besar dibandingkan 100 juta peserta di tahun lalu.

  103. Azka Nadia 7G says:

    Assalamualaikum..
    Saya azka dari kelas 7G. Dengan adanya kurtilas, tik bukanlah prioritas lagi dalam pelajaran. Menurut saya, lebih baik kurtilas yang ditiadakan daripada tik yang ditiadakan. Karena jika tik ditiadakan, hal itu merupakan dampak yang sangat besar bagi masa depan para remaja dan juga anak anak. Dengan adanya program “hour of code” sangat membantu bagi perkembangan tik disekolah sekolah yang sudah menerapkan kurtilas dan sudah menerapkan ditidakkannya tik dalam pembelajaran. Di program hour of code ini siapapun dapat berpatisipasi. Dalam program ini kita juga dapat mempelajari kode kode komputer dengan sangat cepat dan menyenangkan. Menurut saya, hour of code sangatlah program yang sangat baik bagi kehidupan. Saya sangat mendukung dengan adanya program hour of code.

  104. Amanda Virginia 7G says:

    Saya sangat setuju dengan program ini, yaitu “Hour of Code Indonesia” karena dengan mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman, kita dapat mengetahui cara membuat aplikasi-aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari kita. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang dengan majunya zaman membuat kita semakin membutuhkan keberadaannya computer di hidup kita. Maka dari itu, dengan adanya program ini kita dapat mengikuti arus kemajuan zaman. Saya sendiri sangat tertarik dengan computer coding karena menurut saya ini sangat interesting, dengan computer coding kau dapat mengetahui hal-hal yang lebih mendalam tentang computer. Maka dari itu, program ini sangatlah bermanfaat untuk saya, dan mudah-mudahan untuk orang-orang lain di dunia ini juga.

  105. rangga aribawa 7g says:

    ASSALAMMUALAIKUM WR WB
    Menurut saya artikel bapak sangat menarik karna dapat mengembangakan progam TIK.TIK seharusnnya tidak hanya menjadi bimbingan pelajar semenjak tidak masukkurikulum 2013.karena tidak termasuk kurikulum 2013 banyak siswa yang ketinggalan oleh ilmu TIK.dan diadakan HOUR OF CODE.HOUR OF CODE sangat bagus untuk kalangan yang berpatisipasi untuk memahami,mengenal,dan mengaplikasikan bahasa memprogaman computer (computer koding) utuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia. Fokus gerakan ini tidak untuk menghasilkan jago-jago computer coding, tetapi lebih pada pemahaman mengenai logika atau computational thinking dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding. Gerakan Hour of Code adalah satu jam perkenalan mengenai ilmu komputer yang didesain untuk melawan mitos tentang kode dan menunjukkan kepada siapa pun bisa belajar dasar-dasarnya.

  106. Assalamualaikum
    Saya setuju dan sangat mendukung program “Hour of Code” dan seharusnya mata pelajaran TIK tidak dihilangkan karena pelajaran TIK memiliki banyak manfaat dan jika tidak ada pelajaran TIK maka orang-orang akan sulit mengikuti perkembangan zaman, dan program “Hour of Code” juga memiliki banyak manfaat salah satunya agar semua orang Indonesia dapat mengenal dan memahami computer coding untuk membuat berbagai aplikasi yang sangat berguna untuk mempermudah seluruh pekerjaan manusia, karena sekarang manusia sangat membutuhkan teknologi dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, dan dengan adanya program “Hour of Code” mungkin suatu saat orang Indonesia dapat membuat aplikasi yang sangat berguna bagi semua orang

  107. shafira rahmania 7g says:

    saya setuju dengan gerakan “Hour of Code” yang membuat masyarakat Indonesia makin mengenal komputer apalagi dengan target 200 juta orang yang termasuk anak-anak. Saya yakin target itu akan tercapai bila memang tujuannya baik . Apalagi dengan dihapusnya pelajaran TIK dari kurikulum 2013 yang membuat anak zaman sekarang tidak bisa mengenal komputer dengan baik apalagi sekarang sedang dilanda era globalisasi yang semua serba digital jadi , dengak gerakan ini semoga Indonesia tidak ketinggalan zaman dan secepatnya diterapkan kepada kaum anak-anak yang akan memimpin negara ini dimasa yang akan datang supaya kelak negara ini akan menjadi negara maju seperti negara-negara yang lain

  108. shafira rahmania 7g says:

    saya setuju dengan gerakan “Hour of Code” yang membuat masyarakat Indonesia makin mengenal komputer apalagi dengan target 200 juta orang yang termasuk anak-anak. Saya yakin target itu akan tercapai bila memang tujuannya baik . Apalagi dengan dihapusnya pelajaran TIK dari kurikulum 2013 yang membuat anak zaman sekarang tidak bisa mengenal komputer dengan baik apalagi sekarang sedang dilanda era globalisasi yang semua serba digital jadi , dengak gerakan ini semoga Indonesia tidak ketinggalan zaman dan secepatnya diterapkan kepada kaum pelajar yang akan memimpin negara ini dimasa yang akan datang supaya kelak negara ini akan menjadi negara maju seperti negara-negara yang lain

  109. fazza 7g says:

    Assalamualaikum wr. wb
    Saya fazza dari kelas 7g saya sangat setuju dengan program hour of code Indonesia yang merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.
    Karena gerakan ini dapat menghasilkan jago-jago computer coding, tetapi lebih pada pemahaman mengenai logika atau computational thinking dan pengertian ihwal relatif mudahnya coding. Gerakan Hour of Code adalah satu jam perkenalan mengenai ilmu komputer yang didesain untuk melawan mitos tentang kode dan menunjukkan kepada siapa pun bisa belajar dasar-dasarnya.

  110. rangga aribawa 7g says:

    ASSALAM MUALAIKUK WAROHMATULOHI WABAROKATU
    Menurut saya artikel bapak sangat menarik karna dapat mengembangakan progam TIK.TIK seharusnnya tidak hanya menjadi bimbingan pelajar semenjak tidak masukkurikulum 2013.karena tidak termasuk kurikulum 2013 banyak siswa yang ketinggalan oleh ilmu TIK.dan diadakan HOUR OF CODE.HOUR OF CODE sangat bagus untuk kalangan yang berpatisipasi untuk memahami,mengenal,dan mengaplikasikan bahasa memprogaman computer (computer koding) utuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.dan membantu progam TIK masuk kedalam kurikulum 2013 dan yang tadinya menjadi guru bimbingan konseling dan guru prakarya bisa menjadi guru TIK.dan siswa-siswi tidakn lagi ketinggalan dalam ilmu TIK agar siswa menjadi pintar dalam bidang TIK

  111. ALIFAH ERIA 7G says:

    asalamualaikum.wr.wb saya alifah dari kelas 7g ,jujur saya turut prihatin atas dihilangkan nya pelajaran tik pada kurikulum 2013 ,karena menurut saya pelajaran tik sangat lah penting bagi kehidupan anak bangsa ke depan nya .tetapi kini telah hadir hour of code indonesia yang mulai ditetapkan sejak 14 oktober 2015,menurut saya tujuan hour of code sangat lah baik yaitu untuk mengajak selurh kalangan untuk berpartisipasi aktif dalam mengenal ,memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer(komputer coding)untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia ,menurut saya hour of code indonesia sangat berguna bagi kehidupan anak-anak indonesia ke depan nya .jadi menurut sya hour of code baik untuk diikuti ,selain itu saya juga berterima kasih kepada trin the trainer (ttt)bagi sejumlah orang dewasa guna menjadi sukarelawan pelatik hour of code .aslamualaikum.wr.wb

  112. Ahda Filza 7D says:

    Ya bagus tuh hour to code karena mungkin akan menghasilkan panyak pengkode dan bisa membuat orang di indonesia dan di dunia agar mengikuti perkembangan jaman,dan begitu pula dengan TTT agar orang bisa berlogika dengan algoritma dan komputasi.
    dengan semua ini akan menghasilkan progaming dan coding yang masih asing di telinga banyak orang khususnya di indonesia karena banyak orang mengira itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan apalagi targetnya 200 juta orang termasuk anak-anak

  113. Fadhil says:

    SETUJU PAK

  114. Nevanda Fairuz P/31 7D says:

    Saya setuju pak dengan hour of code ini, materi yang Omjay sampaikan juga sangat bermanfaat bagi kita semua, Om jay tidak hanya menceritakan hour of code di artikel “Satu jam belajar ilmu komputer bersama 200 juta orang ” tapi omjay juga berbagi informasi lain yang sangat sangat bermanfaat.Pokoknya Top deh

