Bagaimana Membuat Judul Yang Menarik?

Omjay di Villa Silva

Omjay di Villa Silva

Seorang kawan bertanya kepada saya melalui sms.

 

 

Setiap penulis seringkali dibuat bingung untuk menuliskan judul. Bila judul kurang menarik, maka pembaca sangat berkuasa untuk tidak membaca kelanjutannya. Oleh karena itu membuat judul yang menarik pembaca menjadi sesuatu penting dilakukan bagi seorang penulis.

Pengalaman saya menulis di berbagai blog dari tahun 2007, menulis di blog lebih melatih kita untuk membuat judul sebuah tulisan. Terkadang sebuah tulisan yang sama, saya buat di berbagai blog dengan judul yang berbeda. Hasilnya, judul yang menarik pembaca memang lebih banyak dikunjungi. Tetapi tidak juga selalu begitu. Terkadang menulis judul apa adanya sesuai dengan apa adanya akan banyak pembacanya. Asalkan dituliskan pada saat (timing) yang tepat dan judulnya diperlukan oleh pembaca saat itu. Judul yang menyentuh, biasanya akan diserbu oleh pembaca.

Satu hal yang harus dihindarkan adalah jangan pernah membohongi pembaca dengan judul yang bombastis atau judul yang tak sesuai dengan isi tulisan. Bila judul tulisan seperti itu sering anda lakukan sebagai penulisnya, maka jangan marah bila anda dituduh sebagai penulis yang hanya mencari sensasi saja. Cepat atau lambat, pembaca akan meninggalkan anda.

Bagi seorang pemula, memang seringkali kesulitan dalam membuat judul yang menarik pembaca. Hal itu memang akan terjadi kepada setiap orang yang baru memulai tulis menulis. Jadi, tuliskan saja seperti air mengalir. Baca kembali sebelum memposting di blog dan sesuaikan judul dengan isi tulisan. Itu saja sebenarnya rahasianya. Jangan pula memberi judul tulisan terlalu panjang. Singkat, dan padat. Itu kuncinya.

Setiap tulisan itu memiliki daya tarik tersendiri. Serahkan saja kepada kebutuhan pembaca. Buatlah judul yang memesona pembaca. Seperti misalnya “Guru Gokil Murid Unyu”. Dari judulnya saja pembaca sudah tergelitik dan ingin membacanya lebih jauh. Oleh karenanya, seringlah banyak membaca buku dan tulisan orang lain. Dari sanalah kita belajar menulis dan menentukan judul tulisan yang menarik pembaca.

Tak ada sebuah tulisan sekali jadi. Dia perlu berkali-kali dibaca ulang agar dapat dipahami pembaca. Judul adalah kepala sebuah tulisan. Bila kepalanya saja sudah menarik, pastilah isinya akan lebih menarik. Seperti melihat seorang cowok ganteng atau cewek cantik di depan mata. Pastilah kita ingin tahu lebih dekat siapa orang ini.

Akhirnya, bila ditanya bagaimana menulis judul yang menarik pembaca? Tuliskan saja apa yang ada di kepala, lalu edit kembali bila ternyata antara judul dan isi belum menarik dan dipahami pembaca. Kebahagiaan seorang penulis adalah bila pesan yang dituliskan sampai ke hati pembaca. Seperti apa yang anda rasakan setelah membaca buku saya, “menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi”.Saya lebih berterima kasih lagi bila anda juga membuat resensi bukunya di blog pribadi anda yang ramai itu. Hehehe.

Salam blogger persahabatan
Omjay
http://wijayalabs.com

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi