Rahasia Membuat Presentasi Lebih Menarik

Dalam koran kompas cetak halaman 38, Edisi Klasika Minggu, 22 April 2012, saya mendapatkan sebuah judul artikel yang inspiratif. Judulnya membuat presentasi yang menarik yang dituliskan oleh jurnalis kompas dengan inisial ADT.

Omjay di SD Muhammadiyah Cilengsi Bogor

Omjay di SD Muhammadiyah Cilengsi Bogor

Dalam artikel itu dituliskan, ada beberapa cara agar presentasi menarik, yaitu:

  1. Bersikap efisien dan efektif
  2. Kuasai Materi
  3. Buatlah desain visual yang menarik
  4. Lakukan kontak mata dan bahasa tubuh
  5. Presentasi menyenangkan peserta
  6. Jangan bersikap kaku
  7. Jangan lupa membuat salinan materi


Apa yang dituliskan jurnalis atau penulis kolom karir tentang presentasi itu ada benarnya. Hanya saja saya ingin menambahkan sedikit tentang rahasia membuat presentasi agar lebih menarik peserta atau audiens. Hal ini berdasarkan pengalaman saya menjadi trainer dan melakukan training dalam bentuk seminar atau workshop yang tak terasa jumlahnya sudah lebih dari 80 presentasi. Anda bisa lihat pengalaman saya di blog pribadi saya disini. (promosi ni ye….hehehe).

Rahasia membuat presentasi agar menarik peserta sebenarnya banyak kita cari di internet. Kita bisa membaca situs http://presentasi.net atau bisa juga mengetikkan kata kunci “membuat presentasi” di mesin pencari seperti Google.

Bahkan banyak orang baik hati memberikan buku digital atau e-book secara gratis kepada pembaca. Contohnya anda bisa membacanya di http://www.presentasi.net/contoh-slide-presentasi-powerpoint/

Rahasia membuat presentasi menjadi lebih menarik salah satunya terletak padapenyajian materi. Terutama tentang pembuatan slide presentasi yang terkadang kurang dikuasai oleh nara sumber atau presenter. Akibatnya, presentasi menjadi kurang menarik dan membawa kebosanan pesertanya. Terkadang ada presenter yang membuat teks terlalu kecil-kecil dan menyulitkan peserta untuk membacanya.

Dalam buku rahasia presentasi Steve Job yang ditulis oleh CARMINE GALLO dan diterbitkan Esensi 2011, dijelaskan dengan ringkas bagaimana anda menjadi raja yang menguasai presentasi. Steve Jobs mampu memukau audiens dengan gaya dan penguasaan panggungnya yang tiada tara. Ia tidak hanya memberikan informasi dalam presentasinya; ia menceritakan sebuah kisah, melukiskan sebuah gambar, dan berbagi visi. Ia memberikan pengalaman transformatif yang unik, menginspirasi, dan tak terlupakan kepada audiensnya.

1335070747100087562

Sekarang Anda dapat melakukannya juga dengan mempelajari teknik-teknik tertentu yang membuat Jobs menjadi komunikator yang paling memukau di panggung dunia. Dengan memakai presentasi legendaris Jobs,  anda telah memetakan sebuah kerangka rahasia presentasi yang siap pakai untuk membantu Anda merencanakan, menyampaikan, dan membesut presentasi terbaik dalam hidup Anda.

Dengan memakai presentasi legendaris Jobs sebagai cetak biru, pelatih keterampilan komunikasi Carmine Gallo telah memetakan sebuah kerangka rahasia presentasi yang siap pakai untuk membantu setiap orang merencanakan, menyampaikan, dan memoles presentasi terbaiknya yang dapat anda baca di sini.

Beberapa teknik dasar presentasi seorang Steve Jobs yang dijabarkan dalam buku rahasia presentasinya antara lain:

•    Menciptakan sebuah kisah merek yang menginspirasi

•    Menjawab satu pertanyaan yang paling penting

•    Melukiskan visi yang spesifik, mudah diingat dan konsisten

•    Membuat angka menjadi bermakna

•    Menyampaikan momen-momen yang tak terlupakan

•    Membangun slide yang memukau secara visual

•    Menguasai penampilan di panggung

Inti dari rahasia membuat presentasi lebih menarik adalah libatkan peserta dari apa yang kita sajikan. Sebagus apapun presentasi yang kita buat, bila tak ada interaksidengan peserta akan mengakibatkan presentasi yang anda lakukan tidak akan sampai pesannya kepada peserta atau audience.

Jangan pula bergantung kepada sile presentasi yang kita simpan filenya di laptop  atau USB. Ketika listrik mati dan tak ada alat bantu presentasi, maka bersiaplah denganbahasa tubuh kita. Gunakan retorika bicara yang pas sehingga menarik peserta untuk berlama-lama mendengarkan apa yang disampaikan.

Penulis pernah mengalami sendiri sebuah keadaan dimana listrik mati dan ruangan sangat panas sekali. Di situlah dibutuhkan sebuah ketenangan dari seorang pembicara atau nara sumber. Waktu itu penulis harus menyampaikan materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada 300 orang guru di sebuah GOR Cilegon Banten selama 1,5 jam.

Dengan melakukan bahasa tubuh, dan melibatkan peserta secara utuh, tak terasa waktu 1,5 jam berjalan begitu saja tak terasa. Para peserta merasa puas dan berbondong-bondong ingin berfoto bersama dengan penulis. Mereka puas dengan apa yang disampaikan secara efektif, dan efisien. Setiap 15 menit sekali biasanya saya berhenti bicara dan mengajak peserta untuk terlibat menjadi pembicara. Dengan begitu saya benar-benar merasakan bahwa saya telah berbagi kesempatan kepada audience untuk aktif juga sebagai pembicara atau nara sumber. Peran humor ala stand up Commedydan penguasaan materi membuat saya mampu melakukan presentasi dengan baik.

Kebanyakan para presenter kita lupa bahwa kemampuan mendengar audience kita rata-rata hanya mampu fokus selama 15 menit. Hal ini berdasarkan penelitian Dr. Greg dari Jerman. Beliau mengatakan, kebanyakan manusia memiliki gaya belajar kinestetik dan hanya mampu bertahan mendengarkan presentasi selama 15 menit saja.

Saya sarankan kepada anda yang sudah mulai menjadi pembicara publik, atau karir anda mensyaratkan presentasi sebagai sesuatu keharusan, maka belajarlah teknik presentasi baik dari buku Prof. Renald Khasali atau Buku rahasia presentasi steve Job yang banyak dijual di toko buku. Bagi anda yang ingin belajar melalui internet, sering-seringlah membuka web http://presentasi.net dan mendownload bukunya yang akan membantu anda menemukan rahasia membuat presentasi lebih menarik.

13350708271824755564

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

153 Responses to “Rahasia Membuat Presentasi Lebih Menarik”

  1. Diva Devina 7A/13 says:

    Bagus pak bagaimana cara membuat presentasi agar lebih menarik. Menambah pengetahuan kita saja tentang membuat presentasi. Sangat tepat bahwa audience hanya bisa fokus selama 15 menit prsentasi, karena kalau kelamaan, sebuah presentasi malah akan menjadi membosankan.

  2. Bagus karena pada artikel tersebut dapat memberitahu kita tentang cara membuat presentasi yang bagus agar membuat penonton lebih suka melihatnya

  3. isi dalam artikel ini sangat bagus karena kita dapat lebih mempelajari cara membuat slide yang menarik dan cara agar para penonton / audience tidak kebosanan dengan apa yang kita presentasikan

  4. rizka dwi aulia (7A/35) says:

    isi dalam artikel ini sangat membantu dalam membuat presentasi agar lebih menarik untuk mendapat perhatian penyimak kita harus membuat isi slide lebih singkat dan menarik juga memberikan beberapa bahasa tubuh yang membuat penyimak tidajk bosan dan tetap memperhatikan slide yang kita presentasikan.

  5. BAgus sekali pak, artikel yang sangat menarik. Saya jadi tahu bagaimana caranya membuat slide yang baik dan benar. SAya juga merasa bosan apabila mendengar presentasi yang lebih dari 15 menit. Nice work omjay:)

  6. Bagus pak, saya juga setuju bawa presentasi.net sangat membantu banyak orang untuk membuar presentasi yang baik dan menarik. Saya juga suka dengan cara-cara agar presentasi menarik yang bapak tuliskan terutama nomor 2 yang berisi ‘Kuasai Materi’, karena banyak orang yang membuat presentasi tetapi tidak menguasai materi yang akan di presentasikan.

  7. Saya setuju dengan cara-cara yang sudah bapak jelaskan sebelumnya. Memang tisak mudah untuk membuat presentasi, tetapi tidak susah pula jika kita mengerti betul cara membuatnya menarik. Tetapi lebih penting jika kita menguasai materi presentasi, karena jika kita menguasai materi, insyaAllah kita akan lebih mudah untuk mempresentasikannya.

  8. bagus pak,,,saya bisa membaca buku itu untuk referensi dan untuk menambah wawasan agar dapat membuat presentasi lebih baik, menarik dan mudah diserap oleh orang lain…

  9. Raissa Azzahra (33) 7A says:

    Bagus sekali pak, jadi kita bisa tahu bagaimana cara membuat presentasi agar lebih bagus & menarik, audience juga menjadi sangat menikmati dan tertarik dengan apa yang dipresentasikan. Menjadi tidak membosankan juga.

  10. menurut saya artikel ini sangar bagus karena dapat membuat saya menjadi presentator yang baik dan benar dan untuk menambah pengetahuan saya tentang presentasi

  11. Sangat membantu pak, saya mencoba belajar untuk mencoba melaksanakan presentasi yang bagus dan tidak membuat para audience nya bosan. serta dengan isi slide presentasi yang membantu agar apa yang ditulis mudah dipahami dan sangat efektif serta efisien serta membuat para penonton menjadi fokus selama presentasi berlangsung

  12. muhammad fakhri_7A_26 says:

    menarik,saya pun akan terus belajar dari pengalaman dan pembelajaran senior saya…dan sekarang saya mengetahui tentang bagaimana cara presentasi yang baik agar orang akan senang dan merasa puas dengan hasil yang kita perbuat dengan waktu yang singkat..tidak hanya teori yang dapat kita pakai dalam presentasi, tapi juga praktek lisan dan bahasa tubuh yang baik.sukses terus omjay

  13. Ickhsan Dermawan says:

    Artikel/buku yang bapak terbitkan di web ini bagus.Dan membuat presentasi lebih menarik lagi.

  14. artikel sangat baik karena dapat menjadi inspirasi untuk memb uat presentasi lebih menarik dan mempresentasikan sesuatu dengna menarik seperti penggunaan bahasa tubuh juga berinteraksi dengan peserta

  15. Saya sangat setuju dengan post bapak dengan judul “Rahasia Membuat Presentasi Lebih Menarik”. kita mendapatkan pengetahuan tentang cara berpresentasi yang baik. ternyata, membuat presentasi itu tidaklah mudah. karena kita harus membuat presentasi tersebut jadi bagus dan menarik. karena kalau sebuah presentasi terlalu banyak teks atau animasi itu akan menjadi membosankan.

  16. bagus pak itu dapat membantu saya agar saya dapat membuat presentasi yang bagus dan tidak membosankan

  17. Sharrona Valezka Intan Adamma-7A says:

    Setuju pak. Kalo presentasi yang isinya tulisan semua, atau yang bawain presentasi gak seru, itu ngebosenin banget. Kalo ciri-ciri presentasinya kyk yang ditulis bapak, baru namanya presentasi yang bagus.

  18. menurut saya artikel ini sangat bagus, karena memberi inspirasi untuk membuat presentasi lebih menarik yaitu dengan berinteraksi dengan peserta :)

  19. Sangat berharga Tips yang Bapak berikan.yang menjadi masalah dalam presentasi terutama dihadapan orang Indonesia yang kecenderungannya tidak menghargai orang berbicara di depan, adalah bagaimana mereka tertarik memperhatikan presentasi, dan bagaimana kita tidak terjebak dengan materi yang membosankan.

  20. menurut saya artikel ini bagus, mempunyai isi yang menarik dan memberikan inspirasi membuat presentasi yg bagus dan tidak membosankan.

  21. artikel yang hebat dan menarik, membuat saya bisa lebih tau tentang cara membuat presentasi yang menarik dan mudah dipahami , sehingga yang melihatnya tidak bosan. juga tentang bahasa tubuh yang ditulis diatas.

  22. Janitra Ariena Sekarputri (7A-20) says:

    Sangat membantu saya dalam membuat presentasi, saya membuat presentasi dengan baik dan menarik. Dengan isi slide yang menarik dan mudah dipahami, dengan begitu para pembaca senang melihat presentasi yang saya buat.

  23. wah kalo punya buku itu presentasi saya jadi lebih bagus dan menarik deh, kalo ada tugas suruh buat presentasi dapet nilai tertinggi deh

  24. buku itu sangat menarik dan bagus serta isinya dapat menjadi buku untuk belajar untuk membuat presentasi menjadi lebih bagus, menarik, dan bermanfaat

  25. artikel bapak sangat bagus, tidak membosankan, sangat membantu saya dalam membuat slide presentasi, dan memberi insprasi.

  26. wow, pak buku itu sangan bagus untuk dibaca olah orang banyak yang ada didunia dan menambah presentasi yang ada di powerpoint

  27. artikel di atas membuat saya lebih mengerti cara menlakukan presentasi

  28. memang membuat presentasi yang bagus dan menarik memang penting untuk menarik perhatian para peserta yang mendengarkan. Kadang para peserta malas untuk mendengarkan presentasi yang kaku karena kurang menarik

  29. Artikel ini sangat membantu kita dalam membuat presentasi yang bagus dan menarik, kita bisa terinspirasi dari artikel ini dan juga menjadi senang membuat sebuah slide presentasi.

  30. Menurut saya buku itu sangat berguna ketika saya membuat slide presentasi agar hasilnya lebih bagus, dan juga membantu saya ketika menemukan kesulitan

  31. Wah rasanya saya sangat ingin membeli buku tersebut karena buku itu sangat bermanfaat untuk menunjang presentasi saya menjadi lebih baik, dan dapat nilai tinggi.

  32. Artikel ini saat membantu. Saya akan membuat slide berdasarkan tips-tips tadi

  33. Dean Veno Astarada(15) says:

    Dengan artikel ini saya mengetahui bagaimana orang sukses sepeti steve jobs yang bisa mempresentasikan suatu materi yang membuat respon yg luar biasa. saya menilai artikel ini denagn 2 jempol!

  34. Menurut saya sangat bagus pak. Dengan begini cara-cara mengemukakan presentasi dengan menarik dan benar dapat dijalankan dengan baik. Semoga cara bapak dapat dilaksanakan oleh anak-anak yang kurang menguasai cara presentasi yang benarik dan sesuai dengan prosedurnya dan sangat membantu.

  35. Earlia Avinanda VIIB says:

    Artikel yang sangat menarik! Artikel ini dapat membantu orang-orang untuk membuat slide yang menarik dan tidak membosankan! BRAVO!

  36. melalui artikel tersebut saya menjadi tahu bagaimana membuat presentasi yang bagus dan menarik.Tidak membosankan dan dapat menyampaikan point-point secara jelas.wah saya jadi ingin membeli bukunya pak……

  37. Amanda Wulansary (8) 7b says:

    bagus pak ini merupakan panduan bagi semua orang agar dapat membuat presentasi yang lebih menarik . dan hasil presentasi nya juga menjadi lebih maksimal tidak terlalu banyak tulisan tetapi pokok bahasan nya pun yang dibahas harus padat dan jelas juga

  38. M. Ariel Pratama 27 7B says:

    pak,Artikel ini bagus karena banyak tips dan trik untuk membuat slide presentasi yang bagus

  39. Asha Sunita7B (11) says:

    artikel ini membantu saya dalam mengerjakan presentasi dengan mengurangi atau menambah sesuatu yang dapat menjadikannya menarik

  40. Sanisha Olivia A. 7B (35) says:

    Menurut saya isi dari artikel ini sangat bagus karena memberikan kita informasi tentang presentasi yang sangat bagus. Sangat membantu dalam membuat presentasi.

  41. artikel ini sangat membantu kita untuk membuat presentasi yang lebih bagus..

  42. menurut saya artikel ini sangat menarik untuk dibaca oleh anak anak seusia kita untuk mulai belajar tentang slide presentasi. kita juga dapat menemukan tips dan trik cara membuat presentasi dengan baik dan menarik agar tidak membosankan untuk dilihat

  43. artikel ini sangat membantu kita untuk membuat presentasi yang lebih bagus.

  44. Bagus sekali pak! soalnya saya selalu bingung bagaimana cara membuat presentasi yang menarik

  45. Isi artikel ini sangat bereguna bagi orang yang ingin membuat presentasi karena dapat membuat presentasi yang dapat memukau para peserta

  46. Bagus pak , memang benar kalau kita terlalu lama memang menjadi bosan. dan artikel ini sangat membantu saya dalam membuat presentasi

  47. bagus pak, saya jadi lebih mengetahui cara untuk membuat dan mempresentasikan presentasi yang baik, bagus dan dapat menarik perhatian orang yang melihat presentasi kita

  48. Mohammad Reihansyah 7B 26 says:

    Bagus pak, artikel bapak ini sangat berguna bagi saya karena dengan artikel ini saya dapat membuat presentasi lebih menarik dan dapat memukau audiens

  49. Artikel bapapk sangat bagus dan membantu saya untuk membuat slide presentaso yang lebih menarik dan bagus dari sebelummnya

  50. Bagus pak. Sekarang sudah banyak orang yg menulis buku tentang presentasi jadinya kita bisa lebih mudah untuk membuat presentasi yg efektif dan menarik. terima kasih pak atas link nya!

  51. Menurut saya sangat bagus untuk dipelajari agar dapat membuat presentasi yang menarik, memukai, dan efektif juga efisien. Juga sangat membantu agar semua orang dapat melihat presentasi kita dengan mendapatkan ilmu, inspirasi, serta kekaguman tersendiri setelah melihat presentasi kita

  52. Alifa Shavira 7B (03) says:

    Menurut saya, artikel ini sangat membantu,dan banyak sekali cara untuk diterapkan saat presentasi agar menjadi menarik dan tidak memboankan

  53. anggaraksa S.W.T 7B (10) says:

    Bagus sekali pak!! artikel yang bapak tulis ini membuat kita jadi mudah dalam hal membuat presentasi dan membuat presentasi yang dibuat jadi lebih menarik sehingga membuat yang melihat lebih enak.

  54. Interesting! sangat menarik sekali pak. Saya sendiri juga sering bingung dan kesulitan bagaimana caranya membuat presentasi yang efektif, menarik, kreatif, dan lain-lain. Acung empat jempol untuk buku karya Steve Jobs, dan kemampuannya yang luarbiasa dalam menjadi presentator (?). Semoga kelak, anak Labschool juga memiliki kemampuan yg sama dengannya. Amin :)

  55. artikelnya bagus kalau boleh tau, jokes seperti apa yang harus kita pakai agar presentasi kita lebih menarik tatepi tetap serius kepada main fokus?

  56. menurut saya artikel ini sangat bagus dan dapat membantu saya membuat presentasi yang baik dan menarik.

  57. Bayu Wijaya 7b says:

    Menurut saya ini bagus untuk disebarluaskan. karena sekarang ini presentasi banyak yang pas2 an. nah, dalam artikel ini kita dapat mengetahui cara membuat presentasi yang baik serta tampil menawan dalam presentasi. dan fakta bahwa audience itu dapat 15 menit saja berfokus, saya pun mengalaminya. saya tidak bisa mendengarkan presentasi pas2 an lebih dari 30 menit. jadi presentasi yang baik harusnya kurang dari 15 menit.

  58. Syieep Pak. saya setuju dengan apa yang bpk. tulis. saya akan berlatih presentasi dengan tips@ yang diatas Trima kasih.

  59. Sip, sip. Saya suka banget artikel om jay, karena udah simple, padat, juga membantu presentasi power point. Soalnya dari dulu saya gk bisa bikin presentasi yg menarik, cuma bisa bikin slidenya doang, hehehe. Ini pasti sangat berguna bagi saya, oke deh. Sip, sip.

  60. Menurut saya ini bagus untuk pengetahuan dan membaguskan presentasi yang kebanyakan belum sangat bagus,jadi jika artikel ini dibaca semua orang akan sangat bermanfaat

  61. Artikel Om bikin kita ngerti gimana cara buat presentasi yang singkat, jelas, padat dan bermanfaat, juga cara mempresentasikan suatu slide dengan baik dan benar. Lanjutkan Om! Makin banyak share website-website dan buku-buku yang bermanfaat ya Om! Sundulll :DDD

  62. wah,menurut saya apa yang bapak tuliskan disini sangat menarik untuk dipelajari.Jadi kami tidak susah-susah lagi untuk belajar membuat persentasi menjadi lebih baik dan menarik serta tidak membosankan untuk dilihat.