  115. Reynaldi AP says:

    menurut saya artikel bapak sangat menarik karna bisa mengembangkankretifitas anak anak agar lebih mau belajar TIK lebih dalam lagi dari sebelumnya dan lebih rajin lagi,menuntun anak indonesia ke depannya menjadi lebih canggih lagiiii

  116. aruni syarafina 7d says:

    saya sangat setuju dengan artikel ini.saya turut sedih juga kenapa pelajaran TIK dihapus di kurikulum 2013.Saya juga setuju dengan gerakan hour of code yang membuat masyarakat indonesia lebih menegnal TIK apalagi dengan target 200 juta orang termasuk anak-anak.Kita juga jadi lebih bisa mendalami tentang TIK seperti virus-virusnya,perangkat-perangkatnya,dan lain-lain.Saya sangat setuju dengan artikel ini omjay

  117. INDRES 7D~ says:

    mancchayy omjayy artikelnya.lanjutkan terus hour of code atau apalh itu wkkwkk

  118. Diyan Fattah Kwana 7d says:

    Saya sangat mendukung penuh program
    “Hour of Code Indonesia”

    Hour of Code Indonesia dapat mengembangkan pengetahuan tentang coding yang megikuti perkembangan zaman serta menambah pengetahuan Komputer bagi anak – anak muda untuk memajukan ilmu bangsa tentang. Hebatnya Hour of Code Indonesia ini yakin dapat menyelamatkan pengetahuan logika komputer dan coding sebanyak 180 negara yang tepatnya menargetkan 200 juta orang.

    Hour of Code Indonesia mengajarkan Materi bisa disampaikan secara analog-manual Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebut. Melatih berpikir orang dengan algoritma dan komputasi dengan cara yang menyenangkan dan membawa pengalaman tak terlupakan merupakan satu alasan hebatnya gerakan ini.

  119. alif yusuf (7d) says:

    Setuju om saya sangat setuju dengan program hour of coding,metode yang dipergunakan dapat membuka mata publik dalam gerakan bertarget 200 juta peserta di seluruh dunia itu,
    selain itu hour of code Indonesia yang merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer.Jadi ini sangat bermanfaat. Materi Hour of COde bisa disampaikan tanpa harus menggunakan komputern dan bisa disampaikan secara analog-manual,sehingga lebih sederhana.

  120. chiko 7d says:

    Saya sangat mendukung penuh program
    “Hour of Code Indonesia”

    Hour of Code Indonesia dapat mengembangkan pengetahuan tentang coding yang megikuti perkembangan zaman serta menambah pengetahuan Komputer bagi anak – anak muda untuk memajukan ilmu bangsa tentang. Hebatnya Hour of Code Indonesia ini yakin dapat menyelamatkan pengetahuan logika komputer dan coding sebanyak 180 negara yang tepatnya menargetkan 200 juta orang.

    Hour of Code Indonesia mengajarkan Materi bisa disampaikan secara analog-manual Atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebut. Melatih berpikir orang dengan algoritma dan komputasi dengan cara yang menyenangkan dan membawa pengalaman tak terlupakan merupakan satu alasan hebatnya gerakan ini.

  121. Alisha Nabila K(5) 7D says:

    Saya sangat setuju karena membuat pelajar mengetahui dan mengenal komputer dan dapat menggunakan komputer dengan sangat baik.
    Juga bila kita ingin mempelajari banyak hal tentang komputer tinggal ikut kegiatan hour of code ini. Jumlah siswa dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia.Itu adalah target indonesia menjadi yang mungkin salah satu yang terbaik dari kegiatan lainya. Tidak hanya anak anak yang dapat mengikuti kegiatan ini bahkan orangtua juga dapat mengikuti kegiatan ini.

  122. faiza izzati.A 7D says:

    saya setuju dengan gerakan hour code , gerakan ini bisa membuat masyarakat Indonesia agar dapat menggunakan computer dengan baik , dan yang lebih mengejutkan lagi targetnya 200 juta orang! baik orang dewasa maupun anak-anak, semoga kegiatan ini mencapai target dan berjalan dengan lancar amiin….

  123. ilmagita 7d says:

    saya sangat setuju dengan gerakan hour code. sebelumnya sudah diketahui bahwa mata pelajaran TIK sudah dihapus dari kurikulum 2013, sayangnya. gerakan hour of code ini sangat bisa diharapkan untuk menjadi sebagai pengganti TIK di kalangan anak-anak, remaja, dan bahkan dewasa, sesuatu yang kita perlukan di tengah-tengah era globalisasi ini. maju terus om jayy

  124. Namira Adelia 7d says:

    dengan adanya hour of code akan lahir bakat bakat baru.

  125. Muhammad Daffa 7D (27) says:

    saya setuju dengan“Hour of Code Indonesia”.karena dapat mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia.

  126. Khaira Rahma Diandra (7D) says:

    Saya setuju dengan ini! Materi yang ini sangat bagus! Dengan pengadaan program “Hour Of Code” ini, banyak orang dapat lebih mengenal komputer dan dapat menggunakan komputer dengan sepenuhnya dan benar. Jumlah siswa, pelajar dan penduduk yang relatif lebih besar dibandingkan dengan negara-negara lain membuat Komunitas Hour of Code Indonesia memasang target dan ambisi sebagai penyelenggara Hour of Code terbesar di dunia.Itu adalah target indonesia menjadi yang mungkin salah satu yang terbaik dari kegiatan lainya. Tidak hanya anak anak yang dapat mengikuti kegiatan ini bahkan orangtua juga dapat mengikuti kegiatan ini. Saya sangat mendukung kegiatan ini sepenh hati! Semoga semua orang yang setuju bahkan mengikuti program Hour Of Code dapat menggunakan informasinya dengan tujuan baik untuk bangsa dimasa depan. Amin

  127. AKHNA 7D says:

    saya sangat setuju dengan program HOUR OF CODE INDONESIA yang mulai diselenggarakan tanggal 14 oktober 2015 baru-baru ini,gerakan ini merangkul 180 negara lebih tepatnya 200 juta anak,program ini menrgetkan lebih dari 200 juta orang yg berpartisipasi,lanjutkan program ini om jay……

  128. reyhan rabbani 7d says:

    saya setuju om jay kerena dengan dihilangkan pelajaran tik adalah kemunduran.terkadang orang menyepelekan hal ini jadi terkadang tidak bisa menggunakan komputer.cara pikir orang indonesia harus di udah

  129. Keysha Siti Hanifa 7d says:

    saya setuju dengan program ini, sangat bermanfaat untuk mempermudah kita untuk mengerti bahasa di komputer. apalagi untuk kalangan siswa yang lagi belajar seperti kami, sangat bermanfaat.

  130. kayla nura jasmeen 7d says:

    saya setuju om jay, karenaa hour of code indonesia mungkin sangat bermanfaat bagi para siswa di indonesia.

  131. M.Raihan.k 7D says:

    Saya sangat mendukung penuh program
    “Hour of Code Indonesia”

    Hour of Code Indonesia dapat mengembangkan pengetahuan tentang coding yang megikuti perkembangan zaman serta menambah pengetahuan Komputer bagi anak – anak muda untuk memajukan ilmu bangsa tentang. Hebatnya Hour of Code Indonesia ini yakin dapat menyelamatkan pengetahuan logika komputer dan coding sebanyak 180 negara yang tepatnya menargetkan 200 juta orang.

  132. Muhammad Anis Al Fatih 7D says:

    Saya sangat mendukung program “HOUR OF CODE INDONESIA” yaitu merupakan gerakan yang bertujuan mengajak seluruh kalangan berpartisipasi aktif dalam mengenal, memahami, dan mengaplikasikan bahasa pemrograman komputer (computer coding) untuk pembuatan berbagai aplikasi guna mempermudah ataupun memberikan solusi bagi kehidupan manusia. “HOUR OH CODE INDONESIA” mengajarkan materi yang bisa disampaikan secara analog manual atau demonstrasi robot dengan diperankan manusia yang digerakkan dengan bahasa kode untuk melakukan materi coding adalah yang saat seseorang yang berperan sebagai robot digerakkan orang lain untuk menulis coding yang berisi perintah gerakan untuk robot tersebut.

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi