Mendidik Siswa Menemukan Minat dan Bakatnya Melalui Kegiatan Ekskul

Kamis, 22 Agustus 2013 sekolah kami (SMP Labschool Jakarta) mengadakan kegiatan ekspo ekskul. Kegiatan ini dilaksanaan sebagai ajang siswa menyalurkan minat dan bakatnya.  Para siswa kelas 8 dan 9 yang telah mengikuti ekstra kurikuler diminta membuka stand dan performancenya. Mereka didampingi guru pembimbing serta pelatih ekskul masing-masing. Sedangkan siswa kelas 7 diminta untuk melihat penampilan kakak kelasnya yang keren. Setelah melihat penampilan kakak kelasnya menyalurkan minat dan bakatnya, mereka diharapkan dapat mengambil keputusan penting untuk mengambil ekskul yang mereka sukai. Begitulah salah satu cara kami mendidik siswa menemukan minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler yang disingkat ekskul.

 

IMG_4254

Kegiatan Expo Ekskul adalah kegiatan yang selalu rutin dilaksanakan di awal tahun pembelajaran. Dari kegiatan ini, diharapkan siswa dapat mengambil cabang ekskul yang disukainya. Setelah para siswa berkonsultasi dengan orang tua mereka, siswa Labschool bisa mengambil lebih dari satu cabang ekskul, dan maksimal 3 ekskul saja. Namun bila waktunya terbatas, maka setiap siswa hanya diwajibkan mengambil satu cabang ekskul saja. Kegiatan ekstrakurikuler tak boleh berbenturan dengan kegiatan intrakurikuler. Keduanya harus saling mendukung dan membuat siswa akhirnya senang belajar dan berada di rumah keduanya (sekolah).

Kegiatan Expo Ekskul di SMP Labschool Jakarta

Kegiatan Expo Ekskul di SMP Labschool Jakarta

Sebagai salah satu guru yang mendapatkan amanah menjadi pembina ekskul Komputer, saya bekerjasama dengan siswa yang mengambil ekskul komputer untuk membuka stand ekskul yang menarik pengunjung. Kami berbagi tugas agar siswa baru tertarik dengan program yang ditawarkan. Sehingga akhirnya mereka dapat bergabung di ekskul komputer dan menemukan bakat dan minatnya di ekskul ini. Siswa Labschool diajarkan mandiri dan kreatif untuk mendisain bentuk stand yang akan mereka gunakan dalam acara expo ekskul.

Bapak Yusuf Sidarto Memberikan Sambutan dan laporan Ketua panitia

Bapak Yusuf Sidarto Memberikan Sambutan dan laporan Ketua panitia

Ketua Panitia Expo Eskul sekaligus koordinator ekskul menyampaikan sambutan di acara pembukaan. Beliau mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan unggulan SMP labschool Jakarta, dimana para guru mendidik siswa menemukan minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Para siswa bebas memilih ekskul yang disukainya. Selama satu semester, siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ekskul tersebut, dan hasil penilaiannya akan masuk raport atau laporan hasil belajar siswa.

sambutan Kepala SMP Labschool Jakarta, H. Ali Chudori, M.Pd

sambutan Kepala SMP Labschool Jakarta, H. Ali Chudori, M.M

Kepala SMP Labschool Jakarta, H. Ali Chudori, S.Pd, MM memberikan sambutan kepada seluruh siswa yang hadir dalam acara ekspo ekskul dan mengingatkan mereka untuk dapat menyalurkan minat dan bakatnya setelah melihat stand dan penampilan berbagai cabang ekskul yang dibuka di SMP Labschool Jakarta. Lebih dari 25 cabang ekskul ditawarkan kepada siswa. Mereka tinggal memilih sendiri sesuai dengan minat dan bakatnya. Tak ada paksaan dalam memilih ekskul, dan dari hasil psikotes mereka sudah mengetahui passion mereka masing-masing. Sekolah memfasilitasi siswa mengikuti psikotes untuk melihat minat dan bakatnya.

 

Pembawa acara Expo Ekskul

Pembawa acara Expo Ekskul

Dalam acara Expo Ekskul para siswa juga diberi kesempatan untuk mengemas acara ini agar menjadi menarik. Semua pembawa acara ditunjuk dari siswa, dan guru hanya membantu dari belakang saja. Kami percaya siswa Labschool sanggup melakukannya dengan baik. Terbukti, acara expo ekskul berjalan lancar dari mulai pembukaan sampai penutupan. Mereka tertib mengikuti acara dengan penuh antusiasme yang tinggi. Bahkan terjadi dialog interaktif anatara siswa dengan ketua BPS Labschool, Ibu Indira. Wah semakin seru saja acaranya!

dialog siswa dengan ketua BPS Labschool, Ibu Indira

Dialog siswa dengan ketua BPS Labschool, Ibu Indira

Ada beberapa cabang ekskul yang membua stand di acara expo eskul ini, yaitu:

  1. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  2. Komputer
  3. Membatik
  4. Aeromodeling
  5. Futsal
  6. BT2Q (Baca Tulis Al Quran)
  7. English Club
  8. Bahasa Jepang
  9. Bahasa Perancis
  10. Taekwondo
  11. Merpati Putih
  12. Sepakbola
  13. Bola Basket
  14. Tarian Tradisional/Modern
  15. Robotik
  16. Jurnalistik
  17. Badminton
  18. Baseball
  19. Teater
  20. Band
  21. paduan Suara
  22. Ansamble
  23. Acolabs
  24. Karawitan
  25. Pramuka

Demikianlah salah satu cara kami mendidik siswa menemukan minat dan bakatnya. Bila mereka dapat menyalurkan bakat dan minatnya dengan baik, maka akan terbuka lebar pintu kesuksesan dalam meraih impian. Hiduplah dengan apa yang kau sukai dan kuasai. Foto lengap kegiatan expo ekskul dapat dilihat di facebook omjay di sini.

 

 

Stand Ekskul Robotik
Stand Ekskul Robotik

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

14 Responses to “Mendidik Siswa Menemukan Minat dan Bakatnya Melalui Kegiatan Ekskul”

    1. Wijaya Kusumah says:

      silahkan kalau mau ikut, hehehe

  1. ady says:

    Hebat tuh Om…benar2 mantab deh..oh ya Om ada ngk aplikasi nya untuk test psikolog siswa? klo ada send via email (adyamax@yahoo.com) Om, mksh.

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, kalau ada akan saya kirimkan

      salam
      Omjay

  2. Vimax Asli says:

    Wah menarik sekali informasinya
    berharap dapat ikut serta 😀

  3. Terimakasih bapak sudah berkenan memberikan infonya, saya tunggu postingan selanjutnya yg lebih menarik

  4. tim kami jika ingin mengikuti gimana pak.. serru bngt tuu..

  5. Alam jati says:

    Bisa jadi referensi sekolah-sekolah lain.

  6. jual tenun says:

    semakin maju saja sklhnya pak.. semangat

  7. Artikel yang menarik
    dan sanagat Memberian Manfaat…
    Terimakasih..

  8. keysha siti hanifa 7d says:

    kegiatan ekskulnya bagus bagus pak

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi