Guru Supermen dan Guru Superteam


Guru Supermen atau superteam?

Guru Supermen atau superteam?

Guru Supermen atau Guru Superteam? Tentu anda akan bertanya kepada saya bila membaca judul di atas.

Ada dua jenis guru. Guru yang bekerja untuk dirinya sendiri, dan guru yang bekerja dalam semangat gotong royong.

Guru yang biasa bekerja untuk dirinya sendiri biasa disebut supermen. Dia mengganggap dirinya serba bisa dan hebat dari guru lainnya. Padahal ilmu padi itu menunjukkan, semakin berisi semakin merunduk. Guru supermen selalu menganggap dirinya adalah manusia paling benar dan paling pintar.

Guru yang bekerja dalam semangat gotong royong tidak begitu. Baginya hidup untuk melayani sesama. Kolaborasi dipupuk untuk saling melengkapi dan menyayangi, karena tiada manusia yang sempurna. Hatinya tertuju kepada kebersamaan dan kemesraan. Dia bahagia selama hidupnya.

Guru supermen dan guru superteam dengan mudah kita temui di sekolah-sekolah kita.

Guru supermen ingin selalu dilayani, dan bicaranya seperti anggota DPR yang tertangkap kamera merekam dirinya. Jas safari seragamnya menjadi pertanda bahwa dia berpikir seragam tentang masalah pembelajaran. Kreativitas dipahaminya dengan makna yang homogen. Bila tidak sama, maka tak masuk dalam golongannya. Begitulah kira-kira saya mengandaikannya.

Guru superteam sangatlah berbeda. Baginya, dia hanya rakyat biasa yang malu bila terekam kamera. Jarang pakai seragam pemikiran bila tak diperlukan. Pikirannya liar melihat heterogennya masalah pembelajaran. Baginya perbedaan adalah teman diskusi dan menjadi ajang untuk saling melengkapi dan menghormati. Kolaborasi adalah kunci untuk mencapai kesuksesan.

Guru supermen lebih suka bekerja sendirian, dan guru superteam lebih senang bekerjasama untuk mencapai tujuan.

Pelayanan kepada sesama harus didahulukan, dan itu seyogyanya menjadi ranah penting dalam profesi guru yang ingin menjadi guru tangguh berhati cahaya.


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

March 2015
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi