Pembelajaran Metaphorming yang Menyenangkan

1300537632559447559
Pak Masribi Mempresentasikan Teknik Metaphorming bersama Para Guru Labschool

Sabtu, 19 Maret 2010, sekolah kami mengadakan kembali pelatihan metode metaphorming (metaforming). Pelatihan ini dilaksanakan di gedung Auditorium Labschool Jakarta Gedung Utama Lantai 3 Rawamangun Jakarta Timur. Kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan lanjutan yang ketiga dari pelatihan metaphorming sebelumnya yang sudah 2 kali dilaksanakan. Kini para guru diminta melaporkan atau mempresentasikan implementasi metode metaphorming dalam pembelajaran di sekolah. Mereka diminta memaparkan hal-hal yang telah dilakukannya, dan melaporkan temuan-temuan penting selama menggunakan metode metaphorming.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan sebuah games metaphorming yang sangat menyenangkan. Games ini dibawakan dengan baik sekali oleh pak Taufiq dan pak Aji. Mereka meminta perwakilan 5 orang guru untuk tampil ke depan. Saya (omjay) termasuk salah seorang guru itu yang berani tampil ke depan untuk bermain games.

Pak Aji dan pak Taufik meminta kami menyebutkan kegunaan gitar lainnya selain untuk bermain musik. Kami diminta untuk menyebutkan sesuatu yang berbeda dan mendemonstrasikannya. Kebetulan saya mendapatkan tugas pertama menyebutkan fungsi gitar itu. Lalu tanpa berpikir panjang, saya pura-pura menggunakan gitar untuk memukul pak Amir, salah seorang rekan saya di SMPLabschool Jakarta. Selain Pak Amir,  ada beberapa guru lainnya yang tampil ke depan, yaitu Ibu Lina, Ibu Susan, dan Ibu Arifa . Masing-masing  guru diminta menyebutkan fungsi gitar sambil mendemostrasikan kegunaannnya.

Hal yang paling kocak adalah ketika ibu Lina memperagakan gitar untuk bermain kuda lumping, dan membuat para guru yang mengikuti pelatihan metaphorming tertawa. Ibu Lina pun mendapatkan tepuk tangan yang luar biasa sehingga berhak mendapatkan doorprize berupa uang yang berada dalam amplop tertutup. Sebuah door prize yang membahagiakan di pagi hari.

Dari hasil permainan itu, nampak jelas bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode metaphorming sangat menyenangkan, dan bermakna. Kata metaforming adalah kata yang berasal dari kata Yunani yaitu meta dan phora yang memiliki makna tindakan yang mengubah sesuatu menjadi bermakna. Ini diawali dengan memindahkan makna baru dan mengasosiasikan beberapa ide menjadi suatu ide yang baru. para guru pun akhirnya menjadi kreatif, dan melakukan inovasi baru dalam pembelajaran.

Dapat dikatakan bahwa metaphorming adalah suatu pemikiran yang mendalam dan kreatif. Inilah awal dari pemikiran yang jenius. Pemikiran ini memiliki tujuan yang riil dan bermanfaat yang menggunakan seluruh daya upaya semua organ tubuh kita sehingga menjadi suatu kesatuan yang mengarahkan kita menuju pemikiran yang essential . Pemikiran inilah yang akan membawa siswa atau peserta didik menuju percepatan dalam berpikir, berkreasi, menemukan suatu hal yang baru, dan menghubungkan semua hal yang terlihat tidak berhubungan menjadi hal yang saling terkait, dan pada akhirnya bermuara pada penyelesaian masalah. Pembelajaran ini akan meningkatkan, dan memperkaya pengalaman belajar, dan meningkatkan komunikasi baik antara guru-siswa, guru-guru, guru-pimpinan sekolah, dan kepala sekolah-siswa.

Permainan games yang dilaksanakan oleh pak Aji dan Pak Taufiq, diperkuat lagi dengan games metaphorming yang dibawakan langsung oleh bapak Masribi. Beliau adalah kepala pengembang pendidikan labschool Jakarta. Beliau lebih senang mengatakan bahwa metodologi metaphorming lebih pas bila disebut teknik metaphorming. Sebuah teknik pembelajaran yang membuat para siswa menemukan keterkaitan antara satu kata dengan kata yang lain menjadi saling berhubungan. Beliau membukanya dengan tema Belanja. Setiap guru yang diminta ke depan (dalam foto) harus mampu menyebutkan nama-nama benda sesuai abjad huruf yang diminta. dan harus  dibeli di pasar. Teman-teman gurupun larut dalam games yang menyenangkan. tak terasa, games itu adalah sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Beliau terapkan itu dalam pembelajaran sejarah.

13005394471222338751
Narasumber: pak Masribi, Pak Ali (moderator), dan pak Sukarjo

Hal di atas diperkuat lagi dengan presentasi bapak Dr. M. Sukarjo tentang pentingnya metodologi metaphorming dalam pembelajaran yang menyenangkan. Beliau memberikan contoh tentang materi limas pada pelajaran matematika yang menjadi mudah dipahami oleh siswa. Dengan adanya metaphorming guru terlatih menjadi seorang fasilitator dalam pembelajaran yang menyenangkan. Pak Alipun sebagai moderator acara menyimpulkan bahwa metode metaphorming sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran berbagai bidang studi.

Setelah pemaparan para pakar metode metaforming, para peserta dihibur oleh group musik dadakan hasil kolaborasi guru-guru di labschool rawamangun dan kebayoran yang bernama “Metamorvoice”. Mereka (pak Rimlan, Aji, Dedi, Taslim, Kuncoro, yahya) menyanyikan lagu-lagu Labschool, dan lagu-lagu gembira hasil ciptaan mereka. Sungguh sebuah kolaborasi musik dan lagu yang sangat indah. Kamipun terhibur karenanya.

13005724362040287362

Kini tibalah presentasi implementasi metaphorming di sekolah Labschool oleh perwakilan guru yang ditunjuk. Ada 6 orang guru yang diminta untuk mempresentasikan hasil pembelajarannya dengan menggunakan metode metaphorming.  Keenam guru itu adalah:

  1. Yulinda Asnita, guru Biologi  (SMP)
  2. Erlina Nurlianti, guru TK/KB (TK)
  3. NurArifah, Guru Bahasa Inggris (SMA)
  4. Sudarto, guru Matematika (SMP)
  5. Shelma Syakira, Guru bahasa Inggris (SMP)
  6. Beni Aminullah, guru TIK (SMA)

Kegiatan presentasi itu, dimoderatori oleh pak ukim Komarudin (kepala sekolah SMP Labschool Kebayoran), dan pak Fakhrudin (kepala SMA Labschool Jakarta).

Presentasi keenam guru itu sangat menarik, dan saya berusaha untuk mendapatkan file presentasi mereka. Bagi anda yang tertarik, dapat memberikan email kepada saya di wijayalabs@gmail.com. Saya akan memberikan copy file mereka yang telah berhasil mengimplementasikan metode metaphorming dalam pembelajaran di sekolah.

Acara pelatihan metode metaphorming lebih mantap lagi ketika disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Conny R. Semiawan. Beliau menyampaiakan materi Rasional, dan Evaluasi Implementasi Metaphorming di Labschool. Materi ini dimoderatori oleh ibu Ulya Latifah (kepala SMA Labschool Jakarta).

13005723891728176015

Akhirnya, pelatihan metode metaphorming membuat saya semakin percaya bahwa pembelajaran akan menjadi semakin hidup, dan bermakna. Sungguh luar biasa bila para guru mampu menerapkannya. Mari belajar dari para guru-guru di Labschool Jakarta yang telah berhasil menerapkannya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Published by Wijaya Kusumah

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Join the Conversation

15 Comments

  1. Pembelajaran yang inovatif dan kreatif sekali,bolehkah saya meminta copy filenya Pak ?
    Dan saya ingin tanya apakah ada tulisan ilmiah mengenai pembelajaran metaphorming misalnya penelitian,jurnal,skripsi atau disertasi? karena saya search di internet tidak ada. Saya sangat tertarik untuk membuat skripsi mengenai pembelajaran metaphorming. Saya harap Bapak bisa membantu saya.terimakasih sebelumnya

  2. saya sudah membaca bukunya, ini metode yang menarik dan kreatif jika diterapkan pada pembelajaran. saya boleh minta copy file presentasinya pak? khususnya yang pelajaran matematika. terimakasih…

  3. Pak,perkenalkan,sy Wardah, guru bahasa Inggris di slh satu sekolah swasta di Makassar. sekolah kami baru memulai pelaksanaan metaphorming tahun ajaran 2014-2015. Konsepnya bagus dan kami brharap penerapannya mampu mmbantu proses pembelajaran menyenangkan dan bermakna. Akan tetapi ketika kami menerima pelatihan ini, kami bertanya2 bagaimana caranya agar pada penerapannya dlm lesson plan dan kegiatan mengajar tetap mampu bergandengan dengn kurikulum 2013. Mohon penjelasannya,Pak. Terima kasih.

  4. assalamualaikum, perkenalkan pak saya nindita. saya ingin menyusun skripsi dengan topik metaphorming ini. tapi kendala nya referensi nya sangat kurang sekali dan saya kurang terlalu paham strategi metaphorming ini. bisa saya minta file pendukung atau penjelasan lebih rinci tentang pelaksanann teknik metaphorming ini pak dalam mapel MATEMATIKA????
    terima kasih

      1. iya.. saya sudah beli bukunya Pak sejak bulan kemarin.. tapi untuk skripsi hanya ada 1 buku itu saja untuk referensi. apa dari UNJ tidak ada skripsi yang membahas metaphorming???

        1. Nindita : ka mau tanya , apakah skripsi kaka lanjut dengan model metaphorming ? Sudah selesai atau belom ka ? Saya juga berniat untuk memakai model ini untuk skripsi saya tahun ini, apakah banyak kendala nya

          1. Kak nindita apakah penelitian skripsi anda sudh selesai?? Saya ingin tanya2 ttg metaphorming kebetulan saya juga penelitian tentang itu.

  5. Pak saya sangat tertarik dengan metode ini, alhamdulillah saya membaca artikel bapak ini. Bisa minta tolong kirimkn filenya pak?. Terimakasih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.