Wawancara Tertulis Omjay di Jawa Pos

Dear Pak Wijaya,

Seperti pembicaraan via SMS sebelumnya, berikut ini saya akan sampaikan beberapa pertanyaan tentang kiprah Bapak sebagai pendidik.

Sebagai gambaran, kami dari Jawa Pos Metropolitan akan menulis profil guru yang punya prestasi. Artinya, tugas menjadi guru tidak sekadar mengajar di kelas dan sibuk dengan tugas administratif, namun juga punya terobosan dan visi di bidang pendidikan. Kami berpendapat, Pak Wijaya Kusumah salah satu guru yang sesuai dengan kriteria yang kami cari.

Berikut beberapa pertanyaannya:

  1. Apa latar belakang tercetus ide one blog one teacher? Bagaimana prosesnya sekarang?
  2. Apa tujuan program one blog one teacher? Bagaimana mekanismenya?
  3. Apa saja capaian one blog one teacher sekarang?
  4. Program tersebut ditujukan bagi guru, bagaimana dengan siswa?
  5. Sudah berapa lama Bapak menjadi guru TIK?
  6. Apa saja yang sudah diperjuangkan untuk pembelajaran TIK di sekolah?
  7. Pelajaran TIK seperti apa yang Bapak harapkan di sekolah?
  8. Seberapa sering Bapak menulis di blog? Selain blog, adakah media lain yang digunakan, menulis buku misalnya?
  9. Jika ada tambahan informasi yang ingin disampaikan, silakan saja ya, Pak.. 🙂
Demikian beberapa pertanyaan kami. Semoga berkenan menjawab dan melampirkan beberapa foto Pak Wijaya. Mohon maaf, apa bisa kami terima balasannya selasa (14/7) besok pak? Terima kasih banyak… :)Salam hangat,
Maruti AHS – Jawa Pos Metropolitan
085643087957

Berikut ini beberapa pertanyaannya, dan jawabannya:
1. Apa latar belakang tercetus ide one blog one teacher? Bagaimana prosesnya sekarang?Awalnya saya prihatin karena masih sedikit guru yang menulis di blog, akibatnya konten edukasi juga sangat sedikit di internet. Sebagai founder komunitas sejuta guru ngeblog (KSGN) saya memiliki mimpi ada sejuta guru yang memiliki blog pribadi di internet. Mereka menuliskan apa yang dialaminya. Berbagi pengalaman dan berbagi ilmu pendidikan. Pada akhirnya akan banyak konten dalam dunia pendidikan karena banyak guru yang menulis.Untuk bisa merealisasikan mimpi itu kami mengadakan pelatihan guru menulis dan ngeblog di berbagai kota, dan tidak terasa kini sudah angkatan yang ke-12. Dimulai dari jakarta di smkn 27 jakpus, bekasi lalu ke surabaya, medan, bogor, bandung, cianjur, riau, karawang, sumedang, dan kota lainnya hingga terakhir di smkn 39 jakarta. Bahkan kami adakan kopdar guru blogger di indosat dalam ultah KSGN yang petama di gedung indosat. https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.352188431656775&type=1

Kami melatih para guru untuk menulis di blog sekaligus memotivasinya. Kami usahakan dalam sebulan ada satu pelatihan guru menulis dan ngeblog. Tulisan mereka biasanya dibagikan di facebook group komunitas sejuta guru ngeblog atau gurublogger.
https://www.facebook.com/groups/gurublogger/

Seperti contoh kegiatan kami yang di albumkan di facebook di bawah ini.

https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.209914572550829&type=1
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.259009757641310&type=1
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.314995322042753&type=1

2. Apa tujuan program one blog one teacher? Bagaimana mekanismenya?

Tujuan diadakannya program one blog and one teacher adalah satu guru satu blog dan terkelola dengan baik. Minimal dalam sebulan ada 4 tulisan baru muncul dalam blog pribadinya itu. Dalam mekanismenya kami terus memotivasi mereka dengan memberikan contoh atau teladan indahnya jadi guru blogger, dan nikmatnya berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman karaena akan seperti mata air yang tak pernah habis diambil airnya. Kami juga mengadakan lomba menulis dan ngeblog linknya ada di bawah ini
http://wijayalabs.com/2014/04/03/lomba-menulis-sejuta-guru-ngeblog/
3. Apa saja capaian one blog one teacher sekarang?
Kalau dilihat capaiannya sudah cukup lumayan. Banyak guru yang sudah memiliki blog pribadi. Dari 12 angkatan saja kalau ada minimal 30 org guru ngeblog dikalikan 12 angkatan plus dari kegiatan lainnya capaiannya cukup besar. Walaupun dilakukan secara bertahap, terstruktur, dan masif saya yakin akan tercapai walaupun saya sdh tiada.Kami juga adakan kegiatan Teacher Writing Camp (TWC) di Kampus UNJ Rawamangun, Targetnya seorang guru dapat menyusun buku sendiri. Sekarang sudah angkatan yang ke-empat. Tahun ini kami akan adakan TWC yang kelima dengan mengundang penulis Novel Laskar Pelangi yang terkenal Mas Andrea Hirata dan Prof Renald Kasali dari rumah perubahan.Pada TWC 1 kami undang Teh Pipit Senja novelis aku seorang teroris, TWC2 kami undang Guru Gokil Murid Unyu, pak Sumardianta, TWC 3 kami undang Ahmad Fuadi penulis buku Negeri 5 menara, dan TWC 4 kami undang pak Hernowo Hasim penulis buku Mengikat Makna. Link kegiatannya bisa dilihat di bawah ini.
https://www.facebook.com/wijaya.kusumah/media_set?set=a.10202909069315847.1073741874.1476183756&type=3
http://www.kompasiana.com/wijayalabs/teacher-writing-camp-4-di-wisma-kampus-unj_54f384f67455137b2b6c79c8

4. Program tersebut ditujukan bagi guru, bagaimana dengan siswa? Justru kita berharap guru yang ngeblog dapat menularkannya kepada siswa. Anak-anak melihat gurunya ngeblog dan pada akhirnya mereka ikutan ngeblog. Blog dapat dijadikan media pembelajaran antara guru dan siswa. Dari sana guru bisa ajak siswa untuk juga punya blog pribadi di internet. Hal itu yang saya lakukan dalam mengajak anak didik saya memiliki blog.
https://www.facebook.com/wijaya.kusumah/media_set?set=a.10204146026198996.1073741893.1476183756&type=3

Saya pernah diliput oleh dai tv, dan di sana ada komentar siswa, https://www.youtube.com/watch?v=2JVLTF1rApo
5. Sudah berapa lama Bapak menjadi guru TIK?
Saya menjadi guru tik dari tahun 1994, waktu itu namanya keterampilan komputer, dan saat ini kami dari komunitas guru tik sedang berjuang agar mata pelajaran TIK yang dihapuskan dalam kurikulum 2013 dikembalikan dalam struktur kurikulum nasional, Matpel TIK harus diajarkan, karena ini sangat penting bagi siswa di era perkembangan TIK yang begitu cepat. Materi TIK harus kita benahi bersama agar mengikuti perkembangan zaman. Gurunya dilatih untuk ditingkatkan kompetensinya, dan pada akhirnya guru TIK mampu mengembangkan IT di sekolahnya masing-masing.
6. Apa saja yang sudah diperjuangkan untuk pembelajaran TIK di sekolah?
Kami sudah memperjuangkan agar materi TIK terus dikembangkan, namun sayangnya pusat kurikulum dan perbukuan (Puskurbuk) tidak lakukan itu. Kami belum menemukan kajian akademiknya. Mereka justru menggantinya dengan mata pelajaran baru yang bernama prakarya. Pada akhirnya banyak masalah yang terjadi di lapangan. Guru TIK dilatih menjadi guru prakarya pada diklat kurikulum 2013.Dengan keluarnya permen 68 ttg peran guru tik kami berharap pembelajaran TIK di sekolah lebih baik lagi. Namun ternyata jauh panggang dari api. Banyak guru TIK dan KKPI di PHK karena tdk linier sarjananya. Guru TIK justru dialihkan jadi pembimbing TIK semacam guru BK di sekolah yang punya peran membimbing siswa, memfasilitasi guru, dan memfasilitasi tenaga kependidikan lainnya di sekolah. Dengan peran itu semakin sulit bagi kami memberikan materi TIK secara terstruktur dan sistematik.Dari informasi kawan kawan guru TIK yang ikut diklat kur2013, materi tik diberikan waktu minimal 1 jam pelajaran. Hal inilah yang sedang kita perjuangkan agar materi TIK diberikan selama 2 jam per minggu seperti di KTSP 2006. TIK kembali jadi mata pelajaran tersendiri.
http://wijayalabs.com/2014/11/24/anies-baswedan-dan-perjuangan-guru-tik/
7. Pelajaran TIK seperti apa yang Bapak harapkan di sekolah?
Kami mengharapkan pelajaran TIK yang terus menerus mengikuti perkembangan zaman. Materi internet dan etika berinternet terus dikembangkan. Pengolah kata dan pengolah angka masih tetap diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Anak anak harus dikasih materi membuat materi presentasi yang efektif dan mampu menciptakan informasi di internet.Blog dapat dijadikan salah satu media bagi siswa untuk belajar menulis dan menciptakan informasi. Guru TIK bisa bekerjasama dengan guru matpel lainnya seperti guru bahasa Indonesia dan Matematika, serta IPA. Pada akhirnya pelajaran TIK yang diberikan mendukung mata pelajaran lainnya. Artinya TIK sebagai tools atau alat bantu terasa manfaatnya, namun TIK sebagai sains atau ilmu pengetahuan juga harus dikuasai siswa sehingga mereka tahu urgensi TIK dalam pembelajaran. Pondasi TIK sudah kuat karena diberikan semenjak SD, SMP, dan SMA/SMK. Sehingga ketika di perguruan tinggi perkembangan ilmu TIK siswa semakin mantap dan pada akhirnya mereka bisa jadi pemain di bidang TIK.
8. Seberapa sering Bapak menulis di blog? Selain blog, adakah media lain yang digunakan, menulis buku misalnya?
Saya menulis di berbagai blog hampir setiap hari dan paling sering menulis di media sosial facebook. Dari kegiatan menulis di blog sdh terbit 8 buah buku, yaitu buku mengenal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yuk Kita Ngeblog, Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya, Mewnjadi Blogger Handal di Era Global, Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, Buku TIK kelas 7, Buku TIK kelas 8, dan Buku TIK kelas 9.
http://wijayalabs.com/sinopsis-kata-pengantar-buku-terbaru-omjay-guru-tangguh-berhati-cahaya/Kebetulan saya juga mengelola beberapa group facebook.
Facebook Group Ikatan Profesi guru Indonesia, https://www.facebook.com/groups/ikatanprofesiguruindonesia/
Fb Group KSGN, https://www.facebook.com/groups/gurublogger/
Fb Group Komunitas guru TIK dan KKPI, https://www.facebook.com/groups/kgtik/
fb group guru blogger indonesia. https://www.facebook.com/groups/gurubloggerindonesia/

9. Jika ada tambahan informasi yang ingin disampaikan, silakan saja ya, Pak.. 🙂

Saat ini sedang ada lomba menulis dan ngeblog di KSGN, Berikut infonya:

KSGN Kembali mengadakan lomba blog dengan tema “GURU dan RAMADHAN”. Sebuah artikel yang dibuat untuk menuliskan kisah nyata guru di bulan suci ramadhan. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu artikel saja.

Tulisan di blog dikirimkan URL Linknya ke fb group KSGN dan email wijayalabs@gmail.com. Jumlah kata minimal 500 kata dan harus ada foto dalam blog, dan menuliskan KSGN minimal 5 kali dalam tulisannya.

Lomba blog mulai berlaku hari ini, Senen, 29 Juni 2015 sampai tanggal 29 Juli 2015. Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah domain dan hosting dari https://www.skyhosting.me/ dan hadiah kejutan lainnya.

http://wijayalabs.com/2015/07/07/lomba-blog-ksgn-periode-29-juni-2015-sampai-tanggal-29-juli-2015/

Semoga jawaban omjay bermanfaat

http://wijayalabs.com/about/

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi