Halal Bi Halal di Labschool Jakarta


Senin, 19 Agustus 2013 saya menghadiri kegiatan Halal Bi Halal keluarga besar Labschool Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (YP-UNJ). Adapun yang menjadi tema halal bi halal kali ini adalah “momentum untuk meningkatkan hubungan manusia dengan menghargai perbedaan”.

Spanduk Halal Bi halal di Labschool Jakarta
Spanduk Halal Bi halal di Labschool Jakarta

Penceramah Halal Bi Halal yaitu Prof. Dr. Wijayanto (Guru Besar Universitas Gajah Mada). Acara berlangsung di gedung auditorium lantai 3 Labschool Rawamangun Jakarta Timur. Selain menjadi dosen, beliau juga pengasuh pondok pesantren dan pengelola pendidikan Islam di Yogyakarta.

 

Persembahan Lagu Islami
Persembahan Lagu Islami oleh siswa Labschool Jakarta

Acara halal bi halal dimulai dengan persembahan lagu Islami oleh siswa-siswi SMP-SMA Labschool Jakarta. Bagus sekali penampilan mereka. Tidak kalah mutunya dengan artis-artis papan atas ibu kota. Kami terhanyut dalam alunan lagu yang begitu menggugah hati atas kebesaran Sang ilahi Robbi.

Lagu-lagu kemerdekaan kemudian diperdengarkan. Merah putih teruslah berkibar membawa kami ke dalam detik-detik proklamasi. Dirgahayu HUT RI yang ke-68 menjadi semakin meriah. Semoga Indonesia semakin jaya setelah merdeka. Amin ya Robbal alamin.

Pak Satriwan dan Ibu Gita Menjadi Pembawa Acara
Pak Satriwan dan Ibu Gita Menjadi Pembawa Acara

Pembawa acara pak Satriwan dan ibu Gita Arianie membuka acara halal bi halal dengan penuh semangat. Hadirin yang hadir terpukau dengan penampilan mereka berdua.

Pembacaan ayat suci Al-Quran dibacakan oleh ibu Eri Murniasih dan saritilawah oleh ibu Nia Sunarti. Mereka adalah guru agama Islam SMP dan SMA Labschool Jakarta.

Ibu Eri dan Ibu Nia membacakan kalam Ilahi
Ibu Eri dan Ibu Nia membacakan kalam Ilahi

Bergetar hati ini ketika ayat suci Al-Quran dibacakan dengan tartil, dan diperdengarkan dengan suara yang indah di telinga. Sebagai qoriah ibu Eri Murniasih begitu bagus bacaan qurannya, dan sebagai saritilawah ibu Nia membacakan terjemahannya dengan sangat baik sekali. Semua hadirin terdiam mendengarkannya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua BPS YP-UNJ, ibu Indira Sunito, M.Psi. Dengan berpakaian berwarna merah menyala beliau begitu bersemangat menyampaikan sambutan. Juga pantunnya yang selalu memikat hadirin.

Ibu Indira, Ketua BPS Labschool memberikan sambutan
Ibu Indira, Ketua BPS Labschool memberikan sambutan

Ibu Indira mengajak kami yang hadir untuk memaknai kemenangan idul fitri ini untuk mencari persamaannya, dan semoga tak terjadi perpecahan seperti di Mesir. Mari kita jaga negara Indonesia, dan mulai menjaganya dari lingkungan kecil seperti sekolah. Kita harus belajar cara berdemokrasi yang benar seperti apa yang sudah dilakukan OSIS dan MPK di lingkungan sekolah Labschool, baik Rawamangun, Kebayoran, maupun Cibubur.

Setelah ibu Indira, pak Arif Rachman tampil memberikan sambutannya. Bapak Prof. Dr. H. Arif Rachman, M.Pd memulai sambutannya untuk senantiasa bersyukur kepada Allah. Alhamdulillah Labschool yang terus berkembang dari tahun 1968 sudah semakin maju, dan dikenal di Indonesia serta negara lainnya. Sebagai penasehat Labschool beliau mengingatkan kami yang hadir untuk mensyukurinya. Labschool sudah menjadi sekolah unggul di mata masyarakat.

Sambutan dari Prof. Dr. H. Arif Rachman, M.Pd
Sambutan dari Prof. Dr. H. Arif Rachman, M.Pd

Pak Arif juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga hubungan manusia dengan menghargai perbedaan. Kuncinya, Al-quran surat Ar-Rum dan Al Hujurat. Hanya manusia bertakwa yang akan kita tuju agar menjadi manusia yang terbaik. Manusia yang dirindukan kehadirannya.

Jaga nama Labschool dan semua guru harus mendidik dengan hati. Itulah pesan pak Arif dalam acara halal bi halal keluarga besar Labschool yp-unj di gedung auditorium Labschool Rawamangun yang berkapasitas sampai 500 orang ini.

Sambutan Prof. Dr. Imam Sujudi, MA
Sambutan Prof. Dr. Imam Sujudi, MA

Sambutan berikutnya disampaikan Prof. Dr. Imam Sujudi, ketua yayasan pembina Universitas Negeri Jakarta. Beliau menyampaikan adanya perbedaan membuat kemajuan, asalkan diniatkan utk persatuan bangsa. Kita renungi apa yang sudah dikerjakan dan teruslah berkarya untuk bangsa.

Akhirnya, acara sampai pada puncaknya. Ceramah hikmah halal bi halal disampaikan Prof. Dr. Wijayanto. Beliau menyampaikan ceramahnya dengan sangat bersahaja. Saya kagum dengan ketenangan beliau saat menyampaikan materinya. Semua hadirin sangat terpukau dengan ceramah yang beliau sampaikan dengan diselingi canda dan tawa para hadirin.

Ceramah Prof. Dr. Wijayanto
Ceramah Prof. Dr. Wijayanto

Menurut beliau kegiatan Halal bi halal harus dipatenkan agar tak dicaplok oleh orang Malaysia. Sebab budaya halal bi halal hanya ada di Indonesia. Begitulah sedikit guyonan dari Prof. Dr. Wijayanto yang sudah 14 kali naik haji ini.

Sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat buat orang lain. Halal bi halal harus menghilangkan jarak dan perbedaan di antara sesama manusia.

Banyak orang ingin kaya tapi lupa proses kerjanya. Negara ini akan rusak bila banyak kenikmatan yang diraih tapi mati hati nuraninya.

Itulah pesan dari Prof. Dr. Wijayanto yang bercerita pula tentang pesantrennya.

Ceramah Prof. Dr. Wijayanto dalam acara halal bi halal Labschool
Ceramah Prof. Dr. Wijayanto dalam acara halal bi halal Labschool YP-UNJ

Orang yang sering bersinggungan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa akan selalu berbuat baik. Di zaman nabi banyak orang yang hubungan dengan Allah bagus, tapi hubungan dengan manusianya kurang bagus atau kurang baik. Oleh karenanya, nabi Muhammad SAW selalu memberi contoh kepada umatnya.

Benar juga harus baik dan baik juga harus benar. Jangan seperti cerita Robin Hood. Niatnya baik tapi caranya tidak benar. Hubungan kepada manusia harus baik dan kepada tuhan pemilik bumi juga harus lebih baik lagi. Begitulah Prof. Dr. Wijayanto menutup cermahnya. Singkat dan sangat padat isinya.

Pembacaan Doa oleh H. Sarmilih, M.Pd

Pembacaan Doa oleh H. Sarmilih, M.Pd

Acara halal bi halal ditutup dengan doa dan disampaikan oleh H. Sarmilih, M.Pd, Ketua Masjid Baitul Ilmi Labschool. Usai berdoa kami semua salam-salaman dan saling bermaafan. Inilah kisah nyata halal bi halal yang membahagiakan di rumah keduaku. Semoga dapat dicontoh sekolah lainnya.

Keluarga Besar Labschool saling bermaafan di acara halal bi halal
Keluarga Besar Labschool saling bermaafan di acara halal bi halal

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi