Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa di Perguruan Tinggi

Foto Kenangan dengan teman-teman Mahasiswa angkatan 90 FPTK IKIP Jakarta

Foto Kenangan dengan teman-teman Mahasiswa angkatan 90 FPTK IKIP Jakarta

Ketika dulu tak punya banyak uang untuk membayar kuliah S1 di IKIP Jakarta, saya berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa. Alhamdulillah di semester kedua saya mendapatkan beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dari departemen pendidikan nasional pada saat itu.

Jumlahnya cukup lumayan. Satu semester saya mendapatkan uang sebesar Rp.  300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Sedangkan membayar SPP per semester di IKIP Jakarta pada saat itu sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah). Ada sisa dana Rp. 200.000,-(dua ratus ribu rupiah) saya gunakan untuk membeli buku dan keperluan kuliah lainnya.

Waktu itu saya melihat, mereka yang suka berorganisasi dalam organisasi kemahasiswaan lebih mudah mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu, saya berusaha keras untuk ikut bergabung dalam organisasi mahasiswa. bahkan pada tahun kedua, saya sudah diangkat menjadi ketua umum Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Pendidikan teknik elektro, dan juga ketua HMI Korkom FPTK IKIP Jakarta.

Dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) yang sesuai dengan ketentuan beasiswa pada saat itu, saya mencoba mengajukan beasiswa yang ditanda tangani oleh ketua jurusan, drekomendasi kakak kelas, dan pembantu dekan III bidang kemahasiswaan. Alhamdulillah, tak berapa lama beasiswa saya pun cair. Bahkan sampai dengan wisuda di tahun keempat besiswa itu masih saya dapatkan. Sehingga ketika wisuda di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC) saya masih bisa menyewa mobil yang mengangkut ayah dan ibu serta adik saya mengikuti wisuda sarjana.

Untuk mendapatkan beasiswa di perguruaan tinggi sebenarnya tidak terlalu sulit. Bila kita mampu menunjukkan potensi diri, melengkapi administrasi, dan mengikuti jalur birokrasi yang ada beasiswa dapat dengan mudah kita dapatkan. Asalkan kita dapat menunjukkan diri sebagai mahasiswa berprestasi, pastilah beasiswa itu dapat dengan mudah kita dapatkan. Hal itu dilakukan pula oleh adik kandung saya yang mendapatkan beasiswa dari supersemar. waktu itu beasiswa supersemar banyak digemari mahasiswa, dan juga beasiswa dari astra internasional.

Ketika ingin melanjutkan studi ke S2, saya masih bingung untuk mencari biaya kuliahnya. Kalau saya kuiah pakai uang sendiri, gtentu kebutuhan keluarga akan terkena dampaknya. Alhamdulillah, pimpinan sekolah Labschool memilih beberapa orang guru untuk disekolahkan S2 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kesempatan itu tak saya sia-siakan. Alhamdulillah, saya lulus tes, dan mendapatkan beasiswa dari Universitas Negeri Jakarta, karena sekolah kami masih di bawah naungan yayasan pembina Universitas Negeri Jakarta.

Mendapatkan beasiswa tentu sangat membantu saya untuk menyelesaikan studi S2 di UNJ. Dengan adanya beasiswa itu, saya tak terlalu dipusingkan dengan masalah biaya. Alhamdulillah, saya lulus S2 tepat pada waktunya, dan mendapatkan IPK yang tidak mengecewakan. Adanya beasiswa membuat saya fokus belajar, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa kuliah secara gratis.

Kini saya sedang berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa unggulan dari kemendikbud untuk melanjutkan program doktor pendidikan di UNJ. Semoga saja dimudahkan segala urusannya. Saya mendengar langsung dari pak wakil mendikbud bahwa sudah ada beasiswa untuk guru yang akan mengambil program doktor pendidikan. Sahabat saya pak Johan wahyudi sudah mendapatkannya, dan kini beliau sedang menyusun desertasi doktornya.

Cara mudah mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi sebenarnya sederhana saja. Cari informasi tentang beasiswa sebanyak mungkin, dan lengkapi informasi atau dokumentasi diri dengan baik. Tunjukkan kepada mereka yang mengelola beasiswa bahwa kita memang orang yang layak untuk mendapatkannya. Sepanjang kita mampu mengikuti persyaratan yang diminta, Insya Allah beasiswa akan dengan mudah kita dapatkan.

Intinya adalah kembangkan potensi diri ketika di perguruan tinggi. Tidak hanya sekedar kuliah lalu pulang, tetapi tunjukkan diri bahwa anda adalah orang yang bermanfaat buat orang banyak. Ingatlah falsafah hidup, banyak memberi akan banyak menerima. Lalu hiduplah dengan memberi sebanyak-banyaknya, bukan menerima sebanyak-banyaknya.

Dulu saya tak pernah bermimpi untuk bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Masalah biaya menjadi kendala dalam keluarga kami. Alhamdulillah, dengan motivasi yang tinggi dan terus belajar saya mendapatkan beasiswa hingga program magister. Meskipun saya belum pernah mencoba untuk mendapatkan beasiswa dari luar negeri, tapi saya yakin bila kita fokus dan mempunyai mimpi, pastilah beasiswa itu bisa didapatkan.

Saya sangat terinspirasi sekali dengan tulisan mas Yusran Darmawan yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Beliau bisa mewujudkan impiannya untuk sekolah di Amerika dengan beasiswa. Sungguh sebuah kisah nyata yang sangat menginspirasi. Saya pun juga terinspirasi dari teman saya mas Taufik Efendi yang mengalami kebutaan, tapi masih bisa mendapatkan 8 beasiswa keluar negeri.

Buat adik-adik mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, segeralah bekerja keras untuk mewujudkan mimpi itu. Tak ada beasiswa didapatkan tanpa perjuangan dan kerja keras. Bila kita memiliki ambisi yang tinggi, pastilah segala kemalasan diri akan hilang dengan sendirinya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

17 Responses to “Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa di Perguruan Tinggi”

  1. achmad gilang rachmansyah says:

    1. Komputer terdiri dari Software, Hardware, dan Brainware. jelaskan ketiga bagian itu!
    2. Jelaskan secara singkat sejarah komputer yang kamu ketahui!
    3. Apa yang didapat dari Perpustakaan Online dan Peralatan komunikasi?
    4. Jelaskan Langkah-langkah mengirimkan file melalui email!
    5. Mengapa siswa perlu tahu cara kerja komputer? Untuk apa?
    6. Menurutmu apa peranan TIK, keuntungan TIK, dan dampak negatif dari perkembangan TIK?
    7. Jelaskan tentang undang-undang Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual (HAKI) yang kamu ketahui!
    8. Jelaskan Jenis – jenis alat input komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!
    9. Jelaskan Jenis – jenis alat ouput komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!
    10. Jelaskan Jenis – jenis media penyimpanan komputer dan fungsinya! Berikan pula contoh-contohnya!
    Jawab
    1.Software (perangkat lunak):progam progam komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai yang di kehendaki .
    Hardware (perangkat keras):peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan.
    Brainware (user):personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti system analis , progamer, operator , user dan lain-lain.
    2. Komputer berasal dari bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung. komputer adalah alat yang dipakai untuk mengelolah data, sesuai dengan instruksi yang diberikan Dengan terjadinya perang dunia kedua, maka negara-negara yang ikut terlibat di dalamnya senantiasa mengembangkan komputer untuk mendapatkan potensi strategis. Adalah seorang insinyur Havard yang bekerja di IBM berhasil membuat sebuah kalkulator elektronik dengan ukuran setengah lapangan bola. Kalkulator ini hanya dapat mengeksekusi perintah-perintah dasar matematika dan kecepatannya lambat karena dalam sekali bekerja membutuhkan waktu hingga 3 – 5 detik.
    Perkembangan komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
    Sampai saat ini, kompter telah mengalami lima tahapan perkembangan genarasi, yaitu :
    • Generasi Pertama, dimana komputer masih terdiri dari tube vakum dan silinder magnetic yang menyebabkan ukuran komputer pada masa itu sangat besar.
    • Generasi Kedua, tube vakum yang sebelumnya digunakan digantikan oleh transistor.
    • Generasi Ketiga, ukuran komputer berubah (dari ukuran besar hingga ukuran kecil) yang disebabkan karena komponen-komponen penyusun dipadatkan dalam satu chip atau yang biasa juga disebut IC (Integrated Circiut).
    • Generasi Keempat, komputer yang awalnya hanya digunakan pada perusahaan besar mulai disebar luaskan penggunaannya pada masyarakat luas.
    • Generasi Kelima, komputer pada generasi ini sangat sulit didefinisikan sebab masih sangat muda.
    3.
    4. 1. Langkah pertama sama seperti panduan pertama, yaitu harus login dulu. masukkan email dan password atau kata sandi kamu.
    2. Setelah berhasil masuk ke email yahoo kamu, klik tombol Compose Message, perhatikan gambar di bawah ini.
    3.setelah tombol compose message diklik nanti akan tampil halaman pengiriman email. Masukkan alamat email teman atau orang yang ingin kamu kirimi data atau file. Kemudian klik Tombol Attachments.
    4. Kemudian klik tombol Attach Files
    5. ketika kamu klik tombol Attach FIles akan muncul jendela untuk melampirkan file yang akan kamu kirim. Pilih salah satu file, kemudian klik tombol Open
    6.Setelah file dilampirkan, tambahkan pesan pada kotak pesan,
    7. File berhasil dikirim jika muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik tombol Done, untuk kembali ke halaman awal email.

    5.untuk mempresentasikan hasil penelitian maupun tugas yang di berikan guru
    6.Peranan TIK:
    a) Kita dapat berkomunikasi jarak jauh
    b) Untuk mempermudah penyampaian materi
    Keuntungan TIK :
    a) Kita dapat mendapatkan informasi yang cepat dan tepat di setiap
    b) Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Layanan Publik

    Dampak negatif TIK:
    a) Dapat menrusak bagian tubuh , seperti mata
    b) Bertambahnya penggunaan daya listrik
    7.
    8.keyboard:untuk mengetik
    Mouse: untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat
    Light pen: untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor)
    9.speaker: Mengeluarkan suara dari computer / device lain
    Projektor: untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar.
    Monitor: Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.
    10.harddisk:
    CD-ROM:
    Disket:

  2. Samsi says:

    Saya mohon bila ada informasi tentang beasiswa untuk S2 mohon dikasih tau lengkap dengan persyaratannya.

    1. Wijaya Kusumah says:

      ook

  3. anita says:

    asslmkum,PAk..Saya mohon bila ada informasi tentang beasiswa untuk S2 mohon dikasih tau lengkap dengan persyaratannya.

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, pasti saya infokan

  4. achmad fahrozi says:

    aku jga mau sprti itu

  5. ibrahim says:

    terima kasih informasinya

  6. diana oktaviani says:

    ksh tau ya jika ada beasiswa dan persyaratan.

    1. Wijaya Kusumah says:

      ok, pasti akan saya informasikan

  7. Arfi says:

    Kanda masih berkarir di HMI sekarang?

    1. Wijaya Kusumah says:

      sdh enggak

  8. desi wijayanti says:

    maaf pak saya inggin bertanya , apa masih ada beasiswa untuk tahun 2014 nanti ? kalau ada apa saja persyaratannya.

    1. Wijaya Kusumah says:

      coba cari infonya di website kemendikbud, setahu saya masih ada namanya bidik misi

      salam
      Omjay

  9. Nurairah says:

    Saya ingin kuliah tapi terkendala biaya

  10. eri badri says:

    saya sudah semester VII studyPGSD di STKIP swasta, dan akan melakukan penelitian PTK. tapi saya saat ini terkendala biaya karena selama ini saya kuliah hanya mengandalkan dari kerja sebagai kuli yang pengahsilanya tidak menentu dan harus memenuhi kebutuhan hidup dengan ibu dan kakak saya karena ayah saya sudah meninggal sejak saya SMP.aku selalu percaya akan kata Allah akan menunjukan jalan jika niat itu baik. . .jujur saya ingin terus sekolah namun kemampuan saya tidak terlalu menonjol dalam materi. . .apa bisa saya mempunyai kesempatan untuk mendapat beasiswa?

  11. angel says:

    postingan yg sangat membangun ka, saya juga mahasiswa baru UNJ tahun ini. pend teknik elektro. salam kenal 🙂 Saya jadi semakin termotivasi untuk mendapatkan beasiswa agar orangtua saya tidak terlalu terbebani

  12. Puji says:

    Selamat siang,, info cara mendapatkan beasiswa tahun 2016 S1 donk ka,, mksh

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi