Berbagi Pengalaman Menjadi Guru Era Baru Acer 2011

13362571921144796867
Omjay Ketika Mendapat Penghargaan Sebagai Juara Pertama naskah Buku Pengayaan di TVRI Jakarta tahun 2009

Banyak orang tak tahu kalau saya memperoleh penghargaan sebagai salah seorang pemenang guraru award 2011, bukan dengan cara yang instan. Saya memperolehnya dengan sebuah perjuangan, dan air mata.

Ketika diperkenalkan blog di tahun 2007 oleh pak dedi dwitagama, saya merasakan akan ada keajaibanseiring saya menulis setiap hari di media yang bernama blog. Saya belum mengerti benar kedahsyatan blog dan keajaiban blog.

Sampai suatu ketika saya kagum dengan pak dedi dwitagama ketika blog pribadinya di http://dedidwitagama.wordpress.com dan blog pribadi dari adik kandung beliau agus sampurno di http://gurukreatif.wordpress.com mendapatkan penghargaan dari pustekkom kemendiknas di tahun 2008.

Mulailah saya jatuh hati pada blog. Saya mulai meneliti keajaiban-keajaiban blog dan plus minus tentangnya. Sampai suatu ketika, saya melakukan penelitian yang berjudul meningkatkan minat dan kreativitas menulis siswa melalui blog di kelas akselerasi.

Alhamdulillah, blog telah mengantarkan saya terpilih dalam lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tahun 2008, dan saya pun terpilih sebagai finalis lomba lkgdp 2008 tingkat nasional bersama dengan teman-teman guru lainnya dari seluruh indonesia. Meskipun belum menjadi juara pertama, saya sudah merasa bangga karena terpilih sebagai finalis dan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp.7.500.000′-.

Blog terus menggiring saya menemui keajaibannya. Mantra ajaib “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” menggoda saya untuk membuat buku pengayaanSMP yang berjudul “yuk kita ngeblog!”. Alhamdulillah, buku ini ternyata terpilih dan saya mendapatkan hadiah uang sebesar Rp.20.000.000′- sebagai juara pertama lomba naskah buku pengayaan tahun 2009.

Tak berapa lama kemudian, tepatnya di hari guru, 25 Nopember 2009, blog saya dihttp://wijayalabs.wordpress.com terpilih menjadi juara pertama lomba blog pusat bahasakemendiknas dan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 5.000.000,-.

Saya sungguh tak percaya, keajaiban blog terus menerus menggiring saya untuk berbagi pengalaman kepada teman-teman guru lainnya, mendapatkan apresiasi dari balitbang kemendiknas. Saya diundang untuk menjadi pemakalah simposium nasional hasil penelitian pada tahun 2010 di hotel bidakara. Saya pun kembali diminta menjadi pemakalah simposium nasional hasil penelitiaan di Hotel Aston Bali tahun 2011 dengan tema penelitian tak jauh-jauh dari dunia blogging. Judul penelitian saya di tahun 2011 adalah efektivitas pemanfaatan blog sebagai media tes online dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa.

Di dalam penelitian itu, saya menuliskan bahwa blog bisa digunakan sebagai media test online, baik dalam bentuk essay maupun pilihan berganda. Di tahun 2010, bersama teman-teman blogger di bekasi saya mendirikan komunitas blogger bekasi, dimana saya diminta menjadi salah satu penasehatnya.

Melalui blog komunitas http://bloggerbekasi.com, saya terus menulis dan mempublikasikan hal-hal lain tentang keunikan kota bekasi. Sayapun mengadakan kegiatan amprokan blogger 2010, dan 2011 sebagai sebuah kegiatan besar di event tingkat nasional yang didukung oleh teman-teman komunitas blogger bekasi, dimana Mas aris heru utomo sebagai ketuanya.

Di tahuan 2011, saya ikut membantu dibentuknya ikatan guru indonesia (igi) wilayah bekasi untuk dideklarasikan. Lebih dari 1500 orang guru hadir dalam acara deklarasi igi bekasi di GOR Tambun, dan saya diminta untuk menjadi salah satu penasehatnya dengan ketua igi bekasi, pak Dahli Ahmad.

Tak berapa lama kemudian, saya pun diminta pak Satria Darma, ketua umum igi pusat untuk menjadi pengurus igi pusat sebagai koordinator humas dan hubungan dalam negeri igi pusat di tahun 2012 pada rakernas igi di surabaya.

Ketika acer mengadakan kembali lomba guraru award pada tahun 2011, saya merasa kalah sebelum bertanding. Sebab tahun sebelumnya, saya sempat ikutan dan merasa belum pantas untuk mendapatkan penghargaan yang bergengsi itu. Namun, berkat dorongan dari teman-teman komunitas blogger, dan juga dorongan dari peserta didik saya, alhamdulillah saya terpilih menjadi salah satu pemenang lomba guraru award tahun 2012.

Waktu itu saya mencoba keampuhan sosial media, dan saya serasa tak percaya bahwa dukungan untuk saya terus mengalir luar biasa. Sayangnya, penilaian tim juri bukan hanya itu saja. Ada beberapa aspek lainnya yang dinilai oleh tim juri. Saya pun maklum guraru acer award bukan arena indonesian idol.

Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada teman-teman guru, teruslah berbagi baik dalam bentuk onlinemaupun offline. Terpilih atau tidak terpilih dalam ajang lomba blog tidak menjadikan kita sombong jika terpilih atau patah semangat jika tidak terpilih.

Teruslah ngeblog karena akan banyak keajaiban blog lainnya yang akan anda temui seiring dengan komitmen dan konsistensi anda dalam memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran di sekolah.

Gunakan mantra ajaib, “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” sebagai kalimat yang memotivasi anda untuk terus menulis dan berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Dari sekitar 2,9 juta guru di Indonesia, masih banyak guru yang belum melek internet, dan kita harus terus berbagi dalam gerakan guru menulis dan gerakan guru melek internet.

Teruslah berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman baik secara online melalui blog, maupun secara offlinedi dunia nyata dengan mengkampanyekan blog sebagai media pembelajaran kepada teman-teman guru lainnya.

Itulah beberapa hal pengalaman saya memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran, dan terus berbagi pemanfaatan blog kepada teman-teman guru lainnya dari aceh hingga papua. Sudah lebih dari 80 presentasi saya lakukan untuk berbagi ilmu ngeblog maupun ilmu pendidikan lainnya kepada khalayak ramai.

Saya berharap tahun ini bisa mengunjungi papua, dan maluku. Kedua propinsi ini belum pernah saya kunjungi, dan ingin sekali mewujudkan mimpi ini melalui keajaiban blog yang menyertainya. Mohon doa dari pembaca.

Omjay bersama Agus Sampurno ketika Menerima Hadiah Guraru Acer Award 2011

Omjay bersama Agus Sampurno ketika Menerima Hadiah Guraru Acer Award 2011

Salam blogger persahabatan

Omjay

2 Responses to “Berbagi Pengalaman Menjadi Guru Era Baru Acer 2011”

    1. wijayalabs says:

      terima kasih mas muin, semoga kita bisa kopdaran lagi di jepara

      salam
      Omjay

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi