PENGUMUMAN FINALIS LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG) KE-18 TAHUN 2010

PENGUMUMAN LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG) KE-18 TAHUN 2010

Dewan Juri setelah melalui proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis peserta Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) XVIII Tahun 2010, serta mendiskusikannya sesama Anggota Dewan Juri, maka dengan ini memutuskan dan menetapkan Finalis Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) VXIII Tahun 2010, sebagai berikut:

TINGKAT SEKOLAH DASAR

  1. Rusli , SDLB Negeri 64 Lubuk Basung, Sumatera Barat, dengan judul “Komandan Pleton Sebagai Media Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Positif dan Negatif”
  2. Wahyu Subagyo, S.Pd , SDN Airlangga I/198, Jawa Timur, dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Tentang Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Bermain Satutil dan Karbilbul pada Siswa Kelas IV SDN Airlangga I”
  3. Ayatollah Hidayat, S.Pd , SDN Ma’lengu, Sulawesi Selatan, dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Mesin Pencari Planet (MP2) Pada Pelajaran IPA Konsep Tata Surya Kelas VI SD”
  4. Sri Haryani Wahyu Lestari,M.Pd , SD N Depok 1, DIY, dengan judul “Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar’
  5. Suswandi, S.Pd.,M.Pd, SD Negeri Kutawaru 04, Jawa Tengah, dengan judul ” Optimalisasi Pemahaman Konsep IPA Tentang Pesawat Sederhana dengan Pendekatan Multi Indrawi (SAVI) Bernuansa Hejo (Hapines,efective, and joyfull) Melalui Variasi Permainan Ultapa pada Siswa Kelas V SD Negeri Kutawaru 04 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten C” >

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG IPSK

  1. Aji Marwonto Aris Munandar, S.Si , SMP Internat Al Kausar Sukabumi, Jawa Barat, dengan judul “Pembentukan Karakter melalui Wahana Archipelago’s Food Treasure Hunt Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kuis”
  2. Tri Artivining , SMP Smart Ekselensia Indonesia Bogor, Jawa Barat, dengan judul “Proyek Kelas Sosial “Mencari Modal Tanpa Modal” sebagai sarana Menumbuhkan Karakteristik Wirausaha, Keterampilan Sosial dan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII (Tujuh) SMP Smart Ekselensia Indonesia)”
  3. Mahmud Saefi, S.Pd , SMPN 5 Cilacap, Jawa Tengah, dengan judul “Peningkatan Kompetensi Menulis Puisi melalui Pendekatan Berbaling pada Siswa Kelas VIIA SMPN 5 Cilacap Tahun Pelajaran 2009/2010”
  4. Joko Sulistya, M.Pd , SMP 2 Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan judul “Upaya meningkatkan Prestasi Ujian Nasional Bahasa Inggris si SMP 2 Bambanglipura Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Deteksi Dini”
  5. Nanik Sugiartini, S.Pd , SMP Negeri 1 Jenggawah, Jawa Timur, dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 C SMP Negeri 1 Jenggawah pada SK Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat dengan Metode Interaktif Siswa Tahun 2009-2010” >

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BIDANG MIPATEK

  1. Puji Lestari, S.Pd., MTsN Giriloyo, Wukirsari, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bunga Waru sebagai Media Praktikum Asam Basa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas VII MTsN Giriloyo Bantul
  2. Budiono, S.Pd., SMP Negeri 1 Pejawaran, Jawa Tengah,dengan judul “Media Cakram Elektrik Berindikator Lampu Flip-flop sebagai Petunjuk Problem Solving untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri I Pejawaran”
  3. Budi Sriyanto, S.Pd. , SMP Negeri 2 Kalijambe, Jawa Tengah, dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Tekanan dan Permainan Puzzle sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VIII C SMPN 2 Kalijambe Tahun Pelajaran 2009/2010”
  4. Dian Mayasari, S.Pd , SMPN 3 Margahayu Bandung, Jawa Barat, dengan judul “Pemakaian Indikator Alami (Bunga Pacar Air, Kembang Kertas dan Mawar) Karbondioksida (CO2) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Respirasi”
  5. Abi Suwito, S.Pd , SMPK Yohanes Gabriel Blitar, Jawa Timur, dengan judul “SMPK Yohanes Gabriel Blitar, Jawa Timur”

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG IPSK

  1. Fransisca Indrihapsari , S.Pd, SMA Xaverius 1, Jambi, dengan judul “Permainan Transaksi Ekonomi”
  2. Joko Pramono, S.Pd , SMA Negeri 1 Kopang, Nusa Tenggara Barat, dengan judul “Memanfaatkan Koran Bekas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Murah, Mudah, dan Menarik”
  3. Syarifah Hidayati, S.Pd , Sekolah Menengah Teknologi Industri, Sumatra Barat, dengan judul “Lab Tracking: Praktik Berbahasa Inggris Melalui Teknik Permainan”
  4. Suhas Caryono, S.Pd., S.E., M.M , SMA Negeri 8 Purworejo, Jawa Tengah, dengan judul “Efektifitas Penggunaan Perangkat Psikologis Sederhana Berbasis Komputer Dalam Kegiatan Layanan Konseling Individu di SMA N 8 Purworejo”
  5. Bambang Kariyawan Ys, S.Pd , SMA Cendana Pekanbaru, Riau, dengan judul “Pembelajaran Kooperatif Multikultural Dengan Teknik Empati Budaya Sebagai Upaya Mengurangi Sikap Primordialisme dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Cendana Pekanbaru”

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS BIDANG MIPATEK

  1. Budi Susanto, S.Pd , SMK Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah, dengan judul “Eksperimen Pembuatan Cat dari Limbah Kimia Praktik ETSA PCB (Sebuah Implementasi Nyata Pembelajaran AMDAL di SMK)”
  2. Drs. Imran Tahir , SMAN 1 Enrekang, Sulawesi Selatan, dengan judul “Alat Penguji Oksigen dan Pengukur Laju Reaksi (Fotolisis) Reaksi Terang Fontosintesis”
  3. Drs. Budiyanto Soeryono , M.Pd, SMAN 1 Sutojayan, Jawa Timur, dengan judul “Pemanfaatan Myrtillocactus geometrizans dalam Pembelajaran Pencemaran Air dan Aplikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari”
  4. Juwartini, S.Pd , SMK Negeri 1 Kota Serang, Banten, dengan judul “Pembuatan Tepung Beneng sebagai Salah Satu Cara Meningkatkan Kreatifitas Jiwa Enterpreneur Siswa SMK”
  5. Priya Santosa, S.Pd , SMAN 1 Dolopo, Jawa Timur, “Media Piramida Kode Genetika untuk “Mengkomunikasikan” Sintesis Protein Materi Bioteknologi dengan Pembelajaran Smart Teaching”

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk mempresentasikam Karya Tulis dimaksud dihadapan Dewan Juri dalam acara Presentasi Finalis LKIG ke-18 Tahun 2010, yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Selasa, 2 Agustus 2010
Pukul : 08.00 WIB s.d selesai
Tempat : Hotel Bumi Wiyata
Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat

Untuk keperluan acara tersebut di atas, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan:

  1. Bahan Presentasi dalam bentuk Power Point dan alat peraga
  2. Baju Batik untuk acara kunjungan
  3. Registrasi ulang di Hotel Bumi Wiyata Depok tanggal 1 Agustus 200,mulai pukul 15.00 WIB
  4. Akomodasi dan Konsumsi di Hotel Bumi Wiyata Depok, mulai tanggal 1 Aguatus 2010 pukul 16.00 WIB sampai dengan tanggal 4 Aguatus 2010, pukul 10.00 WIB ditanggung oleh Panitia
  5. Biaya transportasi dari tempat asal ke tempat presentasi pergi pulang ditanggung sendiri oleh Finalis
  6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Krisbiwati (08159922530) dan Yusuar harun (0812959217)

Panitia LKIG Ke-18 Tahun 2010
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek BKPI LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt. 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
Telp (021) 5225711, Ext. 273, 276
Fax. (021) 52920839

» Kontak : BKPI

sumber:

lipi.go.id

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

3 thoughts on “PENGUMUMAN FINALIS LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU (LKIG) KE-18 TAHUN 2010

  1. fitri

    hebat n salut utk guru2 daerah.Beribadah dan berprestasi! Semoga menghasilkan ank2 bangsa yang berprestasi dan bermoral baik.mana tulisanmu para guru di jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.