  63. Irene Rahma Artanti (23) 7B says:

    Menurut saya sangat bagus dan bermanfaat agar kita dapat membuat presentasi yang menarik. Tips dan triknya juga perlu dicoba agar kita bisa membuat presentasi yang bagus.

  64. Artikel Om jay bikin kita jadi ngerti bagaimana cara membuat slide yang baik dan tidak membosankan dan audience lebih bisa menyerap apa yang kita tampilkan pada slide tersebut

  65. Wah bagus banget pak karena bikin saya ngerti tentang bagaimana cara membuat slide yg baik dan benar!

  66. Amira Tsania Zahra 7B (9) says:

    Menurut saya sangat bermanfaat agar kita dapat membuat presentasi yang lebih menarik. Info-infonya juga bagus dan menambah pengetahuan.

  67. Artikel Omjay sangat menarik, membantu dan memberi informasi kepada saya dan teman-teman dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga lebih mudah ‘diserap’. Terima kasih atas postingan barunya yang sangat bermanfaat ya Omjay! :D

  68. menurut saya, artikel ini membuat saya belajar lebih mendalam untuk membuat presentasi yang menarik.sekarang saya jadi mengerti bagaimana caranya agar presentasi kita tidak menarik

  69. Bagus sekali pak artikel yang bapak tulis,dan dapat diterapkan saat presentasi agar menjadi menarik dan tidak membosankan

  70. Artikel Omjay sangat menarik, dan mudah dimengerti.
    Dan dengan membaca artikel ini kita bisa menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana caranya agar presentasi kita jadi menarik.

  71. Satria Addienul haq 7C 36 says:

    Menurut saya , artikel ini bagus untuk dipelajari dan dapat jadi contoh untuk tugas presentasi siswa

  72. dengan membaca artikel ini saya jadi lebih mengerti bagaimana cara membuat presentasi yang menarik.

  73. menurut saya buku ini bagus untuk belajar membuat presentasi yang menarik

  74. artikel bapak sangat bagus. skrg saya jadi bisa membuat slide presentasi yang jauh lebih baik. (y)

  75. Irma Prihartini P. 7c(15) says:

    artikel ini sangat bagus untuk membantu kita membuat presentasi yg menarik sehingga tidak membosankan dan monoton.

  76. Muhammad Ariq Naufal 7C says:

    Artikel ini sangat menarik, dan bisa membuat orang membuat slide yang bagus dan tidak membosankan

  77. menurut saya, saran-sarannya dapat membuat presentasi lebih bagus dan lebih dapat dimengerti audiens serta tidak membosankan.

  78. Menurut saya ini sangat bagus. Sehingga kita bisa membuat presentasi yang lebih bagus dan menarik lagi

  79. artikel nya menarik! saya mempunyai buku tentang rahasia presentasi steve jobs.. sangat menarik bagi saya karena dapat membantu saya mempresentasikan presentasi dengan baik dan benar.

  80. Novica Ghina Ranalia (28) 7C says:

    artikel ini sangat bagus karena bisa menambah ilmu pengetahuan tentang membuat presentasi yang menarik agar para pendengar tidak bosan.

  81. saya suka artikel bapak, sangat bermanfaat.. dapat membuat saya untuk mendapat pengetahuan yang lebih banyak.. terimakasih atas postannya omjay :D

  82. Medina Azahara-7C (19) says:

    Menurut saya, artikel ini sangat membantu saya dalam membuat dan mempresentasikan secara mudah dan lebih menarik.

  83. Ardhana Rifkidananto 7C (2) says:

    artikel ini sangat bagus. sangat membantu untuk membuat presentasi yang menarik dan tidak membosankan

  84. Artikel ini sangat bagus karena memberikan informasi – informasi agar presentasi lebih menarik

  85. artikel ini sangat bagus karena kita akan tahu bagaimana cara mempresentasikan presentasi dengan baik dan cara cara agar presentasi menarik

  86. artikel ini bagus pak. artikel ini membantu saya membuat presentasi dengan baik dan cara mempresentasikannya dengan baik dan menarik perhatian para audiens:)

  87. Salsabela Liani says:

    Menurut saya, artikel bapak yang berjudul “Rahasia Membuat Presentasi Lebih Menarik” ini sangat menarik, membantu, dan juga pastinya bagus. Menurut saya juga, artikel ini juga dapat membantu para murid yang ingin mendapatkan nilai bagus untuk tugas pelajaran yang berhubungan dengan presentasi.

  88. shabrina mega azhara 7e-35 says:

    artikel nya bagus pak! bermanfaat banget buat para pelajar kan kita sering dapet tugas presentasi,jadi saya dan teman2 bisa lebih mengetahui&menguasai bagaimana cara presentasi yang baik,menarik,dan tidak membosankan,apalagi untuk para pembicara profesional agar bisa lebih menguasai cara ber presentasi di depan orang banyak…Terus nge post Omjayyy!:D

  89. Menurut saya artikel ini sangat membantu dan bermanfaat bagi saya untuk membuat presentasi yang efisien dan efektif Dan membuat slide visual yang menarik. Terimakasih Pak O:)

  90. Amanda Fitri Nadifa 7E/05 says:

    artikel ini bagus pa dengan begini saya jadi tau cara cara membuat slide yang menarik dan bagus semoga setelah membaca artikel ini saya jadi bisa membuat presentasi yang baik

  91. Muhammad Rasydan Ali Nur Angdhita 7E says:

    Menurut saya artikel ini dan link yang bapak share sangat baik untuk para murid agar bisa belajar membuat presentasi yang menyenangkan. Bukan membosankan.

  92. Muhammad raihan ramadhan 27 7e says:

    berarti dalam berpresentasi kita harus juga bisa public speaking secara pede di depan para audience
    salah satunya metode ice breaking yang membuat audience merasa lebih enjoy menikmati presentasi mereka
    terimakasih atas sarannya pak

  93. raden rafi muhammad qinthara says:

    menurut saya artikel ini sangat bagus untuk referensi agar membuat presentasi semakin menarik dan diperhatikan oleh penonton. Ini juga membuat agar bisa lebih memahami teknik dasar presentasi agar lebih menarik

  94. tubagus fauzi says:

    menurut saya arikel bapak sangat bermanfaat jadi semua orang yang membaca artikel bapak bisa lebih bagus membuat slidenya dan slidenya gk membosankan jadi orang yang ngeliat gk bosen trus ini juga bermanfaat buat murid murid yang ada tugas power point jadi lebih bagus dan menarik slidenya

  95. m.albiansyah pratama says:

    memang membuat presentasi yang bagus dan menarik memang penting untuk menarik perhatian para peserta yang mendengarkan. Kadang para peserta malas untuk mendengarkan presentasi yang kaku karena kurang menarik

  96. Aulia Laily Nur Sabrina 7E/9 says:

    Menurut saya artikel ini sangat bagus, dari sini kita dapat membuat presentasi yang baik, menarik, dan tidak membosankan.

  97. terima kasih atas info dan cara-cara membuat slide presentasi yang baik dan benar ini, salam blooger!

  98. Irfan Rifqi S 7E(17) says:

    Menurut saya artikel ini sangat bagus dan menambah wawasan. Juga sebagai referensi agar dapat membuat presentasi semakin menarik agar lebih bisa di perhatikan orang lain. Juga memberikan tips dasar sehingga lebih mudah membuatnya.

  99. Calysta Salma Nabilla 7E says:

    Artikelnya menarik dan bermanfaat banget pak. Dengan ini semua orang terutama murid dan para blogger bisa mencoba membuat artikel yg menarik, efektif, efisien dan tampil baik di depan audience :)

  100. artikel yang bapak muat di situs bapak ini sangat bermanfaat,apalagi sangat jarang orang yang memuat cara steve jobs memukau audiens, ini sangat bermanfaat bagi saya.

  101. Buku ini bermanfaat, karena bisa mengajarkan kita cara-cara dan tips-tips membuat presentasi yang menarik dan tidak membosankan, gratis lagi.

  102. makasih pak atas infonya. jadi saya sudah tidak bingung lagi untuk emmbuat presentasi yang menarik

  103. Menurut saya sangat bermanfaat agar kita dapat membuat presentasi yang lebih menarik. Info-infonya juga sangat bagus dan menambah pengetahuan.terima kasih atas infonya pak.

  104. Manggar Pangestu Ramadhani 7E/24 says:

    menurut saya artikel ini sangat menarik dan bermanfaat bagi para orang orang yang menginginkan untuk membuat presentasi yang sangat menarik dan efektik. dan juga tidak membosankan bagi para pembacanya, karena kita dapat membuat presentasi dengan cara seperti ini

  105. M Pasha Ariobimo 7E says:

    sangat menarik mungkin saya juga harus menceritakan kisah saya waktu berpresentasi untuk mendapat nilai bagus? dan saya juga harus melibatkan penonton saat berpresentasi. terimakasih bapak atas postingannya

  106. Menurut saya sangat bagus untuk dipelajari agar dapat membuat presentasi yang menarik, memukai, dan efektif juga efisien.
    mudah-mudahan bermanfaat bagi orang lain

  107. fitra khairani 7E (14) says:

    artikel ini sangat bagus pak, jadi kita bisa membuat artikel yang manarik dan tidak membosan kan

  108. Hani Syahirah 7E - 15 says:

    artikel yang bapak muat sangat bermanfaat apa lagi buat saya karena saya tidak bisa membuat slide yang menarik

  109. Menrut saya ini bermanfaat untuk membuat presentasi engan baik dan menarik.Semoga semua orang bisa mambaca ini. Terima kasih ya pak infonya!

  110. m.ravi armanda says:

    artikel ini sangat bagus pak karna dapat membuat presentasi menjadi lebih bagus dan menambah pengetahuann untuk membuat presentasi, dan efektif

  111. Isma Zahira Suhaima 7E (18) says:

    artikel sangat bagus pak. saya dapat mempelajari cara membuat presentasi menjadi lebih indah dan menarik, sehingga kita tidak diabaikan oleh penonton. terimakasih atas ilmunya pak:)

  112. fairuz alfasana(13) 7E says:

    menurut saya artikel bapak ini sangat bermanfaat dan berguna bagi saya. terima ksih ya pak sudah berbagi ilmu

  113. menurut saya ini sangat mnarik. aselain ini, saya harap ada lagi sarn saran yang sama bergunanya untuk membuat presentasi lebih menarik lagi.

  114. Bening Mauliddina Rastiarsa (10) 7A says:

    Menurut saya, infonya sangat menarik dan bermanfaat bagi orang-orang yang ingin membuat presentasi yang efektif dan tidak membosankan bagi pembaca. Trik-trik dan tips-tips yang sangat berguna bagi kita.

  115. abraham rajendra anandito kelas 7e says:

    menurut saya artikel ini sangat menarik. kita jadi bisa lancar membaca slide presentasi dengan bagus dan membuat slide presentasiyang menarik dan tidak membosankan.

  116. sangat bermanfaat sekali pak apalagi untuk saya yang suka membuat presentasi/artikel yang kurang bagus ! semangat terus pak !

  117. valeryan bramasta says:

    sangat bermanfaat sekali pak dan infomya sangat bermanfaat bagi orang orang yang butuh bantuan untuk artikel dan dibuat sangat menarik

  118. Muhammad Naufal Dzaki 7F says:

    menurut saya buku itu sangat bagus untuk orang yang selalu berpresentasi jadi buku itu di buat untuk membuat presentasi yang menarik dan mendapat perhatian orang . buku ini sangat bagus,kreatif,dan menarik

  119. valeryan bramasta/7F says:

    yaa pak betul kita tidak boleh hanya bergantung pada file presentasi yang hanya ada di laptop atau flash disk karena jika kesialan mendepa kita seperti mati lampu maka itu akan membuat audience gerah dan bosan maka itulah dibutuhkan gerak tubuh atau kita bisa memasukan unsur unsur seperti stand up comedy agar para audience bisa menerima presentasi dengan baik .

  120. Muhammad Naufal Dzaki 7F says:

    menurut saya info ini sangat menarik dan bermanfaat,jika kita tidak bisa berpresentasi dengan baik audience akan bbosan dan mengeluh,trik-trik da

  121. RAISYA AURELLIA 7F (29) says:

    dari rangkuman tentanng buku itu di artikel bapak setidaknya saya tahu teknik dasar yang baik ketika saya harus berpresentasi

  122. Julio dewo wicaksono says:

    artikeel ini sangat membantu saya dalam membuat presentasi yang lebih menarik sebelumnya saya tidak pernah berkomunikasi dengan penonton saat presentasi

  123. artikel ini membantu kita untuk membuat slide yang lebih menarik dan inovatif. Karena sayapun kurang mengerti untuk membuat slide yang menarik untuk dilihat. Sering kejadian saat ada yang presentasi , kita asik mengobrol sendiri karena slidenya kurang menarik. teknik dasar yang tertera di atas dapat membantu kita untuk membuat presentasi yang lebih menarik. terima kasih infonya ya Pak,.

  124. sherina milenia 7F says:

    sangat bermanfaat pak apa lagi balakangan ini ada beberapa tugas yang harus menggunakan presentasi. saya pun kurang bisa membuat presentasi yang menarik dan mempresentasikan secara menarik. terima kasih atas infonya pak:)

  125. Sonya Matysalva 7F (35) says:

    Terimakasih atas infonya pak, postingan bapak yg ini memberikan saya tambahan wawasan untuk menjalankan presentasi dengan baik dan benar

  126. Sonya Maysalva 7F (35) says:

    Terimakasih atas infonya pak, postingan bapak yg ini memberikan saya tambahan wawasan untuk menjalankan presentasi dengan baik dan benar. btw komen saya yang td namanya salah -______-wkkwk

  127. Muh. Rizky Siddiq 7F says:

    Artikel ini sangat bermanfaat untuk membantu saya dalam membuat presentasi tugas sekolah lebih baik dan tidak membuat audience bosan. Juga saya ingin terus mencoba belajar dari situs presentasi.net agar saya mendapatkan materi dasar untuk menjadi nara sumber yang baik

  128. Benar juga pak, bahasa tubuh saat presentasi juga sangat penting, agar kelihatan menarik dan agar Audience tidak merasa bosan juga mendengarkan presentasi dari penulis tersebut. Lagipula agar saat menjelaskan presentasi bagus, kita harus mempunyai banyak pengalaman saat berpresentasi, apakah jika banyak tulisan para Audience akan merasa bosan, atau jika lebih banyak gambar para Audience tidak akan cepat merasa bosan? Karena itu kita harus memiliki pengalaman yg banyak. Saat menjelaskan presentasi, jangan hanya berbicara terus sepanjang menjelaskan presentasi, kita harus memiliki ide Inovatif agar Audience tidak merasa bosan, seperti membolehkan para Audience bertanya di sela – sela presentasi, atau Stand up Comedy juga lumayan..
    Btw Info nya bagus pak, makasih :D
    Dikira situs Presentasi.net gak bisa Download buku – buku tentang presentasi, dikira kan harus dibeli sendiri :P

  129. Vidyadhari Paramitha 7F says:

    artikelnya menarik sekali pak, memberi cara membuat presentasi yang baik. bermanfaat bagi yang mendownload buku tersebut

  130. artikel ini sangat bermaanfaat menambah info kita tentang pembuatan presentasi yang bagus , menarik , dan unik . dan menambah wawasan . terimakasih atas infonya pak .

  131. Amanda Shafira 7F says:

    menurut saya bukunya pasti akan sangat bermanfaat bagi yang ingin belajar untuk membuat slide presentasi. web presentasi.net juga termasuk web yang paling bermanfaat ilmu nya. saya juga setuju pada part dimana ke-profesional-an dari sang presenter nya dibutuhkan dalam keadaan urgent.

  132. azizah ayu khairunisa(11) -7f says:

    artikel ini sangat bagus saya jadi mengerti bagaimana membuat presentasi yang baik dan menarik. sangat bermanfaat bagi saya yang banyak memiliki tugas membuat presentasi di sekolah.

  133. Andi Trudy Shalima (6) 7F says:

    menurut saya artikel in sangat bermanfaat karena buku itu dapat membantu kita untuk mengetahui kiat – kiat sukses dalam presentasi. terima kasih atas infonya pak.

  134. Sepertinya buku ini menarik untuk didownload.
    Saya tidak pernah membuat salinan materi,pantesan saya terkadang saat presentasi suka repot untuk membacakan materinya.Saya juga tertarik untuk mengetahui cara menguasai penampilan panggung pada saat presentasi.
    Trims omjay

  135. allam ubadillah 7F absen 03 says:

    menurut saya Artikel ini bagus tapi menurut saya juga Artikel bapak masih kalah dengan Artikel/buku “RAHASIA PRESENTASI STEVE JOBS” karena steve jobs adalah orang terkenal karena karyanya. sedangkan Bapak terkenal karena Blognya. maaf menyinggung.

    satu pertanyaan lagi. ini itu Artikel atau Buku Online yang bisa di baca geratis??

  136. buku ini sepertinya sangat bermanfaat pak, terutama bagi orang-orang yang baru pemula dalam membuat presentasi , ataupun siswa yang diberikan tugas oleh gurunya. Jadinya kita bisa tambah lancar dan tidak ‘grogi’ saat presentasi, selain membuat presentasi menjadi “luar biasa” karen efek dari powerpoint.

  137. Safiya Nada Arina 7F-30 says:

    waah terimakasih pak atas informasinya saya sekarang jadi tau cara membuat slide yang bagus dan menarik.

  138. Menurut saya Artikel ini sangat menarik dan Sangat berguna. Saya jadi tahu Rahasia membuat presentasi lebih menarik. Terimakasih atas infonya pak.

  139. Amelinda Gusrianti (7F/5) says:

    Menurut saya buku ini sangat bagus dan juga menarik karena memberikan saya cara untuk membuat presentasi yang baik dan juga sangat membantu dan bermanfaat untuk memandu membuiat presentasi bagi kami. Terima kasih atas postingannya pak :)

  140. sekar ayu adityaningrum 7F says:

    artikel sangat menarik. selain kita tau bagaimana membuat audience merasa tidak bosan, saya juga tau bagaimana membuat slide atau presentasi yang baik

  141. Artikel ini sangat bermanfaat, apalagi bagi saya yang baru bisa membuat slide yang sangat standart. Jadi nanti saya bisa membuat slide yang menarik dan indah dilihat.

  142. postingan ini sangat menarik dan menambah wawasan. selain itu, buku yang bapak sarankan sepertinya menarik karena akan menambah pengetahuan cara berpresentasi yang baik, buku itu juga gratis di download.

  143. Tasya Lailinissa Diandraputri-7F says:

    Info dari artikel ini sangat bermanfaat. Saya jadi bisa mengerti lebih banyak tentang membuat presentasi yang baik dan menarik. ini sangat bermanfaat bagi banyak orang.

  144. menurut saya postingan ini sangat membantu dalam membuat presentasi yang memukau dengan cara seperti menggunakan bahasa tubuh dll. makasih ya pak, infonya sangat membantu karena saya bisa membuat presentasi yang lebih bagus dari sebelumnya

  145. Khairunnisaa Gunawan 7F says:

    Menurut saya postingan ini membantu saya untuk membuat slide show yang baik dan menarik begitu pula cara untuk mempresentasikannya agar para audience tidak bosan dan jadi tertarik. Terimakasih pak :)

  146. terima kasih pak atas artikelnya, isinya membantu saya dalam melakukan presentasi agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan serta menjadi lebih bagus

  147. [...] komentarmu pada artikel http://www.wijayalabs.com/2012/04/22/rahasia-membuat-presentasi-lebih-menarik/ dan jangan lupa tuliskan alamat email dan nama lengkapmu serta kelas di kolom [...]

  148. Anindya Permata Putri Adhi 7F (7) says:

    menurut saya artikel bapak sangat membantu saya sebagai pengguna yang masih pemula dalam membuat presentasi yang menarik dan efisien dan juga melalui buku karangan Steve Jobs, prof. Renald Khasali, dan Muhammad Noer

  149. Fifa Indywara 7F 16 says:

    ifonya sangat bermanfaat sekali. jadi kita bisa membuat presentasi kita lebih menarik. trimakasih pak

  150. Farah Rahmadini 14/7F says:

    Menurut saya postingan yang bapak bikin ini sangat membantu saya dalam membuat slide presentasi yang lebih bagus dan lebih menarik. Postingan ini juga sangat bermanfaat bagi saya. Terima kasih pak :D

  151. terimakasih atas postingnya pak, saja jadi tahu cara membuat presentasi yang menarik, saya berharap postingan bapak ini dapat dibaca semua orang. terima kasih.

  152. EghyR01 says:

    Terima Kasih Pak Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

  153. Mashadi says:

    Luar biasa. Suatu strategi menyiapkan, merancang dan membuat presentasi lebih simple, komunikatif dan tidak membuat bosan. selamat

  154. Saya rasa… kita tak boleh nak kira pendapat kita ajer… pendapat org lain patut juga di beri keutamaan. Tahniah admin atas pos yg bermanafaat.

Leave a Reply

  • Komentar blog

  • komentar blog

  • Tulisan Wijaya Kusumah di blog Lainnya

  • Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi