Menjadi Pengawas Seleksi Mandiri Ujian Masuk UNJ

Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Allah, karena hari ini  mendapatkan rezeki menjadi pengawas Penerimaan Mahasiswa baru (Penmaba) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jalur Mandiri. Seleksi Mandiri ini terdiri dari tes kemampuan dasar, dan tes kemampuan IPS. Seleksi mandiri ini hanya dilaksanakan di semester ganjil. Kebetulan sekolah Labschool menjadi salah satu sekolah yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan seleksi mandiri UNJ.

 

13423642471226528337
Pengarahan Pengawas Penmaba di ruang Panitia Seleksi Mandiri UNJ

 

Banyak sekali calon mahasiswa baru yang mengikuti tes hari ini, Minggu, 15 Juli 2012. Kalau dihitung jumlahnya sekitar seribuan. Mereka mengikuti tes masuk Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang memang banyak peminatnya. Kebetulan saya mendapatkan peserta jalur IPS.

 

13423654331173573082
Pak Sugimin teman pengawas saya, sedang mengedarkan daftar hadir peserta

 

 

Saya datang terlalu pagi (sekitar pukul 07.00wib), sedangkan tes baru akan dimulai pada pukul 10.00 wib. Selama menunggu pengarahan pengawas, saya membuka facebook, email, dan kompasiana.Lumayan bisa jadi satu tulisan tentang Jakarta di Minggu Pagi bersama Jokowi.

Entah kenapa, setiap kali ada waktu senggang, ide menulis saya terasa lancar. Mungkin karena saya membiasakan diri menulis setiap hari. Padahal saya hanya menggunakan ponsel atau netbook yang biasanya saya bawa setiap harinya.

Tes pertama seleksi mandiri diadakan dari jam 10.00-12.00 wib, sedangkan tes kedua dilaksanakan dari jam 13.00-15.00 wib. saya mendapatkan teman pengawas yang bernama pak Sugimin dari UNJ.

Setelah mendapatkan pengarahan pengawas, kami masuk kelas. Ada sekitar 20 orang calon mahasiswa yang mengikuti menunggu kami. Soalpun kami bagikan sesuai ketentuan yang ada dalam buku panduan tata tertib pengawas seleksi mandiri Penmaba UNJ.

Alhamdulillah, senang sekali diminta menjadi pengawas penmaba UNJ. Jadi ingat waktu dulu ketika ikut tes UMPTN untuk masuk IKIP Jakarta tahun 1989. Dulu saya menjadi peserta, kini saya yang menjadi pengawasnya.  Itulah dunia terus berputar. Kita tak tahu akan jadi apa kita nanti. Hal yang terpenting tetap berusaha dan bekerja keras menggapai cita. Saya pun berdoa dan mendoakan para peserta di ruangan saya agar lulus seleksi mandiri di UNJ. Amin.

 

1342365973489625076
Kartu Nama pengawas Penmaba UNJ

 

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

One Response to “Menjadi Pengawas Seleksi Mandiri Ujian Masuk UNJ”

  1. Annisa says:

    Bagaimana cara daftarnya pak menjadi pengawas penmaba? Apakah ada alamat web tersendiri atau bagaimana?

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi