KONGGRES VI DAN SEMINAR NASIONAL IPTPI


Seminar nasional dan kongres IPTPI

Seminar nasional dan kongres IPTPI

Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) yang berdiri sejak tanggal 26 September 1987 adalah suatu organisasi yang independent. IPTPI selama ini telah berusaha mewujudkan tujuan menghimpun sumber daya untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi pengembangan teknologi pendidikan sebagai teori, lapangan, dan profesi di tanah air, bagi kemanfaatan kemajuan warga dan bangsa Indonesia. Usaha tersebut didasarkan pada kebijakan pembangunan nasional pendidikan di sinergikan dengan pembangunan sektor lain yang terkait, serta dengan berorientasikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mengingat bahwa kebijakan pembangunan nasional telah mengalami perubahan mendasar dengan diterbitkannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Guru dan Dosen, Undang-undang Telekomunikasi, Undang-undang Penyiaran, Undang-undang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan berbagai ketentuan perundangan lain, maka dirasa perlu dilakukan pemutakhiran dalam ketentuan dan program kerja organisasi. Sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART), perubahan dalam ketentuan dan kegiatan organisasi perlu dilakukan dalam konggres.

Konggres V telah dilaksanakan pada bulan November 2004 di Kampus UNJ bersamaan dengan Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, dengan tema Peningkatan Peran Profesi Teknologi Pendidikan Dalam Pembangunan. Dalam konggres tersebut telah disetujui perubahan AD & ART dan pembaharuan pengurus pusat organisasi. Kecuali itu, berdasarkan hasil seminar, Kongres menyepakati kompetensi dan kurikulum inti dalam pendidikan keahlian teknologi pendidikan pada jenjang sarjana, magister dan doktor.

Selama ini para teknolog pendidikan telah cukup berhasil memberikan kontribusi dengan dilembagakannya berbagai konsep, prinsip dan prosedur teknologi pendidikan dalam pembangunan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia pada umumnya. Sistem pendidikan terbuka, pendidikan jarak jauh, belajar berjaringan, konsep pembelajaran, prinsip pendidikan yang berfokus pada peserta didik (learner centered), prinsip pendekatan dari bawah (bottom-up approach) dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, prosedur dalam pelaksanaan pembelajaran, telah dikukuhkan dalam ketentuan perundangan. Hal ini justru merupakan tantangan bagi para teknolog pendidikan untuk mampu melaksanakan dan mengembangkan berbagai konsep, prinsip dan prosedur tersebut.

Perlu pula diperhatikan bahwa pendidikan keahlian Teknologi Pendidikan telah berkembang dan menyebar ke seluruh tanah air, baik pada jenjang sarjana maupun pascasarjana. Namun sementara ini belum ada pengakuan hukum atas keahlian teknologi pendidikan tersebut pada jenjang sarjana. Secara historis pendidikan keahlian teknologi pendidikan merupakan perkembangan dari apa yang semula dikenal dengan didaktik dan metodik. Perkembangan tersebut merupakan implikasi dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan akan pendidikan yang bermutu, merata.dan relevan.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, diadakannya Konggres VI dan sekaligus Seminar Nasional teknologi Pendidikan, untuk konsolidasi organisasi agar dapat lebih banyak memberikan kontribusinya.


Tentang Omjay

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd,

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

Hubungi via SMS : 0815 915 5515 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Wijaya Kusumah

Buat Lencana Anda


Jumlah Pengunjung

Flag Counter
free counters


Artikel Terkini


Tulisan Wijaya per bulan


Blog Pendidikan Terkeren di Dunia Maya

Blog ini didedikasikan untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Blog ini mengajak anda untuk dapat kreatif dalam menulis.

Ciptakan tulisan-tulisan anda yang bermutu dan kirimkan kepada kami untuk ditayangkan di blog ini.

Kirimkan ke wijayalabs@gmail.com atau sms ke 08159155515. Dengan senang hati akan ditampilkan di blog pendidikan ini.

Selamat Membaca!


Jadwal Kegiatan Omjay

Jadwal Kegiatan Omjay: dapat dilihat di Biodata Omjay. Omjay baru bisa mengiasi kegiatan seminar & Workshop hari Sabtu dan Minggu. Hari kerja setelah pukul 16.00 WIB. Kirim ke wa 08159155515


Internet Sehat & Facebook Omjay


Jadwal Kegiatan dapat dilihat di blog http://wijayalabs.com

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031




Komentar blog


komentar blog



Yuk Menulis Setiap Hari! Lalu Perhatikan Apa Yang Terjadi