Gambaran Acara Intip Buku. Sabtu, 28 April 2012

13348528901853606291
Sumber: Yulef Dian Mettpro

 

Hai teman-teman blogger, dan media Arus Utama. Alhamdulillah, segala persiapan untuk acara “INTIP BUKU” Jadi Jurnalis itu Gampang!!! karya Imam FR, dan Menulislah Setiap Hari karya Omjay berjalan dengan lancar. Setelah rapat technical meeting di Kantor IB Perbankan Syariah di Tower Radius Prawiro lantai 21, segala hal berkaitan dengan acara intip buku sudah kita rencanakan dengan baik, dan semoga berjalan dengan lancar. Amin.

“INTIP BUKU” adalah sebuah acara yang dilaksanakan oleh temen-teman kompasianer yang telah menuliskan, dan menerbitkan bukunya. Acara “INTIP BUKU” berbeda dengan bedah buku, dimana kita tidak mengupas atau membedah isi buku, tetapi lebih kepada berbagi pengalaman menulis dan menerbitkan buku. Kita mau sharing kepada teman-teman tentang nikmatnya menulis buku dari hasil ngeblog di kompasiana. Sebuah blog keroyokan yang setiap harinya dikunjungi oleh 7,7 juta manusia. Itulah berita yang sangat menggembirakan setelah saya mengintip tulisan kang haji pepih nugraha di kompasiana.

Teman-teman boleh mengintip cara kami menulis dan menerbitkan buku. Suka dukanya tentu akan kami ceritakan pula dengan cara santai dan enjoy. Dimana para peserta yang sudah mendaftarkan diri tentu akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru, dan pengalaman dari para nara sumber yang telah menerbitkan bukunya. Ditambah lagi dengan penjelasan admin kompasiana, mas Iskandar Zulkarnaen (Isjet) tentang mudahnya ngeblog di blog keroyokan kompasiana.

Sudah ada 230 orang mendaftarkan diri kepada panitia (Meetpro), dan bersedia hadir dalam acara “INTIP BUKU”. Bila ada teman yang kepengen hadir dan ikutan, mohon maaf terpaksa masuk daftar waiting list,karena keterbatasan tempat dan konsumsi. Acara ini GRATIS, dan untuk konsumsi, tempat, dan lain-lain dibiayai oleh IB Perbankan Syariah serta sponsor lainnya.

Dalam sesi pertama acara “INTIP BUKU”, kita akan mendengarkan cerita dan pengalaman Imam FR Kusumaningati dalam menulis buku Jadi Jurnalis itu Gampang!!! yang sudah diterbitkan olehelexmedia komputindo (2012). Lalu dilanjutkan oleh Pengalaman Mas Johan Wahyudi dalam menulis buku, dan pernah mendapatkan juara pertama lomba naskah buku pengayaan tingkat nasional dari pusat perbukuan Kemdikbud. Buat kompasianer yang sudah ikutan acara blogshop kompasiana di Surabaya, pasti sudah kenal dengan Mas Johan Wahyudi yang sedang menyelesaikan S3-nya di UNS Solo.

Mas Isjet, admin kompasiana akan bercerita tentang beberapa kompasianer yang sudah menulis buku, dan menerbitkannya. Juga akan menyampaikan informasi penting seputar blog jurnalis warga kompasiana.com.

Di sesi pertama ini juga akan dihadiri oleh bintang tamu Taufiq Effendi (dosen UNJ). Seorang tuna netra yang telah mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan menuliskannya dalam buku keroyokan motivasi beasiswa. Beliau akan berbagi pengalaman kepada para peserta yang hadir.

Acara sesi pertama ini akan dimoderatori oleh Blogger Gaek Mas Amril Taufik Gobel, yang baru saja memenangkan lomba menulis tentang wisata Makasar dan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3.000.000,-. Beliau juga salah seorang penasehat Komunitas Blogger Bekasi, dan Anging Mamiri.

Usai sesi pertama, pihak sponsor akan memberikan sedikit informasi tentang perbankan syariah, dan ada sedikit bagi-bagi doorprize dari sponsor. Juga ada hiburan organ tunggal yang dipimpin oleh Mas Heru Jatmiko, sambil menikmati snack yang sudah disediakan oleh Bank Indonesia. Bagi temen-temen yang mau beli buku, juga disediakan stand penjualan buku omjay dan mas Imam FR.

Di sesi kedua, acara “INTIP BUKU” akan diisi oleh Omjay yang akan berbagi pengalaman menulis dan menerbitkan buku Menulislah Setiap Hari, Dan Buktikan Apa Yang Terjadi. Lalu disundul oleh kang Pepih Nugraha yang akan bercerita tentang pengalamannya menjadi editor buku, suka duka mengelola blog keroyokan kompasiana, dan lain-lain tentang ilmu kepenulisan. Pokoknya seru deh! Soalnya pengalaman kang Pepih itu sudah segudang dalam hal tulis menulis. Maklumlah beliau adalah jurnalis senior di harian kompas.

Usai kang pepih berbagi pengalamannya, mas Hasan Chabibie dari Komunitas Rumah Belajar Pustekkom akan memberikan informasi seputar kegiatannya, dan mengenalkan komunitas rumah belajar kepada teman-teman blogger dan para peserta yang hadir di acara intip buku.

Bagaimana serunya acara berbagi pengetahuan ini, bisa disimak pula melalui twitter (live-twit). Jadi, selain 230 peserta di lokasi, siapapun yang ingin mengetahui apa yang terjadi dan inspirasi apa saja yang disampaikan para pembicara, dapat mengetahuinya melalui twitter, dengan mengikuti hastag #IntipBuku.Livetweet ini akan dipandu oleh Babeh Helmi @Babeh_Helmi.

Selain livetweet, 230 peserta tersebut dapat mengikuti lomba tweet, dengan mencantumkan hastag #IntipBuku, atau di-mention ke @wijayalabs. Untuk lebih mudahnya, silakan follow akun @wijayalabs, dan jangan lupa dengan hastag #IntipBuku. Apapun isi dari tweet dengan hastag #IntipBuku, akan diikutkan dalam lomba.

Para pemenangnya akan mendapatkan hadiah yang menarik dari sponsor. Panitia berharap, pak Chappy Hakim dan Pak Prayitno Ramelan bisa juga hadir memberikan motivasi sebagai bintang tamu.

Di akhir acara, panitia (meetpro) akan mengumumkan lomba blog tentang hasil liputan acara intip buku yang diposting di kompasiana.com. Tulisan terbaik, akan mendapatkan hadiah dari sponsor, dan juga domain dari Qwords.com. Hadiah lengkapnya, akan dimumkan pada saat acara #intip buku.

Demikianlah sedikit bocoran acara #intip buku yang akan kami selenggarakan pada Sabtu, 28 April 2012, pukul 08.00 -13.00 WIB di Gedung Serba Guna Menara Syafrudin Prawiranegara, lantai 3 Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat. Mohon doa dari teman-teman semua. Semoga acara berjalan lancar dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, Tuhan yang Maha Perkasa.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi