Curhat Guru TIK dan KKPI di Seluruh Indonesia

Foto para pejuang AGTIKKNAS

Foto para pejuang AGTIKKNAS

Adakah dari teman2 di sini yg mendapatkan perlakuan yg kurang menyenangkan dari pimpinan sekolah seperti tdk mendapatkan jam mengajar dll krena matpel tik dan kkpi dihilangkan dlm kur 13? Saya akan lsg laporkan ke pak mendikbud dan anggota dpr komisi x . Bila anda takut identitas diketahui publik bisa sms omjay atau inbox omjay di fb

  • Ristanto Renaldy Klo saat ini kmungkinan blom ada yg sampai nol jam krn masih mengajar sampai tahun ajaran baru besok…klo perlakuan kepsek yg merupakan imbas dr kur13 ini jelas ada om Jay..
  • Pak Us nanti dulu pak, lihat2 situasinya
  • Slamet Sudarto Budiono gmn pak wijaya kalai kekurangan ngajar tik ditampah mampel lain? masalah mapel lain invalid.
  • Andi Pati #merasa seperti korban K13
  • Raden Mas Antawirya ada rasan2 …
    mulai tahun ajaran baru 2014/2015 … cuma mengajar kelas 9/
    katanya atas petunjuk Pengawas
  • Ristanto Renaldy Raden Mas Antawirya, memang demikian adanya pak, sama ….
  • Gufrial Sofyan Sebaiknya begitu, ngajar mapel tidak linier bagi yg sudah sertifikasi
  • Lheny RN Aquarius ktx tgl thn depan kls 9 tik. Trus thn depanx kt mau apa pak? Klo ditawari prakarya bgmn? Sy tdk mau trima takutx melawan atasan. Apa yg harus sy lakukan. Tolong jwb yah pak.
  • Gufrial Sofyan Masih beerjuang
  • Taufik Hikmat Munandir disklh sy thn dpn kls 8 sdh prakarya krn melanjutkan kls 7 nya, jd hnya tinggal kls 9 (9 rombel = 18 jam) guru sertifikasi TIK 2 orang…gmn cara baginya ya? om jay kali bisa bagi2 jam hehe
  • Wijaya Kusumah saya menerima amanah menjadi guru prakarya dan terus memperjuangkan agar matpel tik dan kkpi kembali dlm struktur kurikulum sekolah. pimpinan saya mendukung perjuangan ini. dari masukan yg disampaikan pak musliar kasim,wakil menteri tdk ada guru yg dirugikan dan kita ingin buktikan pernyataannya itu. visi dan misi agtikknas mengembalikan tik dan kkpi dlm kurikulum dan kita bergerak secara nasional
  • Yohan Adi S Bagi yg sertifikasi agak berat soalnya d dapodik guru bersertifikasi tdk akan d akui d prakarya. Kalau saya blang krn tdk boleh mengajar d prakarya d sistem dapodik ya saya tetap d tik mesti hanya 18 jjm (blum surti saya).
  • Try Harmanto Kalau di sekolah saya, tahun ajaran depan tinggal 10 jam dengan 2 orang guru TIK sertifikasi. Kami mau disuruh ngapain lum jelas. Jadi saat ini lum ada gambaran tentang tugas mengajar utk thn ajaran baru.
  • Agus Wahyu Wibowo Masih pak, blm tau tahun depan, dr smua yang ada, apakah sudah ada yg mendapatkan penjelasan lengkap dari kurikulum baru? Apakah pendidikan hanya mau di uji coba? Kurikulum gonta ganti dan setiap ganti blm ada sosialisasi dan kesiapan semua infrastruktur, tolong dech kpd yang bisa berbicara kpd penguasa negara, kumpulkan 14 orang guru cerdas tuk menata pendidikan, dulu guru kita dibeli malaysia, kini kita diperbudak malaysia, mau jadi apa negara ini selanjutnya?
  • Muchammad Choiri mungkin disini saya adalah guru termuda dan terimut..hehehehe….satu tahun sudah saya mengajar TIK di sekolah dasar..dan alhamdulillah saya dapet jam ngajar 24 jam, karena baru usia saya mengajar saya selalu dibilang yaa tenang-tenang aja dulu belum juga dua tahun…tpi saya nggk ngotot banget2 seh utk hal2 yg seperti itu karena ya itu usia saya masih dini utk itu…dan alhamdulillah sekolah saya memberikan kebebasan utk beraktifitas dengan teknologi dan selalu difasilitasi cuman ya itu klo labkomp sangat memprihatinkan..setiap bertanya jawabannya..dananya belum ada..mau ngotot hitung-hitungan dana percuma juga…jadi ya…ngikutin aja dech utk yg satu itu…asal jangan di hapuskan saja Matapelajaran TIK di sekolah saya…klo itu dihapus atau diintegrasikan atau apa pun hasilnya klo disekolah sudah tdk ada TIK…. waduh bisa pulang kampung..sambil nutup mata..hehehe…
  • Oman Abdurrohman Seluruh Komputer saya di Lab sudah dijual om jay karena kepseknya bilang mapel TIK sudah tidak ada lagi tau deh hrs gmn, dah disekolah tsb sy sertifikasi hadoh pusing deh jadinya….
  • Yohan Adi S Pak Oman Abdurrohman berada d sekokah negeri atau swasta?? Jika d negeri itu melanggar aturan tentang asset bisa d laporkan tuh.
  • Oman Abdurrohman kalo pokok utk sertifikasinya di swasta tapi kalo tambahan honornya di negeri Pak Yohan Adi S cuma khan sangat berpengaruh utk posisi sertifikasi saya dan ini merupakan imbas dari K13 krn alasan kepsek ntu tadi di K13 sdh tidak ada lagi Mapel TIK….
  • Ilda Haliq sejak kabar mapel TIK dihilangkan,lab.komputer kami sdh dijadikn gudang di sklh,komputer hbs dah di bagi-bagi
  • Taufik Elhasybuani alhmdlh belum menerapkan k13 omjay. Pedalaman
  • Rasmauhur Saragih pak Jay: kita guru sertifikasi TIK ada 4 orang
    dengan latar belakang TIK hanya saya,,,
    yang 3 lagi dari latarbelakang lain hanya saja sertifikasinya TIK,,,
    tahun depan kita tinggal 12 jam per orang utk TIK selainnya prakarya seperti yang diusulkan k13,,,
    gimana dong?
    sementara klw prakarya tidak liner di dapodik,,pasti ada masalah dengan sergur,,mohon penjelasannya,,,trims
  • Ernezt Maniest Juragan Telo berhubung sudah akan segera menerapkan KUR13 mapel TIK tidak ada dan sisa jam digunakan guru yang sertifikasi maka saya diberi jam ketrampilan di klas 7 sebanyak 6jam JJM minimal untuk di dapodik.
  • Gufrial Sofyan Sebegitunya ya. Peralatan saja sdh dijual dan dibagi-bagi. Prihatiiiiiiiiin
  • Boy Nurkamal Byonic Sptnya thn ajaran baru 2014/2015 hampir semua guru TIK/KKPI ada perubahan jam ngajar, kita lihat aja Om Jay
  • Amin Thohari kalau dah pn dah enak..kasihan tmn2 swasta
  • Wijaya Kusumah terima kasih masukannya saya menjadi lebih paham dampak matpel tik dan kkpi dihapuskan dalam kurikulum
  • Aris Ayahanda Silmy-Salma tahun depan mungkin hnya 6 jm ngajar TIK + 12 jm tugas kpla lab.
    Jdi kurng dr 24 jm. sertfksi kgk bklan cair lagi… 

    Skng dkasih tugas ngjar mapel PKn 27 jm tp ga linier sma sertfksi n S.1 nya…. 
    Jd harus kuliah lgi d PKn…

    uang srtfiksinya klo cair buat biaya kuliah…. trs kita & anak2 mo makan gmn????? diskolah ga dikasih honor lgi krna suda ada dr sertifikasi katanyaaaa….. kacauuuu….
  • Lilis Juwita – Semester Genap Tahun Pelajaran 2011-2012 saya diminta “berbagi” jam mengajar TIK dengan Seorang Staff TU (Honorer) yang beralih menjadi Guru dengan alasan untuk meningkatkan “kesejahteraannya”.
    – Semester Ganjil-Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 saya melihat SK KBM jumlah jam saya berkurang dan Jabatan Kepala Lab Kom pun berpindah kepada Staff TU tersebut (Tidak berani protes karena saya kira SK tersebut cuma SK untuk keperluan yg bersangkutan mengajukan Sertifikasi) dan ternyata berlaku di KBM yang sebenarnya.
    – Semester Ganjil-Genap Tahun Pelajaran 2013-2014 saya hanya mendapatkan 6 JP TIK di kelas XII dan 22 JP Seni Budaya, bukan hanya itu yang membuat saya down, Ujian Praktek pun bukan saya yang mengujinya, selain itu ada semacam Uji Kompetensi Komputer bersertifikat kerja sama dengan sebuah lembaga pendidikan komputer (lagi-lagi) diselenggarakan tanpa konfirmasi dgn saya sebagai Guru Mata Pelajaran TIK di kelas XII. Hiks sedih ya… 
    – Ternyata sebelum K13 berlaku saya sudah tereleminasi, bagaimana kalo mulai diberlakukan K13 ? Terkubur Ijazah S1 IT saya, Sertifikasi TIK saya Lebih sedih lagi siswa mengenal saya sebagai guru Seni Budaya bukan Guru TIK seperti yang tercantum dalam SK PNS saya
  • Agus Nisfan Sekolah yg sdh menerapkan k13, terutama yg memilki guru tik lebih dr 1 Dan semuanya sdh sertifkasi, maka hy 1 guru yg terpenuhi Jjm. Guru tik yg lain diarahkn URL mapel prakarya. Krn pd saat itu Ada info Bhw Selamanya 2 th guru tik diperbolehkn mengajar mapel lain Dan sertifkasi tetap cair. Selamanya 2 th hrs sdh sertifkasi ulang utk mapel br, jk tdk bs mk sertifkasi hangus utk th ke-3 dst. Apakah info Ini benar? Krn skg Aja jjm dapodik tdk linier, mk tunj profesi tdk Akan cair. Tik+prakarya = tik ( prakarya tdk linier ). Adakah yg py info utk menjelaskan Hal Ini?
  • Arif Roby Ismanto sementara ini masih dapet jam ngajar… tpi kalau memang dah hilang sma sekali mapel tik saya udah siap-siap berhenti aja jd guru TIK. cari yng lain diluar sana
  • Agus Nisfan Info yg simpang siur dan berubah ubah Tanpa Ada kepastian itu yg menjadi tdk jelas. Kl dr awal dijelaskan hrs tetap ngajar tik maka dr awal Kita tdk perlu ikut bimtek k13 krn sdh salah sasaran Dan pemerintah hy buang2 biaya.
  • Hobirudin Zainal yang jelas di tempat saya……pimpinan sangat acuh dan tidak peduli akan kegelisahan kami……..om jay
  • Denswury Setyaningsih Di skulku tgl 2 j tik.krn hanya tinggal 1 kls.sy dah sertifikasi tp sy juga ngampu kkpi di smk tp jg dihapus trs msti gmn?di smp selain ngajar tik jg prakarya dan itu ga linier.apakah bsk jg hrs ppg lg atau bs ganti sertifikatnya???atau gmn solusinya om…
  • Anang Masturi Denger2 guru tik/kkpi akan di buat seperti guru BK. bener gak Bang Jay?
  • Kiki Rachmat Nugraha ada om jay…contohnya saya….keberadaan saya sudah tidak diperhatikan..dalam arti kata..jika sekolah ada urusan/kegiatan yg berkaitan dengan TIK..saya tidak dilibatkan/diabaikan…bahkan dengan penuh semngat kepksek meminta saya untuk segera mencari sekolah lain atau cepet2 pindah sekolah….
  • Gufrial Sofyan Efek dari ketidakjelasan menyebabkan terjadinya perlakuan yg tidak nyaman bagi guru TIK
    11 jam · Batal Suka · 2
  • Eko Siswanto tidak ada alasan untuk menghilangkan hak2 guru tik di k13
    10 jam · Batal Suka · 1
  • Gufrial Sofyan Pak menteri seharusnya sdh dpt laporan mengenai nasib guru TIK
    10 jam · Batal Suka · 1
  • Masprayit Onorayo Saya tidak memprovokasi, tetapi bagi guru TIK yang nyampi OPS kalau sampai mendapatkan perlakuan yang tidak nyaman pasti dia akan menggunakan senjata Pamungkasnya………………
    9 jam · Batal Suka · 1
  • Mahyu Danil gimana mau ada jam lg om Jay, wong mapel tik/ kkpi dihapuskan, jd ngajar mapel apa om???????
    9 jam · Batal Suka · 1
  • Wijaya Kusumah saya menjerit membaca komentar teman2 semua dan saatnya kita bersatu untuk menyuarakannya. jangan diam dan mari kita perjuangkan agar matpel tik dan kkpi kembali dlm struktur kurikulum.
    8 jam · Batal Suka · 5
  • Jack Ashter mantabs omjay,
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Jack Ashter KepSek sya juga mendukung visi misi AGTIKKNAS
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Ernezt Maniest Juragan Telo Dimana peran PGRI saat anggotanya terdzolimi seperti ini.
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Eko Siswanto pgri tidur ngorok..
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Haris Abidi Betul. Peran PGRI Tidak optimal.. yg optimal iuran bulanan. Kalau yg saya alami, saya disarankan oleh sekolah untuk siap2 mutasi. Tapi saya mau lihat dulu perkembangannya seperti apa. Setelah pilpres.. ganti presiden ganti mentri KUTIL(K13) ga jadi berlaku #maunya_sih
    8 jam · Batal Suka · 2
  • Harimurti Setyaningsih mutasi?, emangnya yg mo dimutaseni ada n mau?, enak aja ya
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Agus Nisfan Kl mutasi ke SMK , trus guru2 di SMK mo dikemanakan? Itu namanya jeruk MAKAN jeruk!
    8 jam · Batal Suka · 1
  • Haris Abidi Betul sekali. Mutasi bukan solusi. TIK ada dikurikulum itu yang PASTI. Pa mentri harusnya pake slogan penggadaian…. MENGATASI MASALAH TANPA MASALAH jangan nambah masalah, meningkatkan mutu pendidikan pake cara yg elegan jangan kesewenang-wenangan. Maju terus…#saveTIK_KKPI
    7 jam · Batal Suka · 1
  • Ristanto Renaldy Iya om Jay, saya jg sangat terpukul setelah membaca komen kawan2 …ternyata sangat memilukan n sangat merugikan para guru TIK maupun KKPI. Jd ini jelas bukti nyata klo kur-13 telah merugikan pihak guru blom lg pasti merugikan siswa. Klo kemendikbud mengatakan “Tidak ada pihak yg dirugikan termasuk gurunya” itu semua OMONG KOSONG….!!!#save TIK / KKPI
    7 jam · Batal Suka · 1
  • Wijaya Kusumah jangan menyalahkan organisasi guru. sebaiknya kita atur strategi agar pemerintah menyadari kesalahannya dan mengembalikan tik dan kkpi ke dalam kurikulum. kami merangkul semua organisasi guru dan saling bersinergi. dengan bersatu dan tdk saling menyalahkan membuat agtikknas menjadi organisasi besar dan memayungi mgmp tik dan kkpi di seluruh indonesia. misi kami saat ini adalah menghidupkan kembali mgmp tik dan kkpi yg mati suri di setiap daerah.
  • Aris Syah Abyx Tyo Masamba sulsel mendukung sepenuhx om Jay..
    7 jam · Batal Suka · 1
  • Aris Syah Abyx Tyo Thn ajaran baru nnti, sekolah sy jg akan menerapkan K-13..
    Entah apa yg akan trjadi dg sy n tmn2 guru TIK d sekolah sy ini…
    7 jam · Batal Suka · 1
  • Wijaya Kusumah sebelum itu terjadi, segera hidupkan kembali MGMP TIK di daerah anda. Jadilah pelopor kebangkitan guru TIK di daerah anda masing-masing
  • Hilmi Muhamad sy honorer belum sertifikasi pula, apa mau dikata… di sekolah lebih di prioritaskan yg sdh sertifikasi atau PN
    5 jam · Batal Suka · 1
  • Jack Ashter sekolah sya dah menerapkan dari thun ajaran kmren pak……….tpi metodenya pun jg masih sma yaitu KTSP.
    5 jam · Batal Suka · 1
  • Jack Ashter pak Kiki Rachmat Nugraha, jenengan daerah mana pak? dah PNS blum? kok Kepseke kejam gthu.?
    3 jam · Batal Suka · 1
  • Lenny Zacozi Sedih saya mendengar comment kawan2…sama nasib kami di solok padang sumatera barat..malah yang parahnya MGMP nya ndak jln lagi…dan segala hal yang ada kaitan dgn pelajaran TIK pasti jawabnya…ya udah Tik udah mau ilang…mau kemana kami para guru2 tik …#oh pak menteri….
    3 jam · Batal Suka · 2
  • Wijaya Kusumah segera hidupkan kembali MGMP TIK dan KKPI di daerah, ajak teman lainnya yg senasib untuk bergabung. berikan surat pernyataan sikap AGTIKKNAS, dan upayakan ada perwakilan dari tiap daerah utk hadir dalam seminar nasional agtinnas pada Sabtu, 26 April 2014.
    2 jam · Suka · 2
  • Lenny Zacozi Oke pak….mudah2an AGTIKKNAS memperoleh hasil yang memuaskan….amin hidup AGTIKKNAS….
    2 jam · Suka
  • Kiki Rachmat Nugraha kang jack…bandung…saya pns..maklum kepsek nya paling pintar sedunia….
    2 jam · Suka
  • Jack Ashter wah kok hebat bgt kang kiki kepseknya,? emnge yg gaji dia apa? kok ngomong seenak udel e dewe wae
    1 jam · Batal Suka · 1
  • Kiki Rachmat Nugraha .perlu 1001 malam buat cerita tntang kehebatan kepsek saya itu….#parah.com…..
  • Ristanto Renaldy Hebat sekali om Jay ini….saya sangat setuju n sependapat, selalu berpikiran positif n mengedepankan solusi
  • Jack Ashter kmren ja sya share sma KepSek. soal kbradaan AGTIKKNAS beliau malah mendukung kok. kmren jg saya share di grup ini kang kiki
  • Wijaya Kusumah jangan khawatir, sdh banyak pengawas dan kepala sekolah yg mendukung kegiatan agtikknas ini, dan jangan takut melaporkannya bila anda mendapatkan perlakukan yg kurang menyenabngkan sebagai guru tik dan kkpi. Kami akan melaporkannya lsg ke mendikbud dan komisi x dpr
    • 9 jam · Batal Suka · 2
    • Jack Ashter ya OmJay, kmren waktu sya share jawaban KepSek sya juga enjoy. malah mendukung sgala visi misi AGTIKKNAS. kmren emng saya share smua realita yg ada. beliau juga ok
      9 jam · Batal Suka · 1
    • Mahlan Bae’ Fakta yang terjadi di lapangan tidaklah semudah yg dipikirkan oleh kemdiknas… apalagi negeri ini kan bawahan selalu terima instruksi mentah2..asal diri sendiri aman !!!!!
      9 jam · Batal Suka · 1
    • Jack Ashter se 7 pak Mahlan Bae’, SRagene Pundhi boss? nie sya Ngawi
      9 jam · Batal Suka · 1
    • Mahlan Bae’ Sragen kota mas brow…sidomulyo (rsud) depannya. Tp makaryo di jkt
      9 jam · Batal Suka · 1
    • Jack Ashter ouw……kirain jg di sragen pak. tak silaturahim klo sragen. he………..dket
      9 jam · Batal Suka · 1
    • Lilis Juwita Om Jay, saya malah sering kali ikut MGMP di SMA/SMK sampai berkenalan dengan IGI, dengan Om Jay pun karena saya mengenal teman-teman saya yg di lingkungan kemendiknas, dan itu dilakukan secara mandiri, kadang Kamad sendiri sering kali hanya menerima laporan kalo saya mengikuti semua kegiatan. karena kebanyakan Guru TIK di MTS dan MA itu berlatar PAI (Pendidikan Agama Islam) atau dari Tadris STAI, Bersyukur saya bergabung dengan Agtikknas tapi sejauh ini saya juga belum bertemu teman di Aktikknas yang mengajar di Madrasah
      9 jam · Batal Suka · 2
    • Mahlan Bae’ @ Jack Asther.. nek Juni libur panjang suwe nang omah. Tiap bulan muleh kok mas brow. Ngawi ne ngendi?
    • Kiki Rachmat Nugraha .kata saya kepsek saya itu trpintar sedunia…
      8 jam · Batal Suka · 1
    • Taufik Elhasybuani saya termasuk guru tik berlatar belakang pendidikan agama islam.
      8 jam · Batal Suka · 3
    • Jack Ashter Mahlan Bae’@ Perbatasan Jateng-Jatim
      8 jam · Batal Suka · 1
    • Lilis Juwita Pak Taufik Elhasybuani ngajar di mana ?
      8 jam · Batal Suka · 1
    • Taufik Elhasybuani bu Lilis Juwita saya ngajar di smp, dikarnakan guru berltr belakang tik tidak ad. Maka kepsek menugaskan saya ngajar tik. Berbekal sertifikat wkt kuliah. Jg pengalaman sbg asisten lab kom d kampus. Saya memberanikan diri mengajar tik. Kashan melhat anak2 kami tak kenal dngan komptr. Jg komptr yg ada d awal tahun 2009 di museumkan, akibt tidak adanya guru yg bisa mengajarkan.
      8 jam · Suka
    • Taufik Elhasybuani betapa menikmatinya anak2 kami. Sbg guru PAI saya tinggalkan untk jd guru TIK untk anak2 kami penerus masa dpan. Lebh kejam *mereka* dr nippon. Voc.

      Foto Taufik Elhasybuani.
      8 jam · Suka · 1
    • Lilis Juwita wah sayang sekali ya kalo komputer sampe dimusiumkan
      8 jam · Batal Suka · 2
    • Taufik Elhasybuani ketika saya bertahu TIK akan dihapus. Mereka semua kecewa dan marah!

      Foto Taufik Elhasybuani.
      8 jam · Suka
    • Taufik Elhasybuani alhmdlh sekarang tdk adalg yg d museumkan kepsek kami kooperatif.berbekal ilmu yg saya miliki km perbaiki satu persatu.
      8 jam · Batal Suka · 2
    • Lilis Juwita TIK memang mata pelajaran yang ditunggu siswa, Lalu ada wacana bila Guru TIK yg berlatar bukan TIK akan dikembalikan ke mata pelajaran aslinya, gimana tuh ?
      8 jam · Batal Suka · 1
    • Taufik Elhasybuani g masalah. Meski 5 thun blakangan saya selalu ngjar tik. Karna bukan sertifikasi tujuan saya mengabdikan diri pd dunia pendidikan. ASALKAN TIKNYA aja jangan di HAPUS. Soal saya di hapus jd guru tik tak masalah karna akan lahr ribuan penggantinya. Bhkan siswa saya yg lulus 2010 kbrnya bnyak yg ambl jurusan KOM.
      8 jam · Batal Suka · 1
      Jupri Adin Saya guru TIK yang sudah sertifikasi, walaupun TIK bukanlah jurusan saya. namun terlanjur saya mencintai Teknologi yang saya geluti 15 tahun mengajar TIK di tingkat SMP, sekarang K13 diberlakukan TIK dihapus sebagai matapelajaran saya pusing dengan kebijakan ini, dan bertanya “Apakah yang menyusun dan menetapkan K13 ini” mungkin mata hatinya sudah tertutup? kalau ya, maka hal ini sesuai dengan Al Quran surat Al Baqara ayat 7 dan 10

33 Responses to “Curhat Guru TIK dan KKPI di Seluruh Indonesia”

  1. Wijaya Kusumah says:

    bagi yg belum daftar jadi anggota agtikknas dapat klik http://agtikknas.org/data/form-pendataan/

    salam
    omjay

  2. Winarna says:

    Untuk teman-teman guru KKPI dan TIK, kita menunggu saja hingga pergantian presiden. Saya yakin menteri pendidikan pasti diganti karena tidak pecus mengambil solusinya. Pada kabinet baru nanti menteri pendidikan yang baru semoga melek IT dan tuntutan kita dikabulkan. Amin.

  3. Winarna says:

    Saya satu satunya guru kkpi di sekolah dan sebagai admin, bisa dibayangkan seandainya saya pindah ke sekolah lain, siapa nanti yg akan mengurusi PDSS, verval, Dapodik dll yg selama ini sy kerjakan. Karena tdk ada guru yg bisa menggantikan sy, bagaimana dengan nasib teman teman guru dan siswa sy yg akan melanjutkan kuliah kalau tdk ada yg mengurusi: walaupun salama ini pihak sekolah tdk mengasih uang minum tapi sy kerjakan dengan senang hati demi masa depan penerus bangsa ini. Serba salah saya untuk mengambil keputusan. Sy mengajar KKPI semenjak pelajaran ini ada, sebelumnya sy mengajar kria tekstil dan nirmana dari thn 1996 sementara S1 sy DKV. Saya disuruh ngajar kkpi karena tdk ada guru yg bisa komputer saat itu. K13 ada berantakan semua dan bisa dipastikan prodi di SMK banyak yang tutup karena tdk ada gurunya ;(;(;(

  4. kasminarti says:

    aslmualaikum pk, smoga bpak selalu diberkahi Allah, Swt dan sehat lahir bathin , begini pak saya mau informasikan saya sudah lulus ukg dan beberapa waktu lalu nama saya sudah dicantumkan sebagai peserta sertifikasi namun sekarang sudah dihapus karena bukan berlatar belakang tik, padahal sejak saya CPNS SK saya sebagai guru TIK smpai sekarang, saya merasa di rugikan kenapa ijazah saya yang dipermasalahkan karena ijazah S1 saya teknik elektronika konsentrasi komputer, ini seperti proses menerima PNS baru kembali karena harus melihat ijazah. padahal selama ini kita di SK kan pemerintah secara resmi mengajar TIK, saya mintak tolong pada bapak agar menyampaikan aspirasi saya ini saya yakin banyak guru tik yang tidak berlatar belakang ijazah komputer murni karena belum ada perguruan tinggi negeri dimasa saya yang mengeluarkan tamatan Pendidikan TIK, makanya ijazah saya masih bergabung dengan teknik elektronika padahal materi kuliah kami lebih separuh materinya TIK..boleh dilihat transkrip nilai yang ada konsentrasi TIK dicantumkan, sayang nya transkrip nilai kami tidak diminta sewaktu mengumpulkan bahan kelengkapan PLPG… terus terang saya dirugikan sekali pak…terus bagaimana nasib kami yg bukan latar belakang TIK ini, DIHAPUS DARI DAFTAR SERTIFIKASI sangat menyedihkan sekali pak…mohon sampaikan ketidakberdayaan kami pak…terimakasih wassalam.
    BANYAK GURU YG BIDANG STUDINYA DI IJAZAH A..MENGAJAR BIDANG STUDI B…KARENA SERTIFIKAT PENDIDIKNYA B… TETAP MENDAPAT TUNJANGAN…??? YA KHAN KOK SAYA TIDAK DIBERI HAK IKU SERTIFIKASI TIK SK CPNS SAYA TIK MENGAJAR SELAMA INI JUGA TIK????

    1. Wijaya Kusumah says:

      saya akan sampaikan informasi dari anda

  5. abdul says:

    saya kembali ke pekerjaan awal saja, jadi petani…

  6. mkhadziq says:

    mestinya sertifikasi itu untuk yang linier tapi saya sudah terlanjur tik basis fisika dan harus kembali ke fisika walaupun nantinya TIK kembali ke kurikulum bagaimana solusinya ini???

    1. Wijaya Kusumah says:

      solusinya kembalikan dulu matpel tik ke dalam kurikulum, lalau guru tiknya disekolahkan, dan materinya diberikan sesuai perkembangan terbaru.

  7. M. IQBAL says:

    Ass. Om jay, kami yang sudah sertifikasi TIK, diarahkan oleh kasi kurikulum dinas dikpora kota bima untuk mengajar mata pelajaran prakarya dengan diberlakukan Kurikulum 2013, Begini pendapat beliau saat pertemuan dengan guru SMA Swasta se-kota Bima ” Bagi guru yang mengajar TIK, TIK akan mati dengan sendirinya diganti dengan mapel Prakarya dalam kurikulum 2013″, kebijakan kasi kurikulum dinas dikpora kota bima ini merugikan kami guru TIK se-kota Bima, malah kami yang sudah sertifikasi tahun 2013 tidak diakui untuk mendapatkan Tunjangan sertifikasi thn 2014. Setelah dikonfirmasi lagi dengan Kasi Kurikulum Dinas Dikpora Kota Bima, bahwa bagi guru TIK yang mengajar Mapel Prakarya tidak diakui lagi. Kebijakan macam apa yang sangat merugikan kami yang sudah mengabdi lama mengajar TIK di SMA tiba-tiba disuruh mengajar prakarya, malah wakasek kurikulum disekolah kami tidak tahu apa-apa tentang kurikulum 2013, mohon ditindaklanjuti untuk dilapor ke pak menteri

    1. Wijaya Kusumah says:

      siap saya laporkan!

  8. toto pribadi says:

    Dengan hormat,

    Kepada seluruh guru TIK bersabarlah dalam menghadapi perubahan kurikulum. Pasti semua ada jalan pmerintah akan memberi kebijakan untuk Guru TIK sebagai dampak perubahan kurikulm dan Pelajaran TIK masih perlu bagi anak dalam rangka mengemangkan Ilmu pengetahuan teknologi bagi siswa sesuai dengan Bidang study masing masing.

    Demkian yang bisa saya sampaikan

    Guru TIK SMP swasta Gresik

  9. achmaddin harahap says:

    Ass.wr.wb.
    Pak Jay, smpai skrg sy msh tak msuk akal dngn adnx kur.2013 mapel TIK d tiadakn. Tp yg jd prmslhn mngp d PLPG 2014 msh sertifikasi TIK. Jd kr2 nak d bawa kmn?
    Thanks

  10. suwito says:

    OM JAY…sy ngajar ketrampilan, sertifikat juga keterampilan. krn bentar lagi di ganti prakarya apa otomatis boleh pindah ngajar prakarya ? ato ada ketentuan lain ? aku ngajar smp

    1. anda says:

      gimana om udah ada solusi belum untuk sertifikasi keterampilannya, saya juga mengalami hal yang sama ?

  11. ai nopiyanti says:

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pak Jay waktu plpg dulu kita satu kelas di UNJ, dan latar blkng S1 kita sama dari pend. Teknik elektro, saya bingung dgn nasib saya setelah 2 th. Ke depan, katanya guru TIK yg tdk linier kualifikasi pendidikannya hrs disertifikasi ulang, dan kepala MTs. Malah menganjurkan saya untuk kuliah lg agar saya memiliki kualifikasi pendidikan berlatar blkng TIK. Hadeuuhhhh ko jd gini ya,, tolong dong Pak Jay hrs gmn nihhh

    1. gurid says:

      Senasib, bu. Saya D3 Ketrampilan Teknik, S1 Matematika, Sertifikasi TIK. Kalo disuruh kuliah lagi ibu dapat 2 x S1 = 2 kali kuliah, sementara saya dapat 1 x D3 + 2 x S1 = 3 kali kuliah. Ya Allah… kuatkanlah.

  12. Ade Suryana says:

    Pemerintah itu membuat kebijakannya hanya untuk membuat bagaimana untuk mengadakan proyek!!!!!!!!!!!!!

  13. Ass. Bapa/Ibu, rekan-rekan Guru TIK, sekedar sharing aja, karena Bapak/Ibu juga pasti sudah dapat info bahwa ada peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan terbaru yang mengatur masalah guru TIK, yaitu Permendikbud No 68 tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.

    Guru TIK dalam kurikulum 2013 di SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pembimbingan dan pelayanan TIK terhadap peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan.

    Pasal 2 tercantum:
    G u r u TIK wajib memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (DIV)dalam bidang teknologi informasi dan memiliki sertifikat pendidik dalam bidang TIK atau KKPI.

    Dalam Pasal 4 ayat 2 disebutkan:
    Beban kerja guru TIK melakukan pembimbingan paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan

    Dalam Bab IV pasal 6 Ayat 3 tertulis
    Guru TIK melaksanakan layanan bimbingan TIK kepada sesama guru pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam rangka:
    a. pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran;
    b. persiapan pembelajaran;
    c. proses pembelajaran;
    d. penilaian pembelajaran; dan
    e. pelaporan hasil belajar.

    Dalam Bab V ketentuan peralihan menegaskan tentang guru yang mengajar TIK namun tidak memiliki ijazah yang linear, masih bisa mengajar hingga Desember 2016 serta wajib sertifikasi ulang jika sudah memiliki ijazah yang linear.

    Permendikbud No 68 tahun 2014 ini sudah diakui dan terintegrasi dalam sistem Dapodik.

    Di sekolah saya guru TIK tidak lagi mengajar di kelas, posisinya seperti guru BP. Jumlah jam tidak lagi dipermasalahkan karena dalam pengisian DAPODIK guru TIK tidak dimasukan dalam rombel/kelas.

    Dalam isian Dapodik statusnya bukan lagi guru mata pelajaran, tapi dipilih/ceklis sebagai Guru TIK, otomatis akan linear bagi yang sudah sertifikasi TIK, persis seperti Guru BP/BK.

    Secara otomatis Dapodik akan memberikan rasio/jumlah siswa yang dibimbing masing-masing Guru TIK. Rumusnya: Jumlah Seluruh Siswa dibagi Jumlah Guru TIK. Kalo satu sekolah misalnya ada 600 siswa dan guru TIK ada 3 orang, berati masing-masing dapat 200 siswa. Bahkan kalo ada 4 orang guru TIK tidak akan rebutan jam lagi, masing-masing dapat 150 siswa. Kesimpulan: Guru TIK sekarang ini tidak ada kewajiban mengajar 24 jam lagi, jadinya aman, terkendali, nyantey, SKTP dijamin keluar.

    Nah, bagi rekan-rekan guru TIK yang sudah terlanjur/terpaksa pindah/dipindahkan ke mapel lain, ya tidak apa-apa, teruskan saja, tapi dalam isian Dapodik statusnya harus tetap sebagai Guru TIK kalo mau linear dengan kode sertifikasi/NRG sebelumnya.

    Update Dapodik ini paling lambat tanggal 20 September 2014. SKTP mulai terbit awal Oktober 2014.

    Mohon maaf, tidak ada maksud menggurui, sekedar berbagi info aja. Terima kasih.

    Wassalam.

    Guru TIK + Operator Dapodik SMPN 4 Ciamis

    1. rohimudin says:

      sebagai pemegang amanah janganlah membuat keresahan barang siapa yang telah membuat keresahan…. maka tunggu balasannya dunia akherat… naudubillah

  14. Sabina says:

    Sedih kalau dengar kayak begini. Gimana nasib pendidikan anak – anak kita.

  15. Kalau di sekolah kami katanya implementasi permendikbud no 68 masih menunggu arahan dari diknas, yang jadi permasalahan adalah tahun ajaran baru sudah berjalan, dan jam sudah masuk ke daopodik bulan september ini dan jam TIK yang tersisa hanya kelas IX (8jam pel), artinya sesuai sertifikasi tidak mencapai 24 jam, kalau ini jadi pembuat masalah TPP tidak cair, maka hak guru guru tik telah dirampas oleh pemerintah. boleh gak yach jadi pelanggaran HAM oleh pembuat kebijakan kurikulum 2013, gimana omjay???

  16. Hanif Masykur says:

    Saya Guru TIK dari tahun 2006, dulu bersusah payah dengan fasilitas 1 buah laptop, tidak ada lab, tidak ada komputer, hanya laptop yang saya bawa (itu juga bukan punya saya) sekarang sdh punya lab dan saya sudah sertifikasi tahun 2010, setelah berlaku K13, JAM mengajar terutama kelas 10 tidak ada TIK, Kebijakan Kepala kelas 11, 12 masih ada TIK tapi untuk kelas 10 hanya 2 jam prakarya yang diberikan ke saya, gaji honor total per bulan jadi 205000,00.. karena disekolah saya swasta antara kelas suka digabung. romblnya 16 dihitungnya 10 rombel, bayangkan kalau sertifikasi dihapus karena tidak ada mepel TIK saya harus banting setir untuk menghidupi anak dan klg.. coba apa yang terasa bagi para rekan sekalian, meskipun bgtu saya hanya punya Alloh, bertawakkal dengan upaya.

    1. Wijaya Kusumah says:

      semoga ada solusi terbaik

  17. rohimudin says:

    solusinya bagaimana om. guru tik yang tidak linier… kalo suruh ngulang kejam amat…. ya.

    1. gurid says:

      Juga guru-guru SD yang non S1 PGSD? Juga guru SD yang murid-muridnya kurang dari 20 anak?

  18. gurid says:

    Saya adalah korban kebijakan pemerintah yang ke sekian kalinya. Dulu 1984, pemerintah merencanakan menambah mapel ketrampilan di sekolah, sehingga beberapa Perguruan Tinggi membuka jurusan Ketrampilan Teknik. Di PTN Surabaya ada yang buka jurusan D2 dan D3, cuma 2 tahun ( 1984 dan 1985 ). Ternyata pemerintah membatalkan programnya.Kebetulan saya mengambil jurusan D3 Ketrampilan teknik tersebut. Setelah saya diangkat PNS ( mengajar mulok ), beberapa tahun kemudian pemerintah mengeluarkan aturan bahwa guru harus S-1. Saya bingung karena nggak ada Perguruan Tinggi yang masih buka jurusan Ket. Teknik lagi. Akhirnya ambil kuliah seadanya di IKIP swasta S-1 Matematika. Lulus S-1 Matematikan saya masih ngajar mulok, karena aturannya masih boleh ngajar non linier. Beberapa tahun kemudian pemerintah ada program sertifikasi ( saat program ini di launching guru masih boleh ngajar non linier, makanya saya ambil sertifikasi mapel TIK ). Sekarang pemerintah buat program guru harus linier, harus kemanakan lagi aku ? Saya ngajar TIK sejak era DOS 6 hingga sekarang, sudah berapa tahun? Jangan-jangan kalo kuliah lagi ke S-1 TIK dan lulus, kurikulum barunya lagi mapel TIK dihapus total. Apa maumu pak mantri?

  19. gurid says:

    Harusnya pemerintah bertanggung jawab atas ke-mencla-mencle-aannya. Terus terang banyak guru di daerahku yang resah hadapi aturan liner – non linier ini.Kalo membuat aturan mestinya jangan berlaku surut, dong. Bersabarlah kita yang didhalimi pembuat aturan, semoga Allah membalas sesuai kehendakNYa. Wong nandur bakale ngunduh.

  20. gurid says:

    Ini Pak Jay-nya mana ya? Aktif dong pak….kasihan teman-teman yang curhat. Lanjut…..menyikapi permendikbud 68 th. 2014 ada yang menggelitik di hati saya. Begini, kalo guru harus linier ngajarnya, bagaimana dengan guru prakarya? JELAS nggak bisa sertifikasi dong. Wong nggak ada kampus yang buka S-1 Prakarya. Kalo sudah gini yang salah gurunya atau…..ee…emboh… negara kok kayak ngene.

  21. Dwi says:

    di permen 79 TIK muncul sebagai mulok bagaimana menurut anda!!!

  22. ully says:

    Om jay yang terhormat, saya sudah berusaha memnuhi aturan agar antara sertifikasi dan ijasah sesuai. maka saya kuliah TI di sebuah perguruan tinggi dari beberapa kabupaten. saya ngurus ijin belajar tetapi gagal krn disebakan !. jarak antara tempat tugas dan kampus padahal kl dari rumah saya menganggap dekat, 2. saya mengurus ijin disemester 2 yang seharusnya di semester 1, 3. akreditasi yang diminta B. Padahal untuk Prodi TI yg terakreditasi B itu jarang. Dinas lain bisa, tetapi di dinas saya kok sulit selalu yang dipakai adalh perbub, padahal kita ini guru TIK sudah beritikat baik namun dinas tidak mau tau kondidi kita. bagaimana solusinya Om jay

    1. Wijaya Kusumah says:

      solusinya kembalikan matpel tik dan kkpi kepada siswa

  23. Pak Adi says:

    Menyayangkan sekali pelajaran TIK dihilangkan Sy menjadi guru TIK sudah 9 tahun tapi baru kali saya mendengar anak SMA nanya kepada saya Pak Bagaimana caranya membuat tabel di MS word menyedihkan sekali….. jam TIK sudah dihabiskan pada tahun kemaren karena masih menggunakan paket SKS so…. sampai saat ini belum ada sosialisasi untuk GURU TIK untuk sekolah yang menggunakan K13..terima KAsih

  24. faisel says:

    sy guru tik di tingkat smp yg jumlah siswa sanga minim.sampai saat ini sy msih blum valid.krn d K-13 jumlah kelas 9 tidak dapat masuk penghitungan lagi. memang kelas 9 masih KTSP andaikata kls 9 jumlah siswanya masuk dalam penghitung mungkin sy sdh valid. dlu pada saat semstr ganjil jmlh siswa smuanya masuk dari kls 7 smai kls 9 tp kali ini dalam aplikasi validasi hanya terhitung kls 7 dan kls 8 jumlah tersebut sebanyak 141 siswa. knp seperti ini. apakah ada pencerahan? mohon penjelasannya atau apakah bisa ngajar di sekolah lain
    untuk nambah jam untuk mengatasi kekurangannya? gimana ni pak. apa ad???

  25. cosmetic dentist in West Los Angeles

    Curhat Guru TIK dan KKPI di Seluruh Indonesia

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi