Apa yang Kamu Peroleh Dari Ngeblog Setiap Hari?

Saya tertegun sesaat setelah melihat peringkat teman-teman blogger hebat yang konsisten ngeblog dalam blog pribadinya di http://blogs.indonesiamatters.com/. Sebuah kumpulan blog dari para blogger handal dan hebat di Indonesia. Nama mereka sudah dikenal dan terkenal dalam dunia blogger yang terus berkembang pesat.

Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok

Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok

 

Isi Blog mereka bagi saya sungguh menginspirasi. Mereka berusaha untuk konsisten menulis setiap hari dengan gaya mereka. Tak peduli orang mau bilang apa. Bagi mereka menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan. Menulis pesan tak harus melulu dengan teks, tapi bisa berupa gambar atau foto.

 

Tak harus menulis begini atau begitu. Tuliskan saja apa yang ada di kepala. Hal yang perlu diingat, isi blog tak melulu isinya teks. Sebab blog bisa menjadi blog foto, blog video, atau blog audio. Tergantung kamu mengelolanya.

Lihatlah blog peringkat pertama Indonesia matters.com yaitu blog Diana Ekasari di http://dianarikasari.blogspot.com/. Isi Blognya lebih banyak foto dan gambar. Ramai banget pengunjungnya. Terutama buat mereka yang menyukai Fashion.

Bandingkan pula dengan isi blog Padepokan Budi Rahardjo di http://rahard.wordpress.com/ yang terkadang dominan teks. Tapi suatu saat beliau memposting hanya sebuah foto dengan sedikit teks. Bahkan hanya satu kata saja. Itulah keunikan dari seorang blogger yang telah dilihat orang sebanyak 3,141,306 hits dan memiliki followers di twitter 2385.

Mas Budi Rahardjo yang merupakan dosen di ITB menuliskan dalam blognya di sini.

Menulis di blog, sebagai sebuah contoh, juga membutuhkan ketekunan. Banyak orang yang mula-mula tertarik untuk ngeblog tetapi kemudian menyerah dengan berbagai alasan. Tekun ngeblog saja sudah susah, apalagi kerjaan yang memang sudah susah. Gimana mau tekun ya? Wah.

Bagi saya, menulis di blog ini merupakan sebuah media belajar untuk tekun (dan kreatif). Memaksakan diri untuk menulis setiap hari merupakan sebuah pelajaran yang tidak mudah. Belum lagi membuat tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah upaya. Jadi, rajin ngeblog mungkin dapat juga dijadikan ukuran ketekunan.

Membaca postingan mas Budi Rahardjo di blognya tentu membuat semangat ngeblog saya semakin tinggi. Intinya bukan hanya ketekunan tapi juga komitmen dan konsistensi diri. Seorang blogger pun dituntut kreatif dalam mengelola blognya menjadi lebih ramai dan hidup.

Tanpa komitmen dan konsitensi diri, blog yang kamu kelola sangat sepi dan sunyi. Jangan berharap akan banyak pembaca yang menjambangi blog pribadimu. Menulislah terus di blog, dan akan engkau dapatkan keajaiban dari blog seiring kamu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola blog pribadimu.

Seorang blogger harus kreatif. Orang kreatif akan memunculkan kreativitas yang tiada henti. Kreativitas akan muncul bila kita memiliki ketekunan, komitmen dan konsistensi diri yang terus meningkat dari hari ke hari. Niatkan ngeblog selayaknya kita menabung dan berbagi apa yang kita bisa. Dengan begitu akan banyak hal positif kamu peroleh.

Apa yang Kamu Peroleh Dari Ngeblog Setiap Hari? Kamu akan mendapatkan “sesuatu” yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Banyak hal-hal tak terduga datang menghampiri. Akan banyak orang baru yang kamu kenal. Akan banyak orang yang mengapresiasi tulisanmu. Hal yang terpenting dari negblog adalah kamu terbiasa menulis, dan menuangkan isi hatimu menjadi sebuah postingan yang dapat dinikmati orang banyak. Itulah ciri dari orang yang kreatif.

Jadi, kenapa kamu tak ngeblog setiap hari? Jangan tuliskan 1000 alasan, karena banyak orang sibuk yang masih bisa ngeblog setiap hari seperti komisaris 9 perusahaan pak Jamil Azzaini dalam blognya di http://jamiazzaini.com, dan pak Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Imam Suprayogo di http://imamsuprayogo.com. Kalau mereka yang sibuk saja masih bisa ngeblog setiap hari, kenapa kita yang tak sibuk tidak bisa?

 

Omjay dan Pak Jamil Azzaini

Omjay dan Pak Jamil Azzaini

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

 

27 Responses to “Apa yang Kamu Peroleh Dari Ngeblog Setiap Hari?”

  1. Joan Elviyanti (Aksel 1) says:

    bagus ya ngeblog itu, apalagi kalau dijadikan buku. kita bisa dapat royalti banyak dari buku. juga bukan itu aja, kita bisa punya banyak temen dan penggemar.

    1. Bayu Wijaya/ 8F says:

      ini saya yg nulis

  2. M.Arrasyid/ 8F/ 22 says:

    Ngeblog itu bermanfaat. Manfaatnya itu bisa melatih ketekunan dalam mengetik dan bisa menjadi terkenal. Kita bisa menulis apa saja di blog. Bagus pak, saya jadi semangat buat blog

  3. allam ubadillah says:

    kalo saya memperoleh banyak file file Crack dari orang orang yang ngepost blog kayak Game gitu deh.

  4. saya baru membuat blog beberapa waktu lalu, tapi belum menemukan manfaatnya, semoga saya menemukan manfaatnya sebentar lagi seperti yang bapak katakan. amin.

  5. bagus pak, saya jadi tertarik untuk membuka blog, ternyata menulis di blog itu tidak terlalu susah karena kalau sudah biasa bisa sampai menjadi kebutuhan.

  6. muhammad fakhri(26)-8E says:

    nge blog itu tidak harus memiliki kelebihan apapun, karena kelebihan itu akan datang setelah kita mengetahui apa itu arti dan cara nge blog…..sukses terus ya omjay,

  7. ngeblog bagus buat ngembangin kreatifitas dalam menulis pengalaman kita, terus juga kalo lama-lama nulis di Blog kita bisa jadi lebih kreatif dan mulai adiktif dengan blog

  8. Sebenarnya saya belum meraskan manfaat blogging:| tapi saya akan terus blogging sampai bisa merasakan manfaatnya.

  9. ternyata menulis di blog setiap hari memberikan banyak manfaat, ya. beberapa minggu yang lalu saya baru saja membuat blog, tapi karena baru saja bikin jadi belum terlalu paham bagaimana cara menggunakan blog, tapi saya akan usahakan untuk menulis di blog setiap hari 🙂

  10. raden rafi muhammad 8e 33 says:

    bener pak gak selamanya nggak bisa ngeblog karena sibuk. Padahal dengan ngeblog nambah kreativitas sma keahlian menulis

  11. Raissa Azzahra 8E says:

    bagus pak, dalam ngreblog dapat meningkatkan kretifitas dan melatih agar jadi terbiasa menulis.

  12. Saya juga sudah ngeblog, dan memang menyenangkan juga banyak manfaatnya. Betul pak! Ngeblog yang bagus gak harus repot-repot ngurusnya, yang penting dedikasi terhdapap blognya dan blognya dapat berguna bagi orang lain. Bagus pak (y)

  13. Priscilla Kusumawardhani 32/8E says:

    syaaa setuju pa, memang banyak ngeblog banyak manfaatnya. kita juga lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain. jadi kita ga gaptek dan ketinggalan info. blog juga bisa untuk menyalurkan perasaan. jadi ga galau sendiri thumbs up!

  14. harryswaramadani says:

    saya belum punya blog pa,tetapi saya akan membuatnya<agar saya tahu manfaatnya ngeblog itu sangat bermanfaat dan sangat menginspirasi.

  15. Amalia Yasmin says:

    Menulis blog merupakan sesuatu yang menyenangkan, kegiatan tersebut dapat melatih tangan kita dalam mengetik begitu juga bisa melatih otak. Saya sudah pernah memiliki blog tetapi kurang diurus karena tidak sempat, dan saya ingin membuat yang baru

    1. Amalia Yasmin says:

      Amalia Yasmin 8E-2

  16. bener pak, menulis di blog emang nambah manfaat dan menambah kreativitas dalam menulis.tapi saya tidak ada waktu untuk bikin blog.

  17. e says:

    Salam silaturahim sesama blogger Pak..:)
    Ngeblog selain membantu kita berpikir runut, sekaligus akan merangsang kreativitas ya Pak. Setuju sekali saya kalau bisa kita update blog tiap hari…

  18. Anindya Permata Putri Adhi 8E (3) says:

    ngeblog memang kegiatan yang sangat menarik selain itu kita juga bisa mengekpresikan kegiatan2 yang kita lakukan dan melatih kecepatan tangan kita dalam hal mengetik. saya juga setuju dengan pendapat bapak kalo mau ngeblog gaharus pakai text tapi boleh memakai foto & video sehingga orang2 tidak akan bosan melihat blog buatan kita. 😉

  19. Ipras says:

    Yg paling sulit bagi blogger-blogger pemula, mungkin ketekunan dalam ngeblog merupakan hal yg paling sulit, karena apa? Karena dunia blogging merupakan dunia yg harus ditempuh secara perlahan-lahan, sedangkan para blogger pemula ini baru saja datang dari dunia yg apa-apa bisa didapat secara cepat.

    Untuk itu, perlu adanya pola pikir yg tepat untuk tetap tekun mencapai tujuan dalam aktifitas blogging 🙂

  20. BLACK HTC says:

    tulisannya sngat menarik. .ngeblog itu memang menyenangkan apalagi kita dituntut untuk bisa menulis setiap hari dan memberikan informasi yg brmanfaat 😀

  21. Saya setuju dengan bapak bahwa dari pembelajaran ngeblog inilah orang-orang secara tak sadar mengembangkan kreatifitas dan ketekunan dalam bidang menulis. Memang sulit untuk memaksakan menulis setiap hari, tetapi dengan memiliki komitmen dan tekad yang tinggi, kita pasti dapat menuliskannya dan dapat melatih otak pikiran untuk selalu bekerja keras dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Dan saya pikir dengan adanya banyak remaja yang rajin-rajinnya membuat blog dan dapat menuangkan apa yang ingin mereka tulis, menurut saya itu sangat bagus karena sudah semakin banyaknya generasi muda yang masih terpacu tekadnya untuk menulis dan memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat luas secara tak langsung. Dengan begitu, tulisan kita secara tak sadar pun dapat diapresiasi oleh masyarakat. Saya pun juga mengalaminya sejak saya punya blog. Saya juga mengambil hikmah dari sebuah blog bahwa intinya saya terus menulis dan menuangkan isi hati saya pada postingan yang semoga saja dapat dinikmati dan disukai banyak orang.

  22. KabarKan.Com says:

    wah nice post keren dah

    1. Wijaya Kusumah says:

      semoga bermanfaat ya

      salam
      Omjay

  23. Lilis Rosita says:

    bagus bangat pa ,,,saya sudah mencoba,tapi masih bingung menulis apa yang banyak diminati pembaca,,,hehe,,,mohon solusinya,,salam blogger

  24. indra says:

    saya hanya memperoleh kecepatan mengetik Mas hee

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi