Peluncuran Buku Guru Juga Manusia dan Pelatihan Guru Menulis

Peluncuran Buku Guru Juga Manusia karya Ukim Komarudin

Peluncuran Buku Guru Juga Manusia karya Ukim Komarudin

Peluncuran buku “Guru Juga Manusia”, dan Pelatihan Guru Menulis di Wisma UNJ Rawamangun Jakarta Timur Minggu, 25 Nopember 2012.

https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/57233_4920962870001_627870798_o.jpg

Daftar Peserta dan Panitia Pelatihan Guru Menulis:

No Nama Guru Nama Sekolah
1 adis sd labschool kaizen bogor
2 adriana guru smps ilmiah kendari
3 ahmad kosasi mts attaqwa 01
4 alwi wibowo sdit darul muhsinin cibitung
5 anggi yulianto smk itaco
6 anna eka salmiah smp pgri 9 bogor
7 asni agus sdn kebon manggis 09 pg
8 cisilia dewi pangalila sd al muslim bekasi
9 dadang firdaos smkn 1 cilamaya
10 dalia halmahera smpn2
11 daris salamah sdit islamia tambun bekasi
12 diah muslichdah smpn 139 jakarta
13 dian safitri sdit al uswah
14 diana ambaraningrum sdit pondok duta
15 diana handi smkn 1 cilamaya karawang
16 dien mardinawati smp pgri 9 bogor
17 dwi intan nurcahyono sman1 kahayan
18 dyah yuliastuti smait nurul fikri depok
19 dzulfikar al-a’la ehipassiko school BSD
20 euis nurjanah smk poncol jakarta
21 eva sulaiman smpn 21 bekasi
22 fitriana pertiwi sdit islamia tambun bekasi
23 florentina esti smp don boscotiga
24 hartini yuningsih sd al muslim
25 herman sman 9 kendari
26 ihya ulumuddin mts attaqwa 16
27 irda lulita sari smkn 1 cilamaya
28 irma apriani sdn jagakarsa
29 ismet inono sdn rsbi 12 jakarta
30 lahmudin mtsn 1 jaksel
31 lalu wirahadi smk itaco
32 lenni siregar sd al muslim tambun
33 lidiya widdatu h.a. smp pgri 7 bogor
34 masiah marliana sd al muslim
35 mia muthia sdit al uswah
36 muhammad ilyas smp padang batung
37 noor ridhwan sman1 angkinang
38 nunik laila smp pgri 7 bogor
39 nunung nuraida smk al muslim
40 poheng gew smp tiga sanggau kalbar
41 ragil tugiman puslatdikjur
42 resmaleni, man pulomerak cilegon
43 rika rostiany sdit al iman bogor
44 Ristiana Kusumawati smk itaco
45 roffita sari sdit al hikmah bintara
46 rohmi ikhtarini smkn1 cilamaya, karawang
47 rosida evi santihosi smkn 1 cilamaya
48 rosim sdn rsbi 12 jakarta
49 rudi parmanto smp raudhatul muttaqin
50 rukmini sman1 tanjungpandang
51 rusmiati sman1 tanjungpandan
52 sarudin smk karya guna 1 bekasi
53 siti mugi rahayu sma al muslim
54 siti nurhayati smkn 1 cilamaya
55 siti rohmah smp arraudah
56 sitti rabiah tk islam mutiara al falah
57 sri andriyani sd al muslim
58 sri widowati sd al muslim
59 suhermi widiastuti smpit ar raudhah
60 sukaesih smk al muslim
61 sulis lenawati sman 105
62 suprapto sd labschool kaizen bogor
63 supriyanti sdit al uswah
64 susi sukaesih smk itaco
65 tantri astraitie mtsn 16 jakarta
66 tri fajar sulistiyowati smp al muslim
67 walan yudiani smk kampung jawa
68 yuli astuti sd al muslim
69 yusferi yamin smkn1, mempawah, kalbar
70 yusuf dwiyono labschool
71 sakran sman 2 bantaeng sulsel
72 herny mahasiswa ui
73 jenni sufari Sanggar putri
74 yenni supenti tk islam cemerlang
75 rega novia smk itaco
76 salmi surpriatin sman1 sukagumiwang
77 ratna komala sari dewi sdit taman ilmu depok
78 Juli Dwi Susanti Igi Bekasi
79 Sulis trainer kita trainer kita
80 bhayu Igi Bekasi
81 elfina pradhina smp mentari indonesia, bekasi
82 ita rosita rosmala sd al muslim tambun
Pelatihan Guru Menulis IGI

Pelatihan Guru Menulis IGI

 


Lihat Wisma UNJ Rawamangun di peta yang lebih besar

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

 

50 Responses to “Peluncuran Buku Guru Juga Manusia dan Pelatihan Guru Menulis”

  1. Eny Suryaningsih says:

    Asl. Saya daftar sbg peserta seminar, asal SMAN 25 Kab.Tangerang (Guru Biologi)

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, datang saja

  2. Milma Yasmi says:

    Asl. Saya daftar sbg pesrta seminar, asal SMKN 1 seluma, Kab. seluma, Prop. Bengkulu. (Guru Matematika)

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, silahkan datang di acara

      salam
      Omjay

  3. Safitri Agustina says:

    Asl. Saya daftar sbg pesrta seminar, asal SMAN 1 Mengga, Kab. Tulang Bawang, Prop. Lampung. (Guru Kimia)

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, omjay daftarkan

  4. Yunis Andriani says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Yang Saya Hormati,
    Bapak Wijaya Kusuma,S.Pd,M.Pd

    Mohon diikut sertakan dalam Acara Pelatihan Guru Menulis dan Peluncuran Buku Guru Juga Manusia. Atas Nama
    Yunis Andriani
    Guru SMA Negeri 6 OKU Sumsel.
    Terimakasih

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, silahkan datang di acara pelatihan guru menulis, minggu 25 Nop 2012

      salam
      Omjay

  5. Edi Santoso says:

    Alhamdulillah, Horee…selamat hari guru tgl 25 Nopember 2012.
    Di hari ini, hari Minggu tgl 25 Nopember 2012 dengan izin Allah SWT, saya bisa dating di UNJ dalam rangka pelatihan menulis gutu dan peluncuran buku “GURU JUGA MANUSIA”, karya Ukim Komarudin.
    Beruntung dan berbahagialah saya yang sudah dibantu istri untuk mencari-mencari pelatihan buat guru dan Alhamdulillah waktu itu dapat161 di internet. Setelah saya gabung di 161 bekasi disitu saya bertemu dengan mas Ari dan mbak Susi Sukasih dan beberapa staf ataupun pengurus yang lain.
    Setelah saya mengikuti beberapa kali seminar 161 di Bekasi Alhamdulillah saya di SMS sama mbak Susi untuk ikut pula seminar di Aula UNJ tgl 25 nopember 2012. Waktu itu saya sama istri dan anak saya yang sangat lucu dan menggemaskan usia 2 tahun 3 bulanberada di YPI-Al Jitadiyah Sukatani. Meskipun saya tinggal di Lemah Abang kec. Sikarang Utara akan tetapi dikarenakan acaranya sangat meriah di hari Kamis tgl 15 November 212 yang bertepatan tahun baru Islam.
    Saya sangat gembura sekali dapat sms untuk mengikuti seminar dan ternyata yang saya harapkam acaranya sangat meriha, menggagumkan bagi saya, dan saya sangat kagum serta menginspirasi saya untuk maju dan lebih maju lagi, Salam semangat dan sukses buat pengikut acara semuanya.

  6. Diah Muslichdah
    SMPN 139

    Hari minggu adalah hari santai untuk saya, bisa mengerjakan kerjaann di luar rutinitas. Minggu lalu saya menjenguk anak yang di pesantren, hari minggu lain saya sepeda-an bareng bungsu. Pokoknya hari minggu adalah ‘me time’
    Minggu ini, 25 November, bertepatan hari guru, agendanya adalah ikut pelatihan menulis. Sudah lama berniat mengikuti pelatihan semacam ini, baru sekarang terealisir. Pembicaraanya adalah orang-orang kreatif yang saya kenal melalui SOS media.
    Sajian Pak Agus Pompurno sangat membakar semangat saya untuk melanjutkan blog yang pernah saya tulis. Sepertinya mudah menuangkan ide, tapi pulpen diatas kertas kok statis, diam tidak bergerak.
    Saya lirik kanan kiri semuanya lancer menulis di atas kertas, sudah penuh hampir 2 halaman. Nulis apa ya mereka….
    Tapi saya ingat ucapan Pak Ukim nulis aja terus, menulis, rangkum, apa yang ada di pikiran tuangkan.
    Mentok lagi….
    Bingung mau nulis apa.
    Saya hanya ingin menyampaikan terima kasih. Luar biasa, bisa bertemu orang-orang special, guru kreatif dan penuh semangat. Mudah mudahan saya bisa segera menulis seperti pesan yang ditulis Pak Ukan di buku karyanya yang saya beli.
    “Di tunggu tulisannya 2013”

  7. Sri Widowati says:

    Perjalanan menuju Universitas Negeri Jakarta, hari ini tanggal 25 Nov 2012 lancar, mungkin karna Hari Minggu. Jalan tol dalam kota yang biasanya macet terasa seperti aliran air sungai yang mengalir.
    Merasa senang mengikuti seminar yang untuk saya sebagai gutu baru belum memiliki pengalaman dalan mengajar, mendapatkan pencerahan dan banyak hal baru yang menguatkan hati saya untuk ingin menjadi guru yang lebih baik dan bisa memberikan ilmu yang lebih kepada anak didik.
    Berbagai pengalaman yang diceritakan Drs. Ukin k. meyakinkan saya bahwa kejadian yang terjadi di kelas adalah hal-hal yang sangat menarik untuk dijadikan bahan tulisan. Apalagi, bapak Agus juga menceritakan. Kejadian yang serig terjadi pada anak didiknya, ternyata juga terjadi pada anak didik saya dan membuat saya yakin dan tidak ragu ingin segera menulis.

  8. Nama:irda lulita sari
    Asal : Karawang
    Belajar nulis
    Hari ini adalah hari yang kutunggu-tunggu
    Kenapa ??
    Karena insya allah hari ini aku akan mendapatkan pencerahan tentang mimpiku untuk menulis.
    Yapp! Keinginanku untuk bisa menulis memang hadir sudah cukup lama, diawali dari saat aku membaca sebuah buku karangan A.fuadi yang menurutku isinya sangat memotivasi bahwa mimpi itu bisa diraih asal ada usaha yang sungguh-sungguh , dan usaha itu belum lah cukup karena harus di iringi dengan kesabaran.
    Sepertinya mudah, dan alasan lain keinginanku bisa menulis bisa menulis adalah bahwa menjadi itu penulis sebuah pekerjaan yang pas untuk ku, karena bisa tetap eksis jaddi ibu anak-anak ku, santai, dan tidak terlalu cape tentunya.
    Pelatihan yang ku ikuti ini banyak membantu menjadi penulis.
    Semoga!!
    Dalam pelatihan ini cukup mudah unutuk mengawali debut pertamaku menulis. Dalam menulis kita harus punya mimpi , tulis apa yang menjadi minat,berdoa (penting nih biar diberi kemudahan )asal jangan lupa sabar untuk menunggu hasil.
    Do’akan ya…

  9. Herny says:

    Nama : Herny

    HARI YANG MEMBAHAGIAKAN
    Hari ini saya benar – benar senang sekali, karena di perbolehkan oleh Omjay untuk ikut acara hari Minggu tgl 25 Nop 2012 bertempat di UNJ-Jakarta.
    Sebelumnya saya kecewa karena Omjay balas sms saya bahwa pesertanya sudah penuh, tapi saya balas lag isms Omjay : Boleh ya saya pengin sekali ikut … karena saya baru dikabari dari teman tentang kegiatan ini. bahkan saya sms lagi boleh ya Omjay hanya saya sendiri aja kok. Kemaren sore saya dapat sms dari Omjay dan diizinkan ikut. waduh .. senangnya.
    Kami datang peserta pertama dengan teman 4 orang jam 6.30 WIB kami sudah berangkat dari rumah. Sesampai di UNJ saking senangnya kami sempat foto-foto dulu di ruangan seminar bermimpi ingin jadi trainer kayak Omjay.
    Kapan yach.. mimpi ini jadi kenyataan ???…
    Nach Pak Dedi bilang memang semuanya berawal dari mimpi …
    Acara pun dimulai pemateri pertama Pak Agus Suparno,S.P.d saya memang pernah baca blog beliau, bahkan banyak diantara guru yang terinspirasi dari tulisan-tulisan beliau dan juga terinovasi untuk cara pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa di kelas.
    sama dengan penyaji berikutnya Bpk.Ukim Kamarudin, trus bapak Gatot dan pak dedi dwigatama.
    Pokoknya acara ini mantap sumantap,Hebaat ..
    Saya pengin d isms lagi ya Omjay kalo ada acara lagi, dan trimakasih telah member kesempatan untuk ikut kegiatan ini.
    Mulai hari ini saya bertekad untuk menulis walau hanya selembar, yang penting kegiatan ini sangat bermanfaat sekali buat saya. Trimakasih juga buat seluruh panitia.

  10. Herny says:

    Nama : Herny

    HARI YANG MEMBAHAGIAKAN

    Hari ini saya benar – benar senang sekali, karena di perbolehkan oleh Omjay untuk ikut acara hari Minggu tgl 25 Nop 2012 bertempat di UNJ-Jakarta.
    Sebelumnya saya kecewa karena Omjay balas sms saya bahwa pesertanya sudah penuh, tapi saya balas lag isms Omjay : Boleh ya saya pengin sekali ikut … karena saya baru dikabari dari teman tentang kegiatan ini. bahkan saya sms lagi boleh ya Omjay hanya saya sendiri aja kok. Kemaren sore saya dapat sms dari Omjay dan diizinkan ikut. waduh .. senangnya.
    Kami datang peserta pertama dengan teman 4 orang jam 6.30 WIB kami sudah berangkat dari rumah. Sesampai di UNJ saking senangnya kami sempat foto-foto dulu di ruangan seminar bermimpi ingin jadi trainer kayak Omjay.
    Kapan yach.. mimpi ini jadi kenyataan ???…
    Nach Pak Dedi bilang memang semuanya berawal dari mimpi …
    Acara pun dimulai pemateri pertama Pak Agus Suparno,S.P.d saya memang pernah baca blog beliau, bahkan banyak diantara guru yang terinspirasi dari tulisan-tulisan beliau dan juga terinovasi untuk cara pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa di kelas.
    sama dengan penyaji berikutnya Bpk.Ukim Kamarudin, trus bapak Gatot dan pak dedi dwigatama.
    Pokoknya acara ini mantap sumantap,Hebaat ..
    Saya pengin d isms lagi ya Omjay kalo ada acara lagi, dan trimakasih telah member kesempatan untuk ikut kegiatan ini.
    Mulai hari ini saya bertekad untuk menulis walau hanya selembar, yang penting kegiatan ini sangat bermanfaat sekali buat saya. Trimakasih juga buat seluruh panitia.

    Pengetik : Adinda Indidra Tiara(3)/7E

  11. Iis Sri Patmawati says:

    Nama: Iis Sri Patmawati

    “Pengalaman ku saat pelatihan Menulis”
    Sebelumnya saya hanya ingin mengucapkan terima kasih terutama pada sahabat ku yang telah memotivasi saya dalam banyak hal: terutama menulis, karnayalah saya dapat berada disini dan untuk semua para guru hebat yang telah meluangkan waktu dan berbagi ilmunya disini sehingga saya termotivasi untuk menulis.
    Mun gkin hari ini adalah hari terbaik saya di tahun 2012 karena saya cepat belajar dari guru-guru yang sangat hebat. Kata-kata pertama dari om jay yang sangat saya suka adalah, “menulislah setiap hari dan lihat apa yang terjadi” kata-kata ini memberikan motivasi dan tantangan menulis serta membayangkan mimpi-mimpi apa yang akan terjadi.
    Pembicara pertama yaitu Bpk. Agus Sampurno. Spd yang meniang beliau adalah guru idola saya karena tulisan-tulisan nya di blog dan twitter dangat memotivasi saya sebagai seorang yang baru terjun di dunia pendidikan. Dan pada hari ini beliau memberikan materi tentang “motivasi menulis di blog”
    Pemberi materi yang kedua adalah Bpk. Ukim komarudin, M.pd, beliau adalah seorang guru B.indonesia lulusan IKIP, beliau memberikan tips dan berbagai pengalaman menulis salah satunya adalah “siapa yang ingin mengetahui dunia, perbanyaklah membaca dan siapa ingin dunia mengetahui nya perbanyaklah menulis “. Dan “janganlah menulis yang buruk karena itu seperti rekam jejak” beliau membawakan nya dengan begitu semangat dan saya dapat membayangkan bagaimana kekuatan tulisan mengantarkan seseorang menjadi terkenal dan menjadi orang yang creative. Ada satu tips lagi pa.ukim yaitu “buatlah target pencapaian”
    Pengisi materi ke-3 yaitu Bpk. Gatot yang menerangkan tentang Edmodo. Keunggulan serta kemudahan berkomunikasi dgn teman-teman guru serta siswa gengan menggunakan Emodo.
    Pembicara yang ke-4 adalah bpk. Dedi Dwi tagama, beliau adalah seorang kepala sekolah, trainer, fotograper dan penulis. Kesimpulan yg dapat saya ambil dari materi ke-4 ini adalah mimpi, crteative, prestasi maka anda akan diperjalankan. Bpk dedi memberikan contoh dimanapun dan kapan pun kita dapat menulis dan jangan tajut untuk bermimpi.

  12. Thara Adiva Putri C (38)-7E says:

    Liku-liku menuju pelatihan menulis (Rosim SD Ikip)
    Jam 03.00 saya terbangun. Ternyata saya tertidur di ruang tengah beralas karpet. Setelah melakukan penataan IMAS Internasional Mathemat6ics Assesments for School. IMAS akan dilaksanakan tanggal 8 December 2012 serentak di beberapa kota. Untuk Jakarta, SD IKIPlah sebagai tempat penyelenggaraannya. Hal ini tak lepas karena kami bekerja sama dengan KPM (Klinik pendidikan MIPA). Jadi tak heran kalau ketiduran.
    Bangun jam 03.00,stel TV berbagai channel dari siaran bola. Yang ada Aston Vila US Arsenal di liga inggris. Sedangkan yang ditunggu real betis US Real Madrid ya belo ada lah wong nanti jam 04.00 hehehe.
    Akhirnya waktu diisi dengan sholat tahajud sampai jam 04.00. Shalat Shubuh berjamaah ke masjid silaturahhim laguna berdua pergi nya dengan istri. Biasanya si kecil yang umur 3 tahun (Azzahra) ikut. Tapi pagi itu dia masih tidur, yang membanggakan si kecil ini paling mudah dibangunkan diajak sholat shubuh ke masjid. Bandingkan dengan kakak-kakaknya yang kelas 3 SD,6 SD,3 SMK lebih susah dibangunkan.
    Sadar acara pelatihan jam 08.00, tetapi ada yang harus diurus terlebih dulu. Anakku anna yang kelas 6 SD harus terapi scholiotis ke pengobatan haji sulaiman di cikeas yang berjarak 3 km dari rumahku si silaturahhim residence 2 di belakang laguna. Tapi kita urus dulu anak di antar dengan kaka dam 2 adiknya. Seperti biasa pengobatannya di pijat dan di bekam. Yang paling mengagetkan saar makan bubur ayam, ada kucing yang mendekati Azzahra. Kakanya(Romi) bilang awas lho itu kucing! Azzahra kagetakhirnya Azzahrajatuh ke belakang, bledag kepalanya jatuh ke ubin. Kaget mau menolong terhalang tiang kayu. Nangislah Azzahra itu. Yang ada penyesalan karena saya memarahi kaka nya Romi, kenapa menakut-nakuti?
    Akhirnya Rama,Anna,Romi dan Azzahra pulang berempat pakai motor. Sedangkan saya naik mobil mau menuju ke Rawamangun. Tetapi sebelumnya harus mampir terlebih dahulu ke bumi perkemahan cibubur. Disana ada satu regu kelas 5 yang lagi jamboree se Jakarta. Mau menengok semalam tidak sempat ketemu hujan dan merapikan data lama IMAS.
    Akhirnya sampailah di wisma UNJ 08.35. Dengan terengah-engah sampainya,karena jalan cepat. Terus bagaimana kegiatannya??? Isinya luar biasa!!! To be con tinue!

  13. Rudi Parmanto says:

    RUDI PARMANTO
    SMPN 2 PASIRWANGI

    Lega rasanya di Ahad sore yang sejuk ini, Allah menakdirkan hamba ini menjalani berbagai agenda yg sejak seminggu lalu memang sudah di rencanakan. Seperti biasa setiap sabtu, saya selalu mengisi waktu bersama teman-teman di BSMI, sebuah lembaga kemanusiaan di Jakarta, tidak terasa sudah hampir 6 bulan saya bergabung sebagai relawan di lembaga tersebut. Lelah&menguras tenaga tentu saja saya rasakan karena harus menempuh perjalanan yang cukup lama dari tempat tinggal saya di Kab. Garut. Ditambah lagi kegiatan di BSMI terbilang cukup padat, tidak kurang dari 8 jam, kemarin kami habiskan waktu untuk membahas berbagai agenda mulai dari : persiapan di adakan acara seminar ttg bencana, tentang pembentukan posko peduli palestina, pelantikan peserta latsar dan rencana raker ke depan nanti.
    Rasulullah pernah bersabda ‘Khoirunnas anfauhum Unnas’ “Sebaik-baiknya manusia adalah yg paling bermanfaat bagi manusia yg lain.” Inilah hal terpokok yg menjadi alasan mengapa saya bergabung ke dalam lembaga tersebut. Karena dgn berbagi dari apa-apa dari apa-apa yang kita miliki –baik berupa: tenaga, pikiran, uang – akan menjadikan hidup kita akan semakin berarti. Ketika mengetahui ada kegiatan menulis bagi guru dari status facebooknya Om jay, saya sangat antusias sekali dan langsung saya coba sms untuk mendaftar, awalnya ternyata gagal, langsung saya coba sekali lagi, ternyata lagi-lagi Allah menakdirkan saya, berkesempatan mengikuti pelatihan menulis guru.
    Kemampuan mrnulis yang baik sangat-sangat saya mimpikan selain saya sangat hobi membaca, selain itu sedikit banyaknya kemampuan ini akan memberikan sumbangsih bagi BSMI terkait fungsi & tugas dan peranan BSMI yg selama ini belum banyak di ketahui masyarakat. Ke depannya saya akan menjadikan mimpi saya benar-benar yaitu menjadi penulis tetap di Media Internal BSMI dan Media Massa lainnya.
    Waduh.. sebenernya masih pengen nulis… tapi di peringat Om jay untuk segera di kumpulkan… Jadi buru-buru deh.. So wasalam to be continued…

    -Fatia aisyah 7e

  14. Muhammad Faishal Adiyatma 7E 28 says:

    Nama : M. Faishal Adiyatma

    Email :muh.mfa.adi@gmail.com

    “siapa yang ingin mengetahui dunia perbanyaklah membaca, siapa ingin dunia mengetahui dirinya, perbanyaklah menulis.”
    Kata kunci awal yang disampaikan pemateri Bapak Ukim Komarudin, cukup menampar diri sendiri. Tapi sedikit mengetik, “emangnya mudah menulis?” Pikir dalam hati. Mau mulai dari mana ? Mungkin wajar Bpk Ukim adalah guru bahasa Indonesia , sedangkan saya , guru matematika yang setiap harinya hanya bertemu dengan angka, rumus-rumus dan soal yang ruwet. Terus bagaimana mau bisa menulis? Tapi, lagi-lagi alas an saya dimentahkan oleh pemateri Bpk Dedi Dwitayama, Awalnya tidak terpikir bahwa dia adalah guru matematika, “oh ternyata….??”
    Ternyata banyak sekali yang dapat dilakukan guru dari kejemuan kerjaan di sekolah. Bercanda dengan murid-murid, bersahabat dengan murid tidaklah cukup untuk menghilangkan kebosanan. “ menulis” Itulah yang harus dilakukan.
    Sebenarnya, saya tidak ingin mengikuti acara seminar ini, Maklumlah , saya jarang sekali mengikuti pelatihan-pelatihan seperti ini bahkan rasa-rasanya tidak pernah. Kalaupun ada acara pelatihan, belum jam 1, mata sudah ingin dipejamkan “ngantuk” bosen, dan akhirnya setelah isoma bisa dipastikan tidak memasuki lagi ruang pelatihan alias PULANG. Tapi sungguh “LUAR BIASA”, Pematerinya benar-benar motivator, menginspirasi , jadi mau sehari lagi juga saya ikuti tapi mereka ternyata sangat terkenal di dunia Blogging.
    Seperti yang dikatakan Pak Agus, Paradigma dalam pikiran saya itu adalah hal yang sia-sia, dunia main-main dan menghabiskan waktu saja. Tetapi, saat ini paradigma itu tidak tidak berlaku. “ Guru yang Gak Nulis Itu Gak’ GAUL”
    Pelatihan ini memotivasi saya untuk membuat blog keperluan dalam proses pembelajaran . Meskipun belum bisa, tapi bukan berarti tidak mampu, terus apa gunanya ada kata “BELAJAR”. Tuhan menciptakan saya bukan kesia-siaan tapi saya diciptakan tuhan karena saya yakin bisa bermanfaat untuk orang lain.

  15. Ihya Ulumuddin, S.Pdi says:

    Nama : Ihya Ulumuddin, S.Pdi
    Sekolah : MTs, Attaqwa 16 kota bekasi
    Email : ihyamuluddin@yahoo.com

    JADI GURU KREATIF BOSS !!

    Dua hari yang lalu saya membaca di akun FB # IGI Bekasi ada status yang membuat saya penasaran. Omjay biasa disapa oleh komunitas IGI membuat status “ Pelatihan/ seminar Guru menulis & peluncuran buku Guru Juga Manusia “ Gratis dan peserta terbatas ! Tanpa fikir panjang, saya langsung mencatat nomor kontak Omjay utk registrasi daftar di acara ini.
    Inilah pertama kali saya menginjakkan kaki say di kampus UNJ & sekolah Labschool Rawamangun Jkt ! Lewat kampus ini saya sering, Tapi, Kalo mampir dan ikut acara pelatihan “ di luar dugaan dan renacana saya “ Keikutsetaan saya di sini dengan mengorbankan waktu libur saya dengan istri tercinta dan usaha entrepreneur saya TO. BM83. Kalau saya pelatih di sisi main main dan senda gurau saja, mungkin saya adalah manusia / guru yang paling merugi.
    Bayangkan postur Omjay antara di dunia maya dan dunia nyata, ternyata berbeda jauh. Kalau saya sepintas mengenal Omjay di dunia maya, kayaknya seru dan lejus . Pas saya bersalaman dan kenal langsung, ternyata Omjay adalah seorang guru yang kocak, humble dan penuh canda. Dri sosokn Omjay yang humble & dermawan kenapa saya dermawan. Karena cara ini adalah hasil daridana lomba kawpasi yang diperuntuk utk menyiapkan kualitas para Guru di IGI dan Indonesia. Hampir dari seluruh penjuru Indonesia yang datang mengikuti pelatihan ini.
    Mulai dari materi pertama hingga terkhir. Saya hanya terkesiap dengan 2 materi saja Gitu 1. Guru Juga manusia karya, Pak Ukim Komaruddin, M.Pd & Mas Dedi Dwitajawa, M.Si yang super asik + kocak menggelitik perut semua peserta ke depan kita sebagai guru “ Kudu Kreatif “ di aktif aja kita menjadi “ Guru Era barui alias Guraru.
    Terakhir saya menghaturkan “ thanks Omjay “ semoga Allah SWT selalu memberkati kita semua. Selamat Hri Guru 25.11.2012.
    # salam NU dan # salam IGI bekasi

  16. Sitti Rabiah says:

    Email : sittirabiah2011@yahoo.com
    SITTI RABIAH

    Pengalaman Sebelum Ikut Pelatihan “Guru Menulis”
    Sejak sabtu malam niat untuk ikut pelatihan sudah ada, bahkan sebelumnya sudah SMS Om Jay untuk konfirmasi yg mengatakan akan ikut pelatihan Guru Menulis, namun ada sedikit ketakutan dan keraguan karena merasa diri tidak bisa menulis. Dari malam Minggu udah mempersiapkan alat tulis menulis bahkan Note Book tapi apa boleh buat ternyata Note Booknya ngadat ngga bisa terbaca bahkan ngga ada gambar, lalu terlintas di pikiran akan minjam Note Book teman, Alhamdulillah ternyata bisa dipinjam karena ternyata Note Book teman ternyata ngga dipakai.
    Sampai akhirnya sampai minggu pagi ini Alhamdulillah bisa juga ikut pelatihan Guru Menulis di UNJ, walaupun agak terlambat karena malam minggu pulang larut malam setelah nonton vestifal musik di dekat sekolahan, sampai akhirnya bangunnya kesiangan karena tidur terlalu larut malam.
    Alhamdulillah minggu pagi berangkat juga untuk ikut pelatihan di UNJ walaupun harus minta tolong diantar oleh suami karena jika naik kendaraan umum terlalu lelah dan banyak mengeluarkan biaya.
    Mingggu pagi ini saya sangat senang tapi takut bercampur galau. Kenapa takut? Karena ngga percaya diri dan kenapa galau? Karena minggu pagi ini ikut pelatihan Guru Menulis tapi membawa Note Book cumi alias cuma minjam, wow sangat tragis. Sudah bela-belain minjam Note Book tapi eh… malah Note Booknya ngga kepakai karena ternyata pelatihan Guru Menulis ternyata memakai tulisan tangan.
    Akhirnya apa yg dicemaskan ternyata tidak beralasan sama sekali karena yg ada senang, teman bertambah, ilmu bertambah, makan & minuman gratis, Alhamdulillah Ya Allah. Terima kasih IGI, terima kasih om Jay yang menggagas pelatihan ini, semoga IGI, Om Jay dan semua yang ikut mensukseskan acara ini diberikan kekuatan dan kesehatan serta kesuksesan serta panjang umur dan bayak rejeki. Amin.
    Salam….IGI….

    Pengetik: Kamila Nurmafira Kusumaningdyah

  17. Ulfa Putri Rahmawati says:

    Nama : Ulfa Putri Rahmawati
    E-mail : ulfapr@gmail.com

    Pengalamanku Saat Pelatihan Guru Menulis
    Pertama kali melihat iklan “Pelatihan Guru Menulis” saya langsung tertarik dan sangat excited sekali, tentunya dengan niat penuh. Saya melihat iklan itu di twitter guruku ID. Saya memberitahu iklan tersebut kepada teman saya juga, agar kita bisa pergi kesana bersama-sama. Terutamanya setelah melihat di website bahwa dua dari empat orang pembicaranya adalah idola saya Bapak Agus Sampurno dan Ba[al Dedi Dwitagama. Setelah sore hari kemarin mendapat sms balasan bahwa saya dapat menghadiri acara tersebut dan saya langsung mengkomfirmasi. Dengan mengorbankan 4 sesi mata kuliah hari ini, karena hari minggu adalah jadwal saya kuliah, saya bertekat tetap akan mengikuti pelatihan itu. Karena saya piker, kapan lagi saya bisa menghadiri acara-acara seperti pelatihan menulis itu, selain karena juga saya memang sangat suka menulis, dan saya juga hapir rutin blogging.
    Pembicara pertama yaitu Bapak Agus Sampurno dengan tema “Motivasu Menulis Di Blog” ini pertama kalinya saya bertemu Pak Agus dan saya sangat senang bisa bertemu dengan orang yang saya kagumi. Dari ceramah ini yang saya bisa ambil adalah bahwa kita sebagai guru adalah contoh panutan semua siswa kita bahkan mungkin orang-orang sekitar kita, dengan embel-embel “guru” yang melekat pada diri kita, kita seperti sudah duluan mendapat “judge” sebagai panutan, oleh karenanya tindak tanduk kita yang terlihat oleh dunia luar akan selalu disangkut pautkan dengan profesi kita itu. Begitupula dengan semua yang kita post ke social media, dari sanalah akan tergambar siapa kita. Jika caranya benar maka siswa kita juga menilai benar, akan benar jugalah image kita. Seusai dengan yang pernah Obama bilang untuk menjadi orang “besar” “Be careful with your facebook page”.
    Pembicara kedua yaitu Bapak Ukim Komatudin, sekaligus peluncuran buku beliay yaitu “guru juga manusia”, dari sini saya bisa ambil pelajaran bahwa dengan membaca dan menulis akan membentuk seorang seperti apa yang telah mereka baca. Bagaimana selama membaca dan pada saat kita menuliskannya begitu banyak pembelajaran yang kita dapat. Tentunya dari tulisan tersebut dapat kita abadikan. Kalau untuk jaman sekarang banyak media-media tempat untuk kita menuangkan semua apa yang ingin kita tulis. “Siapa ingin mengetahui dunia perbanyaklah menulis, siapa ingin dunia mengetahui dirinya, perbanyaklah menulis” Begitu salah satu kutipan dari Bapak Ukim.
    Selanjutnya yang menarik adalah saat Pak Dedi Dwitagama memberikan ceramah, untuk saya ini kali kedua bertemu beliau dan dua kali diberikan ceramah, keduanya pun membuat saya sama antusiasnya seperti sebelumnya. Masih tidak berbeda jauh dari apa yang pernah saya dapatkan beberapa waktu yang lalu, kesimpulannya mulailah semuanya verawal dari mimpi, so janganlah pernah takut bermimpi, selagi bermimpi itu tidak ditarik tarif. Jadilah manusia yang kreatif, memunculkan banyak ide, menjadi berbeda, selanjutnya menghasilkan prestasi. Dan jika sudah berprestasi, pada waktunya kita akan siperjalankan ke tempat-tempat yang kita inginkan.
    Setelah materi dari Pak Dedi kamipun diminta untuk menuliskan semua pengalaman hari ini, sebagai hasil dari tulisan kita dengan harapan, tulisan ini bisa menjadi awal yang baik untuk keingin kita yaitu mencerdaskan bangsa dengan tulisan. Begitulah pengalaman saya hari ini di wisma UNJ dalam pelatihan guru menulis dan peluncuran buku “Guru Juga Manusia” semoga saya dapat mengaplikasikan apa yang telah saya dapatkan dan semoga semuanya bermanfaat. Terima kasih Acer, IGI dan Omjay yang telah menyelenggarakan acara ini.
    Pengetik : Nurul Azizah Kusumawardani 7E (34)

  18. Guruku Menulis, Guruku Kreatif
    Pagi ini imajinasiku tentang penulisan kreatif mulai kuasah. Mulai dari fajar masih mengintip, ayam membuka matanya untuk berkokok aku mulai menyiapkan diruku, ya… bukan hanya sekadar fisik yang kupersiapkan namun pikiran dan hati sudah ku kemas untuk menerima materi “ Pelatihan menulis guru dan Peluncuran Buku Guru Juga Manusia “ Kulangkah kan kakiku perlahan di gerbang kampus yang sudah 5 tahun kudekap dalam almameter latar belakang pendidikanku, yakni “ Universitas negeri Jakarta “. Di lantai dua telah ada beberapa orang menyambutku untuk beregristrasi. Perlu dikuak kebenaran bahwa sebenarnya ini adalah kali pertama aku “dijebloskan “ ke seminar atau lebih pelatihan guru menulis.
    Baiklah, kita cukupkan narasi pelatihan guru menulis dan peluncuran buku Guru Juga Manusia. Pada segmen pertama peserta disambut untuk pembukaan pelatihan oleh Ketua umum IGI pusat dan Ketua panitia. Aku sempat terkagum dengan retorika Ketua panitia. Ketua panitia mengatakan bahwa pelatihan ini murni digelar agar inpu kreativitas penulisan menukar ke guru – guru Indonesia. Pemateri pertama yakni bapak Agus Sampurno, pemenang Guraru Awards 2011. Beliau memotivasi kami untuk kreatif menulis, tidak hanya di selembar kertas tapi juga di media sosial. Guru tidak hanya harus matang dalam materi tapi juga harus melek teknologi berbasis kreatifitas. Tak ayal peserta pun terperanagh dengan bobot isi retorika beliau. Guru pada era ini meyoritas telah melahap dunia teknologi informasi, maka hal tersebut pun harus segera di transfer ke peserta didik mereka. Transformasi budaya “ Guruku hanya berupa pengajar yang buta teknologi “ harus segera raib dari dunia pendidikan. Dunia pendidikan saat ini telah berkembang pusat seiring kemajuan teknologi informasi. Satu Quote yang tertanam dalam benak, yakni “ Siapa yang ingin mengetahui dunia, perbanyaklah membaaca “. Artinya kita ( pengajar ) tidak melulu berkutik dengan metode pendidikan menonton, tapi juga metode kreatif yang berkolaborasi teknologi media sosial. Memang menumbuhkan motivasi menulis sanagntlah sukar, namun kalau kita ( pengajar ) memiliki niat untuk menggebrak ke menontonan pengajaran dan penulisan, maka segala hala bisa kita lakukan. Mari guruku, menulislah, asahlah pengetahuanmu akan teknologi.
    Semoga anak didik kita kelak mampu menggebrak dunia melalui kreatifitas.
    Selamat hari guru…

    Pengetik : Andita Nabila Prameswari / 7E / SMP Labschool Jakarta

  19. Cici Murniasih

    hart@mail.ut.ac.id
    Tk sallamclub Jakarta
    Informasi tentang pelatian guru menulis. Saya dapat infonya dari facebook yg kebetulan saya pernah menghubungi accer untuk memintanya sebagai sponsor.
    Awalnya saya memang dating untuk mencari info lebih lanjut tentang kesediaan accer sebagai sponsor yg kebetulan saya sebagai panitia untuk launching klub guru di kabupaten indramayu yg ditugaskan mencari sponsor.
    Datang saya ke seminar hari ini memang terlambat. Tadinya saya piker toh saya Cuma mau cari informasi saja kok. Tapi begitu di sesi dimana Pak Ukim sebagai narasumber kok niat saya yg tadinya mau pulang begitu sudah bertemu dengan mbak dita dari pihak accer, malah berbalik sampai sesi terakhir saya ikuti dengan antudias. Sampai saya telpon ke suami saya untuk pulang duluan daripada “bête” nungguin saya yg gak keluar-keluar dari gedung wisma UNJ. Ha….Ha… maaf ya Pah… Ternyata seminarnya menarik jadi saya ga mau pulang dulu deh …
    Di waktu istirahat. Saya bertemu dengan pak wijaya alias Omjay yg kebetulan juga saya beli bukunya yg berjudul “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas” bersama Pak Dedi. Saya minta kepada omjay Barangkali bersedia jika diminta dari Klub Guru se Kabupaten Indramayu sebagai narasumber. Dan pelatih yang mengagendakanprogram pelatihan Ptk untuk guru2 SD. Dimana guru sekarang harus membuat Prk. Alhamdulillah … Omjay bersedia dan mudah2an kita bisa bekerja sama ya Omjay walaupun sekarang masih dalam bentuk wacana …. Amin ….
    Di sesi Pak Gatot saya tertarik dengan TechnoPreneur yg beliau sampaikan. Kenapa?? Saya saat ini ingin sekali mengembangkan jiwa entrepreneur pada siswa didik saya se dini mungkin. Tapi saya belum tau caranya. Di sessi Pak Gatotlah saya bida mendalaminya .. thank’s pa …
    Di sesi Pak Deddy … begitu semangat lagi keingintauan saya untuk menulis, walaupun tulisan yg Pak Deddy singkat tapi membekas dihati yaitu : Mimpi kreatif, prestasi, dan akan diperjalankan kemana pin sesuai dengan mimpi kita
    Pak Deddy … Saya punya mimpi menjadi seorang pendidik sekaligus seorang motivator. Karena saya paling suka member ataupun membangkitkan motivasi seseorang walaupun saya sendiri kurang dalam hal Pengetahuan bagaimana memotivasi seseorang. Tapi saya terkadang “Pede” aja pd waktu memotivasi orang … he…. He…. Tapi herannya orang yang saya motivasi percaya dengan apa yg saya katakana
    Bener Pak Deddy… harusnya saya tulis Pengalaman saya pada waktu memotivasi orang jadi kita bisa flashback orang yg pernah kita motivasi
    Dari pak deddy saya punya rencana membuat blog pribadi yg bisa saya tulis sendiri kata2 saya yg mungkin bisa membangkitkan semangat orang lain, pada waktu membacanya saya jadi terinspirasi untuk menulis “Diary Activity” Kergiatan saya sebagai guru yang akan saya Jurnalkan sendiri sehingga bisa menjadi tyulisan yg mungkin bisa saya jadikan bahan dasar. Sebuah karya ilmiah walaupun dalam bentuk “Ptk”
    Thanks untuk semua narasumber dan panitia seminar hari ini. Semoga kerja Bapak + Ibu semua akan memudahkan langkah bapak + ibu menuju abadiaan Syurga yang Haqiqi: Amin …. YRA ….
    Rawamangun, 25-11-2012
    Cici Murniasih Hart. M.Pd

  20. Daris Salamah says:

    Pelatihan Guru Menulis & Peluncuran Buku “Guru Juga Manusia”

    Nama:Daris Salamah Isma.daris@gmail.com

    Karena suatu hal, adanya acara yang diadakan di sekolah saya tidak dapat hadir tepat waktu pada acara Pelatihan Guru Menulis yang diadakan Omjay di aula wisma UNJ Rawamangun hari ini.
    Ditambah lagi saya harus mencari lokasi yang cukup memakan waktu juga. Sehingga saya baru bisa benar-benar menyimak dan mengikuti acara pada saat pembicara Bapak Gatot.
    Luarr Biasa,, begitu menginspirasinya Bapak Gatot membawakan materi mengenai guru harus bekerja cerdas, bukan bekerja keras! Sekarang bukan lagi zamannya guru gaptek.
    Guru harus bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin.
    Ada Edmodo yang bisa disebut facebooknya guru dan pelajar. Dengan Edmodo kita bisa melaksanakan pembelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
    Menjadi guru kreatif dengan memaksimalkan teknologi sangatlah dibutuhkan saat ini.
    Disela-sela memberikan materinya Bapak Gatot juga memberikan kuis-kuis yang membuat peserta cukup antusias.
    Walaupun saya belum mendapatkan/berhasil mendapatkan hadiah kuis tapi saya cukup senang dan refresh juga.
    Yaa semoga saja masih punya peluang mendapatkan kuiz via sms yang hadiahnya dikirimkan langsung ke alamat rumah, amiien

    Selanjutnya giliran sesi Bapak Dedi Dwitagama, M.S.I.. Beliau sosok yang tidak asing buat saya. Ini kali kedua saya bertemu/bertatap muka dengan beliau sebelumnya mengikuti pelatihan mengenai PTK di Bonlap, Tambun Bekasi.
    Kali ini bapak Dedi membawakan materi mengenai guru Wajib Nge blog. Wah, jadi tambah semangat saya untuk belajar membbuat blog. Rasanya saya semakin penasaran untuk menjadi guru paling nge blog.
    Gaya bicara Pak Dedi yang santai dan sedikit kocak membuat saya tidak jenuh.
    Tips dan Trik yang dibuat/diberikan Pak Dedi untuk membuat blog membuat saya berpikiran berbeda.Dulu saya merasa menulis di blog tidak ada gunanya tapi ternyata itu salah besar.

    Terima kasih Pak Dedi, Terima kasih pak Gatot, Terima kasih Omjay atas kesempatan yang diberikan kepada sayakali ini untuk mengikuti pelatihan Guru Menulis hari ini.

    Benar-benar memberikan inspirasi dan aakan segera saya aplikasikan selepas dari sini.

    Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal kebaikan bagi kita semua dan dalam rangka memberikan kecerdasan bagi anak bangsa

    Pengetik:Alfrino Farhan Aryono (4) 7E

  21. Murniati,S.Si

    STKIP Muhammadiyah Manokwari-Papua Barat
    SMAN 01 Manokwari
    Email: emangue@gmail.com
    Merangkai Mimpi Menjadi Kenyataan
    Nopember , adalah bulan pahlawan, bulan perkasa dimana aku dilahirkan. Nopember bagi sebagian orang merupakan satu dari dua belas bulan yang didalamnya banyak memberikan nama KELABU “… Tapi tidak bagi aku.
    Pukul 07.00 hari Minggu 25 nopember 2012, salah satu tertian kost mengajak ikut seminar penulisan “BUKU” tanpa berpikir panjang aku terima dan yess!!! Melatih Guru untuk menulis…..
    Sebagai dosen/guru/trainer, memang harus bisa menulis. Namun kadang ditemukan diantara guru-guru yang ada kebanyakan mempunyai masalah darimana memulai menulis.
    Bimbingan menulis, ngeblog, sebenarnya sudah lama aku mimpikankarena selain hobi nulis aku juga sering mengupload poto-poto kegiatan yang aku pernah lakukan di tempat aku berada membangun menara pendidikan sekalipun bermodal tekad dan nyali yang besar untuk mengangkat dan mengharumkan nama Papua Barat di bagian timur Indonesia. Bangkit dari keterbelakangan , bangkit dari keterasingan, dan bangkit dari kebodohan…..itu hendak aku bangun disana……
    Melalui tulisanku di blog ingin dapat memberi keontribusi nyata khususnya bagi dunia pendidikan di timur Indonesia melacak dunia maya, blog, facebook aku merasa senang karena wadah itulah yang dapat membantu aku menyampaikan informasi keluar dan masuk meskipun belum terlalu baik.
    Wau…aku nggak salah langka…di depanku kini telah hadir langsung yang selama ini Cuma bisa kulihat lewat blog dan tulisan di internet … tanpa buang-buang waktu kuambil potonya, kusimak baik-baik materi demi materi yang disampaikan dengan harapan aku dapat menjadi seperti mereka, membakar semangat para guru, membangun kemauan untuk berbuat dan berkaya, dan terakhir memberikan stimulasi kepada Guru-guru nasional agar jangan jalan di tempat. Senantiasa adalah perubahan, dan tunggulah anda akan diperjalankan
    Subhanallah…Ya Allah…
    Inikah tanda-tanda itu…yang kau berikan ke aku tadi waktu? Inikah mimpi itu semalam?
    Alhamdulillah… Hari ini mimpi itu mulai terangkai….dan pertama berangkat dari Papua tidak pernah kusangka alau akan pernah bertemu dengan orang-orang yang selama ini menjadi motifator bagiku untuk menulis di blog…terima kasih Ya Allah…
    Semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, Amin.

  22. Florentina Esti

    Esti_sera@yahoo.co.id
    “Hari Minggu, Hari Guru, Hari Bersama Pelatihan Guru menulis

    Saya mendapatkan informasi mengenai kegiatan pelatihan menulis dan milis IGI dengan OM JAY selaku pengirimnya kebetulan inilah yang menjadi keinginan saya, menghadiri setiap kegiatan seminar / pelatihan yang terkait dengan dunia tulis menulis, dan dengan antusias saya mengirimkan nama, dan id saya ke no telepon 08159155515 dan ternyata respon yg dikirimkan sangat cepat, karena saya didaftarkan sebagai peserta pelatihan tersebut. Serta merta saya lingkari kalender meja kerja saya, agar tidak melewatkan momen tersebut bahkan di saat kemarin malam menjelang hari pelaksanaan Pelatihan Menulis, saya masih diberitakan sms konfirmasi kehadiran. Sungguh saya merasa mungkin kegiatan ini yang akan dapat memotivasi saya dalam kegiatan tulis menulis.
    Para pembicara yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini, juga telah memiliki kredibilita yang sangat pahit dijadikan motivasi untuk dapat mengikuti jejak mereka Pak Agus Sampurna, sebagai guru yang kreatif, Pak Ukim Komaruddin selaku penulis buku “Guru Juga Manusia” kemudian Bapak Dedi Dwitagama yang pernah mendapatkan penghargaan dari ACER dan juga dikirimkan ke korea sebagai wakil Indonesia pada kegiatan Academic leadership for Principal, ada juga Pak Gatot dan SEAMOLEC yang banyak memberikan informasi Edmodo dan kegiatan HOU dg ITB ( kerjasama SMA dengan ITB dalam pendidikan vokasi di digital cinema, fesyen, animasi dan lain-lain! Bahkan Om JAY sendiri memberikan langsung draff kertas kosong untuk peserta pelatihan isi dengan komentar mengenai kegiatan pelatihan ini dan tidak lupa mbak Dhita yang tempat menjadi di moderator pada saat Bapak Ukim memberikan materi kedua.
    Ya, sungguh pengalaman berharga yang saya dapat di hari Minggu ini, hari yang mustinya bisa diisi dengan waktu bersama keluarga, senilai dengan manfaat yang saya dapatkan di hari ini. Hanya satu yang menjadi harapan saya, saya ingin seperti Pak Agus, Pak Ukim, Pak Dedi dan seperti Om Jay juga, dan semoga apa yang menjadi harapan saya tidak sekedar harapan tapi juga bisa langsung saya lakukan sesuatu dengan motto yang sering saya dengar “JUST DO IT”

    Happy Teachers Day, My Friend
    Hope you will achieve Your Dream until Dream Come True
    Pengetik : Devina Nurshadrina

  23. Adriana says:

    ADRIANA

    SMPS ILMIAH KENDARI
    Annaridwan98@yahoo.com

    Salah satu kendala terberat saya dalam tugas sebagai seorang guru adalah kurangnya kemampuan dalam menulis, baik itu tulisan ilmiah maupun tulisan ringan (fiksi) padahal sesungguhnya sejak menjadi seorang siswa baik sebagai siswa SMP maupun SMA, saya adalah siswa yang rajin menulis dimajalah dinding. Menulis dengan tema yang ditemui sehari-hari, bahkan ketika masih menjadi Mahaiswa pernah menjuarai Lomba Merangkum Buku dari berbagai buku yang diadakan oleh perpustakaan daerah. Namun entah mengapa memasuki dunia kerja kebiasaan menulis semakin menurun bahkan boleh dikatakan tidak ada lagi. Bahkan syukur-syukur dalam sehari ada buku yang dibaca, padahal langkah awal dalam menulis adalah dengan membaca seperti yang di katakan oleh oemateri kedua tadi yakni Bapak Ukim, Komarudin bahwa jika menulis selalu diawali dengan membaca dan jika orang mengetahui/mengenal kita hendaknya rajin menulis.
    Dunia Internet sekarang sudah banyak menawarkan produk-produk yang sangat memungkinkan untuk dapat mengakses segala hal. Google, Youtube, Facebook, Twitter dll sebagainya. Dengan media ini sebenarnya sangat membantu untuk memperkenalkan tulisan-tulisan yang dibuat. Oleh karena itu, dengan mendegarkan di seminar ini dari temen saya jadi tertarik untuk ikut mengikutinya dengan harapan bahkan akan membangkitkan gairah dan semangat dalam menulis, apalagi dunia kerja yang sekarang sangat menuntut untuk dapat menulis khusunya dalam penulisan penelitian tindakan kelas, sebagai sebuah syarat untuk saat ini, untuk ringan yang kita temui sehari-hari, setiap hal yang ditemui , dihadapin, untuk memperkenalkannya mulai dengan mengirimkan ke berbagai media jujur. Apa yang diterima hari ini sangat bermanfaat sekali dan menggugah minat kembali untuk menulis lagi.
    Kekurangan atau kendala terbesar saya adalah tidak mempunyai kepercayaan diri untuk mempublikasikan karena merasa bahwa belum sesuai dengan aturan tulisan yang baik & benar
    Tapi medengarkan penarapan Bapak Dedi tadi bahwa jika hendak menulis, menulislah sesuai dengan apa yang mau ditulis, biarkan orang menilai sesuai penilaian mereka yang penting menulis. Sebab membiasakandiri menulis akan mempermudah tulisan. Tulisan yang lain.

  24. Siti Rohmah S.Pd
    Minggu, 25 November 2012
    PELATIHAN GURU MENULIS & PELUNCURAN
    Buku “Guru juga Manusia” (karya ukim kamarudin)
    Ternyata ketika mendengarkan para tutor berbicara tentang ‘menulis’, rasanya memang mudah membayangkannya tapi harus diakui, ketika harus ‘dipaksa’ meulis, agak bingung juga apa ynag mau ditulis.
    Malu mengakui kalau saya guru bahasa Indonesia, hehehe…… maklum yah, kalau bicara soal itu, yang ada saya malah semakin malu. Kenapa tidak? Lawong saya lulusan tarbiyah, PAI pula, eeh…. ngajar B.indonesia & B.Inggris hmm…..
    Tapi…. Setiap kali ikut acara – acara seperti ini memang tergugah lagi untuk menuls selama ini sih, paling juga nulis di diary, itu juga ingetnya kalo lagi ngegalau doing. Hoalah…. cape deh…..Apalagi kalau bicara soal nge-blog. Susah juga kalo disuruh ‘melek’ internet. Blog sih punya, meskipun itu juga dibuatin sama temen. Kebetulan waktu itu ikut pelatihan TOT-ICT di purwokerto. Sayang banget sih, sama sekali gak aktif, dicuekin gitu aja.
    Selalu begitu pas ikut seminar, semngat keluar. Tapi, pulangnya semangatnya hilang lagi. Mungkin karena kurang motivasi yang lebih banyak lagi.
    Hari ini, karena diajak teman, akhirnya saya ada disini, pak agus, pak dedi, omjay, pak gatot, pak ukim, semuanya hebat. Ingin seperti mereka bisa menggugah semua guru yang hadir untuk mencerdaskan bangsa. Semoga semua niat dan cita – cita luhur mereka dapat terwujud, sehingga dapat mencetak generasi yang cerdas, beriman dan berahlak baik.
    Mudah – mudahan pulangnya saya dari sini, esok lusa atau entah kapan, saya dapat benar – benar menjadi seorang guru yang baik. Ya Allah….. sering banget lupa kadang kalau saya seorang guru.
    suatu saat nanti, saya harus jadi guru yang memiliki mimpi yang tinggi, kreatif, inovatif dan berprestasi, terus juga….. bisa me’museumkan’kan tulisan saya. Tadi sempat saya ingat satu kalimat. “aku menulis untuk menangkap kenangan yang mungkin tak akan mampu tersimpan dalam ingatan, sebelum diriku using dan menghilang”. Hm….. sayng juga kalau ada kenangan yang telupa.
    Weslah….. harus punya tekad, niat baik, dengarkan nasihat para mentor, mari kita praktekan….. pasti tuhan kan berikan jalan.
    Iih….. hari ini hari guru, saya guru juga ya? Hehe….. selamat hari guru deh buat saya…… SEMANGAT!!!!

    1. Wijaya Kusumah says:

      selamat hari guru juga

      salam
      Omjay

  25. Fitriana Pertiwi says:

    Mengejar Mimpi Melalui Pelatihan Menulis Guru
    25 November 2012, dihari inilah aku masih belum tau, bahkan tidak menyangka bisa dapat menghadiri pelatihan menulis guru + launching buku bersama om Jay dan para trainer handal yang dapat membuatku bilang wow, saat mendengarkan dan mencermati pengetahuan luar biasa
    Sehari sebelum pelatihan aku mengikuti perkemahan Sabtu Ahad (Persahad), di sekolah tempatku belajar bersama murid-muridku yang aktifnya luar biasa, Acara persahad baru selesai hari Minggu tanggal 25 November 2012 tepat saatnya mengikuti pelatihan menulis guru di UNJ.
    Selesai persahad pukul 08.00 aku langsung bergegas pulang dan bersiap berangkat ke Rawamangun. Telat memang sudah pasti aku sampai disana, tapi apa mau dikata kewajibanku menemani mereka harus kutuntaskan terlebih dahulu. Khawatir awalnya,tertinggal banyak materi yang telah disampaikan para trainer diawal waktu. Tapi tanpa peduli telah aku berangkat walaupun terlambat.
    Tepat waktu adzan Dzuhur aku sampai di tempat pelatihan, tak menyangka akan terlambat selama ini, karena ternyata aku lupa rute menuju UNJ. Setahun terakhir aku jarang ke daerah Rawamangun dengan kendaraan sendiri, karena lebih terbiasa dengan bus yang ketika aku naiki bus tersebut sangat cepat dan tak memperhatikan rute, tiba-tiba sampai di halte UNJ.
    Akhirnya dengan penuh perjuangan aku sampai di UNJ, dan Alhamdulillah masih dapat mengikuti pelatihan yang dibawakan oleh Bapak Gatot mengenai Edmodo dan oleh Bappak Dedy Dwitagama mengenai guru kreatif.
    Ilmu yang sangat luar biasa telah kudapat hari ini. Tidak percuma perjuangan waktuku. Walaupun semalaman berapi unggun bersama pramuka cilik. Ternyata di hari ini aku mendapatkan kesempatan luar biasa bisa berada ditempat pelatihan dan menyerap banyak ilmu yang Insya Allah dapat disampaikan kepada sesame teman guru dan para peserta didik dimanapun kita bersinggah.
    Thanks So much to all trainers, Ibu are my inspiration.
    Fitriana Pertiwi

  26. Zafira Fiona Islami-7E-40 says:

    Guru : SDIT Al-Hikmah Bintaro
    Nama : Roffita Sari, S. Pd

    CAKAWALA SEJUTA KEDAHSYATAN
    WITH OMJAY

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Salam semangatttt…

    Jakarta, sejuta kedahsyatan, Minggu (25/11) hari yang sangat berkesan. Berawal dari facebook, aku dapat hadir sebagai peserta “Pelatihan Guru Menulis & Peluncuran Buku Guru Juga Manusia”. Omjay yang sumber inspirasiku memberikan kesempatan emas dengan mengundang pembicara yang dahsyat, di Aula Wisma UNJ.
    Pada awal kedatanganku, acara telah dimulai dengan narasumber Bapak Agus Sampurno, S. Pd (Pemenang Guraru Award 2012). Dengan enjoy santai ceria aku menikmati kisah beliau sebagai motivasi & manfaat menulis di blog. Yach, maklum saja beliau sudah pengalaman menulis sejak tahun 2007. Sayang, aku datang telat karena pagi sebelumnya aku ikut berpartisipasi aksi kemanusiaan & penggalangan dana untuk Palestina. Namun, dengan ketelatanku tidak mengurangi niatku untuk beramal dan berilmu. Acara terus berlanjut, aku pun menyimaknya dengan baik, sampai tak terasa snack yang disediakan panitia tidak tersentuh, hehehe… asiikk… alhamdullilah. Hari Guru Nasional bersama para guru IGI (Ikatan Guru Indonesia)
    Selanjutnya, aku mendengar dan memperhatikan pembicara kedua Bapak Drs. Ukim Komarudin, M. Pd. Ada banyak pesan disampaikan beliau (diantaranya) “Siapa yang ingin mengetahui dunia perbanyak MEMBACA dan siapa yang ingin dunia mengetahui dirinya, perbanyak MENULIS. Jadi apa 10 tahun yang akan datang tergantung dari siapa kita berteman” ujar Bpk Drs. Ukim Komarudin. Pesan yang membuat terbuka pikiranku yang selama ini tertutup kelambu, hehe…
    Setelah waktu istirahat sholat makan, aku segera datang ke ruangan untuk mengikuti materi selanjutnya. Ternyata disana sudah ada Bapak Gatot yang memberikan wawasan dahsyat tentang Akademis & Insert eks-school.
    Saat yang ditunggupun aku rasakan bahagia, karena datang Bapak Dedi Dwitagama dengan penyampaian materi yang membuatku bisa curhat tentang kondisi yang kurasakan dalam proses aplikasi media internet
    Terakhir, Omjay memberikan pemahaman dan praktek langsung cara menulis dengan memberikan peluang peserta untuk menuangkan apapun yang kita rasakan di dalam kertas.
    Dahsyat, Narasumber & materinya membuka cakrawala baru untukku. Semoga Omjay dan IGI (Ikatan Guru Indonesia) selalu membina kita para Guru agar lebih punya mimpi, kreatif dan berprestasi. Seperti perkataan Bapak Dedi “Agar kita berprestasi, sehingga kita dapatkan perjalanan yang bermanfaat untuk hidup yang lebih maju” Amin YRA. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  27. Kevin Darmawan/22/7E says:

    Nama: Sukaesih

    “Lelah Yang Menyenangkan”
    Pagi ini 15 Nopember 2012 ada hal berbeda dalam rutinitas akhir pekanku, biasanya ketika libur dari tugas rutinitas mengajar dari Senin sampai Sabtu Minggu merupakan hari yang membahagiakan karena aku dapat berkumpul dan bersantai bersama suami dan kedua putraku.
    Namun pagi ini setelah Sholat Shubuh aku harus segera berkemas, ada mimpi yang harus aku raih yaitu “Mengikuti Pelathan Guru Menulis” dan bertemu dengan orang-orang kreatif yang penuh inspiratif.
    Menarik. Inspiratif dan Motifatif itu yang aku rasakan dan juga mungkin yang peserta lain rasakan. Bagaimana tidak? Pak Ukim Komarudin sebagai penulis buku “Guru Juga Manusia” memberikan banyak inspirasi dalam menyampaikan ide-ide yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.
    Untuk menjadi guru yang hebat itu sebetulnya mudah menurut P. Dedi Dwitagama, guru hanya perlu bermimpi, kreatif dan berprestasi, milikilah mimpi maka engkau akan melesat bagaikan anak panah untuk mengejar mimpimu, dan jadilah orang-orang yang kreatif untuk dapat berproduktifitas secara efesien dan efektif, lalu lakukanlah yang terbaik “do the best” dan buatlah diri kita berprestasi maka kamu akan mendapatkan banyak hal.
    Nge-blog itu sudah menjadi keharusan bagi guru era baru. Kalau tiak maka kita akan dibilang Guru Jadul. Dengan ngeblog guru dapat menuangkan ide-idenya lewat tulisan, lewat tulisan ini guru membuat rekam jejak (record) tentang dirinya. Karena menurut Mas Agus Sampurno, S.Pd. Sebagai pemenang Guraru award 2011” dengan ngeblog kita sedang melakukan pencitraan diri dan reputasi diri kita baik sebagai pribadi maupun sebagai guru. Yang seharusnya menjadi inspiratif bagi peserta didiknya.
    Sementara menurut Wijayakusumah, M.Pd atau yang biasanya disapa “Omjay” Menulislah setiap hari and rasakan apa yang terjadi. Dan hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka karena hal itu dibuktikan oleh mereka yang telah menjadikan menulis sebagai kebiasaan dalam keseharian.
    Omjay dengan prestasinya di bidang menulis telah banyak melakukan perjalanan untuk berbagi dengan yang lain tentang apa yang telah dialaminya, begitupun, P. Dedi Dwitagama, M.Pd maupun Mas Agus Sampurno, S.Pd.
    Intinya sekalipun hari ini aku harus berjalan mulai jam 5 pagi hingga bertahan dalam sesi pelatihan hingga jam 5 sore dan kembali pulang ke rumah hingga mungkin jam 9 malam tapi aku merasakan “kesenangan” yang luar biasa karena banyak informasi dan ilmua yang aku dapatkan serta bertemu dengan pribadi-pribadi yang menarik dan inspiratif.
    Hidup IGI (Ikatan Guru Indonesia) semoga semakin maju dan semakn berkarya.
    Terimakasih Omjay dan “seluruh panitia” semoga akan semakin banyak orang yang terinspirasi dan berkarya.
    “Wassalam”
    Nama pengetik: Kevin Darmawan-22-7E

  28. adhiwira rifky.t / 7E / 2 says:

    “Pengalamanku di kampus UNJ”

    Hari ini,minggu 25 November 2012. Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan guru menulis, selain itu saya juga mendapat kepercayaan membantu panitia. Senang banget bisa ada diantara orang-orang hebat. Seperti Omjay ,Pak dedi, pak agus elan pak gatot. Banyak sekali ilmu yang didapat hari ini,dan tentunya tambah banyak teman.

    Selama kegiatan berlangsung,saya tertarik kepada pengalaman yang pak Ukim ceritakan.Ternyata apapun bisa kita tuliskan,lebih terharu lagi ketika pak ukim mengatakan “guru juga manusia”. Karena sebagai guru honorer Saya mengalami rintangan,mulai dari gaji yang minim,tidak mendapat tunjangan fungsional,tidak pernah diberi transport ketika ada pelatihan.Sebenarnya semua itu bisa saya tuliskan,tapi saya selalu saja diliputi kebingungan dan kesulitan untuk memulai.Mudah mudahan melalui kegiatan ini saya bisa lebih termotivasi untuk memulai menulis.

    Pencerahan dari pak dedi lebih semakin menambah semangatku untuk menulis dan saya ingin menjadi guru yang kreatif. Jujur…..menjadi guru yang tidak kreatif itu ga enak,saya sering mengalami kekurangan uang,padahal saya sudah berkerja di dua sekolah negri dan sebagai freelancer di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pendidikan.tapi hasil yang saya peroleh belum membuat saya sejahtera. Akhirnya saya berpikir , apakah saya harus menulis lewat acara ini, aku ingin berjanji dalam hati “aku ingin menulis” dan harus bisa menulis . pak ukim bilang :
    “siapa yang ingin mengetahui dirinya, perbanyaklah menulis”
    “teruslah menulis”

    Semoga hari ini menjadi awal yang indah untuk memulai “menulis” amiin.

    Salam menulis
    Dalia Halmahera,spd

  29. Yeldawati says:

    Nama: Yeldawati

    Hari Jum’at teman saya bernama palamuain dan MTS 1 , kasih tau ada seminar, di UNJ dan mengajak saya ikut serta , dengan senang hati. Saya ikut, pagi berangkat malah nyasar ke gedung. Namun asyik juga kenal UNJ lebih banyak . terlambat dating namun ada rasa takut kalau terlambat.

    Materi pertama dibicarakan sama bapak Agus sampurno , yang menarik bagi saya “anak dalam kelas boleh buka dengan catatan” karena selama ini saya melarang anak bawa hp berarti selama ini saya bersikap tidak benar.
    Acara demi acara terus berlanjut masuk dengan sesi pembawa materi oleh Drs. Ukim. Lebih menarik dan membuat jadi tidak ngantuk dan membuat saya terinspirasi dan termotivasi. Cara memberikan materi luar biasa , membuat ketawa senang dan semangat , tapi membuat saya lebih mengetahui apa yang selama ini yang saya tidak tau.:memang saya gaptek dan memang guru Ys tidak kreatif. Saya ingin mengajar anak seperti apa Ys dilakukan pak Ukim member materi”

    Lain lagi pembicara pak dedi Kusumah luar biasa juga hebat. Yang memberikan materi”kreatif,mimpi,prestasi” di lihat dari sana ternyata apa yang saya lakukan selama mengajar jauh dari apa Ys di harapkan oleh siswa / siswi saya. Ya Allah ampun kan aku , jika aku di beri umur panjang , aku akan merubah cara mengajar dan mendidik anak. Agar lebih kreatif. Izinkanlah Ya Allah.

    Seperti apa yang dikatakan pak Dwi , saya memang harus punya mimpi. Karena ada mimpi pasti ada prestasi.
    Satu hal lagi yang buat saya kecil dari segalanya saya nggak punya blog. ( untuk mencurahkan segala mimpi saya) besok senin saya akan belajar dengan pak lamuain untuk buat blog. Biar saya lebih kreatif.
    Apa yang saya dapatkan hari ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya sangat berterima kasih kepada semuanya. Terutama kepada pak Jay. Yang telah membalas sms saya sehingga bisa hadir pada hari ini.
    Kapan-kapan undang saya lagi ya pak Jay.’terima kasih’ maaf kalau kalimat saya tidak beraturan.

  30. Yeldawati says:

    Nama: Yeldawati

    Hari Jum’at teman saya bernama palamuain dan MTS 1 , kasih tau ada seminar, di UNJ dan mengajak saya ikut serta , dengan senang hati. Saya ikut, pagi berangkat malah nyasar ke gedung. Namun asyik juga kenal UNJ lebih banyak . terlambat dating namun ada rasa takut kalau terlambat.

    Materi pertama dibicarakan sama bapak Agus sampurno , yang menarik bagi saya “anak dalam kelas boleh buka dengan catatan” karena selama ini saya melarang anak bawa hp berarti selama ini saya bersikap tidak benar.
    Acara demi acara terus berlanjut masuk dengan sesi pembawa materi oleh Drs. Ukim. Lebih menarik dan membuat jadi tidak ngantuk dan membuat saya terinspirasi dan termotivasi. Cara memberikan materi luar biasa , membuat ketawa senang dan semangat , tapi membuat saya lebih mengetahui apa yang selama ini yang saya tidak tau.:memang saya gaptek dan memang guru Ys tidak kreatif. Saya ingin mengajar anak seperti apa Ys dilakukan pak Ukim member materi”

    Lain lagi pembicara pak dedi Kusumah luar biasa juga hebat. Yang memberikan materi”kreatif,mimpi,prestasi” di lihat dari sana ternyata apa yang saya lakukan selama mengajar jauh dari apa Ys di harapkan oleh siswa / siswi saya. Ya Allah ampun kan aku , jika aku di beri umur panjang , aku akan merubah cara mengajar dan mendidik anak. Agar lebih kreatif. Izinkanlah Ya Allah.

    Seperti apa yang dikatakan pak Dwi , saya memang harus punya mimpi. Karena ada mimpi pasti ada prestasi.
    Satu hal lagi yang buat saya kecil dari segalanya saya nggak punya blog. ( untuk mencurahkan segala mimpi saya) besok senin saya akan belajar dengan pak lamuain untuk buat blog. Biar saya lebih kreatif.
    Apa yang saya dapatkan hari ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya sangat berterima kasih kepada semuanya. Terutama kepada pak Jay. Yang telah membalas sms saya sehingga bisa hadir pada hari ini.
    Kapan-kapan undang saya lagi ya pak Jay.’terima kasih’ maaf kalau kalimat saya tidak beraturan.

    pengetik:
    ihsan najam bimasakti k 7E/20

  31. vanessa maritza 7e 39 says:

    Yunis andriani
    SMAN 6 OKU SUMSEL

    Awalnya dari kitidak sengajaan ,ketika melewati depan wisma UNJ saya membaca spanduk tentang ”pelatihan guru menulis dan peluncuran buku guru juga manusia” saya coba buka email pak wijaya kusumah dan mendaftar sebagai peserta pelatihan.

    Jujur saya tidak terlalu berharap banyak dari acara ini ,hanya sekedar ingin tahu saja,sebagai “orang baru” di jakarta dan tidak terlalu kenal dengan pak wijaya kusumah.

    Ternyata setelah mengikuti sessi demi sessi acra, saya mendapat banyak hal ,yang tidak biasa. Materi yang disampaikan pak agus sampurno dengan aktivitas blognya yg membawa berkah ,”om jay”, pak ukim komarudin (guru dan penulis buku) yg humoris dan menginspirasikan ,pak gatot sang pakar IT dengan EDMODO nya ,membuat saya bersemangat lagi untuk menulis , yang sudah lama makin melemah karena aktivitas.

    Ternyata menulis itu mudah dan menyenangkan, bisa berbagi,pengetahuan ,pengalaman ,dan aktivitas dan merupakan rekam jejak kita, apa yang kita alami ,kita fikirkan kita ketahui dapat dibagi dan saling berbagi.

    Menulis dapat “mengubah nasib dan peradaban “. Terbukti para pendahulu kita yg meninggalkan tulisan yg dapat dinikmati oleh kita yg meninggalkan tulisan yg dapat dinikmati oleh generasi setelahnya yaitu kita dan mengambil manfaat bahkan mengubah pola piker dan kehidupan seseorang bahkan bangsa.

    Menulis dapat meringankan beban hati dan fikiran serta ide-ide cemerlang hanya saja terkadang kita kurang berani (kalu tak bisa dibilang nekat ) untuk memulai .memulai memang berat tetapi stelah terbiasa maka akan sangat mengasikkan bahkan bisa menjadi kebutuhan.

    Kenapa tidak mulai mencoba dengan menuliskan dari aktivitas sehari-hari ,melalui catatan harian atau pada era saat ini melalui social network , tulisan yg menginspirasi orang lain dan diri sendiri bisa jadi luar biasa.

  32. Pitri Elbrigita yohana says:

    Nama : Pitri Elbrigita Yohana
    No HP :
    E-mail : elbrigitayohana@gmail.com

    Huaaa….. aa…..ahm…
    Pagi ini saya bangun agak kesiangan, tidak seperti hari – hari biasanya. Saya bangun pagi pukul 6 pagi ini. Dengan perasaan yang masih agak mengantuk saya masih saja teringat dengan tugas – tugas kuliah yang membuat kepala saya terasa semakin berat.

    Tidak lama kemudian saya mendengar suara sibuk dari teman sekost saya yang sudah bangun lebih pagi & sudah bersiap – siap seakan melakukan perjalanan yang menyenangkan. Fuuh…hh….. kemudian saya bangkit dari tempat tidur saya, berdoa sejenak memohon tuhan memberkati hari ini. Kemudian saya membuka laptop yang daritadi malam sudah terletak di dekat tempat tidur saya. Laptop ini sudah menemani saya dengan games yg menyenakan tadi malam.meskipun terkadang membuat stress dengan tugas – tugas banyak.

    “belum mandi!” sapa teman sekost yg menghampiri.
    “belum, mba….ntar lg….” jawab saya.
    Katanya mau ikut pelatihan hari ini! Sapa mba sekali lagi.

    Oh… iya! Saya tersentak karena saya benar – benar lupa hari ini adalah acara pelatihan yang dibicarakan teman – teman semalam.
    Saya sedikit ragu apakah email yg dituju itu tepat? Namun dengan percaya diri saya mandi & bersiap – siap berangkat.Mba sekar sudah berangkat duluan tapi ia tidak ikut pelatihan karena ditelpon keluarganya di Bekasi.
    Kemudian saya turun ke bawah, saya bermaksud ingin berangkat bersama – sama dengan 2 teman lagi, mba yunis & ba lisa.saya lewati kamar mba yunis, e…eh rupanya sudah berangkat duluan, kamarnya sudah terkunci, tapi saya melihat mba Lisa sudah siap berangkat. Kemudian kita berangkat bersama – sama.
    Woow…ww… waktupun berjalan pelatihan berlangsung. Di mulai dari pembicara pertama Pak Agus Sampurno, saya sudah merasa kegiatan ini luarbiasa woow….. Pembicara kedua pak ukim, semakin membuat saya tidak dapat berkata banyak soalnya ketawa melulu. Pembicara berikutnya pak gatot, benar2 SMART. Pak gatot sepertinya akan menginspirasi saya untuk membuat tesis penelitian pembelajaran kolaboratif edmondo. Wah…. Sepertinya ini luar biasa jika saya bisa membuat tesis saya tentang Edmondo ini. Tetapi saya masih penasaran ini benar – benar baru saya dengar & saya tidak tahu apakah ide ini bisa terwujud. Sampai pembicara berikutnya, saya tidak punya alas an untuk merasa bosan & lelah dalam pelatihan ini. Saya tidak bisa bicara banyak & komentar apapun pokoknya bagus & luar biasa.
    “ini acara yang tampak sederhana tapi mewah”. Saya jadi lupa dengan tugas mata kuliah STATISTIK yang bikin bikin pusing
    Oh…oh…oh…, hal selanjutnya belum dapat saya tulis karena acara ini masih berlanjut…. Thank’s god for today. God bless…

    1. Muh. Abrar Adheyasa/7E/26 says:

      sebenernya namanya Muh. Abrar Adheyasa/7E/26

  33. Muhammad Andhika Pratama says:

    Nama : Herman Email: herman_sma9@yahoo

    PENGALAMANKU Mengikuti
    Pelatihan Guru Menulis& peluncuran Buku
    “Guru Juga Manusia”

    Bukti kekuatan komunitas terjadi di hari ini 25 november 2012 bertepatan dengan ulang tahun Guru,
    mengapa tidak informasi pelatihan Guru menulis ini ku dapatkan dari seorang teman pada komunitas
    tb. Group Pasca sarjana Universitas Indonesia. Terimakasih friend brotherku “Noer Ridwan” Dari saudaraku lah, awal pengalaman di hari ini berawal.
    Aku pun sangat bersemangat, karena aku di beritahu bahwa panitia pelaksanaanya om wijaya kusumah
    , yg sebelumnya akupun sudah memiliki bukunya tentang “penelitian tindakan yang diterbitkan RT indeks” yang telah menjadi best seller di Gramedia. Dan saya pun sangat berterima kasih pada panitia wakil khusus om wijaya kusumah yang telah memberikan balasan atas Reguest pendaftaran saya sebagai peserta.
    Akhirnya waktunya pun datang. Di pagi hari 25 november 2012 bertepatan dengan hari minggu akupun
    dari kosan(tempat tingga saya) bergegas. Dengan menggunakan Busway ke tempat acara pelatihan
    Guru menulis tepatnya di Aula UNJ.
    Sembari menyantap snak yang telah di berikan panitia pada saat sebelum mematuhi Ruangan yang telah ditiapkan oleh panitia. Dengan rata penasaran yang tinggi akupun menunggu karena aku datang kebetulan acaranya belum dimulai.
    Setelah beberapa saat, acara pun dimulaiyang diawali dengan pembukaan yang diisi oleh beberapa sambutan dari panitia dan dari IGI serta pembacaan dan setelah itu segi acara inti pun dimulai dengan paparan dengan kolaborasi moderator yang sempurna dan Apik sehingga saya pun telah menyadari mulut saya terkadang komat kamit apa rahasianya pak agus sangat berprestasi pada usia yang muda sekali.
    Hingga tak disadari segi pertama pun berakhir, dan segi kedua pun dimulai, dan wah… pak ukim komarudin pun sungguh tidak kalah menariknya, sehingga pada daet tepuk tangan motivasi pun saya lupa saking terperangah akan pesona pak ukim yg menceritakan pengalaman dalam menjalankan tugasnya. Segi pak ukim pun tidak disadari udah habis dan segi break pun sampai.
    Setelah segi istirahat dan makan, segi pak Gatot pun dimulai, dan segi ini sebenarnya tidak ada di jadwal dan materinya sangat menarik tentang pengajaran kolaboratif dengan talmodo, dan ini penting bagi saya untuk pengajaran masa depan.
    Dengan berakhiran segi yang yang di bawahkan pak Gatot. Berlangsunglah segi dari pak dedi dan wahu… segudang prestasinya ada padanya.
    Dari materi belian saya dapat menguntip bahwa bermimpilah. Kreatiflah,bekerjalah dengan cerdas dank eras dan Akhirnya anda di berangkatkan kemana-mana sebagai hasilnya alias prestasi ujung dari semua itu.
    Sebagai segi terakhir sebelum penutupan sebelum penutupan kami pun diminta untuk mengekspresikan pengalaman dan perasaan kami dalam bentuk tulisan dan perasaan kami dalam bentuk tulisan dan wah saya hamper tidak menyadari akan waktu saya sangat menikmati aliran kata-kata dari pikiran saya yang saya teruskan diataskan folio yang di bagikan.
    Kesan ini akan menjadi cambuh bagi saya untuk menjadi guru yang lebih kreatif. Seperti yang diungkapkan pak ukim kita harus berpikir ulang tentang apa yang kita udah buat sebagai Guru.
    Dan oleh-oleh ini sangat berharga untuk saya bawa pulang ku Sulawesi tenggara. Khusunya
    di sekolah saya di SMA Negeri 9 Kendari.

  34. Catatan Hari Ini

    Berawal dari SMS kakak kelasku waktu di pesantren tepat di malam sebelum kegiatan ini dilaksanakan, saya yang memang sangat tertarik dengan dunia tulis-menulis, langsung menyetujui ajakannya untuk ikut Pelatihan Guru Menulis & peluncuran buku ‘Guru Juga Manusia’ kayrya Drs. Ukim Komarudin, M.Pd.
    Minggu pagi tepat pukul 06.20 WIB kami berangkat bersama dari Bekasi dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan dari Bekasi menuju Wisma UNJ Rawamangun kurang lebih memakan waktu 1 jam.
    Sesampainya di lokasi, saya langsung masuk ke tempat pelatihan. Pukul 08.00 lebih acara dimulai. Dengan sambutan dari Omjay selaku pelaksana kegiatan, dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan IGI Pusat. Setelah itu acara pelatihan pun dimulai.
    Materi pertama disampaikan oleh Bapak Agus Sampurno, S.Pd (pemenang Guraru Acer Award 2012) yang menyampaikan materi ‘Motivasi Menulis di Blog’. Seorang guru jangan gagap teknologi, sebagai seorang guru harus mampu menguasai teknologi sebagai upaya untuk menyesuaikan diri dengan metode pembelajaran terkini.
    Materi kedua disampaikan oleh Bapak Ukim Komaruddin, M.Pd. Saya hanya mengutip sedikit kalimat yang bermakna amat besar, yaitu; “Siapa yang ingin mengetahui dunia perbanyaklah MEMBACA dan siapa yang ingin dunia mengetahui dirinya perbanyaklah MENULIS.”
    Materi selanjutnya disampaikan oleh pak Gatot mengenai pemanfaatan Edmodo sebagai media pembelajaran, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Dedi Duritagama, M.Si yang bisa saya ambil kesimpulan untuk menjadi orang yang sukses kita harus punya MIMPI, KREASI, dan PRESTASI.
    Alhasil, tentunya banyak manfaat yang dapat diambil pada kegiatan seperti ini, mudah-mudahan IGI, Acer dan pikhak-pihak yang peduli terhadap pendidikan selalu bersemangat untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.

  35. Noor H says:

    Nama : Noor Ridhwan

    Alhamdulillah, akhirnya selesai juga acara hari ini, yakni pelatihan menulis guru dan peluncuran “Guru Juga Manusia”, yang bertempat di UNJ rawamangun Jakarta Timur. Banyak hal yang didapat dari rangkaian kegiatan ini. Ilmu dan motivasi saya untuk menulis seakan makin menjadi jadi. Semoga niat baik ini akan terpelihara selalu dan akan saya laksanakan setiap harinya.
    Keikutsertaan saya dan teman teaman dalam acara ini sangat terkait dengan hobby saya main internet setiap hari. Membaca email, dan facebook-an adalah dua aktifitas yang selalu saya lakukan manakala sudah terkoreksi dalam jaringan internet.Rasanya ada yang kurang jikatidak melakukan dua hal itu.
    Melalui email, saya banyak terhubung dengan berbagai komunitas mailing list. Dan yang paling seringupto date adalah mailing list ikatan guru Indonesia IGI. Hampir setiap harinya saya membaca diskusi teman-teman guru yang tergabung dalam IGI. Ingin rasanya membuka cabang IGI di kabupaten Hulu Sungai Selatan, selepas masa menuntut ilmu di Jakarta ini selesai
    Dari alamat email mereka saya mencari lebih jauh hingga ke facebook. Lalu terjadilah pertengkaran dengan guru-guru pengurus IGI di dunia facebook. Hingga bergabung di grup facebook Ikatan Guru Indonesia. Banyak ilmu dan wawasan serta infi-info terbaru saya dapat dari dua”makhluk” dunia maya ini, mailing list dan facebook IGI.
    Dengannya saya jadi kenal dengan tokoh-tokoh penting IGI, diantaranya Pak Satria Dharuna, Pak Moh. Ihsan, Pak Ahmad Rizali, Pak Eko Prasetyo, Bu Dhita Sharaswasti, Pak Wijaya Kusuma dan lain-lain yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu. Dua nama pertama bahkan akhirnya ketemu secara langsung. Pak Satria, saya ketemu saat siding RSBI di mahkamah Konstitusi tahun 2011 lalu, sedang pak Moh. Ihsan, baru kemaren setemu dan foto bareng dengan eliau di acara Seminar Nasional Building Solution for ICT di Kemeudikbud .
    Kemudian, dua nama terakhir saya ketemu saat acara hari ini mungkin mereka tidak mengenal saya, tapi saya merasa sangat mengenal mereka lewat tulisa-tulisan mereka dan diskusi-diskusi hangat tentamg dunia pendidikan . Eh, lupa Pak Gatot juga saya lihat kemaren di Kemeudikbutd, dan juga hari itu.
    Tenyata memang, internet mampu mendekatkan yang jauh. Ini terbukti, dengan berbagai kegiatan yang saya ikuti berkat komunitas IGI .
    Terkait menulis, Omjay lah yang menjadi salah satu motivasi saya. Saya salut dengan beliau yang mampu menulis setiap hari di tengah kewajiban tugas dan aktifitas sehari-hari yang bejibun. Karenanya beliau memang layak mengandung predikat guru paling ngeblog kompasiana “inging rasanya saya juga bisa menulis setiap hari”.
    Untuk blog, saya memang sudah punya sejak akhir tahun 2008, namun isinya masih bolong-bolon. Kadang nulis, lebih seringnya tidak. Maka dengan terhubung dengan guru-guru penulis ini, saya mulai bergairah lagi menulis. Dua bulan ini mulai menunjukkan hasilnya. Postingan di blog mulai banyak lagi.
    Saat Omjay meng-update status beliau di facebook tentang pelantikan menulis ini, sontak saya segera mengirim SMS minta jadi peserta. Begitu juga, teman-teman saya kabari. Dan Alhamdulillah banyak berminat. Total ada orang kami yang ikut. Dan, ternyata acaranya memang bagus banget! Nyesel sekali kalau ngga ikut. Selanjutnya yang ada di pikiran kami, terutama saya adalah kembali menulis. Menulis yang bermanfaat
    Semoga Bermanfaat !!

    Nama : Miko Arif Hermawan
    Kelas : VII-e
    No.Absen : 24

  36. nama : Resmaleni , s.si

    wah…. seru banget pelatihan hari ini, tidak sia – sia berangkat jauh dari cilegon. Jam 04.00 subuh sudah bangun untuk mempersiapkan diri mengikuti pelatihan guru menulis yang diadakan oleh IGI. Pelatihan diadakan di wisma UNJ Jakarta. Cilegon dan Jakarta lumayan jauh kira – kira 2 jam lebih perjalanan naik bis. Jam 05.00 sudah mulai jalan dari rumah ternyata dapat bis sudah jam 06.00, nyampe di pulo gadung jam 08.15 sedangkan acara mulai jam 08.00 udah gitu pake naik trans Jakarta lagi. Ini pengalaman pertama saya naik trans Jakarta ternyata seru juga & untuk hari minggu jadi gak macet.
    Pelatihan hari ini di isi oleh lima orang trainer yaitu -1.pak agus sampurnon S.pd pemenang guraru acer award 2011- 2. Pak ukim adalah seorang penulis buku yg berjudul guru juga manusia – 3. Pak gatot dari badan SDM diknas yang mengenalkan e-learning & pembelajaran kolaboratif berbasis EDMODO. -4.pak dedi yang seorang trainer dan penulis buku salah satunya penelitian tindakan kelas. – 5.omjay, seorang trainer dan penulis bermacam buku yang sudah terkenal . kelima trainer di atas berhasil membakar semangat saya untuk membangkitkan kembali “mimpi untuk menjadi seorang penulis dan trainer terkenal”.
    Saya telah satu tahun kenal omjay, tapi omjay mungkin tidak mengenal saya. Satu tahun yang lalu tepatnya juli 2011 saya mengikuti workshop penelitian tindakan kelas di depok. Masih terngiang di telinga saya beliau mengatakan “ menulislah setiap hari lalu lihat apa yang terjadi “ selesai dari depok saya langsung membuat blog & setiap hari menulis di blog hingga dalam satu bulan saya sudah memposting 60 tulisan dan saya share ke facebook.tetapi setelah itu semangat saya redup karena tidak ada yang kasihn comment di blog saya. Setelah itu blog saya mati suri , tetapi saya berjanji sepulang dari pelatihan ini saya akan buka lagi blog saya dan saya akan tuliskan yang telah say abaca agar hidup saya balance sesuai pesan dari pak ukim dan pak dedi dutagama kata beliau “ini blog saya , tulisan saya terserah apa yang mau saya tulis”
    Saya ingin mengejar mimpi, saya ingin menjadi seorang guru yang luar biasa, yang selalu ingin belajar . saya juga ingin menjadi seorang trainer yang penuh dengan job dan bisa memberikan pelatihan keseluruh pelosok Indonesia. Saya ingin dikenal bayak orang. Saya ingin membuktikan pepatah “ dengan membaca kita mengetahui isi dunia & jika dunia ingin mengetahui siapa kita, maka menulislah. “ saya ingin memanfaatkan teknologi yang sudah ada seperti internet . maka orang – orang akan mudah membaca tulisan saya , semoga saja tulisan yang saya share nantinya banyak dibaca teman & orang – orangb diluar daerah seingga ada komentar pakah tulisan saya disukai banyak orang.

    Hingga sorepun datang , sekarang saya ingat anak – anak dan suami saya teah menunggu di rumah. Saya harus berterimakasih pada mereka yang telah bersedia ditinggal pelatihan di hari miggu . semoga perjalanan saya nanti pulang kerumah berjalan lancer. Amiin !!!!!!

  37. Suhermi widiastuti emmyfarari@gmail.com

    Pengalaman mengikuti seminar guru menulis

    Undangan menulis dari omjay via FB membuatku sangat excited untuk mengikutinya apalagi tanpa membayar alias gratis,hehe… ,meski harus mengorbankan hari libur yang seharusmya bersama keluarga,tapi energy untuk mengikuti seminar penulisan ini sungguh luar biasa.
    Sampai di wisma UNJ tepat pukul 7:30,ternyata sudah ada beberapa rekan guru yang datang dari luar kota yang keletuhan menginap di wisma tersebut.Bertemu rekan2 IGI saya sudah memberikan energy positif apalagi setelah pembicara sudah mulai dengan materi seminarnya.Sesi 1 diisi oleh Pak Agus Sampurna,pemenang Guraru award tahun 2011,beliau menceritakan banyak hal tentang manfaat blog yang telah beliau tekuni&rutin menulis sejak 2007 lalu,banyak kejutan2 tak terduga dari aktivitas menulisnya di blog,sesuatu yang mungkin tidak pernah mungkin dibayangkan akan diperolehnya,termasuk penghargaan yang diperolehnya sebagai pemenang portal guru award 2011yang disponsori oleh accer,dan aktivitas beliau sebagai pembicara dalam berbagai seminar menulis yang tentu saja memberikan manfaatyang luar biasa tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.
    Sesi selanjutnya disampaikan oleh penulis buku Guru Juga Manusia,Pak Ukim Komarudin.Seorang guru juga kepala sekolah Labschool Kebayoran yang sangat inspiratif,tentu saja bagi saya seorang guru yang berkeinginan untuk bisa menulis,gaya retorika beliau yang segar dan homoris membuat materi yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan.Beliau sangat bisa menguasai audiens sekaligus memotivasi kami untuk bisa dan mau menulis secara aktif.
    Sesi berikutnya dirangkai oleh penyampaian dari Pak Gatot dari Sea Molet yang memperkenalkan program emodo,yang merupakan program jejaring social seperti Facebook yang memfasilitasi para guru untuk dapat berkomunikasi online dengan siswanya,sehingga tidak hanya pembelajaran itu dilakukan disekolah tapi juga dilakukan dirumah.Sesi dahsyat selanjutnya yang juga luar biasa dilakukan oleh pak dedi dwitagama,dengan memotivasinya yang mendorong saya dan semua peserta untuk menulis,menulis banyak hal yang membuat seseorang akan tetap dikenal meski sudah meninggal sekalipun.
    Di terakhir,acara ini luar biasa memberikan motivasi&informasi kepada saya,yang pasti ditungguacara-acara serupa ini untuk dilaksanakan kembali.

  38. Anggi Yulianto fantasytechnology@gmail.com

    Menulis Mengubah Dunia

    Malam hari, Tanggal 16 Nov 2012 sampailah satu pesan singkat dari si bos. kurang lebih isinya “Nggi kamu ikut pelatihan menulis tanggal 25 Nov di UNJ ya,”kamu kan sekarang dah jadi Guru” dengan gampang saya langsung menjawab “iya bu pasti saya mau”. Dengan semangat, malam hari tanggal 17 Nov saya langsung sms si bos “bu, besok jadi ke UNJ?” Si Bos menjawab “wah,pelatihannya tanggal 25 Nov Nggi”, walah ternyata saya terlalu semangat”.
    tapi pada tanggal 25 Nov, pukul 05.30 saya dan bos berangkat dari bekasi ke UNJ Jakarta, mengendarai motor dengan berbekal GPS Hp agar nggak nyasar. Akhirnya kami tiba sekitar pukul 6.30 pagi, di sana saat sampai pun bos bingung di mana wisma UNJ, sambil menganggap lari pagi sesekali memutari kampus UNJ suma untuk mencari lokasi wisma saja,hehe.
    Tibalah di wisma, Bu Susi (bos sy) langsung membantu om jay(guru paling ngeBlog kompasiana 2012)untuk mengurusi registrasi.
    semua itu selesai. saya dan peserta lain mengikuti acara seminar yg pertama diisi oleh PAk Agus Sampurno, S,pd. Beliau mengatakan banyak hal, sekarang beliau menjadi sosok guru inspirasi untuk saya. dengan keberhasilannya mendidik murid murid dengan cara yang berbeda itu dapat membantu saya dalam proses mengajar.
    Di sesi selanjutnya seminar di isi oleh Bapak Ukim,Penulis Buku. “Guru juga manusia” beliau lebih menginspirasi saya tentang gaya:-mana kita bisa mengubah dunia kita dengan menulis setelah sesi seminar, tak sampai di situ pak Ukim juga me launching bukunya yang berjudul “Guru juga manusia” yang bertepatan dengan hari guru se-indonesia
    kemudian tidak samapi di situ setelah Bpk Ukim mengisi acara dan di seling: Makan Siang , saya melihat-lihat indahnya sekolah Labschool dan saya bertemu Pak “Edi” dari cikarang.saya banyak bercerita tentang apa saja , dia pun juga begitu. terutama tentang pendidikan.
    Kemudian sesi istirahat telah usai, saya pun masuk kembali di ruang seminar. di situ saya telat dan pada saat itu saya duduk di bagian paling belakang untuk mendengarkan “pencerahan” dari Pak “Dedi Dwitagama” jujur saya saya sangat terinspirasi dengan pak Dedi ini. di selama sesi seminar berlangsung, beliau membawakan acaranya sangat bagus, dengan slide yang sederhana, beliau dapat mencairkan suasana. dari sinilah saya mulai tergerak dan mungkin saya pasti mempraktekkan apa yang saya dapatkan hari ini sehingga saya share ke seluruh orang yak akan saya temui nanti.
    Demikian, ini cerita saya, saya akan mengubah DUNIA dengan tulisan yang ada…amin.

    Pengetik:Alwan Harrits S.I-7-SMP Labschool Jakarta
    Kelas :7E

  39. Saidurahman says:

    Jika Ingin Dunia Mengenalmu, Maka Menulislah

    Awalnya saya mendapatkan informasi pelatihan guru menulis berikut peluncuran buku “Guru juga manusia” ini melalui media social twitter. Karena memang saya tertarik dengan dunia kepenulisan, sekaligus saya berpikir bahwa saya akan bertemu dengan orang-orang hebat yang dipanggil guru dalam forum tersebut. sehingga tanpa menunggu lama, saya langsung mengontak nomor ponsel yang ada untuk mendaftar sebagai peserta. Sayang, ketika saya mendapatkan balasan dari nomor tersebut bahwa kuota 60 peserta yang ditargetkan panitia telah penuh. Saya sebenarnya sedih sampai saya mendapatkan konfirmasi bahwa saya didaftarkan sebagai peserta cadangan. Saya piker tidak mengapa, yang penting kesempatan dan peluang tersebut ada.
    Sehari menjelang aiara. Alhamdulillah Om Jay (Wijaya Kusumah) sebagai panitia mengirimkan sms konfirmasi kepada saya dan bertanya apakah besok saya akan hadir. Tanpa berpikir panjang, saya membalas SMS tersebit dengan kata “ya, saya akan hadir.” meskipun saya tahu kondisi badan saya tidak fit seperti biasanya.
    Minggu, 25 November 2012, bertepatan dengan hari guru nasional dan sembari mengantar istri berangkat kuliah, saya dating menghadiri pelatihan menulis ini. Saya dating terlambat kerena jam sudah menunjukkan pukul 08.30 ketika saya memarkirkan sepeda motor saya. sempat bingung awalnya ketika mencari gedung wisma tempat dimana pelatihan diadakan. Karena ini merupakan pengalaman pertama saya masuk lingkungan kampus Universtias Negri Jakarta (UNJ) . Tapi kebingungan itu berganti semangat saat saya tiba di ruangan dan acara baru saja dimulai (Artinya saya tidak terlambat untuk mendengarkan materi).
    Pemateri pertama adalak pak Agus Sampurno, seorang guru yang saya kenal di dunia maya sebelumnya. Pak Agus ini sesuai dengan aktifitasnya berbagi “motivasi menulis di Blog” saya sangat senang berada di depan beliau sekarang, karena selama ini kita hanya berinteraksi di dunia maya teutama twitter, saya selalu membaca tulisan-tulisan di blog beliau do gurukreatif.wordpress.com yang menginspirasi dan membantu saya yang baru mengajar, dan hari ini beliau berbagi semangat kepada kami terutama saya yang masih suka naik dan turun semangatnya dalam mengupdatr blog. Sayang, karena beliau tidak bisa lama, saya belum berkesempatan untun berbicara banyak dengannya.
    Materi kedua sekaligus peluncuran buku “Guru Juga Manusia” oleh penulisnya sendiri, seorang kepa sekolah SMP Labschool Kebayoran. Pak Ukim komarudin. Nah, dari beliau saya belajar lagi bahwa jangan sekali–kali menilai orang dari tampilan luarnya. Kalau dilihat sepintas, saya membayangkan meteri akan membosankan. Tapi ternyata Subahanallah, dari semua pemateri penyampaian materi yang paling menarik dan mengesankan adalah dari pak Uki, ini. Beliau bercerita banyak tentang penglamannya sebagai guru di dalam buku yang ditulisnya. Tapi pesan mendalam yang saya ingat lekat adalah “karena guru itu manusia, maka jangan sampai kehilangan sisi kemanusiaannya.”.
    Saya menyebutnya dan menuliskannya di twitter dengan sesi ekstra karena menrang materi ‘edmoda dan Sea-Eduret’ tidak dijadwalkan dalam jadwal (rundown) acara. Tapi melalui pak Gatot HP, saya mengenal jejaring social baru yang sangat bermanfaat bagi guru, yaitu Edmodo. Pak Gatot bercerita banyak terutama tentang fitur-fitur Edmodo dimana kita sebagai guru bisa membuat kelas, berbagi materi dengan siswa, serta melakukan penilaian. karena tertarik langsung saja saya coba membukanya di handphone. Ternyata asyiknya lagi aplikasi Edmodo sudah tersedia untuk Android, shingga langsung saya download dan install. kedepan saya akan gali lebih banyak fitur-fiturnya seperti yang dijelaskan Pak Gatot.
    sesi berikutnya adalah materi yang luar biasa dari seorang kepala sekolah sekaligus blogger, trainer, bahkan fotografer, Bapak Dedi Dwitagma. yang tidak saya sangka, pak Dedi ini merupakan kakak kandung pak Agus Sampurno (pemateri pertama). Dua-duanya menginspirasi kakak adik dengan segudang prestasi. dan uniknya lagi keduanya adalah guru. Tentu ini semakin membakar semangat saya, kalau mereka saja bisa, pasti saya juga bisa.
    Mendorong proses kreatif dan Berprestasi, adalah tema yang pak Dedi bawakan. tapi isinya lebih dari sekedar motivasi. Pak Dedi berbagi tentang proses kreatif menulis yang bermula dari mimpi, mimpi-mimpi tersebut dimealisasikan dengan kerja cerdas dan kerja keras sehingga menghasilkan prestasi, dan ketika berprestasi yakinlah bahwa kita akan dperjalankan seperti yang telah dialami pak Dedi dan Pak Agus.
    Teakhir, yang namanya pelatihan menulis belum lengkap tanpa praktek menulis itu sendiri. disesi terakhir, om jay memita kita menulis pengalaman hari ini. tentu saya sangat senang dan berharap bisa mengikuti kegiatan serupa di masa mendatang. o ya, senangnya lagi hari ini saya mendapatkan doorprize sebuah buku yang pastinya bermanfaat. Saya pun berkesempatan berjabat tangan langsung sekaligus berfoto dengan Om Jay, orang yang selama ini hanya saya nikmati tulisannya. Akhir kata, jika ingin dunia mengenal kita, maka menulislah.

    pengetik:
    Ariq Mahira – 7E/9

  40. raga 25 7e says:

    Nama: Rohmi Ikhtarini

    Pengalaman minggu 25 november 2012 mengikuti pelatihan guru menulis dan peluncuran buku
    Dengan niat diiringi doa bismillahirrohmanirohim, atas ijin suami tercinta dan nahida anakku yg tersayang aku berangkat mengikuti pelatihan menulis yang baru pertama kali kuikuti. Berklat informasi ajakan temanku yang aktif dan kreatifdalam segala bidang. Berangkat dari rumah habis sholat shubuh alkhamdulillah hari yang cerah aku senang sekali, selain ingin mendapatkan iformasi dan ilmu, sekalian juga utk refreshing karena sehari hari saya tinggal di daerah yang sangat jauh sekali dari Jakarta, kalau tidak adam kesempatan in jarang sekali bagi saya jalan 2 ke kota, tetapi perjalanan tidak semulus yang saya perkirakan berbekal alamat dari seorang teman kami serombongan malah nyasar ke daerah umy padahal mau ke unj barulah aku menyadari betapa tertinggalnya aiku karena begitu buta di Jakarta yang namanya ibukota Negara

    Syukur alkhamdulillah karena penasaran dan kekhawatiran karena nyasar terbalas sudah dengan kegiatan ku hari ini mendapat tambahan ilmu yang menambah wawasan dan pengetahuan saya sebagai guru narasumbernya sangat member manfaatsaya makasih kepada pak dedi dan omjay yang takbisa terbalaskan denganmateri kepuasan kegembiraan saya tunggu latihan berikutnya

  41. Alwi wibowo says:

    Pengalaman mengikuti pelatihan guru menulis
    Minggu, 25 November 2012
    Alhamdullilah, senang sekali saya dapat mengikuti pelatihan guru menulis sekaligus peluncuran buku “ guru juga manusia “ karya bapak ukim komarudin, para pembicara di acara pelatihan ini sangat bagus dan luar biasa. Pelatihan ini walau agak sedikit mengantuk, tetapi saya tetap berusaha untuk focus dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini
    Saya sangat bahagia karena dapat bertemu orang – orang sesukses seperti omjay. Pak Dedi dan juga pak Gatot. Ingin rasanya saya bisa sesukses beliau. Mereka bekeliling Indonesia hingga mancanegara karena hasil prestasi yang telah mereka torehkan. Bangga rasanya dapat berbagi dengan mereka dan juga guru – guru yang mengikuti pelatihan ini. Acaranya yang dikemas dengan sederhana namun sarat maknanya, membuat para guru antusias dan sangat menikmati acara tersebut.
    Saya sangat berterima kasih kepada Igi selaku penyelenggara dan khususnya kepada Omjay yang telah memberikan kepada saya kesempatan untuk mengikuti acara ini dengan tidak dipungut biaya sepersen pun. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari mereka, khususnya dunia tulis – menulis, rasa percaya diri pun timbul karena mereka tidak hanya memberikan tips – tips menulis tetapi juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta pelatihan untuk tampil berani dan menjadi orang yang kreatif.
    Harapan saya setelah mengikuti pelatihan ini, saya dapat membuat tulisan yang penuh makna dan sekaligus menjadi seorang penulis layaknya penulis. Penulis yang professional. Setelah mengikuti pelatihan ini, saya benar – benar tertarik untuk menjadi seorang penulis, karena menurut saya menulis merupakan salah satu aksitivitas yang masih ada kaitannya dengan dunia pendidikan, terlebih lagi saya sendiri berprofesi sebagai guru. Saya berharap semoga pelatihan ini bukan pelatihan yang terakhir, karena sangat bermanfaat sekali dan dapat menjadi motivasi kita untuk bisa menjadi seorang penulis.
    Nama pengetik : Rafi falih mulia
    Kelas : 7E

  42. DIANA HANDI, SPd

    PENGALAMAN HARI MINGGU 25 NOVEMBER 2012
    Pada pagi hari jam 04.30 aku bangun tidur langsung berinjak ke kamar mandi untuk segera mandi. Setelah mandi aku langsung menunaikan ibadah sholat subuh agar hatiku dapat bercengkrama dengan sang pencipta ala mini. Karena bagiku dengan sholat hatiku jadi tenangdan bersemangat untuk melakukan aktifitas di hari ini. Selesai sholat aku siap-siap untuk berangkat ke rumah temanku yaitu Bu Evi untuk sama-sama berangkat ke Jakarta tepatnya di UNJ untuk mengikuti pelatihan guru menulis & peluncuran buku “Guru Juga Manusia”.
    Aku dan teman-teman yang lain dah sampe ke rumah Bu Evi. Tepat sekitar jam 6.30 WIB kami berangkat menuju Jakarta dengan mengendarai mobil Bu Evi.
    Dari rumah Bu Evi, kami menyusuri jalan di Cikampek lalu masuk ke tol dari pintu tol Dawuan. Di sepanjang perjalanan kami makan nasi uduk yang kami beli di warung dekat rumah Bu Evi sambil kami asik ngobrol kesana-kemari. Menceritakan banyak kejadian dan hal-hal di sekolah tempat kami mengajar. Saking asyiknya kami ngobrol tidak terasa kami telah keluar tol Pasar Minggu. Kemudian supir kami bertanya ke orang yang ada di sekitar situ, menanyakan arah jalan menuju UNJ. Kami diberitahu harus melewati empat lampu merah. Kami menyusuri jalan yang ditunjukkan tadi. Tapi dalam hatiku kok bertanya-tanya, perasaan waktu dulu saya pernah Akta di UNJ tidak lewat jalan ini. Kami berlima dg supir jadi ragu. Kemudian mobil kami berhentikan dipinggir jalan, trus supir kami bertanya kepada orang yg sedang berada di tempat itu. Ternyata jalan yang kami tempuh bukan jalan ke UNJ melainkan jalan ke UMJ.
    Hatiku jadi akan kesel karena informasi temenku yang bernama Pak Zaid tadi salah jadinya kami kesasar. Akhirnya kami putar balik ke jalan yang tadi untuk kembali menyusuri jalan tol. Masuk ke jalan tol kami cari jalan yang keluar ke pintu Rawamangun. Setelah keluar tol Rawamangun, kami bertanya kembali kepada orang yg berada di sekitar situ dimanakah UNJ. Karena kami trauma takut nyasar lagi. Ternyata dari pintu tol rawamangun letak UNJ tidak jauh. Akhirnya kami sampai juga di wisma UNJ.
    Tapi kami nyampenya telat hamper setengah jam. Kami langsung mengikuti pelatihan. Yg pertama mengisi materi adalah Bapak Agus Sampurno kemudian, Bapak Ukim Komarudin, lalu Bapak Dedi Dwitagama dan terakhir Om Jay. Saya sangat termotifasi setelah mendengarkan materi dari beliau-beliau dan saya jadi mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman. Semoga setelah pelatihan ini saya mendapat semangat untuk memulai mencoba untuk menulis. Terimakasih Om Jay, atau kesempatan yg Om Jay berikan kepada saya. Semoga menjadi agenda mingguan ato bulanan Om Jay untuk mengadakan pelatihan kembali dan saya akan mencoba selalu hadir.

  43. Milma yasmi says:

    Nama: Milma Yaemi

    Hari itu adalah hari jumat tanggal 23 november 2012 .Tidak sengaja melihat sepanduk tergantung di depan aula wisma UNJ Rawamangun . Sebenarnya,hari itu saya ke bank Bukopin UNTUK MENGAMBIL ktm DAN atm . Bersama teman satu perjuangan dalam paying S2 jurusan PEP beasisiwa dari oikmen P2TK . Lalu,setelah berumbuk kami memutuskan untuk menemui bapak Wijaya Kusumah , M.Pdb . Pergilah kami ke Labschool dan mencari bapak Wijaya Kusumah , M.pd . Setiba disana , kami layaknya tamu berlaku sopan menanyakan keberadaan bapak Wijaya dengan satpam yang selalu di depan ruang masuk Labschool ….. eh ternyata waktu itu sudah keburu sholat jumat .Gagal jadinya rencana kita.Selanjutnya ada usulan dari teman-teman agar mendaftar lewat email nya saja.Keputusan sudah disepakati dan saatnya go home.
    Tiba saatnya hari yang dinanti hari minggu tanggal 25 November 2012.Pada hari ini pula,merupakan hari guru . Hari yang dinanti telah tiba,tapi ada masalh yang saya hadapi pagi ini . Mataku mau mengajak ke tempat tidur lagi . sementara itu kenginan untuk menghadiri acara pada hari ini sudah direncanakan pada hari jumat . What ‘ up ?? Terjadi pertentangan bathin antara berangkat atau tidak pada acara hari ini.Kuambil sapu , kusapu rumah sampai bersih , masih juga beklum dapat keputusan.waduh…… hari sudah jam tujuh (baca :pukul 07:00 WIB).Mau tak mau aku harus telaah ulang.Mulai dari apa manfaatnya bagiku.Kata ini yang selalu kuingat ketika membaca buku Quantum Learning.Apakak tidur lebih bermanfaat jika dibanding mengikuti acar yang keren ini ??.Setelah itu,dipikir ulang.Jika tidur saya hanya bisa bertemu bantal dan kasur. Berbeda jika saya jika mendatangi acara seminar ini, bukankah seminar itu majelis ilmu ?? bukankah pula majeli ilmu disaksikan oleh malaikat ? bukankah majlis ilmu itu sama asaja dengan silaturahmi, silaturahmi itu menambah saudara dan memperpanjang umur , serta menambah rejeki . Dengan mengucap Bismillahirahmanrrahim ayo… . ayo semua,mari kita pergi dan langsung meminta maaf pada mata bahwa keinginan mata belum dapat terpenuhi saat ini.Kucari ide bagaimana mata bisa terjaga .Oh iya , ingat waktu itu kalau matanya berat berarti ada yang kurang beres di bagian pundak dan waktu itu di tempel koyo cabe biarv panas ’’dibelakangnya ’’
    Aha…… aku berhasil.sampailaah ke aula Wisma UNJ Rawamangun di lantai 2 tepat pukul 08:05 WIB . Alhamdulillah,berhasil melawan kemalasan di dalam diriku.Menemui panitia adalah target utamaku.Kulihat daftar nama panitia di meja.Ternyata namaku belum ada padahal sudah mendaftar lewat wijayaKusuma@gmail .com .Panitia menyikapi hal itu,Memberikan solusi agar menuliskan nama di kertas yang sudah disiapkan . Waw,diberi snack gratis , gumamku.Sayang hari ini,saya berpuasa dalam rangka menjalankan niat Nabi Daud.Lumayan nanti buat buka puasa nanti sore Alhamdulillah.
    Lewat pintu yang kedua intruksi panitia.Saya mengikuti petunjuk yang diberikan .Ketika kubuka pintu aura akademuk tercium olehku . Bismillahirahmanrrahim ,semoga ilmuku bertambah hari ini Ya Allah… . Acara sudah dimulai lima menit lalu atau dengan kata lain saya terlambat lima menit.
    Apa yag terjadi ? Pembicara pertama di baca olek Pak Agus.Beliau sangat bersemangat dan inspiratif.Rasa lelah dan mengantuk hilang seketika itu.Hebat !!!\Tuhan… apakah ini merupakann jawaban doaku bahwa harus bisa menulis di tahun 2013.Pemateri kedua bapak Ukim .Pembicara yang kedua ini tak kalah hebatnya,ketiga dan keempat juga menyajika materi yang membuatku menjadi sehat hari ini .Luar biasa!! Terima kasih Ya Allah Engkau beri aku kesempatan pada hari ini.Semoga ilmu yang didapat hari ini yaitu menulis itu mudah sekali.Semoga di tahun 2013 mimpiku dapat terwujud.Amiin Ya Rabbal alamin
    Ilmu itu indah dan sangat bermanfaat bagi kita.Karena orang yang berimu akan diangkat beberapa derajat.Terimah IGI,hari ini besar jasamu.Semoga saya dapat meraih mimpi bersamamu. Amin ………3X

  44. москва мини отель на садовой

    Peluncuran Buku Guru Juga Manusia dan Pelatihan Guru Menulis

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi