Apa yang Unik dan Menarik di Malioboro?


Kusir delman sedang membetulkan roda delmannya

Kusir delman sedang membetulkan roda delmannya

Setiap kali jalan-jalan ke tempat belanja Malioboro di Yogyakarta, pasti ada saja hal menarik yang saya temukan. Sudah lupa rasanya, sudah berapa kali saya pergi  belanja ke Malioboro. Tapi ingat saya, sudah lebih dari sepuluh kali. Banyak juga yah! Sebanyak angkutan delman yang saya lihat hilir mudik sepanjang  jalan Malioboro.

Pertama kali berkunjung ke tempat belanja Malioboro tahun 1987. Lama sekali ya! Nampaknya gak begitu banyak perubahan yang terlihat di sepanjang jalan Malioboro ini. Rasanya suasananya masih tetap sama. Hanya saja, kendaraan bermotor jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sudah jarang ditemui orang naik sepeda ontel di sini.

Suasana di Jalan Malioboro

Suasana di Jalan Malioboro

Becak dan delman masih sama terlihat. Juga pedagang kaki limanya yang tertib berjualan sepanjang jalan Malioboro. Kalau anda mau belanja di kaki lima, anda harus pandai menawar harga. Kalau tidak bisa lebih mahal dari harga di toko. Kalau anda tak bisa tawar menawar harga, sebaiknya beli barang di toko saja yang sudah jelas harganya. Anda tak perlu tawar menawar lagi. Harga segitu memang sudah diperhitungkan untungnya oleh pemilik toko yang harus bayar pajak dan menggaji pegawainya.

Senyum Tulus Seorang Tukang Becak di Malioboro

Senyum Tulus Seorang Tukang Becak di Malioboro

Oh ya saya lupa bercerita. Rombongan kami memarkirkan bus di jalan Abu Bakar Ali. Dari tempat parkir itu, kami berjalan kaki menuju jalan Malioboro. Di tempat itu ramai sekali orang berlalu lalang tiada putusnya. Penjual dan pembeli saling bertemu. Penjual menawarkan barang dagangannya, dan pembeli mencari barang yang dicarinya. Tawar menawarpun terjadi di pedagang kaki lima sepanjang jalan Malioboro.

Jalan Abu Bakar Ali dekat Malioboro

Jalan Abu Bakar Ali dekat Malioboro

Parkir Bus Rombongan

Parkir Bus Rombongan

Saya keluarkan kamera canon 1000D yang saya bawa, dan mulailah saya memotret sana-sini. Sekedar mengabadikan hiruk pikuk yang terjadi di sepanjang jalan malioboro, dan sekitarnya.

Abang tukang becak menawarkan jasanya untuk mengantarkan saya keliling kota. Saya tampik ajakan itu secara halus, karena saya sengaja ingin berjalan kaki saja. Biar  badan saya yang sudah endut ini menjadi sehat. Sebab jalan malioboro tak berubah, tapi justru tubuh ini yang sudah mulai berubah menjadi anggota keluarga  imadut. Ikatan manusia perut endut, hehehe.

Tukang Becak Berjejer Rapi sepanjang Jalan Malioboro

Tukang Becak Berjejer Rapi sepanjang Jalan Malioboro

Di salah satu toko yang ada di jalan Malioboro, saya membeli celana pendek besar sesuai ukuran body saya yang tambun. Agak sulit juga mencari celana pendek berukuran besar. Berkat bantuan penjaga toko, akhirnya didapat juga celana pendek warna putih. Sayapun langsung membayarnya ke kasir toko, sambil melihat-lihat barang antik yang dijual juga di toko ini.

Barang-barang antik dan unik. Mau???

Barang-barang antik dan unik. Mau???

Saya mencari sesuatu yang menarik lainnya di malioboro. Topi mirip kompeni saya pakai. Kata orang yang melihat saya memakainya, cocikbanget eh cocok banget saya memakai topi itu. Tapi sayang, begitu melihat harganya, saya langsung meletakkannya kembali. Duit di dompet tak cukup untuk membelinya. Kalaupun cukup, pastilah istri saya akan cemberut kalau harga sebuah topi Rp. 250.000,-. Murah khan?

Patung seorang ibu sedang membatik di salah satu toko

Patung seorang ibu sedang membatik di salah satu toko

Saya keliling lagi disepanjang jalan malioboro. Saya temukan sebuah toko yang menjual barang dari kulit. Saya lihat ada ikat pinggang panjang dengan kulit asli. Wow, bagus sekali. Saya suka sekali memakainya. Cocok banget  buat body saya yang melebar. Namun begitu melihat berapa harganya, saya langsung pucat pasi. Harga ikat pinggang itu hampir sejuta. Mantap!

Kembali kepada judul postingan saya. Apa yang unik dan menarik di Malioboro? Kata teman saya melalui bbm yang disebarkan melalui bbm group adalah “tangan”. Entah apa yang dimaksud. Mungkin maksudnya, tangan akan mudah mengeluarkan isi dompet di Malioboro yang menggoda. Bagaimana menurut anda?

Salam blogger persahabatan
Omjay

http://wijayalabs.com


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

October 2012
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi